Sharing informasi saja... terlepas harga mobil 150-200jt, basicly 70% dari pembeli mobil mobilio, avanza, veloz, ertiga biasanya itu pasti via kredit. dimana menurut saya artinya, gak ada orang yang mau beli barang kredit kalau dia merasa sanggup untuk membeli cash.ChZ wrote:HPM sepertinya sudah ambil langkah antisipatif bro Xous. Mereka sudah antisipasi Calya-Sigra ini dari jauh-jauh hari kurasa. Kenapa saya ngerasa HPM sudah antisipasi Calya-Sigra? Karena harga Brio skrg udah gak layak dibilang LCGC lagi. Brio entry level sudah 13x juta.... Ini kurasa HPM memang sengaja mau naikin kelas Brio ke level Mirage/March.Xous wrote:3 serangkai bole be-wah" dlm review mereka, tp saya tunggu review kucing mabok n kris dulu deh, penasaran sudut pandang mereka. Toyota n Dai spt org balas dendam kpd ahond n suzi yg keluarin ertelu n mobilio gangguin avz xeni, penasaran apa yg dilakukan jonpis krn brio satya bakal terkapar prediksi ane penjualannya, 3rd row n brand atoyot masuk d gengsi org2 indo. skema lcgc d pake ahond buat bikin mpv sekelas avz, toyota pake skema lcgc d pake buat mpv d bwhnya avz, suzuki? apa kata rekan2nya d india sptnya, sebagai fans sujuki cm bs ngelus dada gua...
Dasbor ganti total, matik ganti CVT, juga adanya trim RS. Jujur saya sempat ngomong ke rekan - rekan di WASeM, liat Brio skrg udah gak kayak mobil murah.
Yang akan terancam dengan hadirnya Calya Sigra ini sudah pasti :
1. Kompetitor terdekat mereka, Datsun GO+ Panca.
2. Kakak kandung mereka, Avanza/Xenia. Mungkin yang bakal jadi favorit mobil rental dan taxi habis gini Calya Sigra bkn Avanza Xenia.
3. Adik kandungnya, Agya/Ayla. Agya G TRD Sportipu eh Sportivo harganya deket sama Calya tipe terendah... Orang pasti mikir nambah dikit dapet Calya tipe tengah.
Saya liat prospeknya Calya Sigra ini bagus... dan kalau liat review OtoDriver, sepertinya ini baru mobil murah yang enggak keliatan murahan...
My point is, these customer secara ekonomi tidak punya pilihan mobil yang lbh murah dan memenuhi kebutuhaan mereka (baca: 7 seater)
Datsun Go Plus, could have been the one that grab THAT (sub 10K USD 7 Seater) market. Mengenai Mobilio Avanza, well mereka "kepaksa" harus beli mobil dengan spec yang ditawarkan, otherwise mereka prefer beli cash pastinya.
Also.. kenyataan bahwa mobil 7 seater 150jt-225 juta biasanya selalu ada "revisi" harga jual (baca diskon) 20jt an? in order for those kinds of cars DIBELI oleh si customer...
Coba aja kita lihat apa benar jenis customer kelas sub 10K USD butuh yang namanya CVT? HAC? atau mereka prefer spend 50 mio less untuk yang sudah "secukup"nya ?
Akan kelihatan sih di GIIAS dan Akhir Tahun, seperti apa sebenarnya dan dimana posisi market yang paling gemuk di indonesia.
FYI kalau saya HPM, rasa2 the last thing yang mau saya lakukan adalah naikan Brio ke kelas Mirage/March.... tau kan seberapa nyaris tak terdengar penjualan di rentang harga kedua mobil itu? IMHO.....