First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Rickz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 258
Joined: Tue Dec 29, 2015 10:19

Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by Rickz »

mobilover wrote: Mon Apr 03, 2017 7:39
Pboyz97 wrote: Mon Apr 03, 2017 6:33
dimassn25 wrote: Mon Apr 03, 2017 6:07 Mobil bagus sayang pricelistnya tinggi.
Cuv paling masuk akal ya chevy trax walau secara prestis mazda juara sih.

Dengan harga segitu mau bersaingnya gimana ya sama hrv? Volume maker hrv itu type yang 1.5E. Sedangkan cx3 ngincer di sekmen Hrv 1.8Prestige, OS, crv 2.0.

Dan dari segi akomodasi membaik dibanding m2 tapi ga terlalu bagus akomodasinya dibanding os apalagi hrv. Awalnya saya expect CX3 itu kayak pengen m2 dengan akomodasi bagus. Ternyata ga jauh beda.

Kalau saya mending ambil m2 GT. Selisihnya 80jt++. Dan kalo emang mau ngerasain cuv ya ambil trax. Toh mesin setara 2000cc NA.
Iya sih, volume makernya HRV itu yang 1.5E, tapi yang 1.8nya juga laris oom, lebih laris malahan dari 1.5 S &A, makanya CX3 juga pengen ikutan ngambil kue dari persaingan HRV 1.8 & OS. Sayang eurokars ngasih pricingnya ga kira2, kemahalan bgt buat sebuah CUV harga segitu, mending ambil M2 GT / naik kelas sekalian ke T32 / CX5 FL. Setuju om, saya juga bakal ngambil M2 GT di budget segitu, tapi kalo CUV malahan ambil HRV 1.5 E, soalnya semua kelebihan HRV udah dapet walaupun ya peformanya ga bisa dibilang oke dibanding lawan2nya hahaha, kalo trax saya ga suka bentuknya soalnya.
ChZ wrote: Mon Apr 03, 2017 6:09 Btw soal mobilnya sendiri.... Sedikit banyak pasti akan berpengaruh ke pricing nya CX-5 generasi kedua. Seremnya nanti gak kompetitif dengan CR-V Prestige Turbo.

Harga segini kl bukan dieharder Mazda akan sulit cari alesan belinya.

Aplg deal breaker keduanya ada : kabin sempit. Krn banyak orang batal beli CX-5 juga krn sempit.

Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
Makanya om, takutnya CX5 gen 2 itu bakal jadi 600jtan, dengan alasan posisi CX5 lama udah digantiin sama CX3 hahaha + dengan alasan biar meyakinkan calon konsumen bahwa CX3 terlihat value for money nantinya dibanding dengan CX5 gen 2 yang harganya udah 600jt ++ :big_slap: , ya susah kalo mau bersaing sama CRV Turbo, soalnya secara brand & akomodasi aja si CX5 udah kalah, dimana kedua poin tersebut menjadi pertimbangan utama sebagian besar orang Indonesia dalam membeli mobil baru, belom lagi CRV Turbo isunya bakal CKD , sedangkan CX5 CBU , dimana bakal kena pajak lebih mahal dibanding CKD, bakal berat lah buat CX5 gen 2 dalam bersaing melawan CRV. Yang sekarang aja udah megap2 lawan CRV, padahal harganya ga jauh beda loh :big_slap: , penyebabnya yaaa udah pasti di akomodasi & brand name hehehe. :big_slap:

Emang sih oom, kalo bukan mazda / techno / driving / gimmick enthusiast , bakal susah cari alesan buat belinya, malahan buat beberapa orang, mending beli CX5FL /RM FL/ T32 2nd taun muda di budget segitu.

Poin terakhir menjadi alasan mengapa bokap tetap mempertahankan CRV RE 2011 sampai sekarang & dipelihara bersamaan dengan CX5 2.0 Touring 2013 , yaitu karena baris ke2 CX5 jauh lebih SEMPIT dibanding CRV RE yang awalnya bakal dilego & digantikan sama CX5 Touring tersebut hahaha, andai CX5 lebih roomy, mungkin si RE udah dilego 3 tahun lalu karena ga tahan sama borosnya hahaha.
Ini CX-5 new gen belum launching aja udah ditembak harganya 600 jutaan haha. New CRV turbo nanti top trimnya aja bakal tembus 520 jutaan (mnrt autonetmagz). Mnrt ane, Eurokars ga bakal bunuh diri launching CX5 new gen harga 600an. Harga 600an itu udah masuk ranah premium suv eropa spt BMW X1 dkk. Prediksi ane harga CX5 new gen gak bakal jauh dr CRV turbo (top trim 530 jt maybe).

Anyway, CX 5 dan CRV membidik pasar yg berbeda. Itu harus dimaklumi karena Honda adalah pemain besar dan Mazda secara korporasi ukurannya masih pemain kecil. Untuk exist di pasar otomotif, mereka mengambil approach lain yakni mengincar enthusiast driver dgn merancang mobil fun to drive dan full fitur, walau memang akomodasi jadi dikorbankan. Sedangkan Honda biasa ngincer pasar family car, ini terlihat di mobilnya yg luas akomodasi dan spacenya. Secara pasar, pasti Honda lebih besar market sharenya. Tetapi Mazda juga punya market tersendiri. Kl kita liat kebanyakan review mobil di luar, kebanyakan analisanya sama. Honda for family oriented man, Mazda for driving pleasure seeker.

Just for info, CX5 new gen bangku row 2nya bisa reclining 2 step dan ada ac ventnya. Mazda sendiri menimprove akomodasi mobilnya supaya bisa lebih menarik family oriented man. Saya rasa pilihan CX5 atau CRV sama2 baik, tinggal masing2 lebih mementingkan poin yg mana dari masing2 keunggulan mobil tersebut.
SETUJU :big_exellent:
Rickz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 258
Joined: Tue Dec 29, 2015 10:19

Re: RE: Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by Rickz »

Or4cle wrote: Mon Apr 03, 2017 7:35
ChZ wrote: Mon Apr 03, 2017 5:40
Rickz wrote:
Menurut review di luar sana, CX3 memang yang terbaik di kelasnya. Jadi bisa disimpulkan seperti itu dan review media luar memang memuji handling dan performa mobil ini, hanya kurang di akomodasi saja.

mobilover wrote:
Mungkin reviewer memberi penilaian berdasarkan pengalaman dia pake CX-5 2000 cc selama 3 tahun. Kadang penilaian subjektif ga bs dihindari tergantung dgn background reviewer pernah pake atau fans dr merek tertentu.

Anyway penilaian akomodasi dan space bagasi juga bs dibilang ga objektif kl ga ada data pengukuran real. Berapa height x length x widthnya? Kl pake kira2 bisa tergantung mata dan feeling juga hahaha
Ermmm point saya bkn itu.. kalo ngomong soal cabin space dll itu kan kasat mata... Tinggal kita sebutin berat dan tinggi kita... Dan yep mmg data penting dlm sebuah review. Krn review hrs informatif bkn asumsi.

Kl ngomong driving g bisa disimpulkan demikian... Krn 2 mobil engine sama blom tentu sama karakteristiknya. Jd kl soal driving prinsip ane 1, jgn pernah berasumsi. CR-V dan Civic dengan basis sama saja feelingnya bisa cukup berbeda... Aplg CX-3 dan CX-5 platformnya jelas beda.

Kecuali mmg nyebut handling bagus menurut reviewnya si A dr media luar, tp kita masih blom nyoba.

Mmg ane yakin CX-3 scr driving pasti lebih enak dr HRV dkk... Tp terlalu dini untuk berasumsi...

Ane bkn mau nyerang TS, cuma ngasih masukan aja...

Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
Sekadar masukan ...

Pros:
- Desain exterior - interior
- Fun to drive
- Irit BBM
- Fitur melimpah
- BQ terbaik dikelasnya
- Posisi mengemudi ergonomis
- Peforma & handling paling oke dikelasnya

Untuk point2 yang di-bold diatas pada dasarnya akan lebih sahih bila dilakukan test drive secara komprehensif untuk membuktikannya.
Walaupun banyak review media luar, selama kita belum test drive sama aja dengan meng-iya kan "katanya - katanya" tanpa membuktikan langsung.


CX3 basisnya Mazda 2, untuk posisi mengemudi dan fun to drive ga akan beda jauh dari basisnya dimana yang terbaik di kelasnya. Performa Ok karena mesinya 2.0 (mazda cx5 sport trim) dimana bobot mobil lebih ringan dan Ground Clearance yang hanya lebih tinggi sedikit dari Mazda 2 akan berpengaruh terhadap handling yang lebih baik dan body roll yang lebih minim dibanding kompetitornya. Irit BBM sudah terbukti pada CX5 2.0L, ga akan beda jauh dari klaim yang ada. Untuk lebih detailnya, memang harus di test drive, tp sbgi gambarannya ga akan beda jauh dari Mazda 2.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by Pboyz97 »

ardhrizk wrote: Mon Apr 03, 2017 6:17 Kalo dilihat dari foto, fit & finishnya bagus ya. Jahitan lurus and rapi, panel gap interiornya juga bagus. Trimnya nyambung semua. Egk ada yg lompat atau egk lurus/nyatu. Love it.

Eksterior juga rapi kelihatannya. Itu ruang mesin sampe dicat merah metalik juga. Hahaha. Beda banget sama sebelah. :wkkk:

Build Qualitynya wow sih ini menurut saya. :big_exellent:


Beneran sih ini mazda niat jadi entry level premium brand jepang (kelihatan dari harganya juga, :big_slap: )
Hahaha, sepertinya kearah situ oom, soalnya kan eurokars biasa megang merek premium macam Porsche , Rolls Royce , dll, mungkin Mazda mau dibikin premium kali sama mereka hahaha. Iya oom, BQ emang terbaik dikelasnya mazda ini menurut saya, sayang mayoritas konsumen Indonesia ga mentingin BQ, yang penting ASS, RV , Brand name & akomodasi, oh iya 1 poin lagi, bisa minum BBM Subsidi hahaha.
maxbilly wrote: Mon Apr 03, 2017 6:24 Nih mobil mahalnya keterlaluan mending di harga yg sama utk top trim ambil trailblazer aja coz keren banget bisa starter dari remote dan mesin nya luar biasa

Opsi lain bisa ambi MUX

Kalo CUV paling worth it emang trax n scrott walau beda kelas sama cx3

Sent from my HTC One_E8 dual sim using Seraya Motor mobile app
Emang keterlaluan om mahalnya. Oh iya om, saya tambahin lagi, bisa ambil RM FL / CX5FL / T32 2nd taun muda di budget segitu hehehe.
Awakhan wrote: Mon Apr 03, 2017 6:26 Mobil yg berpotensi menghambat penjualan hrv asal dengan pricing yg lebih manusiawi. Soal fitur keselamatan dan gimmick mazda gak pernah tanggung tanggung ngasih. Gue sendiri taon ini rencana nya pengen minang ini, khususnya tipe GT. Tapi pas liat harganya setelah launching langsung mundur teratur dan lebih milih untuk minang Renault Koleos yg notabene lebih lega dan bisa nyenengin 2 bocah dengan panoramic roof.

Sent from my SM-G935F using Seraya Motor mobile app
Iya sih, bapak gw juga naksir sama mobil ini & minang dalam waktu dekat yang tipe GT buat gantiin CRV yang udah penyakitan, tapi liat harganya, kayanya bakal mundur teratur nih hehehe, keknya kalo gw condong ke CRV Turbo 2017 deh kayanya .
grandis_GT wrote: Mon Apr 03, 2017 6:50 Model model eurokars ini kayaknya gak mementingkan jumlah penjualan perbulan , makanya set harga suka" :ngacir:
Ya namanya juga mau dibikin eksklusif oom, jadi entry level premiumnya jepang, jadinya ga mentingin penjualan / bulan, yang dijual sama mereka itu ya fitur , keasyikan mengemudi, kualitas & keiritan BBM oom.
Rickz wrote: Mon Apr 03, 2017 6:59

Betul bgt om. Susah CX 5 untuk bersiang dimana CRV dapet bentuk yang berubah total, mesin baru turbo dan 3 baris jok. Bener-bener kelebihan yang sangat dibutuhkan oleh keluarga indonesia walau baris ketiga juga sempit (better drpd Xtrail) dengan konsekuensi jok tengah lebih tipis (liat dari BIM). Spyshot yg ada, CX-5 versi 7 seater akan launch akhir thun ini di Jepang dengan bodi yang lebih panjang dari versi skrg dan balik lg ke pricing yang kemungkinan akan lebih tinggi. Sayang sekali CBU Japan yang memaksa pajak llbh tinggi. Update terakhir, mazda akan menaikkan harga untuk CX5 terutama trim GT lumayan banyak, apakah itu utk generasi sekarang atau yang baru ? Filipin sudah launch second generation dan Japan sudah launch Febuary kmrn utk secon generation-nya. Indonesia akan segera menyusul hrznya karena CBU Japan.

Sebenarnya bukan salah Eurokars juga untuk pricing CX3, principle Mazda men-set hrg mobil ini memang sudah tinggi untuk harga base-nya dan CKD Thai pun sudah menyentuh 400 juta utk trim GT. Kesalahan terbesar priciple Mazda tidak menyediakan mesin 1.5l seperti Mazda 2 utk trim bawah dimana beberapa negara Asia masih price sensitive dan mementingkan irit bahan bakar daripada tenaga mesin yang powerful dan ini yg bikin sulit jadi volume maker. Ane naksir bgt sama CX3 dr awal launch, liat hrgnya ga jadi d :big_dunno: kecuali ane duitnya berlebih :big_peace:
Trax masih the best value for money utk mesin, feature, dan gimmick lainya.....
Setuju om dengan poin yang saya bold ini :big_exellent:
ipat wrote: Mon Apr 03, 2017 7:05 Diliat sekilas detail n finish nya keliatan rapi,jahit2anya bagus, low trim yg cukup lengkap,stir banyak tombol2nya...
Soal harga mazda meninggalkan rival2nya,yg parah kalo nanti pemain sekelas(Hrv,Os,Chr(mungkin)) ikut nge set harga kyk mazda,makin ga kejangkau mobil2 kecil nantinya...
mazda cx5 mungkin 600an, semoga aja cx5 2nd jadi murah
Iya om, emang BQ nya terbaik dikelasnya, sama fiturnya banyak juga buat ukuran low trim, sayangnya ya harganya itu, kemahalan, jangan sampe deh oom, cukup CX3 ini aja yang naik harga, soalnya makin ga terjangkau aja harga mobil baru jaman sekarang nantinya. Hahaha, ijinkan saya menjual CX5 saya terlebih dahulu sebelum yang om katakan terjadi :ngacir: :ngacir:
Or4cle wrote: Mon Apr 03, 2017 7:35

Sekadar masukan ...

Pros:
- Desain exterior - interior
- Fun to drive
- Irit BBM
- Fitur melimpah
- BQ terbaik dikelasnya
- Posisi mengemudi ergonomis
- Peforma & handling paling oke dikelasnya

Untuk point2 yang di-bold diatas pada dasarnya akan lebih sahih bila dilakukan test drive secara komprehensif untuk membuktikannya.
Walaupun banyak review media luar, selama kita belum test drive sama aja dengan meng-iya kan "katanya - katanya" tanpa membuktikan langsung.

Siap om, thanks atas masukannya, akan saya perbaiki kedepannya.
mobilover wrote: Mon Apr 03, 2017 7:39


Ini CX-5 new gen belum launching aja udah ditembak harganya 600 jutaan haha. New CRV turbo nanti top trimnya aja bakal tembus 520 jutaan (mnrt autonetmagz). Mnrt ane, Eurokars ga bakal bunuh diri launching CX5 new gen harga 600an. Harga 600an itu udah masuk ranah premium suv eropa spt BMW X1 dkk. Prediksi ane harga CX5 new gen gak bakal jauh dr CRV turbo (top trim 530 jt maybe).

Anyway, CX 5 dan CRV membidik pasar yg berbeda. Itu harus dimaklumi karena Honda adalah pemain besar dan Mazda secara korporasi ukurannya masih pemain kecil. Untuk exist di pasar otomotif, mereka mengambil approach lain yakni mengincar enthusiast driver dgn merancang mobil fun to drive dan full fitur, walau memang akomodasi jadi dikorbankan. Sedangkan Honda biasa ngincer pasar family car, ini terlihat di mobilnya yg luas akomodasi dan spacenya. Secara pasar, pasti Honda lebih besar market sharenya. Tetapi Mazda juga punya market tersendiri. Kl kita liat kebanyakan review mobil di luar, kebanyakan analisanya sama. Honda for family oriented man, Mazda for driving pleasure seeker.

Just for info, CX5 new gen bangku row 2nya bisa reclining 2 step dan ada ac ventnya. Mazda sendiri menimprove akomodasi mobilnya supaya bisa lebih menarik family oriented man. Saya rasa pilihan CX5 atau CRV sama2 baik, tinggal masing2 lebih mementingkan poin yg mana dari masing2 keunggulan mobil tersebut.

Setuju om :big_exellent:
Rickz wrote: Mon Apr 03, 2017 7:44


utk hrg CX5 di US or UK (lupa negara yang mana), hrgnya lebih murah drpd CRV 1.5 turbo, tapi balik lagi krn CBU jepang akan mengikuti base harga disana. Semoga kenaikkannya ga terlalu signifikan krn akan tambah sulit bersaing dgn CRV dengan banyak pembaharuan yang kelihatan secara kasat mata sedangkan CX5 banyak pembaharuan di ride and handling dimana ga semua konsumen peduli dengan itu :big_childish:

Semoga deh, soalnya bakal berat kalo kenaikannya signifikan, soalnya dari segi brand & akomodasi udah kalah dari CRV si CX5 ini, ya memang itu masalah utamanya, ga banyak konsumen Indonesia yang pedulu sama BQ , fun to drive& fitur. Konsumen ngincernya mobil yang ngerawatnya gampang, muat banyak, tempat nyimpennya banyak, gampang dijual lagi , bagasi gede & 1 lagi bisa minum BBM Subsidi A.K.A Premios hehehe.
Rickz wrote: Mon Apr 03, 2017 7:54


CX3 basisnya Mazda 2, untuk posisi mengemudi dan fun to drive ga akan beda jauh dari basisnya dimana yang terbaik di kelasnya. Performa Ok karena mesinya 2.0 (mazda cx5 sport trim) dimana bobot mobil lebih ringan dan Ground Clearance yang hanya lebih tinggi sedikit dari Mazda 2 akan berpengaruh terhadap handling yang lebih baik dan body roll yang lebih minim dibanding kompetitornya. Irit BBM sudah terbukti pada CX5 2.0L, ga akan beda jauh dari klaim yang ada. Untuk lebih detailnya, memang harus di test drive, tp sbgi gambarannya ga akan beda jauh dari Mazda 2.

Iya om, mungkin harus TD dulu buat impresi lebih detailnya, pas IIMS mungkin saya bakal TD CX3 (kalau unitnya ada) nya hehehe.
Last edited by Pboyz97 on Mon Apr 03, 2017 10:21, edited 1 time in total.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1611
Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05

Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by geofreyap »

Image

Image


Sedikit menambahkan saja :)
Kalau ada yg mau liat lebih dekat atau mau coba mobilnya, boleh kontek oe punya nomor di bawah :big_smile]
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
Rickz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 258
Joined: Tue Dec 29, 2015 10:19

Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by Rickz »

Pboyz97 wrote: Mon Apr 03, 2017 9:56
ardhrizk wrote: Mon Apr 03, 2017 6:17 Kalo dilihat dari foto, fit & finishnya bagus ya. Jahitan lurus and rapi, panel gap interiornya juga bagus. Trimnya nyambung semua. Egk ada yg lompat atau egk lurus/nyatu. Love it.

Eksterior juga rapi kelihatannya. Itu ruang mesin sampe dicat merah metalik juga. Hahaha. Beda banget sama sebelah. :wkkk:

Build Qualitynya wow sih ini menurut saya. :big_exellent:


Beneran sih ini mazda niat jadi entry level premium brand jepang (kelihatan dari harganya juga, :big_slap: )
Hahaha, sepertinya kearah situ oom, soalnya kan eurokars biasa megang merek premium macam Porsche , Rolls Royce , dll, mungkin Mazda mau dibikin premium kali sama mereka hahaha. Iya oom, BQ emang terbaik dikelasnya mazda ini menurut saya, sayang mayoritas konsumen Indonesia ga mentingin BQ, yang penting ASS, RV , Brand name & akomodasi, oh iya 1 poin lagi, bisa minum BBM Subsidi hahaha.
maxbilly wrote: Mon Apr 03, 2017 6:24 Nih mobil mahalnya keterlaluan mending di harga yg sama utk top trim ambil trailblazer aja coz keren banget bisa starter dari remote dan mesin nya luar biasa

Opsi lain bisa ambi MUX

Kalo CUV paling worth it emang trax n scrott walau beda kelas sama cx3

Sent from my HTC One_E8 dual sim using Seraya Motor mobile app
Emang keterlaluan om mahalnya. Oh iya om, saya tambahin lagi, bisa ambil RM FL / CX5FL / T32 2nd taun muda di budget segitu hehehe.
Awakhan wrote: Mon Apr 03, 2017 6:26 Mobil yg berpotensi menghambat penjualan hrv asal dengan pricing yg lebih manusiawi. Soal fitur keselamatan dan gimmick mazda gak pernah tanggung tanggung ngasih. Gue sendiri taon ini rencana nya pengen minang ini, khususnya tipe GT. Tapi pas liat harganya setelah launching langsung mundur teratur dan lebih milih untuk minang Renault Koleos yg notabene lebih lega dan bisa nyenengin 2 bocah dengan panoramic roof.

Sent from my SM-G935F using Seraya Motor mobile app
Iya sih, bapak gw juga naksir sama mobil ini & minang dalam waktu dekat yang tipe GT buat gantiin CRV yang udah penyakitan, tapi liat harganya, kayanya bakal mundur teratur nih hehehe, keknya kalo gw condong ke CRV Turbo 2017 deh kayanya .
grandis_GT wrote: Mon Apr 03, 2017 6:50 Model model eurokars ini kayaknya gak mementingkan jumlah penjualan perbulan , makanya set harga suka" :ngacir:
Ya namanya juga mau dibikin eksklusif oom, jadi entry level premiumnya jepang, jadinya ga mentingin penjualan / bulan, yang dijual sama mereka itu ya fitur , keasyikan mengemudi, kualitas & keiritan BBM oom.
Rickz wrote: Mon Apr 03, 2017 6:59

Betul bgt om. Susah CX 5 untuk bersiang dimana CRV dapet bentuk yang berubah total, mesin baru turbo dan 3 baris jok. Bener-bener kelebihan yang sangat dibutuhkan oleh keluarga indonesia walau baris ketiga juga sempit (better drpd Xtrail) dengan konsekuensi jok tengah lebih tipis (liat dari BIM). Spyshot yg ada, CX-5 versi 7 seater akan launch akhir thun ini di Jepang dengan bodi yang lebih panjang dari versi skrg dan balik lg ke pricing yang kemungkinan akan lebih tinggi. Sayang sekali CBU Japan yang memaksa pajak llbh tinggi. Update terakhir, mazda akan menaikkan harga untuk CX5 terutama trim GT lumayan banyak, apakah itu utk generasi sekarang atau yang baru ? Filipin sudah launch second generation dan Japan sudah launch Febuary kmrn utk secon generation-nya. Indonesia akan segera menyusul hrznya karena CBU Japan.

Sebenarnya bukan salah Eurokars juga untuk pricing CX3, principle Mazda men-set hrg mobil ini memang sudah tinggi untuk harga base-nya dan CKD Thai pun sudah menyentuh 400 juta utk trim GT. Kesalahan terbesar priciple Mazda tidak menyediakan mesin 1.5l seperti Mazda 2 utk trim bawah dimana beberapa negara Asia masih price sensitive dan mementingkan irit bahan bakar daripada tenaga mesin yang powerful dan ini yg bikin sulit jadi volume maker. Ane naksir bgt sama CX3 dr awal launch, liat hrgnya ga jadi d :big_dunno: kecuali ane duitnya berlebih :big_peace:
Trax masih the best value for money utk mesin, feature, dan gimmick lainya.....
Setuju om dengan poin yang saya bold ini :big_exellent:
ipat wrote: Mon Apr 03, 2017 7:05 Diliat sekilas detail n finish nya keliatan rapi,jahit2anya bagus, low trim yg cukup lengkap,stir banyak tombol2nya...
Soal harga mazda meninggalkan rival2nya,yg parah kalo nanti pemain sekelas(Hrv,Os,Chr(mungkin)) ikut nge set harga kyk mazda,makin ga kejangkau mobil2 kecil nantinya...
mazda cx5 mungkin 600an, semoga aja cx5 2nd jadi murah
Iya om, emang BQ nya terbaik dikelasnya, sama fiturnya banyak juga buat ukuran low trim, sayangnya ya harganya itu, kemahalan, jangan sampe deh oom, cukup CX3 ini aja yang naik harga, soalnya makin ga terjangkau aja harga mobil baru jaman sekarang nantinya. Hahaha, ijinkan saya menjual CX5 saya terlebih dahulu sebelum yang om katakan terjadi :ngacir: :ngacir:
Or4cle wrote: Mon Apr 03, 2017 7:35

Sekadar masukan ...

Pros:
- Desain exterior - interior
- Fun to drive
- Irit BBM
- Fitur melimpah
- BQ terbaik dikelasnya
- Posisi mengemudi ergonomis
- Peforma & handling paling oke dikelasnya

Untuk point2 yang di-bold diatas pada dasarnya akan lebih sahih bila dilakukan test drive secara komprehensif untuk membuktikannya.
Walaupun banyak review media luar, selama kita belum test drive sama aja dengan meng-iya kan "katanya - katanya" tanpa membuktikan langsung.

Siap om, thanks atas masukannya, akan saya perbaiki kedepannya.
mobilover wrote: Mon Apr 03, 2017 7:39


Ini CX-5 new gen belum launching aja udah ditembak harganya 600 jutaan haha. New CRV turbo nanti top trimnya aja bakal tembus 520 jutaan (mnrt autonetmagz). Mnrt ane, Eurokars ga bakal bunuh diri launching CX5 new gen harga 600an. Harga 600an itu udah masuk ranah premium suv eropa spt BMW X1 dkk. Prediksi ane harga CX5 new gen gak bakal jauh dr CRV turbo (top trim 530 jt maybe).

Anyway, CX 5 dan CRV membidik pasar yg berbeda. Itu harus dimaklumi karena Honda adalah pemain besar dan Mazda secara korporasi ukurannya masih pemain kecil. Untuk exist di pasar otomotif, mereka mengambil approach lain yakni mengincar enthusiast driver dgn merancang mobil fun to drive dan full fitur, walau memang akomodasi jadi dikorbankan. Sedangkan Honda biasa ngincer pasar family car, ini terlihat di mobilnya yg luas akomodasi dan spacenya. Secara pasar, pasti Honda lebih besar market sharenya. Tetapi Mazda juga punya market tersendiri. Kl kita liat kebanyakan review mobil di luar, kebanyakan analisanya sama. Honda for family oriented man, Mazda for driving pleasure seeker.

Just for info, CX5 new gen bangku row 2nya bisa reclining 2 step dan ada ac ventnya. Mazda sendiri menimprove akomodasi mobilnya supaya bisa lebih menarik family oriented man. Saya rasa pilihan CX5 atau CRV sama2 baik, tinggal masing2 lebih mementingkan poin yg mana dari masing2 keunggulan mobil tersebut.

Setuju om :big_exellent:
Rickz wrote: Mon Apr 03, 2017 7:44


utk hrg CX5 di US or UK (lupa negara yang mana), hrgnya lebih murah drpd CRV 1.5 turbo, tapi balik lagi krn CBU jepang akan mengikuti base harga disana. Semoga kenaikkannya ga terlalu signifikan krn akan tambah sulit bersaing dgn CRV dengan banyak pembaharuan yang kelihatan secara kasat mata sedangkan CX5 banyak pembaharuan di ride and handling dimana ga semua konsumen peduli dengan itu :big_childish:

Semoga deh, soalnya bakal berat kalo kenaikannya signifikan, soalnya dari segi brand & akomodasi udah kalah dari CRV si CX5 ini, ya memang itu masalah utamanya, ga banyak konsumen Indonesia yang pedulu sama BQ , fun to drive& fitur. Konsumen ngincernya mobil yang ngerawatnya gampang, muat banyak, tempat nyimpennya banyak, gampang dijual lagi , bagasi gede & 1 lagi bisa minum BBM Subsidi A.K.A Premios hehehe.
Rickz wrote: Mon Apr 03, 2017 7:54


CX3 basisnya Mazda 2, untuk posisi mengemudi dan fun to drive ga akan beda jauh dari basisnya dimana yang terbaik di kelasnya. Performa Ok karena mesinya 2.0 (mazda cx5 sport trim) dimana bobot mobil lebih ringan dan Ground Clearance yang hanya lebih tinggi sedikit dari Mazda 2 akan berpengaruh terhadap handling yang lebih baik dan body roll yang lebih minim dibanding kompetitornya. Irit BBM sudah terbukti pada CX5 2.0L, ga akan beda jauh dari klaim yang ada. Untuk lebih detailnya, memang harus di test drive, tp sbgi gambarannya ga akan beda jauh dari Mazda 2.

Iya om, mungkin harus TD dulu buat impresi lebih detailnya, pas IIMS mungkin saya bakal TD CX3 (kalau unitnya ada) nya hehehe.


Boleh nanti hasil reviewnya om disini :big_exellent:
Rickz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 258
Joined: Tue Dec 29, 2015 10:19

Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by Rickz »

geofreyap wrote: Mon Apr 03, 2017 10:18 Image

Image


Sedikit menambahkan saja :)
Kalau ada yg mau liat lebih dekat atau mau coba mobilnya, boleh kontek oe punya nomor di bawah :big_smile]
Most likely type touring yang bakal laku cz featurenya sudah cukup lengkap dan velg 18, bikin ganteng maksimal :big_love:
Masih berharap type touring ada Bose sound system. Lengkap sudah :big_okay:
Syauqi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 499
Joined: Sat May 09, 2015 8:55
Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
Daily Vehicle: Potato Car

Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by Syauqi »

450++jt utk tipe gt... rasanya keterlaluan mahalnya. Ya walaupun fitur, driving impression jelas terbaik dikelasnya tapi dgn duit segitu,, kayaknya mending ambil trax deh, walaupun agak beda kelas tapi gak kalah bagus, apalagi turbo udah jelas kencengnya. Hemat 130juta deh
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by Pboyz97 »

Syauqi wrote: Mon Apr 03, 2017 12:37 450++jt utk tipe gt... rasanya keterlaluan mahalnya. Ya walaupun fitur, driving impression jelas terbaik dikelasnya tapi dgn duit segitu,, kayaknya mending ambil trax deh, walaupun agak beda kelas tapi gak kalah bagus, apalagi turbo udah jelas kencengnya. Hemat 130juta deh
Iya nih om, 450jt sih kemahalan buat sebuah Mazda 2 ditinggiin, mending ambil HRV Prestige / naik kelas sekalian ke T32 di budget segitu. Oh iya, trax emang value for moneynya bagus menurut saya, hemat 130jt dari CX3 udah dapet mobil 1.5L turbo, walaupun kelasnya agak beda hehehe, terus 130jtnya masih bisa beli Calya E Manual lagi menurut saya , jadi bisa dapet 2 mobil di budget 450jtan , yaitu trax & calya oom hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by billyd1773dz »

mbl php mahal pula :big_cry:




eniwei.... berbeda dgn Mazda 2... utk dapetin tacho as primary dial gedhe, paddleshift dan HUD yang kini full colour, cukup di type touring................


soo type GT dpt peta navigasi, i-active sense package dan sunroof ajakah? :ungg: dgn beda 60jt hmmmm
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
apshwn
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 597
Joined: Thu Oct 13, 2016 22:42

Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by apshwn »

[/quote]

Just for info, CX5 new gen bangku row 2nya bisa reclining 2 step dan ada ac ventnya. Mazda sendiri menimprove akomodasi mobilnya supaya bisa lebih menarik family oriented man. Saya rasa pilihan CX5 atau CRV sama2 baik, tinggal masing2 lebih mementingkan poin yg mana dari masing2 keunggulan mobil tersebut.
[/quote]

Beneran row 2 bisa reclining dan ada blower nih row dua Om?
mahesoo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: Mon Sep 01, 2014 22:29

Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by mahesoo »

Dulu nunggu bgt mobil ini siapa tau harga cocok, padahal kemarin2 ngeliat hrv bermasalah gitu mikirnya hrv overprice eh ini harganya lebih gila lagi. Sbenernya cx3 ini potensial bgt jadi rival hrv apalagi chr aja masih belum jelas. Sayang sepertinya eurokars lebih ingin bermain di pasar 'niche' kasian sih dealer2 mazda yg di kota kecil padahal liat mazda 2 sempat banyak di kota kecil tempat ane tinggal tapi kayaknya sekarang makin gak terjangkau. Ujung2nya jakarta dan beberapa kota besar aja yg masyarakatnya mampu beli mazda.
Menurut ane di pasar crossover paling worth itu trax,hrv,os, baru cx3 ini jadi minder liat harga cx3 udah kerja banting tulang keluar harganya jauh bgt dari rival2nya ahhaha soalnya rata2 yg beli cuv itu masih agak2 price sensitive beda kalau level ya udah crv keatas.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by Pboyz97 »

billyd1773dz wrote:mbl php mahal pula :big_cry:




eniwei.... berbeda dgn Mazda 2... utk dapetin tacho as primary dial gedhe, paddleshift dan HUD yang kini full colour, cukup di type touring................


soo type GT dpt peta navigasi, i-active sense package dan sunroof ajakah? :ungg: dgn beda 60jt hmmmm
Sama mod billy, mobil PHP , kirain pas launching disini, harganya bakal 400 jtan buat top trimnya, ternyata malah tembus 450an dimana kemahalan buat sebuah CUV. Iya mod bil, di tipe touring ini udah lumayan banyak fiturnya, minus BOSE , sunroof & SCBS dkk aja

Kalo soal tipe GTnya sih saya kurang tau mod bil, mungkin bisa lihat pas IIMS nanti buat tipe GTnya hehehe/ kunjungi dealer mazda terdekat hehehe #bukanfanboy #bukansalesmazda


Sent from my iPhone using Tapatalk
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by Pboyz97 »

mahesoo wrote:Dulu nunggu bgt mobil ini siapa tau harga cocok, padahal kemarin2 ngeliat hrv bermasalah gitu mikirnya hrv overprice eh ini harganya lebih gila lagi. Sbenernya cx3 ini potensial bgt jadi rival hrv apalagi chr aja masih belum jelas. Sayang sepertinya eurokars lebih ingin bermain di pasar 'niche' kasian sih dealer2 mazda yg di kota kecil padahal liat mazda 2 sempat banyak di kota kecil tempat ane tinggal tapi kayaknya sekarang makin gak terjangkau. Ujung2nya jakarta dan beberapa kota besar aja yg masyarakatnya mampu beli mazda.
Menurut ane di pasar crossover paling worth itu trax,hrv,os, baru cx3 ini jadi minder liat harga cx3 udah kerja banting tulang keluar harganya jauh bgt dari rival2nya ahhaha soalnya rata2 yg beli cuv itu masih agak2 price sensitive beda kalau level ya udah crv keatas.
Ya oom, sepertinya Eurokars ingin bermain di pasar "niche" which is ga mentingin penjualan / bulan & sepertinya pengen jadiin mazda ini sebagai entry levelnya premium japanese brand di Indonesia,
makanya pricingnya lebih sadis daripada MMI dulu menurut saya.

Iya sih om, saya sendiri juga kaget lihat harganya, soalnya bokap juga udah ngebet pengen Minang ni mobil buat gantiin CRV yg udah penyakitan, tapi kalo liat harganya jadi mundur teratur dehh. Kita cuma bisa berharap kalo harga pas launching resmi ga semahal ini.

Yaa bukan masyarakat kota besar lagi om yang bakal beli mobil ini , mungkin cuma mazda enthusiast / hobbyst yang bakal beli mobil ini , minimal orang yang hobi nyetir sendiri / gimmick & techno freak lah menurut saya. kalo orang awam sih mikir mending beli S-cross / trax yang harganya jauh lebih murah tapi kelasnya ga jauh beda / naik kelas sekalian ke CRV RM FL / CX5 FL / T32, bisa juga ke SUV ladder kaya MUX & Trailblazer FL.


Sent from my iPhone using Tapatalk
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
lawyerone
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 481
Joined: Sat Apr 18, 2015 2:06

Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by lawyerone »

Rickz wrote: Mon Apr 03, 2017 7:54 CX3 basisnya Mazda 2, untuk posisi mengemudi dan fun to drive ga akan beda jauh dari basisnya dimana yang terbaik di kelasnya. Performa Ok karena mesinya 2.0 (mazda cx5 sport trim) dimana bobot mobil lebih ringan dan Ground Clearance yang hanya lebih tinggi sedikit dari Mazda 2 akan berpengaruh terhadap handling yang lebih baik dan body roll yang lebih minim dibanding kompetitornya. Irit BBM sudah terbukti pada CX5 2.0L, ga akan beda jauh dari klaim yang ada. Untuk lebih detailnya, memang harus di test drive, tp sbgi gambarannya ga akan beda jauh dari Mazda 2.
Menurut saya sih feelnya ga akan mirip-mirip amat sama Mazda2 sih. Pasti beda, secara kelas aja udah beda. Yang satu hatchback, yang satu lagi CUV (atau hatchback dipanjangin? entah). Coba aja bandingin HRV sama Jazz, itu juga 1 platform. Driving feelsnya jauh beda. IMHO.

Lebih baik dari kompetitor? Ga yakin sih.

Jujur aja marketing reviewer mobil itu lumayan jago dan agak bias. Kalo sebenernya mau objektif, in terms of handling, Mazda2 sama GK5 itu entah mengapa berasa lebih mantep GK5. Steering dan handling di Mazda2 itu terkadang berasa kurang precise. Yang bikin Mazda2 lumayan menang menurut saya lebih karena 6AT, karena GK5 CVT nya entah mengapa kurang responsif buat digenjot copot genjot copot (meski kalo sebenernya katanya power dan waktu akselerasi ga beda jauh).

Body roll minim? Ini mesti hati-hati sih. Jujur menurut saya Mazda2 itu meski suspensi keras tapi body roll lumayan berasa. Untuk mobil yang seceper dan suspensinya sekeras ini semestinya body roll lebih sedikit. Atau nggak? Mohon dikoreksi kalau saya salah. Tapi untungnya mobilnya ga limbung.
Pboyz97 wrote: Mon Apr 03, 2017 15:10
mahesoo wrote:Dulu nunggu bgt mobil ini siapa tau harga cocok, padahal kemarin2 ngeliat hrv bermasalah gitu mikirnya hrv overprice eh ini harganya lebih gila lagi. Sbenernya cx3 ini potensial bgt jadi rival hrv apalagi chr aja masih belum jelas. Sayang sepertinya eurokars lebih ingin bermain di pasar 'niche' kasian sih dealer2 mazda yg di kota kecil padahal liat mazda 2 sempat banyak di kota kecil tempat ane tinggal tapi kayaknya sekarang makin gak terjangkau. Ujung2nya jakarta dan beberapa kota besar aja yg masyarakatnya mampu beli mazda.
Menurut ane di pasar crossover paling worth itu trax,hrv,os, baru cx3 ini jadi minder liat harga cx3 udah kerja banting tulang keluar harganya jauh bgt dari rival2nya ahhaha soalnya rata2 yg beli cuv itu masih agak2 price sensitive beda kalau level ya udah crv keatas.
Ya oom, sepertinya Eurokars ingin bermain di pasar "niche" which is ga mentingin penjualan / bulan & sepertinya pengen jadiin mazda ini sebagai entry levelnya premium japanese brand di Indonesia,
makanya pricingnya lebih sadis daripada MMI dulu menurut saya.

Iya sih om, saya sendiri juga kaget lihat harganya, soalnya bokap juga udah ngebet pengen Minang ni mobil buat gantiin CRV yg udah penyakitan, tapi kalo liat harganya jadi mundur teratur dehh. Kita cuma bisa berharap kalo harga pas launching resmi ga semahal ini.

Yaa bukan masyarakat kota besar lagi om yang bakal beli mobil ini , mungkin cuma mazda enthusiast / hobbyst yang bakal beli mobil ini , minimal orang yang hobi nyetir sendiri / gimmick & techno freak lah menurut saya. kalo orang awam sih mikir mending beli S-cross / trax yang harganya jauh lebih murah tapi kelasnya ga jauh beda / naik kelas sekalian ke CRV RM FL / CX5 FL / T32, bisa juga ke SUV ladder kaya MUX & Trailblazer FL.


Sent from my iPhone using Tapatalk
Hahaha, sama. Menurut saya CX3 memang way too overpriced. Saya kayaknya kalo disuruh milih akan ambil HRV Prestige sih, apalagi kalo bayangin interiornya persis sama kayak Mazda2. Mau seperti apapun, pelastik tipis akan tetap menjadi pelastik tipis. Fitur cuman gimmick, dan interior mazda meski rapi tetep aja punya batasan. Hasil hard plastics dan ujung-ujungnya tetap ga akan ngalahin mobil yang interiorya penuh dengan soft padding. Kecuali soft pad nya berantakan ya hehehe.

Jujur aja menurut saya kalo Eurokars mau coba naroh Mazda di entry level premium car jepang kayaknya agak susah sih. Orang yang beli mobil kan pasti mikir juga, dengan fitur sekian dan harga sekian apakah worth atau ngga. Misalnya saya, pas dapet Mazda2 GT harga 240++ setelah diskon yah jelas saya ambil, secara fitur oke dan kompetitor di harga yang sama ga selengkap itu (walau saya lumayan kemakan review sih :')). Padahal awalnya ada niat mau ambil Golf Mk7. Memang pasti ada plus minusnya kan.

Asumsi nih, si Eurokars mau taroh harga setara mobil yang 1 tingkat di atasnya, yah menurut saya orang akan lebih pilih ambil mobil yang 1 tingkat di atasnya. Apalagi ini orang Indo. Saya setuju banget sama pendapat om kalo ini masih market yang price sensitive. Mungkin oke dia mau cari niche market, tapi kalo misalnya kita main di harga 400++ itu udah brand oriented menurut saya. Jadi agak susah juga sebenernya kalo mereka mau play premium.


Yah kita lihat aja sih kedepannya mereka gimana. Tapi menurut saya yah harga naik dikit pasti memang ada alasannya. Menurut saya lebih karena si MMI ga nutup pas harganya bersaing, jadi naik dikit biar at least bisa survive. Tapi kalo main harganya naik jauh, saya rasa akan makin susah sih untuk survive.


CMIIW.
puteraadrian
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 195
Joined: Wed May 21, 2008 18:03

Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by puteraadrian »

Nice review om, kalau bener mazda naro harganya seperti ini, selamat... yakin bakal pada mundur teratur
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by billyd1773dz »

kya merk sodaranya yg masang harga g wajar d produk barunya... pdhl tu produk sangat bagus dan sangat d tunggu2.....



beberapa bulan kemudian kabur...


ya semoga tidak...






well.. nunggu hrv tembus 400 bru deh... itu pun yg touring yg bisa bersaing

klw fuel eu4 beneran ada dan skyactiv D 1.5 bisa dijual cbu thai mungkin baru bisa competitive pricenya...

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
iwidiyanto
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
Location: Antar Kota Antar Propinsi

Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by iwidiyanto »

at the end of the day....mereka ttp butuh gross margin dalam nilai mata uang..bukan dlm prosentase....kecuali semua expenses mrk bersifat variable....dan ini g mungkin...
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by nyotnyet »

Mobil yang sangat saya tunggu2, dan seketika harapan musnah...karna tembus 450jt...
Kalo below 400 highest trim sih masih bisa diusahakan.
Kalo ngomongin gengsi sih, saya kalo liat orang naik cx5 kok biasa aja ya perasaan...hehehe...


Sent from my iPhone using Tapatalk

Soul Red zoom zoom
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3422
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by kendibocor »

No offence to everyone dan maaf kalo super oot,
Saya rada bingung kalo dibilang mazda ga mentingin penjualan perbulan dgn alesan mau jd brand premium, ngincer pasar niche, dll dll.
Kalo analisis bego saya ada brp masalah yg ga segampng itu bikin mazda langsung mau maen di segmen niche.


1. Profit. Kalo dibilang ga mentingin penjualan/bulan, ga masuk akal saya ya. Merk premium kaya bmw or merc aja pasti mikirin penjualan/bln kok.
okelah kalo kita ngmngnya rolls atau porsche yg profit/unit terjualnya bisa tinggi (maybe sampe brp ratus jt per unit) tp ini mazda. Apa bisa si eurokars untungnya ampe brp ratus jt/ unit? Saya rasa nggak.

2. Masalah ASS. Menurut saya ini masalah utama. Otomatis dgn jumlah populasi mazda yg "terlanjur" banyak, jumlah part yg harus ready ga bisa disamain dgn porsche atau rolls. Konsumen rolls atau porsche saya rasa ga masalah kalo ada problem n nunggu part sampe 1-2 bulan. Toh ga mungkin mobil mrk jd daily warrior kemana2. Pasti mrk punya mobil lain. Tp kalo mazda saya rasa saat ini cukup banyak yg jadiin mazda mobil wara-wiri kemana2 n bahkan mungkin cuma itu satu2nya mbl di garasi. Kalo bukan mazda diehard dan beli mazda sebatas karena baru tau produknya cukup baik tp harus nunggu part sampe brp bulan Ya lama2 jg kabur semua. Part mahal n inden trus=RV ancur2an. RV ancur2an= ga bakal laku di indo.
Selain part jg bengkel n showroom mazda uda banyak. otomatis makin banyak bengkel n showroom running cost jg besar (ga kaya bengkel rolls atau porsche yg ga masalah cuman ada di jakarta, surabaya atau kota besar lain, saya gatau pasti jg).
Disini complicatednya. Mereka terlanjur bukan merk premium yg konsumennya ga masalah cuma ada 1 bengkel doang dlm 1 kota, orng jg ga masalah kalo part indent lama.

3. Masalah mindset. Dari awal mazda memang bukan merk premium dan ga bermain di pasar niche. ga gampng untuk mengubah mindset masyarakat. Masyarakat nilai mazda ya sebanding ama H dan T. Kalo mau ngubah brand jd merk premium, Butuh perjuangan bertahun2 atau mungkin sampe puluhan tahun untuk bisa ngubah itu. Bmw or merc ga dibangun jd merk premium dlm 1-2 dekade. Saya rasa H dan T bisa kalo mo bikin mbl on par dgn bmw or merc. Tp memang mereka gamau, karena dr awal ya H dan T bukan merk premium. Mindset masyarakat ya uda mikir mrk adalah mbl yg affordable. Makanya si T juga bikin lini premium sendiri yaitu lexus. Karena mau ngeluarin prosuk semewah apapun tetep judulnya T. Wong lexus aja juga tetep dibilang T versi mewah dikit doang kok ama mafia2 SM :mky_03:
Mazda skrng secara produk memang better dibanding H dan T (at least di indo) tp masalah brand value saya rasa masi sebanding, ga lebih premium drpd H or T.

4. Masalah produk. Saya ambil salah satu contoh aja. Sejak MMI masukin CX5 memang produknya jauh lebih baik drpd CRV. Dgn harga mirip2 n fitur menang jauh tetap lakuan crv. Kalo dgn alasan mau masuk pasar niche CX5 gen 2 jauh lebih mahal drpd CRV gen 5 ya bablas orng pd ambil CRV. Saya rasa gap CX5 gen 2 vs CRV gen 5 ga sejauh CX5 gen 1 vs crv gen 4 krn honda juga uda banyak berbenah.

Ya segitu dulu analisis awam saya. Kalo ada yg ga setuju or mau nambahkan ya monggo. No offence sekali lg, saya hanya awam yg penasaran doang mau dibawa kemana brand mazda ini. Mudah2an si ga mati suri kaya merk2 lain.
Untuk CX3 sendiri, saya yakin ni mbl adalah mbl yg bagus biar saya blm ngeliat langsung sendiri, tp saya penasaran bakal brp banyak populasinya di indo.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
DMS2812
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Tue Jan 05, 2016 2:51

Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by DMS2812 »

Ini mobil gantengnya gak bisa nyantai..
:big_love:
gobale
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 599
Joined: Thu Sep 25, 2008 1:20

Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by gobale »

ya mazda dan eurokars sekarang ga ubahnya IU...harga jadi makin mahal...ga ada subsidi mungkin
User avatar
ipat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 679
Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33

Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by ipat »

Padahal sy mau cari mobil kecil,antara hrv,os,cx3,dan ketika cx3 udh keluar malah harganya kejauhan...
dimassn25
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 473
Joined: Sun Dec 27, 2015 6:41
Location: Bekasi

Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by dimassn25 »

kendibocor wrote: Mon Apr 03, 2017 19:46 No offence to everyone dan maaf kalo super oot,
Saya rada bingung kalo dibilang mazda ga mentingin penjualan perbulan dgn alesan mau jd brand premium, ngincer pasar niche, dll dll.
Kalo analisis bego saya ada brp masalah yg ga segampng itu bikin mazda langsung mau maen di segmen niche.


1. Profit. Kalo dibilang ga mentingin penjualan/bulan, ga masuk akal saya ya. Merk premium kaya bmw or merc aja pasti mikirin penjualan/bln kok.
okelah kalo kita ngmngnya rolls atau porsche yg profit/unit terjualnya bisa tinggi (maybe sampe brp ratus jt per unit) tp ini mazda. Apa bisa si eurokars untungnya ampe brp ratus jt/ unit? Saya rasa nggak.

2. Masalah ASS. Menurut saya ini masalah utama. Otomatis dgn jumlah populasi mazda yg "terlanjur" banyak, jumlah part yg harus ready ga bisa disamain dgn porsche atau rolls. Konsumen rolls atau porsche saya rasa ga masalah kalo ada problem n nunggu part sampe 1-2 bulan. Toh ga mungkin mobil mrk jd daily warrior kemana2. Pasti mrk punya mobil lain. Tp kalo mazda saya rasa saat ini cukup banyak yg jadiin mazda mobil wara-wiri kemana2 n bahkan mungkin cuma itu satu2nya mbl di garasi. Kalo bukan mazda diehard dan beli mazda sebatas karena baru tau produknya cukup baik tp harus nunggu part sampe brp bulan Ya lama2 jg kabur semua. Part mahal n inden trus=RV ancur2an. RV ancur2an= ga bakal laku di indo.
Selain part jg bengkel n showroom mazda uda banyak. otomatis makin banyak bengkel n showroom running cost jg besar (ga kaya bengkel rolls atau porsche yg ga masalah cuman ada di jakarta, surabaya atau kota besar lain, saya gatau pasti jg).
Disini complicatednya. Mereka terlanjur bukan merk premium yg konsumennya ga masalah cuma ada 1 bengkel doang dlm 1 kota, orng jg ga masalah kalo part indent lama.

3. Masalah mindset. Dari awal mazda memang bukan merk premium dan ga bermain di pasar niche. ga gampng untuk mengubah mindset masyarakat. Masyarakat nilai mazda ya sebanding ama H dan T. Kalo mau ngubah brand jd merk premium, Butuh perjuangan bertahun2 atau mungkin sampe puluhan tahun untuk bisa ngubah itu. Bmw or merc ga dibangun jd merk premium dlm 1-2 dekade. Saya rasa H dan T bisa kalo mo bikin mbl on par dgn bmw or merc. Tp memang mereka gamau, karena dr awal ya H dan T bukan merk premium. Mindset masyarakat ya uda mikir mrk adalah mbl yg affordable. Makanya si T juga bikin lini premium sendiri yaitu lexus. Karena mau ngeluarin prosuk semewah apapun tetep judulnya T. Wong lexus aja juga tetep dibilang T versi mewah dikit doang kok ama mafia2 SM :mky_03:
Mazda skrng secara produk memang better dibanding H dan T (at least di indo) tp masalah brand value saya rasa masi sebanding, ga lebih premium drpd H or T.

4. Masalah produk. Saya ambil salah satu contoh aja. Sejak MMI masukin CX5 memang produknya jauh lebih baik drpd CRV. Dgn harga mirip2 n fitur menang jauh tetap lakuan crv. Kalo dgn alasan mau masuk pasar niche CX5 gen 2 jauh lebih mahal drpd CRV gen 5 ya bablas orng pd ambil CRV. Saya rasa gap CX5 gen 2 vs CRV gen 5 ga sejauh CX5 gen 1 vs crv gen 4 krn honda juga uda banyak berbenah.

Ya segitu dulu analisis awam saya. Kalo ada yg ga setuju or mau nambahkan ya monggo. No offence sekali lg, saya hanya awam yg penasaran doang mau dibawa kemana brand mazda ini. Mudah2an si ga mati suri kaya merk2 lain.
Untuk CX3 sendiri, saya yakin ni mbl adalah mbl yg bagus biar saya blm ngeliat langsung sendiri, tp saya penasaran bakal brp banyak populasinya di indo.
Setuju nih. Mustahil dia ga mentingin penjualan. Kecuali emang pabrikan sekelas lambo atau ferarri yang beberapa produknya limited edition

Saya juga ngerasa mazda belum masuk ke kelas premium walaupun saya ngerasa ada usaha buat kesitu. Contohnya sales marketingnya menurut saya pengetahuan soal mobilnya lebih bagus dibandingin honda apalagi toyota. Mereka engga lebay dalam melebih lebihkan produk mereka. Pengalaman ini saya dapet di giias 2016 dengan ngobrol beberapa sales dari banyak brand.

Setuju cx5 nanti kalo jauh lebih mahal dari crv gabakal laku. Orang Indonesia itu suka paket lengkap, contohnya suka mobil bentuknya bagus, bandel, fun to drive, bisa muat banyak. Harusnya mazda mulai mikir biar bisa muat banyak itu. Karena se driving oriented seseorang ada kalanya banyak yang minta nebeng hahaha.
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 809
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by mobilover »

apshwn wrote: Mon Apr 03, 2017 14:06
Just for info, CX5 new gen bangku row 2nya bisa reclining 2 step dan ada ac ventnya. Mazda sendiri menimprove akomodasi mobilnya supaya bisa lebih menarik family oriented man. Saya rasa pilihan CX5 atau CRV sama2 baik, tinggal masing2 lebih mementingkan poin yg mana dari masing2 keunggulan mobil tersebut.

Beneran row 2 bisa reclining dan ada blower nih row dua Om?
Iya di luar indo, kayak di eropa dan jepang kan ud launching. CX 5 next gen row 2nya uda bisa reclining 2 step dan ada blower ACnya. Mereka jg berbenah stlh dpt masukan konsumen soal row 2 mereka.

Anyway, Mazda is Mazda. Cara mereka approach customer beda dgn merek major spt H dan T. Tinggal market indonesia bisa menerima atau tidak. Saya sih harap merek2 non mainstream seperti ini bisa exist sehingga merek major seperti T dan H ga bs tenang diganggu dan menjadi harus mengeluarkan produk yg lebih baik. Competition is always good for consumer hehe
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1068
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: First Impression - Mazda CX3 2.0 Touring AT 2017

Post by Zaxis »

Tinggal nungguin diskon 50 jt aja baru pas harga nya