Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Mau mengadakan polling? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Driving mode terintegrasi di transmisi
14
54%
Mode manual
12
46%
 
Total votes: 26

B1335AM
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: Wed Sep 04, 2013 22:34
Location: Jakarta

Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Post by B1335AM »

Salam.

Permisi, saya bikin lagi polling mengenai selera anggota SM terhadap transmisi CVT. Jika kita ketahui bahwa mobil CVT itu mampu menggabungkan performa dan efisiensi dengan sangat baik (seperti ulasan Sienta di Youtube Otodriver https://www.youtube.com/watch?v=hhNbIp6_N84) :mky_08: , yakni dengan:

-Menahan mesin pada kitiran maksimal untuk menjajal tarikan, dan
-mmperberat rasio CVT untuk mencapai tingkat efisiensi terbaik.

Kedua hal dapat dicapai dengan cara berikut:
-Mode manual (yakni memainkan CVT layaknya mode manual seperti matic lainnya, ada mode +dan -)
-Driving mode terintegrasi transmisi ( nanti dalam tuas transmisi ada mode eco - flexi - sport - lock setelah mode P - R - N).

Berikut penjelasannya:
-Eco (menjaga rasio transmisi pada rasio terberat untuk mencapai konsumsi BBM terhemat, sperti berlari @100km/jam dengan @2000rpm).
-Flexi (Performa tergantung pijakan gas).
-Sport (menjaga mesin pada tarikan maksimal dengan rasio ringan).
-Lock (mengunci CVT di rasio paling ringan untuk memudahkan menanjak sampai curam).
I'm interested in diesel. It's an unique thing.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Post by billyd1773dz »

Errmmm sya kurang paham dgn maksud ts hehe

First sya bingunh dgn istilah ratio beban ringan atau berat
Hehe

high and low ratio maksudnya?


Cvt selalu berhubungan dengan REV mesin.. setidaknya di 3 titik... Titik paling efisien, peak torque dan peak power

Banyak yg bilang cvt punya gigi tak hingga.. itu krng tepat, Ratio cvt terbatas ukuran pulley kedua gearnya + auxilary gear (yg memilili seperti jatco cvt7) salah satu yg paling tinggi 7.3:1 atau 4.007 di gigi terendah dan 0.550 di ratio tertinggi

Di mode eco... Ya dia simply jaga REV di putaran paling efisien.. biasanya <2000rpm... ratio di adjust agar rpm tetap disana, di speed berapapun selama rentang ratio ngedukung. Ini berat?apanya yg berat?mesin keberatan? Blm tentu.. bisa aja dia adjust ratio rendah, sehingga dia bisa crawl dgn ringan tampa rev tinggi dan tampa neken gas dalam.... Speed tentu dikorbankan.

Begtu juga d mode sport dll... Tdk ada beban ringan berat, yg ada cvt adjust ratio agar mesin naik ke REV yg di perlukan.


Mode manual simply ngunci pulley di beberapa preset yg disebut gear/speed dari 4.007-0.555. bisa aja gigi1 di 4.007 gigi 2 3.287 gigi 3 2.555 dan seterus hingga top gear di 0.555

Selain di mode manual, ratio cvt selalu berubah sehubung pertambahan speed dan penggeseran rpm. Tdk akan diam.



Buat saya dosa CVT itu :
1. tidak bisa shift... Yes manual mode or somenewer cvt (FC1 n wrx/fozzy) ada yg bisa shift d mode auto, in theory can be the cure yet.. some done it right some not..
2. Most CVT built with economic in mind, sekalipun rentang rationya sangat luas. yg di utamakan selalu cruise speed.. meminimalkan drag dan keep rev low on highspeed Artinya final ratio di bikin high.. efeknya maksimum efektif onwheel torque rendah, crawlratio kurang baik, singkatnya tarikan awal kurang nendang dan kurang jago nanjak karna d mode manual sekalipun gigi1 bisa sampai 70-80kmh sblm menyentuh redline. Obatnya? Ganti finalgear yg lebih low atau bikin cvt dgn rentang ratio lebih luas lagi widest ratio gearbox saat ini di porsche PDK 7speed 10.1:1 dan ZF9speed 9.8:1 anps 8speed 7.2:1, sedangkan jatco CVT 7 (mirage) salah satu cvt yg terluas ada di 7.3:1, subaru 6.3:1 outlander cvt 5.9:1 honda hrv 5.5:1. 4AT avansa 3.9:1
3. Limited ratio span.. yet manufacture seem enjoy to put as many preset ratio as possible.. ratio too close, hingga terasa terlalu fake



Untuk poll TS,

Why not both?

Salah satu contoh cvt done right mungkin d WRX... Drive mode ada.. mode manual ada.
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
anrico17
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 620
Joined: Wed Dec 09, 2015 16:12
Location: Laptop dan Rumah
Daily Vehicle: Disetirin

Re: Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Post by anrico17 »

Masukin mode S, bejek... Just forget about the paddle shift and manual mode, malah lebih lambet...
Hanya sekedar netizen yang numpang lewat

L15Z6, 4N15
B1335AM
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: Wed Sep 04, 2013 22:34
Location: Jakarta

Re: Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Post by B1335AM »

Terima kasih buat yang sudah polling. Emang kalo mainin CVT pakai mode manual itu manipulatif kan?
I'm interested in diesel. It's an unique thing.
DSoto
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Tue Oct 25, 2016 16:52

Re: Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Post by DSoto »

Saya pernah nyoba mode manual ketika test Drive sebuah SUV yg memiliki transmisi CVT dengan paddleshift.

Saya start maju dari berhenti dan coba naikkan "gigi" nya ke hingga gigi 3 ketika kecepatan 20an km/jam. Di MID angkanya naik jadi 3, tapi kok ga kerasa ada perubahan rasio ya?. Begitu juga saya coba turunkan ke rasio yg lebih rendah ketika menurunkan kecepatan untuk mendapatkan efek engine brake. Tapi tidak terasa perubahan rasio seperti trany manual.

Apa paddleshift nya akal-akalan designer nya agar kita berfikir bahwa kita mengendarai dengan cara "sporty"?? Seperti nya CVT nya punya " pikirannya " sendiri..... :big_think:
B1335AM
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: Wed Sep 04, 2013 22:34
Location: Jakarta

Re: Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Post by B1335AM »

billyd1773dz wrote:Errmmm sya kurang paham dgn maksud ts hehe

First sya bingunh dgn istilah ratio beban ringan atau berat
Hehe

high and low ratio maksudnya?


Cvt selalu berhubungan dengan REV mesin.. setidaknya di 3 titik... Titik paling efisien, peak torque dan peak power

Banyak yg bilang cvt punya gigi tak hingga.. itu krng tepat, Ratio cvt terbatas ukuran pulley kedua gearnya + auxilary gear (yg memilili seperti jatco cvt7) salah satu yg paling tinggi 7.3:1 atau 4.007 di gigi terendah dan 0.550 di ratio tertinggi

Di mode eco... Ya dia simply jaga REV di putaran paling efisien.. biasanya <2000rpm... ratio di adjust agar rpm tetap disana, di speed berapapun selama rentang ratio ngedukung. Ini berat?apanya yg berat?mesin keberatan? Blm tentu.. bisa aja dia adjust ratio rendah, sehingga dia bisa crawl dgn ringan tampa rev tinggi dan tampa neken gas dalam.... Speed tentu dikorbankan.

Begtu juga d mode sport dll... Tdk ada beban ringan berat, yg ada cvt adjust ratio agar mesin naik ke REV yg di perlukan.


Mode manual simply ngunci pulley di beberapa preset yg disebut gear/speed dari 4.007-0.555. bisa aja gigi1 di 4.007 gigi 2 3.287 gigi 3 2.555 dan seterus hingga top gear di 0.555

Selain di mode manual, ratio cvt selalu berubah sehubung pertambahan speed dan penggeseran rpm. Tdk akan diam.



Buat saya dosa CVT itu :
1. tidak bisa shift... Yes manual mode or somenewer cvt (FC1 n wrx/fozzy) ada yg bisa shift d mode auto, in theory can be the cure yet.. some done it right some not..
2. Most CVT built with economic in mind, sekalipun rentang rationya sangat luas. yg di utamakan selalu cruise speed.. meminimalkan drag dan keep rev low on highspeed Artinya final ratio di bikin high.. efeknya maksimum efektif onwheel torque rendah, crawlratio kurang baik, singkatnya tarikan awal kurang nendang dan kurang jago nanjak karna d mode manual sekalipun gigi1 bisa sampai 70-80kmh sblm menyentuh redline. Obatnya? Ganti finalgear yg lebih low atau bikin cvt dgn rentang ratio lebih luas lagi widest ratio gearbox saat ini di porsche PDK 7speed 10.1:1 dan ZF9speed 9.8:1 anps 8speed 7.2:1, sedangkan jatco CVT 7 (mirage) salah satu cvt yg terluas ada di 7.3:1, subaru 6.3:1 outlander cvt 5.9:1 honda hrv 5.5:1. 4AT avansa 3.9:1
3. Limited ratio span.. yet manufacture seem enjoy to put as many preset ratio as possible.. ratio too close, hingga terasa terlalu fake



Untuk poll TS,

Why not both?

Salah satu contoh cvt done right mungkin d WRX... Drive mode ada.. mode manual ada.
Makasih masukannya. Maksudnya gini, rasio kecil itu saat driven pulley berputar lebih cepet ketimbang drive pulley, sehingga memberatkan mesin. Begitu pun sebaliknya di mana rasionya gede sehingga tarikan lebih spontan. :big_smile]
I'm interested in diesel. It's an unique thing.
B1335AM
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: Wed Sep 04, 2013 22:34
Location: Jakarta

Re: Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Post by B1335AM »

"Tak hingga" itu maksudnya perpindahan halus tanpa sentakan di gigi tertentu.
I'm interested in diesel. It's an unique thing.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Post by billyd1773dz »

B1335AM wrote:Terima kasih buat yang sudah polling. Emang kalo mainin CVT pakai mode manual itu manipulatif kan?
Maksudnya manipulatif?

Cara kerjanya sudah saya jelaskan di atas ya...


Ya bisa jadi lambat dri nguuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu ala cvt di mode D jika mode manual done wrong... Jika done right ya bisa as fast juga



Lebih eargasm?lebih fun? Relative...

For enthusiast and me.. definietly....
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
pitbull
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 357
Joined: Sat Aug 20, 2005 14:02

Re: Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Post by pitbull »

kalo saya pake cvt 99% di D doang.
kalo di jalanan pegunungan baru kadang (tapi boleh dibilang jarang2 juga sih) downshift buat nyalip, itupun kalo perlu akselerasi yang lebih daripada cuma gas lebih dalam. trus turunan pake mode manual biar gak ngerem terus alias engine brake.
kalo di tol cukup gas lebih dalam aja.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4359
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Post by kunaskun »

DSoto wrote:Saya pernah nyoba mode manual ketika test Drive sebuah SUV yg memiliki transmisi CVT dengan paddleshift.

Saya start maju dari berhenti dan coba naikkan "gigi" nya ke hingga gigi 3 ketika kecepatan 20an km/jam. Di MID angkanya naik jadi 3, tapi kok ga kerasa ada perubahan rasio ya?. Begitu juga saya coba turunkan ke rasio yg lebih rendah ketika menurunkan kecepatan untuk mendapatkan efek engine brake. Tapi tidak terasa perubahan rasio seperti trany manual.

Apa paddleshift nya akal-akalan designer nya agar kita berfikir bahwa kita mengendarai dengan cara "sporty"?? Seperti nya CVT nya punya " pikirannya " sendiri..... :big_think:
emang ga bakalan ada feel perpindahan gigi atau hold gear, karena itu semua "virtual", hold by rpm n speed, dikontrol ECU dan ECT. jadi emang susah sesuaikan dengan maunya user. tapi masih mending bisa hold gear karena kalau jahil lagi cruising terus pindahin aja ke "1" maka lumayan ada efek engine brake.

kalau turunan memang serba salah, kadang ada CVT yang pikir lagi gliding... alhasil ga ada engine brake, sedikit mirip dengan transmisi AT geared mau yg modern sekalipun kadang ga mau turun gigi kecuali pindahin sendiri.
ransyah1234
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25

Re: Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Post by ransyah1234 »

mobil saya cvt
kick down saja dan semua beres
jarang sekali manual mode kecuali di tol yang kosong atau di jalur pantura yang butuh salip menyalip

walau sebenarnya saya juga ga pernah ukur benar apakah manual mode itu lebih cepat vs kickdown misalnya waktu mau nyalip truk di jalur pantura
hanya berdasarkan sensasi badan yang ketarik aja waktu manual mode. sama2 kickdown juga waktu mainin manual mode

benar atau tidak cara saya?

karena buat saya, cvt menghilangkan sensasi kencang walaupun kenyataannya tidak pelan. coba tes vs avanza misalnya, lebih rasa ketarik2 avanza, tapi apakah avanza lebih baik figur akselerasinya? saya rasa tidak (karena saya tidak tahu dan tidak pernah ukur, haha)
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Post by billyd1773dz »

DSoto wrote:Saya pernah nyoba mode manual ketika test Drive sebuah SUV yg memiliki transmisi CVT dengan paddleshift.

Saya start maju dari berhenti dan coba naikkan "gigi" nya ke hingga gigi 3 ketika kecepatan 20an km/jam. Di MID angkanya naik jadi 3, tapi kok ga kerasa ada perubahan rasio ya?. Begitu juga saya coba turunkan ke rasio yg lebih rendah ketika menurunkan kecepatan untuk mendapatkan efek engine brake. Tapi tidak terasa perubahan rasio seperti trany manual.

Apa paddleshift nya akal-akalan designer nya agar kita berfikir bahwa kita mengendarai dengan cara "sporty"?? Seperti nya CVT nya punya " pikirannya " sendiri..... :big_think:
ga kerasa karna dikecepatan rendah torqueconverter blm lockup.... di transmisi gear AT di kecepatan rendah sblm lock up dipindah ke 1-2-3 bisa jadi rpm tdk turun/naik.


enginebrake definietly sangat kerasa, di kecepatan yang pas... jika di pindah ke low ratio atw mode L atw B....
kunaskun wrote:
DSoto wrote:Saya pernah nyoba mode manual ketika test Drive sebuah SUV yg memiliki transmisi CVT dengan paddleshift.

Saya start maju dari berhenti dan coba naikkan "gigi" nya ke hingga gigi 3 ketika kecepatan 20an km/jam. Di MID angkanya naik jadi 3, tapi kok ga kerasa ada perubahan rasio ya?. Begitu juga saya coba turunkan ke rasio yg lebih rendah ketika menurunkan kecepatan untuk mendapatkan efek engine brake. Tapi tidak terasa perubahan rasio seperti trany manual.

Apa paddleshift nya akal-akalan designer nya agar kita berfikir bahwa kita mengendarai dengan cara "sporty"?? Seperti nya CVT nya punya " pikirannya " sendiri..... :big_think:
emang ga bakalan ada feel perpindahan gigi atau hold gear, karena itu semua "virtual", hold by rpm n speed, dikontrol ECU dan ECT. jadi emang susah sesuaikan dengan maunya user. tapi masih mending bisa hold gear karena kalau jahil lagi cruising terus pindahin aja ke "1" maka lumayan ada efek engine brake.

kalau turunan memang serba salah, kadang ada CVT yang pikir lagi gliding... alhasil ga ada engine brake, sedikit mirip dengan transmisi AT geared mau yg modern sekalipun kadang ga mau turun gigi kecuali pindahin sendiri.
sebenernya d modemanual/paddleshift Bukan virtual, manipulasi atau tipuan secara software... karena ratio transmisi memang ada dan pindah secara physical, ke preset rentang ratio tertentu seperti yang saya tulis di atas.... bedanya geared AT "jump" ke ratio tertentu, CVT AT slide sambil Skip ke Preset ratio tertentu kemudian diam. "Jump" bearti loncat antar gear dgn powerdelivery terputus dulu, "Slide and skip" bearti continuous tdk ada putus di power delivery.. sedangkan DSG "Skid" karna slip antar even & strange clutch continuously tampa putus juga.

atleast tdk seperti fake shiftronic/paddleshift milik atoyot anf dan anki yang glorified gateshift mode 4-3-2-1, 3-2-1 atw 2-1. tdk benar2 hold ratio

CVT cukup cerdas dgn fuzzy logic, jika driver sensitif dan sdh explorer beragam jalan(which i did) di MODE D /default dia bisa sense sedang turunan panjang dan geser ke ratio low untuk enjin brake lebih kuat. dipakai ngebut dia jaga rev lebih tinggi. saat santai di jalan datar cruise.. dia minim enginebrake.. karna gliding.. enginebrake artinya menambah drag memperpendek jarak tempuh sblm hrs tekan gas lagi artinya lebih boros di jalan datar.. hebatnya cvt dia bisa tetep dfco dengan enginebrake seminimal mungkin, dan tetap dfco hingga kecepatan rendah sehingga sangat irit.



most day to day sceneario as regular joe driver, mode D saja sudah cukup.. CVT sangat pintar ngatur kebutuhan mau nyantai atw kencang,..... thats what i love of cvt...

yet sometime i want to have fun.. meski jika di ukur dgn stopwatech tidak lebih kencang dari mode D dgn tarikan nguuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu khas cvt ala motor matic,

so di manual mode bisa ngasih kesenangan lebih..... i dont need speed, i need fun...


:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
Chevyman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 720
Joined: Tue Feb 12, 2013 12:30

Re: Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Post by Chevyman »

Kebetulan mau ambil mbl kutu buat polda...cvt new mirage vs cvt new brio enak mana ya?mau td blum bisa...trims
tokeknyungsep
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Mon Jul 11, 2016 13:57

Re: RE: Re: Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Post by tokeknyungsep »

ransyah1234 wrote:mobil saya cvt
kick down saja dan semua beres
jarang sekali manual mode kecuali di tol yang kosong atau di jalur pantura yang butuh salip menyalip

walau sebenarnya saya juga ga pernah ukur benar apakah manual mode itu lebih cepat vs kickdown misalnya waktu mau nyalip truk di jalur pantura
hanya berdasarkan sensasi badan yang ketarik aja waktu manual mode. sama2 kickdown juga waktu mainin manual mode

benar atau tidak cara saya?

karena buat saya, cvt menghilangkan sensasi kencang walaupun kenyataannya tidak pelan. coba tes vs avanza misalnya, lebih rasa ketarik2 avanza, tapi apakah avanza lebih baik figur akselerasinya? saya rasa tidak (karena saya tidak tahu dan tidak pernah ukur, haha)
Sama kasus nya spt t32 ane dg ipah 2.0 metik ane , tarikan awal ipah digas dikit ada kesan ngejambak gitu pdhl ya sama t32 mirip aja cuman cvt t32 yg alus , lain cerita pas di jalan santai trus mw narik.... di 60 kmh girbok 4 at ipah digaspol malah bengong ( diam di gigi 4) respon lama , tapi ane rasa di t32 gitu di gas lbh dalem lgsg sigap rpm naek perlahan tapi kesalur dg cepat .....
vote for cvt lah klo dibanding dg 4/5 at , kecuali 6 speed ... dipikir -pikir dulu [emoji16]
anrico17
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 620
Joined: Wed Dec 09, 2015 16:12
Location: Laptop dan Rumah
Daily Vehicle: Disetirin

Re: Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Post by anrico17 »

Ngomong ngomong soal performa CVT, salah satu hal menarik dri CVT yng ada manual/paddle shift itu adalah overtake button...

Cara makenya, pas Di D, downshift aja satu gigi, gk usah injek gas lebih dalem udh ngacir sendiri
Hanya sekedar netizen yang numpang lewat

L15Z6, 4N15
Yonatanw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Sun Feb 21, 2016 10:43
Location: Surabaya

Re: Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Post by Yonatanw »

Newbie coba share tentang CVT

Kmrn minang monyong cvt, ngga ngerti ada cvt2an, taunya metik.. akhirnya mau ga mau adaptasi (biasa bawa jazz ge8 5a/t).
Setelah bawa beberapa bln, sekarang ketagihan sama cvt.

Kalau di aHond :
- mode D : rpm di antara 1 dan 2, tarikan cukup buat push and glide, engine brake minim tapi lebih nahan dibanding GNKI a/t. Lampu indikator eco selalu nyala, buat jalan santai mesin seperti tanpa beban.
- mode S : sama dengan mode D yang dibejek dalem. Tarikan njambak, mesin main di rpm 4 - 5. Indikator eco mati, engine brake sangat kuat dan cenderung jerky. Enak buat pengemudian agresif mepet2 mobil depan, rem kebantu sekali dan rpm bertahan di titik max torque (4), untuk narik setelah melakukan hard braking, mesin tdk kehilangan torsi karena rpm tdk drop. Untuk rem mendadak, saya masukin S, engine brake membantu sekali.
- mode L : start cukup menjambak, max di kecepatan +/- 80km/h. Untuk nanjak, kalau mode D kurang power, pindah ke L, mobil langsung lompat (saya cukup kaget waktu pertama pake mode ini, hampir cium mobil depan).

Overall saya dapat menikmati cvt meski dulu pertama adaptasi cukup lama dan cukup jengkel krn ga paham karakternya.


Sent from my SM-J510FN using Seraya Motor mobile app
DD4 CVT | GE8 5AT | K3-VE
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6014
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Post by artoodetoo »

Mobil metik pertama saya langsung CVT, si Miras itu :upss:

Jadi ya karena belajar pake metik langsung CVT buat saya sih nyaman2 saja.
Kelemahannya memang kalau pas ketemu jalan yg mendadak menanjak (dan kita tidak kenal medan, jadi gak ada persiapan) itu jadi rada lemot.
Soal jajal performa, saya sih cuma main kick down aja :upss:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16676
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Post by ChZ »

Ada dua mobil yang saling bersaing di rumah... sama-sama CVT... Outlander Sport PX '14 dan HR-V Prestige '15...

Lucunya people who put so much hate on CVT... Kebanyakan malah g punya mobil ber-CVT... hahaha.

I used to hate CVT... it was slow.... at first glance... Tapi sekali lagi, ini faktor kebiasaan aja sih... Hehe. Klw sudah terbiasa bawa CVT juga enak-enak aja... bs atur injekan gas sesuai kebutuhan karena smooth dan linear sekali...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ransyah1234
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25

Re: Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Post by ransyah1234 »

ChZ wrote:Ada dua mobil yang saling bersaing di rumah... sama-sama CVT... Outlander Sport PX '14 dan HR-V Prestige '15...

Lucunya people who put so much hate on CVT... Kebanyakan malah g punya mobil ber-CVT... hahaha.

I used to hate CVT... it was slow.... at first glance... Tapi sekali lagi, ini faktor kebiasaan aja sih... Hehe. Klw sudah terbiasa bawa CVT juga enak-enak aja... bs atur injekan gas sesuai kebutuhan karena smooth dan linear sekali...
Justru karena linearnya itu yg mungkin ga disuka...saya juga ga suka awalnya...ga ada rasa kencang gitu...tapi kalo di tol lha tau2 120 tapi halus sekali

Dalam kota gasnya sih ditutul tutul saja nggeloyor lumayan..hihi
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 735
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Post by bensinsolar »

ChZ wrote:Ada dua mobil yang saling bersaing di rumah... sama-sama CVT... Outlander Sport PX '14 dan HR-V Prestige '15...

Lucunya people who put so much hate on CVT... Kebanyakan malah g punya mobil ber-CVT... hahaha.

I used to hate CVT... it was slow.... at first glance... Tapi sekali lagi, ini faktor kebiasaan aja sih... Hehe. Klw sudah terbiasa bawa CVT juga enak-enak aja... bs atur injekan gas sesuai kebutuhan karena smooth dan linear sekali...
CVT once you get the car rolling & mated to the right engine is OK. Prefer dengan paddle shift (OS) kalau pake mode Sport spt di Juke kurang suka karena seperti not fully in control.
Om Chz, gimana perbedaan impresi CVT Honda & Mitsu? Penasaran ama CVT Honda, karena CVT Earth Dream dibilangnya feelingnya spt Automatic biasa, Karena saya cuma bisa compare OS & Juke. Enak OS jauh karena ada paddle shiftnya, kalau salip2 sensasinya spt standard automatic. Downshift 2x, lgsg ada sensasi kickdown & jambak rpm tinggi (orang bilang karakternya MIVEC & VTEC mirip2) kebetulan OS saya pake oli yg 5w-30 & bensin Super/V-Power.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16676
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Post by ChZ »

ransyah1234 wrote:
Justru karena linearnya itu yg mungkin ga disuka...saya juga ga suka awalnya...ga ada rasa kencang gitu...tapi kalo di tol lha tau2 120 tapi halus sekali

Dalam kota gasnya sih ditutul tutul saja nggeloyor lumayan..hihi
Saya tes drive HR-V Prestige dulu nyoba di dalem kota aja gak berasa kenceng... malah berasa ini mobil kok biasa aja ya padahal 1800cc bodi sekecil ini.

Eee pas punya hari pertama saya bawa ke toll.... Wow... tau tau speedo udah 140. Ni mobil kalo dibejeg buas juga.

Fenomena lucu yang terjadi... yang bilang CVT jelek orang - orang yang bahkan gak pernah punya mobil ber-CVT... biasa pake AT biasa atau bahkan MT terus asal njeplak bilang CVT elek... hahaha. Lucunya ada media yang suka memojokkan transmisi CVT... Mungkin perlu edukasi lagi.
bensinsolar wrote:
CVT once you get the car rolling & mated to the right engine is OK. Prefer dengan paddle shift (OS) kalau pake mode Sport spt di Juke kurang suka karena seperti not fully in control.
Om Chz, gimana perbedaan impresi CVT Honda & Mitsu? Penasaran ama CVT Honda, karena CVT Earth Dream dibilangnya feelingnya spt Automatic biasa, Karena saya cuma bisa compare OS & Juke. Enak OS jauh karena ada paddle shiftnya, kalau salip2 sensasinya spt standard automatic. Downshift 2x, lgsg ada sensasi kickdown & jambak rpm tinggi (orang bilang karakternya MIVEC & VTEC mirip2) kebetulan OS saya pake oli yg 5w-30 & bensin Super/V-Power.
H dan M... Di HR-V lockup nya lebih cepet seperasaan saya... dapetin speed di dalem kota lebih enak. Rasionya lebih gampang mentok (dibejek dikit udah nguuuuuuuuu)

Di OS.... lockup nya cukup lama... bawahnya berasa lemot... tapi rasionya lebih panjang.

HR-V lebih enak buat low-to-mid rev.... karakter eco engine banget... OS enak mid-to-high rev...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
epinjose
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 254
Joined: Fri Dec 27, 2013 11:59

Re: Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Post by epinjose »

ChZ wrote:
H dan M... Di HR-V lockup nya lebih cepet seperasaan saya...
Berarti emang benar ya AT Honda, geared ato cvt selalu ngebet pengen lock up. --> bikin geared AT jadi jerky kalau lagi macet.

Imho, cvt nya nissan juga mirip2.. cepet lockup kalau eco dan cepet nguuuuuu kalo kickdown.
Chevyman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 720
Joined: Tue Feb 12, 2013 12:30

Re: Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Post by Chevyman »

:off_bored:
ChZ wrote:Ada dua mobil yang saling bersaing di rumah... sama-sama CVT... Outlander Sport PX '14 dan HR-V Prestige '15...

Lucunya people who put so much hate on CVT... Kebanyakan malah g punya mobil ber-CVT... hahaha.

I used to hate CVT... it was slow.... at first glance... Tapi sekali lagi, ini faktor kebiasaan aja sih... Hehe. Klw sudah terbiasa bawa CVT juga enak-enak aja... bs atur injekan gas sesuai kebutuhan karena smooth dan linear sekali...
Enak mana om cvt nyamitsu vs ahond?

Klo cvt nya mirage vs cvtnya brio enak mana ya?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16676
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Post by ChZ »

epinjose wrote: Berarti emang benar ya AT Honda, geared ato cvt selalu ngebet pengen lock up. --> bikin geared AT jadi jerky kalau lagi macet.

Imho, cvt nya nissan juga mirip2.. cepet lockup kalau eco dan cepet nguuuuuu kalo kickdown.
Iya oom... AT nya H selalu keburu lockup... Di mobil mobil yang pake K engine (CR-V 2.4 dan Accord 2.4) somehow malah jadi berasa lemot banget bawahnya.
Chevyman wrote::off_bored:
Enak mana om cvt nyamitsu vs ahond?

Klo cvt nya mirage vs cvtnya brio enak mana ya?
Kalo fungsinya buat perkotaan enak HR-V... kalo buat ngetol enakan OS... Gak cepet nguuuuu... HR-V di tol bejek dikit udah nguuuuu

Belum pernah coba jadi gak bisa bandingin... cuma pernah coba Brio yang 5AT hahaha... Kalo CVTnya Miras agak-agak mirip CVTnya OS karakternya. Bawahnya agak kedodoran.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 615
Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: RE: Re: Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Post by 3mul »

ChZ wrote:
Saya tes drive HR-V Prestige dulu nyoba di dalem kota aja gak berasa kenceng... malah berasa ini mobil kok biasa aja ya padahal 1800cc bodi sekecil ini.

Eee pas punya hari pertama saya bawa ke toll.... Wow... tau tau speedo udah 140. Ni mobil kalo dibejeg buas juga.

Fenomena lucu yang terjadi... yang bilang CVT jelek orang - orang yang bahkan gak pernah punya mobil ber-CVT... biasa pake AT biasa atau bahkan MT terus asal njeplak bilang CVT elek... hahaha. Lucunya ada media yang suka memojokkan transmisi CVT... Mungkin perlu edukasi lagi.
Kebanyakan orang ngetest pake butt-o-meter pdhl di mobil2 yg suspensi n peredamannya bagus, "sensasi" kencang kurang terasa. Makanya hrv kerasa lemot dibanding mobilio.
Supaya obyektif, tinggal donlot tools yg skrg banyak tersedia di App stores
Saya sih penasaran, gmn sbnrnya performance hrv dibanding dg Mobilio n brv diukur dgn tools ini. Masak lbh lemot?



Sent from my LG-D855 using Seraya Motor mobile app