Freed PSD atau Mobilio RS

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4632
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Freed PSD atau Mobilio RS

Post by Profith83 »

Belum pernah pakai Freed.
Sudah pernah pakai Panther manual, Grand Livina manual, Innova diesel manual dan matic, Mobilio RS CVT.

Kalau disuruh pilih Freed(2011) atau Mobilio RS(2014) --> beda 3 tahun.
Saya pilih Mobilio RS(2014) karena Mobil lebih baru, worry free.

Mesin sih sama sama awet. Kaki kaki kalau di Brio atau Jazz juga kuat.
Mobilio gak boyo kalau dibanding Freed.

Mobil sudah 5 tahun, tidak lama biasanya akan lumayan banyak penggantian. Biasanya thn ke 6-8 entah kalau Freed yah
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Freed PSD atau Mobilio RS

Post by liep »

k4sus wrote:sebagai prioritas saya cari yang irit dan nyaman.
Stabilitas di kecepatan tinggi tidak terlalu penting, namanya juga mobil keluarga dan kebanyakan istri yang bawa.
Innova seperti agak kebesaran untuk ruas jalanan jakarta yang semakin macet. mungkin kalau lebih banyak bawa di tol, saya akan ambil innova.
soal FC, cukup surprise juga kalau freed cuma bisa 1:7-8 mengingat mesin yang sama dipakai oleh jazz, mobilio, brv dan hrv.
Veloz 2012 juga sempat masuk dalam radar, tapi sepertinya itu teknologi mesin sudah sangat tua, terakhir cuma ditambal embel2 VVTI. Gearbox juga masih jadul 4AT yang memang terkenal sangat robust.
apakah benar motor sliding door freed PSD cepat rusak?
imho krn di rmh ad prit2014 punya bini dan manual veloz2012, pernah nyetir lio jg batch awal
irit, lio>veloz>prit, veloz kota2 kisaran 10-12 tmsk mbl brenti mesin hidup lama, kondisi yg sama prit 8km/ltr, klo lukot veloz 12-14, prit kisaran 12an
nyaman, prit>veloz>lio
istri nyetir, prit>veloz>lio, krn kaca prit minim blind spot dan tinggi, jd utk istri yg nyetir lebih jelas liat smua krn bkn posisi sedan spt lio
sparepart+biaya sevice, veloz>lio>prit, veloz sd 110rb km msh woke buat sruntulan dan hajar jalan rusak, tp prit jg ga ad mslh dg sliding dll
kedap, prit>veloz>lio batch awal, tp klo utk baris ke3, sih veloz malah lebih kedap drpd prit
anak tidur terlentang utk balita ya yg baris ke 2 rata, tp klo anak sdh bisa duduk sendiri ya prit lebih enak utk posisi tidur dan duduk
bbm, veloz premium woke aj, prit isi pertmax 92, lemotnya prit diakali dg belikan filter udara knn
prestige, prit>lio>veloz
klo msh ngebut tgantung skill dan nyali driver aj, asal tega aj narik pindah ke D3
saran saya ajak istri nytir 3 mbl tsb, krn dia yg pake jd dia hrs mrasa nyaman, kita cuma kasih saran aj, bisa jd bini milih prit ntar stlh TD, hehe
sori klo ad yg salah ketik+salah kata jg, thx
Yonatanw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Sun Feb 21, 2016 10:43
Location: Surabaya

Re: Freed PSD atau Mobilio RS

Post by Yonatanw »

Belum pernah pake freed, tapi di rumah ada jazz GE8 A/T yang biasa dipake bini, dan kita baru minang lio E CVT.
Ane vote for lio.

Dulu suka sekali bawa GE8, entah kenapa sekarang kalau pergi² tangan otomatis ambil kunci lio. Menurut ane, CVT lio jauh lebih nyaman dan responsive dari 5A/T GE8 yang lemot (pedal gas perlu diinjak agak dalam kalau mobil mau respon baik, di lio tinggal sentil² pedal, mobil udah lari).

Untuk FC di GE paling dapat 1:8.5 untuk dalam kota, di lio paling buruk 1:12.5. (Surabaya kota, kemacetan tidak separah jkt).
Keheningan kabin masih lebih baik GE8, jok lebih tebal GE8 meski sama² keras (kayaknya jok aHond semua keras mau tipis atau tebal)
DD4 CVT | GE8 5AT | K3-VE
User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 781
Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47

Re: Freed PSD atau Mobilio RS

Post by Mozawa »

setuju...vote lio...mesin dan trans freed udah out of date..walau sama2 l15 tapi beda tuning . Kaizen rule.

buang jauh2 mitos cvt itu lemot...Utk cvt honda terbaru yg menggunakan torque converter itu beda..
utk akselerasi ane jamin lio lbh superior daripada freed.
bahkan dibandingkan rival yang manualpun , ane rasa cvt lio lebih baik akselerasinya. Karena tarikannya continue , panjang dan tanpa jeda.

ane gak punya freed...tapi yg utama adalah usia ketuaan.
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4364
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Freed PSD atau Mobilio RS

Post by kunaskun »

kalau ada solusi buat benerin itu lemotnya freed saya vote for freed, karena jauh lebih nyaman daripada mobilio. material aja jauh lebih baik.
simplefusion
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Tue Jun 07, 2016 5:13

Re: Freed PSD atau Mobilio RS

Post by simplefusion »

kunaskun wrote:kalau ada solusi buat benerin itu lemotnya freed saya vote for freed, karena jauh lebih nyaman daripada mobilio. material aja jauh lebih baik.
ada dong om..

pasang turbo..
ganti GB manual..
engine swap ke mimpi dunia 132 HP..
paling ekstrim, ganti engine make motor listrik.. kaya tesla

:mky_02:
2012 4G93 CS5
2013 1NZ-FE XP150
2011 4D56 KG4
2005 4G69 NA4
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Freed PSD atau Mobilio RS

Post by liep »

kunaskun wrote:kalau ada solusi buat benerin itu lemotnya freed saya vote for freed, karena jauh lebih nyaman daripada mobilio. material aja jauh lebih baik.
ganti filter udara dg knn, harga kisaran 1jt,imho, kit buat bersih2 kisaran 300rb, ud beda jauh sih, bbm tetap pertmax 92, tarikan bwhnya sdh kebantu byk
ad jg yg ganti fpdp pake kansai ato ord, pasang TC.
tp klo buat bini yg stir spt ane, ganti filter knn ud cukup, tujuannya spy ga lemot ud cukup terpenuhi
Yonatanw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Sun Feb 21, 2016 10:43
Location: Surabaya

Re: Freed PSD atau Mobilio RS

Post by Yonatanw »

simplefusion wrote:
kunaskun wrote:kalau ada solusi buat benerin itu lemotnya freed saya vote for freed, karena jauh lebih nyaman daripada mobilio. material aja jauh lebih baik.
ada dong om..

pasang turbo..
ganti GB manual..
engine swap ke mimpi dunia 132 HP..
paling ekstrim, ganti engine make motor listrik.. kaya tesla

:mky_02:
IMHO, Kalau mesin sudah oke powernya om.. kayaknya yang lemot di transmisi.. Pindah 1 ke 2 aja ada kayak power loss gt. Trus nih transmisi rajin banget shift up, kecepatan 60 sudah di gigi 5, kalau sudah posisi gini dibejek kayak ga ada respon.. Mantan Altis ane yang taon 2001 4AT jadul masih lebih responsif..

Wik.. ribet om ganti GB manual :mky_01:
DD4 CVT | GE8 5AT | K3-VE
k4sus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: Tue Sep 18, 2012 11:56

Re: Freed PSD atau Mobilio RS

Post by k4sus »

hari ini sempat hunting ke showroom MGK, nemu freed PSD 2011 km masih 30rb. harga 185jt belum ditawar. masih single blower :big_bored:

ada juga Freed E 2013, km 46rb sudah facelift dan double blower. harga 210jt :big_dunno:

kemauan hati sih ambil yang 2013 meskipun km lebih tinggi, tapi harga jauh melebihi budget awal (170jt).

sempat test drive yang PSD 2011, posisi mengemudi tinggi, kaca depan sangat lebar. cukup empuk, tapi sewaktu u-turn terasa goyang.
saya sehari2 pakai hatchback gak pernah merasa goyang gini. apakah ini normal atau belum terbiasa?

satu lagi, apakah di 2nd row bisa tambah armrest sisi luar?
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 795
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Freed PSD atau Mobilio RS

Post by doge »

k4sus wrote:hari ini sempat hunting ke showroom MGK, nemu freed PSD 2011 km masih 30rb. harga 185jt belum ditawar. masih single blower :big_bored:

ada juga Freed E 2013, km 46rb sudah facelift dan double blower. harga 210jt :big_dunno:

kemauan hati sih ambil yang 2013 meskipun km lebih tinggi, tapi harga jauh melebihi budget awal (170jt).

sempat test drive yang PSD 2011, posisi mengemudi tinggi, kaca depan sangat lebar. cukup empuk, tapi sewaktu u-turn terasa goyang.
saya sehari2 pakai hatchback gak pernah merasa goyang gini. apakah ini normal atau belum terbiasa?

satu lagi, apakah di 2nd row bisa tambah armrest sisi luar?
Lah? Kan emg double blower bru ada di rangka 2013up (dan selain trim S alpha) om.... :mky_05:

Mobil roti tawar mana yg ga goyang klo di u-turn?(dibanding hatchback ya...)
Gugel: vehicle centre of gravity (biar tw knp mobil dg roof tinggi cenderung shaky klo belok); kl mls gugel http://www.bbc.co.uk/schools/gcsebitesi ... evision/3/
:ngacir:
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Freed PSD atau Mobilio RS

Post by liep »

k4sus wrote:hari ini sempat hunting ke showroom MGK, nemu freed PSD 2011 km masih 30rb. harga 185jt belum ditawar. masih single blower :big_bored:
ada juga Freed E 2013, km 46rb sudah facelift dan double blower. harga 210jt :big_dunno:
kemauan hati sih ambil yang 2013 meskipun km lebih tinggi, tapi harga jauh melebihi budget awal (170jt).
sempat test drive yang PSD 2011, posisi mengemudi tinggi, kaca depan sangat lebar. cukup empuk, tapi sewaktu u-turn terasa goyang.
saya sehari2 pakai hatchback gak pernah merasa goyang gini. apakah ini normal atau belum terbiasa?
satu lagi, apakah di 2nd row bisa tambah armrest sisi luar?
klo sdh demen prit dan budget tipis mending cari seri S tp yg sdh DB, klemahannya ac blm digital dan pintu kanan msh manual, blm ad fog lamp dan HU beda.
msh blm mantap, mau tetap cari seri e yg sdh DB, ya mending tambahi budgetnya biar sekali beli tp puas slamanya
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4364
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Freed PSD atau Mobilio RS

Post by kunaskun »

simplefusion wrote:
kunaskun wrote:kalau ada solusi buat benerin itu lemotnya freed saya vote for freed, karena jauh lebih nyaman daripada mobilio. material aja jauh lebih baik.
ada dong om..

pasang turbo..
ganti GB manual..
engine swap ke mimpi dunia 132 HP..
paling ekstrim, ganti engine make motor listrik.. kaya tesla

:mky_02:
kalau ini jadi mahal dong om dan butuh extra effort :mky_01:
liep wrote:
kunaskun wrote:kalau ada solusi buat benerin itu lemotnya freed saya vote for freed, karena jauh lebih nyaman daripada mobilio. material aja jauh lebih baik.
ganti filter udara dg knn, harga kisaran 1jt,imho, kit buat bersih2 kisaran 300rb, ud beda jauh sih, bbm tetap pertmax 92, tarikan bwhnya sdh kebantu byk
ad jg yg ganti fpdp pake kansai ato ord, pasang TC.
tp klo buat bini yg stir spt ane, ganti filter knn ud cukup, tujuannya spy ga lemot ud cukup terpenuhi
dulu si pernah cobain temen punya, 2012 kalau ga salah, dikasih K&N cuma gitu2 aja, tetep berasa lemot si :mky_03: ya mungkin karakternya aja halus sekali kali ya.
simplefusion
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Tue Jun 07, 2016 5:13

Re: Freed PSD atau Mobilio RS

Post by simplefusion »

kunaskun wrote:
simplefusion wrote:
kunaskun wrote:kalau ada solusi buat benerin itu lemotnya freed saya vote for freed, karena jauh lebih nyaman daripada mobilio. material aja jauh lebih baik.
ada dong om..

pasang turbo..
ganti GB manual..
engine swap ke mimpi dunia 132 HP..
paling ekstrim, ganti engine make motor listrik.. kaya tesla

:mky_02:
kalau ini jadi mahal dong om dan butuh extra effort :mky_01:
liep wrote:
kunaskun wrote:kalau ada solusi buat benerin itu lemotnya freed saya vote for freed, karena jauh lebih nyaman daripada mobilio. material aja jauh lebih baik.
ganti filter udara dg knn, harga kisaran 1jt,imho, kit buat bersih2 kisaran 300rb, ud beda jauh sih, bbm tetap pertmax 92, tarikan bwhnya sdh kebantu byk
ad jg yg ganti fpdp pake kansai ato ord, pasang TC.
tp klo buat bini yg stir spt ane, ganti filter knn ud cukup, tujuannya spy ga lemot ud cukup terpenuhi
dulu si pernah cobain temen punya, 2012 kalau ga salah, dikasih K&N cuma gitu2 aja, tetep berasa lemot si :mky_03: ya mungkin karakternya aja halus sekali kali ya.
kan solusi om :big_childish: engineer kalo ngasi solusi ga dikasi limit kan the sky is the limit, apalahi ini ahond, the power of dream :big_grin:
2012 4G93 CS5
2013 1NZ-FE XP150
2011 4D56 KG4
2005 4G69 NA4
anrico17
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 620
Joined: Wed Dec 09, 2015 16:12
Location: Laptop dan Rumah
Daily Vehicle: Disetirin

Re: Freed PSD atau Mobilio RS

Post by anrico17 »

Fred aja... Lebih nyaman, aman (sort of), dan lebih mevvah... Lagian jarang ke luar kota kan, dan freed itu mobil dalem kota banget.... Dan resale value lumayan bagus, tapi seinget gw kursi tengah captain seat jadi cm muat 7 orng...
Daripada taxilio.... :ngacir: :ngacir:
Hanya sekedar netizen yang numpang lewat

L15Z6, 4N15
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Freed PSD atau Mobilio RS

Post by liep »

kunaskun wrote:dulu si pernah cobain temen punya, 2012 kalau ga salah, dikasih K&N cuma gitu2 aja, tetep berasa lemot si :mky_03: ya mungkin karakternya aja halus sekali kali ya.
Hahaha...buat bini yg br blajar nyetir dan pake tiap hari standard..dia sdh trasa kok om bedanya...komennya dia awal2 jd ga enak krn nyundul2 klo macet2an...alias lbih responsif dan spontan...lain lg critanya ama om yg ga tiap hr naik prit dan ud biasa naik mbl bagusan dan kenceng...si iprit mau diapa2in ya tetap aj brasa lemot macam siput.... hehe
k4sus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: Tue Sep 18, 2012 11:56

Re: Freed PSD atau Mobilio RS

Post by k4sus »

armann wrote: Gmn kalo chevy orlando, bekas dpt yg 2012-2013 di kisaran 170-200 jt, interior lebih baik, lega sm mobilio mirip2, dibanding honda built qualitynya jauh lebih bgs, jok empuk, 1800cc (lebih gede power dan torsinya drpd freed dan mobilio, 141 hp/176 nm), pride merk amrik, cmn ya ass nya itu. Harga ini udh jatok bnyk, barunya sih sekitar 306 jt otr jakarta :big_okay:
sempat juga lihat lihat orlando beberapa bulan lalu sewaktu Test Drive Chevy Trax. harga barunya lumayan besar sampai lebih murah dari Trax karena mau ngabisin stok - gak bakal di produksi lagi disini. Dan malah istri lebih suka trax karena ada sunroof segala dan fitur2 lain.

Trax sih lumayan, tenaga juga melimpah. tapi terus terang ragu dengan masa depan brand Chevy ini kedepan nya. Showroomnya udah banyak yang tutup meskipun orang sales nya jamin mereka tidak akan hengkang dari sini.
k4sus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: Tue Sep 18, 2012 11:56

Re: Freed PSD atau Mobilio RS

Post by k4sus »

liep wrote:
kunaskun wrote:dulu si pernah cobain temen punya, 2012 kalau ga salah, dikasih K&N cuma gitu2 aja, tetep berasa lemot si :mky_03: ya mungkin karakternya aja halus sekali kali ya.
Hahaha...buat bini yg br blajar nyetir dan pake tiap hari standard..dia sdh trasa kok om bedanya...komennya dia awal2 jd ga enak krn nyundul2 klo macet2an...alias lbih responsif dan spontan...lain lg critanya ama om yg ga tiap hr naik prit dan ud biasa naik mbl bagusan dan kenceng...si iprit mau diapa2in ya tetap aj brasa lemot macam siput.... hehe
betul, nanti kalau ketemu istri dijalan malu .... kalah kencang :big_blushing:
User avatar
v4ldi5
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 242
Joined: Tue Apr 24, 2007 12:26

Re: Freed PSD atau Mobilio RS

Post by v4ldi5 »

Intinya gini aja deh kalo ga masalah konsumsi bbm pilih freed aja. Beli mobil jgn terlalu di pikirin rusak ini dulu ntar ts malah jadi parno sendiri hehehe.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4364
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Freed PSD atau Mobilio RS

Post by kunaskun »

liep wrote:
kunaskun wrote:dulu si pernah cobain temen punya, 2012 kalau ga salah, dikasih K&N cuma gitu2 aja, tetep berasa lemot si :mky_03: ya mungkin karakternya aja halus sekali kali ya.
Hahaha...buat bini yg br blajar nyetir dan pake tiap hari standard..dia sdh trasa kok om bedanya...komennya dia awal2 jd ga enak krn nyundul2 klo macet2an...alias lbih responsif dan spontan...lain lg critanya ama om yg ga tiap hr naik prit dan ud biasa naik mbl bagusan dan kenceng...si iprit mau diapa2in ya tetap aj brasa lemot macam siput.... hehe
ah bener juga kali ya kebiasaan naik mobil lain yang emang dari sononya lebih ada power : :mky_03:
User avatar
fahrizaalifa9
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Tue Feb 16, 2016 0:33

Re: Freed PSD atau Mobilio RS

Post by fahrizaalifa9 »

Freed pake jantung si monyong dan cvtnya...
User avatar
ANSdream
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 306
Joined: Tue Jun 11, 2013 23:17

Re: Freed PSD atau Mobilio RS

Post by ANSdream »

:big_blushing:
Banyakan nyonya yg bawa kan?
Aku sih vote emprit ajalah
Freed itu buat emak2 anter anak2 sekolah oke bgt lah
Pintu PSDnya praktis bgt buat keluar masuk anak dan masukin belanjaan
Lagian ibu2 ga perlu kenceng2 jg..
Buat jalan dalkot masih nyaman bgt

Kecuali yg bawa banyakan Om fan suka sruntulan di tol aku vote Lio
Aku tahun lalu juga semoat hampir ambil Freed ini
Tapi keputusan akhir. Ambil Lio RS CVT murni karena uangnya cash pas buat Lio
Males ambil kredit lg, kondisi sama2 baru hehe
Dah test drive aja dl Om...
:mky_08:

K3-VE 2010 - 2015
L15Z1 2015 - ...