MrsIntan wrote:Selamat siang para senior mekanik, saya newbie. Saya butuh saran dan masukan. Saya baru punya mobil honda mobilio tipe S umurnya baru 3bulan. Kemudian 2 hari yang lalu saya nabrak pohon yang dibawahnya batu2.

Mobil saya jadinya penyok bamper depan bagian bawah, radiator bocor, kipas terdorong juga. Kemarin saya sudah bawa ke bengkel honda. Kata montirnya yang harus diperbaki body mobil yang penyok, radiator dilas/ diganti, dan kondensor AC harus ganti juga. Pertanyaan saya.
1)Kalo radiator diganti apa selang, pompa, dan reservoir juga harus diganti? Soalnya pihak honda tidak menyebut 3 parts terakhir juga harus ganti.
2)Apa mobil bekas nabrak(seperti kasus saya) bisa prima seperti sediakala atau bakal ada gangguan lain yang menyusul?
3) apa yang harus saya lakukan setelahnya? Takutnya ada parts kecil yang terganggu dan tidak terdeksi.
Maaf senior2 jika pertanyaan saya oot. Mohon bantuannya. Terima kasih banyak.
*Note: saya tidak punya asuransi mobil.
1. Gak perlu, kan yang kena cuma radiator sama kipas aja. Condenser AC pasti kena juga karena jadi satu dengan radiator. Kalo kasusnya begini biasanya waterpump dan reservoir jarang sekali kena... slang pun menurut saya masih aman.
2. Bisa kembali seperti sediakala ASALKAN dikerjakan dengan baik. Kalo saran saya jangan bawa ke bengkel luar ya oom, pastikan di bengkel resmi karena masih masa garansi. Paling enggak kalau nantinya terjadi apa-apa proses dan biayanya gak ribet.... Jangan lupa setelah mobil prima kembali dites jalan dulu sebelum dibawa pulang, biasanya kalau saya di Honda saya bilang sama foremannya saya ikut ngetes karena kebetulan kenal. Harusnya boleh, wong mobil sendiri.
3. In case kalau radiator dilas, lakukan pengecekan rutin pada air di reservoir cadangan... Preventif saja jaga-jaga kalau radiatornya ngelasnya kurang apik... Lakukan pemantauan di part-part dan sekitarnya yang diganti. Cek selang-selang ada kebocorn atau enggak, pantau temperatur mesin, Periksa fan apakah sudah memutar normal atau belum.
Terus kalo boleh saya saran, sempatkan mampir ke bengkel buat memantau pengerjaan mobilnya... Kenapa? Langkah antisipatif daripada ntar ke depannya terjadi apa-apa. Kita tau apa yang dikerjain dan gak ditipu, SA dan mekanik juga biasanya lebih suka kalo pemilik langsung dateng kasih keputusan mau diapain mobilnya daripada via telpon yang kadang kastemernya sibuk banget susah dihubungi, blom lagi resiko ditipu kalo namanya telpon gak liat kondisi barangnya langsung tapi mereka kongkalikong sendiri. Namanya bengkel resmi prosedurnya harus konfirmasi konsumen baru mereka bisa kerjain dan koordinasi dengan pihak spare parts juga.
Kerjanya cepet, konsumen senang, bengkelnya juga senang. Mobil mangkrak lama di bengkel itu juga bikin bengkel jadi kurang produktif... terutama kalau bengkelnya gak punya stall khusus buat heavy repair...
Paling penting jangan lupa sebelum serah-terima kendaraan dites dulu jalan biar kalo ada keluhan langsung disampaikan....