kalvin wrote:
o ya om untuk sway bar gimana ngakalainnya ya? supaya aga enak, agan kan pengalaman dengan modifikasi bagian kaki ini deh hehe, jadi kalo gitu kalo crv ane lewat poldur ga usah dimiringan ya om mobilnya, cukup libas dengan posisi lurus aja ya? kalo jalan menonjol ama berlubang itu ke bantingan beda ga sih om? misalnya untuk poldur lebih enak dilewatin dibanding jalan lubang,
thx infonya om

err prinsipnya swaybar menghubungkan kedua sisi suspensi agar bisa bergerak bersamaan dan sejajar dengan sasis. hasilnya body roll bisa di reduksi.
jadi saat cornering misal kekiri, otomatis lateral force dorong body kekanan, suspensi bagian kanan menerima tekanan dan di kondisi kompresi,suspensi kiri kehilangan tekanan jadi di posisi extent... suspensi kanan dan kiri bergerak berlawanan, maka terjadi massive body roll yang hanya bertumpu pada kekerasan spring..
dengan sway bar yang ngikat kedua sisi suspensi dengan body bisa nambah kekuatan resistansi saat terjadi lateral force yg menekan body jd body roll. suspensi akan di usahakan bergerak bersamaan,sehingga mengurangi gejala saat sebelah extent satu lagi kompresi. semakin stiff swaybar semakin besar efek ini.
jadi kalau lewat poldur lurus sih, sway bar ada atau tidak tidak masalah. karna ban kanan dan kiri naik poldur berbarengan
nah masalahnya klw di jalan ancur... tiap sisi suspensi lebih baik kalau bisa bergerak sebebas bebasnya dengan independen menyesuaikan dengan permukaan jalan.
nah klw lewat poldurnya miring,misal ban kanan dulu yang naik poldur jadi kompres, yg kiri bagusnya jadi extent, body tetep datar.. begtu juga sebaliknya. tiap naik turun ban tidak berhubungan langsung dengan body, kecuali dari suspensi saja.
nah utk poldur beda kasusnya dengan jalan lubang yg random dan tidak selalu bersamaan kena banya hehe
klw ingin lewat poldur lurus geli2 g ada "jeduk"an bearti panjang travel kompresi suspensi harus lebih tinggi dari tinggi poldurnya, agar saat ngehajar poldur tidak sampai mentok ke stoper.
bisa juga cek dari stopernya masih baik tdk, dan menggunakan busa ori, bukan asal karet keras.. lebih baik lagi klw pke shock yg punya dampening hydraulic untuk ngeganti stoper karet hehe
urusan nambah travel terutama ke kompresi ini cukup sulit... karna harus ngerubah dudukan shock atw stoper. kalau sekedar ganti shock dengan yang travel lebih panjang.. extent yang akan ningkat banyak, dan kompresi justru berkurang. kecuali tinggi mobil di tambah untuk ngejar angka kompresi. mbl independen juga sebaiknya tidak asal merubah jarak travel karna urusannya CVjoint asroda,hrs di hitung dgn cermat sudut toleransinya.
kompresi berguna di gundukan/poldur jalan termasuk klw suka diterbangin ... extent akan berguna untuk lobang2 di jalan termasuk alur dalam hingga rock crawling. jadi tinggal jalan yg digunakan seperti apa. bisa juga di setting balance 50:50
paling yang mudah di aplikasin cek kondisi stoper di mobil om.. masih bagus tidak *apalagi jika sudah berumur*. apakah karetnya sudah keras/getas atau di ganti ke karet biasa yg keras. biasanya yang oem itu dari busa yg empuk. *tp gtw d crv kya gmn ya* saat lewat poldur.. "jedug" pertama di redam langsung oleh stoper.
cek juga shock apakah masih bagus dampening saat kompresnya? beberapa shock generic malah g punya dampening kompres hanya oleh karet, dan extent tidak sama sekali,meninggalkan bunyi "Tak" saat extent...
lalu jika mau ber experiment.. coba aja lepas sway bar, yg blkng dulu saja*jika ada*... mestinya g sulit. klw g cocok ya di pasang lagi hehe
cmiiw
