(TANYA) Freed 2012 enaknya di ganti apa

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16683
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (TANYA) Freed 2012 enaknya di ganti apa

Post by ChZ »

aratha wrote:
ChZ wrote: Pengalaman saya nyetir preed temen udah full exhaust, dastek, idrive geser limiter ke 7500... Masalah utama yang bikin Freed kerasa bolot adalah matic nya. Dengan modif segitu banyak pun, saya ngerasa tarikan bawah nya bolot, harus nginjeknya agak tega baru dia lari. Matic Honda 5-speed itu karakter nya lucu dan rasio nya cukup halus... Gear 1 jarang dipake kalau gak under heavy load. Makanya Freed rasanya lemot walaupun udah modif ini-itu...

120hp nya L15A7 gak fiktif ... Cuman memang harus rev agak tinggi biar keluar tenaganya. Kalo dibejek lumayan bengis loh Freed.

Rumornya L15B7 ... Entah ya oom... namanya juga rumor.
kalo bengis sih bengis nie mobil asal tega ngebejek kayak om bilang, di Cipali waktu mau ke Solo (berdua dengan istri) bisa tembus 160 di RPM 6000. Abis itu langsung angkat kaki gegara dapet les singkat dari yang duduk sebelah saya :big_slap:

Kalo saya pikir kayaknya kalo L15B7 agak gak mungkin, banderolnya akan terlalu tinggi (but who knows) ... kemungkinan besar akan pake Earth Dream atau L15B1 (again, who knows)
Sya pernah di tol full 6 orang yang nyetir temen saya tau - tau speedo gak kerasa udah 160 aja... :big_biglaugh: pikir gua sinting juga ini mobil.

L15B7 juga udah EarthDreams btw oom... Kalo yang dimaksud EarthDreams itu L15 nya Mobilio dan BR-V... itu sih EarthDreams kawe... :big_biglaugh: soalnya di rumornya speknya 132hp DOHC... nangkep saya ya L15B7.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
aratha
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 121
Joined: Sun May 08, 2016 17:37

Re: (TANYA) Freed 2012 enaknya di ganti apa

Post by aratha »

ChZ wrote: Sya pernah di tol full 6 orang yang nyetir temen saya tau - tau speedo gak kerasa udah 160 aja... :big_biglaugh: pikir gua sinting juga ini mobil.

L15B7 juga udah EarthDreams btw oom... Kalo yang dimaksud EarthDreams itu L15 nya Mobilio dan BR-V... itu sih EarthDreams kawe... :big_biglaugh: soalnya di rumornya speknya 132hp DOHC... nangkep saya ya L15B7.
kalo ber 6 lebih enak lagi nie prit dibawanya. anteng bener soalnya ... ow nggak, kalo lio kan L15Z1. ini yang L15B Earth Dreams kayak di HR-V
L15B7 itu yang dipake FC1 kan? atau mungkinkah gak pake turbo?
2007 RE1 2.4 A/T
2010 GE8 RS 1.5 A/T
2012 GB3 1.5 A/T
2003 E46 318i 2.0 A/T
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 724
Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
Daily Vehicle: Ga Kencang Tapi Menggetarkan

Re: (TANYA) Freed 2012 enaknya di ganti apa

Post by carlzeiss »

Prit mah durabilitasnya oke kecuali pintu glodakannya yak yang udh ga ada obatnya kreyot kreyot mulu :mky_07:
Jalan perkampungan lembang mau turun kota bandung aja yang curam aja isi 7 dewasa + barang masih kuat nanjak . Ganti oli per 10 rb kilometer bahkan pernah lebih 2000 km aja masih no prob ( jangan dicontoh ) :mky_01: .
Kekurangannya cuman 1 : AC nya ga sedingin merk yoyota .
Kalo soal bejek ngebejek gas mah masih bisa lari lah asal sabar aja, 160 an masih tembus kok ditol :mky_08:
Prit ane lagi disiksa nih skrg kilometer udah 53 ribu tapi belom servis 50 ribu, masih bisa lari hahahaha :mky_03:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16683
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (TANYA) Freed 2012 enaknya di ganti apa

Post by ChZ »

aratha wrote:
ChZ wrote: Sya pernah di tol full 6 orang yang nyetir temen saya tau - tau speedo gak kerasa udah 160 aja... :big_biglaugh: pikir gua sinting juga ini mobil.

L15B7 juga udah EarthDreams btw oom... Kalo yang dimaksud EarthDreams itu L15 nya Mobilio dan BR-V... itu sih EarthDreams kawe... :big_biglaugh: soalnya di rumornya speknya 132hp DOHC... nangkep saya ya L15B7.
kalo ber 6 lebih enak lagi nie prit dibawanya. anteng bener soalnya ... ow nggak, kalo lio kan L15Z1. ini yang L15B Earth Dreams kayak di HR-V
L15B7 itu yang dipake FC1 kan? atau mungkinkah gak pake turbo?
Owh L15B EarthDreams punya HR-V dan Fit 1.5 di Japun kan? Iya yang itu.

L15B7 bener yang dipake Civic FC... Konon Freed 1.0 Turbo batal masuk. Daritadi saya ketuker nangkepnya L15B7 itu yang 130 HP NA :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: (TANYA) Freed 2012 enaknya di ganti apa

Post by liep »

ChZ wrote:
aratha wrote:
ChZ wrote:Sya pernah di tol full 6 orang yang nyetir temen saya tau - tau speedo gak kerasa udah 160 aja... :big_biglaugh: pikir gua sinting juga ini mobil.
L15B7 juga udah EarthDreams btw oom... Kalo yang dimaksud EarthDreams itu L15 nya Mobilio dan BR-V... itu sih EarthDreams kawe... :big_biglaugh: soalnya di rumornya speknya 132hp DOHC... nangkep saya ya L15B7.
kalo ber 6 lebih enak lagi nie prit dibawanya. anteng bener soalnya ... ow nggak, kalo lio kan L15Z1. ini yang L15B Earth Dreams kayak di HR-V
L15B7 itu yang dipake FC1 kan? atau mungkinkah gak pake turbo?
Owh L15B EarthDreams punya HR-V dan Fit 1.5 di Japun kan? Iya yang itu.
L15B7 bener yang dipake Civic FC... Konon Freed 1.0 Turbo batal masuk. Daritadi saya ketuker nangkepnya L15B7 itu yang 130 HP NA :mky_01:
trus ga ad prit lg ato cuma ganti casing?? kena turbo sptnya harga bakalan mirip hrv 1.8jbl ntar, ga kompetitif lg
aratha
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 121
Joined: Sun May 08, 2016 17:37

Re: (TANYA) Freed 2012 enaknya di ganti apa

Post by aratha »

Kalo ganti casing doank ya gimana ya. Saya yakin gak hanya ganti casing lah. Atleast sektor mesin pasti dirubah. Paling logic sih L15B EarthDreams atau L15B1, jadi i-VTEC DOHC dan masih bisa bersaing dengan sienta di rentang harga. Prediksi saya (yang kurang pinter) sih top trim di 320jt.

Kalaupun LB157 jadi masuk, pasti sunatannya bakal lumayan banyak supaya harga bisa bersaing. Itupun bisa2 menyentuh 350jt, dan jujur buat orang Indo. Mobil gak bisa nelen premium mah susah laku. Prit yang sekarang kasih bensin busuk asal rajin service juga baik2 aja soalnya.
2007 RE1 2.4 A/T
2010 GE8 RS 1.5 A/T
2012 GB3 1.5 A/T
2003 E46 318i 2.0 A/T
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: (TANYA) Freed 2012 enaknya di ganti apa

Post by marama »

carlzeiss wrote:Prit mah durabilitasnya oke kecuali pintu glodakannya yak yang udh ga ada obatnya kreyot kreyot mulu :mky_07:
Jalan perkampungan lembang mau turun kota bandung aja yang curam aja isi 7 dewasa + barang masih kuat nanjak . Ganti oli per 10 rb kilometer bahkan pernah lebih 2000 km aja masih no prob ( jangan dicontoh ) :mky_01: .
Kekurangannya cuman 1 : AC nya ga sedingin merk yoyota .
Kalo soal bejek ngebejek gas mah masih bisa lari lah asal sabar aja, 160 an masih tembus kok ditol :mky_08:
Prit ane lagi disiksa nih skrg kilometer udah 53 ribu tapi belom servis 50 ribu, masih bisa lari hahahaha :mky_03:
Freed ane trakhir servis 40k, skrg 60k blm servis om (kelewatan servis 50k, dan 60K), lagi males ke beres, tp gnt oli rutin per 5k.
Untungnya masih enak tuh mesin, lari di tol msh enak, g ada brebet wkwkwkkw, badak juga nih mesin.
BBM aja sering nya selang kuning
ternakblog
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 904
Joined: Sat Dec 28, 2013 8:38

Re: (TANYA) Freed 2012 enaknya di ganti apa

Post by ternakblog »

ChZ wrote:
aratha wrote:
ChZ wrote: Sya pernah di tol full 6 orang yang nyetir temen saya tau - tau speedo gak kerasa udah 160 aja... :big_biglaugh: pikir gua sinting juga ini mobil.

L15B7 juga udah EarthDreams btw oom... Kalo yang dimaksud EarthDreams itu L15 nya Mobilio dan BR-V... itu sih EarthDreams kawe... :big_biglaugh: soalnya di rumornya speknya 132hp DOHC... nangkep saya ya L15B7.
kalo ber 6 lebih enak lagi nie prit dibawanya. anteng bener soalnya ... ow nggak, kalo lio kan L15Z1. ini yang L15B Earth Dreams kayak di HR-V
L15B7 itu yang dipake FC1 kan? atau mungkinkah gak pake turbo?
Owh L15B EarthDreams punya HR-V dan Fit 1.5 di Japun kan? Iya yang itu.

L15B7 bener yang dipake Civic FC... Konon Freed 1.0 Turbo batal masuk. Daritadi saya ketuker nangkepnya L15B7 itu yang 130 HP NA :mky_01:
Ada bocoran ga cris tgl launcingnya itu allpred?
aratha
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 121
Joined: Sun May 08, 2016 17:37

Re: (TANYA) Freed 2012 enaknya di ganti apa

Post by aratha »

marama wrote:
carlzeiss wrote:Prit mah durabilitasnya oke kecuali pintu glodakannya yak yang udh ga ada obatnya kreyot kreyot mulu :mky_07:
Jalan perkampungan lembang mau turun kota bandung aja yang curam aja isi 7 dewasa + barang masih kuat nanjak . Ganti oli per 10 rb kilometer bahkan pernah lebih 2000 km aja masih no prob ( jangan dicontoh ) :mky_01: .
Kekurangannya cuman 1 : AC nya ga sedingin merk yoyota .
Kalo soal bejek ngebejek gas mah masih bisa lari lah asal sabar aja, 160 an masih tembus kok ditol :mky_08:
Prit ane lagi disiksa nih skrg kilometer udah 53 ribu tapi belom servis 50 ribu, masih bisa lari hahahaha :mky_03:
Freed ane trakhir servis 40k, skrg 60k blm servis om (kelewatan servis 50k, dan 60K), lagi males ke beres, tp gnt oli rutin per 5k.
Untungnya masih enak tuh mesin, lari di tol msh enak, g ada brebet wkwkwkkw, badak juga nih mesin.
BBM aja sering nya selang kuning
kalo ngeliat durabilitas prit, kalaupun ganti bakal ganti apa nie? biar TS ada masukan lagi selain ANKI.
2007 RE1 2.4 A/T
2010 GE8 RS 1.5 A/T
2012 GB3 1.5 A/T
2003 E46 318i 2.0 A/T
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: (TANYA) Freed 2012 enaknya di ganti apa

Post by marama »

aratha wrote:
kalo ngeliat durabilitas prit, kalaupun ganti bakal ganti apa nie? biar TS ada masukan lagi selain ANKI.
Kalau saya misal ada rejeki buat gantiin freed 2012 dirumah, mgkn prefer HRV aja untuk saat ini ya, kemarin sdh liat2 sienta di pameran mall kok kurang akomodasinya (sbg user freed).

Karena slama pakai freed jarang dinaikin sampai 6org, jok ketiga jarang sekali terpakai, jd saya rasa HRV cukup daya tampung nya. :mky_01:
aratha
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 121
Joined: Sun May 08, 2016 17:37

Re: (TANYA) Freed 2012 enaknya di ganti apa

Post by aratha »

laporan singkat abis test kabin di Sienta tipe V

driver seat:
layout dashboard nya terasa kurang roomy. posisi mengemudi tenggelam seperti hatchback. visibility masih kalah dengan Freed yang bisa sampe ngeliat incoming air attack :big_slap:

2nd row:
sepertinya karena efek double blower jadi serasa kurang headroom nya. dan entah kenapa, walaupun 2nd row pake bench. ketika saya duduk saya gak ngerasa lebih lebar ya akomodasi di 2nd row dibandingkan dengan Freed yang pake captain seat. kalo 3 orang duduk disitu dan seukuran saya semua akan rapat sekali jadinya.

3rd row:
akses ke 3rd row cuma 1 dengan melipat seat di 2nd row. itupun agak sempit buat saya yang chubby :big_childish:
coba duduk, terasa legroom cukup lumayan dengan 2nd row dimajukan full kedepan. 2nd row pun masih ok legroom nya dengan posisi copilot seat mundur full. but again, it just not quite there compared to Freed.

6 kata buat perbandingan Freed dan Sienta. Less headroom, less legroom, less adjustable. jujur saya gak pernah mempermasalahkan build quality, material dll. karena semua itu masih bisa diperbaiki, yang utama buat saya adalah comfort dan akomodasi. kalo ditanya "kan Sienta muat 7 dibanding Freed yang muat 6, lu bilang milih akomodasi", iya memang Sienta muat 7, tapi apakah nyaman kalo penumpangnya seukuran saya semua? saya akan jawab tidak. Sori, but the 2nd row is just not that wide for 3 person with my size.

Sekian hasil test kabin dari nubie yang masih kurang pinter ini. Mohon maaf jika ada kata dan kalimat yang tidak berkenan atau terkesan subjektif.
2007 RE1 2.4 A/T
2010 GE8 RS 1.5 A/T
2012 GB3 1.5 A/T
2003 E46 318i 2.0 A/T
User avatar
stevenanthony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 548
Joined: Sat Feb 01, 2014 15:04

Re: (TANYA) Freed 2012 enaknya di ganti apa

Post by stevenanthony »

aratha wrote:Kalo ganti casing doank ya gimana ya. Saya yakin gak hanya ganti casing lah. Atleast sektor mesin pasti dirubah. Paling logic sih L15B EarthDreams atau L15B1, jadi i-VTEC DOHC dan masih bisa bersaing dengan sienta di rentang harga. Prediksi saya (yang kurang pinter) sih top trim di 320jt.

Kalaupun LB157 jadi masuk, pasti sunatannya bakal lumayan banyak supaya harga bisa bersaing. Itupun bisa2 menyentuh 350jt, dan jujur buat orang Indo. Mobil gak bisa nelen premium mah susah laku. Prit yang sekarang kasih bensin busuk asal rajin service juga baik2 aja soalnya.
kalo prediksinya tepat, makin habis lah itu city... :mky_03:

320 jt top trim berarti middlenya beti2 sama hrv e cvt mungkin... entah bakal lebih laku yang mana, atau sama...

kalau ada budget lebih bisa loncat hrv prestis/crv 2000 kalau budget kurang bisa ke jazz... city ya yang buat mau sedan/suka modelnya aja :big_chicken:
2015 Honda HR-V E CVT
arfyano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: Tue Oct 06, 2015 0:59
Location: Bogor
Daily Vehicle: Mitsubishi Pajero Sport 4x4 Limited

Re: (TANYA) Freed 2012 enaknya di ganti apa

Post by arfyano »

susah om kl cari pengganti freed utk mbl keluarga.. saya waktu itu dr freed 2010 tuker innova 2011 matic bensin, rasa nya beda aja. selain lbh keras, FC jg lbh boros, akhrnya ganti panther grand touring 2011.. baru deh nemuin feel nya, hehehee.. ga mau TD innova d4d om? hehehee..
aratha
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 121
Joined: Sun May 08, 2016 17:37

Re: (TANYA) Freed 2012 enaknya di ganti apa

Post by aratha »

stevenanthony wrote:
aratha wrote:Kalo ganti casing doank ya gimana ya. Saya yakin gak hanya ganti casing lah. Atleast sektor mesin pasti dirubah. Paling logic sih L15B EarthDreams atau L15B1, jadi i-VTEC DOHC dan masih bisa bersaing dengan sienta di rentang harga. Prediksi saya (yang kurang pinter) sih top trim di 320jt.

Kalaupun LB157 jadi masuk, pasti sunatannya bakal lumayan banyak supaya harga bisa bersaing. Itupun bisa2 menyentuh 350jt, dan jujur buat orang Indo. Mobil gak bisa nelen premium mah susah laku. Prit yang sekarang kasih bensin busuk asal rajin service juga baik2 aja soalnya.
kalo prediksinya tepat, makin habis lah itu city... :mky_03:

320 jt top trim berarti middlenya beti2 sama hrv e cvt mungkin... entah bakal lebih laku yang mana, atau sama...

kalau ada budget lebih bisa loncat hrv prestis/crv 2000 kalau budget kurang bisa ke jazz... city ya yang buat mau sedan/suka modelnya aja :big_chicken:
Kemungkinan bacok2an antara Freed dan HR-V pasti besar. Soalnya kalo saya liat (walaupun samar2) Freed itu dipake anak kuliahan juga masih pantas2 saja. Begitu juga dengan HR-V, even MILF saja banyak yang pake HR-V, apalagi eksmud dan anak kuliahan.

City ya khusus penggemar sedan saja segmennya, mau gak mau City harus tetap ada buat counter Vios.
2007 RE1 2.4 A/T
2010 GE8 RS 1.5 A/T
2012 GB3 1.5 A/T
2003 E46 318i 2.0 A/T
User avatar
stevenanthony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 548
Joined: Sat Feb 01, 2014 15:04

Re: (TANYA) Freed 2012 enaknya di ganti apa

Post by stevenanthony »

aratha wrote:
stevenanthony wrote:
aratha wrote:Kalo ganti casing doank ya gimana ya. Saya yakin gak hanya ganti casing lah. Atleast sektor mesin pasti dirubah. Paling logic sih L15B EarthDreams atau L15B1, jadi i-VTEC DOHC dan masih bisa bersaing dengan sienta di rentang harga. Prediksi saya (yang kurang pinter) sih top trim di 320jt.

Kalaupun LB157 jadi masuk, pasti sunatannya bakal lumayan banyak supaya harga bisa bersaing. Itupun bisa2 menyentuh 350jt, dan jujur buat orang Indo. Mobil gak bisa nelen premium mah susah laku. Prit yang sekarang kasih bensin busuk asal rajin service juga baik2 aja soalnya.
kalo prediksinya tepat, makin habis lah itu city... :mky_03:

320 jt top trim berarti middlenya beti2 sama hrv e cvt mungkin... entah bakal lebih laku yang mana, atau sama...

kalau ada budget lebih bisa loncat hrv prestis/crv 2000 kalau budget kurang bisa ke jazz... city ya yang buat mau sedan/suka modelnya aja :big_chicken:
Kemungkinan bacok2an antara Freed dan HR-V pasti besar. Soalnya kalo saya liat (walaupun samar2) Freed itu dipake anak kuliahan juga masih pantas2 saja. Begitu juga dengan HR-V, even MILF saja banyak yang pake HR-V, apalagi eksmud dan anak kuliahan.

City ya khusus penggemar sedan saja segmennya, mau gak mau City harus tetap ada buat counter Vios.
iya bener... ga keliatan mobil keluarga kayak innova abisnya kalo freed.. bodynya juga compact.

ya kita lihat saja nanti mobil2 ahond siapa yang baik dan buruk nasibnya, tapi seburuk2nya pasti lumayan banyak juga yang beli :mky_03:
2015 Honda HR-V E CVT
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1612
Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05

Re: (TANYA) Freed 2012 enaknya di ganti apa

Post by geofreyap »

Emang kayaknya sienta blm bisa jadi pengganti freed sih om. Ga worthed lah. Better tunggu freed baru. Tapi untuk market sini konon sih masih L15 series mesinnya & ga ada turbo. Paling kalo yg ED naik dikit doang HPnya.
Kalo ada budget naik kelas sih mending naik kelas om.. Biante atau delica boleh lah..
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id