Initial Impression with Suzuki Ertiga ZDi 1.3 M/T
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 15679
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Initial Impression with Suzuki Ertiga ZDi 1.3 M/T
Haloo pembaca SM...
Kali ini ane akan membuat sedikit report mengenai mobil yang sedang hangat diperbincangkan...
Maruti... err... Suzuki Ertiga ZDi 1.3 SHVS M/T.
====================
Singkatnya kami dapet informasi dari "orang dalem" mengenai kapan launchingnya Ertiga Diesel... dan ybs mengatakan hari Sabtu di sebuah mall di Surabaya Barat. And damn... ane ada acara hari sabtu. Minggu akhirnya ane bela - belain dateng ke mall tsb... cabut duluan dari acara gereja di Tretes... Cuss turun ke Surabaya. Balik bentar lalu berangkat lagi.
Yea... as expected... banyak sekali unit Ertiga Diesel dipajang disini dengan decal di sekujur bodinya menunjukkan klaim - klaim fantastis... Yang akan berpotensi dituntut seperti merek saudaranya dulu claim 21 km/l tapi cuma sanggup 10 km/l di kenyataannya krn konsumen kurang di edukasi.
Jujur saja, ane sangat penasaran dengan mobil ini. Dengan segudang claim dan teknologi terbaru yang dibawanya. Plus harganya sangat value for money untuk saat ini.
OK langsung saja ya.
====================
Exterior
Sepertinya enggak perlu ada penjelasan lebih mengenai exterior karena 99% mirip dengan Ertiga versi bensin.
Kecuali hanya emblem "ZDi Hybrid" di bagasi dan "DDIS" sebagai pembeda. Seandainya semua emblem itu dilepas nggak ada bedanya.
Unit test drive berwarna abu - abu.
Interior
Skip, sama persis. Kecuali cluster dan tombol untuk manual levelling dan auto start-stop... dan lupa ane poto tunggu versi video aja
Engine
Ini dia, highlight terbesar dari Ertiga Diesel yang menjanjikan segala claim di brosur dan decal di sekujur badan.
Mesin Diesel 1.300cc berkode D13A buatan Fiat diberi nama Multijet Engine... 90PS @ 4000 RPM dan 200 Nm @ 1750 RPM. Sejujurnya ini karakter yang agak peaky untuk sebuah mesin Diesel... FYI ini unit yang sama dengan Spin Diesel, bedanya Spin Diesel tidak VGT sehingga tenaganya lbh kecil...
Desain intake Hose yang berbentuk seperti nozzle, mengecil nyambung ke turbo. Sepertinya untuk meningkatkan kecepatan aliran udara.
Kami Suka Turbo....
Seperti layaknya janji - janji pasangan calon gubernur di ibukota... Suzuki pun memberikan banyak "janji"...
Jadi untuk kalian yang penasaran dengan sistem kerja "hybrid" di Ertiga, atau menanyakan kenapa mobil ini ada label "hybrid" tapi enggak kena pajak ganda, karena memang mobil ini enggak punya motor listrik tambahan seperti Prius, Camry, X-Trail, atau CR-Z. Mobil ini cuma pakai mesin diesel saja.....
Lalu dimana "hybrid" nya?
Hybrid di Ertiga adalah sistem mild hybrid, yang diberi nama SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki, nama yang cukup aneh), menggunakan satu komponen bernama ISG (Integrated Starter Generator). Atau ane lebih suka menyebutnya Integrated Starter and Generator karena secara prinsip memang menggabungkan fungsi motor starter dan generator/alternator. Motor listrik konvensional dieliminasi dan digantikan perannya oleh ISG yang juga berfungsi sebagai motor. Pada saat start, ISG menggerakkan pulley dengan fungsi motor nya, sehingga starter lebih halus. Peranan ISG ini juga membuatnya halus dalam menjalankan sistem auto start-stop krn yang digerakkan adalah pulley bukan motor starter.
Tentu saja, sistem ini membuat mobil memerlukan suplai tenaga listrik tambahan, atau battery yang digunakan harus besar. Di Ertiga ini menggunakan battery berkapasitas 70Ah. Di versi luar sepengetahuan saya ada yang menggunakan auxiliary battery Lithium-ion (di video).
ISG ini akan menjalankan peran sebagai alternator ketika berjalan santai / low-load. Ketika high-load, ISG akan memberikan assist tenaga melalui fungsi motor tadi - which is kalau dipikir secara logika pasti enggak kerasa karena motornya saja kecil.
Fungsi lainnya juga adalah regenerative brake yang sayangnya d versi indon tidak ada (krn hanya bermodal battery kapasitas besar tidak ada battery lithium-ion nya).
Daripada berpanjang - panjang, simak video ini :
[youtube]rAjqzLo_s48[/youtube]
Dan tanpa berlama - lama lagi... ane langsung melompat ke mobil test drive untuk membuktikan claim - claim tersebut. Yang sayangnya lagi - lagi di mall tercinta ini test nya cuma muter doangan... Untung karena ada renovasi jadi ada lahan kosong dikit dan ane bisa coba rev-up.
Start engine... Disini pembuktian utama... Dan wow... Initial start nya berasa halus... Gemeretak diesel baru terasa setelah mesin menyala, itupun halus - lebih halus daripada Spin Diesel yang menggunakan unit serupa. Rev-up nya juga suaranya enak... G kasar kayak 2KD atau 2GD... Video start dan rev-up nya bisa diliat di IG ane @tanchristianaditya
Coba jalan, kopling masukkan gear 1. koplingnya lbh mudah dikuasai daripada K14B manual. Koplingnya empuk dan ga berisiko bikin cape seharusnya di kemacetan. Lepas kopling mobil langsung jalan. Injek gas terasa lag sedikit, dan surge nya di RPM below 1700 nggak terasa kuat, cenderung lemot. Masuk 1700 mulai kuat, pertama ane cuma injek pelan karena jalannya rame koq nggak kerasa surge nya... Alus kya mesin bensin... Well ini mobil diesel tp g kerasa jambak di rpm bawah... Begitu nemu lahan kosong rasa penasaran ane terbayarkan... Ketika biasa nyetir mobil diesel cuma manfaatin slip TC dengan minim rev-up... di Ertiga ane coba rev-up dan.... WOW.
Surge nya terasa dari 2000 RPM sampai peak horsepower di 4000 RPM. To be honest mbl ini punya torque band yang lebih luas dari Ipah 2KD dan Isuzu MU-X. Ipah 2KD standar masuk 3000 uda ngempos, MU-X di 3500an jg udah mulai ngempos deket redline, Ertiga masih ngisi sampe 4000. Mbl ini punya rev limiter yang tinggi untuk mobil diesel (5000 RPM). Efek dari VGT nya sepertinya sehingga torquenya bener - bener kuat dan linear, along with broader torque band. Ane bahkan berani jamin mobil ini lebih kenceng dari versi bensinnya krn peak horsepower sama tp dicapai lebih cepet di 4000 RPM dan surge nya lebih kuat dibanding versi bensin K14B yang RPM atasnya ngempos d versi AT...
Dan bodohnya ane baru menyadari kenikmatan torque band nya yang luas di menit - menit terakhir. Ga boleh muter 2x karena yang ngantri banyak.
Singkat cerita ane berhentikan mobil di pool, dan sistem auto start-stop nya menyala. Mesin tiba-tiba mati tanpa ane sadari dengan simbol auto start-stop menyala di speedo.
Temporary Conclusion
Mobil yang sangat..... Potential d market Indonesia. Mesin diesel yang (katanya) irit, dan torque nya yang lebih kuat dari versi bensin. Plus mobilnya sangat halus. Dengan segala kelebihan Ertiga bensin lainnya seperti kekedapan dan kursi yang enak plus empuk.
Yang sangat disayangkan adalah belum tersedianya versi AT di belahan bumi manapun. Tapi kalau Ertiga bensin saja bisa keluar versi AT nya (which is waktu launch di 2012 jg gak ada versi AT di belahan bumi manapun), let's hope Suzuki nggak lama riset untuk versi AT nya dan segera diluncurkan, akan jadi lawan yang sangat berat untuk Mobilio dan Avanza/Xenia secara produk. Secara aftersales, well, ane gak mau komen.
Semoga dengan gebrakan Suzuki ini Honda juga ikut nantinya pasarkan Mobilio Diesel i-DTEC...
Tapi katanya kan mobil ini gak boleh isi solar biasa, harus DEX?
Kalo boleh jujur, dari zaman Innova 2KD juga nggak di rekomendasi ngisi solar busuk... Diesel CRD punya injection pressure lebih tinggi dibanding Diesel lama, sangat riskan kalau diisi BBM kaya sulfur seperti di negara kita ini. Yang bikin Ipah 2KD aman diisi solar busuk krn sudah "disesuaikan"... makanya versi lokal cm 102 HP / 260 Nm. Pajero aja bbrp CE nyala krn solar busuk.
Jadi sebenernya aturan g boleh isi solar jelek bukan cm berlaku untuk Ertiga / mobil diesel Eropa aja... Tp semua mobil diesel kecuali Panther, ELF, L300, Fuso, Hino...
Solusinya, hapuskan Solar busuk... turunkan harga DEX... biar standar emisi kita move on dari Euro2...
===============================
Sekian pengalaman singkat ane dengan Ertiga Diesel...
Kali ini ane akan membuat sedikit report mengenai mobil yang sedang hangat diperbincangkan...
Maruti... err... Suzuki Ertiga ZDi 1.3 SHVS M/T.
====================
Singkatnya kami dapet informasi dari "orang dalem" mengenai kapan launchingnya Ertiga Diesel... dan ybs mengatakan hari Sabtu di sebuah mall di Surabaya Barat. And damn... ane ada acara hari sabtu. Minggu akhirnya ane bela - belain dateng ke mall tsb... cabut duluan dari acara gereja di Tretes... Cuss turun ke Surabaya. Balik bentar lalu berangkat lagi.
Yea... as expected... banyak sekali unit Ertiga Diesel dipajang disini dengan decal di sekujur bodinya menunjukkan klaim - klaim fantastis... Yang akan berpotensi dituntut seperti merek saudaranya dulu claim 21 km/l tapi cuma sanggup 10 km/l di kenyataannya krn konsumen kurang di edukasi.
Jujur saja, ane sangat penasaran dengan mobil ini. Dengan segudang claim dan teknologi terbaru yang dibawanya. Plus harganya sangat value for money untuk saat ini.
OK langsung saja ya.
====================
Exterior
Sepertinya enggak perlu ada penjelasan lebih mengenai exterior karena 99% mirip dengan Ertiga versi bensin.
Kecuali hanya emblem "ZDi Hybrid" di bagasi dan "DDIS" sebagai pembeda. Seandainya semua emblem itu dilepas nggak ada bedanya.
Unit test drive berwarna abu - abu.
Interior
Skip, sama persis. Kecuali cluster dan tombol untuk manual levelling dan auto start-stop... dan lupa ane poto tunggu versi video aja
Engine
Ini dia, highlight terbesar dari Ertiga Diesel yang menjanjikan segala claim di brosur dan decal di sekujur badan.
Mesin Diesel 1.300cc berkode D13A buatan Fiat diberi nama Multijet Engine... 90PS @ 4000 RPM dan 200 Nm @ 1750 RPM. Sejujurnya ini karakter yang agak peaky untuk sebuah mesin Diesel... FYI ini unit yang sama dengan Spin Diesel, bedanya Spin Diesel tidak VGT sehingga tenaganya lbh kecil...
Desain intake Hose yang berbentuk seperti nozzle, mengecil nyambung ke turbo. Sepertinya untuk meningkatkan kecepatan aliran udara.
Kami Suka Turbo....
Seperti layaknya janji - janji pasangan calon gubernur di ibukota... Suzuki pun memberikan banyak "janji"...
Jadi untuk kalian yang penasaran dengan sistem kerja "hybrid" di Ertiga, atau menanyakan kenapa mobil ini ada label "hybrid" tapi enggak kena pajak ganda, karena memang mobil ini enggak punya motor listrik tambahan seperti Prius, Camry, X-Trail, atau CR-Z. Mobil ini cuma pakai mesin diesel saja.....
Lalu dimana "hybrid" nya?
Hybrid di Ertiga adalah sistem mild hybrid, yang diberi nama SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki, nama yang cukup aneh), menggunakan satu komponen bernama ISG (Integrated Starter Generator). Atau ane lebih suka menyebutnya Integrated Starter and Generator karena secara prinsip memang menggabungkan fungsi motor starter dan generator/alternator. Motor listrik konvensional dieliminasi dan digantikan perannya oleh ISG yang juga berfungsi sebagai motor. Pada saat start, ISG menggerakkan pulley dengan fungsi motor nya, sehingga starter lebih halus. Peranan ISG ini juga membuatnya halus dalam menjalankan sistem auto start-stop krn yang digerakkan adalah pulley bukan motor starter.
Tentu saja, sistem ini membuat mobil memerlukan suplai tenaga listrik tambahan, atau battery yang digunakan harus besar. Di Ertiga ini menggunakan battery berkapasitas 70Ah. Di versi luar sepengetahuan saya ada yang menggunakan auxiliary battery Lithium-ion (di video).
ISG ini akan menjalankan peran sebagai alternator ketika berjalan santai / low-load. Ketika high-load, ISG akan memberikan assist tenaga melalui fungsi motor tadi - which is kalau dipikir secara logika pasti enggak kerasa karena motornya saja kecil.
Fungsi lainnya juga adalah regenerative brake yang sayangnya d versi indon tidak ada (krn hanya bermodal battery kapasitas besar tidak ada battery lithium-ion nya).
Daripada berpanjang - panjang, simak video ini :
[youtube]rAjqzLo_s48[/youtube]
Dan tanpa berlama - lama lagi... ane langsung melompat ke mobil test drive untuk membuktikan claim - claim tersebut. Yang sayangnya lagi - lagi di mall tercinta ini test nya cuma muter doangan... Untung karena ada renovasi jadi ada lahan kosong dikit dan ane bisa coba rev-up.
Start engine... Disini pembuktian utama... Dan wow... Initial start nya berasa halus... Gemeretak diesel baru terasa setelah mesin menyala, itupun halus - lebih halus daripada Spin Diesel yang menggunakan unit serupa. Rev-up nya juga suaranya enak... G kasar kayak 2KD atau 2GD... Video start dan rev-up nya bisa diliat di IG ane @tanchristianaditya
Coba jalan, kopling masukkan gear 1. koplingnya lbh mudah dikuasai daripada K14B manual. Koplingnya empuk dan ga berisiko bikin cape seharusnya di kemacetan. Lepas kopling mobil langsung jalan. Injek gas terasa lag sedikit, dan surge nya di RPM below 1700 nggak terasa kuat, cenderung lemot. Masuk 1700 mulai kuat, pertama ane cuma injek pelan karena jalannya rame koq nggak kerasa surge nya... Alus kya mesin bensin... Well ini mobil diesel tp g kerasa jambak di rpm bawah... Begitu nemu lahan kosong rasa penasaran ane terbayarkan... Ketika biasa nyetir mobil diesel cuma manfaatin slip TC dengan minim rev-up... di Ertiga ane coba rev-up dan.... WOW.
Surge nya terasa dari 2000 RPM sampai peak horsepower di 4000 RPM. To be honest mbl ini punya torque band yang lebih luas dari Ipah 2KD dan Isuzu MU-X. Ipah 2KD standar masuk 3000 uda ngempos, MU-X di 3500an jg udah mulai ngempos deket redline, Ertiga masih ngisi sampe 4000. Mbl ini punya rev limiter yang tinggi untuk mobil diesel (5000 RPM). Efek dari VGT nya sepertinya sehingga torquenya bener - bener kuat dan linear, along with broader torque band. Ane bahkan berani jamin mobil ini lebih kenceng dari versi bensinnya krn peak horsepower sama tp dicapai lebih cepet di 4000 RPM dan surge nya lebih kuat dibanding versi bensin K14B yang RPM atasnya ngempos d versi AT...
Dan bodohnya ane baru menyadari kenikmatan torque band nya yang luas di menit - menit terakhir. Ga boleh muter 2x karena yang ngantri banyak.
Singkat cerita ane berhentikan mobil di pool, dan sistem auto start-stop nya menyala. Mesin tiba-tiba mati tanpa ane sadari dengan simbol auto start-stop menyala di speedo.
Temporary Conclusion
Mobil yang sangat..... Potential d market Indonesia. Mesin diesel yang (katanya) irit, dan torque nya yang lebih kuat dari versi bensin. Plus mobilnya sangat halus. Dengan segala kelebihan Ertiga bensin lainnya seperti kekedapan dan kursi yang enak plus empuk.
Yang sangat disayangkan adalah belum tersedianya versi AT di belahan bumi manapun. Tapi kalau Ertiga bensin saja bisa keluar versi AT nya (which is waktu launch di 2012 jg gak ada versi AT di belahan bumi manapun), let's hope Suzuki nggak lama riset untuk versi AT nya dan segera diluncurkan, akan jadi lawan yang sangat berat untuk Mobilio dan Avanza/Xenia secara produk. Secara aftersales, well, ane gak mau komen.
Semoga dengan gebrakan Suzuki ini Honda juga ikut nantinya pasarkan Mobilio Diesel i-DTEC...
Tapi katanya kan mobil ini gak boleh isi solar biasa, harus DEX?
Kalo boleh jujur, dari zaman Innova 2KD juga nggak di rekomendasi ngisi solar busuk... Diesel CRD punya injection pressure lebih tinggi dibanding Diesel lama, sangat riskan kalau diisi BBM kaya sulfur seperti di negara kita ini. Yang bikin Ipah 2KD aman diisi solar busuk krn sudah "disesuaikan"... makanya versi lokal cm 102 HP / 260 Nm. Pajero aja bbrp CE nyala krn solar busuk.
Jadi sebenernya aturan g boleh isi solar jelek bukan cm berlaku untuk Ertiga / mobil diesel Eropa aja... Tp semua mobil diesel kecuali Panther, ELF, L300, Fuso, Hino...
Solusinya, hapuskan Solar busuk... turunkan harga DEX... biar standar emisi kita move on dari Euro2...
===============================
Sekian pengalaman singkat ane dengan Ertiga Diesel...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 95
- Joined: Fri Sep 30, 2016 1:26
Re: Initial Impression with Suzuki Ertiga ZDi 1.3 M/T
Nice review bro, jd penasaran pengen test drive lsg
Boost it
Chip it
Stack it
Smoke it !
- Diesel Power -
Chip it
Stack it
Smoke it !
- Diesel Power -
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5884
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Initial Impression with Suzuki Ertiga ZDi 1.3 M/T
kalo at lengkap banget d
btw nice review
btw nice review
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 82
- Joined: Thu Jan 23, 2014 5:56
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 679
- Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33
Re: Initial Impression with Suzuki Ertiga ZDi 1.3 M/T
Mengenai versi AT,di review nya fitra eri beliau bertanya sama pihak suzuki dan dijawab mereka(suzuki) mengetest pasar sama mobil ini,kalo laku ya nanti dibuatkan versi AT nya,.. buset dah kalo jualan pake test2an segala,kyk dulu R3 bensin AT kluar nya belakangan
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Sat Mar 05, 2016 12:03
Re: Initial Impression with Suzuki Ertiga ZDi 1.3 M/T
Semoga ertiga diesel ini laris biar toyota dan honda tertarik juga masarin produk low mpv diesel mereka di indonesia. Biar kita sebagai konsumen lebih banyak lagi pilihan mobil bermesin diesel modern dengan harga lebih terjangkau. Asal sdh keluar versi ATnya dan harganya ttp terjangkau pasti bakalan laris kok
Btw nice review om
Btw nice review om
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1220
- Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 2
Re: Initial Impression with Suzuki Ertiga ZDi 1.3 M/T
nice review om ChZ
surprise juga itu ampe RPM 4000 masi ngisi tenaganya, biasanya diesel mah diatas 3500 dah ngeden.
turbonya udah VGT ya? mantap juga, PR nya cuma tinggal taro matic 6 speed aja kayak di s-cross sama vitara yg di eropa udah cukup rasanya.
surprise juga itu ampe RPM 4000 masi ngisi tenaganya, biasanya diesel mah diatas 3500 dah ngeden.
turbonya udah VGT ya? mantap juga, PR nya cuma tinggal taro matic 6 speed aja kayak di s-cross sama vitara yg di eropa udah cukup rasanya.
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 160
- Joined: Tue Dec 06, 2016 14:11
Re: Initial Impression with Suzuki Ertiga ZDi 1.3 M/T
Wah om ChZ juga ke CW utk lihat R3 disel? Jam brp waktu itu? Ane hari minggu jg ke sana khusus lihat R3 disel sayangnya ga bisa test drive udah kebanyakan yg antri
Overall ini mobil oke banget sih walaupun ga sempet TD, ortu ane aja sampai tergoda utk mau meninang yg warna gray
Sent from my HTC One_E8 dual sim using Seraya Motor mobile app
Overall ini mobil oke banget sih walaupun ga sempet TD, ortu ane aja sampai tergoda utk mau meninang yg warna gray
Sent from my HTC One_E8 dual sim using Seraya Motor mobile app
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 680
- Joined: Thu Nov 03, 2016 17:51
Re: Initial Impression with Suzuki Ertiga ZDi 1.3 M/T
Nice review om.. penasaran bener ini mobil
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 269
- Joined: Sat Dec 28, 2013 14:26
Re: Initial Impression with Suzuki Ertiga ZDi 1.3 M/T
om tanya donk.. mesinnya pake timing chain atau timing belt yah? trus udah tbw atau masih kabel gas? di kota saya baru hari sabtu ini ada acara test drivenya euy..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2117
- Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12
Re: Initial Impression with Suzuki Ertiga ZDi 1.3 M/T
nice review om.. kalo keluar versi maticnya mungkin mobil ini nantinya yang paling value for money di kelasnya..dan mungkin bisa buat avanza dan mobilio berpikir untuk keluarin versi dieselnya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1213
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Initial Impression with Suzuki Ertiga ZDi 1.3 M/T
Serius regenerative braking gak ada? Jgn bilang hybrid donk kalo gini.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 269
- Joined: Sat Dec 28, 2013 14:26
-
- SM Specialist
- Posts: 15679
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Initial Impression with Suzuki Ertiga ZDi 1.3 M/T
Sama om... kepengen coba realnya juga om... Hehehe... Kemaren baru coba muter doang ga puas.
Yeap... let's hope the AT version will be available sooner.EricSanjaya wrote: ↑Mon Feb 20, 2017 21:50 Nice review om, kurang versi AT nya aja nie
Sent from my BBA100-2 using Seraya Motor mobile app
Krn memang asalnya ga dibuat versi AT... along with Petrol dl juga blom ada versi AT waktu meluncur disini... Makanya 2013 bru keluar versi AT.
Mirisnya mesin dijel di indon image nya masih negatif... dan volume penjualan ane rasa jg ga bakal terlalu gede... aplg faktor ga ada AT orang bakal banyak lari ke petrol... Sedih. Akhirnya demand nya menurun dan riset untuk AT ga dibuat... Blom lagi faktor disuruh ngisi DEX orang makin ogah padahal tau sendiri solar jelek tp kalo beli mobil pasti nanya "bole isi subsidian gak?"... mending beli petrol bisa isi premium... Heran aja sedan Honda gw 1800cc 1 : 9 aja gw bela-belain isi pertamax... Ini dalkot possible dpt 12-13 km/l masih mau ngisi BBM subsidi... lol.
Semoga g terjadi... wkwkwkwk...
Bisa pake 4AT nya Petrol... atw 6AT nya S-Cross... atw biasanya di indihe pakai AMT... Better pakai 4AT sih lebih enak bwat explore torque band nya yg luas di dalkot d banding 6AT with shorter gearing... 6AT good asal karakternya g mirip metiknya Ipah D4D... Yg bisa slip dulu cukup lama sebelum lock-up...
Ya oom ane juga berharap demikian... Hehehe... Secara ini MPV diesel termurah yang ada di pasar Indonesia skrg...kinankahfi wrote: ↑Mon Feb 20, 2017 22:27 Semoga ertiga diesel ini laris biar toyota dan honda tertarik juga masarin produk low mpv diesel mereka di indonesia. Biar kita sebagai konsumen lebih banyak lagi pilihan mobil bermesin diesel modern dengan harga lebih terjangkau. Asal sdh keluar versi ATnya dan harganya ttp terjangkau pasti bakalan laris kok
Btw nice review om
Laris asalkan jualannya g angin-anginan... Hehehe... You know lah indomob...
Ya oom... ane juga surprise waktu ngebejek... soalnya biasa ane nyetir mobil dijel turbo g bejek tp ngurut... Eh ini malah hrs bejeg wkwkwkwk... Kuat banget surge nya di range powerband.adrevolution wrote: ↑Mon Feb 20, 2017 22:29 nice review om ChZ
surprise juga itu ampe RPM 4000 masi ngisi tenaganya, biasanya diesel mah diatas 3500 dah ngeden.
turbonya udah VGT ya? mantap juga, PR nya cuma tinggal taro matic 6 speed aja kayak di s-cross sama vitara yg di eropa udah cukup rasanya.
Turbo uda VGT om... Yeap 4-AT aja udah cukup enak asal main ratio dan TC nya bisa slip cukup lama di range powerband...
Ane jam 8 malem di CW om... Hehehe... Yang ngantri cukup banyak tapi kebetulan waktu itu kosong... Langsung g pake ngantri. Sayangnya g boleh muter 2x krn banyak yg ngantri.maxbilly wrote: ↑Tue Feb 21, 2017 1:37 Wah om ChZ juga ke CW utk lihat R3 disel? Jam brp waktu itu? Ane hari minggu jg ke sana khusus lihat R3 disel sayangnya ga bisa test drive udah kebanyakan yg antri
Overall ini mobil oke banget sih walaupun ga sempet TD, ortu ane aja sampai tergoda utk mau meninang yg warna gray
Sent from my HTC One_E8 dual sim using Seraya Motor mobile app
Klw ga anti sama transmisi manual rasanya menggoda banget om...
Sama om... penasaran juga pengen bawa jalan beneran...
Chain om... rasanya skrg dijel jarang pake t-belt selain KD... atau GD juga ya... lupa deh. TBW om...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 15679
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Initial Impression with Suzuki Ertiga ZDi 1.3 M/T
Mobilio si paling possible krn udah available... tinggal gimana pinter-pinternya HPM... Biasa mereka jago banget analisa pasar launch timing nya tepat...
Gak ada om... Gak ada auxiliary battery nya kya di video cm pake aki lebih gede memang SHVS ini ada versi yg pake aki gede dan auxiliary battery kya di video...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1298
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Initial Impression with Suzuki Ertiga ZDi 1.3 M/T
ChZ wrote: ↑Mon Feb 20, 2017 17:46
Start engine... Disini pembuktian utama... Dan wow... Initial start nya berasa halus... Gemeretak diesel baru terasa setelah mesin menyala, itupun halus - lebih halus daripada Spin Diesel yang menggunakan unit serupa. Rev-up nya juga suaranya enak... G kasar kayak 2KD atau 2GD... Video start dan rev-up nya bisa diliat di IG ane @tanchristianaditya
Coba jalan, kopling masukkan gear 1. koplingnya lbh mudah dikuasai daripada K14B manual. Koplingnya empuk dan ga berisiko bikin cape seharusnya di kemacetan. Lepas kopling mobil langsung jalan. Injek gas terasa lag sedikit, dan surge nya di RPM below 1700 nggak terasa kuat, cenderung lemot. Masuk 1700 mulai kuat, pertama ane cuma injek pelan karena jalannya rame koq nggak kerasa surge nya... Alus kya mesin bensin... Well ini mobil diesel tp g kerasa jambak di rpm bawah... Begitu nemu lahan kosong rasa penasaran ane terbayarkan... Ketika biasa nyetir mobil diesel cuma manfaatin slip TC dengan minim rev-up... di Ertiga ane coba rev-up dan.... WOW.
Surge nya terasa dari 2000 RPM sampai peak horsepower di 4000 RPM. To be honest mbl ini punya torque band yang lebih luas dari Ipah 2KD dan Isuzu MU-X. Ipah 2KD standar masuk 3000 uda ngempos, MU-X di 3500an jg udah mulai ngempos deket redline, Ertiga masih ngisi sampe 4000. Mbl ini punya rev limiter yang tinggi untuk mobil diesel (5000 RPM). Efek dari VGT nya sepertinya sehingga torquenya bener - bener kuat dan linear, along with broader torque band. Ane bahkan berani jamin mobil ini lebih kenceng dari versi bensinnya krn peak horsepower sama tp dicapai lebih cepet di 4000 RPM dan surge nya lebih kuat dibanding versi bensin K14B yang RPM atasnya ngempos d versi AT...
Nice review bro Chz
Torsi dengan power band luas sampai RPM 4000 ... dan linear. It's sound great ! Cocok untuk pemakaian lukot, tidak perlu injak gas dalam, memudahkan over take dan memanjakan cruising di tol.
Abaikan RPM below 1700 yang lemot which is karena displacement mesin yang kecil, no big deal. At least, torque mulai terasa dari RPM 1700-up di rentang yang wajar untuk mesin diesel.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1056
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: Initial Impression with Suzuki Ertiga ZDi 1.3 M/T
Tebakan saya timing chain dan tbw
Tapi ntah kalo salah
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- SM Specialist
- Posts: 15679
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Initial Impression with Suzuki Ertiga ZDi 1.3 M/T
Ya oom... tokh se lemot lemotnya bawahnya masih lebih nonjok dibanding K14B manual... masih lebih bersahabat buat creeping di lalu lintas. K14B ngelepas koplingnya agak... tricky...Or4cle wrote: ↑Tue Feb 21, 2017 4:52
Nice review bro Chz
Torsi dengan power band luas sampai RPM 4000 ... dan linear. It's sound great ! Cocok untuk pemakaian lukot, tidak perlu injak gas dalam, memudahkan over take dan memanjakan cruising di tol.
Abaikan RPM below 1700 yang lemot which is karena displacement mesin yang kecil, no big deal. At least, torque mulai terasa dari RPM 1700-up di rentang yang wajar untuk mesin diesel.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 39
- Joined: Thu Feb 02, 2017 8:26
Re: Initial Impression with Suzuki Ertiga ZDi 1.3 M/T
Gampangnya gini aja......hybrid di Suzuki Ertiga Diesel mirip dengan Idling Start System di Honda Vario, karena itu gak kena pajak ganda...... smart marketing
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4611
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Initial Impression with Suzuki Ertiga ZDi 1.3 M/T
Nice review om
TInggal nunggu versi ATnya aja nih & semoga SIS lebih NIAT jualan mobil ini & ga blunder lagi kaya kemarinm2 soalnya mobil ini punya potensi yang luar biasa, karena jika mobil ini laris ga menutup kemungkinan kalo T & H juga bakal ikut ngeluaran LMPV diesel untuk bersaing dengan ertiga disel ini
TInggal nunggu versi ATnya aja nih & semoga SIS lebih NIAT jualan mobil ini & ga blunder lagi kaya kemarinm2 soalnya mobil ini punya potensi yang luar biasa, karena jika mobil ini laris ga menutup kemungkinan kalo T & H juga bakal ikut ngeluaran LMPV diesel untuk bersaing dengan ertiga disel ini
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 418
- Joined: Fri Dec 28, 2012 22:59
- Location: CID +6221
- Daily Vehicle: Kawa EX650E
Re: Initial Impression with Suzuki Ertiga ZDi 1.3 M/T
kira-kira vario bisa diakali supaya starternya bisa mbantu torsi di tarikan awal gak ya...
mungkin dengan trik elektronik plus ganti aki kapasitas besar/lithium
biar jadi vario hybrid..
The Government wants Power! They rob it from our engines.
EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Mon Apr 20, 2015 13:05
Re: Initial Impression with Suzuki Ertiga ZDi 1.3 M/T
Pengen TD juga ni.. Torsinya mirip kayak 2KD tp bobot mbl lbh ringan.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 538
- Joined: Sun May 03, 2015 0:48
Re: Initial Impression with Suzuki Ertiga ZDi 1.3 M/T
Nice impression, kita sama2 doakan aja biar mbl ini laris, biar yg laen ngikut mikir masukin saingannya hahah
Mobil ini jd kabar gembira jg buat yg pakai spin dies, bisa beli part di suzuki deh jdnya skg
Mobil ini jd kabar gembira jg buat yg pakai spin dies, bisa beli part di suzuki deh jdnya skg
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Tue Jan 24, 2017 12:55
Re: Initial Impression with Suzuki Ertiga ZDi 1.3 M/T
Cukup menarik nih. Semoga versi AT nya bisa cepet ada. Cuman memang yang bikin berat harus pertadex ya, sementara segmen ini dugaan saya agak berat kalo harus pake pertadex, kecuali memang iritnya luar biasa banget sampe secara rupiah lebih murah jika dibandingkan dengan ertiga bensin. Tapi mungkin nggak tuh?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Sat Nov 28, 2015 7:07
Re: Initial Impression with Suzuki Ertiga ZDi 1.3 M/T
very nice short impression om,,,,btw ko ane subyektif dri dulu krg suka bentuk eksteriornya, yg terkesan "kaku",,cm pandangan ane yg cupu...