Peraturan transportasi online yang akhirnya jadi ekonomi berbiaya tinggi

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Peraturan transportasi online yang akhirnya jadi ekonomi berbiaya tinggi

Post by abrof »

dikutip dari detik

PENYELENGGARAAN ANGKUTAN UMUM DENGAN APLIKASI

BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI

(1) Untuk meningkatkan kemudahan pemesanan pelayanan jasa angkutan orang tidak dalam trayek, Perusahaan Angkutan Umum dapat menggunakan aplikasi berbasis Teknologi Informasi.

(2) Untuk meningkatkan kemudahan pembayaran pelayanan jasa angkutan orang tidak dalam trayek, Perusahaan Angkutan Umum dapat melakukan pembayaran secara tunai atau menggunakan aplikasi berbasis Teknologi Informasi.

(3) Penggunaan aplikasi berbasis Teknologi Informasi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) dapat dilakukan secara mandiri atau bekerjasama dengan perusahaan/lembaga penyedia aplikasi berbasis Teknologi Informasi yang berbadan hukum Indonesia.

(4) Tata cara Penggunaan aplikasi berbasis Teknologi Informasi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) wajib mengikuti ketentuan di bidang informasi dan transaksi elektronik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan.

Pasal 41

(1) Perusahaan/Lembaga penyedia aplikasi berbasis Teknologi Informasi yang memfasilitasi dalam pemberian pelayanan angkutan orang wajib bekerjasama dengan Perusahaan Angkutan Umum yang telah memiliki izin penyelenggaraan angkutan.

(2) Perusahaan/Lembaga penyedia aplikasi berbasis Teknologi Informasi yang memfasilitasi dalam pemberian pelayanan angkutan orang sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak boleh bertindak sebagai penyelenggara angkutan umum.

(3) Tindakan sebagai penyelenggara angkutan umum sebagaimana dimaksud pada ayat (2) meliputi kegiatan:

a.menetapkan tarif dan memungut bayaran;

b.merekrut pengemudi;dan

c.menentukan besaran penghasilan pengemudi.

(4) Perusahaan/Lembaga penyedia aplikasi berbasis Teknologi Informasi sebagaimana dimaksud pada ayat

(1) wajib melaporkan kepada Direktur Jenderal meliputi:

a.profil perusahaan penyedia jasa aplikasi berbasis internet;

b.memberikan akses monitoring operasional pelayanan;

c.data seluruh perusahaan angkutan umum yang bekerjasama;

d.data seluruh kendaraan dan pengemudi;

e.layanan pelanggan berupa telepon, email, dan alamat kantor penyedia aplikasi berbasis Teknologi Informasi.

Pasal 42

Dalam hal Perusahaan/Lembaga penyedia aplikasi berbasis Teknologi Informasi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 41 melakukan usaha di bidang penyelenggaraan angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum tidak dalam trayek, wajib mengikuti ketentuan di bidang pengusahaan angkutan umum sebagaimana dimaksud dalam Pasal 21, Pasal 22, dan Pasal 23.

Sementara untuk Pasal 21, 22 dan 23 berikut isinya:

Pasal 21

(1) Untuk menyelenggarakan Angkutan Orang Tidak Dalam Trayek dengan Kendaraan Bermotor Umum, Perusahaan Angkutan Umum wajib memiliki izin penyelenggaraan angkutan orang tidak dalam trayek.

(2) Pemberian izin sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dikenakan biaya sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak.

Pasal 22

(1) Perusahaan Angkutan Umum sebagaimana dimaksud dalam Pasal 21 ayat (1) harus berbentuk badan hukum Indonesia sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

(2) Badan hukum Indonesia sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berbentuk:

a.Badan usaha milik negara;

b.Badan usaha milik daerah;

c.Perseroan terbatas; atau

d.Koperasi.

Pasal 23

Untuk memperoleh izin sebagaimana dimaksud dalam Pasal 21 ayat (1), Perusahaan Angkutan Umum wajib memenuhi persyaratan sebagai berikut:

a. memiliki paling sedikit 5 (lima) kendaraan dengan dibuktikan dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) atas nama perusahaan dan surat tanda bukti lulus uji berkala kendaraan bermotor;

b. memiliki tempat penyimpanan kendaraan (pool); menyediakan fasilitas pemeliharaan kendaraan (bengkel) yang dibuktikan dengan dokumen kepemilikan atau perjanjian kerjasama dengan pihak lain;

d. mempekerjakan pengemudi yang memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) Umum sesuai golongan kendaraan.
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: Peraturan transportasi online yang akhirnya jadi ekonomi berbiaya tinggi

Post by abrof »

jadi merugikan konsumen dan berbiaya tinggi. Inilah potret birokrat kita.... :frm_bang_head: :off_bored:
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Peraturan transportasi online yang akhirnya jadi ekonomi berbiaya tinggi

Post by martinnn »

stnk harus an perusahaan.... driver grab dan uber akan drop ...pada akhirnya hanya pengusaha yang punya pt dan armada sendiri yang bertahan, driver driver pribadi akan milih mundur
:big_biglaugh:
User avatar
tebeer
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Thu Feb 25, 2016 8:12

Re: Peraturan transportasi online yang akhirnya jadi ekonomi berbiaya tinggi

Post by tebeer »

ini arahannya kemana ? pajak lagi kah ?
hehehehehe .... negara lagi lucu2nya
butuh banyak cashmoney
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 833
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Peraturan transportasi online yang akhirnya jadi ekonomi berbiaya tinggi

Post by Kaleng »

baca sekilas nampak mirip dengan perusahaan2 taxi sekarang.
Shonen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 569
Joined: Sun Jan 27, 2013 13:34

Re: Peraturan transportasi online yang akhirnya jadi ekonomi berbiaya tinggi

Post by Shonen »

Wah ini ko begini ya jadinya...jujur konsumen si merasa diuntungkan dgn adanya transportasi macam begini....klo bg saya sih motor ya okelah sebagai wadah jg buat penghasilan org kecil...klo mbl kaya uber dan grab saya jg mikir kasian utk perush yg resmi macem burung biru krn ada mekanisme kir dan pjk segala mcm...tp klo utk motor berhubung ga ada perush resmi yg bergerak di bidang tsb ya jgn dipersulit lah..ujung2nya yg rugi konsumen...walopun selama ini saya jg pake baik mtr maupun mblnya...
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: Peraturan transportasi online yang akhirnya jadi ekonomi berbiaya tinggi

Post by g4ndalf »

...welcome to indonesia =) Presiden jelas2 tidak melarang, tapi yg dibawah karena koneksi kuat dgn penyedia transportasi umum konvensional akhirnya bikin aturan yg sangat jelimet.

Siap2 aja bayar lebih... lagi2 kocek rakyat dirogoh lebih dalem, kali ini dgn peraturan yg ber belit2.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Peraturan transportasi online yang akhirnya jadi ekonomi berbiaya tinggi

Post by Turboman »

Ya ntar giliran ribuan supir Uber rame2 demo ke kantor Kemenhub
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Peraturan transportasi online yang akhirnya jadi ekonomi berbiaya tinggi

Post by Turboman »

Gak cuman di Indonesia

http://www.sfchronicle.com/business/art ... 294676.php

Uber, Lyft drivers prepare for SF business license crackdown

baca aja ampe habis
* Bukan ajakan Beli *
mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1327
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Peraturan transportasi online yang akhirnya jadi ekonomi berbiaya tinggi

Post by mr_mytplx »

Saya setuju dengan keputusan pemerintah ini. Sudah saatnya orang Indo disiplin taat kepada peraturan pemerintah walaupun menyakitkan dan merugikan.
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Peraturan transportasi online yang akhirnya jadi ekonomi berbiaya tinggi

Post by daftar »

Apa yang pernah dikatakan om NR terbukti benar, ketika sudah ada peraruran seperti ini hanya "mereka" yang siap.
Apalagi ada syarat untuk mendapat izin harus punya min 5 kendaraan
:ngacir:
User avatar
iTyre
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Mon Mar 07, 2016 3:26

Re: Peraturan transportasi online yang akhirnya jadi ekonomi berbiaya tinggi

Post by iTyre »

asiik bagi2 duit ke bagian perijinan dll :big_slap: , lucu nih untuk dipantau gimana hasilnya di lapangan :big_slap:
ujung2nya bakal menarik diri dari negara ini nih yuber sama greb
Rasaki indak tatuka :mky_08:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Peraturan transportasi online yang akhirnya jadi ekonomi berbiaya tinggi

Post by Turboman »

iTyre wrote: ujung2nya bakal menarik diri dari negara ini nih yuber sama greb
Uber corp is totally different with Ford

Uber is ex start up now become giant bcoz of VC Funding

Mereka harus expansi seluas2-nya dan se cepat2-nya scr Global agar valuasi mereka bisa terus naik dan kinerja mereka dinilai baik oleh para investor

Selama investor masih menggelontorkan dana, mereka akan genjot terus......apalagi kan mereka belum IPO

Tujuannya = supaya saat IPO mereka terlihat bagai Bidadari dr kayangan dan semua pihak berebut beli sahamnya

Tapi biasanya nanti kalau setelah IPO ya ada 2 kemungkinan........terus dikembangkan, atau para founder & stakeholder say goodbye en berleha leha sambil mandi uang
:wkkk:


VC = venture Capital

IPO = Initial Public Offering / masuk bursa saham
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Peraturan transportasi online yang akhirnya jadi ekonomi berbiaya tinggi

Post by Turboman »

analisa ttg rencana IPO si Uber

http://investorplace.com/ipo-playbook/u ... xm6QDGpVuA

IMHO :
Kalau melihat keadaannya, feeling ane si Uber akan genjot terus utk expansi bisnisnya scr Global....

Supaya semua pihak melihat bahwa "valuasi Uber yg USD 68 B adalah WAJAR dan bukan gelembung balon raksasa"

Well kita lihat aja ke depannya gimana.......wkwkwkkw
:wkkk:

CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Peraturan transportasi online yang akhirnya jadi ekonomi berbiaya tinggi

Post by martinnn »

nanti setelah ipo gmana ya apakah naik terus atau malah turun tajam kyk facebook yang setelah ipo malah turun drastis
:big_biglaugh:
farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3056
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: Peraturan transportasi online yang akhirnya jadi ekonomi berbiaya tinggi

Post by farizfsa »

stnk harus nama perusahaan lol, ada ada aja
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Peraturan transportasi online yang akhirnya jadi ekonomi berbiaya tinggi

Post by Turboman »

Perannggg seruuu

http://tekno.kompas.com/read/2016/04/19 ... kasi.GoJek

JAKARTA, KOMPAS.com — Go-Jek menyelipkan kejutan dalam pembaruan aplikasi pemesanan ojek miliknya. Kini aplikasi tersebut juga bisa dipakai memesan Go-Car.

Ya, Go-Car merupakan layanan pemesanan mobil untuk digunakan sebagai alat transportasi. Singkat kata, mirip dengan GrabCar atau Uber.

ELO JUAL......GUWE BELI !
:wkkk:
* Bukan ajakan Beli *
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Peraturan transportasi online yang akhirnya jadi ekonomi berbiaya tinggi

Post by newrubble »

daftar wrote:...da syarat untuk mendapat izin harus punya min 5 kendaraan
indo itu bangsa karyawan

mau maju di jalanan ... modal cekak ...jadilah supirtaxi ... jadi abdi corporate

modal ada ... jadilah bandar ... piara supirtaxi ... jaga upah at/above minimum wage ... jgn lupa kasih THR ... jgn lupa kasih healthcare$ ... jgn lupa kasih edu allowance ... jgn lupa kasih cut-off allowance on work termination

govt.itu panutan ... go guru to them ... to be as smart as they r ... obey what they say ... left is left n rite isnt always rite ... bargainable
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: Peraturan transportasi online yang akhirnya jadi ekonomi berbiaya tinggi

Post by dogar »

peraturan konyol. keliatan banget dibuat hanya supaya perusahaan taxi tidak ngamuk alias ngga ada bedanya dgn aturan taxi biasa.
ntar airbnb juga diblokir deh, atau dibuat peraturan sekonyol yg ini "penginapan yg disewakan lewat airbnb harus berbadan hukum ...bla bli blu".
User avatar
iTyre
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Mon Mar 07, 2016 3:26

Re: Peraturan transportasi online yang akhirnya jadi ekonomi berbiaya tinggi

Post by iTyre »

Turboman wrote:
iTyre wrote: ujung2nya bakal menarik diri dari negara ini nih yuber sama greb
----

Tapi biasanya nanti kalau setelah IPO ya ada 2 kemungkinan........terus dikembangkan, atau para founder & stakeholder say goodbye en berleha leha sambil mandi uang
:wkkk:
---------
Hampir kebanyakan start up yg langsung gede jadinya kayak gitu y om, mirip lalada yg dibeli alicaca dan beberapa start up yang laen. g peduli saingannya mati yg penting pas dijual tar untung gede. CMIIW

btw masih abu2 nih modal mereka buat terus survive dengan diskon dan promo yg kalau dihitung pake kepala pentium 2 ane, modalnya drmn yak? :big_think:
Rasaki indak tatuka :mky_08:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Peraturan transportasi online yang akhirnya jadi ekonomi berbiaya tinggi

Post by Turboman »

Modalnya ya dari para VC

Lalu itungan valuasi juga biasanya angka "Theoritical"........berdasarkan hitung2-an mereka dan para VC.......para VC sendiri nyetor duit brp ke si SU (Start Up) ya jumlahnya rahasiah

CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
Haagendasz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 618
Joined: Sat Aug 22, 2015 15:31

Re: Peraturan transportasi online yang akhirnya jadi ekonomi berbiaya tinggi

Post by Haagendasz »

go car klo ga punya mobil sendiri atas nama perusahaan bisa ikut menyalahi aturan pemerintah tuh ...

klo mau gabung uber & grab sepertinya harus patungan bikin PT/CV nih biar bisa narik, tapi kena pajak lagi yah perusahaannya ...
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Peraturan transportasi online yang akhirnya jadi ekonomi berbiaya tinggi

Post by daftar »

:wkkk:
Bisa pakai koperasi, tapi mobilnya pun harus atas nama koperasi.
Benar2 dikebiri nih pemilik individu
:ngacir:
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3209
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Peraturan transportasi online yang akhirnya jadi ekonomi berbiaya tinggi

Post by walid_007 »

Oooooo oooo oooo


Oo jelas arahny mau dibawa kemana negara ini...
engine roaring!
User avatar
shifter
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 127
Joined: Sat Apr 16, 2016 11:02

Re: Peraturan transportasi online yang akhirnya jadi ekonomi berbiaya tinggi

Post by shifter »

Ha ha ha......

Ada gebrakan alternatif dr system transportasi yg ada, wajib di amputasi ...
Di suruh balik k jaman batu ngga boleh neko2..

Ntar giliran pemodal besar masuk (setor upeti)
Pakai pendekatan sama, Peraturan berubah lagi.....ini suatu trobosan yg brilliant. :big_exellent: ....
Driving purity.....
Is more engaging n entertaining to drive