Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7419
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif
dagang di indo itu dagang di utan ...... entry fee bayar mahal n multi layer
namanya utan pasti ga ada aturan
ada yg rajin bikin anak tapi bgitu lahir ga pernah di sekolahin
ada yg jualan dgn posisi siap kabur kapanpun dgn record pernah dua x ganti majikan n sy yg awam sampai skrg ga pernah tau bgmn langit activ itu
ada yg masak husus u para penghuni utan n jadi paling laris mrk berdua .... hrsnya CEO mrk dpt posisi resmi 'raja utan' (state minister) spt siapapun sultan jocja pasti jadi gubernur ..... sebodoh / sepintar apapun
ada juga yg cuma lempar umpan kecil kecil asal exist
tenancy di utan cukup byk (mrk ahli bikin anak)
n bgt byk yg selalu ngaku 'skrg sdh pintar' ....'skrg udah kaya' ada satu / dua (sy susah bedakan mana monyet mana siamang krn monyet tampak muka n siamang tampak anus (2 2 nya triak 'kaya' sambil tunjuk jam karet yg dia pake' ...... 'skrg udah lulusan sono'
satu pertanyaan sy (tdk usah di jwp): ....knapa masih tinggal di utan? kalo udah gini udah gitu
namanya utan pasti ga ada aturan
ada yg rajin bikin anak tapi bgitu lahir ga pernah di sekolahin
ada yg jualan dgn posisi siap kabur kapanpun dgn record pernah dua x ganti majikan n sy yg awam sampai skrg ga pernah tau bgmn langit activ itu
ada yg masak husus u para penghuni utan n jadi paling laris mrk berdua .... hrsnya CEO mrk dpt posisi resmi 'raja utan' (state minister) spt siapapun sultan jocja pasti jadi gubernur ..... sebodoh / sepintar apapun
ada juga yg cuma lempar umpan kecil kecil asal exist
tenancy di utan cukup byk (mrk ahli bikin anak)
n bgt byk yg selalu ngaku 'skrg sdh pintar' ....'skrg udah kaya' ada satu / dua (sy susah bedakan mana monyet mana siamang krn monyet tampak muka n siamang tampak anus (2 2 nya triak 'kaya' sambil tunjuk jam karet yg dia pake' ...... 'skrg udah lulusan sono'
satu pertanyaan sy (tdk usah di jwp): ....knapa masih tinggal di utan? kalo udah gini udah gitu
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1083
- Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51
Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif
Saya jawap ah.. kan saya tinggal di utan.. yang ga ngerti aturan
Karena hasil utan banyak yang demen.. plus orang utan ramah2..buktinya kayak om aja seneng bergaul sama orang2 utan
*kabur
Karena hasil utan banyak yang demen.. plus orang utan ramah2..buktinya kayak om aja seneng bergaul sama orang2 utan
*kabur
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif
masda cx3 kenapa ga segera dikeluarin, padahal di segmen ini lagi gurih2nya di pasar indo. jangan2 siap mau kabur juga?
Last edited by daftar on Wed Aug 24, 2016 2:28, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7419
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif
ha ha ha ya sy punya ecofriendliness level n itu sy akui
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1261
- Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00
Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif
??? ??newrubble wrote:dagang di indo itu dagang di utan ...... entry fee bayar mahal n multi layer
namanya utan pasti ga ada aturan
ada yg rajin bikin anak tapi bgitu lahir ga pernah di sekolahin
Mazda ?newrubble wrote: ada yg jualan dgn posisi siap kabur kapanpun dgn record pernah dua x ganti majikan n sy yg awam sampai skrg ga pernah tau bgmn langit activ itu
wkwkwkwkw... TAM/Daihatsu ???newrubble wrote: ada yg masak husus u para penghuni utan n jadi paling laris mrk berdua .... hrsnya CEO mrk dpt posisi resmi 'raja utan' (state minister) spt siapapun sultan jocja pasti jadi gubernur ..... sebodoh / sepintar apapun
Suzuki ??newrubble wrote: ada juga yg cuma lempar umpan kecil kecil asal exist
newrubble wrote: tenancy di utan cukup byk (mrk ahli bikin anak)
n bgt byk yg selalu ngaku 'skrg sdh pintar' ....'skrg udah kaya' ada satu / dua (sy susah bedakan mana monyet mana siamang krn monyet tampak muka n siamang tampak anus (2 2 nya triak 'kaya' sambil tunjuk jam karet yg dia pake' ...... 'skrg udah lulusan sono'
satu pertanyaan sy (tdk usah di jwp): ....knapa masih tinggal di utan? kalo udah gini udah gitu
Lagi nginjek rem..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44
Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif
nissan : GL lambat facelift, evalia ngapain dimasukin
datsun : terlalu pelit diskon, giliran kluar duo astra lgs facelift pelipatan jok dan tambah pernak pernik
suzuki : smua blunder selain ertiga dan carry
renault : setengah hati msuknya dealer kok pada tutup
eh kok semua indomobil ya? wkwkkwkwkwk
datsun : terlalu pelit diskon, giliran kluar duo astra lgs facelift pelipatan jok dan tambah pernak pernik
suzuki : smua blunder selain ertiga dan carry
renault : setengah hati msuknya dealer kok pada tutup
eh kok semua indomobil ya? wkwkkwkwkwk
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 80
- Joined: Sat Jun 04, 2016 8:56
- Location: Depok - Jakarta - Bogor
- Daily Vehicle: Vario 125 esp
Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif
Indomibul is da best!
K3-DE G M/T 2005
HR15DE SV M/T 2013
HR15DE SV M/T 2013
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1083
- Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51
Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif
Indomobil mah emang blunder banget. Khususnya 1-2 taun ini
Dah tau pada maen small cuv, ehh dia ga segera keluarin Vitara (yg bukan brezza) sama qashqai
Dah tau pada maen small cuv, ehh dia ga segera keluarin Vitara (yg bukan brezza) sama qashqai
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 130
- Joined: Fri Feb 28, 2014 6:39
Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif
ertiga juga blunder waktu facelift koq...marama wrote:nissan : GL lambat facelift, evalia ngapain dimasukin
datsun : terlalu pelit diskon, giliran kluar duo astra lgs facelift pelipatan jok dan tambah pernak pernik
suzuki : smua blunder selain ertiga dan carry
renault : setengah hati msuknya dealer kok pada tutup
eh kok semua indomobil ya? wkwkkwkwkwk
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 170
- Joined: Thu Jun 11, 2015 5:26
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Venturer_Yaris Cross_Vario 125
Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif
Buset cuma 2 unitsandal wrote:http://autonetmagz.com/sedih-suzuki-cel ... 016/44692/
2 unit sepanjang 2016????????
Nggak kaget koq memang celerio blunder
Ane beruntung barusan ketemu salah satunya,warna putih
Share the driving pleasure
'10 HR15DE A/T
'21 2GD A/T
'24 XP120 Hybrid
'10 HR15DE A/T
'21 2GD A/T
'24 XP120 Hybrid
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 258
- Joined: Wed Feb 27, 2013 6:03
Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif
suzuki oh suzuki...pemain yg punya potensi jd kuda hitam..tp sll ada aja blundernya..
pdhl brand nya punya base community yg lumayan...yg akhirnya pd jd lumanyun...
liat suzuki ini ky liat ballotelli..potensi gede tp klakuan ancur...
pdhl brand nya punya base community yg lumayan...yg akhirnya pd jd lumanyun...
liat suzuki ini ky liat ballotelli..potensi gede tp klakuan ancur...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7419
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif
dulu suzi itu (sblm 2005, jaman SL masih duduk di kursi .... blm duduk di langit ...... bukan langit activ ya) apa apa developing market itu refer ke indo
india (n pakki n south asia) cukup mrk kasih alto mk.1 (ss80s) ... sj310 .... carry / omni mk.7 (st90) tdk ganti ganti
krn kawan (lawan) mrk itu itu sj ....fiat 1100 (premier padmini, premier president) .... morris oxford mk.3 (hindustan ambassador ) .....holden torana LH (hindustan contessa)
skrg urusan apapun suzi refer to maruti india. APV mau dibuat eternal.as isuz.panther
india (n pakki n south asia) cukup mrk kasih alto mk.1 (ss80s) ... sj310 .... carry / omni mk.7 (st90) tdk ganti ganti
krn kawan (lawan) mrk itu itu sj ....fiat 1100 (premier padmini, premier president) .... morris oxford mk.3 (hindustan ambassador ) .....holden torana LH (hindustan contessa)
skrg urusan apapun suzi refer to maruti india. APV mau dibuat eternal.as isuz.panther
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif
dan desain/model dari india kebanyakan bukan selera orang indo umumnya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7419
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif
sama kok spt taste org org indo yg biasa jualan tapijt (carpets) n gordyn n linnen di pasar baru jkt
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2287
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif
dulu suzuki carry jadi angkot tetap laku. sekarangdesain nya agak tanggung.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4602
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif
Setuju sama bro Chz, kayanya emang sijuki (ga motor ga mobil ) sama aja ....sama2 amburadul manajemennya , jualannya kaya ogah2an gitu padahal produknya lumayan bagus & punya potensi , tapi saya mau bahas yang mobilnya aja, diantara semuanya saya paling setuju sama point no2, btw saya sekalian gabungin aja ya sama dosa2 suzuki Indo yang lain kalo menurut sayaChZ wrote:List dosa-dosanya Suzuki yang bikin saya sebagai mantan pengguna yang puas sampe jadi illfeel.....
1. Di-stop produksinya SX4 pada tahun 2013 tanpa ada kabar penerus yang jelas. Hujug-hujug keluar si anak haram S-Cross tahun 2016. S-Cross sudah keluar dari tahun 2013 emang, terus ngapain gak dikeluarin dari 2013 dan nunggu 3 tahun baru dikeluarin? Baru keluarin sekarang sih.... TELAT. Udah ko'it elu sama HR-V. Semua orang udah kesihir logo H dan habis ini keluar logo triple elips dengan CH-R, mau apa elu Suzuki hah? Ibaratnya kalo perang ngirim pasukan bantuan di saat perangnya udah kelar dan prajuritnya udah K.O semua... HR-V juga fitur dan mesinnya lebih modern dari S-Cross masihan.
2. Dihapusnya airbag dan ABS di type tertinggi Ertiga (GX) lalu digantikan si mukegile Dreza. C'mon.... Avanza aja sekarang semua type ada Airbag ABS.... OK Dreza lengkap, tapi muke nya elek gitu.... Dengan harga yang sama bisa dapet Taxilio RS dan Avanza Veloz yang sama lengkapnya, kenapa harus pilih dreza kenapaaaaaaa?
3. Ngeluarin Suzuki Ciaz di saat City dan Vios aja lesu marketnya.... Plus yang ditantang dua pemain besar dimana sedan mereka yang dulu (Baleno) sudah TKO berkali-kali sama City dan Vios.... Ibaratnya udah kalah berkali-kali kok masih nekat maju capres? #eh.
4. Citycar Celerio yang kelasnya tanggung.... Mesin karimun harga splash.... Siapa yang mau beliiii hah
5. Penyuntikan mati SGV yang bikin miris.... Masalahnya yang bikin miris adalah cara mereka bunuh SGV pelan-pelan, bukan langsung announce SGV discontinued. Dibilang enggak dijual, masih dijual di pricelist. Dibilang dijual, kok kayak enggak dijual lagi.
Dosanya Suzuki (dan Honda) adalah benchmark nya di Toyota.... jadi main lineups mereka bukan produk yang menggambarkan spirit mereknya, simply product untuk ngelawan main lineups Toyota.
Masalahnya adalah Honda berhasil dan Suzuki enggak. Honda ngikut tren pasar berhasil ngusik Toyota, sedan-sedan Honda pun masih bisa saingan angka penjualan bahkan Civic lebih laku dari Corolla di zaman FB dan FD. Camry masih lebih unggul dari Accord, tapi penjualan Accord gak terseok-seok, tetep aja laku kan? Taxilio bisa makan pangsa pasar Avanza skitar 30%-40%. Jazz lebih unggul dari Yaris. BR-V bisa bikin K.O Rush. Brio dibanding Agya pun tetep terhitung laku walaupun gak sebanyak Agya.
Suzuki? Kayak orang ngajak berantem tapi gak tau batas kemampuan... Lha keluarin mobil nanggung kok berharap mau menang....
1.Saya ga habis pikir apa yang ada di benak para petinggi SIS ketika memutuskan untuk menyunat ABS , Tweeter & tenaga mesin pada ertiga FL tipe GL & GX , lalu ABS & Tweeternya diperuntukkan untuk tipe tertingginya yaitu dreza yang didaulat untuk melawan mobilio RS & Avanza Veloz , tujuannya mungkin biar konsumen melirik dreza sehingga ABS & Tweeternya dibalikin lagi . Tapi sayangnya pejualan dreza jauh dari memuaskan (saya jarang banget liat dreza di jalan, orang yang FL tipe GL & GXnya aja jarang apalagi yang drezanya) , suzuki yang berharap konsumen akan melirik dreza sebagai LMPV alternatif selain avania malah kabur ke merek lain kaya Mobilio , avania (yang berbenah dari segala sisi terutama fitur safetynya), serta ertiga PFL last stock yang kebetulan mendapat diskon gede saat itu. Gimana orang mau lirik dreza yang mukanya jelek itu hahahaha no offence ya (GNA tipe E&G keliatan keren banget grill mangapnya kalo dibandingin sama dreza ini)kalo dia ga punya kelebihan khusus dibandingkan lawan sekelasnya , btw dreza emang lengkap, tapi kalo dreza ga punya kelebihan khusus selain HU berbasis anroidnya agak berat kalo mau lawan lio RS & Veloz , kalo dengan harga yang sama bisa dapet mobilio RS & Avanza Veloz yang sama lengkapnya, kenapa harus pilih drezza??? , belom lagi kurangnya promosi dari dreza ini menjadi faktor penghambatnya, sekian kalo menurut analisa sotoy saya. Akhirnya sujuki pun ketar-ketir sehingga ABS dipasang lagi di versi GXnya beberapa bulan kemudian), tapi kan kasihan sama konsumen yang udah terlanjur beli Ertiga FL GX non- ABS, kalo mereka tahu kalo ABSnya bakal dipasang lagi kan jadi keburu ilfeel .
2. Saat di-stopnya produksinya SX4 pada tahun 2013 lalu tanpa ada kabar penerus yang jelas. Akhirnya keluarlah si S-Cross tahun 2016. S-Cross sendiri sudah diluncurkan dari tahun 2013 silam di LN, terus kenapa gak dikeluarin dari 2013 dan nunggu 3 tahun baru dikeluarin? mestinya paling telat 2014 lahh kalo pake alesan lagi riset pasar blablabla......, jangan nunggu 3 taun juga kalee , nanti calon konsumen keburu ilfeel lohh hehehe, belom lagi versi LN nya udah keluar FLnya di Indo baru masukin yang PFLnya piye toh sijukiii . Kalo baru keluarin sekarang sih.... telaatttt. Udah kalah duluan sama HR-V. Hampir semua orang udah terpengaruh logo H tegak serta keunggulan fitur & desain HRV yang terlihat lebih modern daripada S-cross ini , belom lagi keluar logo triple elips dengan CH-R ga lama kemudian , gimana S-cross mau laku ?, apalagi promosinya juga masih kurang kalo menurut saya . Btw jadi keingetan sama om saya yang jual SX4 FL AT 2011nya karena setirnya yang berat menurut dia, sebenernya dia pengen ganti sama penerusnya SX4, tapi karena kelamaan nunggu , akhirnya diganti sama GK5 RS CVT awal 2016 kemaren, alesannya simpel aja karena cukup enak dikemudikan & setirnya jauh lebih enteng dairpada SX4 lamanya, sendainya om saya tau kalo S-cross setirnya lebih enteng daripada yang lama mungkin om saya udah beli ini mobil karena kriterianya cuma enak disetir sama bobot setir yang ringan, belom lagi mobil ini termasuk mobil yang worth the money di kelasnya kalo menurut saya + ga perlu banyak adaptasi dari SX4 ke s-cross + mesinnya sama kaya sx4 lama.
3. Penjualan GV & APV yang bikin miris, padahal dulu ke2 mobil itu lumayan laku loh, tapi sekarang ga ada lagi kabarnya entah dijual apa ga. Tapi yang saya bingung , apakah SIS berencana untuk mematikan SGV & APV pelan2? , soalnya udah 2-3 tahun belakangan ini ke2 mobil tersebut ga ada kejelasan nasibnya, kalo APV masih mending ada fl dikit di bagian grill sm printilan exterior lainnya tahun 2014 lalu kalo gasalah , lah SGV ga ada kabarnya sama sekali dari 2012 - sekarang kalo gasalah
Kalo pabrikan lain yang melakukan blunder menurut saya :
1. Chevrolet: Spin yang punya potensi di kelas LMPV produksinya sudah dihentikan di Indo walaupun baru berusia 2 tahun (ga mikir long-term effectnya)
2. Ford: Padahal punya potensi & produknya bagus2 + penjualannya tergolong cukup baik untuk sebuah brand non-jepang di Indonesia, tapi sayangnya ATPMnya malah kabur gitu aja
3. Datsun: Pas calsig keluar cuma FL nambah fitur pelipatan jok doang & printilan2 ga penting, mestinya tambah fitur safety (airbag,ABS), Foglamp, velg alloy buat tipe termahalnya biar bisa tetep lawan calsig, udah gitu pelit diskon pula + ga ngeluarin versi maticnya disaat konsumen butuh LCGC 7 seater matic , ya udah kalo gitu jangan heran kalo penjualannya dibabat habis sama duo calsig hehehee
4. Nissan : 11 12 sama sijuki tapi masih lebih mendingan, salah satunya tahun ini ga ada model baru sama sekali tapi hanya memberi penyegaran yang ga penting dengan embel2 limited edition.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: Mon Oct 12, 2015 6:54
Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif
Salah satu blunder nya suzuki, celerio laku 20 unit sepanjang tahun ini. Dari awal gak jelas pasarnya mau kemana. http://otomotif.kompas.com/read/2016/11 ... ki.celerio.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3692
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: Belunder-belunder strategi pabrikan otomotif
http://autobild.co.id/News/Mobil-Baru/I ... al-Version
Eaaaaaaaaa
Special version di tengah pertempuran panas ama calsig
Eaaaaaaaaa
Special version di tengah pertempuran panas ama calsig
2017 Ignis
2021 HRV SE Improvement
2021 HRV SE Improvement