Very Short Term Review Toyota All New Sienta

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

syafimsa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 294
Joined: Sat May 02, 2015 18:58

Very Short Term Review Toyota All New Sienta

Post by syafimsa »

selamat malam para penghuni SM, admin serta sailenrider dimanapun anda berada, ijinkan saya meripiu SEKILAS mpv JDM (modelnya, bukan rakitannya) kelas nanggung besutan toyota ini :mky_01:

Abstract
all new sienta ini di datengin ke Indonesia untuk mengisi kekosongan celah antara papanja dengan innova, karena pricetag innova ANKI yg mulai dr 300an dirasa ga cocok lagi untuk menyandang gelar "mobil rakjat" atau "mobil sejoeta oemat". sienta ini dibanderol dr harga 230 hingga 295jt utk highest trimnya.

Sienta
Toyota sienta ini merupakan model pure JDM dan hanya dipasarkan dr 2003 hingga 2015 sebagai mobil keluarga favorit di Jepang. rival terberat mobil ini yaitu honda freed. ya di Indonesia buanyak bgt yg make honda freed ini, beda sama di Japan yg katanya honda freed itu kalah laris bahkan jumlahnya dijalanan kalah banyak sama si sienta ini. mungkin toyota sienta ini bagai duo avxen yg ada di jepang (seperti itu kira2 perkiraan nubi :mky_01: ).
toyota sienta first model
Image

setelah model kedua keluar, TAM memboyong All New Sienta ke Indonesia dan pengenalan pertama kalinya di lakukan di IIMS 2016 april lalu.
toyota sienta 2nd model
Image

Toyota Sienta di Indonesia hadir dengan mesin 2NR-FE 1500cc yg sama dipakai toyota new avanza dan veloz dan disambungkan dgn transmisi CVT atau 6 speed manual (toyota pake sixpeed di below 300milion cars :mky_02: )

Exterior
bentuk body mobil secara keseluruhan hampir gaada perbedaan sama sekali sama pure JDM nya, kecuali the almighty KERUM di fascia depan biar terlihat mewah utk sebagian org Indonesia, syukurnya penambahan chrome tsb ngga bikin norak mobil ini :mky_01:

model yg tersedia saat display di salah satu mall tsb hanya V type dan flagship Q type, perbedaan berarti dr kedua tipe yaitu penambahan add on bodykit pada tipe Q sedangkan tipe V kebawah polos tanpa add on. ada perbedaan yg mungkin tdk jadi perhatian orang banyak yaitu ukuran ban utk Q type lebih tebal 5% (195/55r16) dr pada V type. mungkin hal ini dilakukan utk kompensasi tambahan add on yg mengurangi Ground Clearance Q type tsb.

Q type:
Image

Image

V type:
Image

Interior
masuk ke interior mobil ini dan duduk di driver seat yg saya coba ada driving positionnya. height adjuster di driver seat ini bisa diatur dngn jarak yg lumayan jauh, bahkan paling jauh range nya dr mobil2 yg pernah saya coba. posisi paling tinggi terlihat jelas engine hood bagian belakang utk postur saya yg 172cm dan utk posisi lowest bahu saya bisa tenggelam dibalik doortrim bahkan ada jarak sekitar 4-5 jari ke bagian kaca, me like it yg demen nyetir dngn posisi nyetir tenggelam :mky_02: ,

lalu mata saya tertuju dashboard dan doortrim mobil ini dan WAW saya tiba2 teringat yaris lele dengan fake stitchingnya, semua bagian dashboard dan doortrim atas utk row depan is full hard plastic :mky_04:

Image

untung masih tertolong adanya kain2 empuk di bagian armrest di doortrim jd ga keras2 amat pas naro tangan pas nyetir :mky_01:

untuk AirCon System sudah dilengkapi mode digital dan ada Auto AC nya

Image

peletakan transimisi berubah posisinya karena sienta ini ada varian transmisi manual, dan kalo manual ini ditaro di dashboard akan terbayang2 seperti granmax, so baik auto ataupun manual tranny posisinya berubah seperti pada mobil pada umumnya.
pindah ke row ke 2,posisi kursi bisa direclining dan bisa di maju mundurin (lupa ya namanya apa itu) dan hasilnya bisa didapatkan row 2 yg cukup lega. sayangnya row ke2 ini ga dilengkapi captain seat seperti pesaingnya honda freed :big_bored:

Image

satu lagi notice saya di mobil ini adalah ketiadaannya armrest baik di doortrim maupun di tengah2 kursi, terus tangannya mau taro dimana? kepala? pundak? lutut? kaki? :big_childish:
dan yg pasti doortrimnya full of hard plastic :big_grin: :big_grin:

Image

Image


Kesimpulan
Toyota All New Sienta memiliki pricetag yg sangat pas dan dilengkapi trim yg cukup banyak memudahkan utk mengukur dengan kemampuan kantong. utk Q type sendiri sudah dilengkapi VSA dan HSC sedangkan type dibawahnya hanya dilengkapi piranti safety yg cukup utk mobil sekelas ini.

Pro:
-pure JDM model dan baru Indonesia yg dapet
-engine start stop
-power sliding door di kedua sisi (lupa dr type apa yg dapet)
-TOYOTA

Cons:
-almost full hard plastic interior
-no capt seat di second row


Demikian secuil, secarik, setetes se apa aja review yg dapat saya sampaikan. mohon maaf kalo kurang lengkap :mky_01:

selamat malam warga SM :big_deal:
[2AR-FE] [L15B7] [2ZR-FE] [R18Z1] [L15A7]
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Very Short Term Review Toyota All New Sienta

Post by liep »

Pertamax dulu sblm tdr...bner2 short ripiunya om hehe
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2308
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Very Short Term Review Toyota All New Sienta

Post by PRBS »

short review, tapi ada beberapa point yg kena.

untuk design eksterior sih, tergantung selera orang yaa. ada yg suka dan ada yg nggak..

btw untuk masalah fake stitch.. triple elips ga bosen apa sama fake stitch?

tapi setuju banget sama minusnya.. yaitu tidak adanya variasi capt-seaattt

sayang bgt mpv rotitawar middle class (saya gamau sebut mobil ini lowclass, soalnya pricetagnya ga murah) tapi ga pake capt-seaatt

kalau ada capt-seat kan jadi kayak biante,delica,serina,etc. tapi versi compact dan terjangkau hehe.. too bad.



tapi bisa aja versi capt-seat bakal keluar di edisi all niuw sportifo tierdi dadone amg mungkin? :mky_03: :mky_03:
User avatar
armann
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1091
Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
Location: JakartaBarat

Re: Very Short Term Review Toyota All New Sienta

Post by armann »

Third rownya gmn, leluasa buat badan dewasa gk?
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Very Short Term Review Toyota All New Sienta

Post by coklatMetalik »

Review sienta pertama di SM :mky_02:
Seperti biasa, TAM memberikan plastik keras dan jahit2an palsu. (Apakah kyk avanza yg keras tp tipis atau lbh tebal?)
Captain seat kyknya emg susah dipasang di sienta krn model pelipatan row 3 yg nyungsep itu ...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
pendoli
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1316
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: Very Short Term Review Toyota All New Sienta

Post by pendoli »

armann wrote:Third rownya gmn, leluasa buat badan dewasa gk?
Lebih luas dari avanza
Ngga seluas innova
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6014
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Very Short Term Review Toyota All New Sienta

Post by artoodetoo »

Good review, cuma saya gak setuju soal cons-nya, masa bukan captain seat dibilang cons.
Tidak semua orang butuh captain seat. Yang tidak butuh akan bilang itu pros
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3209
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Very Short Term Review Toyota All New Sienta

Post by walid_007 »

Nanggung bener pk mobil ginian , mending inova g kemana2
engine roaring!
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16673
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Very Short Term Review Toyota All New Sienta

Post by ChZ »

Mobil yang posisinya sangat-sangat nanggung... Hahahaha... Calon-calon mengulang kegagalan NAV-1.

Kurang nanggung apa... Size nya gak beda jauh dengan Avanza. Enggak captain seat. Cuman buat orang kebanyakan duit yang pengen MPV kecil tapi gak mau Avanza karena pasaran. Sama kayak NAV-1 lah... buat yang butuh 7 seaters besar tapi enggak mau pasaran kayak Innova...

Teknologi mesin... sama dengan Avanza 1.500cc kan... so...? :shrug:

Dan transmisi CVT yang bakal bikin review nya jadi jelek karena "terkesan" lemot.... :big_biglaugh:

Ya semoga enggak se-gagal NAV-1 deh....
Last edited by ChZ on Tue Jul 19, 2016 1:30, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
BRG
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Tue Sep 23, 2014 2:18

Re: Very Short Term Review Toyota All New Sienta

Post by BRG »

Untuk model sliding door memang susah bikin armrest di bagian dalam pintu, kendalanya nanti pintunya mau digeser dibelakang (CMIIW)... mungkin oleh karena itu selama ini disiasati pabrikan otomotif untuk armrest-nya ditaruh di kursi baris ke-2 dengan konfigurasi captain seat.

Sebenernya sienta muncul dengan konfigurasi baris ke-2 seperti ini menurut pendapat nubie sih harusnya menguntungkan konsumen... kenapa? jawabannya: diversity

Dengan adanya konfigurasi yang beda, customer punya lebih banyak pilihan... terutama jika Honda jadi memboyong all new freed ke Indonesia (dengan konfigurasi captain seat).
Buat yang butuh mobil sliding door dengan captain seat, tersedia mobil dengan konfigurasi tsb.. Buat yang butuh mobil sliding door tapi lebih prefer muat banyak, tersedia mobil dengan konfigurasi tsb juga..

Win-win for customer kalau di mata nubie.
:big_smile]

*bukan sales manapun, bukan fans merk apapun, cuman opini pribadi saja
ternakblog
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 904
Joined: Sat Dec 28, 2013 8:38

Re: Very Short Term Review Toyota All New Sienta

Post by ternakblog »

walid_007 wrote:Nanggung bener pk mobil ginian , mending inova g kemana2
Coba ipah g dilengkapi imobiliser :frm_bang_head:
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Very Short Term Review Toyota All New Sienta

Post by newrubble »

di kampung sy 3row seating saiz sgitu cuma ada dacia lodgy tapi swingdoor opening .... rare on street due to unpopularity

tadinya di suruh bawa ke afrika sini tapi sy bilang percuma pasti tar buang buang wang n jadi bangke

ahirnya bawa hilux n TLC200 (basic trim) yg mmg habitat mrk
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Very Short Term Review Toyota All New Sienta

Post by Turboman »

Sempet TD muterin pelataran diler AlSut

Tarikannya so so aja.......yaah mesin cuman 1500 cc mau diapain lagi......hehehehehe
* Bukan ajakan Beli *
abud1985
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Fri Jan 15, 2016 16:40

Re: Very Short Term Review Toyota All New Sienta

Post by abud1985 »

Buat arm rest pintu sliding, sbnernya bisa contoh kursinya e2000, itu kan sliding walopun satu sisi, tp dia ada arm rest samping sama tengah....

Masih menunggu impresi on roadnya, pgn tau terutama oleh pengguna freed

Nice review om :mky_02:
User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16

Re: Very Short Term Review Toyota All New Sienta

Post by Bulgogi »

Nice review om..
Btw punya foto depan belakang type V ga om?
Penasaran, soalnya selama ini cuma ditampilin type Q .. thanks before..
User avatar
stevenanthony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 548
Joined: Sat Feb 01, 2014 15:04

Re: Very Short Term Review Toyota All New Sienta

Post by stevenanthony »

akhirnya ada yang review... walaupun short :mky_02:

yang menurut ane paling turn off nya itu peletakan panel ac sama gear levernya.... abis liat yang jdm punya, liat yang ini kok jadi ga menarik sama sekali... tapi kalo gatau yg jdm punya, ac digital ini lumayan menarik.

dan gear lever dibawah gitu, sangat kerendahan buat dijangkau buat posisi nyetir ideal ane... gatau kalo om2 lain ada yang merasa begitu atau tidak :mky_01:

sama mesinnya... mesin avanza + cvt apakah ga lemot... tolong koreksi dan penjelasannya karena freed 5at 120ps aja dibilang lemot... ya ini mmg bukan enthusiast dan mmg mobil keluarga, tapi kalo lemot mau nyetirnya santai juga berasa gaenak... kalau mesinnya divariasiin (beda dr avanza dan mungkin vios-yaris facelift bakal pake mesin ini) pasti lebih menarik bagi sekelompok orang :big_smile]

IMHO paling worth it sih yang tipe g atau v.
2015 Honda HR-V E CVT
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51

Re: Very Short Term Review Toyota All New Sienta

Post by Mamang555 »

Nice review :D

Beberapa point dari ane sih :

- Setuju dengan mod diatas.. non captain seat ga bisa dibilang kelemahan. Ada yang menganggap ini kelebihan. Dan ntah kenapa, saya yakin sekali akan ada versi captain seat nya. Cepat atau lambat
- Lemot.. engg.. kemungkinan yang akan banyak make ini ibu2 atau mbak2. Jadi cocok lah (pertimbangan safety dan juga iritnya).
- Pasar nya ga banyak (berbenturan dengan Veloz tertinggi dan Ipah terendah). Semoga ga gitu laku dan... diskon BESAR :p :D
User avatar
jar-jit-no
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Thu Nov 29, 2012 5:58
Location: Malang city

Re: Very Short Term Review Toyota All New Sienta

Post by jar-jit-no »

review sienta pertamax nih..tinggal tes drive aja yg blm :big_grin:

jadi di tengah gk ad arm rest nih? ok gk dibikin arm rest di kursi tengah kyk biasa ada di sedan gt ya?

atau konsumen pas mau beli dikasi opsi mau kapten sit atau kursi biasa gt
4A91 4at - Slow Driver
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 795
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Very Short Term Review Toyota All New Sienta

Post by doge »

Ada fenomena baru di sm...
Tiap ada ripiw ttg mid-boxy mpv (sienta, freed) pasti ributnya itu bench seat or capt seat...

Btw... kok ga ada foto floor mounted shifternya? Dr smua ripiw, post ttg sienta yg aku tw satu detil itu ga prnah ada...
Apa kyk shifter kijang kapsul lx? Ato ipah j? Ato gmn?
:ngacir:
User avatar
liat2aja
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1093
Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23

Re: Very Short Term Review Toyota All New Sienta

Post by liat2aja »

Ada 360 video VR interior dan exterior Toyota Sienta kok di Youtube. Search saja Toyota Indonesia.

Tipe Q Orange itu kayaknya andalan Toyota buat pameran, contoh bulan lalu saya liat di Emporium Pluit tipe Q Orange yg sama. Tapi saya kemungkinan ambil tipe V Putih seperti diatas juga.

Oh ya saya pengguna Honda Freed Tipe A sekarang. Jadi kalau jadi ambil mobil ini, naik kelas buat saya karena Tipe A sangat low feature sampai airbag dan powered door ga ada. Maklum on budget
tokeknyungsep
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Mon Jul 11, 2016 13:57

Re: Very Short Term Review Toyota All New Sienta

Post by tokeknyungsep »

kira -kira kalo soal mesin ,lemotan ipah bensin matic ato ini ya?? wkwkwk..

Sent from my ASUS_Z00AD using Tapatalk
Forfunz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Tue Dec 29, 2015 4:12

Re: Very Short Term Review Toyota All New Sienta

Post by Forfunz »

1. Mesin ngga sama persis dengan avanza sih om. Spec sheet nya beda dikit meskipun mungkin real life nya mirip. IMHO, lemot atau ngga bukan hanya dari ps aja, mobilio lebih bertenaga meskipun ps sama dengan freed
2. Kalau tipe G sliding door cuma sebelah kiri om. Kalau V lumayan lengkap tapi yg berasa, gada VSC n HSA
stevenanthony wrote:akhirnya ada yang review... walaupun short :mky_02:

yang menurut ane paling turn off nya itu peletakan panel ac sama gear levernya.... abis liat yang jdm punya, liat yang ini kok jadi ga menarik sama sekali... tapi kalo gatau yg jdm punya, ac digital ini lumayan menarik.

dan gear lever dibawah gitu, sangat kerendahan buat dijangkau buat posisi nyetir ideal ane... gatau kalo om2 lain ada yang merasa begitu atau tidak :mky_01:

sama mesinnya... mesin avanza + cvt apakah ga lemot... tolong koreksi dan penjelasannya karena freed 5at 120ps aja dibilang lemot... ya ini mmg bukan enthusiast dan mmg mobil keluarga, tapi kalo lemot mau nyetirnya santai juga berasa gaenak... kalau mesinnya divariasiin (beda dr avanza dan mungkin vios-yaris facelift bakal pake mesin ini) pasti lebih menarik bagi sekelompok orang :big_smile]

IMHO paling worth it sih yang tipe g atau v.
User avatar
stevenanthony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 548
Joined: Sat Feb 01, 2014 15:04

Re: Very Short Term Review Toyota All New Sienta

Post by stevenanthony »

Forfunz wrote:1. Mesin ngga sama persis dengan avanza sih om. Spec sheet nya beda dikit meskipun mungkin real life nya mirip. IMHO, lemot atau ngga bukan hanya dari ps aja, mobilio lebih bertenaga meskipun ps sama dengan freed
2. Kalau tipe G sliding door cuma sebelah kiri om. Kalau V lumayan lengkap tapi yg berasa, gada VSC n HSA
Ohhh begitu om...makasih penjelasannya :big_deal:

Wah gaada vsc hsa ya... Jadi yang oke tipe q cuma udah deket2 ipah harganya :big_childish:
2015 Honda HR-V E CVT
User avatar
fizrmen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1052
Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
Location: BSD (Bogor Sana Dikit)

Re: Very Short Term Review Toyota All New Sienta

Post by fizrmen »

wuih review pertamax sientong di sm... good job!
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
2022 Mitsubishi Xpander Cross CVT
buluketek
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Wed Sep 09, 2015 15:54

Re: Very Short Term Review Toyota All New Sienta

Post by buluketek »

wadoh kaga ada arm rest nanggung juga ya :big_chicken: , semoga ada dah pas peslip nanti

btw ini mirip di botani ya tempatnya :mky_01: