Tugas PDI di Dealer ? kerjaan paling tidak jelas?

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
Location: Surabaya

Tugas PDI di Dealer ? kerjaan paling tidak jelas?

Post by Yusaku »

Halo Rekan SM dan Sepuh Sepuh semua, setelah beberapa kali menemani Teman ane dalam beli kendaraan roda 4 dan beberapa kali ane mengambil kendaraan roda 2,

Selalu ane temukan defect (cat sudah lecet, tergores, fokus lampu miring,klip hilang,dll), tapi mengingat barang sudah masuk ke dealer maka yang bertanggung jawab di sini ane simpulkan bagian QC dealer atau PDI, agar barang dengan defect (seperti cacat goresan, penyok, bocor) tidak sampai di tangan konsumen CMIIW

apakah PDI itu ?, singkatnya merupakan prosedur yang wajib dilakukan Dealer, pada saat menrima kendaraan dari Pabrik, sebelum kendarann diserahkan kepada Pembeli yang meliputi penyetelan mesin sesuai denga spek, pengisian bahan bakar, cek tekanan angin, sert laporan cacat blemish di cat goresan dan lain lain, yang telah ada dalam formulir inspeksi, kasarannya Konsumen berhak atas kesempunaan kendaraan 100% tidak kurang.

dalam teorinya kalau ditemukan cacat (dalam hal ini seperti second layer protection setelah QC di Pabrik) maka bisa dapat teratasi sebelum kendaraan tersebut terdelivery ke Konsumen.

dan dalam pengalaman cupu Saya paling sering terjadi lolos PDI di kendaraan roda 2, karena pengiriman yang meletakan beberapa unit di bak mobil PIckup dan kejar tayang, agar bisa terdelivery beberapa unit di hari yang sama. ini menyebabkan kadang Proses PDi itu hanya seformal di buku servis aja, alias modal tanda tangan tanpa adanya proses PDi sebenarnya.

Contoh kesalahan delivery yang bikin KOnsumen harus menanggung akibat:

Kirim Kendaraan Malam Hari, cepat cepat meminta konsumen menandatangin formulir serah terima, dll


Yang paling menyebalkan kalau kendaraan Kita lolos dari proses PDI bebebrapa oknum dealer di Indonesia maka ini yang mungkin Anda dapatkan:

1. Si Oknum Sales ngumpet atau tidak pro aktif saat Kita Klaim cacat(hanya aktif waktu kejar pelunasan setalah uang masuk rekening PT hilang kaya diculik FBI)
2. di Ping Pong ke bagian Service, Pengiriman, Sales sampai Anda frustasi (You Lose or They Lose)
3. disalahin Sales dengan omongan "Waktu datang kok tidak dicek Pak? kan sudah tanda tangan Anda?"
4. kebanyakan unit hanya direpair dan jarang bisa diganti baru (mengingat Surat sudah jalan atas nama Anda dan NIK Kendaraan cacat tersebut),kalaupun bisa kaya kejaiban di dalam hidup ini

(semua itu sudah Saya Alami dan kisah nyata Saya )

Dengan itu Saya saran ama Rekan2 SM, cerewetlah dan tegalah sewaktu memeriksa kendaraan baru Anda, percayalah bagian PDI ndak akan seteliti Anda sebab itu bukan kendaraan Dia, dan Dia tidak tahu apakah Anda sudah banting tulang buat menabung agar bisa nebus kendaraan kesayangan Anda.

Intinya beli barang itu, Konsumen hanya kuat sebelum menyerahkan uang, setelah Uang pindah ke Dealer maka nasib Konsumen sungguh di belas kasihan Dealer. (lain cerita kalau ada beking atau lulusan hukum yang mengeri undang undang konsumen )

yang heran Tulisan Kotak Kecil di Nota itu menjadi Pedoman Beberapa Dealer yang Saya ambil kendaraan

"Barang yang dibeli tidak dapat ditukar atau dikembalikan kecuali ada perjanjian terlebih dahulu"


Muhun Rekan SM bisa Share apa bila ada pendapat lain serta pengalaman dalam proses PDI ini, dan semoga KOnsumen lebih awas lagi, sehingga tidak ada kasus kasus Konsumen harus menanggung keteledoran pihak internal Oknum Dealer.

Apabila ada Bahasa yang salah, Saya mohon maaf sebesar besarnya :big_deal:
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Tugas PDI di Dealer ? kerjaan paling tidak jelas?

Post by newrubble »

krn dulu alm.ayah buka medical clinic di satu CKD facility .... sy dr dulu liat bhw

pdi itu factory post production stage (ini ckd u ford .... bmw ..... jeep)

yg scratch ya di respray outdoor .... bgt juga kalo tdk lolos rain test ya dibongkar di pdi zone

krn delivery itu outsourcing maka di tiap carrier org dr ckd facility ikut sampai offload klaar

kalo di dealership itu cuma handover sj ke customer (flatbed truck itu cuma goodwill service sj) sehingga kalo pun disebut pdi disitu ya kalo ada apa apa percuma

mrk tdk dikasih authority u kirim balik ataupun pettycash atau whatever spy body dent / scratch bisa betul lg

ibarat tentara di suruh perang tapi tdk di kasih peluru
Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
Location: Surabaya

Re: Tugas PDI di Dealer ? kerjaan paling tidak jelas?

Post by Yusaku »

Ah IC jadi Pabrik Pun tidak scrap keseluruhan juga ya Om Rubble ?, dan jadi ceritanya Dealer hanya bisa terima saja, kalau dapat barang jelek dan hands over all liability to Buyer, dan benar kata Om, jarang yang kasih Flatbed delivery except well known premium brand dan IU.

Kalau kejadian seperti ini Saya rasa Pabrikan juga tidak mau rugi, bisa jadi diperbaiki lagi buang ke dealer terpencil

Image
courtesty:sukarodadua

Masa setiap Masalah begini harus bikin ramai dulu di Dealer baru kelar :big_dunno:





newrubble wrote:krn dulu alm.ayah buka medical clinic di satu CKD facility .... sy dr dulu liat bhw

pdi itu factory post production stage (ini ckd u ford .... bmw ..... jeep)

yg scratch ya di respray outdoor .... bgt juga kalo tdk lolos rain test ya dibongkar di pdi zone

krn delivery itu outsourcing maka di tiap carrier org dr ckd facility ikut sampai offload klaar

kalo di dealership itu cuma handover sj ke customer (flatbed truck itu cuma goodwill service sj) sehingga kalo pun disebut pdi disitu ya kalo ada apa apa percuma

mrk tdk dikasih authority u kirim balik ataupun pettycash atau whatever spy body dent / scratch bisa betul lg

ibarat tentara di suruh perang tapi tdk di kasih peluru
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Tugas PDI di Dealer ? kerjaan paling tidak jelas?

Post by newrubble »

kalo transportation stage itu meski dekat .... ada insurance nya .... dari ckd plant ke dealer

nah kalo ada occurrence n end up total loss itu dealer bersukur

barang barang jadi punya insurance n itu smua dianggap sold n itu performance point u branch itu

kalo branch manager baik .... itu point dibagi rata ke sales force members yg ada

kalo branch manager kemaruk ya itu smua u dia
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Tugas PDI di Dealer ? kerjaan paling tidak jelas?

Post by newrubble »

kalo toyota n astra group punya policy

barang ex occurrence pre-sold tdk bole dijual ke public n cuma bole dijual ke serasi autoraya qq trac .... brand n lineup apapun under astra

(thn 1994.12 sy pernah beli bmw 320i limited at purple di tunas bmw jln tendean .... wkt itu onroad rp.128juta .... satu hari sblm handover itu showroom kebakaran n unit itu bodypaint kena chemical spray n roofpiece itam .... ahirnya 1995.02 unit di ganti yg 1995 silver tanpa hrs tambah wang tapi non.limited krn limited pack hanya kluar th 1994 n smua in purple met)

wkt jadi agak lama krn tunas group claim dulu ke tjahaja sakti (skrg bmw indo)
Last edited by newrubble on Wed Jun 08, 2016 16:44, edited 1 time in total.
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: Tugas PDI di Dealer ? kerjaan paling tidak jelas?

Post by nyotnyet »

Ah PDI ya...

Ada pengalaman nih waktu papa meminang nissan GL, waktu itu minta ditunjukkan apa beda GL HWS biasa ama HWS autech...kebetulan yg ada unit yang unit autech, sudah milik orang, kita dipersilahkan lihat.
Itu side skirt tidak terpasang sempurna, bahasa gampangnya cuma dipegang baut kanan kiri, bagian tgh melenyot ke bawah...itu unit siap didelivery loh...

Akhirnya papa beli yg HWS biasa, unit datang, kita lihat, you know what? Itu bumper depan kanan 'njepat' kalo bahasa jermannya, klip2annya patah gitu lho, jadi ga bisa masuk sempurna panel gapnya, interior kotor, kita ga mau bayar kekurangannya donk sebelum masalah diselesaikan.
Akhirnya dikabari unit sudah diperbaiki dan dibersihkan, siap diambil, emang bener itu bumper sudah pas dudukannya, tetapi ternyata bumper yg 'njepat' tsb cuma di cable ties ke body dalem...saya taunya pun waktu ke bengkel temen mau pasang klakson aftermarket...
PDI? Apanya yg di PDI kalo spt itu?
Kejadian itu membuat saya kapok membeli dan memutuskan sebisa mungkin menghindari merk tsb...

Soul Red zoom zoom
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Tugas PDI di Dealer ? kerjaan paling tidak jelas?

Post by newrubble »

sy dulu juga sejak 2008 avoid apapun under indomobil krn ada hal yg sangat fundamental

2008..05 sy ordered satu unit vw transported lwb auto dgn customized spec yg dibuat kantoor sy tertulis resmi n lengkap dgn tanda trima

-solid indian blue 4motion
-11 seater
-steel std wheelset
-LH electric open n shut slide door
-RH vacuumed door closing on slide door
-twin swing rear end cargodoor
-waterproof cloth seat cover set
-rear detachable towhook set

harga tertulis n deal onroad rp.625 juta n 14week delivery time

ini mobil u kerja bukan u pergi mall / hedonism jadi tdk luxury

2008.08.21 (jumat kalo tdk salah) sy di telfoon unit sdh siap n ternyata pas sy sama sama dgn ahmat bedawi (biz card dia tertulis nat'l sales mgr ... tapi kelakuan spt clerk)

RH LH slide door terpasang 2 2 nya vacuumed closing ... tdk ada electric open n shut slide di LH side

sy tdk mau lunasi kurangnya (wkt 2008.05 sy sdh bayar rp.175juta) n dgn hassle ahirnya .... mrk copotin electric open n shut dari unit display (sy foto internal complaint report mrk senilai saat itu rp.52 juta)

sy juga claim transportation reimbursement kalo mrk tdk sediakan temporary replacement unit selama delay n ahirnya mrk sedia pinjam u sy 1 unit vw caravelle swb itam

itupun sy masih complaint krn bukan luxury pack yg sy minta tapi mobil yg bisa dipakai masuk jauh ke dalam crash site saat tugas

ssdh tggu lama ahirnya 2008.10 mobil selesai n delivery done .... tapi indomobil n garuda mataram n badawi sdh masuk blacklist sy
Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
Location: Surabaya

Re: Tugas PDI di Dealer ? kerjaan paling tidak jelas?

Post by Yusaku »

Terima kasih Share pengalamanya Om Rubble dan Bos Hape,

jadi intinya posisi kuat karena Om Rubble dan Bos Hape belum bayar penuh jadi ada leverage buat cegah dealer transfer liabilities kustomer imho

Cuma yang ngerik di kasus Om Rubble sudah tertulis rinci saja masih bisa datang salah dan penangan mereka sungguh menyedihkan, apalagi ada kata hassle yang Saya rasa "persuasion"Om Rubble sesuai dengan fakta hitam di atas putih mebuat mereka pikir 2x buat paksi Om terima unit

Untuk Kasus Bos Hape kalo dibuat rame sampe NMI pusat, pasti akan ada kejadian ping pong ama lempar kesalahan ke Konsumen, dan pintarnya hanya kelihatan kalau buka bumper yang di mana bukan tindakan lumrah juga imho

Yang kasihan ada teman saya yang harus melunasi pembelian mobil suv yang sedang laris dengan daftar inden panjang, kalau ndak diancam kalau unit bisa diberikan ke kustomer yang sudah melakukan upping, untungnya unit hanya ada goresan halus di atap, serta waktu cek undercarriage ditolak halus dengan alasan lift penuh dan goresan disuruh tunggu tukang "kit" poles karena lagi jam makan. Speaking of productivity of company that has won many jd power satisfaction survey
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Tugas PDI di Dealer ? kerjaan paling tidak jelas?

Post by pernahmiskin »

Saya pernah ada pengalaman
Beli motor seharga mobil tp pas di deliveri tangki bensin kosong, sy cek keseluruhan ok aja...
Ya udah terima aja ketimbang tolak...
Tp ane sempat telpon semprot spv dan sales pas deliveri
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
simplefusion
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Tue Jun 07, 2016 5:13

Re: Tugas PDI di Dealer ? kerjaan paling tidak jelas?

Post by simplefusion »

newrubble wrote:sy dulu juga sejak 2008 avoid apapun under indomobil krn ada hal yg sangat fundamental

2008..05 sy ordered satu unit vw transported lwb auto dgn customized spec yg dibuat kantoor sy tertulis resmi n lengkap dgn tanda trima

-solid indian blue 4motion
-11 seater
-steel std wheelset
-LH electric open n shut slide door
-RH vacuumed door closing on slide door
-twin swing rear end cargodoor
-waterproof cloth seat cover set
-rear detachable towhook set

harga tertulis n deal onroad rp.625 juta n 14week delivery time

ini mobil u kerja bukan u pergi mall / hedonism jadi tdk luxury

2008.08.21 (jumat kalo tdk salah) sy di telfoon unit sdh siap n ternyata pas sy sama sama dgn ahmat bedawi (biz card dia tertulis nat'l sales mgr ... tapi kelakuan spt clerk)

RH LH slide door terpasang 2 2 nya vacuumed closing ... tdk ada electric open n shut slide di LH side

sy tdk mau lunasi kurangnya (wkt 2008.05 sy sdh bayar rp.175juta) n dgn hassle ahirnya .... mrk copotin electric open n shut dari unit display (sy foto internal complaint report mrk senilai saat itu rp.52 juta)

sy juga claim transportation reimbursement kalo mrk tdk sediakan temporary replacement unit selama delay n ahirnya mrk sedia pinjam u sy 1 unit vw caravelle swb itam

itupun sy masih complaint krn bukan luxury pack yg sy minta tapi mobil yg bisa dipakai masuk jauh ke dalam crash site saat tugas

ssdh tggu lama ahirnya 2008.10 mobil selesai n delivery done .... tapi indomobil n garuda mataram n badawi sdh masuk blacklist sy
national sales managernya Volks indo bukan si ahmad badawi ini (ko kaya PMnya malanysia ya) paling sales biasa.

NSM nya mr Jonas C.... eks mercedes.

ini kasusnya sama VW mana?
2012 4G93 CS5
2013 1NZ-FE XP150
2011 4D56 KG4
2005 4G69 NA4
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: Tugas PDI di Dealer ? kerjaan paling tidak jelas?

Post by marama »

Saya ada pengalaman beli lcgc brand D, sama beli medium SUV branf H tegak.

Hasil nya waktu serah terima brand D lbh baik prosesnya, smua di inspeksi bareng2 dengan konsumen, di parkir di tempat yang cerah, dijelaskan fitur2nya (walaupun fiturnya seadanya), bahkan dia datang kerumah dengan karpet pengemudi ditutup koran agar tidak kotor. Plus bonus bbm 20ltr pertamax.

Sebaliknya dengan ketika serah terima medium SUV brand H tegak, serah terima dilakukan terburu2 krn molor dari target akhirnya saya terima di sore hari, cuaca sdh agak gelap. BBM tinggal 2 kotak. Sudah ttd besok paginya ketika saya cuci kc film driver ada baret2, di bawah bemper blkg ada cuil cat nya kecil. Fitur2 tdk dijelaskan ketika serah terima, krn ambilny hitam wrn tryt ad swirl halus sehingga saya poles ulang.Pdhl yang dibeli hrgnya hampir 4x lcgc :wkkk:
piggypig77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 636
Joined: Tue Feb 11, 2014 13:33
Location: Jakarta

Re: Tugas PDI di Dealer ? kerjaan paling tidak jelas?

Post by piggypig77 »

Ngomong soal PDI untungnya saya ga pernah bermasalah baik mobil motor dan beberapa merk karena waktu unit dtg langsung saya cek gamau ttd formnya dulu,pernah bbrp bulan lalu mtor saya kirim malam hari jam 10 saya jongkok arahin senter buat cek body takut ada dent.
piggypig77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 636
Joined: Tue Feb 11, 2014 13:33
Location: Jakarta

Re: Tugas PDI di Dealer ? kerjaan paling tidak jelas?

Post by piggypig77 »

Yusaku wrote:Yang kasihan ada teman saya yang harus melunasi pembelian mobil suv yang sedang laris dengan daftar inden panjang, kalau ndak diancam kalau unit bisa diberikan ke kustomer yang sudah melakukan upping, untungnya unit hanya ada goresan halus di atap, serta waktu cek undercarriage ditolak halus dengan alasan lift penuh dan goresan disuruh tunggu tukang "kit" poles karena lagi jam makan. Speaking of productivity of company that has won many jd power satisfaction survey
Kok kayaknya saya tau ya suv apa ini dan ada 1 merk yg suka upping juga,kalo saya jadi temen sih diancam gitu bakal saya ancam balik masa cust mau beli malah diancam. Apalagi papa saya paling benci sales yg suka ngancam n uber2 bayar kalo ga dibeli orang lain,dlu kacabnya disamperin sampe minta maaf salesnya
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Tugas PDI di Dealer ? kerjaan paling tidak jelas?

Post by KodokPushUp »

Ane pernah dapet lecet+panel gap gede, minta ganti unit. Bisa kok, asal belum tanda tangan terima unit aja.
Unit pengganti sedikit lebih baik, walaupun ada cat cacat di 2 tempat (ane lagi sibuk, adek ane yg asal nerima)
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Tugas PDI di Dealer ? kerjaan paling tidak jelas?

Post by maastricht889 »

soal PDI ane jadi inget 2 bulan lalu waktu ane main di dealer H tegak, kebetulan bengkelnya ada body and paint division. Ane liat ada HRV E baru warna merah (baru soalnya belum pasang kaca film, masih kinclong gres) atapnya abis di repaint, jazz RS baru kayanya jatuh dari truk pengangkut dibiarin aja di bengkel. Dulu waktu ambil ertiga 3 th lalu, juga skrup" penyambung console box ilang, panel mletot, pasang kaca film ngga bener. Salah ane juga sih kalo yang ertiga, checking ane yang kurang hahahaha
epinjose
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 254
Joined: Fri Dec 27, 2013 11:59

Re: Tugas PDI di Dealer ? kerjaan paling tidak jelas?

Post by epinjose »

Saya pernah lihat di fleet kantor, di buku servis nya ada notes:

Mohon untuk seluruh sales, mengisi VIN ke buku servis yang ada di batch ini. Karena yang di drop tanggal xxxxx belum di checklist Inspection dan belum ada tanda tangan nya.

Asumsi saya, brt itu checklist PDI cuma jadi template saja? Mungkin sales nya lupa lepas notes nya? kalau masih ada, nanti saya foto.
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Tugas PDI di Dealer ? kerjaan paling tidak jelas?

Post by ak4ng »

newrubble wrote:
kalo di dealership itu cuma handover sj ke customer (flatbed truck itu cuma goodwill service sj) sehingga kalo pun disebut pdi disitu ya kalo ada apa apa percuma

mrk tdk dikasih authority u kirim balik ataupun pettycash atau whatever spy body dent / scratch bisa betul lg

ibarat tentara di suruh perang tapi tdk di kasih peluru
Jd manfaat adanya pdi ini buat apa dong yah? Konyol jg kan kl g bisa apa2, kisah nayat dari saya, saya beli agya G januari 2016, saya terima ternyata central lock ke pintu kanan belakang ga nyambung, alarm di pencet ga mau buka maupun tutup kunci nya, walo alarm sudah on, semua pintu sudah terkunci, saya buka pintu belakang kanan dari dalam, alarm tidak mau nyala, langsung sy telpon, dan nsknya pintu di bongkar, katanya kabel tidak tersolder sempurna, sesudah itu saya pulang dan hujan di jalan, eh ketauan lagi kalo wiper depan kiri sudah getas, bagian tengah tidak menyapu air sehingga ada bekas gores halus di kaca :evil: bsknya klaim lagi, kalimat sakti langsung keluar kenapa ga di cek dulu sebelum di terima pak :big_childish: ga masuk garansi kalo wiper :evil:


Yaampuuunnn nasib beli lcgc napa gini2 amat yak :big_exellent:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
yrul
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: Sat Apr 28, 2012 4:40

Re: Tugas PDI di Dealer ? kerjaan paling tidak jelas?

Post by yrul »

nyotnyet wrote:Ah PDI ya...

Ada pengalaman nih waktu papa meminang nissan GL, waktu itu minta ditunjukkan apa beda GL HWS biasa ama HWS autech...kebetulan yg ada unit yang unit autech, sudah milik orang, kita dipersilahkan lihat.
Itu side skirt tidak terpasang sempurna, bahasa gampangnya cuma dipegang baut kanan kiri, bagian tgh melenyot ke bawah...itu unit siap didelivery loh...

Akhirnya papa beli yg HWS biasa, unit datang, kita lihat, you know what? Itu bumper depan kanan 'njepat' kalo bahasa jermannya, klip2annya patah gitu lho, jadi ga bisa masuk sempurna panel gapnya, interior kotor, kita ga mau bayar kekurangannya donk sebelum masalah diselesaikan.
Akhirnya dikabari unit sudah diperbaiki dan dibersihkan, siap diambil, emang bener itu bumper sudah pas dudukannya, tetapi ternyata bumper yg 'njepat' tsb cuma di cable ties ke body dalem...saya taunya pun waktu ke bengkel temen mau pasang klakson aftermarket...
PDI? Apanya yg di PDI kalo spt itu?
Kejadian itu membuat saya kapok membeli dan memutuskan sebisa mungkin menghindari merk tsb...
pengalaman bro Nyotnyet ttg GL beda dengan saya

2009 nov, kami ambil GL XV at di dealer Nissan kelapa gading, datang langsung ke dealer, dilayani sales batangan dengan ramah, dan langsung TD, begitu OK langsung DP saat itu juga..karena yg ready stock hanya warna hitam waktu itu, sedangkan sy minta silver, dicarikan ke dealer yg lain tidak ada juga..akhirnya dijanjikan 2 minggu mobil sampai ke tangan konsumen..

baru 5 hari saya uber2 salesnya via telp utk cek barang, akhirnya hari ke 7 barang datang...sales telp.."bapak mau ambil disini atau diantar ke rumah?" sy bilang ke rumah sj..kebetulan jaraknya tidak terlalu jauh di pemuda....langsung dia minta pelunasan..
tidak smp 4 jam pas siang hari, mobil diantar..dengan truk..padahal sy tidak minta, karena biasanya sales yg sopirin ke konsumen utk serah terima..

bgitu smp rumah langsung sales melakukan pdi sesuai checklist yang dia bawa..nerangin detail ini itu termasuk cek permukaan cat, engine, interiior, trmasuk odometer di posisi 1,3km dll...ndilalah kok semua ok..sy td tgn dan kelaar..
dan setahun pertama dia sll konfirmasi utk reminder service, plat nomor dan bpkb yg sudah jadi...
sampai akhirnya 2012 sales tsb pindah ke triple elips..dan nawarin veloz...

beruntunglah sy dpt service dr sales sprti itu meski batangan... :big_peace:
yrul
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: Sat Apr 28, 2012 4:40

Re: Tugas PDI di Dealer ? kerjaan paling tidak jelas?

Post by yrul »

Yusaku wrote:
-cut-
dan dalam pengalaman cupu Saya paling sering terjadi lolos PDI di kendaraan roda 2, karena pengiriman yang meletakan beberapa unit di bak mobil PIckup dan kejar tayang, agar bisa terdelivery beberapa unit di hari yang sama. ini menyebabkan kadang Proses PDi itu hanya seformal di buku servis aja, alias modal tanda tangan tanpa adanya proses PDi sebenarnya. -cut-
untuk roda 2 , sy share pengalaman sy 10 bulan yang lalu..
waktu itu sy cari nmax, hanya di bbrp dealer di jogja kosong dan inden 2 bulanan.. :mky_06:
akhirnya ke dealer honda...tertarik dg vario 150 limited..cuma di dealer2 kosong juga nunggu kiriman bbrp hari kedepan..daripada nunggu lama sy datang ke AHM nya pusat di jombor dilayani sales bening :big_grin:
...disana barang ada..tp tinggal yg display..bisa langsung delivery hari itu juga. semisal tidak menghendaki barang display, diarahkan ke dealer baru astra di sudirman yg cukup jauh.

sy cek detail body, ban dll tidak ada baret2 atau kerusakan berarti, paling hanya sedikit noda minyak saja serta debu.

akhirnya stlh pelunasan sy tunggu, butuh waktu sktr2 jam karena pas istirahat siang. singkat kata..barang sudah didepan mata, proses pdi dilakukan petugas batangan bareng dg sy dg isi checklist itu..pasang aki, isi bensin..psng spion, plat nomer semua ok, hanya goresan2 kapur di mesin, filter dan handgrip belakang yg memang dari pabriknya utk cek s/n..

semua oke..sy kendarai pulang kerumah :big_exellent:
dan dua minggu stlhnya ada rembesan minyak/oli disputaran baut gardannya, sy kembalikan kesana, dicek dan kuras serta ganti baut penutupnya free dan dijanjikan kalau ada rembesan lagi, kami ganti satu blok penuh pak.. :frm_salut:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16677
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Tugas PDI di Dealer ? kerjaan paling tidak jelas?

Post by ChZ »

Hehehe trit yang bagus, bro hadi.... udah bosen liat SM isinya suggestion corner semua...

Ngeliat realita sekarang mobil baru banyak dan defectnya luar biasa banyak... Jadi mikir...

Sebetulnya proses PDI ini adalah proses yang menguji seberapa canggih 2S dealer loh... Sales and Service... termasuk juga gmn tanggung jawab dealer tsb terhadap barang cacat. Sayangnya proses PDI ini kebanyakan gak dianggap serius oleh pihak dealer dan sales yang gak ngerti mobil/motor... Cuma asal contreng checklist buku PDI lalu acc ke service manager... selesai.

Sepenuhnya kesalahan dealer dan divisi servis (yang bertanggung jawab dengan PDI) ? Nggak juga.

Kalau liat sekarang mobil dan motor makin banyak variannya, kapasitas produksi diperbesar, sementara dealer kapasitas SDMnya gak diperbanyak.... Sudah pasti kualitas kerjaan menurun. Sementara dealer dikejar-kejar target oleh prinsipal yang juga ngaruh ke mentalitas salesnya yang cuma tau jualan doank tanpa tau teknis.... Jadinya kacau pol...

Berhubung jarang ambil mobil kondisi baru... Jadi jarang sekali perhatiin kualitas PDI. Secara ane juga orangnya nggak terlalu detail... Penting liat luar dalem gak ada keanehan, mesin gak kasar, ban gak bocor, suspensi selayaknya... ya sudah. Yang penting mobil sampe rumah kinclong gak keliatan berantakan kayak habis gak dicuci berbulan - bulan...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
Location: Surabaya

Re: Tugas PDI di Dealer ? kerjaan paling tidak jelas?

Post by Yusaku »

soalnya Temen ane udah mupeng ama SUV itu Bro Piggy, apalagi Ibunya sudah bersabda juga, kalau Saya sih sudah pasti lari ke brand lain. cuma kadang Eneg ama kelakuan gini masih isa terjadi di Dealer tersebut dekat lapangan terbang lama di Surabaya
piggypig77 wrote: Kok kayaknya saya tau ya suv apa ini dan ada 1 merk yg suka upping juga,kalo saya jadi temen sih diancam gitu bakal saya ancam balik masa cust mau beli malah diancam. Apalagi papa saya paling benci sales yg suka ngancam n uber2 bayar kalo ga dibeli orang lain,dlu kacabnya disamperin sampe minta maaf salesnya
KodokPushUp wrote:Ane pernah dapet lecet+panel gap gede, minta ganti unit. Bisa kok, asal belum tanda tangan terima unit aja.
Unit pengganti sedikit lebih baik, walaupun ada cat cacat di 2 tempat (ane lagi sibuk, adek ane yg asal nerima)
wuih untung banget Bro Kodok itu pake acara debat dulu ? soalnya ya gitu semua harus pake acara adu argumen dan lempar salah , kadang salah Saya terlalu sungkan ama Delivery kelihatan banget mereka suka push dan hurry process serah terima, belum turun unit aja sudah disodorin surat serah terima kendaraan, saran Saya juga bagi yang punya kelemahan kaya Saya mendingan bawa Teman yang jago nyablak wkwkwkw

erwinign wrote:soal PDI ane jadi inget 2 bulan lalu waktu ane main di dealer H tegak, kebetulan bengkelnya ada body and paint division. Ane liat ada HRV E baru warna merah (baru soalnya belum pasang kaca film, masih kinclong gres) atapnya abis di repaint, jazz RS baru kayanya jatuh dari truk pengangkut dibiarin aja di bengkel. Dulu waktu ambil ertiga 3 th lalu, juga skrup" penyambung console box ilang, panel mletot, pasang kaca film ngga bener. Salah ane juga sih kalo yang ertiga, checking ane yang kurang hahahaha
aduh itu yang dapat barang kaya gitu gimana ya ? kalau di sini proteksi KOnsumen oleh YLKI dan UU perlindungan KOnsumen hanya luxury bagi yang bisa sewa PAra Legal buat somasi ke ATPM ato dealer itu pun biaya ndak murah, jadi kebanyakan dijual ke unsuspected user.

ak4ng wrote:
kalimat sakti langsung keluar kenapa ga di cek dulu sebelum di terima pak :big_childish: ga masuk garansi kalo wiper :evil:


Yaampuuunnn nasib beli lcgc napa gini2 amat yak :big_exellent:
bilang aja Bro Akang, itu PDI kerjaannya apa lantas, kemarin aja Saya sindir Sales Bening yang jual roda 2 ke Saya itu PDi kelelahan ya ?, setelah dia nyalahin Saya untuk tidak check setelah barang datang, cuma bawaan Sales Rai gedek (alias muka batu) cuma bisa iya dan maaf :big_bored:
ChZ wrote:Hehehe trit yang bagus, bro hadi.... udah bosen liat SM isinya suggestion corner semua...

Ngeliat realita sekarang mobil baru banyak dan defectnya luar biasa banyak... Jadi mikir...

Sebetulnya proses PDI ini adalah proses yang menguji seberapa canggih 2S dealer loh... Sales and Service... termasuk juga gmn tanggung jawab dealer tsb terhadap barang cacat. Sayangnya proses PDI ini kebanyakan gak dianggap serius oleh pihak dealer dan sales yang gak ngerti mobil/motor... Cuma asal contreng checklist buku PDI lalu acc ke service manager... selesai.

Sepenuhnya kesalahan dealer dan divisi servis (yang bertanggung jawab dengan PDI) ? Nggak juga.
Makasih banyak Bro ChZ,

jadi gimana ya KOnsumen di INdonesia ini lemah banget kondisinya kalau sudah menyakut masalah kaya gini

menurut Saya paling aman adalah serah terima Unit di lapangan dealer dan bawa pulang dengan PLat semntara yang valid, karena jujur belakangan lihat bebrapa mobil baru plat propit diantar dengan penuh semangat oleh drivernya
simplefusion
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Tue Jun 07, 2016 5:13

Re: Tugas PDI di Dealer ? kerjaan paling tidak jelas?

Post by simplefusion »

well, jarang ambil mobil baru jadi no comment banyak soal PDI.

ane pribadi ga terlalu peduli dengan PDI ini. pengalaman rada horor yang bisa ane inget dari dulu ampe sekarang

grandong baru sama PJS baru, babe ambil dr dealer yang 1 grup ma dia, ga taau di skip apa nga tuh PDI yang jelas, grandong sampe rumah dengan girboks netes oli, dan PJS sampe rumah degan oli di bawah miniimum..

nonopah non euro, nonopah euro, kapsul no efi, kapsul efi. pelos yaris bakpao yaris lele baraang 2 yoyota ini dianter sama sopir doang tanpa sales dateng. gara2 tuh sales super hopeng ama babe, uda langganan tetap. yang kaco cuma 3.

nonopah euro babe ambil yang lux gimmick, sticker, spoiler dll belom dipasang,
kapsul efi cat di atep belang
yaris ane uda di blacklist ama A2k gara2 problem dr baru ga beres2, sampe TAM turun tangan juga ga beres, berhubung babe kenal deket sama petinggi2 TAM babe ga mau ributin, alhasil mungkin ini bakpao dengan isi ruang mesin uda pernah diganti total.

ahond GD3 sama juga ceritanya, dianter sopir tp no problem.

segitu dulu yang bisa ane inget

so apa dengan pengalaman ini PDI honda is te bes? ato PDI mitsu super kaco, PDi boyota so-so..

buat ane ga juga.. intinya kita sebagai customer harus proaktif ngecek unit kita sendiri, dan jagnan segan2 bawa ke beresnya buat klaim selama itu cacat dari awal.

pengalaman di yaris bakpao, yang ane note pas ane nemu, sebelom servis 1000, even after 50K, mereka tetep kasi goodwill buat FOC.


tambahan buat om2 di sini, kalau mau bener2 aman ya harus repot dikit.

pas ane ambil pios (ini setelah ambil bakpao), ane sedikit ancem sales sama BMnya, ane mau liat unitnya dulu, sebelom esek-esek pelat, kalo ga puas ane minta ganti unit. singkat cerita dikontes 3 pios, ada 1 yang paling mulus, catet no sasis ama no mesin, besoknya minta dianter langsung ( menjaga biar ga jadi show unit). 3 minggu ngendon nunggu pelat, tp bener2 mulus ga ada masalah.

masalah propit diajak jogging. ane perna liat sendiri di dalam pabrik perakitan ATPM besar di indo, itu mobil setelah selesai rakit, sebelom final QC, diabuse dulu, hard accel sama hard brake sama driver di dalem pabriknya. pas sebelom di rain testing dan final checking. entah fungsinya untuk apa..
2012 4G93 CS5
2013 1NZ-FE XP150
2011 4D56 KG4
2005 4G69 NA4
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16677
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Tugas PDI di Dealer ? kerjaan paling tidak jelas?

Post by ChZ »

Yusaku wrote: Makasih banyak Bro ChZ,

jadi gimana ya KOnsumen di INdonesia ini lemah banget kondisinya kalau sudah menyakut masalah kaya gini

menurut Saya paling aman adalah serah terima Unit di lapangan dealer dan bawa pulang dengan PLat semntara yang valid, karena jujur belakangan lihat bebrapa mobil baru plat propit diantar dengan penuh semangat oleh drivernya
Iya setuju... ane juga sangat menyarankan kalau bisa ambil mobil itu di dealer... Kalau diantar sendiri sama sales... well... agak serem sih. Kalo nemu lecet-lecet kecil dan kita mau klaim... wah repot.

Bisa salah-salahan gak jelas... salesnya bisa nyalahin orang PDInya gak bener, PDInya bilang salesnya bawa mobil gak bener... berantem deh. Salah siapa...? Ya gak tau juga... bisa jadi PDInya kelolosan, bisa jadi emang salesnya gak bisa bawa mobil :big_slap:

Kalau ambil sendiri di dealer minimal ada apa-apa ngurusnya mudah...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4359
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Tugas PDI di Dealer ? kerjaan paling tidak jelas?

Post by kunaskun »

ChZ wrote:Hehehe trit yang bagus, bro hadi.... udah bosen liat SM isinya suggestion corner semua...

Ngeliat realita sekarang mobil baru banyak dan defectnya luar biasa banyak... Jadi mikir...

Sebetulnya proses PDI ini adalah proses yang menguji seberapa canggih 2S dealer loh... Sales and Service... termasuk juga gmn tanggung jawab dealer tsb terhadap barang cacat. Sayangnya proses PDI ini kebanyakan gak dianggap serius oleh pihak dealer dan sales yang gak ngerti mobil/motor... Cuma asal contreng checklist buku PDI lalu acc ke service manager... selesai.

Sepenuhnya kesalahan dealer dan divisi servis (yang bertanggung jawab dengan PDI) ? Nggak juga.

Kalau liat sekarang mobil dan motor makin banyak variannya, kapasitas produksi diperbesar, sementara dealer kapasitas SDMnya gak diperbanyak.... Sudah pasti kualitas kerjaan menurun. Sementara dealer dikejar-kejar target oleh prinsipal yang juga ngaruh ke mentalitas salesnya yang cuma tau jualan doank tanpa tau teknis.... Jadinya kacau pol...

Berhubung jarang ambil mobil kondisi baru... Jadi jarang sekali perhatiin kualitas PDI. Secara ane juga orangnya nggak terlalu detail... Penting liat luar dalem gak ada keanehan, mesin gak kasar, ban gak bocor, suspensi selayaknya... ya sudah. Yang penting mobil sampe rumah kinclong gak keliatan berantakan kayak habis gak dicuci berbulan - bulan...
kalau mau PDI keren si mesti liat mobil di daerah, itu kalau lagi musim hujan, mobil yang ada di atas dan paling depan truk warnanya dari hitam jadi abu2 . dan dicucinya ya cuma di lap pake kanebo... asli ngeri pas liat2 ngintip jalan2 ke dealer mau test drive :mky_04:

itu baru cucinya, sisanya? ya terima nasib aja, makanya kadang bingung beli mobil di indo, ga bisa apa ya beli langsung ke central warehouse pabrik :mky_03:

saya beli march, dianter, gesrot depan rumah sendiri, drivernya mukanya uda kaya preman, sales sampe pucet ga enak hati, tapi ya sudahlah, mau diapain lagi, sisanya si ga kebayang ini mobil diapain aja sebelumnya, karena produksi bulan 6, deal bulan 9 akhir, dikirim bulan 10 :big_weee: tapi cek km cuma 39...

dulu banget beli yaris di tunas tangerang, dikirim, terima, driver turun, uda banyak bekas abu, hmmm.. ga ada baunya si, iseng tanya sales, ternyata dikirim dari sunter, waktu itu toyota masih pake warehouse di sunter sebelum ke karawang, nah dari sunter ke dealer pake supir bukan truk, pas sampe km uda 80an...
JukeJoken
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sat Jan 09, 2016 8:03
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Tugas PDI di Dealer ? kerjaan paling tidak jelas?

Post by JukeJoken »

Juke ane waktu 2011 dulu gak dicek betul-betul. Udah lama baru sadar , cat di pintu kanan belakang belang banget dan kayak butek gitu , kalau kena pantulan bayangan , bayangannya bener kabur , hampir gak keliatan bayangannya :big_slap: , terus ada baret di sepanjang lis bodi deket lis pintu , ane curiga itu di cat ulang sendiri tapi buru-buru :ungg: