Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Sat Jun 27, 2015 13:55
Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan
mobil paling hot skrg ni keknya d mana2 calya sigra haha.. btw mau tau az ni mnurut pendapat kalian semua mending hajar calya 150jt (matic)..atau mobilio tipe terbawah(manual) .. harga beda dikit saja setelah diskon..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed Apr 20, 2016 0:54
Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan
kl suzuki - indomobil gmn oom? bukannya py pabrik lama & gede di tambun bekasi?newrubble wrote:sejauh ini cuma dikit yg punya real full-manufacturing commitment di indo (being a high risk place for direct investment)
-toyota-dai
-honda
-nissan
(mitsi anggap sj dah out)
jaga tuh jgn sampai salah 1 dr tiga itu kabur..... belilah mrk selalu
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan
kentbertlee wrote:mobil paling hot skrg ni keknya d mana2 calya sigra haha.. btw mau tau az ni mnurut pendapat kalian semua mending hajar calya 150jt (matic)..atau mobilio tipe terbawah(manual) .. harga beda dikit saja setelah diskon..
kalau cari RS, resale value maksudnya dan biaya servis murah ambil calya kalau mau agak ngebut, pamer logo ambil honda
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Sat Jun 27, 2015 13:55
Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan
bro thanks da d respon dengan cepat.. kalau dengan avanza type E bagaimana? karena setelah diskon harga tidak jauh..cukup tambah sedikit lg... sya bener2 dilema hahahasolar_kerosen wrote:kentbertlee wrote:mobil paling hot skrg ni keknya d mana2 calya sigra haha.. btw mau tau az ni mnurut pendapat kalian semua mending hajar calya 150jt (matic)..atau mobilio tipe terbawah(manual) .. harga beda dikit saja setelah diskon..
kalau cari RS, resale value maksudnya dan biaya servis murah ambil calya kalau mau agak ngebut, pamer logo ambil honda
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7652
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan
suzi skrg apa apa india .... kalo sblm 2004 india cukup kasih 2 lineups tanpa major change ...... alto800, jimnydenmas8 wrote:kl suzuki - indomobil gmn oom? bukannya py pabrik lama & gede di tambun bekasi?newrubble wrote:sejauh ini cuma dikit yg punya real full-manufacturing commitment di indo (being a high risk place for direct investment)
-toyota-dai
-honda
-nissan
(mitsi anggap sj dah out)
jaga tuh jgn sampai salah 1 dr tiga itu kabur..... belilah mrk selalu
segala RnD developing market di serahkan ke SL .... trahir SL handled apv
sejak 2004 suzi indo blm xpand capacity
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 182
- Joined: Tue Dec 29, 2015 1:59
Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan
Hmm tadi saya barusan coba duduk-duduk di Cayla karena blum boleh test drive ke luar sama sales nya, tapi aneh bin ajaib dia ngmg kalo mau inden skrg barang bisa dikirim nanti sebelum launching tgl 11 agustus...
Duduk di tempat driver kok setirnya aneh ya agk ketinggian kalo di deketin kaki jadi nekuk bgt. Kalo kursi dimundurkan setir jd ketinggian. So saya pilih kursi dimajuin tapi kaki tekuk... bagi penderita claustrophobia jangan tiru saya. Resiko kalo jalan jauh lukot ya siap-siap pijat. BTW tinggi tubuh saya 175 cm.
Kopling rasanya ringan dan tuas perseneling berhubung ini manual transmission rasanya cukup ringan tapi kalo mau masukin gigi-2 rasanya keras sekali susah masuknya jgn komplain karena ini LCGC.
Lanjut buka kap mesin...
udh ada peredamnya dan tutup kap mesinnya ringan bgt kyk angkat triplek kayu. coba ah ketok-ketok bodi... ketebalan mirip-mirip sama duo kaleng kakaknya. Not Bad dgn cap LCGC.
lanjut ke ban dgn warna dual tone rasanya pengen ngelebarin dan gedein dikit ukuran ban yg berukuran 175-65-r15 cap ecopia.
dah sekian dan sekilas review cayla tipe G manual maaf ga ada foto karena ga bw kamera dan off course blum boleh foto
Duduk di tempat driver kok setirnya aneh ya agk ketinggian kalo di deketin kaki jadi nekuk bgt. Kalo kursi dimundurkan setir jd ketinggian. So saya pilih kursi dimajuin tapi kaki tekuk... bagi penderita claustrophobia jangan tiru saya. Resiko kalo jalan jauh lukot ya siap-siap pijat. BTW tinggi tubuh saya 175 cm.
Kopling rasanya ringan dan tuas perseneling berhubung ini manual transmission rasanya cukup ringan tapi kalo mau masukin gigi-2 rasanya keras sekali susah masuknya jgn komplain karena ini LCGC.
Lanjut buka kap mesin...

lanjut ke ban dgn warna dual tone rasanya pengen ngelebarin dan gedein dikit ukuran ban yg berukuran 175-65-r15 cap ecopia.
dah sekian dan sekilas review cayla tipe G manual maaf ga ada foto karena ga bw kamera dan off course blum boleh foto
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44
Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan
DIlema ya om, tp kl saya pilih matic aja kec tinggal di daerah ya. coba ada mobiio S CVT ya hahahahaha.kentbertlee wrote:mobil paling hot skrg ni keknya d mana2 calya sigra haha.. btw mau tau az ni mnurut pendapat kalian semua mending hajar calya 150jt (matic)..atau mobilio tipe terbawah(manual) .. harga beda dikit saja setelah diskon..
Oiya saya dpt bocoran kok pricelist resmi calya naik ya dr estimasi calya G a/t OTR jakarta 152.3 jd makin mepet sama mobili S stlh diskon.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 916
- Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16
Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan
Lio s cvt malah makin menjauh 10 juta om, hahaha..marama wrote:DIlema ya om, tp kl saya pilih matic aja kec tinggal di daerah ya. coba ada mobiio S CVT ya hahahahaha.kentbertlee wrote:mobil paling hot skrg ni keknya d mana2 calya sigra haha.. btw mau tau az ni mnurut pendapat kalian semua mending hajar calya 150jt (matic)..atau mobilio tipe terbawah(manual) .. harga beda dikit saja setelah diskon..
Oiya saya dpt bocoran kok pricelist resmi calya naik ya dr estimasi calya G a/t OTR jakarta 152.3 jd makin mepet sama mobili S stlh diskon.
Tapi memang dilema sih, harganya mefet mefet gitu.. kalo saya sih pilih ambil mobilio.. sambil nabung felan-felan perbaiki peredam, audio, & jok yg super tifis itu..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 182
- Joined: Tue Dec 29, 2015 1:59
Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan
O ya tadi sales nya cerita cayla tiap bulan di 1 dealer di kota semarang aja 130 an unit per bulan saking larisnya kyk kacang goreng. Katanya udh ada jg konsumen yg udh pegang kunci pdhl blum launching secara resmi ya??
Tambah Macet deh
Tambah Macet deh

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan
saya bawa agya juga masukin gigi 2 agak berat, kirain transmisinya yang udah mau jebol, berarti emang gitu bawaannyaMrvin wrote: Kopling rasanya ringan dan tuas perseneling berhubung ini manual transmission rasanya cukup ringan tapi kalo mau masukin gigi-2 rasanya keras sekali susah masuknya jgn komplain karena ini LCGC.
Lanjut buka kap mesin...udh ada peredamnya dan tutup kap mesinnya ringan bgt kyk angkat triplek kayu. coba ah ketok-ketok bodi... ketebalan mirip-mirip sama duo kaleng kakaknya. Not Bad dgn cap LCGC.
itu peredam kap mesin jangan2 emang dikasih biar kap-nya tambah berat kalo dibuka & kerasa tebel diketok2


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44
Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan
Produksinya avz xenia kan agak dikurangi om bulan ini, focus ke calya sigra, demikian info tmn saya di perakitan kerawangMrvin wrote:O ya tadi sales nya cerita cayla tiap bulan di 1 dealer di kota semarang aja 130 an unit per bulan saking larisnya kyk kacang goreng. Katanya udh ada jg konsumen yg udh pegang kunci pdhl blum launching secara resmi ya??
Tambah Macet deh
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan
Ngetes kap mesin sih jangan diketok om. Bawa bocah yg beratnya 30-50 kilo. Suruh duduk disitu. Kalo gk penyok brarti tebel....daftar wrote:saya bawa agya juga masukin gigi 2 agak berat, kirain transmisinya yang udah mau jebol, berarti emang gitu bawaannyaMrvin wrote: Kopling rasanya ringan dan tuas perseneling berhubung ini manual transmission rasanya cukup ringan tapi kalo mau masukin gigi-2 rasanya keras sekali susah masuknya jgn komplain karena ini LCGC.
Lanjut buka kap mesin...udh ada peredamnya dan tutup kap mesinnya ringan bgt kyk angkat triplek kayu. coba ah ketok-ketok bodi... ketebalan mirip-mirip sama duo kaleng kakaknya. Not Bad dgn cap LCGC.
itu peredam kap mesin jangan2 emang dikasih biar kap-nya tambah berat kalo dibuka & kerasa tebel diketok2

1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Fri Jan 24, 2014 5:06
Re: RE: Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan
Tul, apalagi harganya makin jauh sama LCGC yg lain2.daftar wrote:yang kena ganggu mobil ini pastinya agya & ayla, datsun, juga avxen mobilio, preferensi mirip2
brio mah gak kepengaruh soalnya punya pangsa sendiri, lihat aja dengan bagasi & interior sempit gitu pasti orang mau beli karena pengennya beli Brio bukan yang lain, boro2 mikir 3 row, interior sempit aja ga peduli
mau harga duo kaleng ini lebih murah dari avxen juga orang banyakan tetep beli kredit, kalau cash pastinya banyak yang pilih ambil second avxen mobilio ertiga innova
Kl cm mikirin bagasi sama 7 seater pasti ambil datsun go+, ada kembaliannya :big_laugh:
Sent from my 2014817 using Tapatalk
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan
Calon penantang. tapi masih tahun depan

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 125
- Joined: Fri Oct 30, 2009 0:59
Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan
bunuh diri klo modelnya begini mah...daftar wrote:Calon penantang. tapi masih tahun depan
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2308
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan
belakangnya kayak mau kejungkit gitudaftar wrote:Calon penantang. tapi masih tahun depan


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan
Ini mah bukan 7 penumpang. Cuma 5+2=5 kyk merk sebelah...daftar wrote:Calon penantang. tapi masih tahun depan
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1612
- Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05
Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan
Anw, kira2 kalo di compare antara 1.2NR engine yg dual vvti itu VS k14b di ertiga, irit mana ya di kondisi real ?
Ada rencana mau ambil di antara 2 itu, buat taxi online..
Ada rencana mau ambil di antara 2 itu, buat taxi online..
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
Instagram : subaru.sales.id
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan
kalau untuk taksi online lebih cocok daihatsu sigra, mesin kecil tentu lebih irit kalau untuk kecepatan rendah dan macet-macetan di jakarta.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1316
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan
draft terakhir aturan dr kemenhub si mesin minimal 1300cc maz, kalau mau aman mending ertiga. tapi yah siapa tau the power of astra lobby bisa mengubahnya jd 1200...geofreyap wrote:Anw, kira2 kalo di compare antara 1.2NR engine yg dual vvti itu VS k14b di ertiga, irit mana ya di kondisi real ?
Ada rencana mau ambil di antara 2 itu, buat taxi online..
kalo irit kayanya ga bakal beda jauh. mungkin kalau full load 2NR akan lbh boros dikit, tp kan jarang kondisi itu
Smileage lebih penting dari mileage 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan
Bukannya sudah jelas duo ini pakai mesin 1200cc. Lcgc ini jelas lebih irit karena spek konsumsibbm nya memang harus 1:20
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1612
- Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05
Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan
ilhami wrote:kalau untuk taksi online lebih cocok daihatsu sigra, mesin kecil tentu lebih irit kalau untuk kecepatan rendah dan macet-macetan di jakarta.
Nah itu dia yg oe ragu..pendoli wrote:draft terakhir aturan dr kemenhub si mesin minimal 1300cc maz, kalau mau aman mending ertiga. tapi yah siapa tau the power of astra lobby bisa mengubahnya jd 1200...geofreyap wrote:Anw, kira2 kalo di compare antara 1.2NR engine yg dual vvti itu VS k14b di ertiga, irit mana ya di kondisi real ?
Ada rencana mau ambil di antara 2 itu, buat taxi online..
kalo irit kayanya ga bakal beda jauh. mungkin kalau full load 2NR akan lbh boros dikit, tp kan jarang kondisi itu
Kalo di undang2 kan minimal 1.3, tapi kenapa di kenyataan masih banyak yg pakai di bawah itu utk taxi online ?
Belum lagi gosip mengenai KIR dkk..
Makannya oe masih pelajari dulu bisnis ini. Takut salah langkah.
Lalu soal irit2an, k14b meski 1.4 tapi lumayan juga tuh iritnya. 4000rpm udah peak torque.
Di lain sisi, si NR series ini menjanjikan teknologi dual vvti yg lebih effisien dalam soal mileage. Tapi seberapa besar pengaruh dual vvti ?
Justru kalo oe liat, yg lebih berdampak ke mileage itu karena layout fwd nya, bukan rwd seperti kakaknya.
But anw, kalo memang tuhan kasih budget lebih, oe tetep pilih ertiga / vx1. Karena taxi online adalah sampingan. Tugas utama adalah untuk antar jemput adik oe yg masih SD.
Diluar tugas utama, baru oe minta orang itu utk tarik uber.
Jadi oe tetap mengutamakan kualitas buat adik oe.
Mudah2an oe laku jualan..

SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
Instagram : subaru.sales.id
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 125
- Joined: Fri Oct 30, 2009 0:59
Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan
ga juga... ane pake karimun wagon r, dalkot jkt mentok 1:15... 1:20 itu utopia aja, ato bahasa marketing aja hahahailhami wrote:Bukannya sudah jelas duo ini pakai mesin 1200cc. Lcgc ini jelas lebih irit karena spek konsumsibbm nya memang harus 1:20
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan
Kemarin iseng iseng liat launching Calya di salah satu mall di Surabaya...
Kesan - kesan saya :
- Di luar, mobil ini memiliki kesan lebih positif dibanding Agya / Ayla. Front fascia nya terkesan "mancung" memberi aura agresif dibanding Agya / Ayla yang terkesan polosan. Bagian samping juga terlihat clean dan gak terlalu maksa kayak Innova baru. And i admit, i like the rear looks of this car. Keliatan rapi tanpa aksen berlebihan.
- Untuk mobil sekelas harga 150 juta-an, attention to detail nya luar biasa sekali. Interiornya rapi banget walaupun setirnya terkesan gak niat karena pake setir Avanza... typical Astra group cliches. Handbrake dipegang juga terasa padat dan malah menurut saya feelnya lebih enak dibanding handbrake Avanza atau Yaris sekalipun.
- Joknya lebih tebel dari Avanza Veloz generasi awal.... tapi posisi nyetirnya cukup aneh. Setir gak ada tilt/telescopic, gak ada height adjuster. Posisi dengkulnya terlalu tinggi, dan sandaran jok gak enak. Kalo direbahin pandangan tertutup dasbor, kalo ditegakin visibilitas baik tapi punggung yang gak enak. Shifter enak dan mudah diraih karena posisi di dasbor gak kayak Sienta....
Headrest nya model fixed, masalahnya kalau di Mobilio kepala saya masih kena, di Calya udah kayak nyetir mobil gak pake headrest. Pendek bangetttt. Unsafe buat driver diatas 170 cm. Iya ada 2 airbag, tapi leher saya yang gak selamet....
- Akomodasinya "cukupan". Enggak luas amat, tapi setidaknya lebih manusiawi untuk diisi 7 orang? Yes. Mungkin malah lebih enak dari Grand Livina.
- Hal yang gak penting bagi sebagian orang, tapi buat saya cukup penting : desain engine nya! Yang ini kebalik sama Sienta. kalo Sienta terlalu deket sama firewall dan wiper sehingga bongkar filter udara harus buka wiper dulu. Di Calya, justru block mesin terlalu dekat dengan subframe bagian depan. Memang buka filter udaranya gak nyiksa, tapi kalo udah waktunya bongkar dinamo amper / alternator .... Ya siap-siap di charge biaya lebih di BeRes... Juga risiko kalau kecelakaan.... Jaraknya paling gak ada sejengkal itu. Tabrakan 60-80 km/h bakal sukses mecahin engine head. Plus i presume akan sangat berpengaruh di center of gravity mobil nya yang pasti akan sangat front-heavy.
Value for money? Yes. Sangat. But since i am very concerned about my neck's safety.... Kalo punya duit disuruh beli pun masih mikir-mikir....
Kesan - kesan saya :
- Di luar, mobil ini memiliki kesan lebih positif dibanding Agya / Ayla. Front fascia nya terkesan "mancung" memberi aura agresif dibanding Agya / Ayla yang terkesan polosan. Bagian samping juga terlihat clean dan gak terlalu maksa kayak Innova baru. And i admit, i like the rear looks of this car. Keliatan rapi tanpa aksen berlebihan.
- Untuk mobil sekelas harga 150 juta-an, attention to detail nya luar biasa sekali. Interiornya rapi banget walaupun setirnya terkesan gak niat karena pake setir Avanza... typical Astra group cliches. Handbrake dipegang juga terasa padat dan malah menurut saya feelnya lebih enak dibanding handbrake Avanza atau Yaris sekalipun.
- Joknya lebih tebel dari Avanza Veloz generasi awal.... tapi posisi nyetirnya cukup aneh. Setir gak ada tilt/telescopic, gak ada height adjuster. Posisi dengkulnya terlalu tinggi, dan sandaran jok gak enak. Kalo direbahin pandangan tertutup dasbor, kalo ditegakin visibilitas baik tapi punggung yang gak enak. Shifter enak dan mudah diraih karena posisi di dasbor gak kayak Sienta....

- Akomodasinya "cukupan". Enggak luas amat, tapi setidaknya lebih manusiawi untuk diisi 7 orang? Yes. Mungkin malah lebih enak dari Grand Livina.
- Hal yang gak penting bagi sebagian orang, tapi buat saya cukup penting : desain engine nya! Yang ini kebalik sama Sienta. kalo Sienta terlalu deket sama firewall dan wiper sehingga bongkar filter udara harus buka wiper dulu. Di Calya, justru block mesin terlalu dekat dengan subframe bagian depan. Memang buka filter udaranya gak nyiksa, tapi kalo udah waktunya bongkar dinamo amper / alternator .... Ya siap-siap di charge biaya lebih di BeRes... Juga risiko kalau kecelakaan.... Jaraknya paling gak ada sejengkal itu. Tabrakan 60-80 km/h bakal sukses mecahin engine head. Plus i presume akan sangat berpengaruh di center of gravity mobil nya yang pasti akan sangat front-heavy.
Value for money? Yes. Sangat. But since i am very concerned about my neck's safety.... Kalo punya duit disuruh beli pun masih mikir-mikir....

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 739
- Joined: Sun Nov 14, 2004 4:16
- Location: Near......
Re: Toyota Calya - Daihatsu Sigra, Duo Kembar Calon Raja Jalanan
Untuk 7 seater sub 150jt, apa ada yang driver headrest nya kepisah?ChZ wrote:Kemarin iseng iseng liat launching Calya di salah satu mall di Surabaya...
Kesan - kesan saya :
- Di luar, mobil ini memiliki kesan lebih positif dibanding Agya / Ayla. Front fascia nya terkesan "mancung" memberi aura agresif dibanding Agya / Ayla yang terkesan polosan. Bagian samping juga terlihat clean dan gak terlalu maksa kayak Innova baru. And i admit, i like the rear looks of this car. Keliatan rapi tanpa aksen berlebihan.
- Untuk mobil sekelas harga 150 juta-an, attention to detail nya luar biasa sekali. Interiornya rapi banget walaupun setirnya terkesan gak niat karena pake setir Avanza... typical Astra group cliches. Handbrake dipegang juga terasa padat dan malah menurut saya feelnya lebih enak dibanding handbrake Avanza atau Yaris sekalipun.
- Joknya lebih tebel dari Avanza Veloz generasi awal.... tapi posisi nyetirnya cukup aneh. Setir gak ada tilt/telescopic, gak ada height adjuster. Posisi dengkulnya terlalu tinggi, dan sandaran jok gak enak. Kalo direbahin pandangan tertutup dasbor, kalo ditegakin visibilitas baik tapi punggung yang gak enak. Shifter enak dan mudah diraih karena posisi di dasbor gak kayak Sienta....Headrest nya model fixed, masalahnya kalau di Mobilio kepala saya masih kena, di Calya udah kayak nyetir mobil gak pake headrest. Pendek bangetttt. Unsafe buat driver diatas 170 cm. Iya ada 2 airbag, tapi leher saya yang gak selamet....
- Akomodasinya "cukupan". Enggak luas amat, tapi setidaknya lebih manusiawi untuk diisi 7 orang? Yes. Mungkin malah lebih enak dari Grand Livina.
- Hal yang gak penting bagi sebagian orang, tapi buat saya cukup penting : desain engine nya! Yang ini kebalik sama Sienta. kalo Sienta terlalu deket sama firewall dan wiper sehingga bongkar filter udara harus buka wiper dulu. Di Calya, justru block mesin terlalu dekat dengan subframe bagian depan. Memang buka filter udaranya gak nyiksa, tapi kalo udah waktunya bongkar dinamo amper / alternator .... Ya siap-siap di charge biaya lebih di BeRes... Juga risiko kalau kecelakaan.... Jaraknya paling gak ada sejengkal itu. Tabrakan 60-80 km/h bakal sukses mecahin engine head. Plus i presume akan sangat berpengaruh di center of gravity mobil nya yang pasti akan sangat front-heavy.
Value for money? Yes. Sangat. But since i am very concerned about my neck's safety.... Kalo punya duit disuruh beli pun masih mikir-mikir....
Untuk kelas LCGC bukannya semua mobil headrestnya seperti itu?
Thanks
TOYOTAMAN: The One You Ought To Avoid, Man!