DSoto wrote:Saya pernah nyoba mode manual ketika test Drive sebuah SUV yg memiliki transmisi CVT dengan paddleshift.
Saya start maju dari berhenti dan coba naikkan "gigi" nya ke hingga gigi 3 ketika kecepatan 20an km/jam. Di MID angkanya naik jadi 3, tapi kok ga kerasa ada perubahan rasio ya?. Begitu juga saya coba turunkan ke rasio yg lebih rendah ketika menurunkan kecepatan untuk mendapatkan efek engine brake. Tapi tidak terasa perubahan rasio seperti trany manual.
Apa paddleshift nya akal-akalan designer nya agar kita berfikir bahwa kita mengendarai dengan cara "sporty"?? Seperti nya CVT nya punya " pikirannya " sendiri.....

ga kerasa karna dikecepatan rendah torqueconverter blm lockup.... di transmisi gear AT di kecepatan rendah sblm lock up dipindah ke 1-2-3 bisa jadi rpm tdk turun/naik.
enginebrake definietly sangat kerasa, di kecepatan yang pas... jika di pindah ke low ratio atw mode L atw B....
kunaskun wrote:DSoto wrote:Saya pernah nyoba mode manual ketika test Drive sebuah SUV yg memiliki transmisi CVT dengan paddleshift.
Saya start maju dari berhenti dan coba naikkan "gigi" nya ke hingga gigi 3 ketika kecepatan 20an km/jam. Di MID angkanya naik jadi 3, tapi kok ga kerasa ada perubahan rasio ya?. Begitu juga saya coba turunkan ke rasio yg lebih rendah ketika menurunkan kecepatan untuk mendapatkan efek engine brake. Tapi tidak terasa perubahan rasio seperti trany manual.
Apa paddleshift nya akal-akalan designer nya agar kita berfikir bahwa kita mengendarai dengan cara "sporty"?? Seperti nya CVT nya punya " pikirannya " sendiri.....

emang ga bakalan ada feel perpindahan gigi atau hold gear, karena itu semua "virtual", hold by rpm n speed, dikontrol ECU dan ECT. jadi emang susah sesuaikan dengan maunya user. tapi masih mending bisa hold gear karena kalau jahil lagi cruising terus pindahin aja ke "1" maka lumayan ada efek engine brake.
kalau turunan memang serba salah, kadang ada CVT yang pikir lagi gliding... alhasil ga ada engine brake, sedikit mirip dengan transmisi AT geared mau yg modern sekalipun kadang ga mau turun gigi kecuali pindahin sendiri.
sebenernya d modemanual/paddleshift
Bukan virtual, manipulasi atau tipuan secara software... karena ratio transmisi memang ada dan pindah secara physical, ke preset rentang ratio tertentu seperti yang saya tulis di atas.... bedanya geared AT "jump" ke ratio tertentu, CVT AT slide sambil Skip ke Preset ratio tertentu kemudian diam. "Jump" bearti loncat antar gear dgn powerdelivery terputus dulu, "Slide and skip" bearti continuous tdk ada putus di power delivery.. sedangkan DSG "Skid" karna slip antar even & strange clutch continuously tampa putus juga.
atleast tdk seperti fake shiftronic/paddleshift milik atoyot anf dan anki yang glorified gateshift mode 4-3-2-1, 3-2-1 atw 2-1. tdk benar2 hold ratio
CVT cukup cerdas dgn fuzzy logic, jika driver sensitif dan sdh explorer beragam jalan(which i did) di MODE D /default dia bisa sense sedang turunan panjang dan geser ke ratio low untuk enjin brake lebih kuat. dipakai ngebut dia jaga rev lebih tinggi. saat santai di jalan datar cruise.. dia minim enginebrake.. karna gliding.. enginebrake artinya menambah drag memperpendek jarak tempuh sblm hrs tekan gas lagi artinya lebih boros di jalan datar.. hebatnya cvt dia bisa tetep dfco dengan enginebrake seminimal mungkin, dan tetap dfco hingga kecepatan rendah sehingga sangat irit.
most day to day sceneario as regular joe driver, mode D saja sudah cukup.. CVT sangat pintar ngatur kebutuhan mau nyantai atw kencang,..... thats what i love of cvt...
yet sometime i want to have fun.. meski jika di ukur dgn stopwatech tidak lebih kencang dari mode D dgn tarikan nguuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu khas cvt ala motor matic,
so di manual mode bisa ngasih kesenangan lebih..... i dont need speed, i need fun...
