Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 822
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?

Post by vulvy8858 »

matic pertama yang ada di rumah, T30 taun 2008.
bapak saya tipikal orang yang stay at D, uda ngeden bejek gaspol kickdown.
mubil dipake doi dari 100an km sampe 146.000 km dengan perawatan yang nyusahin saya sebagai owner selanjutnya.
oli matic ga perna diganti, flush 1x di 80rb km dan 1x lagi di 120rb km. selama saya yang rawat dari 120rb km sampe 160rb km, uda 4x ganti oli matic, pertama di 135rb, kedua di 150rb, trakhir di 160rb karena selang ATF yang ke radiator pecah. ternyata pas 160rb jadi flushing paling [cencored].

selama saya pake atau saya yang bawa sih saya sering mainin O/D off sama terkadang geser ke 2 kalo buat overtaking atau engine braking.
buat merayap pas banjir / tanjakan terjal / offroad ringan selalu pakek 1.
so far so good.

pas pakek apansa juga diperlakukan sama, sampe 70rb km aman, tanpa flushing2, cuma ganti oli di 40rb dan 60rb.
di Brio sampe 32rb km dengan cara yang sama juga aman2 aja, cuma nambah2in ATF di km 29rb sama 31rb. pas 31rb masi agak kurang. maybe nambahnya kurang banyak di 29rb. tar 40rb mao flushing deh.

selama itu oli digenti berkala / flushing rutin si menurut saya bakalan aman aman aja.

agak2 warning kalo uda diatas 200rb km, kawan2 saya yang pakek mubil dibawah taun 2005, uda diatas 200rb km dan matic rata2 uda perna turun tranny.
Daily Warrior:
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even

two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1464
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?

Post by Pugman »

Teori yang saya tau, downshift dipakai buat engine break itu tidak masalah, yang penting setelah downsifht dilakukan,engine speednya (rpm mesin) tidak berlama-lama ada di overrev atau melewati batas redline cukup lama. Engine break itu kan keadaan dimana bukan mesin yang memutar roda tapi sebaliknya roda yang memutar mesin termasuk karena adanya penurunan rasio gear. Jadi potensi bahaya justru ada lebih banyak di silinder blok daripada ditransmisi itu sendiri.
ery1973
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 201
Joined: Wed Dec 30, 2015 7:54

Re: RE: Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?

Post by ery1973 »

adrevolution wrote:
singachu wrote: Tue Apr 04, 2017 9:27 pakai baleno next g matic dari malang ke surabaya, di turunan bakpao telo, masuk di D dan biarin nggelinding.....
rpm rendah speed bisa skitar 80 kpj-an.
ta biarin, eh TCU nya turunin gigi sendiri, kerasa engine brake dan rpm lebih naik. tuas masih di D.
jadi mestinya diturunin secara manual ya sama aja dengan TCU yang turunin mestinya, sama2 aman.
ya matic masih konvensional banyak "kampas" matic di tiap2 gigi, kalau aus ya harus ganti dan harganya mahal, jadi setuju ama yang sebelum2nya kampas rem lebih murah dari kampas matic, jadi daripada karena menghemat kampas rem malah mengorbankan kampas matic.
pemakaian sewajarnya aja.


mungkin yang drag race pakai innova diesel matic bisa cerita pengalaman lebih, kan itu maticnya lebih di siksa

regards,
singachu
wah ini karakteristik matic baleno next g mirip di M2 old gen... biar masih 4-speed tapi rada pinteran...
di turunan2 cipularang kalau balik ke arah jakarta dari bandung speed 80an dan kondisi lepas gas / lagi trail braking, posisi di D tanpa pencet tombol hold gear dia pindah sendiri dari gigi 4 ke gigi 3 rpm sekitar 3000, udah kelar turunannya injek gas lagi sedikit baru dia naik ke gigi 4 lagi. kalau injek gas agak dalem (misal ketemu tanjakan lagi) anteng aja di gigi 3. beda sama di innova kalau di D nggak ada mekanisme kayak gitu, ngeloyor aja di gigi 4 rpm <2000 jadi harus trail braking atau oper ke 3 supaya kecepatannya terkontrol. nggak tau kalau di ANKI/ANF apakah masih begitu atau nggak.
Kalo di ANKI saya malah kepinteran transmisinya om, lepas gas di kec 80 an sering downshift sendiri tuh.
Di ANKI biasa sy kalo kedesak mau enginebreak sih, tinggal geser tuas ke kanan aja di mode sport nya, kan gear langsung pindah ke posisi 4, kurang tau juga kira2 aman ato nggak, mohon saran jg ni dari para suhu.

Sent from my Infinix_X601_LTE using Seraya Motor mobile app

yaseinotulip
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Wed May 23, 2012 16:18

Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?

Post by yaseinotulip »

Ga rusak harusnya ya.. Itu bukannya salah satu fitur ya.. Cmiiw

Gw pake ford fiesta 1.6S (ODO 97k) yg mnrt smers transmisinya sering problem jg gpp tuh pake overdrive nya buat engine brake n downshift klo nyelip

Blm perna clutch nya masalah.. Yg mslh TCM tp rasanya bukan karena downshift n engine brake itu..
Btw TCM termasuk mechanical part dr transmisi ga ya?
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?

Post by lemonadelovers »

Klo saya waktu pake ipah diesel malah saya netralin, biar rem kerjanya ringan abis maticnya ndorong banget klo di posisi D
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT

Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?

Post by daftar »

Pake engine brake shiftdown kalo pas turunan aja.
mobil fwd kaki2 ringkih, perasaan (dalam hati) kaki2 depan kena beban berat kalo sering engine brake jd takut gampang rusak (kaki2 & transmisi)
:ngacir:
ddyta27
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Sat Dec 28, 2013 14:26

Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?

Post by ddyta27 »

Dulu jaman muda, jaman adrenalin masih alay suka banget spin out ban pake matik.. caranya posisi di N gas agak tinggi trus langsung masukin D, hasilnya ban depan spin.. toyota corona twincam, matik jadul dan ga pernah kepikiran jebol itu transmisi hahaha
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?

Post by Turboman »

ddyta27 wrote:Dulu jaman muda, jaman adrenalin masih alay suka banget spin out ban pake matik.. caranya posisi di N gas agak tinggi trus langsung masukin D, hasilnya ban depan spin.. toyota corona twincam, matik jadul dan ga pernah kepikiran jebol itu transmisi hahaha
alamat hancur matic nya

* Bukan ajakan Beli *
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1584
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?

Post by singachu »

vulvy8858 wrote: Tue Apr 04, 2017 10:55 matic pertama yang ada di rumah, T30 taun 2008.
bapak saya tipikal orang yang stay at D, uda ngeden bejek gaspol kickdown.
mubil dipake doi dari 100an km sampe 146.000 km dengan perawatan yang nyusahin saya sebagai owner selanjutnya.
oli matic ga perna diganti, flush 1x di 80rb km dan 1x lagi di 120rb km. selama saya yang rawat dari 120rb km sampe 160rb km, uda 4x ganti oli matic, pertama di 135rb, kedua di 150rb, trakhir di 160rb karena selang ATF yang ke radiator pecah. ternyata pas 160rb jadi flushing paling [cencored].

selama saya pake atau saya yang bawa sih saya sering mainin O/D off sama terkadang geser ke 2 kalo buat overtaking atau engine braking.
buat merayap pas banjir / tanjakan terjal / offroad ringan selalu pakek 1.
so far so good.

pas pakek apansa juga diperlakukan sama, sampe 70rb km aman, tanpa flushing2, cuma ganti oli di 40rb dan 60rb.
di Brio sampe 32rb km dengan cara yang sama juga aman2 aja, cuma nambah2in ATF di km 29rb sama 31rb. pas 31rb masi agak kurang. maybe nambahnya kurang banyak di 29rb. tar 40rb mao flushing deh.

selama itu oli digenti berkala / flushing rutin si menurut saya bakalan aman aman aja.

agak2 warning kalo uda diatas 200rb km, kawan2 saya yang pakek mubil dibawah taun 2005, uda diatas 200rb km dan matic rata2 uda perna turun tranny.
om vulvy maksudnya ganti oli itu yang di oil pan aja dan yang flushing itu full ganti total ?

wedeh, jangan nakut2in om, Next G ku taon 2003 dan km 180rb, ini barusan aku ganti oli maticnya ke Elf MaticMV kuras sendiri pakai cara manual sirkulasi mesin, abis 8.5 liter. Jangan sampai dah turun trainy, bisa nangis gerung2. :big_childish:
ddyta27 wrote: Tue Apr 04, 2017 13:50 Dulu jaman muda, jaman adrenalin masih alay suka banget spin out ban pake matik.. caranya posisi di N gas agak tinggi trus langsung masukin D, hasilnya ban depan spin.. toyota corona twincam, matik jadul dan ga pernah kepikiran jebol itu transmisi hahaha
udah berapa lama twincamnya diperlakukan begitu ?
lemonadelovers wrote: Tue Apr 04, 2017 13:16 Klo saya waktu pake ipah diesel malah saya netralin, biar rem kerjanya ringan abis maticnya ndorong banget klo di posisi D
ini maksudnya pas stop n go padat merayap ya ?
Ntahlah, aku kalau stop n go padat merayap malah capekan pakai matic daripada manual. Kaki kanan berasa pegel, dan memang gara2 rem pegelnya

regards,
singachu
irdna
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 291
Joined: Thu Aug 14, 2014 9:54

Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?

Post by irdna »

ipat wrote: Tue Apr 04, 2017 0:42
gobale wrote: Tue Apr 04, 2017 0:13 untuk engine braking bantu ngerem di turunan gpp...daripada rem jadi panas and ngeloss ujung2nya malah bahaya
Sy sering parno dulu kalo matik trus turunan,main rem trus bisa ngelos,sy pake dakar sering downshift,karna pernah baca, pjs dakar turun daerah kopeng(salatiga), remnya ngelos dan berasap...


saya malah turunan ga pernah engine breaking cmn rem aja
jadi tau gara2 baca ini
lain kali di ganti ke 3 atau 2 atau malah 1 aja de hahah

saya slama nanjak atau turunan ga pernah downshift gigi maticnya
selalu di D aja
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3512
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?

Post by TUFF Stough »

Kalo aku pindah ke D3, D2, atau L1 cuman ketemu tanjakan curam aja. Kalo turunan gak pernah. Lebih percaya pada ABS-nya mobil.
kh
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Mon Jun 18, 2007 2:42

Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?

Post by kh »

OOT. Kalo ngerem dengan downshift matic bukanny bahaya buat mobil belakang ya karena lampu rem ga nyala tapi kecepatan berkurang? Saya soalny salah satu yang suka keki kl mobil/motor di depan lampu remnya mati.
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1221
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?

Post by adrevolution »

kh wrote: Wed Apr 05, 2017 4:36 OOT. Kalo ngerem dengan downshift matic bukanny bahaya buat mobil belakang ya karena lampu rem ga nyala tapi kecepatan berkurang? Saya soalny salah satu yang suka keki kl mobil/motor di depan lampu remnya mati.
downshift utk engine brake sebagai pembantu rem kaki ajah... biar gak terlalu keras beban remnya. kalau cuma engine brake doang selain bahaya buat orang di belakang juga nggak nyaman buat penumpang karena jadi nyentak2, apalagi yang jarak antar rasio gearnya jauh kayak di matic yang jumlah gearnya sedikit.
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
kh
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Mon Jun 18, 2007 2:42

Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?

Post by kh »

adrevolution wrote: Wed Apr 05, 2017 4:47
kh wrote: Wed Apr 05, 2017 4:36 OOT. Kalo ngerem dengan downshift matic bukanny bahaya buat mobil belakang ya karena lampu rem ga nyala tapi kecepatan berkurang? Saya soalny salah satu yang suka keki kl mobil/motor di depan lampu remnya mati.
downshift utk engine brake sebagai pembantu rem kaki ajah... biar gak terlalu keras beban remnya. kalau cuma engine brake doang selain bahaya buat orang di belakang juga nggak nyaman buat penumpang karena jadi nyentak2, apalagi yang jarak antar rasio gearnya jauh kayak di matic yang jumlah gearnya sedikit.
iya mgkn kalo kayak gini masih lebih safe ya..soalny di awal katanya "donwshift dulu dulu dari D ke 3, lalu kalau di bawah 60km/h saya turunin lagi ke 2, kalau masih kencang baru pakai rem atau kombinasi dengan rem sebelum downshift tergantung jarak dengan mobil di depan." :angel:
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 822
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?

Post by vulvy8858 »

singachu wrote: Wed Apr 05, 2017 2:50 om vulvy maksudnya ganti oli itu yang di oil pan aja dan yang flushing itu full ganti total ?

wedeh, jangan nakut2in om, Next G ku taon 2003 dan km 180rb, ini barusan aku ganti oli maticnya ke Elf MaticMV kuras sendiri pakai cara manual sirkulasi mesin, abis 8.5 liter. Jangan sampai dah turun trainy, bisa nangis gerung2. :big_childish:

regards,
singachu
yuppie om sing, saya cuma buang yang di oil pan aja per 15rb km. anggep saja saya ganti oli transmisi kalo pakek menual.
kenapa saya perlakukan demikian, karena T30 cuma minta DEXRON 3, harga per liter kalo kelas castrol cuma 55-60rb seliter, ganti 4 liter 250rb ga berasa daripada harus flush sekali buang 10 liter per 30-40rb km..

kemarin pun pas 160rb km harusnya saya flushing lagi, ternyata mubil saya mengerti ekonomi saya, jadi dia ngeflush sendiri, muncrat semua tu oli keluar dari selang cooler wakakakak, dan biaya towing yang saya keluarin yaa setara 7 liter oli transmisi, saya masih merasa beruntung tu mubil kagak kenapa kenapa trannynya :mky_07:

wkwkkwkwk, rata-rata sih kawan2 saya turun di range 200-250rb km dan usia 10-15 tahun. saya masi ada spare sekitar 40-70rb km karena mubil masi di 160rb, kalo saya pake harian berarti masi 3-4 tahun lagi, bisa jadi si T30 uda laku kejual duluan wkwkwkwkwk
Daily Warrior:
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even

two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4384
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?

Post by ginting »

adrevolution wrote: Tue Apr 04, 2017 10:19
singachu wrote: Tue Apr 04, 2017 9:27 pakai baleno next g matic dari malang ke surabaya, di turunan bakpao telo, masuk di D dan biarin nggelinding.....
rpm rendah speed bisa skitar 80 kpj-an.
ta biarin, eh TCU nya turunin gigi sendiri, kerasa engine brake dan rpm lebih naik. tuas masih di D.
jadi mestinya diturunin secara manual ya sama aja dengan TCU yang turunin mestinya, sama2 aman.
ya matic masih konvensional banyak "kampas" matic di tiap2 gigi, kalau aus ya harus ganti dan harganya mahal, jadi setuju ama yang sebelum2nya kampas rem lebih murah dari kampas matic, jadi daripada karena menghemat kampas rem malah mengorbankan kampas matic.
pemakaian sewajarnya aja.


mungkin yang drag race pakai innova diesel matic bisa cerita pengalaman lebih, kan itu maticnya lebih di siksa

regards,
singachu
wah ini karakteristik matic baleno next g mirip di M2 old gen... biar masih 4-speed tapi rada pinteran...
di turunan2 cipularang kalau balik ke arah jakarta dari bandung speed 80an dan kondisi lepas gas / lagi trail braking, posisi di D tanpa pencet tombol hold gear dia pindah sendiri dari gigi 4 ke gigi 3 rpm sekitar 3000, udah kelar turunannya injek gas lagi sedikit baru dia naik ke gigi 4 lagi. kalau injek gas agak dalem (misal ketemu tanjakan lagi) anteng aja di gigi 3. beda sama di innova kalau di D nggak ada mekanisme kayak gitu, ngeloyor aja di gigi 4 rpm <2000 jadi harus trail braking atau oper ke 3 supaya kecepatannya terkontrol. nggak tau kalau di ANKI/ANF apakah masih begitu atau nggak.
Sebelum beli MuX saya punya GNKI matic 2011.
Itu mobil tak ada gradient logic di transmissi.
Jadi gigi D di turunan cipularang, itu mobil terasa meluncur looossss saja...tanpa engine break..
Makanya sy biasa main di 3 saja.

Di MuX sdh ada gradient logic. Jadi kalau ada turunan dia akan pindah gigi ke yang lebih rendah (dalam range normal operasi), spy safety lebih baik.

Di ANKI juga sdh ada, kata kawan sy yang owner ANKI G 2.4
ddyta27
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Sat Dec 28, 2013 14:26

Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?

Post by ddyta27 »

singachu wrote: Wed Apr 05, 2017 2:50
udah berapa lama twincamnya diperlakukan begitu ?

regards,
singachu
1,5 tahun ada kali yah.. hebat tapi masih fine-fine aja tuh transmisi, malah mesinnya yang jebol :mky_05: (padahal sengaja dijebolin biar alesan ke babeh swap 3SGTE :mky_03: