ChZ wrote: Tue Oct 18, 2016 16:29
Reputasi yang dibangun oleh Toyodai dan Ngahon bukan sesuatu yang terjadi dalam semalam saja... Dan reputasi mereka bukan hanya diakui di Indonesia, tapi worldwide.
Untuk kasus di Indonesia, dua merek ini yang paling berani invest besar-besaran. Ada pepatah to earn more you must sacrifice more.
Invest dimana? Bangun pabrik, bangun jaringan after sales sebanyak - banyaknya, bangun relasi yang baik dengan customer. Dengan 3 hal ini gimana konsumen mau pindah hati ke merek baru yang belom jelas reputasinya?
Belum lagi fakta bahwa mereka paling banyak buka lapangan kerja di Indonesia. Berpengaruh terutama buat orang yang kerja jadi salesmen atau pemilik dealer... Orang Indonesia kan terkenal royal nya sama sodara sendiri. Masak ya punya sodara sales Toyota/Honda atau punya dealer Toyota/Honda beli mobil merek lain, kan sungkan

contoh kemarin waktu kumpul keluarga ada salah satu kerabat dari Jogja yang udah lama ga ketemu tiba-tiba pake CR-V RM, sebelumnya pake CR-V RE 2x. Ane nanya ke bokap kok cinta amat yah sama CR-V... Bokap cuma jawab, "ya iya besan dia yang punya dealer Ngahon di Jogja...".
Diversifikasi produk yang dijual juga berpengaruh... Sesuai kebutuhan konsumen apa enggak... Bukan tipikal merek yang masukin produk ngasal bagus banyak fitur dll... orang Indo ga butuh banyak fitur. Bahkan kalo bisa RnD produknya dilakukan di negara tsb... contohnya Avanza yang RnD nya di Indonesia. Well sebetulnya batu makam dan Sizuka juga banyak produk khusus negara berkembangnya.... Tapi invest nya setengah setengah... jadi yah....
Resale value bagus, part KW banyak? Yah itu berkat reputasi mereknya juga sih.
Inget, fitur canggih cuma bikin orang wow sesaat, tapi kalo gak sesuai kebutuhan ya pada akhirnya cuma jadi "wow" gak berakhir ke SPK... karena mobil yang minim fitur dan build quality nya jelek *terkadang* lebih sesuai kebutuhan.
Gampangnya, mampu beli iPhone, tapi gak bisa pake ya buat apa... mending beli Nokia 3310 jadul yang lebih practical kalo fungsinya cuma sekedar buat nelpon dan SMS... Orang beli mobil kan gak peduli mobilnya canggih fitur nya blablabla... yang penting enak pakenya, gak rewelan, bisa nganter dari A ke B tanpa masalah, pake kasar juga masih oke.
Bokap saya ada HR-V 1.8 juga gak ngarti caranya pake Brake Hold. Nyokap waktu pertama bawa juga sampe nelpon bingung handbrake nya dimana. Tapi kenapa dibeli? Ya karena kita nyarinya SUV kecil. That's it. Bukan mikir mobil ini fiturnya canggih bisa jalan sendiri blablabla... cuma mikir mobil ini enak dimensinya gak terlalu gede dan cc nya gak gede jadi irit.
Fitur bukan concern utama orang beli mobil. Terlalu sempit kita menilai mobil dari fiturnya aja kalo kenyataan gak sesuai kebutuhan.