Lima Fakta Mobil Bekas Ini Penting Diketahui!
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 323
- Joined: Thu Jun 16, 2016 3:44
Re: Lima Fakta Mobil Bekas Ini Penting Diketahui!
cuma mau bilang...done.
sukses om
sukses om
-
- SM Specialist
- Posts: 16676
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Lima Fakta Mobil Bekas Ini Penting Diketahui!
Setuju om... Saya paling kesel kalo ada yang nikahan sampe nutup separoh badan jalan... Apalagi satu ruas jalan...
No offense... berasa sok penting aja lagaknya sampe nutup-nutup jalan... Berhemat tapi bikin susah orang satu kampung...
Yeap makanya gua tanya... statistiknya mana... datanya dapet dari mana... Orang dagang mobil bekas pada ngeluh pasarnya lesu kok ini bilang peningkatannya sampe 70%...
Cuma dalam bentuk prosentase, nggak ada statistik jumlah atau perbandingan... gmn kita mau bandingin...Mobil bekas dari semua jenis produsen mobil ternyata masih diminati oleh banyak orang. Sebut saja dua produsen mobil dengan penjualan mobil bekas tertinggi, Toyota dan Honda. Di Indonesia preferensi mobil masyarakat Indonesia akan mobil bekas meningkat hingga 70%, penyebab utama peningkatan ini diinisiasi oleh keadaan ekonomi yang tidak begitu stabil sehingga membuat minat masyarakat untuk membeli mobil baru menurun. Hal ini pula yang membuat GDP pada tahun 2014 ke 2015 semakin menurun ke angka 4,8%.
Menurut data Carmudi sendiri, preferensi mobil masyarakat Indonesia pada periode tahun 2014-2015 lebih condong ke mobil bekas, mengambil porsi sebesar 70% dan 30% untuk mobil baru. Dan pada periode tahun 2015-2016 mengalami peningkatan minat terhadap mobil bekas. Rasio minat mobil bekas terhadap mobil baru menjadi 87% dan 13%.
Peningkatan minat ini apakah mewakili peningkatan jumlah penjualan? Coba diliat data jumlah mobil di Indonesia, bandingkan dengan data penjualan GAIKINDO dan data penjualan mobil bekas...
Yang di survey siapa? Apa sampel nya sudah mewakili seluruh masyarakat yang beli mobil?
Situ bikin skripsi datanya harus valid bos kalo nggak siap-siap dibantai sama dosen pengujinya... Gua udah ngalamin data lengkap aja mereka tetep nemu cacatnya dimana...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 73
- Joined: Wed Mar 30, 2016 6:25
- Location: Everywhere
Re: Lima Fakta Mobil Bekas Ini Penting Diketahui!
salah 1 faktor macet:
bangun kesiangan, naik motor/mobil sruntulan trus nyenggol kendaraan org, yg disenggol ga terima trus brenti di tengah jalan, ribut.
situasi lain, habis sruntulan trus kecelakaan, jadi tontonan deh (indonesia gitu loh..) bikin macett tuh.
intinya macet bnyk faktor.
ane setuju sm bro ChZ, moda transportasi blm efisien jd ya tau sendiri deh....
CMIIW
bangun kesiangan, naik motor/mobil sruntulan trus nyenggol kendaraan org, yg disenggol ga terima trus brenti di tengah jalan, ribut.
situasi lain, habis sruntulan trus kecelakaan, jadi tontonan deh (indonesia gitu loh..) bikin macett tuh.
intinya macet bnyk faktor.
ane setuju sm bro ChZ, moda transportasi blm efisien jd ya tau sendiri deh....
CMIIW
"The important thing in Life is not the Triumph but the Struggle" 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Lima Fakta Mobil Bekas Ini Penting Diketahui!
Maaf oom TS, izinkan saya untuk komen.
Kayaknya asumsi oom TS bisa bias soal menyalahkan mobil bekas sebagai penyebab macet.
Begini.
Macet itu karena ratio mobil (panjang x lebar) dengan jalan raya yang sudah makin njomplang. Juga traffic management dan kondisi jalan, dan behaviour supir, serta sebaran lokasi bisniss dan residensial.
Jumlah mobil dlm suatu negara (kota) adalah jumlah mobil bekas carried forward dari tahun lalu + jumlah mobil baru yang dijual tahun ini - jumlah mobil yang CTL (constructive total loss) krn terbalik, tabrakan, masuk jurang.
Nah, kalau transaksi mobil bekas itu hany perpindahan kepemilikan dari si A ke si B. Dan tidak menambah jumlah mobil secara aggregat di suatu kota.
Contoh :
Mobil bekas 10 jt
Mobil baru laku di jkt 1 juta
Mobil CTL anggap saja nol
Total 11 jt di Jkt
Nah, kalau mobil bekas 10 jt
Mobil baru nol (krn semua orang prefer beli mobil bekas)
mobil CTL nol
Total mobil berkeliaran cuma 10 jt (baca : jalanan makin lega, macet kurang, average driving speed naek).
Soal bagaimana mengurai kemacetan, ada 2 strategy :
- strategy pull : tarik orang supaya tertarik naek angkutan umum yang bagus, cepet, murah, reliable.
Mobil baru bikin macet kalau dia keluar dari garasi. Mobil saya gak bikin macet Senin ke Jumat krn saya pake motor dan KRL. Itu cuma weekend car (nyumbang kemacetan saat week-end)
- Strategy push : paksa orang untuk merasa makin susah / berat miara mobil, jadi mau gak mau harus pindah ke angkutan umum, mis. pembatasam usia, ganjil genap, 3in1, pajak tinggi, parkir mahal, BBN tinggi, bensin mahal, toll mahal, dll <<<== siap siap gak dipilih saat pemilu
Kayaknya asumsi oom TS bisa bias soal menyalahkan mobil bekas sebagai penyebab macet.
Begini.
Macet itu karena ratio mobil (panjang x lebar) dengan jalan raya yang sudah makin njomplang. Juga traffic management dan kondisi jalan, dan behaviour supir, serta sebaran lokasi bisniss dan residensial.
Jumlah mobil dlm suatu negara (kota) adalah jumlah mobil bekas carried forward dari tahun lalu + jumlah mobil baru yang dijual tahun ini - jumlah mobil yang CTL (constructive total loss) krn terbalik, tabrakan, masuk jurang.
Nah, kalau transaksi mobil bekas itu hany perpindahan kepemilikan dari si A ke si B. Dan tidak menambah jumlah mobil secara aggregat di suatu kota.
Contoh :
Mobil bekas 10 jt
Mobil baru laku di jkt 1 juta
Mobil CTL anggap saja nol
Total 11 jt di Jkt
Nah, kalau mobil bekas 10 jt
Mobil baru nol (krn semua orang prefer beli mobil bekas)
mobil CTL nol
Total mobil berkeliaran cuma 10 jt (baca : jalanan makin lega, macet kurang, average driving speed naek).
Soal bagaimana mengurai kemacetan, ada 2 strategy :
- strategy pull : tarik orang supaya tertarik naek angkutan umum yang bagus, cepet, murah, reliable.
Mobil baru bikin macet kalau dia keluar dari garasi. Mobil saya gak bikin macet Senin ke Jumat krn saya pake motor dan KRL. Itu cuma weekend car (nyumbang kemacetan saat week-end)
- Strategy push : paksa orang untuk merasa makin susah / berat miara mobil, jadi mau gak mau harus pindah ke angkutan umum, mis. pembatasam usia, ganjil genap, 3in1, pajak tinggi, parkir mahal, BBN tinggi, bensin mahal, toll mahal, dll <<<== siap siap gak dipilih saat pemilu
-
- SM Specialist
- Posts: 16676
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Lima Fakta Mobil Bekas Ini Penting Diketahui!
Saya sempat merangkum faktor penyebab macet di blog pribadi sayaW124benz wrote: Thu Mar 23, 2017 2:39 salah 1 faktor macet:
bangun kesiangan, naik motor/mobil sruntulan trus nyenggol kendaraan org, yg disenggol ga terima trus brenti di tengah jalan, ribut.
situasi lain, habis sruntulan trus kecelakaan, jadi tontonan deh (indonesia gitu loh..) bikin macett tuh.
intinya macet bnyk faktor.
ane setuju sm bro ChZ, moda transportasi blm efisien jd ya tau sendiri deh....
CMIIW
https://chzautoblog.wordpress.com/2017/ ... et-kenapa/
Intinya : semua tentang manusia nya sendiri.
Semua pake transportasi pribadi, nggak mau taat aturan, kendaraan umum nggak memadai, pemerintah malah mendorong pembelian mobil lewat LCGC, dan infrastruktur mangkrak karena korupsi sehingga harus dikejar oleh pemerintah sekarang.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 339
- Joined: Fri Jul 01, 2016 10:16
Re: Lima Fakta Mobil Bekas Ini Penting Diketahui!
Gak cuma mobkas aja sih yg bikin macet, perilaku berkendara sangat berpengaruh terhadap kemacetan..
Baru2 ini sy amati kalo di lampu merah, banyak yang lamban utk maju ketika lampu sudah hijau, bahkan kadang 1 mobil bisa butuh 10 detik utk melewati lampu merah tersebut. Dan ketika sudah jalan pun speed tidak ditambah, kasian yang belakang. Beda sama di luar, contoh singapore, begitu lampu hijau udah kayak start F1 aja semua tancap gas.
Btw uda saya isi survey nya bro.. Goodluck !
Baru2 ini sy amati kalo di lampu merah, banyak yang lamban utk maju ketika lampu sudah hijau, bahkan kadang 1 mobil bisa butuh 10 detik utk melewati lampu merah tersebut. Dan ketika sudah jalan pun speed tidak ditambah, kasian yang belakang. Beda sama di luar, contoh singapore, begitu lampu hijau udah kayak start F1 aja semua tancap gas.
Btw uda saya isi survey nya bro.. Goodluck !
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 245
- Joined: Sat Aug 23, 2014 18:24
Re: Lima Fakta Mobil Bekas Ini Penting Diketahui!
Mobkas sih sepi loh banyak tutup juga Showroom2
Sampai showroom dagang jual harga modal (dengan skema dapat komisi dr leasing) juga sepi
lglc for the win (baru, gress, cicilan bunga murah, harga murah)
Sampai showroom dagang jual harga modal (dengan skema dapat komisi dr leasing) juga sepi
lglc for the win (baru, gress, cicilan bunga murah, harga murah)
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Wed Mar 22, 2017 5:00
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Mobil
Re: Lima Fakta Mobil Bekas Ini Penting Diketahui!
HAHAHA bener sih br, mungkin mahasiswa-mahasiswa eksak bisa nih bikin penelitian penataan jalan :')dieselman228 wrote: Wed Mar 22, 2017 12:34 jangan lupa jalanan di indo dasarnya udah sempit, biarpun sedikit populasi mobilnya, kendaraan lain juga ambil andil...
intinya imho, jalanannya sempit pit pit...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 613
- Joined: Sun Jul 13, 2014 4:09
- Location: Republic Of CH
Re: Lima Fakta Mobil Bekas Ini Penting Diketahui!
Yg jelas pertumbuhan mobil n pembangunan jalan baru yg ga seimbang...
Sent from my iPhone using Tapatalk
Sent from my iPhone using Tapatalk
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 674
- Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16
Re: Lima Fakta Mobil Bekas Ini Penting Diketahui!
Bisa juga diambil sample data di koran poskota hari sabtu (prime day). Tahun 2016 masih tebal sekitar 8 halaman utk. iklan mobkas aja.
Semenjak akhir 2016 sampai sekarang, jumlah halaman menyusut hanya 4-5 saja.
Semenjak akhir 2016 sampai sekarang, jumlah halaman menyusut hanya 4-5 saja.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 226
- Joined: Sat Oct 15, 2016 22:21
Re: Lima Fakta Mobil Bekas Ini Penting Diketahui!
sepakat dengan pernyataan om-om diatas, tidak hanya satu dua faktor yang dapat menyebabkan macet di jalan...
ane lebih suka dan cukup sering naik kendaraan umum seperti KRL and busway
penyebab masalah macet lebih tepatnya pada manusia itu sendiri yg menyumbang kemacetan, belum ada mental tuk naik kendaraan umum dan fasilitas kendaraan umum kita juga belum siap
ane lebih suka dan cukup sering naik kendaraan umum seperti KRL and busway
penyebab masalah macet lebih tepatnya pada manusia itu sendiri yg menyumbang kemacetan, belum ada mental tuk naik kendaraan umum dan fasilitas kendaraan umum kita juga belum siap
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 559
- Joined: Fri Jun 26, 2015 9:04
Re: Lima Fakta Mobil Bekas Ini Penting Diketahui!
Sy pribadi pembeli mobkas dr awal, jujur 2 unit yg pertama dibeli krn finansial jd pilih 2nd tp saat pinang unit ke 3 dana yg tersedia lebih dr cukup u/ ambil unit baru tp sy tetap pilih unit 2nd, dan sejauh ini puas dgn pilihan sy.
Alasannya sama dgn rekan2 SM diatas : banyak unit2 2nd yg lebih value for money drpd yg baru dgn BQ yg pathetic, sy berani ambil resiko beli 2nd asal berani & tau cara inspeksi unit tsb.
Btw Sy sdh isi surveynya good luck om
Sent from my iPhone using Tapatalk
Alasannya sama dgn rekan2 SM diatas : banyak unit2 2nd yg lebih value for money drpd yg baru dgn BQ yg pathetic, sy berani ambil resiko beli 2nd asal berani & tau cara inspeksi unit tsb.
Btw Sy sdh isi surveynya good luck om
Sent from my iPhone using Tapatalk
-
- SM Specialist
- Posts: 16676
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Lima Fakta Mobil Bekas Ini Penting Diketahui!
Saya kepingin sih suatu saat mau pergi-pergi nggak habis waktu di jalan... Mobil pribadi tetep ada cuma buat kepentingan non-urgent aja...ABEDUL wrote: Thu Mar 23, 2017 4:16 sepakat dengan pernyataan om-om diatas, tidak hanya satu dua faktor yang dapat menyebabkan macet di jalan...
ane lebih suka dan cukup sering naik kendaraan umum seperti KRL and busway
penyebab masalah macet lebih tepatnya pada manusia itu sendiri yg menyumbang kemacetan, belum ada mental tuk naik kendaraan umum dan fasilitas kendaraan umum kita juga belum siap
Kalo sekarang ngadepin macet di rush hour sih udah males banget... Saya biasa keluar pake mobil di waktu udah ga macet... di atas jam 7 jam 8 malem.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 978
- Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57
Re: RE: Re: Lima Fakta Mobil Bekas Ini Penting Diketahui!
Anyway gudluck buat tugas akhirnya yaforezta wrote:HAHAHA bener sih br, mungkin mahasiswa-mahasiswa eksak bisa nih bikin penelitian penataan jalan :')dieselman228 wrote: Wed Mar 22, 2017 12:34 jangan lupa jalanan di indo dasarnya udah sempit, biarpun sedikit populasi mobilnya, kendaraan lain juga ambil andil...
intinya imho, jalanannya sempit pit pit...

2015 - 2KD
2024 - K15B

2024 - K15B

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 226
- Joined: Sat Oct 15, 2016 22:21
Re: Lima Fakta Mobil Bekas Ini Penting Diketahui!
yup betul om, mobil tetap ada karena menjadi kebutuhan saat ini dan di butuhkan saat genting saja. baik itu mobil yg berjenis LCGC atau apapun ituChZ wrote: Thu Mar 23, 2017 4:24Saya kepingin sih suatu saat mau pergi-pergi nggak habis waktu di jalan... Mobil pribadi tetep ada cuma buat kepentingan non-urgent aja...ABEDUL wrote: Thu Mar 23, 2017 4:16 sepakat dengan pernyataan om-om diatas, tidak hanya satu dua faktor yang dapat menyebabkan macet di jalan...
ane lebih suka dan cukup sering naik kendaraan umum seperti KRL and busway
penyebab masalah macet lebih tepatnya pada manusia itu sendiri yg menyumbang kemacetan, belum ada mental tuk naik kendaraan umum dan fasilitas kendaraan umum kita juga belum siap
Kalo sekarang ngadepin macet di rush hour sih udah males banget... Saya biasa keluar pake mobil di waktu udah ga macet... di atas jam 7 jam 8 malem.
ane bawa mobil karena bokap/nyokap minta gantian nyupir karena gak kuat lama sbg driver...ya wess sebagai anak ya nunduk aja dah
alasan karena ane suka naik kendaraan umum, pertama tidak capek, kedua bisa melakukan yg lain seperti maen game dll, hehehe
di Jakarta, sudah tidak dapat di prediksi lagi di jam berapa di jalan bisa sepi atau lengang
mungkin pas moment lebaran saja, Jakarta bisa sepi
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Wed Mar 22, 2017 5:00
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Mobil
Re: Lima Fakta Mobil Bekas Ini Penting Diketahui!
ripratama wrote: Wed Mar 22, 2017 13:17 Sukses untuk penelitiannya. Survey sdh saya isi. Few comments:
1. Kl dr pengamatan pribadi, kemacetan parah di jalan tol lebih disebabkan banyaknya truk boyo dan tidak di jalurnya (kiri) ketimbang mobil bekas. Sebaliknya, rata-rata mobil di jalan masih relatif baru (usia < 5 tahun).
2. Membeli mobil bekas bukan karena semata-mata murah. Misal: mobil koleksi / hobby.
3. Angka permintaan mobil baru "cuma" naik 4 sekian persen di kondisi ekonomi stagnan (2016), menurut saya itu prestasi.
4. Beli mobil bekas impor? Bisa, tapi ada jalur tertentu, dan tidak utk dibahas disini.

Mantap gan
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Wed Mar 22, 2017 5:00
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Mobil
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Wed Mar 22, 2017 5:00
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Mobil
Re: Lima Fakta Mobil Bekas Ini Penting Diketahui!
Ane ngambil dari beberapa literatur bang! Orang lebih suka emang beli bekas daripada LCGC..ChZ wrote: Wed Mar 22, 2017 15:09 Semua orang yang pake kendaraan pribadi berkontribusi terhadap kemacetan di Indonesia.
Salah siapa?
Salahnya kenapa sistem transportasi kita nggak efisien, masyarakat didorong beli mobil / motor terus bukan didorong buat pake angkutan umum.
Pertumbuhan ruas jalan tidak sebanding dengan pertumbuhan kendaraan.
Kenapa peminat mobil bekas tinggi?
Karena mobil LCGC nggak benar-benar terjangkau akhirnya masyarakat kita beli mobil bekas yang harganya cuma separohnya LCGC... ini datanya ngambil dari mana? Ada klasifikasi nya gak mobil bekas paling diminati di level harga berapa?
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Wed Mar 22, 2017 5:00
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Mobil
Re: Lima Fakta Mobil Bekas Ini Penting Diketahui!
Keren thanks bro! Disini malah dapet banyak masukanWistuwis wrote: Wed Mar 22, 2017 16:43 Done![]()
Jika dihubungkan dengan kemacetan, saya pikir tujuan membeli mobkas juga harus digali. Apakah benar untuk operasional rutin atau sekedar hobi atau sebagai mobil kedua.

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Wed Mar 22, 2017 5:00
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Mobil
Re: Lima Fakta Mobil Bekas Ini Penting Diketahui!
Mungkin ada bro-bro disini yang mau nambahin he he hepaidjho wrote: Wed Mar 22, 2017 15:13 Seru juga kalau ada data:
- trend sales mobkas sejak lcgc dikeluarkan
- trend penjualan lcgc
- daya angkut public transport, seperti dulu bisa naik kereta ekonomi, berdiri gpp, tp murah; sekarang mungkin lebih murah carter mobil drpd bayar tike kereta api yg sekarang
- pertambahan jalan
- kenaikan daya beli
- dll
Moga sukses ya Mas....
send using tapatalk for win mobile 10
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: Wed Nov 02, 2016 7:37
Re: Lima Fakta Mobil Bekas Ini Penting Diketahui!
Pas lebaran terakhir, ane kejebak macet parah pas mau ke serpong dan pulangnya, pdhl itu lg hari lebaranABEDUL wrote: Thu Mar 23, 2017 5:24yup betul om, mobil tetap ada karena menjadi kebutuhan saat ini dan di butuhkan saat genting saja. baik itu mobil yg berjenis LCGC atau apapun ituChZ wrote: Thu Mar 23, 2017 4:24Saya kepingin sih suatu saat mau pergi-pergi nggak habis waktu di jalan... Mobil pribadi tetep ada cuma buat kepentingan non-urgent aja...ABEDUL wrote: Thu Mar 23, 2017 4:16 sepakat dengan pernyataan om-om diatas, tidak hanya satu dua faktor yang dapat menyebabkan macet di jalan...
ane lebih suka dan cukup sering naik kendaraan umum seperti KRL and busway
penyebab masalah macet lebih tepatnya pada manusia itu sendiri yg menyumbang kemacetan, belum ada mental tuk naik kendaraan umum dan fasilitas kendaraan umum kita juga belum siap
Kalo sekarang ngadepin macet di rush hour sih udah males banget... Saya biasa keluar pake mobil di waktu udah ga macet... di atas jam 7 jam 8 malem.
ane bawa mobil karena bokap/nyokap minta gantian nyupir karena gak kuat lama sbg driver...ya wess sebagai anak ya nunduk aja dah
alasan karena ane suka naik kendaraan umum, pertama tidak capek, kedua bisa melakukan yg lain seperti maen game dll, hehehe
di Jakarta, sudah tidak dapat di prediksi lagi di jam berapa di jalan bisa sepi atau lengang
mungkin pas moment lebaran saja, Jakarta bisa sepi
Kata nyokap ane, dl pas lebaran mau tidur di jalan jg blm tentu kelindas mobil
-
- SM Specialist
- Posts: 16676
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Lima Fakta Mobil Bekas Ini Penting Diketahui!
Saat ini saya kerja di tempat yang saya tinggal jalan kaki... Dan itu nikmat sekali... Gak kepikiran gaji habis buat bensin. Gak kena macet juga (pulang berangkat tinggal jalan kakiABEDUL wrote: Thu Mar 23, 2017 5:24
yup betul om, mobil tetap ada karena menjadi kebutuhan saat ini dan di butuhkan saat genting saja. baik itu mobil yg berjenis LCGC atau apapun itu
ane bawa mobil karena bokap/nyokap minta gantian nyupir karena gak kuat lama sbg driver...ya wess sebagai anak ya nunduk aja dah
alasan karena ane suka naik kendaraan umum, pertama tidak capek, kedua bisa melakukan yg lain seperti maen game dll, hehehe
di Jakarta, sudah tidak dapat di prediksi lagi di jam berapa di jalan bisa sepi atau lengang
mungkin pas moment lebaran saja, Jakarta bisa sepi

Kalo di rumah juga nasib pasti serumah minta dianter...

Nah setuju oom... Waktu kita lebih produktif juga kalo pake kendaraan umum...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Lima Fakta Mobil Bekas Ini Penting Diketahui!
Sudah saya isi Om, kuisionernya..
Kalau dikatakan minat terhadap mobil bekas memicu kemacetan itu jadi rancu. Justru dengan sebagian orang yang prefer kepada mobkas menjadikan perlambatan pertumbuhan kendaraan. Seperti yang dikatakan beberapa suhu di atas, pembelian mobkas hanyalah perpindahan kepemilikan. Di Indonesia belum populer yang namanya scarp yard untuk mobil.
Saya sendiri termasuk orang yang prefer kepada mobil bekas karena merasa secara performa, build quality, kenyamanan, ride quality dan pajak, uang yang saya bayarkan terasa sangat value.
Saya juga prefer mobil medium klas dengan depresiasi tinggi meski hari ini tidak ada mobil yang depresiasinya tidak tinggi.
Kalau dikatakan minat terhadap mobil bekas memicu kemacetan itu jadi rancu. Justru dengan sebagian orang yang prefer kepada mobkas menjadikan perlambatan pertumbuhan kendaraan. Seperti yang dikatakan beberapa suhu di atas, pembelian mobkas hanyalah perpindahan kepemilikan. Di Indonesia belum populer yang namanya scarp yard untuk mobil.
Saya sendiri termasuk orang yang prefer kepada mobil bekas karena merasa secara performa, build quality, kenyamanan, ride quality dan pajak, uang yang saya bayarkan terasa sangat value.
Saya juga prefer mobil medium klas dengan depresiasi tinggi meski hari ini tidak ada mobil yang depresiasinya tidak tinggi.