
Abstract
all new sienta ini di datengin ke Indonesia untuk mengisi kekosongan celah antara papanja dengan innova, karena pricetag innova ANKI yg mulai dr 300an dirasa ga cocok lagi untuk menyandang gelar "mobil rakjat" atau "mobil sejoeta oemat". sienta ini dibanderol dr harga 230 hingga 295jt utk highest trimnya.
Sienta
Toyota sienta ini merupakan model pure JDM dan hanya dipasarkan dr 2003 hingga 2015 sebagai mobil keluarga favorit di Jepang. rival terberat mobil ini yaitu honda freed. ya di Indonesia buanyak bgt yg make honda freed ini, beda sama di Japan yg katanya honda freed itu kalah laris bahkan jumlahnya dijalanan kalah banyak sama si sienta ini. mungkin toyota sienta ini bagai duo avxen yg ada di jepang (seperti itu kira2 perkiraan nubi

toyota sienta first model

setelah model kedua keluar, TAM memboyong All New Sienta ke Indonesia dan pengenalan pertama kalinya di lakukan di IIMS 2016 april lalu.
toyota sienta 2nd model

Toyota Sienta di Indonesia hadir dengan mesin 2NR-FE 1500cc yg sama dipakai toyota new avanza dan veloz dan disambungkan dgn transmisi CVT atau 6 speed manual (toyota pake sixpeed di below 300milion cars

Exterior
bentuk body mobil secara keseluruhan hampir gaada perbedaan sama sekali sama pure JDM nya, kecuali the almighty KERUM di fascia depan biar terlihat mewah utk sebagian org Indonesia, syukurnya penambahan chrome tsb ngga bikin norak mobil ini

model yg tersedia saat display di salah satu mall tsb hanya V type dan flagship Q type, perbedaan berarti dr kedua tipe yaitu penambahan add on bodykit pada tipe Q sedangkan tipe V kebawah polos tanpa add on. ada perbedaan yg mungkin tdk jadi perhatian orang banyak yaitu ukuran ban utk Q type lebih tebal 5% (195/55r16) dr pada V type. mungkin hal ini dilakukan utk kompensasi tambahan add on yg mengurangi Ground Clearance Q type tsb.
Q type:


V type:

Interior
masuk ke interior mobil ini dan duduk di driver seat yg saya coba ada driving positionnya. height adjuster di driver seat ini bisa diatur dngn jarak yg lumayan jauh, bahkan paling jauh range nya dr mobil2 yg pernah saya coba. posisi paling tinggi terlihat jelas engine hood bagian belakang utk postur saya yg 172cm dan utk posisi lowest bahu saya bisa tenggelam dibalik doortrim bahkan ada jarak sekitar 4-5 jari ke bagian kaca, me like it yg demen nyetir dngn posisi nyetir tenggelam

lalu mata saya tertuju dashboard dan doortrim mobil ini dan WAW saya tiba2 teringat yaris lele dengan fake stitchingnya, semua bagian dashboard dan doortrim atas utk row depan is full hard plastic


untung masih tertolong adanya kain2 empuk di bagian armrest di doortrim jd ga keras2 amat pas naro tangan pas nyetir

untuk AirCon System sudah dilengkapi mode digital dan ada Auto AC nya

peletakan transimisi berubah posisinya karena sienta ini ada varian transmisi manual, dan kalo manual ini ditaro di dashboard akan terbayang2 seperti granmax, so baik auto ataupun manual tranny posisinya berubah seperti pada mobil pada umumnya.
pindah ke row ke 2,posisi kursi bisa direclining dan bisa di maju mundurin (lupa ya namanya apa itu) dan hasilnya bisa didapatkan row 2 yg cukup lega. sayangnya row ke2 ini ga dilengkapi captain seat seperti pesaingnya honda freed


satu lagi notice saya di mobil ini adalah ketiadaannya armrest baik di doortrim maupun di tengah2 kursi, terus tangannya mau taro dimana? kepala? pundak? lutut? kaki?

dan yg pasti doortrimnya full of hard plastic




Kesimpulan
Toyota All New Sienta memiliki pricetag yg sangat pas dan dilengkapi trim yg cukup banyak memudahkan utk mengukur dengan kemampuan kantong. utk Q type sendiri sudah dilengkapi VSA dan HSC sedangkan type dibawahnya hanya dilengkapi piranti safety yg cukup utk mobil sekelas ini.
Pro:
-pure JDM model dan baru Indonesia yg dapet
-engine start stop
-power sliding door di kedua sisi (lupa dr type apa yg dapet)
-TOYOTA
Cons:
-almost full hard plastic interior
-no capt seat di second row
Demikian secuil, secarik, setetes se apa aja review yg dapat saya sampaikan. mohon maaf kalo kurang lengkap

selamat malam warga SM
