Livina at first drive + BBM rata2/ltr
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 69
- Joined: Thu Apr 26, 2007 4:20
Oh ya Bung Ghost, tujuan saya mengundang Bung Conan bukan untuk memancing kekeruhan. Tetapi untuk mengerti pendapat orang lain mengenai apa yang sedang kita bicarakan. Kenyataannya Bung Conan sama sekali tidak memaksa saya untuk tdk suka GL, bahkan mengatakan bahwa pilihan saya tepat (cocok). Pendapat Bung Conan mengenai mobil yg lain tidak bisa merubah saya mengenai GL, krn saat ini saya sdh terlanjur cinta dgn GL.
Tujuan saya ini bukan untuk mendukung Bung Conan ataupun yg lain, tetapi untuk membangun agar forum ini lebih hidup (dalam arti yg positif).
Yang saya harapkan, saya mendapat info GL sebanyak2nya baik kelebihan maupun kekurangannya. Supaya pada saat GL saya tiba minimal saya sdh dpt info dari Anda2 semua.
Peace...Man....Peace...
Forum ini untuk tukar pikiran dan info, bukan untuk berantem.
Tujuan saya ini bukan untuk mendukung Bung Conan ataupun yg lain, tetapi untuk membangun agar forum ini lebih hidup (dalam arti yg positif).
Yang saya harapkan, saya mendapat info GL sebanyak2nya baik kelebihan maupun kekurangannya. Supaya pada saat GL saya tiba minimal saya sdh dpt info dari Anda2 semua.
Peace...Man....Peace...
Forum ini untuk tukar pikiran dan info, bukan untuk berantem.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 51
- Joined: Sun Apr 08, 2007 10:26
- Location: depan notebook
Bung Maxx,maxx wrote:OOT dikit, tp masih nyambung soal LIVINA.
Bro, gw sudah baca dari wesite nissan.co.id tentang ERA24 (mengenai ERA24 secara detail baca sendiri deh di http://www.nissan.co.id)
Disana tercantum Pembelian mobil baru Nissan secara langsung mendapat perlindungan ERA24 GRATIS.
Gw sudah tanyakan langsung ke Sales Nissan tentang ERA24 Gratis untuk pembelian mobil baru Nissan ini. Dikonfirmasi dengan jelas -> "Benar, Selama 3 Thn atau selama garansi, setelah itu perpanjang 250rb/thn."
So Guys ... buat yg sudah beli/inden Livina (Nissan secara luas) ... pastikan kamu mendapat kartu Anggota ERA24 GRATIS selama masa garansi.
Semoga info ini berguna untuk pembeli Nissan Livina. Rugi dong kalo ga dapet Kartu ERA24 GRATIS!
kayaknya mesti konfirmasi ulang info ini..... Xtrail baru saya dapat ERA24... tapi kayaknya cuman utk 1 tahun.... CMIIW
neos
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 69
- Joined: Thu Apr 26, 2007 4:20
Bung Conan, bagaimana saya bisa mengolah torsi maksimum kalo Innova saya transmisi AT ? Tapi mungkin Innova saya ini irit krn sering lewat tol. Tapi dari beberapa rekan yg menggunakan Innova juga mengatakan kalo Innova lbh irit dari Kijang Kapsul (walaupun th muda). Kalo Innova Diesel saya yakin lebih irit, krn saya pernah pake Panther 2.5 & Kuda Diesel bisa sampai 1 : 11-14.
Kembali ke GL 1.8 XV AT, konsumsi BBMnya gimana ya ? Pasti jauh lebih irit dari Innova saya sekarang. Mana review pemilik GL yg lain ?
Kembali ke GL 1.8 XV AT, konsumsi BBMnya gimana ya ? Pasti jauh lebih irit dari Innova saya sekarang. Mana review pemilik GL yg lain ?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Sun Apr 22, 2007 16:50
Bro Conan, kalo Innova 1 : 9 gak boros dong? Maklum 2.0 liter.maxhari wrote:Mengenai Innova saya rasa tidak terlalu boros, saat ini saya menggunakan Innova V A/T konsumsi BBM (Shell Super) 1 : 9. Tapi untuk Innova Diesel mesin baru kelihatannya cukup menarik juga.
Bro Maxhari, kalo mau hilangin limbung gampang dan murah kok, ganti per belakang dengan per mercy W 123, cuman 650 rb sudah terpasang.
Bisa liat reviewnya di Tabloid Mobil Motor edisi terbaru
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
hahaha, seru juga liat brur2 semua pada berantem... nyadar gak sih dari page 3-8 dari pagi sampe sore semuanya pada ribut gak ada juntrungannya? yg gampang kok dibikin repot? (A-Mxld?)
ya sudah la, peace buat hari ini, asal besok gak OoT aja loh
ya sudah la, peace buat hari ini, asal besok gak OoT aja loh

Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 889
- Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
- Location: Jakarta
Ga mungkin ada intercooler lah. Itu hanya di Innova. Kalo adapun gw salut tapi harganya ga mungkin 170jtan.conan wrote:Wah Mr. Maxhari, kalau dari Innova bensin AT saja Anda bisa dapat rata2 1 : 9, sepertinya Anda memiliki cara mengemudi yang efisien, yang mengolah torsi maksimum sesering mungkin. Kalau Anda pakai Innova diesel, aku yakin Anda mungkin bisa sampai 50% lebih irit (atau bahkan lebih).
Innova 2.0L bensin AT : maximum torque 181 Nm (18.5 Kgm) at 4000 rpm.
Innova 2.5L diesel AT (mesin lama) : max torque 260 Nm (26.5 Kgm) at 1600-24000 rpm. Mesin baru with intercooler sepertinya 300 - 320 Nm, juga dengan tambahan 20-30 HP.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 393
- Joined: Thu Apr 05, 2007 5:31
ERA24 memang hanya 1 tahun untuk mobil baru. selebihnya mesti bayar 250ribu pertahun dgn benefit derek gendong 24jam, bebas biaya administrasi untuk pengurusan STNK,dan diskon suku cadang untuk part yang diganti atas rekomendasi petugas ERA
neostungsten wrote:
Bung Maxx,
kayaknya mesti konfirmasi ulang info ini..... Xtrail baru saya dapat ERA24... tapi kayaknya cuman utk 1 tahun.... CMIIW
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Ini hal yg beda tuh.. dari sales Nissan Sunter dibilang ERA24 gratis untuk pembelian mobil baru Nissan selama 3 thn atau selama masa garansi, itu konfirmasinya loh!!
Untuk Livina pertama2 gw juga anggap cuma 1thn.. eh kok dapat beritanya 3thn (100rb KM)
Untuk Livina pertama2 gw juga anggap cuma 1thn.. eh kok dapat beritanya 3thn (100rb KM)
NissanLovers wrote:ERA24 memang hanya 1 tahun untuk mobil baru. selebihnya mesti bayar 250ribu pertahun dgn benefit derek gendong 24jam, bebas biaya administrasi untuk pengurusan STNK,dan diskon suku cadang untuk part yang diganti atas rekomendasi petugas ERA
neostungsten wrote:
Bung Maxx,
kayaknya mesti konfirmasi ulang info ini..... Xtrail baru saya dapat ERA24... tapi kayaknya cuman utk 1 tahun.... CMIIW
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Mon Mar 12, 2007 6:14
dari thread sebelah... lumayan irit nih....
firstmpv wrote:Update seminggu setelah report pertama. Pemakaian minggu ini 343km dengan rute kurang lebih sama dengan minggu sebelumnya, diperoleh konsumsi bbm 14,1km perliter. Naik cukup signifikan dari sebelumnya. Sepertinya terbukti bahwa pada periode running-in engine tambah lama tambah efisien.Smatic wrote:pada periode "running-in" (<2000 km pertama) pemakaian bensin belum dapat dipake sbg acuan (pemakaian bensin lebih boros dalam periode "running-in" krn beban putaran mesin masih berat/seret).firstmpv wrote: Gw dah pake GL 1.5 M/T kurang lebih semingguan. Dari hasil perhitungan didapat konsumsi bbm-nya sekitar 11,3km perliter. Ini setelah jalan sekitar 250km dengan rute kombinasi normal, tanpa macet.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 157
- Joined: Tue Apr 17, 2007 3:56
Sekedar info, per 1 Mei 2007, Pertamax dari Rp 5600 menjadi Rp 6050, Pertamax Plus dari Rp 5850 menjadi Rp 6350.
Berhematlah dalam pemakaian BBM. Pergunakan kendaraan kita sesuai keperluan.
Klo Livina bisa seirit itu, merupakan salah satu solusi 'green environment' utk. saat ini.
Have a pleasant driving. 8)
Berhematlah dalam pemakaian BBM. Pergunakan kendaraan kita sesuai keperluan.
Klo Livina bisa seirit itu, merupakan salah satu solusi 'green environment' utk. saat ini.
Have a pleasant driving. 8)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1632
- Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21
Akhirnya ada yang setuju dan paham apa yang saya jelaskan selama ini. Bukan hanya cepat hemat BBM negara, tapi emisi juga amat bagus dengan adanya catalytic converter.... Dan paling penting VOLUMEnya yang gede, coba kalau antara yang sudah inden 8000 selama ini sejak luncur 5 April, 50% (4000) adalah pemakai mobil tua yang boros dan emisi CO2nya banyak itu, ganti ke GL, sudah lumayan kan ?
Katanya sudah ada 1 juta lebih kijang kapsul saat ini jalan jalan di Indonesia sejak berapa decade lalu. Coba kalau ANDAI kata SEMUAnya ganti ke GL, and/or Jazz CC, SX4 etc, berapa pemakaian BBM negara langsung menyusut, dan emisi kotor dan beracun / CO2 etc. langsung drop tajam. Andai kata kapsul average 1:6 dalam kota. Ganti ke GL average say 1:11 (tengahnya 1.8 dan 1.5) dalam kota.
Eh, iseng iseng coba hitung. So 1 kapsul ganti ke GL, kalau tiap bulan jalan say 2000 km, artinya pengantian mobil ini hemat (2000/6)-(2000/11) = 333-182 = 151 liter BBM sebulan.
Kali kan 1 juta = 151 JUTA Liter BBM sebulan. Nilai uangnya assumsi premium adalah 679.5 MILLIAR. Di jadikan setahun adalah hemat 1.812 MILLIAR Liter BBM, dengan nilai 8.154 TRILLIUN rupiah.... Benar dak sih hitunggan saya ? Angka gede jadi agak ragu nih... Untung saya bukan menteri Keuanggan. Salah pencet kalkulator repot deh....
Nah, kalau mau hitung beratnya CO2 yang di kuranggin per tahun ala hitunggan atas, too bad I ngak tau caranya. Tapi I think seharusnya AMAT BESAR Reduksi emisi carbonnya.... Bayangkan 1 juta mobil tua pindah ke mobil berCC...
Tapi saya tidak akan nuduh orang yang pakai mobil tua ngak ganti mobil gimana.... Sebab saya sadar kemampuan uang masing masing orang beda. Tapi kalau mampu, why not ? Dapat mobil baru kan happy....
OK lah, jangan bilang GL, nanti ada yang sewot. Ganti ke Jazz versi CC atau SX4 atau something like that juga sama effectnya. Cuman Indonesia dari dulu pengemar mobil 3 baris. Jadi GL kalau bisa laku 6000+ sebulan, effect dia akan paling besar....
Eh, jadi inggat ada 1 hari minggu, saya di atas tol tinggi daerah tol atas Latumeten. Lihat ke arah selatan. Wow ! Ternyata hari minggu emisi mobil sedikit, udara lebih jernih, bisa lihat GUNUNG ! CANTIK SEKALI ! Seperti lihat Mount Fuji di Jepang tapi tanpa es putih di atas. Coba kalau bisa tiap hari.... Cobalah hari minggu lewat situ. If you are lucky, you may see it....
Ini matematika cuman for fun and info only. Mudah mudahan ngak jadi di jadikan bahan untuk ribut lagi....
Katanya sudah ada 1 juta lebih kijang kapsul saat ini jalan jalan di Indonesia sejak berapa decade lalu. Coba kalau ANDAI kata SEMUAnya ganti ke GL, and/or Jazz CC, SX4 etc, berapa pemakaian BBM negara langsung menyusut, dan emisi kotor dan beracun / CO2 etc. langsung drop tajam. Andai kata kapsul average 1:6 dalam kota. Ganti ke GL average say 1:11 (tengahnya 1.8 dan 1.5) dalam kota.
Eh, iseng iseng coba hitung. So 1 kapsul ganti ke GL, kalau tiap bulan jalan say 2000 km, artinya pengantian mobil ini hemat (2000/6)-(2000/11) = 333-182 = 151 liter BBM sebulan.
Kali kan 1 juta = 151 JUTA Liter BBM sebulan. Nilai uangnya assumsi premium adalah 679.5 MILLIAR. Di jadikan setahun adalah hemat 1.812 MILLIAR Liter BBM, dengan nilai 8.154 TRILLIUN rupiah.... Benar dak sih hitunggan saya ? Angka gede jadi agak ragu nih... Untung saya bukan menteri Keuanggan. Salah pencet kalkulator repot deh....
Nah, kalau mau hitung beratnya CO2 yang di kuranggin per tahun ala hitunggan atas, too bad I ngak tau caranya. Tapi I think seharusnya AMAT BESAR Reduksi emisi carbonnya.... Bayangkan 1 juta mobil tua pindah ke mobil berCC...
Tapi saya tidak akan nuduh orang yang pakai mobil tua ngak ganti mobil gimana.... Sebab saya sadar kemampuan uang masing masing orang beda. Tapi kalau mampu, why not ? Dapat mobil baru kan happy....
OK lah, jangan bilang GL, nanti ada yang sewot. Ganti ke Jazz versi CC atau SX4 atau something like that juga sama effectnya. Cuman Indonesia dari dulu pengemar mobil 3 baris. Jadi GL kalau bisa laku 6000+ sebulan, effect dia akan paling besar....
Eh, jadi inggat ada 1 hari minggu, saya di atas tol tinggi daerah tol atas Latumeten. Lihat ke arah selatan. Wow ! Ternyata hari minggu emisi mobil sedikit, udara lebih jernih, bisa lihat GUNUNG ! CANTIK SEKALI ! Seperti lihat Mount Fuji di Jepang tapi tanpa es putih di atas. Coba kalau bisa tiap hari.... Cobalah hari minggu lewat situ. If you are lucky, you may see it....
Ini matematika cuman for fun and info only. Mudah mudahan ngak jadi di jadikan bahan untuk ribut lagi....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
hehe bung lord, justru tulisan spt itu yg bisa membuat ribut...Sithlord wrote:Katanya sudah ada 1 juta lebih kijang kapsul saat ini jalan jalan di Indonesia sejak berapa decade lalu. Coba kalau ANDAI kata SEMUAnya ganti ke GL, and/or Jazz CC, SX4 etc, berapa pemakaian BBM negara langsung menyusut, dan emisi kotor dan beracun / CO2 etc. langsung drop tajam. Andai kata kapsul average 1:6 dalam kota. Ganti ke GL average say 1:11 (tengahnya 1.8 dan 1.5) dalam kota.
Ini matematika cuman for fun and info only. Mudah mudahan ngak jadi di jadikan bahan untuk ribut lagi....

soalnya gak bisa berdampak langsung spt itu. not that simple.

itupun kalo asumsi konsumsi BBMnya berlaku untuk semua. kan masing2 pemakai cara bw mobilnya beda, servisnya beda, konsumsinya pasti beda.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1632
- Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21
Benar bung Hunter, tapi seperti pemerintah, saat susun APBN, mau ngak mau harus ambil assumsi yang wajar. Mobil tiap bulan 2000 km wajar kan ? Ada yang cuman 1000 km, tapi ada juga yang sering keluar kantor, tinggal di Tangerang etc. Malah bisa 5000 km sebulan. Saya ambil tengah estimasi.
Tentu konsumsi BBM bisa variatif. Tapi again saya ambil angka tengah. This exercise cuman like I said, 1, for fun, 2, to give an idea of the SCALE of the problem, yaitu, saat ini, dunia, termasuk Indonesia, sudah terlanjur terlalu banyak mobil tua jalan jalan... Kadang orang lupa, yang penting ngak cuman SOLUSInya, tapi WAKTUnya. Kalau solusinya bagus (kalau ngak ada effect samping yang ngeri juga), tapi implementasi WAKTUnya terlalu lama, takutnya bumi kita ngak bisa nunggu lagi....
Di negara lain lebih gila lagi. Mobil tuanya jumlahnya RATUSAN JUTA !
Actually di Indo MRT is also a fantastic solution, tapi tau sendiri ngak jadi terus.... Habis duitnya di korupsi terus....
Tentu konsumsi BBM bisa variatif. Tapi again saya ambil angka tengah. This exercise cuman like I said, 1, for fun, 2, to give an idea of the SCALE of the problem, yaitu, saat ini, dunia, termasuk Indonesia, sudah terlanjur terlalu banyak mobil tua jalan jalan... Kadang orang lupa, yang penting ngak cuman SOLUSInya, tapi WAKTUnya. Kalau solusinya bagus (kalau ngak ada effect samping yang ngeri juga), tapi implementasi WAKTUnya terlalu lama, takutnya bumi kita ngak bisa nunggu lagi....
Di negara lain lebih gila lagi. Mobil tuanya jumlahnya RATUSAN JUTA !
Actually di Indo MRT is also a fantastic solution, tapi tau sendiri ngak jadi terus.... Habis duitnya di korupsi terus....
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Untuk yg satu ini gw setujuuuu banget.
Kalo yg nyolong spion boil pejabat ditembak mati dirasakan wajar untuk pelajaran shock terapi (siapa yg bilang gw lupa neh, tp ada di salah satu thread SM), seharusnya pejabat yg korupsi di hukum gantung aja!!
Loh kok jadi omongin korupsi seh??? OOT neh...!
Kalo yg nyolong spion boil pejabat ditembak mati dirasakan wajar untuk pelajaran shock terapi (siapa yg bilang gw lupa neh, tp ada di salah satu thread SM), seharusnya pejabat yg korupsi di hukum gantung aja!!
Loh kok jadi omongin korupsi seh??? OOT neh...!
Sithlord wrote: Actually di Indo MRT is also a fantastic solution, tapi tau sendiri ngak jadi terus.... Habis duitnya di korupsi terus....
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Sithlord wrote: Nah, kalau mau hitung beratnya CO2 yang di kuranggin per tahun ala hitunggan atas, too bad I ngak tau caranya. Tapi I think seharusnya AMAT BESAR Reduksi emisi carbonnya.... Bayangkan 1 juta mobil tua pindah ke mobil berCC...
.
Betul oom Darth Vader
Dan yang paling ideal adalah menggalakkan Transportasi massal yg nyaman (MRT) berbasis energy listrik, biar orang2 sesedikit mungkin menggunakan mobil pribadi.
Galakkan pengunaan sepeda utk lingkungan perumahan instead of kend. bermotor either 2w or 4w.
Sayang sih Segway 2 roda harganya mahal banget ya, coba kalau harganya terjangkau maka akan sgt. menarik.

-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Info tentang mesin Livina
------------
HR15DE ternyata termasuk kategori SULEV (super ultra low emission vehicle)
MR18DE termasuk kategori ULEV
GL1.8 pake gearbox Versa/Latio
------------
Mungkin kena kategori SULEV itu kali makanya 1.5L agak bolot.
----------------
Tekhnologinya juga sudah CVTC (continous variable valve timing control) yg sudah dilengkapi dengan knocking sensor. Jadi kalo gonta ganti oktan bensin, tidak perlu lagi stel pengapiannya.
----------------
Enak dong neh.. kalo pertamax lagi murah pake pertamax.. tp kalo lagi mahal kayak sekarang gene .. pake premium ajaaa
------------
HR15DE ternyata termasuk kategori SULEV (super ultra low emission vehicle)
MR18DE termasuk kategori ULEV
GL1.8 pake gearbox Versa/Latio
------------
Mungkin kena kategori SULEV itu kali makanya 1.5L agak bolot.
----------------
Tekhnologinya juga sudah CVTC (continous variable valve timing control) yg sudah dilengkapi dengan knocking sensor. Jadi kalo gonta ganti oktan bensin, tidak perlu lagi stel pengapiannya.
----------------
Enak dong neh.. kalo pertamax lagi murah pake pertamax.. tp kalo lagi mahal kayak sekarang gene .. pake premium ajaaa
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 312
- Joined: Mon Feb 05, 2007 8:55
maxx wrote:Info tentang mesin Livina
------------
HR15DE ternyata termasuk kategori SULEV (super ultra low emission vehicle)
MR18DE termasuk kategori ULEV
GL1.8 pake gearbox Versa/Latio
------------
Mungkin kena kategori SULEV itu kali makanya 1.5L agak bolot.
----------------
Tekhnologinya juga sudah CVTC (continous variable valve timing control) yg sudah dilengkapi dengan knocking sensor. Jadi kalo gonta ganti oktan bensin, tidak perlu lagi stel pengapiannya.
----------------
Enak dong neh.. kalo pertamax lagi murah pake pertamax.. tp kalo lagi mahal kayak sekarang gene .. pake premium ajaaa
Code: Select all
Super Ultra Low Emission Vehicle (SULEV) is a conventionally powered or gas-electric hybrid vehicle designed to produce minimal air pollution at their point of use, typically less than 10% of that of an equivalent ordinary vehicle.
Kalau diliat dari definisi di wikipedia, mobil yang SULEV or ULEV hubungannya tentang polusi udara (produce minimal air pollution), dan saya gak melihat hubungan antara polusi udara dgn perfomansi HR15DE yang 'bolot'. Jadi SULEV gak langsung membuat perfomansi HR15DE jadi 'bolot'.
Code: Select all
The Tiida, using the 1.5-liter/CVT combination, consumes 5.49 l/100 kilometers of fuel in the Japanese drive cycle (43 mpg US) and emits 128g CO2/km. It is rated as a SULEV vehicle.
Kalau dari greencarcongress, memang Tiida yang memakai 1.5L HR15DE dikategorikan SULEV karena emisinya hanya 128g CO2/km. So, GL 1.5 yang notabene juga menggunakan HR15DE bisa dikategorikan SULEV.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 56
- Joined: Fri Apr 13, 2007 10:15
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Kan makanya ditulis "mungkin".. abis apa dong yg menyebabkan mesin HR15DE (1.5L) di Livina bolot di putaran rpm +/- 2000-3000an?
kalo putaran dibawah 2000rpm dan bila udah lepas 3000 rpm seh ga masalah tuh, responnya masih berasa.
untuk putaran 2000-3000rpm ini yg penting saat nanjak bro! masa lagi naik ke puncak musti rpm tinggi (torsi max) di gigi rendah terus?!! boros dong bro! .. mungkin ini neh yg ditulis dimajalah2 disepakati yg plg irit dari selama 3hari test drive d medan berat itu adalah yg 1.8XV A/T bukan dari varian yg 1.5VX!
Pls correct me dan klarifikasi bila asumsi ini salah.
kalo putaran dibawah 2000rpm dan bila udah lepas 3000 rpm seh ga masalah tuh, responnya masih berasa.
untuk putaran 2000-3000rpm ini yg penting saat nanjak bro! masa lagi naik ke puncak musti rpm tinggi (torsi max) di gigi rendah terus?!! boros dong bro! .. mungkin ini neh yg ditulis dimajalah2 disepakati yg plg irit dari selama 3hari test drive d medan berat itu adalah yg 1.8XV A/T bukan dari varian yg 1.5VX!
Pls correct me dan klarifikasi bila asumsi ini salah.
ifmarch wrote: Kalau diliat dari definisi di wikipedia, mobil yang SULEV or ULEV hubungannya tentang polusi udara (produce minimal air pollution), dan saya gak melihat hubungan antara polusi udara dgn perfomansi HR15DE yang 'bolot'. Jadi SULEV gak langsung membuat perfomansi HR15DE jadi 'bolot'.
Code: Select all
The Tiida, using the 1.5-liter/CVT combination, consumes 5.49 l/100 kilometers of fuel in the Japanese drive cycle (43 mpg US) and emits 128g CO2/km. It is rated as a SULEV vehicle.
Kalau dari greencarcongress, memang Tiida yang memakai 1.5L HR15DE dikategorikan SULEV karena emisinya hanya 128g CO2/km. So, GL 1.5 yang notabene juga menggunakan HR15DE bisa dikategorikan SULEV.
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Yang haus info/berita ttg Grand Livina cek link dibawah ini:
http://www.asco.co.id/main.php?mod=news ... axx&id=157
cuplikannya:
.... Nah, segudang bekal itulah yang akhirnya membuat kami paham mengapa NMI sangat yakin dengan Grand Livina. Tapi tentu saja membaca brosur dan tulisan ini belum cukup bagi Anda untuk menjatuhkan pilihan padanya dibandingkan seabreg lawan-lawannya tadi. Saran kami, segera lakukan test drive dan pastikan Anda datang ke showroom dengan mengemudikan kendaraan yang se-level (baik harga maupun tipe-nya) dengannya.
http://www.asco.co.id/main.php?mod=news ... axx&id=157
cuplikannya:
.... Nah, segudang bekal itulah yang akhirnya membuat kami paham mengapa NMI sangat yakin dengan Grand Livina. Tapi tentu saja membaca brosur dan tulisan ini belum cukup bagi Anda untuk menjatuhkan pilihan padanya dibandingkan seabreg lawan-lawannya tadi. Saran kami, segera lakukan test drive dan pastikan Anda datang ke showroom dengan mengemudikan kendaraan yang se-level (baik harga maupun tipe-nya) dengannya.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
saya kurang ngerti nih.maxx wrote:untuk putaran 2000-3000rpm ini yg penting saat nanjak bro! masa lagi naik ke puncak musti rpm tinggi (torsi max) di gigi rendah terus?!! boros dong bro! .. mungkin ini neh yg ditulis dimajalah2 disepakati yg plg irit dari selama 3hari test drive d medan berat itu adalah yg 1.8XV A/T bukan dari varian yg 1.5VX!
kalo waktu nanjak, rpm 2000-3000 gak kuat, berarti giginya ketinggian donk. ya musti turunin gigi. perasaan gua semua mobil kayak gitu. dan kalo diturunin giginya, gak musti sampe 4000rpm buat nanjak koq. maksud gua, apakah emang posisi giginya yg salah ???
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1632
- Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21
Pengalaman saya pakai 1.5 ngak gitu banyak. Tapi apakah benar 2000-3000 rpm bolot ? Bisa di check lagi ngak ?
Soalnya justru ini mesin 90% torsi max tercapai di rpm antara 2000-3000+ rpm. Justru seharusnya ada tenaga keluar di range rpm ini....
Dulu bung Hunter kalau ngak salah pernah sajikan curva torsi HR15DE banding mesin Jazz VTEC. Coba keluarkan lagi bung Hunter kalau masih ada...
Soalnya justru ini mesin 90% torsi max tercapai di rpm antara 2000-3000+ rpm. Justru seharusnya ada tenaga keluar di range rpm ini....
Dulu bung Hunter kalau ngak salah pernah sajikan curva torsi HR15DE banding mesin Jazz VTEC. Coba keluarkan lagi bung Hunter kalau masih ada...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 39
- Joined: Mon Apr 30, 2007 7:59
kl mesin yg MR18DE jenis mesin yg galak di putaran RPM atas, keliatan dari perbandingan bore xstrocknya yg under square..
Kl HR15DE dirancang utk efisiensi, tp dibilang bolot juga enggak lah cukup kok... Kl dibilang ada gejala kosong mungkin saja, torsi maksimalnya di 4000 rpm sih...
Untuk nanjak, dgn tanjakan sekitar 30 derajat, penumpang 6 orang dewasa plus satu anak, dan sengaja bangku belakang diisi dua orang dewasa dengan bobot diatas 80kg masih mau naik kok, tentu dengan gas yg dipanteng konstan...
Malah ada info bakalan ada pengembangan mesin HR15DE ini utk kompetisi, tp masih top secret tuh, jadi cuma itu yg bisa diinformasikan
Kl HR15DE dirancang utk efisiensi, tp dibilang bolot juga enggak lah cukup kok... Kl dibilang ada gejala kosong mungkin saja, torsi maksimalnya di 4000 rpm sih...
Untuk nanjak, dgn tanjakan sekitar 30 derajat, penumpang 6 orang dewasa plus satu anak, dan sengaja bangku belakang diisi dua orang dewasa dengan bobot diatas 80kg masih mau naik kok, tentu dengan gas yg dipanteng konstan...
Malah ada info bakalan ada pengembangan mesin HR15DE ini utk kompetisi, tp masih top secret tuh, jadi cuma itu yg bisa diinformasikan

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 39
- Joined: Mon Apr 30, 2007 7:59