Mazda 2 GT Untuk Jangka Panjang?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

adzie
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 192
Joined: Thu Aug 20, 2015 23:26
Daily Vehicle: WRV 2024

Re: Mazda 2 GT Untuk Jangka Panjang?

Post by adzie »

dimassn25 wrote:Kalo ga salah kayak rack steernya banyak dikeluhin yah, toh masih garansi kan.

Selama ngerawat dengan bener dan memperlakukan mobil dengan baik sih 90% pasti awet.

Kalo ga rajin ngerawat mobil ya mending merk yang pasaran.

Pokoknya semakin tinggi teknologinya semakin tinggi resiko rusaknya "apabila" tidak dirawat dengan baik.
Iya steering rack banyak yg komplen bunyi2, tapi cuma di hatchback aja kayanya... so far make yg sedan ga ada masalah, mungkin krn CBU thai kali yah :D :D...

utk steering rack itu dpt garansi, dan yg bermasalah cuma batch2 awal aja (produksi yg awal2).. untuk yg udh facelift ga tau deh karena udh ga update lagi masalah per mazdaan :D...
Mazda 2 Sedan R Type - 1.5L MZR
VW Polo A4 (1J) - Mk4
X-Trail T32 - QR25DE
Biante SkyActiv - 2.0 L SkyActiv-G (PE-VPS) I4
New Age Baleno - K14B
StargazerX - Smartstream G1.5 G4FL
WR-V (DG4) - L15ZF
gogon344
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Wed Dec 30, 2015 3:53

Re: Mazda 2 GT Untuk Jangka Panjang?

Post by gogon344 »

ga usah GT bro ts, type R cukup. dulu sempet mau TD ini tapi lirik Fiesta, kepincut heheeh n sampe skrng ganti part service aman sejahtera ehehe
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1370
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Mazda 2 GT Untuk Jangka Panjang?

Post by arfs »

gogon344 wrote:ga usah GT bro ts, type R cukup. dulu sempet mau TD ini tapi lirik Fiesta, kepincut heheeh n sampe skrng ganti part service aman sejahtera ehehe
Fitur yg ane suka di tipe GT yg ada ada di tipe R atau V, Center analogue tachometer with digital speedometer yg bikin serasa kyk bawa mobil sport.
Tachometer ny tepat di depan mata :big_love:
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1068
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Mazda 2 GT Untuk Jangka Panjang?

Post by vipere »

Kalau saya sih lebih prefer yang R. Karena baca2 pengguna mazda2 di forum sebelah, yang fitur rem otomatis nya itu (lupa namanya) malah suka ngerem mendadak gak jelas, bisa2 ditabrak motor dari belakang. Jadinya gak gitu kepake juga fitur2 yg di GT, karena kalo udah gitu ngeri juga aktifinnya.
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7655
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mazda 2 GT Untuk Jangka Panjang?

Post by newrubble »

historically ....... ini brand sdh dua x collaps di indo ...... pertama jaman loebis bersaudara (pt national motors & co yg mrp sister company pt java motors) dan kedua jaman indomobil (saat pt national motors jadi subsidiary of). saat itu mrk masih punya ckd fabriek (pulogadung ..... jadi satu dgn ckd hino n landrover)

siapa bisa jamin yg skrg tdk akan lari lagi? apalagi mrk cuma modal warung . jamin pake omongan itu bukan jaminan. jamin pake real direct investment itu lbh masuk akal

pertanyaan sy cuma satu u yg mau beli ....apakah masih mau beli kalo tiba tiba 'fort situation'? di negara se miskin indo ..... divestment announcement itu datang dadakan (anggap sj bgitu)
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Mazda 2 GT Untuk Jangka Panjang?

Post by jivos »

bs di pertimbangkan yg disbt om NR tuh.
"Janji omongan sj tdk cukup, yg punya real direct investment lbh make sense"

At least mrk ada commit utk fight n stay lama di indo market (means good di sisi customer) klo pun akhirnya kabor ngga bs buru2 model tutup warung spt forth, jd bisa siap2 tendang jual mblnya.

In actual real disini kerasa khok mudah/tdknya akses kita thd parts atopun pelayanan after salesnya dr k2 jenis APM diatas.
Utamanya utk parts slow movingnya lama, itupun akan di bandrol dg price tag tinggi. Mosok tiap breakdown (slow moving) kd ngantri beli di SG/onlen store luar.
Forth, VAG, Subbs, Mzd......bandingkan dg apm yg punya fabriek disini.

Ngga srek dg mainstream prod mrk, tiggal pilih yg limited/spc edition prod mrk ato cb yurop car
budget 250 jt: Suip sprt, Mark X, W204, e90.
swift mt msh ada chance bs dpt brand new.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
watanabe
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Tue Nov 18, 2003 9:37

Re: Mazda 2 GT Untuk Jangka Panjang?

Post by watanabe »

vipere wrote:Kalau saya sih lebih prefer yang R. Karena baca2 pengguna mazda2 di forum sebelah, yang fitur rem otomatis nya itu (lupa namanya) malah suka ngerem mendadak gak jelas, bisa2 ditabrak motor dari belakang. Jadinya gak gitu kepake juga fitur2 yg di GT, karena kalo udah gitu ngeri juga aktifinnya.
SCBS namanya. Aktif di kecepatan rendah dan bukan berarti mobil berhenti total ya. Selama 2 bulanan pakai saya uda beberapa kali nyal dan karena motor rata2. Tapi please note bukan artinya kita bawadi jalanan ramai terus motor motong langsung aktif ya. Selama ini aktif nya pas di lampu merah mau berhenti. Mobil uda pelan (ga injek gas) dan motor motong. Pernah juga karena gua terlalu deket sama mobil depan. Gua sih uda biasa. Haha...

GT dan R. Hmm... susah ngmng juga. Mungkin bagi sebagian orang fitur2 bsm, hud, dll ga penting. Buat gua hiburan aja. Sampai sekarang belum bosan. HUD nya ckp ngebantu buat lirik berapa kecepatan sekarang sama navigasi mazda (saya matiin suaranya, jd cm liat penunjuk di HUD).

Paddle shift nya berguna buat gua. Di jalan ramai lancar dan perlu down shift benar2 membantu, terutama downshift ke gigi 3.

Transmisi skyactiv nya menurut gua ga pinter2 amat (baca: kurang sesuai ke karakter driving saya kadang kala). Kalau crusing santai sih pas ya. Gigi diset paling tinggi dan rpm mesin rendah. Tapi sat kickdown perlu sedikit waktu. Enaknya langsung downshift. Oh ya, ga perlu di set ke mode M untuk pakai paddleshift. Di mode D pun bisa downshift, tapi nanti balik lagi mobil yg takeover perpindahan gigi nya.

Oh ya mobil juga saya pakai perang sehari2 di Jakarta. Bensin cukup irit juga di kelas nya.
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Mazda 2 GT Untuk Jangka Panjang?

Post by solar_kerosen »

kalau mazda gak bisa jangka panjang gan , secara komponennya saja masih ORI belum banyak yg kw , mau umur panjang harus spare part murah dan gampang kaya vios Taxi /yaris atau swift/baleno taxi dijamin awet......................
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
KielConstantine
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3036
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Mazda 2 GT Untuk Jangka Panjang?

Post by KielConstantine »

jivos wrote: Ngga srek dg mainstream prod mrk, tiggal pilih yg limited/spc edition prod mrk ato cb yurop car
budget 250 jt: Suip sprt, Mark X, W204, e90.
Setuju 100%. Emang ini yg ada di benak ane hahaha..
Pilih brand yang kuat aftersalesnya (Toyota/Honda for Japanese), tp produknya jgn yg mainstream.





Btw TS,
adty wrote: Kalau pilihan second sih saya mengerucut ke Altis 2.0 sebelum gen yang sekarang.
Wise choice indeed. :frm_tumbright:



Atau sekalian Camry 3.5Q yg mesin V6.... :ngacir:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: Mazda 2 GT Untuk Jangka Panjang?

Post by grandis_GT »

Tadi mlam liat di olx ada camry 3.5Q 2006 pemakaian 2007 cuma 130 juta , tapi pajak telat setahun ,
Kok murah bnget ya , jangan" ada penyakit :glodak:
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Mazda 2 GT Untuk Jangka Panjang?

Post by solar_kerosen »

grandis_GT wrote:Tadi mlam liat di olx ada camry 3.5Q 2006 pemakaian 2007 cuma 130 juta , tapi pajak telat setahun ,
Kok murah bnget ya , jangan" ada penyakit :glodak:
kl ragu mending jangan secara tambah 20 juta , udah dapat calya
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Mazda 2 GT Untuk Jangka Panjang?

Post by jivos »

*ngemeng" camry 3.5q, jd k'inget waktu ada yg nawarin lexus f sport rc350. Engine v6 mbl sport seharga ember itu sm dg 3.5q camry 130jt itu om, wkwkwkwk
Image

*sdkt cth, feels comfort dg payung back up princple apm yg jelas dg prod non mainstream.
Image
Bumper SS bolong nyenggol mtr, formula color code yellow champion ini ada di beres suzuki jaktim, efek belang bs diminimalisasi, dah antisipasi ternyata mrk dg yg begini, pdh bkn prod mainstream mrk


Sent from my iPhone using Tapatalk
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
arissety
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 215
Joined: Mon Jun 17, 2013 8:30

Re: Mazda 2 GT Untuk Jangka Panjang?

Post by arissety »

jivos wrote:*ngemeng" camry 3.5q, jd k'inget waktu ada yg nawarin lexus f sport rc350. Engine v6 mbl sport seharga ember itu sm dg 3.5q camry 130jt itu om, wkwkwkwk
Image

*sdkt cth, feels comfort dg payung back up princple apm yg jelas dg prod non mainstream.
Image
Bumper SS bolong nyenggol mtr, formula color code yellow champion ini ada di beres suzuki jaktim, efek belang bs diminimalisasi, dah antisipasi ternyata mrk dg yg begini, pdh bkn prod mainstream mrk

Sent from my iPhone using Tapatalk
Swis sport ane cek dah ga ada di webnya sijuki.
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Mazda 2 GT Untuk Jangka Panjang?

Post by jivos »

Cb tlp/tanya lgsg ke dealernya om, buat tau info trakhir/apdate ni ss, tmsk sisa stocknya yg ada.

Di web dah ngga listing lg bs jd krn berat bin susah kali mrk jualnya, dah ngga msk prioritas prod di katalognya.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
lawyerone
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 482
Joined: Sat Apr 18, 2015 2:06

Re: Mazda 2 GT Untuk Jangka Panjang?

Post by lawyerone »

Sebenernya sih untuk masalah yang paling sering nongol cuman di steering rack sih. Unit 2015 kemaren jg ada beberapa yang kena. Cuman kayaknya selebihnya ga terlalu, cuman yah masalah "hoki" pada umumnya ajah. Kalo nongol pas garansi yah untung, kalo ngga yah syukur.


Engine Mounting banyak yang fail dalam 4-5 tahun kalo ga salah, which is udah diluar masa garansi. Berhubung ini Mazda, aftermarketnya jarang, yang jual jarang, jadi harganya agak mahal buat sparepart. Kalo berani keluar duit di umur umur 5 tahun sih gapapa.

Ini aja punya saya kaki belakang udah fail, untung masih garansi. Bisa claim. Gimmicknya sih gapapa yah untuk M2, toh ga akan ngefek kemana2 juga. Cuman yah memang biasa AC di 18 derajat, i-Stop mati jadinya.
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1173
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Mazda 2 GT Untuk Jangka Panjang?

Post by iamwewe »

newrubble wrote:historically ....... ini brand sdh dua x collaps di indo ...... pertama jaman loebis bersaudara (pt national motors & co yg mrp sister company pt java motors) dan kedua jaman indomobil (saat pt national motors jadi subsidiary of). saat itu mrk masih punya ckd fabriek (pulogadung ..... jadi satu dgn ckd hino n landrover)

siapa bisa jamin yg skrg tdk akan lari lagi? apalagi mrk cuma modal warung . jamin pake omongan itu bukan jaminan. jamin pake real direct investment itu lbh masuk akal

pertanyaan sy cuma satu u yg mau beli ....apakah masih mau beli kalo tiba tiba 'fort situation'? di negara se miskin indo ..... divestment announcement itu datang dadakan (anggap sj bgitu)
Ceng li dan wajar bgt nih. Ini salah satu faktor yg buat bawa m2 lawas saya gk enak krn was2 trs. Terlebih setelah case ford yg kabur di nowadays gini, bnr2 jd kpikiran. Makanya utk long term usage boleh dipikirin lagi.
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7655
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mazda 2 GT Untuk Jangka Panjang?

Post by newrubble »

di high risk countries manapun .... intinya cuma satu ..... biar bgmn pun ......

lbh enak pegang wang (atau ..... apapun yg cepet dilipet jadi wang) drpd pegang barang

ibarat kaki di iket ..... mau terbang jadi susah. kasar nya bgitu
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 932
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: Mazda 2 GT Untuk Jangka Panjang?

Post by adty »

Halo semua maaf baru bales satu persatu :big_smile]
Shonen wrote:tipe agak bingung hrs hatchback sedan apa suv atau small suv..klo imo piara mbl di atas 5 taun si hrs baru ya..ya minimal mobkas setaon dua taon de..tp klo hobi ngebengkel si laen klo saya si ngga...pilihan rentang segini cuman ada hrv,njezz,lele,sama sienta sama s cross yg terbaru..klo bandingin sama interior mazda 2 si ya rada jauh si...tp klo practical pesaingnya mostly menang jauh..krn space m2 mnrt saya buat prnumpang blakang sama bagasi rada kurang...tp ya klo drivinv enthusiast ya uda tepat pilihannya...vote hrv de meski cvt tp practical cukup oke...s cross jg keliatannya oke dash yg ada soft touch dan bukan material yg murahan yg dipake suzuki...denger2 ada power tailgate jg di mblnya...klo bandingin tenaga mayoritas sama2 aj cenggo cc di atas 120 ud teriak semua mesinnya mau merk apa jg..

Thanks inputnya om. Iya om, awalnya ga terlalu tertarik sama M2 karena practicalitynya, even Swift saya yang sempit aja masih better. Cuma sekalinya TD langsung berminat gara2 tenaganya enak, efek dari torsi di putaran rendah kali ya. Sejujurnya sih saya pengen yang agak tinggian, ya pilihannya seperti pilihan yang om sebut itu, cuma kok belum ada yg sreg ya. Ujung2nya bakal pertahanin Swift lagi nih
egibaio wrote:Saya rasa oke oke aja. Paling asupan bensinnya harus yg terbaik karena kompresinya tinggi + direct injection. Selebihnya ini mobil konstruksinya mirip b-segment lainnya.

Paling i-stop matiin aja kalau ga butuh2 amat. Awet accu.

Go for it om. Ini mobil b-segment hatch 200 jutaan yang paling waras build qualitynya. Kemarin coba masuk i20 baru jelek, s cross ga enak juga powertrainnya, jazz yaris ya tau sendiri lah (saya punya jazz GK5 di rumah FYI)
Thanks om. Kemaren sih kata salesnya M2 ini masih bisa pakai pertalite. Saya lihat i20 dari luar aja udah ga selera om :big_biglaugh: . Kalau s cross, karena saya punya Swift lama yg notabene sama2 M15A, kayaknya ngga juga deh. Jazz sama Yaris bosen om :big_bored:
kendibocor wrote:IMO agak susah ngmng om awet nggaknya. Secara ni mobil umurnya baru 2-3 thn ya kalo ga salah.
Logikanya makin banyak gimmick makin banyak hal2 yg bakal harus diperbaiki. Tp kalo puas pas TD beli aja om. Drpd nanti beli yg laen trus selama 10 thn pas liat M2 kepikiran trus. Ane aja naksir ama M2, sayang uda bukan umurnya lg pake hatchback :ungg:
Nah iya om, karena saya mostly pakai mobil diatas 5 tahun, kecuali Livina yg cuma 2 tahun :mky_03: . Apalagi Swift saya sudah hampir 10 tahun dan masih berasa solid aja gitu. Jujur yang kepikiran saya buat ambil M2 itu ya untuk long termnya itu....
adityawei wrote:sama nih impresi TD nya sama ue..
M2 handling enak, power enak, ngirit pula ( pake pertamax sih, tp no problem ) dalkot pas ue TD after reset aja dapet 1:15an padahal gas ajrut2an gara2 ke enakan sama powernya :mky_02:

buat pemakaian lama "asal gak ngawur" kayanya sih oke aja om.. paling kalo mazda slow moving partsnya yg agak susah, mgkn jg harus sering2 cek ttg mesin daripada dipalakin kaya om nyotnyet kalo ga salah, kemarin ada post nota jasa 6 bulanan M2 jg..

kalau di temen ue yg beli M2 Skyactiv jg, tapi tipe R kalo ga salah ( ga ada HUD nya ), dia bilang enak2 aja sih, ga ada yg aneh sama mobil ini kecuali sempitnya..
Saya rencana juga kalau ngambil sepertinya yg tipe R om, tipe GT overrated dan takutnya malah lebih bermasalah. Nah iya saya suka powernya mobil ini :cupss:
marzoochi wrote:Penggunaan jangka panjang, coba lirik VW Polo 1.2 TSI oom, tenaga dan transmisi oke. Build quality oke, meskipun bahan dasbor ga ada soft touch nya. Harga masih di 259jt
Wah saya belum berani ambil Eropa om, apalagi VW dealernya juga masih terbatas hehe
django wrote:vote for altis 2.0 second om, kebetulan sodara ane pake, pernah bawa juga sekali2..
pros :
- interior lega dan nyaman ambient nya dapet
- power 2.0 enak buat jogging di tol
- build quality jauh lbh baik dibanding altis gen skrg
- model nya cakep IMO
- fitur melimpah (paddleshift, cruise control dll)
cons :
- velg cupu cuman 16
- CVT
- CVT
- Peresan tebu
Cmiiw, bukan sales atoyot
Iya om, saya juga sebenernya berat ke Altis 2.0 V second ini sih, modelnya cakep euy, ga aneh2 dan kelihatan bakal awet. Selain itu ada jaminan juga dengan nama besar Toyota, yang bikin lebih merasa secure setidaknya :mky_02:

Nah CVTnya apakah lemot bgt om? Kalau CVT sih saya sudah biasa pakai X-Trail dan Serena CVT yang nggemesin karakternya, cuma enak unutk cruising. Jadi ga terlalu masalah CVT untuk saya. Malah kadang lebih gregetan matic torque converter 4 speed yang kudu di raungin dulu gasnya
geofreyap wrote:Sepertinya preference oe sama kaya om ts, mobil dipake benar2 untuk dipake dan dirawat dalam jangka waktu yg panjang..

Saran oe sih fiesta ecoboost aja..
Oe yakin pasti ford di indo ga akan mati lah. Just in case RMA group gagal, nanti pasti ada yg gantiin pegang..
Lagian di kemayoran masih banyak part2nya..

Soal konfigurasi engine, oe rasa dia masih one step ahead dari japanese competitorsnya.. 5 thn kedepan oe rasa belom ada yg ikutin trend downsized forced induction dikelasnya (japanese ya). Built quality? Kalo oe liat slightly better than m2. Tapi ya tipis sekali bedanya.
Ride quality? Fiesta won..

M2 bagus. The best upon japanese mini hatch. Better build. Well equiped. Excellent on details.
Soal long term use, so far blm ada keluhan yg berarti kayaknya. Paling di accu aja yg agak boros.
Hanya saja buat om ts yg oe anggap sudah mahir nyetir, better ambil yg R aja.

Memang sih fitur yg ada di GT itulah yg membuat m2 kelihatan ada di level yg berbeda sama teman sekelasnya.
Tapi buat oe sih ga terlalu berarti ya.

Head up display saat oe pake malah ga keliatan sama sekali pantulannya dan malah jadi mengganggu. Entah krn posisi duduk salah atau gmn ga tau. Oe suka posisi tenggelam. Postur 174cm/77kg.

i-activesenses ga berguna. Karena oe cukup waspada saat nyupir.
i-stop ? Kasar sih kalo menurut oe.

Paddlepop? Oe tidak suka matic. Jadi kehadiran paddlepop tidak berarti.
Kalo pun oe mau berimajinasi nyetir MT, lebih enak tangan ke shifter mainin triptonicnya, bukan lewat paddlepop.

Sport mode juga selalu oe nyalain, soalnya tingkah laku transmisi lebih mendekati logika oe saat nyetir MT.
Kalo normal mode malah berasa aneh dan bodoh buat oe.

Tapi setup kaki2 emang enak dan tidak glodakan.

Tapi ya the choice is yours..
Hanya input aja.







Kalo ada budget lebih, sudah pasti SSS.
:D
Fiesta kayaknya engga dulu om, apalagi ecoboost saya belum berani resikonya. Nah saya juga ngga terlalu suka sama impresi mesin Fiesta, belum pernah nyoba yang facelift sih. Dulu nyoba yang tipe Trend 1.4 MT, karakternya manualnya aneh dan boros bahan bakar juga. Entah bagaimana matiknya. Iya om, saya juga sepertinya condong ke tipe R aja, tipe GT terlalu kompleks dan takutnya malah mengganggu di jalanan Indonesia yang kondisinya ya you know lah :big_slap:
sintoni wrote:Sikat aja om.

Paling ya harus bensin agak bagus aja terus emang peraeatan agak mahal.

Kalo misal takut beli mobil dengan teknologi tinggi ya akhirnya kita beli mobil yang itu2 aja om. Hehe.
Nanti takutnya nyesel kayak ane. Hehe.


Sikaaaattt.
Hahaha siapp om, lagi dipertimbangkan matang2 nih om :big_okay:
fetherlite wrote:Helo om adtya

Sy juga baru spk m2 R a/t, menurut sy yg GT kurang perlu, kalau ga salah hanya beda di isense ya, dan harganya cukup beda lumanya sama tipe R.

Tapi saya rasa gimmick itu cukup lasting buat jangka panjang krn bukan gimmick paksaan, seperti air bag, stability control itu juga bisa di bilang gimmick tapi it last. Beda kalau gimmik yg seperti di chevrolet trax, ada hill decent control, tapi ga punya awd , kalau ga bisa naik gunung ngapain ada fitur turun gunung :weekk:

Saya milih mobil ini buat pakai di kota yg sering stop and go dan macet jadi mau cari yg irit. Model cukup ok, memang di kursi belakang paling lega yg jazz, kedua yaris, polo paling sempit. Oh ya meskipun di luaran banyak yg bisa pasang kamera mundur, di m2 tipe R sudah standar dan di kelas yg harganya mirip tipe R belum ada yg punya. Ini sangat ngebantu krn salah satu strong point yg istri saya mau.

Sy ada test drive polo juga, untuk tenaga tarik awal memang kalah m2, polo cukup fun buat akselerasi untuk di kelas nya, dan setirnya cukup enak di pegang, tapi thats it, yg lain nya agak kurang semua di banding m2, sitting position enak m2. Maaf bukan bilang polo kurang, ini hanya prefrence pribadi no offense.

Oh ya m2 ga ada tempat taruh hp. Hehe.

Om di kasih diskon brp di giias?
Thanks sarannya om, saya juga pada akhirnya cenderung ke tipe R om apabila jadi ambil M2 ini. Diskon awal 20 juta om, tp bisa lebih kalau sudah pengajuan dengan DP 5 juta dulu. Saya sudah bilang di forum (forum ini maksudnya :mky_03: ) ada yang berani diskon awal 30 juta, tp ttp aja ga dikasih sampai segitu kecuali kita pengajuan dulu :big_slap:
armann wrote:Suzuki swift sport aja om mending, udh "kenal" lama kan dgn swift, cari yg seken bntr aja (kalo dapet) pasti harganya jatoh banyak ketimbang beli yg baru yg harganya di 330jtan, fitur juga gk kalah sm jazz, lebih bahkan, with fun to drive yg lebih
Iya om saya juga tertarik dengan SSS, cuma kadang bosen juga sih sama Swift :big_biglaugh:
glendotan wrote:tempo hari liat di situs jual beli ada yg jual Swift sport kuning CVT 240jt km 9000.... :mky_03: :mky_03:
:big_chicken: :big_chicken:
luginar wrote:Mending honda jazz kemana mana om. Di Indonesia dan luar negri sendiri sudah terbukti reliable, safety bagus, bertenaga hemat, mewah, handling bagus nyaman. Makanya dimana mana jazz/fit selalu jd mobil yg laris
Halo om luginar yang fenomenal :cupss:
Penikmat roti tawar beroda
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 724
Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
Daily Vehicle: Ga Kencang Tapi Menggetarkan

Re: Mazda 2 GT Untuk Jangka Panjang?

Post by carlzeiss »

Kayanya kalo untuk di pake kurleb 10 tahun, saya sih tidak menyarankan merk jejepangan CKD ya, kalo CBU boleh lah . Build quality ckd mah parah .
M2 Skyactive untuk maks 5 tahun menurut saya oke, tapi kalo untuk 10 tahun tidak . Slow moving partnya kalo udh menginjak tahun ke 4 pasti aja ada yang harus ganti dan agak susah merk si M ini dalam ketersediaannya . Untuk 10 tahun saya menyarankan Mobil brand new , swift sport , vw polo, brand new bmw 320i :mky_02:
- yang kenceng kalah sama yang wet look
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 932
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: Mazda 2 GT Untuk Jangka Panjang?

Post by adty »

Chevyman wrote:om jonfis harus sangat bersyukur punya sales luginar....kamikaze spirit...
:big_biglaugh: :big_biglaugh:
orchard wrote:mau beda , ambil m2 , swift sport kuning
mau aman (rv,dll) dan praktis , ambil jess, yaris lele

atau coba om rajin baca forum2 group m2, liat plus minus nya disana.. byk yg share harusnya
Siapp om :frm_salut:
sandal wrote:Hallo lugintod, sudah lama ga nyepam yah? :mky_03:

Btt
Untuk TS, kalo di lubuk hati yang paling dalam udah ngebet pingin Mazda 2 GT, mending beli aja :mky_03:
Atau coba TeDe VW Polo atau S Cross :mky_01:
Polo belum berani ambil Eropa om, kalau S Cross belum menemukan sesuatu yg beda di mobil ini, just ordinary, boring :big_bored:
KodokPushUp wrote:Entah buat jangka panjang gimana, punya ane lagi 10k km, jalan 1,5 tahun
Terakhir berkunjung ke beres, ganti oli dan minyak rem, kena 700k. (Ongkos part aja, service digratisin). Kwitansi kalau nemu ane fotoin.
Pernah klakson mati gara2 nerobos banjir, juga cuma beli part aja, service free. (part ga mesti ori mazda, bawa sendiri jg bisa)

Ane si lebih ngirit pelihara cx5 daripada livina utk jangka waktu yg sama (sama2 4 tahun). (biaya service+part+pertamax)
Wahaha Livina...saya juga lebih irit miara Serena daripada jeng Livina ini. Makanya saya jual cepet2 :big_biglaugh:
haho wrote:Go for it, salah satu b segment yg saya TD paling berkesan dan pingin punya. Test polo juga berkesan cuma interiornya bikin hati menjerit. B segment lain ya gitulah, apa adanya hahahaha

Untuk 5 tahun masih okelah, sebanding dengan kepuasan. Daripada ntar nyesel ambil yg reliable tapi kok jiwa terasa hampa

Minusnya cuma agak sempit dan trmpat naruh barang agak dikit.

Btw saya pengguna yaris dan merasa jiwa hampa [emoji12]


Sent from my iPhone using Tapatalk
Jiwa hampa :mky_07:

Sorry to say juga om, Yaris lele ini malah berasa downgrade dari Yaris bakpau, everything feel worse, kecuali exteriornya (padahal sy juga ga suka exteriornya) :big_slap:
iamwewe wrote:Halo om adty.. sharing sdkt ya sy pakai m2 2010 at dgn km sudah 120rb sumthin. Terbukti gk ada masakah apa2 sih no rattle dan shifting tranny msh halus. Top speed awal 160, skr 140 aja wkwkwkw. Perawatan yg sy kerjain cuma ganti kampas rem dpndi 70k km, flush oli matic 80rb km di snd pluit dan ganti oli mesin buy 3liter get free 1liter shell helix or castrol magnatec tiap 10k km. Oh ya udh ganti tie rod kanan dpn 800rb di wtc mangdu.

Semakin kesini saya cuma semakin takut sih part slow moving sy kalo kenapa2 nggak ready. Yah walopun selama ini part yg sering saya clqim assuransi cuma spion assy. Knp spion assy karena suka ketabrak motor ygjalan berlawanan arah sama saya. Ini nunggu 2minggu entah karna prosedur ato karena pesen cari spionnya susah. Harga jual dibanding dgn market leader th sama cukup menyedihkan. Kalo gak salah pasaran unit saya 100jt compared to market leader th sama 140-160jt. Ya memang sih beli baru nya dulu disc 40jt vs market leader dulu cuma 10jt.

Goodluck om dlm mutusinnya.
M2 before skyactiv mungkin masih lebih kuat karena kandungan teknologinya masih konvensional. Beda sama yg skyactiv om, itu juga yg bikin saya agak takut untuk meminangnya. Btw thanks for sharing om :big_smile]
KielConstantine wrote:Wkwkwk.. Lugintod is coming back....



Btw,
haho wrote:Go for it, salah satu b segment yg saya TD paling berkesan dan pingin punya.
Daripada ntar nyesel ambil yg reliable tapi kok jiwa terasa hampa

Btw saya pengguna yaris dan merasa jiwa hampa [emoji12]
Ini emang jadi dilema dari dulu di dunia otomotif...
Mau kendaraan yang enak, fun to drive, dengan segala kelengkapan ok. Terkendala di Aftersales & Reliability.
Sementara yg Aftersales & Reliability bagus.. Ngasih produk dgn kualitas seenak jidat.

Image
Iya om, selalu jadi dilema ya ini :big_bored:
Penikmat roti tawar beroda
arissety
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 215
Joined: Mon Jun 17, 2013 8:30

Re: Mazda 2 GT Untuk Jangka Panjang?

Post by arissety »

adty wrote:...
Kemaren sih kata salesnya M2 ini masih bisa pakai pertalite ...
Penasaran kenapa di negara kita diharuskan minim harus pertalite.
Padahal, baca2 di forum luar, banyak yg pakai ron 87/88.
Dan lihat presentasi benchmark resmi dari mazda, benchmark skyactiv-g ini dilakukan dgn ron 87/88 juga.
Jadi mmg spesifikasi mesinnya bisa ron 87/88.
ammophobia
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Mon Jul 31, 2006 10:32

Re: Mazda 2 GT Untuk Jangka Panjang?

Post by ammophobia »

arissety wrote:
adty wrote:...
Kemaren sih kata salesnya M2 ini masih bisa pakai pertalite ...
Penasaran kenapa di negara kita diharuskan minim harus pertalite.
Padahal, baca2 di forum luar, banyak yg pakai ron 87/88.
Dan lihat presentasi benchmark resmi dari mazda, benchmark skyactiv-g ini dilakukan dgn ron 87/88 juga.
Jadi mmg spesifikasi mesinnya bisa ron 87/88.
Nope, itu adalah miskonsepsi akibat perbedaan satuan yang digunakan. Jadi yang disebut Octane Rating, ada 2 satuan yaitu RON (Research Octane Number) dan AKI (Anti-Knock Index). Konversinya kira2 sbb:
92 RON = 87-88 AKI
95 RON = 90-91 AKI
98 RON = 93-94 AKI

Yang membuat ambigu adalah, banyak informasi yang menyebutkan kedua satuan tersebut dengan istilah yang sama yaitu "Octane Rating" atau "Angka Oktan". Negara-negara yang menggunakan satuan AKI diantaranya adalah USA, Canada, dan Brazil. Sedangkan negara-negara Eropa, Australia, dan Indonesia menggunakan satuan RON.

Setahu saya, diluar Indonesia, sudah tidak ada yang memproduksi bensin dengan RON dibawah 92. Jadi, di USA dan Eropa, yang disebut dengan "Regular Gasoline" adalah RON 92, dimana orang Eropa menyebutnya "Octane 92 Gasoline", sedangkan orang USA menyebutnya "Octane 87 Gasoline", padahal keduanya merefer pada jenis bensin yang sama yaitu RON 92.

Karena itu, apabila di forum luar serta benchmark resmi Mazda menyatakan bahwa Skyactiv engine dites dengan Octane 87-88, maka yang dimaksud adalah bahan bakar RON 92. Mesin dengan kompresi setinggi Skyactiv, secara logika akan sangat underperform dan berefek ke keawetan jangka panjang, apabila sampai diisi dengan bahan bakar RON 88 (yang bahkan di tabel konversi diatas sudah tidak ada berapa AKI nya).

TL;DR : Negara kita diharuskan minim pertalite itu sudah underspec, seharusnya minimum Pertamax (RON 92) karena diluar negeri tidak ada bensin dibawah RON 92. Jika disebutkan testing menggunakan Octane 87-88 diluar negeri, itu hanya karena salah konversi saja, karena yang dimaksud adalah 87-88 AKI alias RON 92.

CMIIW.
keong
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 538
Joined: Sun May 03, 2015 0:48

Re: Mazda 2 GT Untuk Jangka Panjang?

Post by keong »

Go for altisnya aja deh om, puas pasti pake jangka panjangnya, gak kepikiran yang macam-macam, bentuknya juga timeless
arissety
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 215
Joined: Mon Jun 17, 2013 8:30

Re: Mazda 2 GT Untuk Jangka Panjang?

Post by arissety »

ammophobia wrote:
arissety wrote:
adty wrote:...
Kemaren sih kata salesnya M2 ini masih bisa pakai pertalite ...
Penasaran kenapa di negara kita diharuskan minim harus pertalite.
Padahal, baca2 di forum luar, banyak yg pakai ron 87/88.
Dan lihat presentasi benchmark resmi dari mazda, benchmark skyactiv-g ini dilakukan dgn ron 87/88 juga.
Jadi mmg spesifikasi mesinnya bisa ron 87/88.
Nope, itu adalah miskonsepsi akibat perbedaan satuan yang digunakan. Jadi yang disebut Octane Rating, ada 2 satuan yaitu RON (Research Octane Number) dan AKI (Anti-Knock Index). Konversinya kira2 sbb:
92 RON = 87-88 AKI
95 RON = 90-91 AKI
98 RON = 93-94 AKI

Yang membuat ambigu adalah, banyak informasi yang menyebutkan kedua satuan tersebut dengan istilah yang sama yaitu "Octane Rating" atau "Angka Oktan". Negara-negara yang menggunakan satuan AKI diantaranya adalah USA, Canada, dan Brazil. Sedangkan negara-negara Eropa, Australia, dan Indonesia menggunakan satuan RON.

Setahu saya, diluar Indonesia, sudah tidak ada yang memproduksi bensin dengan RON dibawah 92. Jadi, di USA dan Eropa, yang disebut dengan "Regular Gasoline" adalah RON 92, dimana orang Eropa menyebutnya "Octane 92 Gasoline", sedangkan orang USA menyebutnya "Octane 87 Gasoline", padahal keduanya merefer pada jenis bensin yang sama yaitu RON 92.

Karena itu, apabila di forum luar serta benchmark resmi Mazda menyatakan bahwa Skyactiv engine dites dengan Octane 87-88, maka yang dimaksud adalah bahan bakar RON 92. Mesin dengan kompresi setinggi Skyactiv, secara logika akan sangat underperform dan berefek ke keawetan jangka panjang, apabila sampai diisi dengan bahan bakar RON 88 (yang bahkan di tabel konversi diatas sudah tidak ada berapa AKI nya).

TL;DR : Negara kita diharuskan minim pertalite itu sudah underspec, seharusnya minimum Pertamax (RON 92) karena diluar negeri tidak ada bensin dibawah RON 92. Jika disebutkan testing menggunakan Octane 87-88 diluar negeri, itu hanya karena salah konversi saja, karena yang dimaksud adalah 87-88 AKI alias RON 92.

CMIIW.
Woo, gitu ya. Kirain sama aja sama luar. :mky_01:
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1612
Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05

Re: Mazda 2 GT Untuk Jangka Panjang?

Post by geofreyap »

adty wrote:Halo semua maaf baru bales satu persatu :big_smile]

Fiesta kayaknya engga dulu om, apalagi ecoboost saya belum berani resikonya. Nah saya juga ngga terlalu suka sama impresi mesin Fiesta, belum pernah nyoba yang facelift sih. Dulu nyoba yang tipe Trend 1.4 MT, karakternya manualnya aneh dan boros bahan bakar juga. Entah bagaimana matiknya. Iya om, saya juga sepertinya condong ke tipe R aja, tipe GT terlalu kompleks dan takutnya malah mengganggu di jalanan Indonesia yang kondisinya ya you know lah
Call me then :D
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id