Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
PengamatDunia
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Thu May 19, 2016 15:46

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by PengamatDunia »

JawaPos, Jumat 27 Mei 2016
Image

Coba tebak mobil apakah itu...? (jangan Zoom dulu picturenya yaah.. Hahaha)
Mobil ringsek yang sudah tidak dikenali bentuk aslinya.
Eitt jangan menghina, ini loh yang dibangga2 kan dan menjadi mobil sejuta umat (buta, bego n tolol) 'khusus' Indonesia.
Dalunya (sktar tahun 2003 harga 70 jutaan) terkenal dengan mobil murah namun saat ini harganya sudah mau menembus 200 juta ('kepastiannya' 3-4 tahun lagi) :mrgreen: dan akan segera tergeser oleh versi yang menurut mereka lebih 'murah' yang sebenarnya tidak murah.

Saya yakin prilaku dan pola pikir konsumen indonesia ini belum cerdas, mereka tidak bisa membedakan harga Normal, Murah dan Murahan. Umumnya hanya menilai, melihat dan peduli HANYA pada HARGA. Fitur air-bag akan menjadi hiasan pemanis saja, tidak akan pernah berguna bila bahan pembentuk body (besi, baja, plasik fiber) yang dipakai sangat ringkih. Tujuannya sih jelas, "yang penting MURAH bisa dinaiki tidak kepanasan, tidak kehujanan" itulah yang terbaca oleh produsen sbh permintaan konsumen.

Seandainya konsumen cerdas dan tahu bila mobil yang dibeli adalah mobil RONGSOKAN tetapi bandrol 185 juta, apakah rela merogok kocek dan masih mau membeli serta berani memakainya (pdhal sudah jelas2 mebahayakan nyawanya) ? :big_think:

Bila mobil sekelas Avanza, Xenia, Ertiga dll harga yang sktar 180-200 jutaan rusaknya seperti itu, bisa terbayangkah bagaimana dengan mobil LCGC :big_grin:
Bukan salah lembaga perlindungan konsumen, karena rayat Indon sendiri yang SUKAAAA sekali dgn barang rongsokan.
Mengapa pemerintah selalu ribut2 soal SNI tetapi bisa luput dalam hal ini ? (bukankah mobil2 kelas ini terkenal PASTI ringsek bila ber'ciuman' biarpun sedikit saja).
Ada yang punya pengalaman dengan mobil tunggangannya yang pernah merasakan nikmatnya ber'ciuman', bagi donk...

Bicara SNI akan saya singgung sedikit keGOBLOKan dan keTOLOLan peraturan yang dibuat pemerintah RI.
Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa produk2 luar khususnya negara2 maju yang menomersatukan kualitas dan keselamatan pemakainya. Demikian pula dengan BMW yang memberikan standar keamanan untuk kaca mobilnya diangka 5.5. Angka ini melebihi dari standar SNI yang mempunya rentang 1-5, seharusnya tidak menjadi masalah. Tetapi apa mo dikata, Indonesia memang BIANG nya mencari masalah ("tanpa masalah tidak ada uang yang mengalir kekantong mereka"), sehingga pihak BMW Indonesia pun dibuat pusing.
BMW.Indonesia.Keluhkan.SNI.Kaca.Mobil

Bila mau berpikir maju, seharusnya peraturan dibuat mengacu dalam satu sisi batasan saja, dlm hal ini batasan minimal, tidak semua dibuat range.
Tidak heran pula sama halnya hukum di Indonesia yang semuanya dibikin Maksimal (seharusnya kan Minimal jadi SUDAH TIDAK BISA DITAWAR2), supaya apa... jelas supaya ada celah2 untuk negosiasi ujung2nya hukum bisa dibeli (bisa bebas, pengacara ada kerjaan, hakim dapat tambahan uang dll) makanya kejahatan di Indoensia ini tidak akan pernah berkurang sedikitpun, tapi bertambah so PASTI, lah penegak hukumnya saja pro penjahat, perampok, mafia (Otomotif, Property, Minyak, Daging, dll). :big_bored:
Iniloh logika jungkirbalik yang musti diBABAT habis.

Seharusnya pemerintah RI malu dengan berbagai hal2 konyol seperti ini. Iniloh hal2 yang saya katakan mengKERDILkan, mereka tidak ingin rakyatnya menikmati barang layak pakai, barang bagus. Janganlah heran dan kuping menjadi panas serta hati menjadi marah membara bila suatu saat mendengar kalimat dari warga asing "You are monkey, primitive, so stupid & idiot"
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by datsu »

Hi Sh*tlord.... yuk kopdar.....
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4619
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by Profith83 »

Yang punya uang sudah pasti beli mobil yang kalau tabrakan RELATIF lebih aman, rata rata mobil tersebut harganya 250 jt akan lebih aman sedikit. Kalau 400 jt keatas lebih aman lagi. Paling aman yang model Land Cruiser ke atas yang harganya 1 M lebih.

Mobil itu sebenarnya harga keluar dari parik murah ... gak percaya? lihat saja fakturnya..
Yang mahal itu PAJAK.

Pajak selalu besar tetapi tidak balik ke rakyat...

kemana duitnya? yah korupsi rame rame. Coba lihat sejak yang bersih memimpin Jakarta, maka uang di kas Pemprov menjadi triliunan.
Padahal sekarang itu sudah subsidi bangun rusun ribuan cuma bayar bulanan 200 rb.
Pemprov kasih subsidi tetap duit kas pemprov masih triliunan, bayangin pemimpin yg dulu itu uang kemana saja kok habis melulu sampai kas pemprov tidak ada duitnya?

Rakyat banyak miskin tidak bisa beli mobil yang layak, yah karena duitnya hilang di korupsi.
Kenapa korupsi merajalela ... yah karena tidak ada hukuman mati bagi koruptor.
Kenapa tidak ada hukuman mati? karena undang undang belum ada (belum dibuat).
Siapa yang harusnya buat undang undang hukuman mati bagi koruptor??? ... sudah tahu kan jawabannya ....

Jadi kalau mau complaint. Complaintah yang KENCANG ke akar permasalahan ... ke inti masalah.

Bayangin sekarang itu koruptor kalau ketangkap KPK malah melambaikan tangan dan ketawa. Maling ayam malah menundukkan kepala.
Pelajaran apa yang didapat dari ini? SUDAH JELAS yang ketangkap KPK itu mental BOBROK, korupsi miliaran malah bangga. Mereka tidak ada rasa malu. MENTAL orang disini sudah rusak semua. Karena apa? yang tidak ada UU korupsi hukuman mati.

Jadi diulangi lagi ... kalau mau COMPLAINT itu complaintlah yang mendasar yaitu HILANGKAN KORUPSI .. mintalah dibuat undang undang hukuman mati bagi koruptor.

PengamatDunia wrote:JawaPos, Jumat 27 Mei 2016

Coba tebak mobil apakah itu...? (jangan Zoom dulu picturenya yaah.. Hahaha)
Mobil ringsek yang sudah tidak dikenali bentuk aslinya.
Eitt jangan menghina, ini loh yang dibangga2 kan dan menjadi mobil sejuta umat (buta, bego n tolol) 'khusus' Indonesia.
Dalunya (sktar tahun 2003 harga 70 jutaan) terkenal dengan mobil murah namun saat ini harganya sudah mau menembus 200 juta ('kepastiannya' 3-4 tahun lagi) :mrgreen: dan akan segera tergeser oleh versi yang menurut mereka lebih 'murah' yang sebenarnya tidak murah.

Saya yakin prilaku dan pola pikir konsumen indonesia ini belum cerdas, mereka tidak bisa membedakan harga Normal, Murah dan Murahan. Umumnya hanya menilai, melihat dan peduli HANYA pada HARGA. Fitur air-bag akan menjadi hiasan pemanis saja, tidak akan pernah berguna bila bahan pembentuk body (besi, baja, plasik fiber) yang dipakai sangat ringkih. Tujuannya sih jelas, "yang penting MURAH bisa dinaiki tidak kepanasan, tidak kehujanan" itulah yang terbaca oleh produsen sbh permintaan konsumen.

Seandainya konsumen cerdas dan tahu bila mobil yang dibeli adalah mobil RONGSOKAN tetapi bandrol 185 juta, apakah rela merogok kocek dan masih mau membeli serta berani memakainya (pdhal sudah jelas2 mebahayakan nyawanya) ? :big_think:

Bila mobil sekelas Avanza, Xenia, Ertiga dll harga yang sktar 180-200 jutaan rusaknya seperti itu, bisa terbayangkah bagaimana dengan mobil LCGC :big_grin:
Bukan salah lembaga perlindungan konsumen, karena rayat Indon sendiri yang SUKAAAA sekali dgn barang rongsokan.
Mengapa pemerintah selalu ribut2 soal SNI tetapi bisa luput dalam hal ini ? (bukankah mobil2 kelas ini terkenal PASTI ringsek bila ber'ciuman' biarpun sedikit saja).
Ada yang punya pengalaman dengan mobil tunggangannya yang pernah merasakan nikmatnya ber'ciuman', bagi donk...

Bicara SNI akan saya singgung sedikit keGOBLOKan dan keTOLOLan peraturan yang dibuat pemerintah RI.
Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa produk2 luar khususnya negara2 maju yang menomersatukan kualitas dan keselamatan pemakainya. Demikian pula dengan BMW yang memberikan standar keamanan untuk kaca mobilnya diangka 5.5. Angka ini melebihi dari standar SNI yang mempunya rentang 1-5, seharusnya tidak menjadi masalah. Tetapi apa mo dikata, Indonesia memang BIANG nya mencari masalah ("tanpa masalah tidak ada uang yang mengalir kekantong mereka"), sehingga pihak BMW Indonesia pun dibuat pusing.
BMW.Indonesia.Keluhkan.SNI.Kaca.Mobil

Bila mau berpikir maju, seharusnya peraturan dibuat mengacu dalam satu sisi batasan saja, dlm hal ini batasan minimal, tidak semua dibuat range.
Tidak heran pula sama halnya hukum di Indonesia yang semuanya dibikin Maksimal (seharusnya kan Minimal jadi SUDAH TIDAK BISA DITAWAR2), supaya apa... jelas supaya ada celah2 untuk negosiasi ujung2nya hukum bisa dibeli (bisa bebas, pengacara ada kerjaan, hakim dapat tambahan uang dll) makanya kejahatan di Indoensia ini tidak akan pernah berkurang sedikitpun, tapi bertambah so PASTI, lah penegak hukumnya saja pro penjahat, perampok, mafia (Otomotif, Property, Minyak, Daging, dll). :big_bored:
Iniloh logika jungkirbalik yang musti diBABAT habis.

Seharusnya pemerintah RI malu dengan berbagai hal2 konyol seperti ini. Iniloh hal2 yang saya katakan mengKERDILkan, mereka tidak ingin rakyatnya menikmati barang layak pakai, barang bagus. Janganlah heran dan kuping menjadi panas serta hati menjadi marah membara bila suatu saat mendengar kalimat dari warga asing "You are monkey, primitive, so stupid & idiot"
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1361
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by arfs »

SNI kan memang artinya Standard NORAK Indonesia...
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by Turboman »

Beritahu jika sudah keluar kata "hanggap"

:mrgreen:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by daftar »

bayangin deh gan, pajak beli mobil baru udah tinggi aja jalan masih bolong2, public transport buruk, macet dimana2,
gimana kalo pajak dimurahin? hahaha
:ngacir:
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by martinnn »

negara ini di swastanisasi saja, pasti maju deh
:big_biglaugh:
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7579
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by newrubble »

jalanan macet .... anakbuah maling ..... cuma satu orang sj yg bukan maling

tapi bisa jadi jenderal

sy bayangkan kalo jalanan tdk macet ..... anak buah tdk jadi maling ...... cuma satu orang sj yg maling

bisa jadi tuhan dia

yg bela dia pasti akan bilang .... kan jalanan macet n anakbuah maling itu bukan factor doa sj .... tapi sy bukan org yg tolerant urusan bgt. siapa yg duduk situ saat kejadian ya dia yg sy anggap salah / tdk mampu
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7579
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by newrubble »

di indo .... beli mobil (motor bukan urusan sy) sama sial dg beli tanah/bangunan

sdh byr tax n levy tapi masih hrs bayar lg u dapat title

mobil: sdh bayar import duty n bayar sales tax masih hrs bayar assignment levy (bea balik nama) u dapat title

rumah: sdh bayar sales tax 5% (buyer, seller itu another 5%) hrs bayar xtra 5% u dapat title ownership (milik/guna bangunan/guna usaha/pakai) apapun class of ownership yg namanya bphtb

bahkan ada gbernur / county mayor yg bangga hasil piracy bgitu tertinggi kedua nationwide .... perempuan pula
User avatar
PengamatDunia
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Thu May 19, 2016 15:46

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by PengamatDunia »

pengendiesel wrote:Minta izin spy newbie boleh ikut berpendapat

Menurut newbie, TSnya brilliant banget!! Nggak 100% benar (btw emang ada hal di dunia ini yg 100% benar?), tapi BRILLIANT!

Yang perlu digaris bawahi di sini adalah :
1. Ok, bbrp negara kyk Singapore harga mobilnya lebih mahal drpd Indo. Tp transportasi massalnya bagus. Nah Indo gmn? Sudah mobilnya mahal, transportasi massal ancur, jalanan ancur. Pajak yg kita bayar jadi apa ya :big_cry:
Btw, buat rekan SMers yang tinggal di Jkt, bersyukurlah...karena transport massal di Jkt menurut newbie sudah jauh lebih enak drpd di kota2 lain....seriously! :frm_bang_head: :frm_bang_head:

2. Setau saya, pemerintah teriak2 nggak karuan perkara BBM dan subsidi BBM. Tapi kok....pajak mobil Hybrid WOWWWWWWWWWWWWWW. Kalo nggak salah, mobil hybrid bisa mengurangi pemakaian BBM :big_childish:

3. Mencekik Hybrid dan approval utk LCGC. Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, dan kota2 lain pada sepi semua jalanannya? Motor sama mobil....jelas mobil penyumbang utama kemacetan. Kalo motor sih cuma penyumbang kesemrawutan :big_weee: Peace ah....newbie pake dua2nya kok, tergantung kebutuhan.

4. ATPM mobil Indo, di luar masalah pajak, emang jago banget naikin harga mobil. Apalagi dengan aksi FACELIFT. Tambah ini dikit, tambah itu dikit, upgrade headunit, harga sdh naik sekian juta. Bahkan mobil versi pertama seakan2 sengaja dibuat 'kosong' untuk menyiapkan fitur2 facelift spy harga jual bisa dikerek naik :big_cry:
1. Benar bro... Bener2 sangat sangat keterlaluan, saya berharap wacana ini paling tidak bisa mencelikan mata orang2 yang selama ini buta dan tak mau tahu. Jalan2 berlubang disana sini, tidak ada perbaikan, dibiarkan bertahun2 bahkan tembus 1 dekade lebih. Hal ini sempat masuk Jawapos jg bulan2 lalu, sayang tdk sempat saya abadikan (mungkin ada yang bisa bantu upload tgl n fotony disini). Setiap kali lewati jalan rusak dalam hati selalu dongkol apalagi pas kejedug, Uuugghh.. rasanya pengen nampar :big_slap: kepala pejabat instansi terkait. Apakah mesti jatuh korban baruuuu.. ditangani.. hmm Indon ini salalu dan selalu dan selalu saja terlambat.

Jalan2 rusak berlubang ini sengaja tidak ditangani, karena hal ini ikut menyumbang pemasukan kas negara. Loh bingungkan...

Saya coba kupas, biar bro SM'ers khusunya dan rakyat Indon melek dan tidak selalu buta atau bahkan membiarkan dirinya buta.
Bila jalanan rusak dibiarkan maka setiap kendaraan yang melewati jalan itu perlahan2 sparepartnya akan aus (kalah), jadi secara umur sparepartnya menjadi lebih pendek. Ambil contoh shockbreaker (ban, rantai, dll) seharusnya umur sparepart ini bila dikemudikan di jalan yang baik bisa 10 tahun bahkan lebih, tetapi karena jalanannya hancur umurnya cuman 2-3 tahun saja. Mau tidak mau harus diganti yang care dengan nyawa dan keselamtannya. Jadi pengusaha sparepart sangatlah diuntungkan makanya saya tidak heran jikalau ada koment2 yang sinis (kali aja mereka penjual sparepart :big_biglaugh:). Sparepart2 ini pastinya baik import maupun lokal akan dikenankan pajak, dan ini akan masuk ke kantong 'negara'

Jadi tidaklah berlebihan bila saya mengatakan pengusaha sparepart, aspal dan yang terkait ikut bekerjasama dgn pemerintah sehingga turut menyumbang pemasukan bagi negara, istilah kerennya "simbiosis mutualisme" dengan rakyat sebagai pijakan (sapi perahan) yang terus menerus diijak2 sampai berdarah2 dan darahnya akan habis kering. Saya belum bicara kualitas dari sparepart yang disunat habis2an pula. :e-doh:

2. Nah inilah hebatnya IndoSIALan. Seharusnya bila rakyatnya cerdas dan kompak hal itu bisa diprotes habis2 an. Siapa yang buat keputusan yang ngawurnya gak ketulungan kalo itu menteri, harus dicopot krn OTAK nya tdak bekerja dengan baik :big_dunno: Tetapi pemerintah pintar dan lihay boro-boro rakyatnya mo demo soal beginian... Untuk hidup saja sudah dibikin makin lama makin syusah nan sulittttt jadi ogah mikir beginian.

4. Kebijakan2 sperti ini adalah contoh dari pemerintahan RI sendiri. Pemerintah RI tidak pernah bisa memberi teladan yang baik, Karena selama ini yang dipikirkan perutnya dan kroni2nya. Sehigga bibit2 sperti inilah yang menelurkan regulasi yang mau tidak mau (dipaksa/terpaksa) harus ditelan oleh rakyatnya sehingga menjadi penyumbang inflasi dari tahun ke tahun. Pembodohan ini akan berlanjut bak lingkaran setan selama itu "simbiosis mutualisme" antara pemerintah dan pengusaha sehingga tidak memberikan perlindungan bagi konsumen (rakyatnya).
Harga mobil naik --> pajak pun ikut terkerek naik --> kas kantong 'negar' pun ikut bertambah, HEBAT bukan, :big_grin:
User avatar
PengamatDunia
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Thu May 19, 2016 15:46

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by PengamatDunia »

Andhyka wrote:Memang pajak mobil di NKRI agak keterlaluan. Untuk mobil CKD jenis umum kec LCGC (anggap Avanza, Mobilio, Grandmax) dikenakan pajak separuh dari nilai jual kendaraan (PPNBM, PPN, BBN).

Contoh barusan sy ambil Innova Q harga 420 jutaan. Tertulis di faktur PPNBM 44 juta, PPN 36 juta, BBN 40 juta. Jadi total pajak 40% atau 120 juta. Harga jual sebenarnya 420 juta - 120 juta = 300 juta.
Contoh lagi Avanza E MT. Di faktur harga jual kendaraan hanya 110 juta. Sisa sekitar 40-50 juta untuk bayar pajak.

Jika mobil didatangkan build-up impor, ada beberapa tambahan pajak (Bea Masuk & PPh 22 Impor) jadi totalnya lima komponen:
- PPNBM (Barang Mewah - % tergantung bentuk dan cc)
- Bea Masuk (40%)
- PPN (10%)
- PPh 22 (7.5%)
- BBN (10% dari jumlah nilai kendaraan dan semua pajak)

PPNBM, Bea Masuk, PPN, PPh masuk Pemerintah Pusat. BBN masuk Pemda.
Bea Masuk negara dgn perjanjian dagang adalah 0% (ASEAN) atau kurang dari 40% (India, Korea, Jepang, Australia).

Jeep & Minibus (PPNBM 20%) = 20% + 10% (1.2) + 7.5% (1.2) = 41%
4x4 & Sedan & Wagon (PPNBM 40%) = 40% + 10% (1.4) + 7.5% (1.4) = 64.50%
Diesel>2.5/Petrol>3 (PPNBM 125%) = 125% + 10% (2.25) + 7.5% (2.25) = 164.375%
(Anggap Bea Masuk 0% untuk CBU Thailand)

Tentunya setelah ditotal dapat harga Off-the-Road, tinggal ditambah BBN baru jadi harga OTR.

P.S.

Oh ya tambahan lagi kan pernah kuliah di US, pajak kendaraan bermotor Accord 8th Gen di sana $220. Sangat murah meriah.

Terus yang ngomong asuransi mahal, itu tergantung. Saya bayar hanya $50 per bulan dengan clean track record dan punya SIM asli sana (lulus written test dan driving test di DMV). Memang akan naik sangat cepat jika nyetirnya ugal-ugalan suka melanggar lalu lintas, melebihi speed limit, berhenti sesudah tanda STOP, DUI, reckless driving, nyetir gaya Indonesia, etc. Kalo itu sih percaya $300-500 per bulan.


:thanks: bro Andhyka :off_good_job:
Ada yang bisa bantu menyajikan data jenis kendaraan yang lain harga OFF the Road & ON the Road, bisa liat dari fakturnya, tahun lama jg tidak apa2, sebutkan tahun, harga tercantum difaktur, (brp CC jika perlu) :roll:
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3054
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by solar_kerosen »

atas gue cocoknya situ jadi guru sejarah , kuliahi murid 2 jam pelajaran ampe muntah yg denger kalau gue jadi muridnya gue jualan tuh plastik hitam diharga @ 1000
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by daftar »

BTW, dalam brosur2 kenapa para dealer sekarang pada ngasih harga OTR ya, harusnya kan mereka ngasih harga off the road dan sebelum pajak2,
kayak gitu menurut saya lebih bagus soalnya:
- nunjukin bahwa harga mobil itu aslinya murahh, kesan pabrikan cari untung besar biar hilang
- nunjukin kalo pajak2 & BBN itulah bikin mobil jadi mahal (sekalian nyindir pemerintah)
- kalo udah gitu biar yang beli ngerasa bayar pajak yang besar (jadi mereka punya semangat untuk nuntut banyak & mengeluh ke pemerintah)
:ngacir:
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3054
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by solar_kerosen »

gak usah tinggi tinggi mikir mobil deh , ngurus beras sama daging mentah aja pemerintah gak MAMPU lo mau ngarapin otomotif beres :mky_07:

Matematika : tambah kurang aja gak mampu apalagi pembagian Pret.....
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by ak4ng »

Jangankan daging dan beras yg perlu modal dan usaha yg lama, ngurus garam yang tinggal ambil dari laut lalu di jemur pake matahari smua gratiss aja gak becus, wkwkwkwkwkw
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7579
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by newrubble »

ha ha ha ha ...... pintar pintar smua ya
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2347
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by ilhami »

Kendaraan memang sapi perah, karena gampang menghitung pajak nya. Contoh terakhir kenaikan pajak kendaraan 30% di jakarta. Itu cara paling mudah mendapatkan duit.
Kalau menghitung pajak perusahaan, pajak pribadi, transaksi jual beli kan harus di audit dulu.
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by octafiantos »

newrubble wrote:ha ha ha ha ...... pintar pintar smua ya
Kan sudah dari jaman baheula om, kalo ada kompetisi bola, tenis, balapan kita itu menangnya di kompetisi komentator hahaha.
Kavling kosong, bisa dikridit.
yrul
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: Sat Apr 28, 2012 4:40

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by yrul »

daftar wrote:BTW, dalam brosur2 kenapa para dealer sekarang pada ngasih harga OTR ya, harusnya kan mereka ngasih harga off the road dan sebelum pajak2,
kayak gitu menurut saya lebih bagus soalnya:
- nunjukin bahwa harga mobil itu aslinya murahh, kesan pabrikan cari untung besar biar hilang
- nunjukin kalo pajak2 & BBN itulah bikin mobil jadi mahal (sekalian nyindir pemerintah)
- kalo udah gitu biar yang beli ngerasa bayar pajak yang besar (jadi mereka punya semangat untuk nuntut banyak & mengeluh ke pemerintah)
kelihatannya mustahil om...apalagi untuk mobil yang selisihnya banyak.
memang akan sangat eye catching utk konsumen terutama yg blm tahu apa itu off/ontheroad....dan yang repot tentunya si sales menerangkan faktor pembentuk harga kendaraan..ujung2nya no SPK :mky_01:
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7579
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by newrubble »

bgt pre assembled CKD landed or fully assembled CBU .....itu 45-150% import duty hrs lsg bayar bgt offloading klaar n bill of lading / shipment manifest di trima port administrator

hrs lsg bayar di port customs office ... no delay n apm or paralel importer hrs payment bridging urusan itu

itu sebab off-tax / off-road tax di indo is never be truly off-road
denmas8
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Wed Apr 20, 2016 0:54

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by denmas8 »

Dlm hubungannya dgn Tax Amnesty & Repatriasi, apa yg jd "vested interest" pemerintahan skg ya om? Rasanya koq agak keluar pakem dari garis kebijakan2 yg jd "ideologinya" kemarin2.. Apa ini semacam "kartu sinterklas (sehat/pintar)" bagi yg kalangan menengah-atas? & apa plus minusnya?
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by coklatMetalik »

Masih belom paham maksud TS protes ke siapa & kalo kita mau bantu supaya mobil bs murah hrs gimana....


BTW salahsatu imajinasi liar saya biar harga mobil bs murah ya bikin mobil sendiri. Bs ditiru tuh Proton. Pertama2 rebadge tp pelan2 ada transfer teknologi juga..... Sedangkan Indonesia cm jd tempat orang2 nippon buat numpang bikin&jual mobil hampir tanpa transfer teknologi...

Heran di Indonesia mau bikin mobil nasional selalu tersandera kepentingan individu&pulitik. (Bahkan konon sbnrnya ibu tien mati ketembak gara2 anak2nya baku tembak rebutan timor?)

Ayo dong Indonesia punya pabrik mobil sndri. Bikin pesawat bisa, kapal perang bisa, lokomotip bisa, masa mobil doang gk bisa? Kalo bikin lmpv yg butuh banyak gimmick susah, mungkin bs cb mulai dr pikap sayur sederhana kyk L300..

CMIIW
Ehh kok jd panjang gini.... Udh dl ah ntar jd kyk ceramah heuheuheh
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7579
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by newrubble »

mindset org indo kan apa apa hrs imported ....

kanzen bikes aja tutup .....mahator nsx .... mahator r34 ga laku pdhl harga kompetitif
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by coklatMetalik »

newrubble wrote:mindset org indo kan apa apa hrs imported ....

kanzen bikes aja tutup .....mahator nsx .... mahator r34 ga laku pdhl harga kompetitif
Ohh iya ya. Thanks udh mengingatkan ttg motor kanzen yg bubar & skrg pendirinya jd menteri (lagi). Pdhl sy tdk menemukan apa yg salah dr motor ini. Mungkin benar, rakyat Indonesia tdk mempan dinasihati Alim Markus; "Cintailah produk produk Indonesia".

Kalo mahator sih mungkin krn dia dagang di segmen pasar yg jumlah peminatnya sedikit. CMIIW
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7579
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by newrubble »

recaro seats dulu th 1994-1996 pernah made in indo under indomobil n showroom buka di bintaro .... satu booth dgn ssangyong

tapi saat itu org carinya yg made in germany pdhl yg made in indo di pasang di byk mobil n pesawat di eropa

ahirnya yg indo vendor tutup krn sales volume tdk achieve

sy masih ada bbrp contoh yg indo customers tdk mau beli krn locally manufactured maupun locally branded

satu lg otokar turkey pernah coba jualan microbus n fullsized bus di indo dgn vendor adiputro tapi ga laku n ahirnya sampai skrg adiputro kirim bus bodypanels ke sono

sy bbrp x naik yg bikinan mrk n di bbrp sudut tertulis 'manufactired by adiputro, indo'