Solusi radiator Honda mobilio yang bocor
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Sun Aug 28, 2016 1:56
Solusi radiator Honda mobilio yang bocor
Selamat siang para senior mekanik, saya newbie. Saya butuh saran dan masukan. Saya baru punya mobil honda mobilio tipe S umurnya baru 3bulan. Kemudian 2 hari yang lalu saya nabrak pohon yang dibawahnya batu2. Mobil saya jadinya penyok bamper depan bagian bawah, radiator bocor, kipas terdorong juga. Kemarin saya sudah bawa ke bengkel honda. Kata montirnya yang harus diperbaki body mobil yang penyok, radiator dilas/ diganti, dan kondensor AC harus ganti juga. Pertanyaan saya.
1)Kalo radiator diganti apa selang, pompa, dan reservoir juga harus diganti? Soalnya pihak honda tidak menyebut 3 parts terakhir juga harus ganti.
2)Apa mobil bekas nabrak(seperti kasus saya) bisa prima seperti sediakala atau bakal ada gangguan lain yang menyusul?
3) apa yang harus saya lakukan setelahnya? Takutnya ada parts kecil yang terganggu dan tidak terdeksi.
Maaf senior2 jika pertanyaan saya oot. Mohon bantuannya. Terima kasih banyak.
*Note: saya tidak punya asuransi mobil.
1)Kalo radiator diganti apa selang, pompa, dan reservoir juga harus diganti? Soalnya pihak honda tidak menyebut 3 parts terakhir juga harus ganti.
2)Apa mobil bekas nabrak(seperti kasus saya) bisa prima seperti sediakala atau bakal ada gangguan lain yang menyusul?
3) apa yang harus saya lakukan setelahnya? Takutnya ada parts kecil yang terganggu dan tidak terdeksi.
Maaf senior2 jika pertanyaan saya oot. Mohon bantuannya. Terima kasih banyak.
*Note: saya tidak punya asuransi mobil.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Mon Jan 11, 2016 2:08
- Location: Bandung
Re: Solusi radiator Honda mobilio yang bocor
Bantu jawab :
1. Kl tidak rusak slang, reservoir, pompa tdk usah ganti.
2. Bs 99,9% balik lg normal,asalkan perbaikan menyeluruh pd bagian yg rusaknya. Dan pengerjaannya jng asal2an. Bw k tempat yg terpacaya dlm proses pengerjaanny.
3. Seperi d poin k 2, perbaikannya harus menyeluruh pd parts yg rusak. Harusny aman. Kl emang ada parts yg rusaknya parah lbh baik ganti. Jng d akal2in, ini yg bikin D kemudian hari bermasalah.
1. Kl tidak rusak slang, reservoir, pompa tdk usah ganti.
2. Bs 99,9% balik lg normal,asalkan perbaikan menyeluruh pd bagian yg rusaknya. Dan pengerjaannya jng asal2an. Bw k tempat yg terpacaya dlm proses pengerjaanny.
3. Seperi d poin k 2, perbaikannya harus menyeluruh pd parts yg rusak. Harusny aman. Kl emang ada parts yg rusaknya parah lbh baik ganti. Jng d akal2in, ini yg bikin D kemudian hari bermasalah.
-
- SM Specialist
- Posts: 16117
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Solusi radiator Honda mobilio yang bocor
1. Gak perlu, kan yang kena cuma radiator sama kipas aja. Condenser AC pasti kena juga karena jadi satu dengan radiator. Kalo kasusnya begini biasanya waterpump dan reservoir jarang sekali kena... slang pun menurut saya masih aman.MrsIntan wrote:Selamat siang para senior mekanik, saya newbie. Saya butuh saran dan masukan. Saya baru punya mobil honda mobilio tipe S umurnya baru 3bulan. Kemudian 2 hari yang lalu saya nabrak pohon yang dibawahnya batu2. Mobil saya jadinya penyok bamper depan bagian bawah, radiator bocor, kipas terdorong juga. Kemarin saya sudah bawa ke bengkel honda. Kata montirnya yang harus diperbaki body mobil yang penyok, radiator dilas/ diganti, dan kondensor AC harus ganti juga. Pertanyaan saya.
1)Kalo radiator diganti apa selang, pompa, dan reservoir juga harus diganti? Soalnya pihak honda tidak menyebut 3 parts terakhir juga harus ganti.
2)Apa mobil bekas nabrak(seperti kasus saya) bisa prima seperti sediakala atau bakal ada gangguan lain yang menyusul?
3) apa yang harus saya lakukan setelahnya? Takutnya ada parts kecil yang terganggu dan tidak terdeksi.
Maaf senior2 jika pertanyaan saya oot. Mohon bantuannya. Terima kasih banyak.
*Note: saya tidak punya asuransi mobil.
2. Bisa kembali seperti sediakala ASALKAN dikerjakan dengan baik. Kalo saran saya jangan bawa ke bengkel luar ya oom, pastikan di bengkel resmi karena masih masa garansi. Paling enggak kalau nantinya terjadi apa-apa proses dan biayanya gak ribet.... Jangan lupa setelah mobil prima kembali dites jalan dulu sebelum dibawa pulang, biasanya kalau saya di Honda saya bilang sama foremannya saya ikut ngetes karena kebetulan kenal. Harusnya boleh, wong mobil sendiri.
3. In case kalau radiator dilas, lakukan pengecekan rutin pada air di reservoir cadangan... Preventif saja jaga-jaga kalau radiatornya ngelasnya kurang apik... Lakukan pemantauan di part-part dan sekitarnya yang diganti. Cek selang-selang ada kebocorn atau enggak, pantau temperatur mesin, Periksa fan apakah sudah memutar normal atau belum.
Terus kalo boleh saya saran, sempatkan mampir ke bengkel buat memantau pengerjaan mobilnya... Kenapa? Langkah antisipatif daripada ntar ke depannya terjadi apa-apa. Kita tau apa yang dikerjain dan gak ditipu, SA dan mekanik juga biasanya lebih suka kalo pemilik langsung dateng kasih keputusan mau diapain mobilnya daripada via telpon yang kadang kastemernya sibuk banget susah dihubungi, blom lagi resiko ditipu kalo namanya telpon gak liat kondisi barangnya langsung tapi mereka kongkalikong sendiri. Namanya bengkel resmi prosedurnya harus konfirmasi konsumen baru mereka bisa kerjain dan koordinasi dengan pihak spare parts juga.
Kerjanya cepet, konsumen senang, bengkelnya juga senang. Mobil mangkrak lama di bengkel itu juga bikin bengkel jadi kurang produktif... terutama kalau bengkelnya gak punya stall khusus buat heavy repair...
Paling penting jangan lupa sebelum serah-terima kendaraan dites dulu jalan biar kalo ada keluhan langsung disampaikan....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 794
- Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
- Daily Vehicle: 4 Banger
Re: Solusi radiator Honda mobilio yang bocor
Saya waktu mudik kemarin tabrakan beruntun 4 mobil di cipali, terus diderek ke bengkel daerah situ cuma tarik chassis supaya radiatornya bisa dilepas terus pasang radiator baru, lanjutin perjalanan ke purwokerto dan sampe sekarang Alhamdulillah belum ada masalah lagi... walau body depan belakang berantakan dan kondensor AC agak penyok
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27150
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Solusi radiator Honda mobilio yang bocor
sekedar nambahin saran master2 di atas...
nanti kl ud betul, jgn lupa cek tuh diisi coolant apa... radiator coolant asli honda (air warna biru keijoan).... atau diisi aer ledeng doank... percaya ga percaya, perna pengalaman di beres batu makam diisi nya ama aer ledeng.... gt ane tanya, montir nya blg, aman pak, mesin ama radiator nya ud dari aluminium, ga bsa karat... dan di dalem water jacket masi ada sisa coolant lama... pinter skali itu montir beres nya...
nanti kl ud betul, jgn lupa cek tuh diisi coolant apa... radiator coolant asli honda (air warna biru keijoan).... atau diisi aer ledeng doank... percaya ga percaya, perna pengalaman di beres batu makam diisi nya ama aer ledeng.... gt ane tanya, montir nya blg, aman pak, mesin ama radiator nya ud dari aluminium, ga bsa karat... dan di dalem water jacket masi ada sisa coolant lama... pinter skali itu montir beres nya...
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4619
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Solusi radiator Honda mobilio yang bocor
Hahaha, memang sih mesin dari alumunium, tetapi apakah water pomp juga dari aluminium, dan apakah semua yang dilewati air cooler dari alumunium semua?DOHC wrote:sekedar nambahin saran master2 di atas...
nanti kl ud betul, jgn lupa cek tuh diisi coolant apa... radiator coolant asli honda (air warna biru keijoan).... atau diisi aer ledeng doank... percaya ga percaya, perna pengalaman di beres batu makam diisi nya ama aer ledeng.... gt ane tanya, montir nya blg, aman pak, mesin ama radiator nya ud dari aluminium, ga bsa karat... dan di dalem water jacket masi ada sisa coolant lama... pinter skali itu montir beres nya...
Mobil sekarang dibuat dengan biaya seirit mungkin, kalau memang gak butuh cairan cooler pasti gak diisi cariran cooler sama pabrik.
Mekanik mungkin gak kepikir sampai sana
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 760
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: Solusi radiator Honda mobilio yang bocor
Today in Montir Python : rust-diatorDOHC wrote:sekedar nambahin saran master2 di atas...
nanti kl ud betul, jgn lupa cek tuh diisi coolant apa... radiator coolant asli honda (air warna biru keijoan).... atau diisi aer ledeng doank... percaya ga percaya, perna pengalaman di beres batu makam diisi nya ama aer ledeng.... gt ane tanya, montir nya blg, aman pak, mesin ama radiator nya ud dari aluminium, ga bsa karat... dan di dalem water jacket masi ada sisa coolant lama... pinter skali itu montir beres nya...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 215
- Joined: Mon Jun 17, 2013 8:30
Re: Solusi radiator Honda mobilio yang bocor
Nah ini harus, apalagi untuk kerusakan parah seperti itu.ChZ wrote: Paling penting jangan lupa sebelum serah-terima kendaraan dites dulu jalan biar kalo ada keluhan langsung disampaikan....
Banyak ane baca di forum2 atau surat pembaca, mereka komplain, tapi mereka juga tidak cek2 pas ambil mobil.
Klo ane yg ngalamin, klo masih ada budget, mending setelah diperbaiki, langsung jual aja.
Setelah itu cari lg penggantinya.
Btw, klo rusak akibat kecelakaan kayak gini, g masuk waranty.
Tapi klo sudah ikut asuransi, ya aman.
Turut prihatin atas musibah yg terjadi.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 928
- Joined: Sat May 21, 2016 12:08
- Location: Solo
- Daily Vehicle: Innova
Re: Solusi radiator Honda mobilio yang bocor
DOHC wrote:sekedar nambahin saran master2 di atas...
nanti kl ud betul, jgn lupa cek tuh diisi coolant apa... radiator coolant asli honda (air warna biru keijoan).... atau diisi aer ledeng doank... percaya ga percaya, perna pengalaman di beres batu makam diisi nya ama aer ledeng.... gt ane tanya, montir nya blg, aman pak, mesin ama radiator nya ud dari aluminium, ga bsa karat... dan di dalem water jacket masi ada sisa coolant lama... pinter skali itu montir beres nya...
Klo di bgkel toiodah mekaniknya blg gni..wahh hrs dicampur air biasa pak...klo cuma radiator coolant terlalu keras..bisa ngrusak komponen radiator...emg bener gt ya?ini mekanik beres lohh yg ngomong..hahaha
-
- SM Specialist
- Posts: 16117
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Solusi radiator Honda mobilio yang bocor
Yupss kesalahan orang adalah terlalu "percaya" dengan label bengkel resmi... Justru karena ini labelnya resmi saya malah lebih waspada dibanding non-resmi, karena bengkel resmi itu ada ditarget sama prinsipal biasanya jadi kemungkinan kerja "cepet ngasal" pasti ada....arissety wrote:Nah ini harus, apalagi untuk kerusakan parah seperti itu.ChZ wrote: Paling penting jangan lupa sebelum serah-terima kendaraan dites dulu jalan biar kalo ada keluhan langsung disampaikan....
Banyak ane baca di forum2 atau surat pembaca, mereka komplain, tapi mereka juga tidak cek2 pas ambil mobil.
Klo ane yg ngalamin, klo masih ada budget, mending setelah diperbaiki, langsung jual aja.
Setelah itu cari lg penggantinya.
Btw, klo rusak akibat kecelakaan kayak gini, g masuk waranty.
Tapi klo sudah ikut asuransi, ya aman.
Turut prihatin atas musibah yg terjadi.
Yups kalo tabrakan gak dicover warranty karena kesalahan sendiri, tapi paling enggak dengan repair di bengkel resmi akan memudahkan kalau ke depannya ada apa-apa, termasuk protes ke HPM nya juga lebih mudah bila perlu. Kalo mobil masih masa garansi sih enak apa-apa tinggal bawa ke BeRes.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 16117
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Solusi radiator Honda mobilio yang bocor
Radiator coolant setau saya cuma boleh dicampur air suling / distilled water ... atau biasa disebut aquades.. Air biasa banyak kandungan mineralnya...andyez86 wrote:DOHC wrote:sekedar nambahin saran master2 di atas...
nanti kl ud betul, jgn lupa cek tuh diisi coolant apa... radiator coolant asli honda (air warna biru keijoan).... atau diisi aer ledeng doank... percaya ga percaya, perna pengalaman di beres batu makam diisi nya ama aer ledeng.... gt ane tanya, montir nya blg, aman pak, mesin ama radiator nya ud dari aluminium, ga bsa karat... dan di dalem water jacket masi ada sisa coolant lama... pinter skali itu montir beres nya...
Klo di bgkel toiodah mekaniknya blg gni..wahh hrs dicampur air biasa pak...klo cuma radiator coolant terlalu keras..bisa ngrusak komponen radiator...emg bener gt ya?ini mekanik beres lohh yg ngomong..hahaha
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 928
- Joined: Sat May 21, 2016 12:08
- Location: Solo
- Daily Vehicle: Innova
Re: Solusi radiator Honda mobilio yang bocor
ChZ wrote:Radiator coolant setau saya cuma boleh dicampur air suling / distilled water ... atau biasa disebut aquades.. Air biasa banyak kandungan mineralnya...andyez86 wrote:DOHC wrote:sekedar nambahin saran master2 di atas...
nanti kl ud betul, jgn lupa cek tuh diisi coolant apa... radiator coolant asli honda (air warna biru keijoan).... atau diisi aer ledeng doank... percaya ga percaya, perna pengalaman di beres batu makam diisi nya ama aer ledeng.... gt ane tanya, montir nya blg, aman pak, mesin ama radiator nya ud dari aluminium, ga bsa karat... dan di dalem water jacket masi ada sisa coolant lama... pinter skali itu montir beres nya...
Klo di bgkel toiodah mekaniknya blg gni..wahh hrs dicampur air biasa pak...klo cuma radiator coolant terlalu keras..bisa ngrusak komponen radiator...emg bener gt ya?ini mekanik beres lohh yg ngomong..hahaha
Iyaaa...tp org beres kmrn ambilnya dr keran air...
-
- SM Specialist
- Posts: 16117
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Solusi radiator Honda mobilio yang bocor
Di Ahon juga ambil dari keran air...andyez86 wrote:
Iyaaa...tp org beres kmrn ambilnya dr keran air...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 928
- Joined: Sat May 21, 2016 12:08
- Location: Solo
- Daily Vehicle: Innova
Re: Solusi radiator Honda mobilio yang bocor
ChZ wrote:Di Ahon juga ambil dari keran air...andyez86 wrote:
Iyaaa...tp org beres kmrn ambilnya dr keran air...
Parahh jg ya beres skrg..wkwkkw...Back to topic ajaa om chz..bantu TS nya...hahha
Untuk mslh radiator gni sih saran saia TS ke bgkel resmi aja...yang terpercaya.. ato cb nanya ke mod sm ada kenalan kepala bengkel ahond dmna biar lebih aman....toh pengerjaan beres ada garansi nya...pengalaman dlu benerin d tmp tkg radiator d solo yg ktnya bgs n tiap hr rame pasien nya aja saia masi dikerjain jg...ud gt minta tgg jwb krn kesalahan pemasangan dan kualitas bahan dr si tukang radiator yg jelek dia ga mau tgg jwb,alasan nya ini itu....benerin d beres malah lebih murah n cpt.....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 760
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: Solusi radiator Honda mobilio yang bocor
Air radiator itu ada 2 jenis setwku... bner" isi coolant sm premixed (udh dicampur aquadest dr pabrikan)ChZ wrote:Radiator coolant setau saya cuma boleh dicampur air suling / distilled water ... atau biasa disebut aquades.. Air biasa banyak kandungan mineralnya...andyez86 wrote:DOHC wrote:sekedar nambahin saran master2 di atas...
nanti kl ud betul, jgn lupa cek tuh diisi coolant apa... radiator coolant asli honda (air warna biru keijoan).... atau diisi aer ledeng doank... percaya ga percaya, perna pengalaman di beres batu makam diisi nya ama aer ledeng.... gt ane tanya, montir nya blg, aman pak, mesin ama radiator nya ud dari aluminium, ga bsa karat... dan di dalem water jacket masi ada sisa coolant lama... pinter skali itu montir beres nya...
Klo di bgkel toiodah mekaniknya blg gni..wahh hrs dicampur air biasa pak...klo cuma radiator coolant terlalu keras..bisa ngrusak komponen radiator...emg bener gt ya?ini mekanik beres lohh yg ngomong..hahaha
Klo yg premixed g usa diapa"in lg... pour n play...
Klo yg ga premix mesti dicampur aquadest sndiri... (istilah lain aquadest: air demineral (mineralnya udh dikit banget), air suling, air destilasi)
Radiator jgn diisi air biasa... apalagi air ledeng... krn klo air biasa nguap itu nyisain kerak mineral(klo sering godok air liat ketel/pancinya... kan ada bercak di dinding dalemnya)
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Sun Aug 28, 2016 1:56
Re: Solusi radiator Honda mobilio yang bocor
Bro gimana caranya kita tau BeRes kasih coolant pure atau dicampur air ledeng/air mineral?DOHC wrote:sekedar nambahin saran master2 di atas...
nanti kl ud betul, jgn lupa cek tuh diisi coolant apa... radiator coolant asli honda (air warna biru keijoan).... atau diisi aer ledeng doank... percaya ga percaya, perna pengalaman di beres batu makam diisi nya ama aer ledeng.... gt ane tanya, montir nya blg, aman pak, mesin ama radiator nya ud dari aluminium, ga bsa karat... dan di dalem water jacket masi ada sisa coolant lama... pinter skali itu montir beres nya...
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Sun Aug 28, 2016 1:56
Re: Solusi radiator Honda mobilio yang bocor
Duvebriliant0 wrote:Saya waktu mudik kemarin tabrakan beruntun 4 mobil di cipali, terus diderek ke bengkel daerah situ cuma tarik chassis supaya radiatornya bisa dilepas terus pasang radiator baru, lanjutin perjalanan ke purwokerto dan sampe sekarang Alhamdulillah belum ada masalah lagi... walau body depan belakang berantakan dan kondensor AC agak penyok
Nyesek ya mas. Tapi gak apa2 asal keluarga gak ada yang terluka. Berapa lama mas pasang radiator baru waktu itu? Trus kan itu kondensor AC nya gak ganti, sekarang performa AC nya gimana dibanding sebelumnya?
Makasih.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 794
- Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
- Daily Vehicle: 4 Banger
Re: Solusi radiator Honda mobilio yang bocor
Saya kecelakaan sekitar jam stgh 9, abis itu ngurus segala macem di pengurus tol situ sampe kira kira jam 10an. masuk bengkel jam stgh 11an lah, karena waktu itu hari jumat jadi saya tinggal untuk sholat jumat dan abis sholat jumat udah selesai perbaikan dan langsung jalan lagi. kayaknya sih gaada perubahan signifikan sih ya, soalnya ga terasa perubahannya.MrsIntan wrote:Duvebriliant0 wrote:Saya waktu mudik kemarin tabrakan beruntun 4 mobil di cipali, terus diderek ke bengkel daerah situ cuma tarik chassis supaya radiatornya bisa dilepas terus pasang radiator baru, lanjutin perjalanan ke purwokerto dan sampe sekarang Alhamdulillah belum ada masalah lagi... walau body depan belakang berantakan dan kondensor AC agak penyok
Nyesek ya mas. Tapi gak apa2 asal keluarga gak ada yang terluka. Berapa lama mas pasang radiator baru waktu itu? Trus kan itu kondensor AC nya gak ganti, sekarang performa AC nya gimana dibanding sebelumnya?
Makasih.
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
NCP91R
TGN140R
NCP91R
TGN140R
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Sun Aug 28, 2016 1:56
Re: Solusi radiator Honda mobilio yang bocor
Ok mas. Infonya membantu sekali.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3051
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Solusi radiator Honda mobilio yang bocor
biasanya kalau udah nabrak pohon atau tiang listrik otomatis sasisnya gak bisa lurus karena sasisnya udah bergeser ke belakang , jangan salah paham bukan sasis tangga tapi sasis ringan monocque jadi biasnya setir suka lari lari atau gak lurus mending dijual bekas aja tapi kalau mau pake jarak dekat sih aman aman sajaMrsIntan wrote:Selamat siang para senior mekanik, saya newbie. Saya butuh saran dan masukan. Saya baru punya mobil honda mobilio tipe S umurnya baru 3bulan. Kemudian 2 hari yang lalu saya nabrak pohon yang dibawahnya batu2. Mobil saya jadinya penyok bamper depan bagian bawah, radiator bocor, kipas terdorong juga. Kemarin saya sudah bawa ke bengkel honda. Kata montirnya yang harus diperbaki body mobil yang penyok, radiator dilas/ diganti, dan kondensor AC harus ganti juga. Pertanyaan saya.
1)Kalo radiator diganti apa selang, pompa, dan reservoir juga harus diganti? Soalnya pihak honda tidak menyebut 3 parts terakhir juga harus ganti.
2)Apa mobil bekas nabrak(seperti kasus saya) bisa prima seperti sediakala atau bakal ada gangguan lain yang menyusul?
3) apa yang harus saya lakukan setelahnya? Takutnya ada parts kecil yang terganggu dan tidak terdeksi.
Maaf senior2 jika pertanyaan saya oot. Mohon bantuannya. Terima kasih banyak.
*Note: saya tidak punya asuransi mobil.
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Sun Aug 28, 2016 1:56
Re: Solusi radiator Honda mobilio yang bocor
Oh..gitu ya om? padahal saya baru beli 3 bulan om. Kalo dipake jarak jauh emang kenapa? Brarti sasisnya gk bisa diperbaiki lagi ya? Kalo dipake lama mobilny makin banyak yang rusak ya?solar_kerosen wrote:biasanya kalau udah nabrak pohon atau tiang listrik otomatis sasisnya gak bisa lurus karena sasisnya udah bergeser ke belakang , jangan salah paham bukan sasis tangga tapi sasis ringan monocque jadi biasnya setir suka lari lari atau gak lurus mending dijual bekas aja tapi kalau mau pake jarak dekat sih aman aman sajaMrsIntan wrote:Selamat siang para senior mekanik, saya newbie. Saya butuh saran dan masukan. Saya baru punya mobil honda mobilio tipe S umurnya baru 3bulan. Kemudian 2 hari yang lalu saya nabrak pohon yang dibawahnya batu2. Mobil saya jadinya penyok bamper depan bagian bawah, radiator bocor, kipas terdorong juga. Kemarin saya sudah bawa ke bengkel honda. Kata montirnya yang harus diperbaki body mobil yang penyok, radiator dilas/ diganti, dan kondensor AC harus ganti juga. Pertanyaan saya.
1)Kalo radiator diganti apa selang, pompa, dan reservoir juga harus diganti? Soalnya pihak honda tidak menyebut 3 parts terakhir juga harus ganti.
2)Apa mobil bekas nabrak(seperti kasus saya) bisa prima seperti sediakala atau bakal ada gangguan lain yang menyusul?
3) apa yang harus saya lakukan setelahnya? Takutnya ada parts kecil yang terganggu dan tidak terdeksi.
Maaf senior2 jika pertanyaan saya oot. Mohon bantuannya. Terima kasih banyak.
*Note: saya tidak punya asuransi mobil.
Oh ya om kemarin yang kena itu cuma dudukan radiatornya. Kayaknya sih sasisnya aman2 aja. Pihak hondanya juga gak bilang kena sasis.solar_kerosen wrote:biasanya kalau udah nabrak pohon atau tiang listrik otomatis sasisnya gak bisa lurus karena sasisnya udah bergeser ke belakang , jangan salah paham bukan sasis tangga tapi sasis ringan monocque jadi biasnya setir suka lari lari atau gak lurus mending dijual bekas aja tapi kalau mau pake jarak dekat sih aman aman sajaMrsIntan wrote:Selamat siang para senior mekanik, saya newbie. Saya butuh saran dan masukan. Saya baru punya mobil honda mobilio tipe S umurnya baru 3bulan. Kemudian 2 hari yang lalu saya nabrak pohon yang dibawahnya batu2. Mobil saya jadinya penyok bamper depan bagian bawah, radiator bocor, kipas terdorong juga. Kemarin saya sudah bawa ke bengkel honda. Kata montirnya yang harus diperbaki body mobil yang penyok, radiator dilas/ diganti, dan kondensor AC harus ganti juga. Pertanyaan saya.
1)Kalo radiator diganti apa selang, pompa, dan reservoir juga harus diganti? Soalnya pihak honda tidak menyebut 3 parts terakhir juga harus ganti.
2)Apa mobil bekas nabrak(seperti kasus saya) bisa prima seperti sediakala atau bakal ada gangguan lain yang menyusul?
3) apa yang harus saya lakukan setelahnya? Takutnya ada parts kecil yang terganggu dan tidak terdeksi.
Maaf senior2 jika pertanyaan saya oot. Mohon bantuannya. Terima kasih banyak.
*Note: saya tidak punya asuransi mobil.
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Sun Aug 28, 2016 1:56
Re: Solusi radiator Honda mobilio yang bocor
(update) Oom dan agan makasih atas info, respon yang baik, dan sarannya. Alhamdulillah mobil saya baik-baik saja. Kemarin ternyata yang kena cuma selang radiatornya saja dan dudukan radiator(yang bahan plastik). Selang sobek dan sementara masih ditambal sambil nunggu kabar dari BeRes kapan selangnya ready buat ganti. Harusnya hari ini datang katany. Sementara dudukan radiatornya sudah di-body repair. Sekali lagi makasih ya oom dan agan sekalian. Sangat membantu sekali.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 242
- Joined: Tue Apr 24, 2007 12:26
Re: Solusi radiator Honda mobilio yang bocor
Percaya om, ane juga pernah lihat sendiri dealer honda isi air radiator pakai air biasa walaupun cuma dimasukan ke tabung reservoir.DOHC wrote:sekedar nambahin saran master2 di atas...
nanti kl ud betul, jgn lupa cek tuh diisi coolant apa... radiator coolant asli honda (air warna biru keijoan).... atau diisi aer ledeng doank... percaya ga percaya, perna pengalaman di beres batu makam diisi nya ama aer ledeng.... gt ane tanya, montir nya blg, aman pak, mesin ama radiator nya ud dari aluminium, ga bsa karat... dan di dalem water jacket masi ada sisa coolant lama... pinter skali itu montir beres nya...
-
- SM Specialist
- Posts: 16117
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Solusi radiator Honda mobilio yang bocor
Kalo dari kejadiannya sepertinya nubruk pelan... ya gak akan kena sasis... ada-ada aja...MrsIntan wrote: Oh..gitu ya om? padahal saya baru beli 3 bulan om. Kalo dipake jarak jauh emang kenapa? Brarti sasisnya gk bisa diperbaiki lagi ya? Kalo dipake lama mobilny makin banyak yang rusak ya?
Oh ya om kemarin yang kena itu cuma dudukan radiatornya. Kayaknya sih sasisnya aman2 aja. Pihak hondanya juga gak bilang kena sasis.
Kalo ngebut nah.... lol.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4028
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Solusi radiator Honda mobilio yang bocor
di nissan juga pernah lihat kaya gitu, di toyota juga sama, anehnya padahal bisa pake air aki tutup biru.. emang kadang namanya teknisi atau SOP itu suka miss atau emang ga ada. makanya sebisanya diawasi, kalau cuma keisi sedikit si mungkin gpp, tapi kalau sering itu yang gawat.