Tugas PDI di Dealer ? kerjaan paling tidak jelas?

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

arissety
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 215
Joined: Mon Jun 17, 2013 8:30

Re: Tugas PDI di Dealer ? kerjaan paling tidak jelas?

Post by arissety »

Yusaku wrote:soalnya Temen ane udah mupeng ama SUV itu Bro Piggy, apalagi Ibunya sudah bersabda juga, kalau Saya sih sudah pasti lari ke brand lain. cuma kadang Eneg ama kelakuan gini masih isa terjadi di Dealer tersebut dekat lapangan terbang lama di Surabaya
piggypig77 wrote: Kok kayaknya saya tau ya suv apa ini dan ada 1 merk yg suka upping juga,kalo saya jadi temen sih diancam gitu bakal saya ancam balik masa cust mau beli malah diancam. Apalagi papa saya paling benci sales yg suka ngancam n uber2 bayar kalo ga dibeli orang lain,dlu kacabnya disamperin sampe minta maaf salesnya
KodokPushUp wrote:Ane pernah dapet lecet+panel gap gede, minta ganti unit. Bisa kok, asal belum tanda tangan terima unit aja.
Unit pengganti sedikit lebih baik, walaupun ada cat cacat di 2 tempat (ane lagi sibuk, adek ane yg asal nerima)
wuih untung banget Bro Kodok itu pake acara debat dulu ? soalnya ya gitu semua harus pake acara adu argumen dan lempar salah , kadang salah Saya terlalu sungkan ama Delivery kelihatan banget mereka suka push dan hurry process serah terima, belum turun unit aja sudah disodorin surat serah terima kendaraan, saran Saya juga bagi yang punya kelemahan kaya Saya mendingan bawa Teman yang jago nyablak wkwkwkw

erwinign wrote:soal PDI ane jadi inget 2 bulan lalu waktu ane main di dealer H tegak, kebetulan bengkelnya ada body and paint division. Ane liat ada HRV E baru warna merah (baru soalnya belum pasang kaca film, masih kinclong gres) atapnya abis di repaint, jazz RS baru kayanya jatuh dari truk pengangkut dibiarin aja di bengkel. Dulu waktu ambil ertiga 3 th lalu, juga skrup" penyambung console box ilang, panel mletot, pasang kaca film ngga bener. Salah ane juga sih kalo yang ertiga, checking ane yang kurang hahahaha
aduh itu yang dapat barang kaya gitu gimana ya ? kalau di sini proteksi KOnsumen oleh YLKI dan UU perlindungan KOnsumen hanya luxury bagi yang bisa sewa PAra Legal buat somasi ke ATPM ato dealer itu pun biaya ndak murah, jadi kebanyakan dijual ke unsuspected user.

ak4ng wrote:
kalimat sakti langsung keluar kenapa ga di cek dulu sebelum di terima pak :big_childish: ga masuk garansi kalo wiper :evil:


Yaampuuunnn nasib beli lcgc napa gini2 amat yak :big_exellent:
bilang aja Bro Akang, itu PDI kerjaannya apa lantas, kemarin aja Saya sindir Sales Bening yang jual roda 2 ke Saya itu PDi kelelahan ya ?, setelah dia nyalahin Saya untuk tidak check setelah barang datang, cuma bawaan Sales Rai gedek (alias muka batu) cuma bisa iya dan maaf :big_bored:
ChZ wrote:Hehehe trit yang bagus, bro hadi.... udah bosen liat SM isinya suggestion corner semua...

Ngeliat realita sekarang mobil baru banyak dan defectnya luar biasa banyak... Jadi mikir...

Sebetulnya proses PDI ini adalah proses yang menguji seberapa canggih 2S dealer loh... Sales and Service... termasuk juga gmn tanggung jawab dealer tsb terhadap barang cacat. Sayangnya proses PDI ini kebanyakan gak dianggap serius oleh pihak dealer dan sales yang gak ngerti mobil/motor... Cuma asal contreng checklist buku PDI lalu acc ke service manager... selesai.

Sepenuhnya kesalahan dealer dan divisi servis (yang bertanggung jawab dengan PDI) ? Nggak juga.
Makasih banyak Bro ChZ,

jadi gimana ya KOnsumen di INdonesia ini lemah banget kondisinya kalau sudah menyakut masalah kaya gini

menurut Saya paling aman adalah serah terima Unit di lapangan dealer dan bawa pulang dengan PLat semntara yang valid, karena jujur belakangan lihat bebrapa mobil baru plat propit diantar dengan penuh semangat oleh drivernya
Benar gan. Kemarin pas ane mau ambil GL (first new car), ane cuma kasih DP 1jt aja. Terus ane bilang, ntar klo unit sudah ready, kabarin saya, saya mau cek di dealer langsung. Dan klo barang ok, langsung ane lunasi, terus sorenya diantar kerumah.

Secara pemilihan waktu (jam 12 siang) dan lokasi (lapangan) sudah tepat anenya gan.
Cuma ane lupa g nyiapin checklist apa saja yg perlu ane cek, maklum ini mobil baru pertama buat ane. :mky_01:

Buat yg mau serah terima unit, ane ada masukan beberapa list yg perlu dicek:
1. Cek apa central lock sudah bekerja semua, temasuk kunci bagasi.
2. Cek wiper pakai air, depan n belakang
3. Cek switch AC hidup-mati.
4. Cek cat body
5. Cek kaca film, karena kadang masangnya kagak bener (mungkin ada titik2 kotornya).
6. Cek plat nomor sementara apakah sesuai dengan nomor plat sama merk kendaraan yg dibeli.

Oiya, ane ada beberapa pertanyaan:
a. Cara cek gap2 panel interior gimana caranya? Bagian yg peling perlu diperhatikan bagian mana aja?
b. Untuk cat body mobil, bagian yg perlu ane cek, bagian mana sj yg peling penting?
flamboyan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 235
Joined: Tue Nov 18, 2014 1:58

Re: Tugas PDI di Dealer ? kerjaan paling tidak jelas?

Post by flamboyan »

Temen ane, spv sales di satu diler mobil.

Satu saat, ada sales-nya dia di-complain bahwa mobi customer yg tlh di-delivery ternyata bekas tabrakan (kejadian seminggu stl delivery). Sales tanya ke dia (temen saya) gmn ni pertanggungjawabannya.

Awalnya dia bilang ke customer ybs bhw itu bukan tanggung jawab kami Pak, lagian khan sudah berlalu seminggu. Client bilang bahwa di akan complain ke pusat dan memperkarakan ke pengadilan. Sembari si client bilang ke temen saya "mobil saya tinggal dulu, coba deh diperiksa."

Hari itu jg teman saya bawa tuh mobil ke bag maintenance u periksa tuh mobil. Esoknya bag maintenance mengatakan bahwa mobil mmg bks tabrakan n sepertinya sdh lama (jd mmg bukan salah customer). Di situ temen saya perjuangkan tuh customer hingga akhirnya sekitar tiga bln kemudian ada mobil pengganti yg di-deliver ke customer ybs.

Seminggu stl delivery, temen saya diturunkan pangkat jd sales biasa. Akhirnya karena gak terima, di pindah ke diler mobil brand lain.

Kata dia, "saya merasa bagaimana kl yg jd customer itu saya."
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Tugas PDI di Dealer ? kerjaan paling tidak jelas?

Post by newrubble »

manusia itu sebaiknya idup punya prinsip .... buat apa kerjasama maling

lbh baik ilang kerjaan krn kerja yg bener itu banyak
simplefusion
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Tue Jun 07, 2016 5:13

Re: Tugas PDI di Dealer ? kerjaan paling tidak jelas?

Post by simplefusion »

flamboyan wrote:Temen ane, spv sales di satu diler mobil.

Satu saat, ada sales-nya dia di-complain bahwa mobi customer yg tlh di-delivery ternyata bekas tabrakan (kejadian seminggu stl delivery). Sales tanya ke dia (temen saya) gmn ni pertanggungjawabannya.

Awalnya dia bilang ke customer ybs bhw itu bukan tanggung jawab kami Pak, lagian khan sudah berlalu seminggu. Client bilang bahwa di akan complain ke pusat dan memperkarakan ke pengadilan. Sembari si client bilang ke temen saya "mobil saya tinggal dulu, coba deh diperiksa."

Hari itu jg teman saya bawa tuh mobil ke bag maintenance u periksa tuh mobil. Esoknya bag maintenance mengatakan bahwa mobil mmg bks tabrakan n sepertinya sdh lama (jd mmg bukan salah customer). Di situ temen saya perjuangkan tuh customer hingga akhirnya sekitar tiga bln kemudian ada mobil pengganti yg di-deliver ke customer ybs.

Seminggu stl delivery, temen saya diturunkan pangkat jd sales biasa. Akhirnya karena gak terima, di pindah ke diler mobil brand lain.

Kata dia, "saya merasa bagaimana kl yg jd customer itu saya."
good sales man bro.. :big_exellent:

kaya sales boyota langganan babe ama ane..

hati bole mitsu, tp tuh sales dari 2004 uda sukses meracuni garasi dengan produk2 andalan boyota.
2 nonopah, 2 yaris, 1 vios, 1 pelos. belom unit2 yang diambil buat kantor, dan referensi ane ke temen2 ane..

yarir bakpao ane beli dr dia, problemnya ga abis2, sampe ane seret TAM dan TMMIN turun.. beli di jkt, ane pake 2 taon di jatim.. semua klaim, semua problem dia handel dr jakarta, ane tinggal anter mobil ke a2k dikota yang ane tunjuk, sby, kediri, yu name it, he make it. sampe mobil pinjeman segala..

sampe tuh bakpao ane jual problem ga beres2 juga.. gantinya, another boyota vios :big_weee: sampe kacabnya bingung2 die bisa lolosin tuh SPK ke ane..

after salesnya bener2 bagus ini orang. sekarng denger2 uda jadi sales spv dia.
2012 4G93 CS5
2013 1NZ-FE XP150
2011 4D56 KG4
2005 4G69 NA4
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Tugas PDI di Dealer ? kerjaan paling tidak jelas?

Post by htannis »

Saya beli dakar juga setelah beberapa bulan baru sadar kap mesin bagian kiri ujung agak aneh gak nyambung bentuknya ke fender, sama karet buat nahan kap kurang satu, pas bawa ke tempat temen body repair ternyata kap mesin sama fender sama bemper depan dah bekas di benerin
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
flamboyan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 235
Joined: Tue Nov 18, 2014 1:58

Re: Tugas PDI di Dealer ? kerjaan paling tidak jelas?

Post by flamboyan »

Ternyata memang kerja PDI gak jelas ya (saya baru tahu ada PDI di forum ini) karena kita biasanya complain lgs ke sales. Dan tergantung personal sales dlm menerima kita
simplefusion
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Tue Jun 07, 2016 5:13

Re: Tugas PDI di Dealer ? kerjaan paling tidak jelas?

Post by simplefusion »

flamboyan wrote:Ternyata memang kerja PDI gak jelas ya (saya baru tahu ada PDI di forum ini) karena kita biasanya complain lgs ke sales. Dan tergantung personal sales dlm menerima kita
setau saya sales juga harus ikut PDI, sebelom unit dianter ke customer, dan sales yang harus serah terima konci ke customer dalam proses DO.
2012 4G93 CS5
2013 1NZ-FE XP150
2011 4D56 KG4
2005 4G69 NA4