No offence to everyone dan maaf kalo super oot,
Saya rada bingung kalo dibilang mazda ga mentingin penjualan perbulan dgn alesan mau jd brand premium, ngincer pasar niche, dll dll.
Kalo analisis bego saya ada brp masalah yg ga segampng itu bikin mazda langsung mau maen di segmen niche.
1. Profit. Kalo dibilang ga mentingin penjualan/bulan, ga masuk akal saya ya. Merk premium kaya bmw or merc aja pasti mikirin penjualan/bln kok.
okelah kalo kita ngmngnya rolls atau porsche yg profit/unit terjualnya bisa tinggi (maybe sampe brp ratus jt per unit) tp ini mazda. Apa bisa si eurokars untungnya ampe brp ratus jt/ unit? Saya rasa nggak.
2. Masalah ASS. Menurut saya ini masalah utama. Otomatis dgn jumlah populasi mazda yg "terlanjur" banyak, jumlah part yg harus ready ga bisa disamain dgn porsche atau rolls. Konsumen rolls atau porsche saya rasa ga masalah kalo ada problem n nunggu part sampe 1-2 bulan. Toh ga mungkin mobil mrk jd daily warrior kemana2. Pasti mrk punya mobil lain. Tp kalo mazda saya rasa saat ini cukup banyak yg jadiin mazda mobil wara-wiri kemana2 n bahkan mungkin cuma itu satu2nya mbl di garasi. Kalo bukan mazda diehard dan beli mazda sebatas karena baru tau produknya cukup baik tp harus nunggu part sampe brp bulan Ya lama2 jg kabur semua. Part mahal n inden trus=RV ancur2an. RV ancur2an= ga bakal laku di indo.
Selain part jg bengkel n showroom mazda uda banyak. otomatis makin banyak bengkel n showroom running cost jg besar (ga kaya bengkel rolls atau porsche yg ga masalah cuman ada di jakarta, surabaya atau kota besar lain, saya gatau pasti jg).
Disini complicatednya. Mereka terlanjur bukan merk premium yg konsumennya ga masalah cuma ada 1 bengkel doang dlm 1 kota, orng jg ga masalah kalo part indent lama.
3. Masalah mindset. Dari awal mazda memang bukan merk premium dan ga bermain di pasar niche. ga gampng untuk mengubah mindset masyarakat. Masyarakat nilai mazda ya sebanding ama H dan T. Kalo mau ngubah brand jd merk premium, Butuh perjuangan bertahun2 atau mungkin sampe puluhan tahun untuk bisa ngubah itu. Bmw or merc ga dibangun jd merk premium dlm 1-2 dekade. Saya rasa H dan T bisa kalo mo bikin mbl on par dgn bmw or merc. Tp memang mereka gamau, karena dr awal ya H dan T bukan merk premium. Mindset masyarakat ya uda mikir mrk adalah mbl yg affordable. Makanya si T juga bikin lini premium sendiri yaitu lexus. Karena mau ngeluarin prosuk semewah apapun tetep judulnya T. Wong lexus aja juga tetep dibilang T versi mewah dikit doang kok ama mafia2 SM
Mazda skrng secara produk memang better dibanding H dan T (at least di indo) tp masalah brand value saya rasa masi sebanding, ga lebih premium drpd H or T.
4. Masalah produk. Saya ambil salah satu contoh aja. Sejak MMI masukin CX5 memang produknya jauh lebih baik drpd CRV. Dgn harga mirip2 n fitur menang jauh tetap lakuan crv. Kalo dgn alasan mau masuk pasar niche CX5 gen 2 jauh lebih mahal drpd CRV gen 5 ya bablas orng pd ambil CRV. Saya rasa gap CX5 gen 2 vs CRV gen 5 ga sejauh CX5 gen 1 vs crv gen 4 krn honda juga uda banyak berbenah.
Ya segitu dulu analisis awam saya. Kalo ada yg ga setuju or mau nambahkan ya monggo. No offence sekali lg, saya hanya awam yg penasaran doang mau dibawa kemana brand mazda ini. Mudah2an si ga mati suri kaya merk2 lain.
Untuk CX3 sendiri, saya yakin ni mbl adalah mbl yg bagus biar saya blm ngeliat langsung sendiri, tp saya penasaran bakal brp banyak populasinya di indo.