Masalah horsepower mesin ZR dual vvti yang nyampe 151 hp itu tapi agak aneh loh buat saya om. Karena di negara lain ga ada lagi yang horsepowernya sebesar itu. Mungkin altis spek indonesia istimewa kali ya wkwk.ChZ wrote:
Hahaha yep... karena CVT dan dual VVT-i power yang dihasilkan mesinnya lebih gede dari FD1... kalo sama-sama AT saya yakin masih kencengan altis dikit... Tapi kalo MT behh jangan dilawan MT nya Honda sih sakti hahaha...
Well Altis sih sedan Toyota yang konon katanya spare partnya gak semudah adiknya (Vios) dan kakaknya (Camry)... karena populasinya jauh dibawah adik dan kakaknya.... adiknya laku dipake taxi jadi sperpat melimpah... kakaknya imej mobil mentri jadi banyak dipake horangkayah...
Dan sekarang Honda langsung counterattack dengan mesin Turbo yang langsung membuat Altis seperti slogannya motor Yamaha : makin jauh ketinggalan....
Pertanyaan mesin gede buat apa? Yah bakal ngerasain kok kalo ke luar kota... Mesin gede benefitnya lebih banyak dibanding mesin kecil... Iritnya gak beda jauh cuma beda 200cc aja... tapi beda 10HP di sedan seringan Civic / Altis itu sangat sangat berpengaruh.... 10HP di 2.0V itu equals to 1.8G + full exhaust system ... Hahahaha...
Spare part saya sempet kaget juga ternyata mobil ini spare partnya susah, padahal spare part FD semua toko ada sampe bisa banding2 harga dulu. Di jalan Pungkur bandung yang biasanya segala macem ada eh engine mounting altis malah ga ada sampe akhirnya pesen 4 hari di plaza toyota karena stoknya kosong. Hal yang sangat langka terjadi di mobil toyota kalau saya rasa sih ini spare part sampe indent. Apalagi partnya juga ga aneh aneh. Bener kata om ChZ mungkin mobil ini ga populer toko jg jadi rada males nyetok.
Nah mesin altis 2.0 ini setau saya desainnya undersquare bgt. Strokenya termasuk panjang kalau ga salah, makanya torsi melimpah. Ibaratnya mesin M54B25 nya bmw ke M54B30 karakternya bisa sebegitu beda karena strokenya beda. Eh kok jd OOT ke bmw, mungkin saya lagi ngidam 330i
