Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Sejak awal tahun berembus kabar bahwa PT Toyota Astra Motor (TAM) dengan PT Astra Daihatsu Motor sedang mempersiapkan LCGC (Low Cost Green Car) terbaru dengan model MPV. Kabar terakhir MPV LCGC ini akan menggunakan basis dari Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Lantas, apakah namanya? Konon, Toyota Calya adalah nama dari MPV LCGC Toyota terbaru di Indonesia tersebut.
Sama dengan Toyota Agya, nama Toyota Calya mengambil dari bahasa Sansekerta. Dari hasil penelusuran kami, Calya berarti tanpa cacat. Nama ini umum dipakai untuk nama anak perempuan. Mungkin ini sebagai penggambaran Toyota Calya sebagai bayi baru Toyota yang sempurna dan tanpa cacat.
Tampangnya terlihat sederhana dengan gril yang mirip dengan Toyota Avanza, tetapi sewarna dengan bodi dan bukan kelir krom. Sementara bumper trapezoidal dengan garis-garis tegas menjadi ciri khas Toyota seperti yang digunakan pada Toyota Vios dan Yaris.
Memang dari foto ini hanya tampak depan dan agak sulit untuk menebak apakah ini model MPV atau city car. Tetapi dilihat dari tingginya serta kabin di balik kaca depan terlihat ada tiga baris bangku yang mengindikasikan inilah MPV LCGC dari Toyota. Bagaimana dengan spesifikasinya? Tunggu lanjutan berita kami.
Kami prediksi MPV LCGC ini akan menggunakan mesin berkode 3NR-FE yang juga digunakan oleh Toyota Etios Valco. Ada kemungkinan besar mesin untuk pesaing Datsun Go+ Panca ini telah dikembangkan menggunakan teknologi Dual VVT-i seperti sang kakak, Toyota Avanza.
Adapun tenaga maksimum dari mesin Toyota Etios Valco yang berkapasitas 1.197 cc ini mencapai 80 dk dengan torsi 104 Nm. Meski begitu karena memiliki dimensi yang lebih panjang dan bobot lebih berat, tenaga dan torsi seharusnya lebih besar. Terlebih teknologi Dual VVT-i mestinya mampu mendongkrak tenaga serta membuat konsumsi BBM tetap irit. Transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed dirasa cukup untuk MPV baru ini.
Jakarta, Otomania - Adik dari Avanza-Xenia yang menjadi produk baru PT Toyota Astra Motor (TAM) dan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akhirnya terkuak. Dikembangkan dengan nama kode "D30D", mobil ini rupanya dipersiapkan untuk bermain di segmen mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC).
Bila melihat dari foto yang Otomania dapatkan, bentuk samping mobil ini memiliki desain mirip dengan Avanza dan Xenia. Dari sini bisa ditebak bahwa mobil mobil ini disiapkan sebagai LCGC 7-seater akan menghadang laju Datsun Go+ Panca yang selama ini bermain sendirian di segmen tersebut.
Meski belum ada kejelasan kapan D30D ini akan meluncur, tapi dari bentuk desain sudah bisa dijadiakan patokan untuk sekadar membandingkan tampilannya dengan Datsun Go+ Panca.
Bermodalkan tampilan samping yang serupa dengan Avanza-Xenia, secara desain produk Toyota dan Daihatsu ini sudah tidak menjadi pemandangan yang baru. Berbeda dengan Datsun yang lebih terlihat agresif dengan ground clearance yang lebih rendah.
Namun bila melihat dari fungsinya sebagai LCGC 7-seater, adik Avanza-Xenia yang didesain mengikuti tampilan low MPV rasanya akan lebih nyaman, apalagi dengan ground clearace yang lebih tinggi. Pada bagian belakang, sosoknya dirancang mirip dengan All New Kijang Innova. Hal ini bisa dilihat melalui desain stop lamp yang dibentuk lebih kecil dari aslinya.
Dari bagian belakang ini juga bisa terlihat dengan jelas bedanya dengan Datsun Go+ Panca. Datsun lebih mengusung konsep seperti hatchback, sedangkan adik Avanza-Xenia ini dirancang dengan konsep low MPV.
Secara keseluruhan bila dibandingkan dari segi desain, adik Avanza-Xenia ini akan sebuah LCGC 7-seater dengan rasa MPV yang lebih kental dibandingkan Datsun Go+ Panca. Sayang, Otomania belum mendapat tampilan depannya.
Sumber : Autobild & Otomania
Menarik disimak apakah dapat menarik minat masyarakat seperti Duo Avanza-Xenia. Kita tunggu perkembangan infonya.
Last edited by Gilzy on Tue May 24, 2016 5:25, edited 2 times in total.
tapi jadi pertanyaan juga, apakah mobil ini mampu menarik 5+2 person dengan power segituan, jangan-jangan nanti lemot dan juga mengorbankan safety issue, bahaya toh
b0ku wrote:bentar lagi avanza xenia alya roboh dari tahta yg beli market segmentnya dari alya sama yg mau beli avanza tapi budget pas2xan
Bisa jd penualan avanza sm mobilio/brv bs lebih mepet, kalo gk, mungkin aja nih mobil bs terjual lbh bnyk drpd avanza. Ampe gitu sih udh bs dibuktikan lebih murah dan lebih muat bnyk org, makin laku.
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
b0ku wrote:bentar lagi avanza xenia alya roboh dari tahta yg beli market segmentnya dari alya sama yg mau beli avanza tapi budget pas2xan
Bisa jd penualan avanza sm mobilio/brv bs lebih mepet, kalo gk, mungkin aja nih mobil bs terjual lbh bnyk drpd avanza. Ampe gitu sih udh bs dibuktikan lebih murah dan lebih muat bnyk org, makin laku.
yang pasti yg bakalan kena makan marketnya toyota sama datsun sisanya adem ayem aja......
Mantap nie terobosan baru , pinter nyari celah. Ngomong2 yang suzuki KWR 7 seater juga isunya tahun ini kan ? Honda kok gak ikutan yah ? Belom bisa ikut bahagia-in dong ... hihi ...
firdana wrote:Mantap nie terobosan baru , pinter nyari celah. Ngomong2 yang suzuki KWR 7 seater juga isunya tahun ini kan ? Honda kok gak ikutan yah ? Belom bisa ikut bahagia-in dong ... hihi ...
gimana mau ikut brio aja std safetynya ud di prepare buat euro std, next briochasis malah mau naekin std lagi lagian gak masuk filosofi dia juga
alvin23 wrote:apaan om boku, mobilio kan diturunin dari brio wkwkwk
kalo gw sebutin brio chasis artinya chasis DD beserta turunannya...., brio sendiri LGCC paling maksa makannya buat LGCC jadi overspek, sebenernya kelasnya kan cuma a segmen car bukan LGCC...
b0ku wrote:bentar lagi avanza xenia alya roboh dari tahta yg beli market segmentnya dari alya sama yg mau beli avanza tapi budget pas2xan
Bisa jd penualan avanza sm mobilio/brv bs lebih mepet, kalo gk, mungkin aja nih mobil bs terjual lbh bnyk drpd avanza. Ampe gitu sih udh bs dibuktikan lebih murah dan lebih muat bnyk org, makin laku.
yang pasti yg bakalan kena makan marketnya toyota sama datsun sisanya adem ayem aja......
Hmm.. kyk cerita merek sebelah aja, keluarin saking bnyknya model baru sampe makan penjualan sesama merk
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
Tumben nih LCGC 5+2 di design ulang gak pake basis design yg pendek lalu di panjangin kyk dastun go+
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
arfs wrote:Tumben nih LCGC 5+2 di design ulang gak pake basis design yg pendek lalu di panjangin kyk dastun go+
Loh ini basisnya bknnya agya dipanjangin cmiiw
Iy om, cuman design exterior nya yg saya maksud di rubah total dr agya/ayla
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.