DOHC wrote:btw, baca2 ke atas... kl yg ane simpulkan... berarti jarak travel makin panjang = bantingan lebi lebi bsa di redam tp di trade off dgn di kocok2 jg d dalem alias ga stabil mobil nya.... nahh kl gt misalnya ditambahin panhard bar depan blakang, kira2 gmana tuh prof, bsa ga dapet bantingan nyaman tp body tetep less di kocok2 ???
Err panhard rod bukannya cuma iket roda biar ga lari kiri kanan, prof?
Di macpherson/multilink kan ga perlu panhard prof, masalahnya cuma ngakalin camber yg berubah aja kalo di lift.
Masalah tinggal kekocok atas-bawah karena travel besar.
Kalo suspensi empuk, mantul2 trus.
Suspensi keras, travel nya ga kepake.
Solusinya menurut newbie, suspensi yg bisa atur kekerasan secara real time, dengan sensor di body yg mendeteksi horizontality (halah ga tau bahasa yg bener, pokoknya gitu, menjaga body tetep posisi datar (mirip2 sensor gyroscope kalo di android) dengan mengatur kekerasan suspensi (mungkin dilakukan dengan air suspension)).
Di mobil2 eropa sudah implementasi belasan tahun lalu, contohnya ABC sensor di mercy.
Contohnya ban kanan injek polisi tidur, sensor di body deteksi kalo body bagian kanan terangkat, sensor memerintahkan suspensi buat ngurangin tekanan, begitu ban turun dari polisi tidur, langsung tekanan ditambah.
Injek lubang juga sebaliknya.
Jadi kuncinya di kecepatan sensor dan kecepatan perubahan tekanan di suspensi, sehingga body mobil tetep terasa diem, ban yg bergerak naik turun ngikutin kontur jalan.
Apakah jawaban newbie tepat, prof?
*deg2an dites sama prof klep
