Maaf Om kl lampu control 4WD yg nyala kedip lampu tengah yg kuning posisi tuas di 2H apanya yg salah ya ombillyd1773dz wrote:NEXT On Road 4x4
bayangkan……. Transfercase ini memiliki differential layaknya sebuah gardan depan atau belakang seperti di video. Apa yang terjadi?
Kini transfercase dapat membagi daya torsi ke depan dan belakang sesuai beban dan rotating speed yang berbeda layaknya axlediff biasa. Efeknya kendaraan dapat belok dengan aman sambil mempertahan gerak 4 rodanya sekalipun di aspal kering atau sedang highspeed.
NAH ini yang disebut center differential. Mobil itu kini memiliki 3 buah differential di depan tengah dan belakang.
Disinilah Evolusi berikutnya dari transfercase terjadi dan dikenal dengan mode tambahan Fulltime 4x4.
Q: Sekarang kembali ke video di awal, apa yang terjadi jika 1 sisi differential tidak memiliki resistant/beban?
A: Semua torsi akan mengalir ke sisi yang tidak memiliki beban.
Akibatnya Jika 1 ban hilang traksi di salah satu axle… apa yang terjadi? Semua traksi akan lari ke ban tersebut…. 1 gardan (2 ban) hilang traksi? Torsi juga lari ke gardan tersebut…. Anda akan LEBIH mudah stuck.. sometime 4x2 malah bisa meloloskan anda, jika yang stuck adalah ban depan pada mobil RWD.
Untungnya kebanyakan ada LSD di centerdiff. ada yang viscouscoupling seperti pajero dan pajerosport, torsen seperti original quatro, original fortuner hingga LC200, toareg, Q7, Gerotor pump Jeep grand cherokee dll sifat2 dari LSD yang digunakan ikut terbawa di sini.
juga beberapa mobil memiliki mode partime dia akan mengunci center differential *Center Differential lock* dan bergerak seperti kendaraan partime. untuk meloloskan diri. biasanya jika tidak ada tulisan 4HLc maka di kabin tulisanya LOCK dgn tanda di bagian tengah
landrover defender dengan sistem gerak fulltime 4x4 dengan center differential lock (mode partime)
Ingat di mobil bisa terdapat 3 differential? Untuk kemampuan offroad maksimal mobil dapat memiliki 3 differential lock. Yaitu depan tengah dan belakang.
Differential lock Tengah bearti kendaraan fulltime bisa kembali ke mode Partime.
Difflock depan dan belakang IS THE real deal
So jangan terburu-buru nafsu saat mendengar mobil tersebut memiliki center differential lock dan menggapnya lebih baik dari partime biasa. karna semua partime memiliki center differential lock yg justru ga bisa unlock/open...
Kendaraan dgn fulltime 4x4 apa saja? Landrover Defender,pajero dan Pajero sport,BMW XDRIVE, Cherokee XJ, Fortuner *first gen*,prado,lc200 most modern 4x4,Old audi Quattro, Subaru STI and Subaru MT,VW Toareg Amarok,Q7, Everest T6, Bentley continental GT dll…. banyak.
![]()
Saat ini Fulltime4x4 muncul dalam beragam nama.... bahkan ada yang di namai dgn badge "AWD", sekedar "4x4", sampai brand mereka sendiri *4motion,xDrive,Quattro,Symetrical AWD dll... * Yang TIDAK konsisten accross their own model line up... bisa aja 4Motion di VW amarok menggunakan transfercase with center diff, sedangkan di Golf R menggunakan Haldex.... Subaru STI pakai center diff sedangkan Subaru yg AT multiple plate clutch/haldex.... brandnya sama cara kerjanya beda.
intinya Fulltime 4x4 memungkinkan penggunaan 4x4 di aspal untuk meningkatkan grip dan handling. lha sama dengan AWD di cuv dunk? tujuanya sama tp approachnya berbeda. hehe
so jangan beli ANF 4x4 jika anda berpikir ingin memnggunakannya di aspal/ jalan berkelok. belilah kendaraan yg memiliki fulltime 4x4 seperi ANPS yang dapat digunakan di aspal.
berbeda dgn common believe ANF justru lebih offroad focused vehicle... 4x4nya haram di aspal dan dia punya rear difflock. bahkan versi VRZ 4x4 ada A-Trac yaitu sistem brake LSDnya toyota.
ANPS lebih on road, 4x4nya bisa di aspal, tidak memiliki rear difflock ataupun LSD. hanya offroad mode yg fungsinya brake-LSD juga.
Centerdiff vs Haldex? nextt..........
Sent from my SM-A510F using Tapatalk