Setang Piston

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Handy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 481
Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
Location: Jakarta

Setang Piston

Post by Handy »

Mau tanya dong klo setang piston pas di pegang bisa goyang ke kanan kiri itu normal atau udah oblak? setahu gw sih seharusnya tetap di tengah ngak goyang kanan kiri sih. klo piston kan posisinya emang bisa geser ke kanan kiri kan. soalnya pas bongkar mesin mau ganti ring piston ternyata setang pistonnya goyang. mohon infonya ya. thanks
Image
Image
Image
ホンダ NSR レヌ バィク
User avatar
ahardo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 443
Joined: Sat May 20, 2006 8:47
Location: Sondy Raya, But now Jakarta barat

Post by ahardo »

setahu saya sih klo kanan kiri oblaknya itu sih normal bos..asal jangan terlalu parah aja hehe.. kecuali oblaknya atas bawah itu baru gak normal... CMIIW
Turbo Hayabusa

Image
User avatar
Handy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 481
Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
Location: Jakarta

Post by Handy »

o gitu ya? thanks ya atas masukannya. cuma cylindernya udah korban. gw udah feeling soalnya kmrn mendadak performancenya down ngak byk sih tapi tarikan agak kurang. ngak taunya cylindernya kebaret kena ring piston yang udah kendor. untung aja kenanya di TMA pas ring piston atas jadi masih bisa di pakai.
Image
ホンダ NSR レヌ バィク
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

bro mau nanya donk... rc valve di NSR itu apa ya?

Oiya, bro ada bengkel ato hobby aja?
Gw taku kalo mau bongkar motor, ga bisa balik lagi.. he3... :lol:
novasonic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1237
Joined: Thu Nov 16, 2006 19:01
Location: Surabaya

Post by novasonic »

Pernah denger dari temen pengguna NSR, kalo RCValve itu gunanya seperti turbo....... Alias menambah tenaga di putaran atas. Cara penggunaannya setengah kopling di RPM 6000, trus naikkan RPM >6000....... Ngacir dehh........
Kalo gak salah gitu........

Kalo salah jangan dimarahin yah..... plssss!!!
User avatar
Handy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 481
Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
Location: Jakarta

Post by Handy »

r1210g wrote:bro mau nanya donk... rc valve di NSR itu apa ya?

Oiya, bro ada bengkel ato hobby aja?
Gw taku kalo mau bongkar motor, ga bisa balik lagi.. he3... :lol:
RC Valve itu cylinder NSR. karena ada katup pada exhaust port yang mengatur besar kecilnya exhaust port pada cylinder NSR maka di kasih nama kerenya RC Valve. Sama halnya dengan Ninja yang pakai Super KIPS. Cuma klo di NSR RC Valve dikendalikan secara elektronik sedankan klo Ninja Super KIPS nya secara mekanis.

cuma hobby aja ngak punya bengkel. soalnya pernah punya pengalaman buruk sama salah satu bengkel. bengkelnya sih biasa bongkar ninja dan RX-king untuk road race tapi bongkar NSR gw aja ngak bener makanya lebih suka bongkar sendiri.


novasonic wrote:Pernah denger dari temen pengguna NSR, kalo RCValve itu gunanya seperti turbo....... Alias menambah tenaga di putaran atas. Cara penggunaannya setengah kopling di RPM 6000, trus naikkan RPM >6000....... Ngacir dehh........
Kalo gak salah gitu........
bukan turbo. sebenarnya cara kerja RC Valve itu mengatur besar kecil exhaust port. dengan begitu pada RPM rendah sedang maupun tinggi tenaga motor tetap sip dengan efisiensi bahan bakar. sekedar info hampir semua motor 2Tak canggih sudah menggunakan katup pengatur exhaust port yang di kendalikan secara elektronik cuma beda2 nama yang di pakai. sebut saja Honda NSR 125,150,250,500 (NSR50,75&80 NS-1 ngak pakai RC Valve) RS125&250, Yamaha TZ,TZR,TZM,YZR(GP500), Suzuki RGV, Aprilia RS, Cagiva Mito, dll. Electronik control exhaust port pada mesin 2tak sebenarnya sudah di gunakan sejak awal tahun 80an, cuma yg ada di indo hanya NSR, TZM, Aprilia RS dan Cagiva Mito aja. Sorry Ninja paling anyar masih mekanis blm elektronik.
Kebetulan 2 minggu lalu ada teman yang baru beli NSR-SP untuk main di sentul. sebelumnya dia pakai Ninja RR tapi katanya mau cari yang lebih kencang dan pilih SP. setelah test katanya emang beda pada RPM atas. Ninja RR yang dia pakai sudah terasa sgt bgs di RPM atas dibanding Ninja R, tapi begitu coba SP lebih top lagi RPM atasnya :e-clap: di banding Ninja RR. Sorry buat pengguna Ninja atau Ninja lovers ini cuma share pengetahuan aja dan berdasarkan info dari teman gw yang coba membandingkan kedua motor 2tak 150 cc-nya. No Offense :e-naughty:
Image
ホンダ NSR レヌ バィク