Benar gan. Kemarin pas ane mau ambil GL (first new car), ane cuma kasih DP 1jt aja. Terus ane bilang, ntar klo unit sudah ready, kabarin saya, saya mau cek di dealer langsung. Dan klo barang ok, langsung ane lunasi, terus sorenya diantar kerumah.Yusaku wrote:soalnya Temen ane udah mupeng ama SUV itu Bro Piggy, apalagi Ibunya sudah bersabda juga, kalau Saya sih sudah pasti lari ke brand lain. cuma kadang Eneg ama kelakuan gini masih isa terjadi di Dealer tersebut dekat lapangan terbang lama di Surabaya
piggypig77 wrote: Kok kayaknya saya tau ya suv apa ini dan ada 1 merk yg suka upping juga,kalo saya jadi temen sih diancam gitu bakal saya ancam balik masa cust mau beli malah diancam. Apalagi papa saya paling benci sales yg suka ngancam n uber2 bayar kalo ga dibeli orang lain,dlu kacabnya disamperin sampe minta maaf salesnyawuih untung banget Bro Kodok itu pake acara debat dulu ? soalnya ya gitu semua harus pake acara adu argumen dan lempar salah , kadang salah Saya terlalu sungkan ama Delivery kelihatan banget mereka suka push dan hurry process serah terima, belum turun unit aja sudah disodorin surat serah terima kendaraan, saran Saya juga bagi yang punya kelemahan kaya Saya mendingan bawa Teman yang jago nyablak wkwkwkwKodokPushUp wrote:Ane pernah dapet lecet+panel gap gede, minta ganti unit. Bisa kok, asal belum tanda tangan terima unit aja.
Unit pengganti sedikit lebih baik, walaupun ada cat cacat di 2 tempat (ane lagi sibuk, adek ane yg asal nerima)
aduh itu yang dapat barang kaya gitu gimana ya ? kalau di sini proteksi KOnsumen oleh YLKI dan UU perlindungan KOnsumen hanya luxury bagi yang bisa sewa PAra Legal buat somasi ke ATPM ato dealer itu pun biaya ndak murah, jadi kebanyakan dijual ke unsuspected user.erwinign wrote:soal PDI ane jadi inget 2 bulan lalu waktu ane main di dealer H tegak, kebetulan bengkelnya ada body and paint division. Ane liat ada HRV E baru warna merah (baru soalnya belum pasang kaca film, masih kinclong gres) atapnya abis di repaint, jazz RS baru kayanya jatuh dari truk pengangkut dibiarin aja di bengkel. Dulu waktu ambil ertiga 3 th lalu, juga skrup" penyambung console box ilang, panel mletot, pasang kaca film ngga bener. Salah ane juga sih kalo yang ertiga, checking ane yang kurang hahahaha
bilang aja Bro Akang, itu PDI kerjaannya apa lantas, kemarin aja Saya sindir Sales Bening yang jual roda 2 ke Saya itu PDi kelelahan ya ?, setelah dia nyalahin Saya untuk tidak check setelah barang datang, cuma bawaan Sales Rai gedek (alias muka batu) cuma bisa iya dan maafak4ng wrote:
kalimat sakti langsung keluar kenapa ga di cek dulu sebelum di terima pakga masuk garansi kalo wiper
![]()
Yaampuuunnn nasib beli lcgc napa gini2 amat yak![]()
Makasih banyak Bro ChZ,ChZ wrote:Hehehe trit yang bagus, bro hadi.... udah bosen liat SM isinya suggestion corner semua...
Ngeliat realita sekarang mobil baru banyak dan defectnya luar biasa banyak... Jadi mikir...
Sebetulnya proses PDI ini adalah proses yang menguji seberapa canggih 2S dealer loh... Sales and Service... termasuk juga gmn tanggung jawab dealer tsb terhadap barang cacat. Sayangnya proses PDI ini kebanyakan gak dianggap serius oleh pihak dealer dan sales yang gak ngerti mobil/motor... Cuma asal contreng checklist buku PDI lalu acc ke service manager... selesai.
Sepenuhnya kesalahan dealer dan divisi servis (yang bertanggung jawab dengan PDI) ? Nggak juga.
jadi gimana ya KOnsumen di INdonesia ini lemah banget kondisinya kalau sudah menyakut masalah kaya gini
menurut Saya paling aman adalah serah terima Unit di lapangan dealer dan bawa pulang dengan PLat semntara yang valid, karena jujur belakangan lihat bebrapa mobil baru plat propit diantar dengan penuh semangat oleh drivernya
Secara pemilihan waktu (jam 12 siang) dan lokasi (lapangan) sudah tepat anenya gan.
Cuma ane lupa g nyiapin checklist apa saja yg perlu ane cek, maklum ini mobil baru pertama buat ane.

Buat yg mau serah terima unit, ane ada masukan beberapa list yg perlu dicek:
1. Cek apa central lock sudah bekerja semua, temasuk kunci bagasi.
2. Cek wiper pakai air, depan n belakang
3. Cek switch AC hidup-mati.
4. Cek cat body
5. Cek kaca film, karena kadang masangnya kagak bener (mungkin ada titik2 kotornya).
6. Cek plat nomor sementara apakah sesuai dengan nomor plat sama merk kendaraan yg dibeli.
Oiya, ane ada beberapa pertanyaan:
a. Cara cek gap2 panel interior gimana caranya? Bagian yg peling perlu diperhatikan bagian mana aja?
b. Untuk cat body mobil, bagian yg perlu ane cek, bagian mana sj yg peling penting?