
Perkenalkan, gue Reza, mahasiswa psikologi dari salah satu universitas di Indonesia. Gue lagi tertarik banget sama isu otomotif di Indonesia, terutama soal pasar penjualan mobil bekas.
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Asal tau aja, nih, ya, Jakarta ada di posisi ke-22 kota termacet di dunia! Wuiiiih! Tuh, yang suka ngeluh macet. Pantesan aja ya, berangkat pulang kerja pantat panas kelamaan nempel di kursi.
Kalo mau nyalahin kenapa kok Jakarta bisa macet, hmmm, ini bisa aja karena produksi mobil LCGC man temans. Mobil-mobil semacam ayl*a sama agy*a yang murah meriah kayak kacang goring, bikin masyarakat makin mudah memiliki mobil.
Tapi itu kan baru BISA AJA. Fakta sesungguhnya?
1. Fakta sesungguhnya nih, ya, ternyata, yang bikin macet bukan mobil LCGC, tapi mobil-mobil bekas yang penjualannya serame jualan cendol! Wuih! Kok bisa?
Iya nih, teman-teman harus tahu. Penjualan mobil bekas di Indonesia peminatnya tinggi banget! Mencapai angka 70%! Wahhh…. Pantesan aja pemilik mobil menjamur di Indonesia.
2. Ramenya pembelian mobil bekas ini, apalagi karena status ekonomi di Indonesia!
Yaaa… tau sendirilah. Harga mobil bekas kan lebih murah. Di mana-mana juga orang mau beli sesuatu cari yang paling murah tapi berkualitas, kan? Nah, mobil bekas punya semua ini nih.
3. Penjualan mobil bekas yang terus menaik, menyebabkan permintaan mobil baru jadi terus menurun.
Angka permintaan mobil baru, bahkan sampai ke angka 4,8% loh. Kecil banget saudara-saudara!
4. Di Indonesia, ternyata tidak bisa membeli mobil bekas import!
Peraturan pemerintah ini, menyebabkan pasar mobil bekas di Indonesia jadi kaya raya, karena toh orang-orang gabisa beli impor. Kudu beli dari Indonesia langsung. Wah… thanks to pemerintah banget deh!
5. Berkat fakta-fakta di atas, diperkirakan pada tahun 2020, pasar mobil bekas di Indonesia bakal sangat melunjak!
Waw! Tuh, yang mau bikin bisnis mobil bekas.



Fakta-fakta di atas, menyebabkan gue jadi berpikir ulang soal efektivitas munculnya mobil LCGC di Indonesia. Karena toh, orang-orang lebih banyak yang memilih mobil bekas dibanding mobil baru. Hal ini bertentangan banget dengan pikiran pertama gue yang menyangka kalo munculnya mobil LCGC, menurunkan minat pembelian mobil bekas di Indonesia. Ternyata gak juga!


Untuk itu teman-teman, gue jadi tertarik meneliti soal minat pasar mobil bekas di Indonesia, nih!
Plis banget untuk teman-teman pencinta mobil dan otomotif sekalian, bantuan penelitian gue dengan isi survey gue di sini ya! Semoga bagi temen-temen yang mengisi, bisa beli mobil baru, gak mobil bekas lagi! Wkwkwkwkwk.
Sumber fakta-fakta di atas bisa teman-teman lihat di sini: http://www.tribunnews.com/internasional ... -berapa-ya dan di sini: https://www.carmudi.co.id/journal/prefe ... rmudi/amp/.
Terima kasih banyak bagi yang mau membantu isi survey gue, semoga kalian cepet dapet jodoh, ya!