2009 Honda Civic FD2 : Gone But Not Forgotten
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 15576
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
2009 Honda Civic FD2 : Gone But Not Forgotten
Halooo SMers...
Setelah rame - rame gath kemaren ane mau membuat review salah satu mobil yang sempat ane coba di H-1 gath... milik seorang member sini. Kebetulan ane penasaran sekali dengan mobil ini memang...
Yeap, the one and only K powered Civic in Indonesia : Honda Civic 2.0 FD2.
*sebelumnya pernah di-review oleh sang pemilik sendiri
viewtopic.php?f=19&t=23448
===============================
Sabtu, 11 Februari 2017,
Ane dan bos besar SM menginjakkan kaki di tanah ibukota... Entah kenapa karena kharisma bos besar SM banyak orang yang berebutan mau nganter kami... Dan salah satunya antek hom... eh antek BDSM yang bela - belain dari BDO langsung ke planet koala a.k.a Bekasi menyusul kami yang sedang mengerjakan "sesuatu"... mwehehehehe... Ricz dan piggypig77 si alis badai.
Singkatnya setelah kami berpisah dengan keluarga oom Ginting setelah ngotorin Bravey a.k.a MU-X tercinta nya, kami ngikut geng BDSM diajak ngider ke Tangerang gabung sama antek BBG. Kerana laper kami berenti di gerai fastfood ternama di salah satu sudut kota... Pesan - pesan dari WA pun bermunculan mulai dari psiturism dan bro Harist yang juga menyusul... dan lalu fizrmen yang sempat hampir PHP ane bilang bawa RM replektor legendarisnya.... Eeee dateng dateng bawa FD2 bersama bro budi anduk... eh Tito... si member baru kami
Ane yang penasaran bingung mau TD yang mana dulu... Impreja atau FD2... naluri dan kecintaan ane terhadap merek H tegak mengarahkan kaki ane melangkah ke si FD2 item sementara bro Ricz yang penasaran dengan impreja nya Harist melangkah menuju kursi pengemudi Impreja... iring-iringanlah kami ke markas bebong garage... tentu saja sambil resing... dan terjadilah momen perkumpulan BBG Crew x BDSM feat. SM Surabaya + Harist... hosted by B8099OK a.k.a SVVR bos bebong.
===============================
Civic generasi FD... merupakan generasi Civic yang konon katanya terbaik
Dan menurut saya agak over-rated oleh para penggemarnya.
Kenapa saya bilang overrated? Karena hampir semua penggemar Civic FD series itu baru pernah ngerasain versi 1.8 which is secara entitas itu adalah econobox... Mesin yang diciptakan untuk hemat bahan bakar (eco-cam mechanism of course)... Lalu claim itu adalah sedan sporty. Masalahnya konyolnya Honda adalah mereka membuat mesin eco yang rev limiternya tinggi sehingga banyak orang delusional nyangka Civic ini sport sedan. Sehingga ketika Civic FC kembali dengan transmisi CVT, mereka kecewa dan bilang Honda Civic udah "kehilangan jiwa" - bahasa yang sering dipake buat menggambarkan Honda masa kini.
Nope! Really not! Honda gak pernah state Civic versi jalan raya bermesin SOHC adalah mobil yang sporti. Keep in mind bahwa ide penciptaan Civic adalah sebagai mobil ekonomis. Civic generasi pertama di US laris karena.... Irit! Bukan karena powerfullll atau fun to drive.
Untuk yang ingin Civic performance mereka sudah punya : Civic Si (dan SiR di zaman Estilo) di Amerika dan Civic Type R di global market. Yang membuat Civic jalan raya terasa "sporti" adalah efek samping dari semua tweaking mekanikal yang ada. Ecocar yang tidak berasa eco karena rev limiter yang tinggi dan gearing yang short, plus chassis engineering yang sangat baik sehingga mobilnya terasa fun-to-drive. Generasi FC merupakan suatu pencapaian engineering yang luar biasa dan comeback nya Honda setelah kegagalan Civic FB. Ketika kita memandang Civic sebagai eco-car, mesin kecil Turbo dan CVT merupakan kombinasi yang sempurna.
However, ada satu hal yang menarik di Civic generasi FD yang membuatnya paling spesial di antara semua Civic yang ada.
Seperti yang saya bilang sebelumnya bahwa ide penciptaan Civic adalah sebagai sebuah eco-car. Mesin D-series dan R-series merupakan mesin SOHC dengan konsep awal ekonomis (kecuali D15B VTEC di City SX8 yang merupakan 3-stage VTEC). Performance Engine Honda yang sesungguhnya adalah DOHC B-series dan DOHC K-series - walaupun tetep ada versi ekonomisnya dari kedua mesin ini. Dari generasi pertama sampai generasi ketujuh kita harus berpuas diri menikmati Honda Civic "ekonomis" dengan mesin SOHC VTEC yang katanya "banci".
Di generasi ke-8 alias FD, Honda gone nuts. Menawarkan Civic dengan tiga trimline : 1.8 MT, 1.8 AT, 2.0 AT. Civic bermesin 1.8 (FD1) adalah ecocar seperti generasi - generasi sebelumnya (dan seperti biasa, segala sesuatu yang dilabeli "economy" pasti lebih laku). Sedangkan yang bermesin 2.0 (FD2) memiliki jantung mekanis berkode K20Z2. Dan seperti yang sudah saya jelaskan, K engine adalah line-up performance engine Honda. Walaupun ini K-engine "banci" karena VTEC nya hanya di intake, tapi tetep prinsip operasinya adalah proper VTEC : cam switchover di hi-rev.
FD2 juga memiliki fitur lebih lengkap - di antaranya Dual-zone Digital climate control AC dan VSA.
Tidak hanya itu, bahkan tweaking di FD2 lebih banyak dibanding yang kita pikirkan, termasuk track roda dan camber roda yang lebar dari FD1. Mobil yang sangat - sangat berbeda dengan FD1, entah kenapa - nanti saya jelaskan di Review.
Istilahnya, FD2 ini tinggal ganti head dan cam profil agresif, exhaust system dan intake, plus ECU Hondata / Mugen sudah siap tempur di track.
Sayangnya karena selisih harga yang lumayan dari FD1, FD2 tidak terlalu laku di jalanan. Orang normal tidak akan memahami kenapa FD2 begitu mahal. Dan sayangnya FD2 tidak memiliki legacy - Civic generasi FB bermesin 2.0L juga malah menggunakan mesin R20 SOHC yang merupakan mesin economy - sekali lagi. Jadi gak ada pointnya beli Civic 2.0 generasi 9 (FB3) karena sama - sama eco engine. Kecuali ngincer fasilitas fitur yang lebih lengkap...
So, here's the review.
==========================
Exterior
Semua orang sudah khatam dengan bentuk Civic FD, tentu saja. Dan milik bro fizrmen adalah versi facelift awal (2009) yang belum ganti velg model duren. IMHO, modelnya masih keliatan seger dibanding FD non-facelift yang udah mulai usang. Terutama daya tarik smoked headlamps dan bumper ala type-R, plus stoplamp hexagonal yang terkesan lebih agresif.
Perbedaan di exterior FD1 dan FD2 ada di :
- Model velg palang 5 yang terbelah, sedangkan FD1 palang 5 biasa
- Foglamp (standard di FD2, optional di FD1)
- Emblem 2.0 (tentu saja)
- Chrome Tailpipe finisher, FD1 gak ada finisher nya.
Stance nya terlihat bagus, hanya saja velg terkesan terlalu kecil. Di versi facelift minor berikutnya (2010) velgnya diganti model duren dengan 17 inch yang terlihat lebih serasi.
Interior
80% identik dengan FD1... Ketambahan leather seat, AC digital, dan VSA. Udah itu aja.
Material ya what do you expect from a Honda? Hahaha...
Driving
Well, masuk ke mobil sudah hampir familier dan semuanya nyaris mirip dengan FD1/FB2 yang merupakan mobil harian ane...
Engine? Oh tentu saja, ini yang jadi poin paling pentingnya.
K20Z2 Engine yang memuntahkan 155 HP @ 6000 RPM dan torsi 188 Nm @ 4500 RPM, as usual Honda. Peaky as always. Mated dengan Transmisi 5-Speed Auto Grade Logic.
Dan in fact, mobil ini pakai Electric Power Steering, beda dengan FD1 yang pakai Hydraulic. Dissapointed? Well, not until you drive it.
Seriously, kesan pertama pegang setirnya adalah : Padat. Seriously. Mungkin efek dari camber dan track roda yang lebih lebar sehingga setir jadi terasa padat. Mirip seperti waktu saya pertama nyetir Honda Odyssey RB1 Absolute Plus. Feelingnya terasa akurat dan natural, nyaris nggak terasa ini EPS. To be honest, FD1 yang hydraulic bahkan kalah padat. Dan berbeda dengan EPS di Civic FB yang cenderung punya slow-ratio sehingga kurang agresif, steering FD2 ini terasa agresif dan quick in certain times. Seperti waktu bro Ricz ngerem mendadak dan manuver dengan Impreza nya Harist, ane bisa mengimbangi dengan braking dan flick setir dengan cepat, mobil dengan sigap berubah haluan. Gila! Ini sedan FWD tapi bisa ngimbangin manuvernya sedan AWD.
OK setelah ini akan ada yang tanya, bagus mana handlingnya Impreza dan Civic FD2? Honestly ane ga mau membandingkan karena not apple to apple, FWD vs AWD, ini seperti bandingin Captiva AWD dan Captiva FWD bagus mana handlingnya? atau Fortuner VRZ dan VRZ Tetradrive bagus mana handlingnya? Kan gak fair.
Tapi kalau boleh jujur, keluar dari markas bebong ane tukar nyetir Impreza, dan ane secara fair dan objektif kasih skor lebih tinggi soal steering ke Civic FD2 karena terasa jauh lebih direct dibanding Impreza yang masih noticable kalau itu EPS dan ratio nya nggak se-agresif FD2. Tapi soal stability tentu saja Impreza wins karena center of gravity rendah (boxer engine) dan AWD.
Kenapa ane tumben - tumben bahas handling duluan? Karena jujur ane merasa yang spesial di FD2 justru malah handling nya.
Engine nya? Bukan nggak spesial, mesinnya kencang - peaky - khas banget mesin K Honda yang maunya meraung sampe rev limiter. Note nya juga lebih padat dibanding R yang cenderung cempreng. Masalahnya, mobil ini punya ganjalan yang sangat besar : Transmisi.
Yang menyedihkan tidak ada opsi transmisi Manual 6-speed di FD2. HPM hanya memasukkan tipe 2.0 Automatic. Dan seperti kita tau bahwa transmisi Auto Honda ini cenderung mengejar kehalusan dan economy. Rationya panjang, lock-up nya lebih lambat dari 5-AT di FB2 which is believable karena dipaparkan secara gamblang di dokumen Honda bahwa ada perubahan di transmisi Civic FB. Sehingga untuk override lockup harus pindah mode S dan mainkan paddle shift. Sangat disayangkan. Seharusnya apabila FD2 punya transmisi manual ia akan setidaknya sama asiknya - mungkin lebih asik dari Honda Accord CM5 Manual yang juga pernah saya coba.
Dengan karakter gearing yang panjang ini juga ane beberapa kali kesulitan harus cari jalan kosong buat ngerasain VTEC Kick In but trust me, when the VTEC kicks in you won't expect anything more. Walaupun untuk dalam kotaan SOHC R engine lebih nyaman karena less peaky dibanding DOHC K20. Tetap saja, FD2 jauh lebih berkarakter dibanding FD1 meskipun ada ganjalan di transmisi - yang bisa diobati dengan mengaktifkan mode S.
Masak ane perlu bahas suspensinya ya? Ya, suspensi mobil ini memang keras dan cenderung harsh dibandingkan FB. Tapi itu semua terbayarkan dengan pengendalian yang baik dan lebih tajam dibanding FB.
Conclusion
Entah kenapa saya selalu melihat FD2 ini sebagai sebuah project car. Mainly karena engine nya yang menyimpan potensi upgrade besar dan sasisnya yang sudah baik dari asalnya.
Di kondisi standar ia sudah cukup potensial, butuh tweaking sedikit di chassis dan engine maka ia akan jadi beringas. Head type-R dan cam profile agresif tentu akan lebih mengekspos semua kemampuan dari K engine ini. Plus tentu saja intake dan exhaust system. Masak mobil kenceng tapi nggak ada teriaknya
Honda K engine, dari dulu nggak akan pernah memuaskan di kondisi standar. Baru ketauan aslinya ketika diobrak - abrik. Ditambah faktor ini sebuah sedan Honda, yang punya aftermarket parts yang berlimpah. Untuk orang dengan economy in mind dan 90% akan membiarkan mobil ini dalam kondisi standar, FD1 adalah pilihan yang paling baik. FD2 adalah pilihan untuk orang - orang yang ingin membangun sebuah Honda bermesin N/A dan masih menjadi [cencored] fans mesin N/A yang bisa rev tinggi.
Ke depan, K engine akan segera punah digantikan 1.5 Liter turbo, dan FD2 adalah salah satu K powered Honda yang berpotensi jadi collectible item.
K20, you are gone, but not forgotten.
Setelah rame - rame gath kemaren ane mau membuat review salah satu mobil yang sempat ane coba di H-1 gath... milik seorang member sini. Kebetulan ane penasaran sekali dengan mobil ini memang...
Yeap, the one and only K powered Civic in Indonesia : Honda Civic 2.0 FD2.
*sebelumnya pernah di-review oleh sang pemilik sendiri
viewtopic.php?f=19&t=23448
===============================
Sabtu, 11 Februari 2017,
Ane dan bos besar SM menginjakkan kaki di tanah ibukota... Entah kenapa karena kharisma bos besar SM banyak orang yang berebutan mau nganter kami... Dan salah satunya antek hom... eh antek BDSM yang bela - belain dari BDO langsung ke planet koala a.k.a Bekasi menyusul kami yang sedang mengerjakan "sesuatu"... mwehehehehe... Ricz dan piggypig77 si alis badai.
Singkatnya setelah kami berpisah dengan keluarga oom Ginting setelah ngotorin Bravey a.k.a MU-X tercinta nya, kami ngikut geng BDSM diajak ngider ke Tangerang gabung sama antek BBG. Kerana laper kami berenti di gerai fastfood ternama di salah satu sudut kota... Pesan - pesan dari WA pun bermunculan mulai dari psiturism dan bro Harist yang juga menyusul... dan lalu fizrmen yang sempat hampir PHP ane bilang bawa RM replektor legendarisnya.... Eeee dateng dateng bawa FD2 bersama bro budi anduk... eh Tito... si member baru kami
Ane yang penasaran bingung mau TD yang mana dulu... Impreja atau FD2... naluri dan kecintaan ane terhadap merek H tegak mengarahkan kaki ane melangkah ke si FD2 item sementara bro Ricz yang penasaran dengan impreja nya Harist melangkah menuju kursi pengemudi Impreja... iring-iringanlah kami ke markas bebong garage... tentu saja sambil resing... dan terjadilah momen perkumpulan BBG Crew x BDSM feat. SM Surabaya + Harist... hosted by B8099OK a.k.a SVVR bos bebong.
===============================
Civic generasi FD... merupakan generasi Civic yang konon katanya terbaik
Dan menurut saya agak over-rated oleh para penggemarnya.
Kenapa saya bilang overrated? Karena hampir semua penggemar Civic FD series itu baru pernah ngerasain versi 1.8 which is secara entitas itu adalah econobox... Mesin yang diciptakan untuk hemat bahan bakar (eco-cam mechanism of course)... Lalu claim itu adalah sedan sporty. Masalahnya konyolnya Honda adalah mereka membuat mesin eco yang rev limiternya tinggi sehingga banyak orang delusional nyangka Civic ini sport sedan. Sehingga ketika Civic FC kembali dengan transmisi CVT, mereka kecewa dan bilang Honda Civic udah "kehilangan jiwa" - bahasa yang sering dipake buat menggambarkan Honda masa kini.
Nope! Really not! Honda gak pernah state Civic versi jalan raya bermesin SOHC adalah mobil yang sporti. Keep in mind bahwa ide penciptaan Civic adalah sebagai mobil ekonomis. Civic generasi pertama di US laris karena.... Irit! Bukan karena powerfullll atau fun to drive.
Untuk yang ingin Civic performance mereka sudah punya : Civic Si (dan SiR di zaman Estilo) di Amerika dan Civic Type R di global market. Yang membuat Civic jalan raya terasa "sporti" adalah efek samping dari semua tweaking mekanikal yang ada. Ecocar yang tidak berasa eco karena rev limiter yang tinggi dan gearing yang short, plus chassis engineering yang sangat baik sehingga mobilnya terasa fun-to-drive. Generasi FC merupakan suatu pencapaian engineering yang luar biasa dan comeback nya Honda setelah kegagalan Civic FB. Ketika kita memandang Civic sebagai eco-car, mesin kecil Turbo dan CVT merupakan kombinasi yang sempurna.
However, ada satu hal yang menarik di Civic generasi FD yang membuatnya paling spesial di antara semua Civic yang ada.
Seperti yang saya bilang sebelumnya bahwa ide penciptaan Civic adalah sebagai sebuah eco-car. Mesin D-series dan R-series merupakan mesin SOHC dengan konsep awal ekonomis (kecuali D15B VTEC di City SX8 yang merupakan 3-stage VTEC). Performance Engine Honda yang sesungguhnya adalah DOHC B-series dan DOHC K-series - walaupun tetep ada versi ekonomisnya dari kedua mesin ini. Dari generasi pertama sampai generasi ketujuh kita harus berpuas diri menikmati Honda Civic "ekonomis" dengan mesin SOHC VTEC yang katanya "banci".
Di generasi ke-8 alias FD, Honda gone nuts. Menawarkan Civic dengan tiga trimline : 1.8 MT, 1.8 AT, 2.0 AT. Civic bermesin 1.8 (FD1) adalah ecocar seperti generasi - generasi sebelumnya (dan seperti biasa, segala sesuatu yang dilabeli "economy" pasti lebih laku). Sedangkan yang bermesin 2.0 (FD2) memiliki jantung mekanis berkode K20Z2. Dan seperti yang sudah saya jelaskan, K engine adalah line-up performance engine Honda. Walaupun ini K-engine "banci" karena VTEC nya hanya di intake, tapi tetep prinsip operasinya adalah proper VTEC : cam switchover di hi-rev.
FD2 juga memiliki fitur lebih lengkap - di antaranya Dual-zone Digital climate control AC dan VSA.
Tidak hanya itu, bahkan tweaking di FD2 lebih banyak dibanding yang kita pikirkan, termasuk track roda dan camber roda yang lebar dari FD1. Mobil yang sangat - sangat berbeda dengan FD1, entah kenapa - nanti saya jelaskan di Review.
Istilahnya, FD2 ini tinggal ganti head dan cam profil agresif, exhaust system dan intake, plus ECU Hondata / Mugen sudah siap tempur di track.
Sayangnya karena selisih harga yang lumayan dari FD1, FD2 tidak terlalu laku di jalanan. Orang normal tidak akan memahami kenapa FD2 begitu mahal. Dan sayangnya FD2 tidak memiliki legacy - Civic generasi FB bermesin 2.0L juga malah menggunakan mesin R20 SOHC yang merupakan mesin economy - sekali lagi. Jadi gak ada pointnya beli Civic 2.0 generasi 9 (FB3) karena sama - sama eco engine. Kecuali ngincer fasilitas fitur yang lebih lengkap...
So, here's the review.
==========================
Exterior
Semua orang sudah khatam dengan bentuk Civic FD, tentu saja. Dan milik bro fizrmen adalah versi facelift awal (2009) yang belum ganti velg model duren. IMHO, modelnya masih keliatan seger dibanding FD non-facelift yang udah mulai usang. Terutama daya tarik smoked headlamps dan bumper ala type-R, plus stoplamp hexagonal yang terkesan lebih agresif.
Perbedaan di exterior FD1 dan FD2 ada di :
- Model velg palang 5 yang terbelah, sedangkan FD1 palang 5 biasa
- Foglamp (standard di FD2, optional di FD1)
- Emblem 2.0 (tentu saja)
- Chrome Tailpipe finisher, FD1 gak ada finisher nya.
Stance nya terlihat bagus, hanya saja velg terkesan terlalu kecil. Di versi facelift minor berikutnya (2010) velgnya diganti model duren dengan 17 inch yang terlihat lebih serasi.
Interior
80% identik dengan FD1... Ketambahan leather seat, AC digital, dan VSA. Udah itu aja.
Material ya what do you expect from a Honda? Hahaha...
Driving
Well, masuk ke mobil sudah hampir familier dan semuanya nyaris mirip dengan FD1/FB2 yang merupakan mobil harian ane...
Engine? Oh tentu saja, ini yang jadi poin paling pentingnya.
K20Z2 Engine yang memuntahkan 155 HP @ 6000 RPM dan torsi 188 Nm @ 4500 RPM, as usual Honda. Peaky as always. Mated dengan Transmisi 5-Speed Auto Grade Logic.
Dan in fact, mobil ini pakai Electric Power Steering, beda dengan FD1 yang pakai Hydraulic. Dissapointed? Well, not until you drive it.
Seriously, kesan pertama pegang setirnya adalah : Padat. Seriously. Mungkin efek dari camber dan track roda yang lebih lebar sehingga setir jadi terasa padat. Mirip seperti waktu saya pertama nyetir Honda Odyssey RB1 Absolute Plus. Feelingnya terasa akurat dan natural, nyaris nggak terasa ini EPS. To be honest, FD1 yang hydraulic bahkan kalah padat. Dan berbeda dengan EPS di Civic FB yang cenderung punya slow-ratio sehingga kurang agresif, steering FD2 ini terasa agresif dan quick in certain times. Seperti waktu bro Ricz ngerem mendadak dan manuver dengan Impreza nya Harist, ane bisa mengimbangi dengan braking dan flick setir dengan cepat, mobil dengan sigap berubah haluan. Gila! Ini sedan FWD tapi bisa ngimbangin manuvernya sedan AWD.
OK setelah ini akan ada yang tanya, bagus mana handlingnya Impreza dan Civic FD2? Honestly ane ga mau membandingkan karena not apple to apple, FWD vs AWD, ini seperti bandingin Captiva AWD dan Captiva FWD bagus mana handlingnya? atau Fortuner VRZ dan VRZ Tetradrive bagus mana handlingnya? Kan gak fair.
Tapi kalau boleh jujur, keluar dari markas bebong ane tukar nyetir Impreza, dan ane secara fair dan objektif kasih skor lebih tinggi soal steering ke Civic FD2 karena terasa jauh lebih direct dibanding Impreza yang masih noticable kalau itu EPS dan ratio nya nggak se-agresif FD2. Tapi soal stability tentu saja Impreza wins karena center of gravity rendah (boxer engine) dan AWD.
Kenapa ane tumben - tumben bahas handling duluan? Karena jujur ane merasa yang spesial di FD2 justru malah handling nya.
Engine nya? Bukan nggak spesial, mesinnya kencang - peaky - khas banget mesin K Honda yang maunya meraung sampe rev limiter. Note nya juga lebih padat dibanding R yang cenderung cempreng. Masalahnya, mobil ini punya ganjalan yang sangat besar : Transmisi.
Yang menyedihkan tidak ada opsi transmisi Manual 6-speed di FD2. HPM hanya memasukkan tipe 2.0 Automatic. Dan seperti kita tau bahwa transmisi Auto Honda ini cenderung mengejar kehalusan dan economy. Rationya panjang, lock-up nya lebih lambat dari 5-AT di FB2 which is believable karena dipaparkan secara gamblang di dokumen Honda bahwa ada perubahan di transmisi Civic FB. Sehingga untuk override lockup harus pindah mode S dan mainkan paddle shift. Sangat disayangkan. Seharusnya apabila FD2 punya transmisi manual ia akan setidaknya sama asiknya - mungkin lebih asik dari Honda Accord CM5 Manual yang juga pernah saya coba.
Dengan karakter gearing yang panjang ini juga ane beberapa kali kesulitan harus cari jalan kosong buat ngerasain VTEC Kick In but trust me, when the VTEC kicks in you won't expect anything more. Walaupun untuk dalam kotaan SOHC R engine lebih nyaman karena less peaky dibanding DOHC K20. Tetap saja, FD2 jauh lebih berkarakter dibanding FD1 meskipun ada ganjalan di transmisi - yang bisa diobati dengan mengaktifkan mode S.
Masak ane perlu bahas suspensinya ya? Ya, suspensi mobil ini memang keras dan cenderung harsh dibandingkan FB. Tapi itu semua terbayarkan dengan pengendalian yang baik dan lebih tajam dibanding FB.
Conclusion
Entah kenapa saya selalu melihat FD2 ini sebagai sebuah project car. Mainly karena engine nya yang menyimpan potensi upgrade besar dan sasisnya yang sudah baik dari asalnya.
Di kondisi standar ia sudah cukup potensial, butuh tweaking sedikit di chassis dan engine maka ia akan jadi beringas. Head type-R dan cam profile agresif tentu akan lebih mengekspos semua kemampuan dari K engine ini. Plus tentu saja intake dan exhaust system. Masak mobil kenceng tapi nggak ada teriaknya
Honda K engine, dari dulu nggak akan pernah memuaskan di kondisi standar. Baru ketauan aslinya ketika diobrak - abrik. Ditambah faktor ini sebuah sedan Honda, yang punya aftermarket parts yang berlimpah. Untuk orang dengan economy in mind dan 90% akan membiarkan mobil ini dalam kondisi standar, FD1 adalah pilihan yang paling baik. FD2 adalah pilihan untuk orang - orang yang ingin membangun sebuah Honda bermesin N/A dan masih menjadi [cencored] fans mesin N/A yang bisa rev tinggi.
Ke depan, K engine akan segera punah digantikan 1.5 Liter turbo, dan FD2 adalah salah satu K powered Honda yang berpotensi jadi collectible item.
K20, you are gone, but not forgotten.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1056
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: 2009 Honda Civic FD2 : Gone But Not Forgotten
Nice review om
Reviewnya pagi banget
FD2 ya
Civic yang jarang dilihat di jalanan
Di kos saya sekarang fd1 manual hitam, bener2 lebih ganteng hitam daripada warna lain, cuma itu warnanya agak pudar hitamnya
Btw kalau manual tu fd1 5 speed apa 6 speed ya om?
Reviewnya pagi banget
FD2 ya
Civic yang jarang dilihat di jalanan
Di kos saya sekarang fd1 manual hitam, bener2 lebih ganteng hitam daripada warna lain, cuma itu warnanya agak pudar hitamnya
Btw kalau manual tu fd1 5 speed apa 6 speed ya om?
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Sat Mar 05, 2016 12:03
Re: 2009 Honda Civic FD2 : Gone But Not Forgotten
Nice review om
Mmg aura fd2 ini mantap abis ya, sampe skrg pun klo ketemu di jalan masih bisa bikin saya tersepona dibuatnya
Lebih2 yg warnanya hitam dan kinclong gini makin kelihatan kharismanya gak kalah gantengnya dijejerin sama civic terbaru
Mmg aura fd2 ini mantap abis ya, sampe skrg pun klo ketemu di jalan masih bisa bikin saya tersepona dibuatnya
Lebih2 yg warnanya hitam dan kinclong gini makin kelihatan kharismanya gak kalah gantengnya dijejerin sama civic terbaru
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 680
- Joined: Thu Nov 03, 2016 17:51
Re: 2009 Honda Civic FD2 : Gone But Not Forgotten
Nice review om.. saya mah gak terlalu bisa bedain ini fd1 fd2 atau fd3 kecuali bentuk lampu depan sama belakangnya.. beda2 tipis macam grand civic sama civic lx.. knp doyan gitu ya dahon.. mantab om bacanya sampe telat bangun ini
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1220
- Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 2
Re: 2009 Honda Civic FD2 : Gone But Not Forgotten
FD2
Salah satu mobil yg saya pengen punya suatu saat nanti. Dari masih baru aja udah cukup jarang ini FD2 dibanding FD1, salah satu faktornya krn harganya agak jomplang dibanding FD1... terakhir FD2 di th 2011 harga barunya tembus 400 jutaan (kalau gak salah 404 apa 405jt) sedangkan FD1 masih di 360an juta, beda 40 jeti bok...
Salah satu mobil yg saya pengen punya suatu saat nanti. Dari masih baru aja udah cukup jarang ini FD2 dibanding FD1, salah satu faktornya krn harganya agak jomplang dibanding FD1... terakhir FD2 di th 2011 harga barunya tembus 400 jutaan (kalau gak salah 404 apa 405jt) sedangkan FD1 masih di 360an juta, beda 40 jeti bok...
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1561
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: 2009 Honda Civic FD2 : Gone But Not Forgotten
FD2 emang mobil enak, btw HPM pernah masukin yg MT klo ga salah cuma ad 5 n saya pernah liat iklan FD2 MT seken d sulawesi ga lama sold..
D modcom pernah ad yg ganti blok mesin set pake K24, klo pake yg K24 punya oddyssey absolute manteb banget deh powernya 200ps
Btw soal facelift tanggung kok Cukup sering ya ya, umur modelnya cm beberapa bulan aja, ini yg saya tau:
FD2 masih dikasih velg lama, n yg fd 1 sen masih d fender tp interior n exterior berubah
Odyssey RB ganti warna lampu dashboard
Mobilio ganti dashboard aja
D modcom pernah ad yg ganti blok mesin set pake K24, klo pake yg K24 punya oddyssey absolute manteb banget deh powernya 200ps
Btw soal facelift tanggung kok Cukup sering ya ya, umur modelnya cm beberapa bulan aja, ini yg saya tau:
FD2 masih dikasih velg lama, n yg fd 1 sen masih d fender tp interior n exterior berubah
Odyssey RB ganti warna lampu dashboard
Mobilio ganti dashboard aja
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 679
- Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33
Re: 2009 Honda Civic FD2 : Gone But Not Forgotten
Mobil yg masih cantik sampe sekarang...kasian aja ngeliat mobil bagus ini dipake anak alay,diceper2in..
Sekilas mirip integra
Civic fd ini termasuk tahan banting ga ya? Dalam artian cukup pake oli+bensin bagus..
Sekilas mirip integra
Civic fd ini termasuk tahan banting ga ya? Dalam artian cukup pake oli+bensin bagus..
-
- SM Specialist
- Posts: 15576
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2009 Honda Civic FD2 : Gone But Not Forgotten
Iya oom kemaren kepikiran mau bikinnya aja jam 11 malemmichaelgiri93 wrote: ↑Thu Feb 16, 2017 18:55 Nice review om
Reviewnya pagi banget
FD2 ya
Civic yang jarang dilihat di jalanan
Di kos saya sekarang fd1 manual hitam, bener2 lebih ganteng hitam daripada warna lain, cuma itu warnanya agak pudar hitamnya
Btw kalau manual tu fd1 5 speed apa 6 speed ya om?
FD memang paling ganteng warna hitam IMO... yang silver terlalu plain (beberapa kali liat FD silver di jalan masih kurang ngeh dan paling keliatan penuaannya dibanding hitam). FD ane dulu juga warna hitam...
5-speed om... yang 6-speed CRV... hehehe..
Yep terutama yang facelift om... Hahaha... Yang non facelift entah kenapa muka nya berasa udah ketuaan skrg...kinankahfi wrote: ↑Thu Feb 16, 2017 20:06 Nice review om
Mmg aura fd2 ini mantap abis ya, sampe skrg pun klo ketemu di jalan masih bisa bikin saya tersepona dibuatnya
Lebih2 yg warnanya hitam dan kinclong gini makin kelihatan kharismanya gak kalah gantengnya dijejerin sama civic terbaru
Modelnya sleek dan simpel sih... Khas JDM Saloon banget.
Cuma ada FD1 sama FD2 om... FD1 yang 1.8 FD2 yang 2.0.
kalo yang FB, FB2 yang 1.8 dan FB3 yang 2.0.
FD1 dan FD2 dari tampilan ga terlalu beda om cuma beda velg sama emblem aja which is kalo emblem dilepas dan velg diganti pun kita juga akan kesulitan bedainnya foglamp sebenernya juga tapi foglamp optional di FD1 dan banyak FD1 udah pasang foglamp sendiri.
Iya oom hahaha saya juga kepengen...adrevolution wrote: ↑Thu Feb 16, 2017 23:38 FD2
Salah satu mobil yg saya pengen punya suatu saat nanti. Dari masih baru aja udah cukup jarang ini FD2 dibanding FD1, salah satu faktornya krn harganya agak jomplang dibanding FD1... terakhir FD2 di th 2011 harga barunya tembus 400 jutaan (kalau gak salah 404 apa 405jt) sedangkan FD1 masih di 360an juta, beda 40 jeti bok...
Yep harganya beda cukup banyak... dan bwat orang awam 200cc itu gak banyak... Wkwkwkwk. 40-50juta setau saya.
Yup dl pernah ada di forum sebelah jual FD2 Manual... aseeemlemonadelovers wrote: ↑Thu Feb 16, 2017 23:53 FD2 emang mobil enak, btw HPM pernah masukin yg MT klo ga salah cuma ad 5 n saya pernah liat iklan FD2 MT seken d sulawesi ga lama sold..
D modcom pernah ad yg ganti blok mesin set pake K24, klo pake yg K24 punya oddyssey absolute manteb banget deh powernya 200ps
Btw soal facelift tanggung kok Cukup sering ya ya, umur modelnya cm beberapa bulan aja, ini yg saya tau:
FD2 masih dikasih velg lama, n yg fd 1 sen masih d fender tp interior n exterior berubah
Odyssey RB ganti warna lampu dashboard
Mobilio ganti dashboard aja
Yep hahaha ngikutin forum sebelah jg om... ngeri euy ganti block K24...
FD ini facelift 2x, yang pertama di 2009 model ini lalu 2010 velgnya diganti. FD2 naik 1 inch dan FD1 tetep 16inch tapi model kayak duren.
Freed sih lebih parah om tiap taun feslip wkwkwk... Keluar AC kompor, taun depannya ganti AC digital, taun depannya major facelift ganti muke, taun depannya nambah dobel blower... Edan...
NAH itu dia... Paling miris liat mobil ini jadi korban keganasan anak - anak alay berduit... Ga cuma di US Civic terkenal sebagai mobil ricer... di Indon pun...
Rawatnya standarnya mobil Honda rata - rata lah om... problem kaki-kaki dan engine mounting juga sama persis setau saya... tapi yang jelas gak costly... standar ngerawat mobil Jepang...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1670
- Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01
Re: 2009 Honda Civic FD2 : Gone But Not Forgotten
bikin ripiu sgini byk, cukup detail utk usia yg msh muda, salut dah..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1056
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: 2009 Honda Civic FD2 : Gone But Not Forgotten
OwalahhhChZ wrote: ↑Fri Feb 17, 2017 2:58
Iya oom kemaren kepikiran mau bikinnya aja jam 11 malem
FD memang paling ganteng warna hitam IMO... yang silver terlalu plain (beberapa kali liat FD silver di jalan masih kurang ngeh dan paling keliatan penuaannya dibanding hitam). FD ane dulu juga warna hitam...
5-speed om... yang 6-speed CRV... hehehe..
Oiya ya om Chz sebelum ganti fb pake fd ya
Nah itu om
Warna juga berpengaruh terhadap penampilan, cukup signifikan efeknya. Apalagi hitam, meskipun merawatnya menyakitkan banget.
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1297
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: 2009 Honda Civic FD2 : Gone But Not Forgotten
NAH itu dia... Paling miris liat mobil ini jadi korban keganasan anak - anak alay berduit... Ga cuma di US Civic terkenal sebagai mobil ricer... di Indon pun...
Rawatnya standarnya mobil Honda rata - rata lah om... problem kaki-kaki dan engine mounting juga sama persis setau saya... tapi yang jelas gak costly... standar ngerawat mobil Jepang...
[/quote]
Rawatnya sihh standar ... tapi dengar-dengar untuk dalkot FC lumayan bocor (CMIIW)
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 39
- Joined: Thu Feb 02, 2017 8:26
Re: 2009 Honda Civic FD2 : Gone But Not Forgotten
Rata-rata ketemu di jalan yang FD1, jarang banget nemu FD2........dan semua warna hitam
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 226
- Joined: Sat Oct 15, 2016 22:21
Re: 2009 Honda Civic FD2 : Gone But Not Forgotten
pernah liat aja tpi gak pernah bawa ini mobil, hadooooh
btw, nice review om CHZ
jadi nambah ilmu lagi masalah permobilan, selama ini cuma tau kulit luar aja. khususnya mesin honda
btw, nice review om CHZ
jadi nambah ilmu lagi masalah permobilan, selama ini cuma tau kulit luar aja. khususnya mesin honda
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Mon Feb 06, 2017 0:06
- Location: Batam
- Daily Vehicle: Civic
Re: 2009 Honda Civic FD2 : Gone But Not Forgotten
nih boil emang timeless banget tampangnya, ane punya FD2 item sejak 2006, paling nyesek 2 x ganti eps gara2 bunyi, penyakitnya emang dikaki2 hampir semua komponen pernah ganti, cuman kalo soal handling ama performa uenakk banget ini mobil so ampe sekarang ane keep, ga tega jual yang nawar rata2 afgan he he he...
-
- SM Specialist
- Posts: 15576
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2009 Honda Civic FD2 : Gone But Not Forgotten
Makasih oom compliment nya... Hahaha...
Iya sebelum pake FB saya sempet pake FD hahaha... Yep... paling keliatan usang sih FD warna putih ya... White pearl nya Honda ini gampang banget keliatan kusam. Di versi facelift warna silvernya setau saya lebih deep dibanding silverstone di non-facelift jadi juga keliatan lebih cantik.michaelgiri93 wrote: ↑Fri Feb 17, 2017 3:34 Owalahhh
Oiya ya om Chz sebelum ganti fb pake fd ya
Nah itu om
Warna juga berpengaruh terhadap penampilan, cukup signifikan efeknya. Apalagi hitam, meskipun merawatnya menyakitkan banget.
Saya denger juga begitu oom... bisa dipahami sih seperti CR-V 2.0 dan 2.4 juga yang 2.4 lumayan bocor... Krn karakter mesin peaky dan rasio kompresi rendah.
Yep hitam merupakan warna paling pasaran dari FD ini
Ane juga setelah sekian lama baru kesampean bawa nya
Yep biasa lah Honda penyakitnya seputaran kaki... Engine rontok biasa karena boosted.fnurkumala wrote: ↑Fri Feb 17, 2017 3:57 nih boil emang timeless banget tampangnya, ane punya FD2 item sejak 2006, paling nyesek 2 x ganti eps gara2 bunyi, penyakitnya emang dikaki2 hampir semua komponen pernah ganti, cuman kalo soal handling ama performa uenakk banget ini mobil so ampe sekarang ane keep, ga tega jual yang nawar rata2 afgan he he he...
Bener oom jangan di jual... di facelift aja... biar lebih seger.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2111
- Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12
Re: 2009 Honda Civic FD2 : Gone But Not Forgotten
nica review om.. kalo om yang review mantap2 semuanya.. request review innova venturer om
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 679
- Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33
Re: 2009 Honda Civic FD2 : Gone But Not Forgotten
Pengen punya honda lagi,manual pastinya, suka denger suara mesin saat rpm tinggi...
Anak ttg sy ada yg pake FD2 dibliin ortuny pas lulus Sma,skrg dibikin ceper alay pake ban donat sampe roda belakang miring,fender kegersot roda, dirawat alakadarnya banyak baret dan penyok
Anak ttg sy ada yg pake FD2 dibliin ortuny pas lulus Sma,skrg dibikin ceper alay pake ban donat sampe roda belakang miring,fender kegersot roda, dirawat alakadarnya banyak baret dan penyok
-
- SM Moderator
- Posts: 811
- Joined: Thu Jul 17, 2014 5:10
- Location: Mampang Prapatan
- Daily Vehicle: Gerobak sayur
Re: 2009 Honda Civic FD2 : Gone But Not Forgotten
review yg super sekali dari om Chz
Inilah civic yg selalu menggoda ane dlu pas baru slese kuliah, pernah melihat civic salah 1 FD2 ini secara tidak sengaja di markas besar Sigma di Hanggar Pancoran, Civic putih ber-carbon fiber di kap depannya dan memiliki rear wing seperti Lancer evo. Itu mobil indah banget
Pas saat itu ingin sekali meminang ini mobil, tp apa daya blm bisa mewujudkan
mirip seperti ini mobilnya
Inilah civic yg selalu menggoda ane dlu pas baru slese kuliah, pernah melihat civic salah 1 FD2 ini secara tidak sengaja di markas besar Sigma di Hanggar Pancoran, Civic putih ber-carbon fiber di kap depannya dan memiliki rear wing seperti Lancer evo. Itu mobil indah banget
Pas saat itu ingin sekali meminang ini mobil, tp apa daya blm bisa mewujudkan
mirip seperti ini mobilnya
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1344
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: 2009 Honda Civic FD2 : Gone But Not Forgotten
Kebetulan pernah juga coba nyetir FD2 dgn unit yg sama ini di daerah sekitar Bebonk.
Baru sadar oe ternyata steering assist ny bertipe EPS, kirain HPS.
Tapi memang betul steering nya berasa akurat dan feedback nya cukup baik.
Masalah gearing memang sepertinya rada panjang, jadi kalo mau coba rpm VTEC zone nya mesti lihat kondisi lalin apakah memungkinkan atau tidak.
Baru sadar oe ternyata steering assist ny bertipe EPS, kirain HPS.
Tapi memang betul steering nya berasa akurat dan feedback nya cukup baik.
Masalah gearing memang sepertinya rada panjang, jadi kalo mau coba rpm VTEC zone nya mesti lihat kondisi lalin apakah memungkinkan atau tidak.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- SM Specialist
- Posts: 15576
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2009 Honda Civic FD2 : Gone But Not Forgotten
Hahaha betul om... Accord CM5 Manual aja berasa nikmat banget...ipat wrote: ↑Fri Feb 17, 2017 7:20 Pengen punya honda lagi,manual pastinya, suka denger suara mesin saat rpm tinggi...
Anak ttg sy ada yg pake FD2 dibliin ortuny pas lulus Sma,skrg dibikin ceper alay pake ban donat sampe roda belakang miring,fender kegersot roda, dirawat alakadarnya banyak baret dan penyok
Nah itu lho om saya capeknya kalo pake Honda itu miris... Liat mobil engineeringnya bagus-bagus tapi jadi mainan para alay di kontes camber dimiring-miringin ceper mampus sampe susah jalan jadi mubazir punya sasis bagus dan mesin yang bisa rev sampe 8000 RPM...
kalo jadi mainan drag atau track day sih bener...
Hahahaha memang menggoda om... kalo ane tergodanya pengen kilik2 eksperimen sama mesinnyar12qiSonH4ji wrote: ↑Fri Feb 17, 2017 8:06 review yg super sekali dari om Chz
Inilah civic yg selalu menggoda ane dlu pas baru slese kuliah, pernah melihat civic salah 1 FD2 ini secara tidak sengaja di markas besar Sigma di Hanggar Pancoran, Civic putih ber-carbon fiber di kap depannya dan memiliki rear wing seperti Lancer evo. Itu mobil indah banget
Pas saat itu ingin sekali meminang ini mobil, tp apa daya blm bisa mewujudkan
mirip seperti ini mobilnya
Skrg kan uda bisa om
EPS om, makanya bagus banget EPS bisa kayak gini, gak nyangka. SX4 juga EPS tapi berat... cuma gak se direct dan se tajem ini.arfs wrote: ↑Fri Feb 17, 2017 8:11 Kebetulan pernah juga coba nyetir FD2 dgn unit yg sama ini di daerah sekitar Bebonk.
Baru sadar oe ternyata steering assist ny bertipe EPS, kirain HPS.
Tapi memang betul steering nya berasa akurat dan feedback nya cukup baik.
Masalah gearing memang sepertinya rada panjang, jadi kalo mau coba rpm VTEC zone nya mesti lihat kondisi lalin apakah memungkinkan atau tidak.
Mesin sama transmisinya gak cocok mesinnya minta di-rev, transmisinya terlalu panjang... Beda sama transmisi manualnya Honda yang short gearing rata-rata. Makanya Honda transmisi matik belet abis sementara yang manual jauh lebih kenceng
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: 2009 Honda Civic FD2 : Gone But Not Forgotten
Muantapp criss..
Dri luar selain badge 2.0, pembedany apa lagi ya?
K20 header or integrated header?
Dri luar selain badge 2.0, pembedany apa lagi ya?
K20 header or integrated header?
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- SM Specialist
- Posts: 15576
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2009 Honda Civic FD2 : Gone But Not Forgotten
Foglamp, chrome mufflertip finisher. velg kak. which is susah banget dibedain dari FD1billyd1773dz wrote: ↑Fri Feb 17, 2017 8:36 Muantapp criss..
Dri luar selain badge 2.0, pembedany apa lagi ya?
K20 header or integrated header?
Masih good ol' Header bil...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: 2009 Honda Civic FD2 : Gone But Not Forgotten
@chz: asikk review civic, bermesin K series pulak
numpang nongkrong ya disini
cuman beda 5 hp dari k24 di cm5 yang sepertinya naik 400 cc hanya untuk nambah torsi
numpang nongkrong ya disini
cuman beda 5 hp dari k24 di cm5 yang sepertinya naik 400 cc hanya untuk nambah torsi
Permisii .............................
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 679
- Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33
Re: 2009 Honda Civic FD2 : Gone But Not Forgotten
Anak rektor kampus sy dulu malah ngebangun estilo putih+b18 vtec, bapak2 tapi modifnya bagus+keuangan bagus tentunya hehehe
-
- SM Specialist
- Posts: 15576
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2009 Honda Civic FD2 : Gone But Not Forgotten
Bisa jdi om nes... Hahaha... K20 dari jaman CR-V gen 2 2.0 150 hp dan Civic FD2 155 hp. Naik 400cc nambah extra 30Nm ya make sense sih dengan rev limiter sama.
Accord CM5 160hp, feslip 170hp, CP2 jadi 180hp dan di RM terakhir 186hp. Kebanyakan main revlimiter dan rasio kompresi krn figur horsepower nya beda jauh tapi torsinya mirip.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7