Freed PSD atau Mobilio RS
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 60
- Joined: Tue Sep 18, 2012 11:56
Freed PSD atau Mobilio RS
halo master master,
saya lagi cari mobil keluarga second dengan budget sekitar 170jt-an.
kebanyakan akan dipakai ber-empat (2 dewasa dan 2 anak). tapi kadang2 butuh 3rd row untuk bawa jalan2 tamu.
pemakaian kira2 80% dalkot dan sisanya weekend untuk main keluar kota: bandung dan puncak.
kepikiran untuk ambil freed PSD 2011 atau mobilio RS 2014.
mohon saran nya mana yang lebih nyaman, irit dan stabil.
saya lagi cari mobil keluarga second dengan budget sekitar 170jt-an.
kebanyakan akan dipakai ber-empat (2 dewasa dan 2 anak). tapi kadang2 butuh 3rd row untuk bawa jalan2 tamu.
pemakaian kira2 80% dalkot dan sisanya weekend untuk main keluar kota: bandung dan puncak.
kepikiran untuk ambil freed PSD 2011 atau mobilio RS 2014.
mohon saran nya mana yang lebih nyaman, irit dan stabil.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Freed PSD atau Mobilio RS
mana yang lebih nyaman: freed untuk ber-empat
irit: mobilio jauh lebih irit
stabil: freed. mobilio kalo agak kenceng bokong masih terasa kurang stabil
irit: mobilio jauh lebih irit
stabil: freed. mobilio kalo agak kenceng bokong masih terasa kurang stabil

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 656
- Joined: Wed May 06, 2015 6:32
Re: Freed PSD atau Mobilio RS
Vote mobilio
Row 3 lebih manusiawi drpd freed, lebih lega, lebih irit, stabil so-so deh
Budget segitu kyknya bisa dapet E CVT
*kalo ga alergi diesel, saya saranin mobil kebangsaan serayamotor, thn 2008-10 tipe G dapet kyknya*
Row 3 lebih manusiawi drpd freed, lebih lega, lebih irit, stabil so-so deh
Budget segitu kyknya bisa dapet E CVT
*kalo ga alergi diesel, saya saranin mobil kebangsaan serayamotor, thn 2008-10 tipe G dapet kyknya*
daily user of a japanese..
nikmatilah selagi masih bisa dinikmati
nikmatilah selagi masih bisa dinikmati
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 474
- Joined: Sun Dec 27, 2015 6:41
- Location: Bekasi
Re: Freed PSD atau Mobilio RS
Tanggung sih kalo mobilio 2014 belum dashlift (kalo ga peduli bentuk dashboard mobilio sebelum dashlift ya gapapa).
Freed lebih boros dari mobilio. Tapi jelas freed lebih nyaman soal setting suspensi dan kekedapan kabin. Build material dan kualitas menang freed. Ride qualitynya mirip walaupun posisi menang dikit mobilio karena lebih rendah. Baris ketiga lebih manusiawi mobilio.
Tapi kalo bisa jelih milih mobil seken, siap tanggung mobil yang udah ga garansi dari atpm (garansi mesin honda 5 tahun ya? Cmiiw), gamasalah tentang konsumsi bbm, gasuka nyetir ngebut (performa freed perasaan saya ga seenak mobilio) go for FREED
Tapi kalo belom siap mikirin diatas dan terima build quality dan build material dan fit and finish yang begitu deh. Go for MOBILIO RS
Freed lebih boros dari mobilio. Tapi jelas freed lebih nyaman soal setting suspensi dan kekedapan kabin. Build material dan kualitas menang freed. Ride qualitynya mirip walaupun posisi menang dikit mobilio karena lebih rendah. Baris ketiga lebih manusiawi mobilio.
Tapi kalo bisa jelih milih mobil seken, siap tanggung mobil yang udah ga garansi dari atpm (garansi mesin honda 5 tahun ya? Cmiiw), gamasalah tentang konsumsi bbm, gasuka nyetir ngebut (performa freed perasaan saya ga seenak mobilio) go for FREED
Tapi kalo belom siap mikirin diatas dan terima build quality dan build material dan fit and finish yang begitu deh. Go for MOBILIO RS
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7655
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Freed PSD atau Mobilio RS
sy dua x pernah beli freed 2009 dan 2010 mobilio blm pernah
knapa sy beli (brandnew saat itu) krn dia ada di premium market termasuk JDM
kalo mobil yg cuma ada di developing market lbh baik sy beli utk di pakai di indo itu apapun yg low segment toyota lineup
knapa sy beli (brandnew saat itu) krn dia ada di premium market termasuk JDM
kalo mobil yg cuma ada di developing market lbh baik sy beli utk di pakai di indo itu apapun yg low segment toyota lineup
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 795
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: Freed PSD atau Mobilio RS
Prioritas TS apa? Irit? Nyaman? Ato stabil?
Irit: coret freed (motor psd klo rusak 4jt an /pcs(aku sdh prnah gnti... krn bunyi ngorok, untung msh warranty) , fc 1:7-9 dalkot on pertalite, klo pke premium tmbh boros+lemot)
Nyaman: blm prnah cb lio sih... go for ipah (somehow... ipah 05 di rmh lebih nyaman drpd freed [note: per blkgnya gnti pke per w124 ato 123... lupa aku] )
Stabil: freed (lari 130+ ga melayang, setir mantap, asal ga belok ndadak hahaha)
Irit: coret freed (motor psd klo rusak 4jt an /pcs(aku sdh prnah gnti... krn bunyi ngorok, untung msh warranty) , fc 1:7-9 dalkot on pertalite, klo pke premium tmbh boros+lemot)
Nyaman: blm prnah cb lio sih... go for ipah (somehow... ipah 05 di rmh lebih nyaman drpd freed [note: per blkgnya gnti pke per w124 ato 123... lupa aku] )
Stabil: freed (lari 130+ ga melayang, setir mantap, asal ga belok ndadak hahaha)

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 548
- Joined: Sat Feb 01, 2014 15:04
Re: Freed PSD atau Mobilio RS
kalo ane jelas freed. built qualitynya sedikit diatas mobilio, row 3 nya juga masih bisa didudukin kalo dalkot, dan ada di market jdm.
mobilio (cmiiw) lebih irit, dan entah lebih ga boyo ato ga.
cuma kalo freed, muatnya 6 orang, dipaksain 7.
kalo mobilio bisa 7, dipaksain 8.
mobilio (cmiiw) lebih irit, dan entah lebih ga boyo ato ga.
cuma kalo freed, muatnya 6 orang, dipaksain 7.
kalo mobilio bisa 7, dipaksain 8.
2015 Honda HR-V E CVT
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Freed PSD atau Mobilio RS
Kl saya sih pilih mobil yg tahunnya baruan lah jelas
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 822
- Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
- Location: +62-21
- Daily Vehicle: K I J A N G
Re: Freed PSD atau Mobilio RS
nyaman..
hmmm..
somehow Freed jauh lebih nyaman buat pengemudi, karena jok support badan banget dan ada handrest.
cabin lebih well-made, peredaman lebih baik, setir lebi enak dipegang dan dilihat.
buat 2nd row Freed sedikit lebih nyaman, maybe karena saya suka captain seat dan handrest nya.
3rd row, Lio lebi layak duduk. Freed lebi sempit.
kalo concern buat 4 manusia, saya pilih Freed karena emang lebi well-made dan jok nya masi berasa duduk di bangku mubil, bukan di papan.
kalo irit sih Lio ya, karena ringan dan Brio-based, plus uda syitttpitihhh.
dalkot 1:9-10 mah dapet lah Lio, iprit paling 1:7-8.
lurkot, Lio easily get 1:13-14, iprit paling 1:11-12.
stabil.
kalo buat kelincahan, saya vote buat Lio, lagi-lagi karena Brio-based dan lebih ringan
buat anteng2an di high speed, saya vote Freed, karena doi lebih berat dan lebih ga ngayun pas cruising, selama ga dipake zig-zag dan belok kenceng hehehehe.
alternatif: Kijang Innova
kalo irit jadi concern utama, Innova Diesel, taun 2009-2011, yang G diesel matic kayaknya masi nyampe.
kalo tahun pembuatan jadi concern utama, GNKI 2011-2012 yang G bensin matic atau E bensin matic, maybe masi kena taun 2013 yang sebelom FL dono / gitong.
senyaman nyamannya 2 mubil diatas, saya vote Innova deh kalo buat kenyamanan, beberapa hari ini pake Innova ya ga berasa pake LMPV / mubil kecil. anteng bener pas cruising, bantingan suspensi empuk, cabin really spacious dan posisi duduk santai. 3rd row juga lega.
kalo ngomong boros, iya Innova binsin boros, yang binsin dalkot 1:6-7, lurkot 1:10 uda syukur bener. tapi bisa muat penumpang lebi banyak dari iprit.
yang diesel sih ga boros, diantara iprit sama Lio, tapi bisa dipaksa solar busuk, asal maintenance lebi rapet aja. minusnya dapet taun tuwir.
hmmm..
somehow Freed jauh lebih nyaman buat pengemudi, karena jok support badan banget dan ada handrest.
cabin lebih well-made, peredaman lebih baik, setir lebi enak dipegang dan dilihat.
buat 2nd row Freed sedikit lebih nyaman, maybe karena saya suka captain seat dan handrest nya.
3rd row, Lio lebi layak duduk. Freed lebi sempit.
kalo concern buat 4 manusia, saya pilih Freed karena emang lebi well-made dan jok nya masi berasa duduk di bangku mubil, bukan di papan.
kalo irit sih Lio ya, karena ringan dan Brio-based, plus uda syitttpitihhh.
dalkot 1:9-10 mah dapet lah Lio, iprit paling 1:7-8.
lurkot, Lio easily get 1:13-14, iprit paling 1:11-12.
stabil.
kalo buat kelincahan, saya vote buat Lio, lagi-lagi karena Brio-based dan lebih ringan
buat anteng2an di high speed, saya vote Freed, karena doi lebih berat dan lebih ga ngayun pas cruising, selama ga dipake zig-zag dan belok kenceng hehehehe.
alternatif: Kijang Innova
kalo irit jadi concern utama, Innova Diesel, taun 2009-2011, yang G diesel matic kayaknya masi nyampe.
kalo tahun pembuatan jadi concern utama, GNKI 2011-2012 yang G bensin matic atau E bensin matic, maybe masi kena taun 2013 yang sebelom FL dono / gitong.
senyaman nyamannya 2 mubil diatas, saya vote Innova deh kalo buat kenyamanan, beberapa hari ini pake Innova ya ga berasa pake LMPV / mubil kecil. anteng bener pas cruising, bantingan suspensi empuk, cabin really spacious dan posisi duduk santai. 3rd row juga lega.
kalo ngomong boros, iya Innova binsin boros, yang binsin dalkot 1:6-7, lurkot 1:10 uda syukur bener. tapi bisa muat penumpang lebi banyak dari iprit.
yang diesel sih ga boros, diantara iprit sama Lio, tapi bisa dipaksa solar busuk, asal maintenance lebi rapet aja. minusnya dapet taun tuwir.
Daily Warrior:
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even
two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even
two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1091
- Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
- Location: JakartaBarat
Re: Freed PSD atau Mobilio RS
Kalo mau sabar sih saranin ambil mobilio dashlift tipe e/prestige yg baru dipake bntr, ride and handling top bwt dikls nya, dan baris ketiga lebih manusiawi drpd freed walaupun jok lebih enak di freed bwt perjalanan jauh, apalagi 2nd rownya
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Sun May 22, 2016 0:46
Re: Freed PSD atau Mobilio RS
nyaman : Freed
irit : Mobilio
stabil : Freed
alternatif : setuju sama om vulvy8858, Kijang Innova Diesel matic, kayaknya dapet tuh tipe G tahun 2009
alternatif saya ( ngawur version ) : Avanza
kayaknya 170 juta dapet tuh Veloz taun 2015
irit : Mobilio
stabil : Freed
alternatif : setuju sama om vulvy8858, Kijang Innova Diesel matic, kayaknya dapet tuh tipe G tahun 2009
alternatif saya ( ngawur version ) : Avanza

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Freed PSD atau Mobilio RS
legroom 3rd row freed emang lebih sempit, tapi kaki bisa diselonjorin di celah antara captain seat. Lol
plus head room yang sangat luas,
plus head room yang sangat luas,

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7655
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Freed PSD atau Mobilio RS
electric slidingdoor freed kalo rusak hrs kluar empat sampai sepuluh juta ya gpp .... kalo sy ya
ukur sj kantong dulu sblm beli
percuma beli kalo tdk siap future maintenance n breakdown costs
ukur sj kantong dulu sblm beli
percuma beli kalo tdk siap future maintenance n breakdown costs
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Freed PSD atau Mobilio RS
Tul, klo gak ada dana utk maintenance kedepannya, mending ga usah pny. Kasian klo motorized psdnya diganti pake kerekan sumur.
FWD + FWD + 4WD + 4WD = 

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 60
- Joined: Tue Sep 18, 2012 11:56
Re: Freed PSD atau Mobilio RS
thanks para master untuk input nya.
sebagai prioritas saya cari yang irit dan nyaman.
Stabilitas di kecepatan tinggi tidak terlalu penting, namanya juga mobil keluarga dan kebanyakan istri yang bawa.
Innova seperti agak kebesaran untuk ruas jalanan jakarta yang semakin macet. mungkin kalau lebih banyak bawa di tol, saya akan ambil innova.
soal FC, cukup surprise juga kalau freed cuma bisa 1:7-8 mengingat mesin yang sama dipakai oleh jazz, mobilio, brv dan hrv.
sempat terpikir juga freed 2011 sudah lumayan berumur, tapi lagi cari yg km rendah.
mobilio second membuat dilema tersendiri. tahun 2014 untuk type E prestige CVT harga 160jtan, tapi interior warna beige yang cepat kotor, apalagi punya anak yang lincah (pengalaman punya Grand Livina sebelumnya). Type RS harga 180jt-an, warna interior OK, tampang belakang Cakep tapi tampang depan terlalu futuristik seperti transformer
dan juga harga second mobilio RS CVT yang bikin galau, beda 30jt (210jt setelah diskon) dengan yang baru, dashboard lebih keren tapi head rest masih jadi satu dengan jok depan
lirik kesamping ada BRV E CVT yang beda 30jt (240jt setelah diskon) yang tampak depan nya lebih menggoda meskipun tampak belakang kurang mantap.
namun karena duit cash tersedia cuma 170jt-an dan males ngutang bank ... pilihan kembali ke Freed PSD dan Mobilio RS.
Veloz 2012 juga sempat masuk dalam radar, tapi sepertinya itu teknologi mesin sudah sangat tua, terakhir cuma ditambal embel2 VVTI. Gearbox juga masih jadul 4AT yang memang terkenal sangat robust.
apakah benar motor sliding door freed PSD cepat rusak?
sebagai prioritas saya cari yang irit dan nyaman.
Stabilitas di kecepatan tinggi tidak terlalu penting, namanya juga mobil keluarga dan kebanyakan istri yang bawa.
Innova seperti agak kebesaran untuk ruas jalanan jakarta yang semakin macet. mungkin kalau lebih banyak bawa di tol, saya akan ambil innova.
soal FC, cukup surprise juga kalau freed cuma bisa 1:7-8 mengingat mesin yang sama dipakai oleh jazz, mobilio, brv dan hrv.
sempat terpikir juga freed 2011 sudah lumayan berumur, tapi lagi cari yg km rendah.
mobilio second membuat dilema tersendiri. tahun 2014 untuk type E prestige CVT harga 160jtan, tapi interior warna beige yang cepat kotor, apalagi punya anak yang lincah (pengalaman punya Grand Livina sebelumnya). Type RS harga 180jt-an, warna interior OK, tampang belakang Cakep tapi tampang depan terlalu futuristik seperti transformer

dan juga harga second mobilio RS CVT yang bikin galau, beda 30jt (210jt setelah diskon) dengan yang baru, dashboard lebih keren tapi head rest masih jadi satu dengan jok depan

lirik kesamping ada BRV E CVT yang beda 30jt (240jt setelah diskon) yang tampak depan nya lebih menggoda meskipun tampak belakang kurang mantap.
namun karena duit cash tersedia cuma 170jt-an dan males ngutang bank ... pilihan kembali ke Freed PSD dan Mobilio RS.
Veloz 2012 juga sempat masuk dalam radar, tapi sepertinya itu teknologi mesin sudah sangat tua, terakhir cuma ditambal embel2 VVTI. Gearbox juga masih jadul 4AT yang memang terkenal sangat robust.
apakah benar motor sliding door freed PSD cepat rusak?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 60
- Joined: Tue Sep 18, 2012 11:56
Re: Freed PSD atau Mobilio RS
tahun 2009 terlalu tua boss, istri juga kurang setuju bawa diesel .... kalau sudah tua mesin berisik dan getaran terasa.indrzl wrote: alternatif : setuju sama om vulvy8858, Kijang Innova Diesel matic, kayaknya dapet tuh tipe G tahun 2009
baru-nya emang mantap ... harganya pun mantap

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 822
- Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
- Location: +62-21
- Daily Vehicle: K I J A N G
Re: Freed PSD atau Mobilio RS
well, kalo buat bini yang bawa, saya kurang suggest Innova sih, karena emang setirnya berat, kurang lincah saat nyalip2 dan pindah jalur, rem nya ABS EBD BA untuk tipe selaen V (asal bisa setop, emang butuh dibejek, blong abis), dan kalo om cukup anti bau solar, konsumsi mesin binsin nya bener bener nyekek kantong.k4sus wrote:thanks para master untuk input nya.
sebagai prioritas saya cari yang irit dan nyaman.
Stabilitas di kecepatan tinggi tidak terlalu penting, namanya juga mobil keluarga dan kebanyakan istri yang bawa.
Innova seperti agak kebesaran untuk ruas jalanan jakarta yang semakin macet. mungkin kalau lebih banyak bawa di tol, saya akan ambil innova.
soal FC, cukup surprise juga kalau freed cuma bisa 1:7-8 mengingat mesin yang sama dipakai oleh jazz, mobilio, brv dan hrv.
sempat terpikir juga freed 2011 sudah lumayan berumur, tapi lagi cari yg km rendah.
mobilio second membuat dilema tersendiri. tahun 2014 untuk type E prestige CVT harga 160jtan, tapi interior warna beige yang cepat kotor, apalagi punya anak yang lincah (pengalaman punya Grand Livina sebelumnya). Type RS harga 180jt-an, warna interior OK, tampang belakang Cakep tapi tampang depan terlalu futuristik seperti transformer![]()
dan juga harga second mobilio RS CVT yang bikin galau, beda 30jt (210jt setelah diskon) dengan yang baru, dashboard lebih keren tapi head rest masih jadi satu dengan jok depan![]()
lirik kesamping ada BRV E CVT yang beda 30jt (240jt setelah diskon) yang tampak depan nya lebih menggoda meskipun tampak belakang kurang mantap.
namun karena duit cash tersedia cuma 170jt-an dan males ngutang bank ... pilihan kembali ke Freed PSD dan Mobilio RS.
Veloz 2012 juga sempat masuk dalam radar, tapi sepertinya itu teknologi mesin sudah sangat tua, terakhir cuma ditambal embel2 VVTI. Gearbox juga masih jadul 4AT yang memang terkenal sangat robust.
apakah benar motor sliding door freed PSD cepat rusak?
freed boros utamanya karena bobot yang emang uda berat, ditambah kalo diisi banyak orang, makin berat lagi itu mesin narik body..
kalo pilus 3SZ mah.. yaaa.. yaaaa... masi apansa, mao digimanain juga masi berasa banget rasa ke apansa an nya wakakakakaka.
tapi daya tahannya masi apansa juga wuakakakak.
Daily Warrior:
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even
two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even
two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 781
- Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47
Re: Freed PSD atau Mobilio RS
Vote mobilio rs cvt pasti.
alasan , lebih baru
akselerasi jauh lebih baik dari freed yang boyo.
fc jauh lbh irit. Lio ane lurkot paling jelek 1:16 , kec 90 sd 120.
kalo nyantai mudah dapat 1:18. premium.
freed udah menopause menunggu adiknya masuk, freed turbo.
alasan , lebih baru
akselerasi jauh lebih baik dari freed yang boyo.
fc jauh lbh irit. Lio ane lurkot paling jelek 1:16 , kec 90 sd 120.
kalo nyantai mudah dapat 1:18. premium.
freed udah menopause menunggu adiknya masuk, freed turbo.
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Tue May 05, 2015 5:51
Re: Freed PSD atau Mobilio RS
Kalau lihat kriteria TS sepertinya banyak dalam kota dan perlu kenyamanan...menurut saya ya go for freed. Apalagi harga jualnya sekennya sekarang sudah cukup stabil (patokan saya di kota surabaya), in case ke depannya mau jual lagi nggak akan serugi mobilio


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 795
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: Freed PSD atau Mobilio RS
Ngg... aku g prnah bilang cepet rusak....k4sus wrote: -cut, krn sdh terjawab-
apakah benar motor sliding door freed PSD cepat rusak?
Namanya electrical itu yaa kdg" sial, tp bnyk amannya la klo mbl jepang... at least it wont stall the car... (asal bkn yg berhub lsg dgn mesin)
Biasanya klo cpt rusak itu krn motornya lg nggerakin pintunya, pintunya diseret sm yg mbuka/nutup pintu (mungkin krn g biasa pke psd... aku sering hrs ngingetin klo ada yg nebeng biar g diseret pintunya)
Klo yg di case ku... psdnya msh berfungsi normal... cm wktu slese buka harusnya cmn 'cklek'(ini bunyi pengunci pintu gesernya.. jd klo parkir di jalan yg nanjak ato nurun ga melorot pintunya) jd ada bonus suara 'ngeeeeeeek'
Kan ngeri... haha.. makanya aku klaim dan somehow diganti motornya... (smpe skrg aku gtw knp bs bunyi gitu) skrg udh berfungsi normal... tnp bunyi aneh tentunya..
Selain itu... krn pintunya geser... tiap x-2x rb km hrs diseting dikit pintunya(di bagian penonjoknya [apa sih sebutannya, lupa aku --a; klo demen servis di beres bilang aja pintu gesernya bunyi... mereka ngerti hrs ngapain), soalnya bunyi kriet" klo di jln kasar... klo udh diseting... ilang suaranya
Other than that (and not so efficient fc, and rattle, and tire noise(mungkin krn ban dunl0p... blm cb gnti ban lain)), no problem...

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 742
- Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
- Location: Surakarta
- Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013
Re: Freed PSD atau Mobilio RS
Freed vs mobilio RS.. errrr
oke freed boros + lemot karena emang mesin yang dipakai sama dengan jazz GE8 tapiiii, berat kosong freed ini 300kg lebih berat dari jazz.. jadi bayangin aja itu jazz full load = freed kosongan, kalo ditambah driver 1 orang aja berarti udah lebih berat dari jazz full load.. jadi ya gitu dehh..
soal kenyamanan sih uwe tetep pegang freed, harus diakui mobil ini nyaman banget, minim blind spot jg menurut uwe.. kelistrikan freed ga tau emang gampang rusak atau gimana, tapi punya temen uwe udah ga jalan itu auto door nya, jadi pake otot terpaksanya.. seperti yg dibilang oleh om doge, kelistrikan kita ga tau kapan bakal rusaknya..
pertimbangan lain harga 170an sih kenapa ga coba lirik2 ertiga ? lumayan lho, irit juga, cuma emang row 3 sempit..
option lain yg cukup manusiawi ya innova D4D kebangsaan SM.. best buy sih, secara ukuran menurut uwe ga besar2 amat, masih manusiawi aja, beda kerasa gede karena tinggi aja sama lebaran dikit dibanding lio RS.. malah uwe suka mobil tinggi, kerasa lebih commanding..

oke freed boros + lemot karena emang mesin yang dipakai sama dengan jazz GE8 tapiiii, berat kosong freed ini 300kg lebih berat dari jazz.. jadi bayangin aja itu jazz full load = freed kosongan, kalo ditambah driver 1 orang aja berarti udah lebih berat dari jazz full load.. jadi ya gitu dehh..
soal kenyamanan sih uwe tetep pegang freed, harus diakui mobil ini nyaman banget, minim blind spot jg menurut uwe.. kelistrikan freed ga tau emang gampang rusak atau gimana, tapi punya temen uwe udah ga jalan itu auto door nya, jadi pake otot terpaksanya.. seperti yg dibilang oleh om doge, kelistrikan kita ga tau kapan bakal rusaknya..
pertimbangan lain harga 170an sih kenapa ga coba lirik2 ertiga ? lumayan lho, irit juga, cuma emang row 3 sempit..
option lain yg cukup manusiawi ya innova D4D kebangsaan SM.. best buy sih, secara ukuran menurut uwe ga besar2 amat, masih manusiawi aja, beda kerasa gede karena tinggi aja sama lebaran dikit dibanding lio RS.. malah uwe suka mobil tinggi, kerasa lebih commanding..


2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
2020 CRV RW1 1.5TC
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1109
- Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30
Re: Freed PSD atau Mobilio RS
Vote freed aja... psdnya keren, akomodasi lebih lapang utk 4 orang. Kalau pas bawa tamu masih ok lah. Dan yg jelas kastanya di atas mobilio.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1091
- Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
- Location: JakartaBarat
Re: Freed PSD atau Mobilio RS
k4sus wrote:halo master master,
saya lagi cari mobil keluarga second dengan budget sekitar 170jt-an.
kebanyakan akan dipakai ber-empat (2 dewasa dan 2 anak). tapi kadang2 butuh 3rd row untuk bawa jalan2 tamu.
pemakaian kira2 80% dalkot dan sisanya weekend untuk main keluar kota: bandung dan puncak.
kepikiran untuk ambil freed PSD 2011 atau mobilio RS 2014.
mohon saran nya mana yang lebih nyaman, irit dan stabil.
Gmn kalo chevy orlando, bekas dpt yg 2012-2013 di kisaran 170-200 jt, interior lebih baik, lega sm mobilio mirip2, dibanding honda built qualitynya jauh lebih bgs, jok empuk, 1800cc (lebih gede power dan torsinya drpd freed dan mobilio, 141 hp/176 nm), pride merk amrik, cmn ya ass nya itu. Harga ini udh jatok bnyk, barunya sih sekitar 306 jt otr jakarta

PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7655
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Freed PSD atau Mobilio RS
dosa freed ckd itu utamanya .....
dia released jauh lbh dulu drpd tyt sienta kalo di indo
dia released jauh lbh dulu drpd tyt sienta kalo di indo
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Tue Jun 07, 2016 5:13
Re: Freed PSD atau Mobilio RS
for me, FREED. for the sole reason, ini masi mobil "beneran" bukan mobil asal rancang dengan modifikasi sasis kecil.
nyaman jelas freed, karena design pure for human transport, kalo mobilio ga jelas buat human apa half human half stuff
buat irit, mobilio ketolong CVTnya kalo matik dan freed ga ada manual jd ga bisa apple to apple, intinya sama2 bisa dibuat irit, freed i got personal best 15 bisa lho, 2 orang ac on luar kota dengan super granny style throttle, walopun mobilio lebi gampang dibuat irit.
buat stability, up to normal driving style indo ( 120-130 ) buat ane imbang. diatas itu freed belom perna, kalo mobilio ane personal dengan mobilio frankenstein uda diobrak abrik 180 suprisingly masi ok lah stabilitynya di tol ( dengan ekstra beban di belakang kira2 120-130 kg stuff )
nyaman jelas freed, karena design pure for human transport, kalo mobilio ga jelas buat human apa half human half stuff
buat irit, mobilio ketolong CVTnya kalo matik dan freed ga ada manual jd ga bisa apple to apple, intinya sama2 bisa dibuat irit, freed i got personal best 15 bisa lho, 2 orang ac on luar kota dengan super granny style throttle, walopun mobilio lebi gampang dibuat irit.
buat stability, up to normal driving style indo ( 120-130 ) buat ane imbang. diatas itu freed belom perna, kalo mobilio ane personal dengan mobilio frankenstein uda diobrak abrik 180 suprisingly masi ok lah stabilitynya di tol ( dengan ekstra beban di belakang kira2 120-130 kg stuff )