UCR & Buying Guide : Proton Saga 1.3 M-Line A/T (reg. 2011)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
purrfect
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 152
Joined: Thu Oct 20, 2011 6:52

UCR & Buying Guide : Proton Saga 1.3 M-Line A/T (reg. 2011)

Post by purrfect »

Kelas :
Small sedan, 4+ seater.

Teknikal :

Campro S4PE-2-FDA IAFM 1.3 I4 DOHC MPI, 4-speed A/T hydraulic TC.
70 kW @ 6.000 RPM – 120 Nm @ 4.000 RPM

S & S :
SRS Airbag (driver side), SIB, child-proof lock. Proton R & H (developed by Lotus).

Konsumsi Bahan Bakar (rata-rata) :
1:9 km dalam kota ( 90% macet) RON92.

Pajak Tahunan :
+/- Rp 2.000.000,- Limo, Depok

Estimasi Harga :
Rp 40.000.000 ~ Rp 60.000.000 Jabodetabek

-----------------------------------------------------------------


Kelebihan :
+ Desain manis & masih cukup modern
+ Bodi kecil mudah untuk nyelip & nggak butuh area besar untuk parkir
+ Mesin lumayan bertenaga
+ Fitur cukup lengkap
+ Konsumsi BBM tergolong efisien
+ Keseragaman suku cadang mesin dominan berbagi dengan Mitsubishi & Hyundai

Kekurangan :
- Sentimen politik sangat berpengaruh ke resale value & sebaran jaringan 3S
- Headroom & legroom penumpang belakang tergolong sempit untuk penumpang dengan tinggi diatas 170 cm
- Ruang bagasi nggak terlalu besar
- Body roll & understeer saat menikung tajam masih terasa
- Respon rasio transmisi range menengah-atas lambat

Image

Sekilas :

Harus diakui soal urusan 'Mobil Nasional', INA kalah dari 2 tetangga semenanjung Malaya yang telah memiliki merk MobNas sendiri walau sudah rahasia umum bagi orang yang paham dengan dunia otomotif bahwa industri otomotif nggak semanis madu pramuka hehe...

Adalah Proton yang mencoba peruntungan di Indonesia dengan harapan meraih hati konsumen INA dengan produknya yang sebenarnya nggak jelek-jelek amat dibandingkan dengan mobil buatan Republik Rakyat Tiongkok yang pernah hadir di republik unyu-unyu tapi amit-amit ini, tapi ternyata Proton juga harus rela tiarap karena sentimen politik luar negeri (dimana ternyata pemerintah INA juga ikut andil membuka kelemahan negeri sendiri). Salah satu produk tetangga Malaya yang masih lebih baik dari mobil RRT (menurut penulis) adalah varian Saga, sedan kecil dengan mesin 1.300cc yang masih berbasis Proton Savvy ini di-plot bersaing dengan Daewoo Kalos (Chevrolet Lova / Aveo T250) yang pada akhirnya cuma dikenal sebagai armada taksi. Tapi tak seperti Kalos, Saga masih bernasib cukup baik karena komunitas pemiliknya cukup besar dan mesin Campro dari Proton punya keseragaman suku cadang dengan mobil produk Mitsubishi dan Hyundai.
Image
User avatar
purrfect
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 152
Joined: Thu Oct 20, 2011 6:52

Re: UCR & Buying Guide : Proton Saga 1.3 M-Line A/T (reg. 2011)

Post by purrfect »

Desain Eksterior – Kompartemen Mesin - Bagasi :

Berbasis city-car Proton Savvy, Saga merupakan sedan entry level yang memiliki desain cukup simpel dan penuh lekuk tidak seperti Savvy yang dominan bersudut tajam. Keseluruhan desainnya juga cukup proporsional tidak seperti sedan kecil entry level buatan negeri Tuan Takur dan Inspektur Vijay ataupun Direktur Malhotra (Swift Dzire, Etios Sedan & Brio Amaze).

Image
Image
Airdam besar & lampu besar membuat kesan mobil ini nggak terlihat kecil dan garis desainnya juga konsisten. (pelek standar diganti oleh pemilik dengan ukuran yang sama; 14 inci ~ hanya saja ban yang tampak di foto lebih lebar dari ban standar)

Image
Bagian bagasi punya bentuk seperti sirip bebek yang juga terlihat proporsional

Image
Antena radio kecil cukup bagus kualitas penerimaan sinyal-nya.

Image
Lampu belakang besar dengan desain bertumpuk, cukup jelas terlihat saat malam hari. (model facelift Saga FLX memiliki lampu belakang LED lebih kecil)

Image
Mesin CamPro S4PE 1.3 liter DOHC tergolong cukup buat gotong mobil yang punya berat maksimum (max. Gross weight) 1.445 kg. Selain punya kesamaan suku cadang dengan beberapa mobil Mitsubishi & Hyundai, mesin ini disarankan dikasih minum bensin RON 92 karena punya rasio kompresi mesin 10.0

Image
Posisi saluran masuk udara sejajar dengan garis kap mesin.

Image
Image
Luas ruang bagasi nggak terlalu besar, akses masuk barang juga cukup tinggi. Pelapis area bagasi cuma menutupi bagian ruang fender roda belakang, tetapi punya lampu yang menyala otomatis saat pintu bagasi dibuka ~ cukup membantu saat harus membuka bagasi di malam hari.

Image
Ruang ban serep dibawah lantai bagasi juga jadi tempat penyimpanan dongkrak dan peralatan. Ban serep memiliki ukuran kecil steel rim 14 x 5.0 J

*Note :
Seperti SOP untuk membeli mobkas lainnya, pastikan kondisi mesin & sistem pendinginan bebas bocor, sistem elektrikal normal, dll. Saga 1.3 sendiri menurut informasi dari pemilik & komunitasnya nggak rewel, hanya saja bila di area sekitar Anda tidak ada jaringan bengkel resmi Proton untuk penggantian suku cadang kategori fast moving solusinya adalah mencari part subtitusi dari beberapa varian mesin milik Mitsubishi dan Hyundai berhubung mesin CamPro milik Proton mengambil basis dari mesin buatan Mitsubishi.
Image
User avatar
purrfect
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 152
Joined: Thu Oct 20, 2011 6:52

Re: UCR & Buying Guide : Proton Saga 1.3 M-Line A/T (reg. 2011)

Post by purrfect »

Kabin #1 (Baris Depan) :

Karena berbasis Proton Savvy yang notabene city car berukuran mungil, mungkin ada yang mengira desainnya juga minimalis... betul?

Image
Pintu bagian sisi pengemudi & penumpang depan ternyata bisa membuka dengan sudut yang lumayan besar, lumayan memudahkan bagi orang yang memiliki tinggi diatas 165cm.

Image
Lirik sekilas area dasbor, terlihat bahan plastik keras berkontur dengan warna abu-abu untuk trim kabin keseluruhan.. love it or hate it, it's your choice.

Image
Jok standar dengan desain semi-bucket cukup bagus & pas untuk menopang pantat – punggung.

Image
Image
Trim pintu + rumah speaker (kualitas standar) pintu depan nggak punya cup-holder, tuas pengunci model tarik, aksen silver untuk tuas pembuka pintu & panel hitam untuk saklar power window.

Image
Kenop pengatur ketinggian jok pengemudi berbentuk segitiga berbahan plastik keras.

Image
Tuas pembuka bagasi + tutup tangki bensin di sisi kanan lantai kursi pengemudi.

Image
Layout dasbor Saga lumayan simpel dari plastik keras berkontur dengan warna dominan abu-abu dan sedikit aksen warna hitam di area konsol panel AC dan silver di head unit dan setir. Konsol AC juga terlihat agak 'offiset' ke sebelah leg room pengemudi.

Image
Buka panel ini untuk mengakses kotak sekring sekunder mobil. Di foto ini juga terlihat switch untuk mengatur sudut kaca spion samping. Panel gap dasbor lebih rapi, rapat & konsisten dibanding mobil merk RRT & India.

Image
Setir 3-spoke yang bentuknya cukup tebal berisi modul airbag. Materialnya agak keras tapi masih enak digenggam.

Image
Dibawah kolom setir ada laci panjang & tuas pembuka kap mesin. Kolom setir nggak bisa diatur ketinggiannya di model yang ini. Soket OBD agak menggantung diluar dasbor karena sering dioprek oleh pemiliknya.

Image
Kaca spion tengah berukuran kecil punya tuas pengaturan 'night mode'. Pandangan ke belakang lumayan lega. (maaf agak berantakan)

Image
Kaca spion samping cukup besar juga cukup akomodatif buat memantau bagian samping mobil.

Image
Visor kaca di bagian penumpang punya vanity mirror, sedangkan di bagian pengemudi hanya ada 'card holder'.

Image
Speedometer punya bezel bergaya 'sport' tanpa MID. Panel display digital di takometer menunjukkan indikator bensin, suhu mesin, odometer, trip meter & jam.

Image
Malaysia sama seperti Indonesia, Inggris, Australia, Selandia Baru, India dan Jepang yang posisi mengemudi ada sisi kiri jalan dan setir di sebelah kanan mobil ~ tapi Proton memasang switch lampu utama dan sein di sisi kiri sedangkan switch wiper ada di posisi kanan. Cukup aneh dan mungkin terasa canggung untuk yang biasa menggunakan mobil dengan switch lampu – wiper yang berbeda.

Image
Konsol dasbor cukup mudah dijangkau pengemudi. Head unit standar menggunakan jenis single DIN dari Clarion, panel AC 3 kenop tanpa pengaturan arah blower dan area penyimpanan yang dapat berfungsi sebagai cup holder dengan sebuah soket power outlet.

*soket USB & jack Aux. Input berasal dari Proton Saga FLX yang diubah sendiri oleh pemilik.

Image
Detail lanjut mengenai head unit, laci & switch AC. Buat saya pribadi, kualitas audio milik Saga termasuk standar.

Image
Diantara saluran AC dan head unit terdapat tombol lampu hazard, demister kaca belakang dan lampu kabut.

Image
Glove box berukuran kecil tapi agak dalam.

Image
Area ini merupakan laci kecil yang dapat digunakan untuk menaruh tisu atau benda lain. Di negara beberapa negara tempat Saga dijual berganti posisi dengan modul airbag penumpang depan.

Image
Detail tekstur dasbor & saluran AC berbeda.

Image
Konsol diantara pengemudi dan penumpang depan memiliki 1 cup holder untuk penumpang belakang & laci dibawah tuas rem parkir (e-brake) yang cukup besar.

Image
Detail konsol tengah yang dapat berfungsi sebagai cup holder.
Image
User avatar
purrfect
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 152
Joined: Thu Oct 20, 2011 6:52

Re: UCR & Buying Guide : Proton Saga 1.3 M-Line A/T (reg. 2011)

Post by purrfect »

Kabin #2 (Baris Belakang) :

Image
Pintu penumpang belakang membuka tidak selebar pintu depan tapi memiliki cup holder yang terintegrasi side pocket, tuas engkol untuk membuka kaca belakang dan handel serta tuas pembuka pintu yang sama seperti di pintu bagian depan.

Image
Senderan kursi penumpang belakang tidak terlalu tegak tapi head rest dirasa kurang pas untuk menopang kepala. Terlihat elemen pemanas kaca belakang, area kecil yang berisi 2 speaker dan HMSL. Di trim Pilar C tersimpan komponen sabuk pengaman.

Image
Legroom ala kadarnya & lantai mobil punya undakan, nggak mengurangi kenyamanan kalau mobil cuma diisi 4 orang termasuk supir. Jok cukup baik menopang paha. Disini juga terlihat kantong dibalik jok depan.

Image
Seperti yang tadi dijelaskan diatas, saya meminta bantuan seorang kawan untuk menunjukkan legroom Saga termasuk sempit untuk penumpang dengan tinggi 170cm. Luas headroom juga tak berbeda & terlihat juga head rest kursi penumpang belakang masih kurang tinggi untuk menahan kepala.

Note : Untuk menunjukkan luas legroom penumpang belakang, posisi kursi pengemudi diatur sesuai dengan postur mengemudi orang dengan tinggi badan 170 - 175 cm.


Detail Lain :

Image
Sesuai anjuran buku manual kendaraan, Proton Saga wajib minum bensin dengan nilai RON 92.

Image
Plat VIN di pilar B menunjukkan berat kendaraan, tipe mesin, warna & kode produksi.

Image
Stiker petunjuk tekanan angin juga berada di pilar B dicetak dalam bahasa Inggris dan bahasa Malaysia.


Penjelasan Lain :

Sebagai alat transportasi, Saga nggak punya kelemahan fatal kecuali faktor politik yang buat mobil ini nggak terlalu sukses di pasar INA. Secara keseluruhan fiturnya cukup, kenyamanan & ergonomi lumayan juga punya mesin cukup reliabel karena dipercaya untuk jadi armada taksi.

Yang mungkin bisa dibilang kelemahan dalam hal teknis selain kabin yang sempit seperti dijelaskan diatas ada di sektor handling mobil, walau cukup enak ditekuk di tikungan tapi masih terasa adanya body roll + cenderung understeer tapi nggak terlalu mengganggu buat orang yang nggak berjiwa sembalap. Hal lainnya, delay pergantian gigi otomatis di rasio menengah-atas yang canggung bin tanggung. Untuk transmisi di rasio bawah dirasa cukup responsif walau nggak terlalu istimewa.

Faktor lain yang dianggap kelemahan adalah jaringan bengkel resmi dan dealer yang sedikit & cukup menyulitkan bagi mengguna awam yang terbiasa mengandalkan bengkel resmi. Untuk saat ini yang bisa dilakukan hanyalah berkompromi dengan bengkel umum langganan atau mengikuti saran dari komunitas pemilik Proton. Mudah-mudahan saja kerjasama Proton dengan Suzuki di Malaysia juga akan berimbas positif ke dukungan bengkel resmi Proton di INA berhubung sebentar lagi akan muncul Proton Ertiga.


* referensi lain : http://paultan.org/2008/01/18/proton-sa ... ve-report/
** sori kalo ada detail yang mungkin terlewat.
Image
black2345
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29

Re: UCR & Buying Guide : Proton Saga 1.3 M-Line A/T (reg. 2011)

Post by black2345 »

Sebenernya nggak jelek2 amat kok, tp ya itu karena aroma pulitis yg kuat jadinya mokat. Dealer satu²nya di sby deket rumah juga kaput.
prayuda4846
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 85
Joined: Tue Jan 26, 2016 16:07

Re: UCR & Buying Guide : Proton Saga 1.3 M-Line A/T (reg. 2011)

Post by prayuda4846 »

Nice review om purrr.... :big_okay:
1.3?.... baru ngeh, dikira 1.5....
saga yang warna biru bagus tuh, aplagi kalo dilihat dari jauh... dipake ngampus juga cocok...
sayang dealer bdg deket tsm juga sepi2 horor gitu... :glodak:
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: UCR & Buying Guide : Proton Saga 1.3 M-Line A/T (reg. 2011)

Post by POS VETT »

Cheaply-priced car with cheap look, cheap feel, and cheap equipment for the cheap taste.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
kiepet
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Thu Mar 03, 2016 7:19

Re: UCR & Buying Guide : Proton Saga 1.3 M-Line A/T (reg. 2011)

Post by kiepet »

Always Good review om purrfect
BTW, mobilnya testnya koq banyak stiker gitu.. :ungg:
Kesannya kayak ricer :frm_snipper:
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: UCR & Buying Guide : Proton Saga 1.3 M-Line A/T (reg. 2011)

Post by newrubble »

one needs knight bravery to select n possess this brand in indo n uk markets

good narrative review anyway

ini proyek tekor nya malay ...sama tekor spt indo hrs bayarin bgt byk kakitangan govt.n para retirees
kinankahfi
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Sat Mar 05, 2016 12:03

Re: UCR & Buying Guide : Proton Saga 1.3 M-Line A/T (reg. 2011)

Post by kinankahfi »

Ulasan yg sangat komplit om :frm_tumbright:
buat yg tinggal di kota besar punya proton gitu mungkin gak tll takut soal layanan ass-nya ya
tp klo yg tinggal di daerah kok perasaan msh takut buat pelihara proton
User avatar
omenRoo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Sun Apr 26, 2009 16:30

Re: UCR & Buying Guide : Proton Saga 1.3 M-Line A/T (reg. 2011)

Post by omenRoo »

ayah (mertua) melihara mobil ini, versi manual. dasbornya lumayan tinggi, serasa tenggelam. koplingnya juga dalem banget, padahal harus diangkat banyak baru jalan. bagusnya plat bodi lumayan tebel. tampang juga lumayan.
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: UCR & Buying Guide : Proton Saga 1.3 M-Line A/T (reg. 2011)

Post by nyotnyet »

Proton ertiga? Apalagi itu om?

Soul Red zoom zoom
Sarangzilboy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Mon Jan 25, 2016 9:03

Re: UCR & Buying Guide : Proton Saga 1.3 M-Line A/T (reg. 2011)

Post by Sarangzilboy »

Rada bingung sm proton ini, pertama kerjasama dgn mitsu, terus hyundai, skrg suzi, ini kenapa gak berkelanjutan y kerjasamany? Atau by project aja?

Tp anyway tetangga hebat menurut sy, at least dah berani eksekusi dan so far masih eksis, gak cuma wacana doank.
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: UCR & Buying Guide : Proton Saga 1.3 M-Line A/T (reg. 2011)

Post by newrubble »

malay auto industry policy is genuinely brilliant as no other asean ever done its strategy before:

unlike indo promo of cheap labor in hope for full automanufacturing (and yet to happen except for avanza n kijang)...thai free-to-use industrial zone and stable regulatory regime (and success in bringing the whole detroit to rayong and laem chabang)

malay has successfully encouraged global major autopart players to fully relocated there (and dragging major auto brands to follow CKD there or join proton as its rebrand lineups)
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: UCR & Buying Guide : Proton Saga 1.3 M-Line A/T (reg. 2011)

Post by b8099ok »

Bajingaannnnn, metiikkkkkkkkkkkkkkk. Langkaaaaaaaaaaaaaaaa!!!!!
Itu mesin tinggal tuker krukas, seher ama stang seher pny campro 1.6 uda langsung pluk en plei,...
FWD + FWD + 4WD + 4WD = :big_cat:
User avatar
purrfect
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 152
Joined: Thu Oct 20, 2011 6:52

Re: UCR & Buying Guide : Proton Saga 1.3 M-Line A/T (reg. 2011)

Post by purrfect »

black2345 wrote:Sebenernya nggak jelek2 amat kok, tp ya itu karena aroma pulitis yg kuat jadinya mokat. Dealer satu²nya di sby deket rumah juga kaput.
ho oh... dibanding mobil buatan RRT, proton masih lebih lumayan walo kalo udah soal sentimen politik ya wassalam.
prayuda4846 wrote:Nice review om purrr.... :big_okay:
1.3?.... baru ngeh, dikira 1.5....
saga yang warna biru bagus tuh, aplagi kalo dilihat dari jauh... dipake ngampus juga cocok...
sayang dealer bdg deket tsm juga sepi2 horor gitu... :glodak:
nope, 1.300cc

di plot buat kelas entry level dibawah persona & satria neo
POS VETT wrote:Cheaply-priced car with cheap look, cheap feel, and cheap equipment for the cheap taste.
nggak 'cheap' amet lah. :wkkk:

kalo udah masalah taste ribet bahasnya cuy. :big_biglaugh:
kiepet wrote:Always Good review om purrfect
BTW, mobilnya testnya koq banyak stiker gitu.. :ungg:
Kesannya kayak ricer :frm_snipper:
branding sponsor komunitas dari GT Radial waktu dulu dipinjem buat jadi mobil supervisi trek acara jakdrift dan ga dicopot sama yang punya hehehe. :mky_01:
Image
User avatar
purrfect
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 152
Joined: Thu Oct 20, 2011 6:52

Re: UCR & Buying Guide : Proton Saga 1.3 M-Line A/T (reg. 2011)

Post by purrfect »

newrubble wrote:one needs knight bravery to select n possess this brand in indo n uk markets

good narrative review anyway

ini proyek tekor nya malay ...sama tekor spt indo hrs bayarin bgt byk kakitangan govt.n para retirees
thanks om NR :big_smile]

memang ribet om, berhubung statusnya proton masih state owned company dan belajar dari sejarah proton, mobnas itu ribet... sangat sangat sangat sangat sangat ribet. :mky_05:
kinankahfi wrote:Ulasan yg sangat komplit om :frm_tumbright:
buat yg tinggal di kota besar punya proton gitu mungkin gak tll takut soal layanan ass-nya ya
tp klo yg tinggal di daerah kok perasaan msh takut buat pelihara proton
saya dapet info kalo di luar jabodetabek masih bisa subtitusi dari part mitsu + hyundai, cuma memang butuh kesabaran ekstra untuk piara mobil ini. :mky_01:
1704MX wrote:ayah (mertua) melihara mobil ini, versi manual. dasbornya lumayan tinggi, serasa tenggelam. koplingnya juga dalem banget, padahal harus diangkat banyak baru jalan. bagusnya plat bodi lumayan tebel. tampang juga lumayan.
betul, pedal kopling manual juga cukup dalam waktu diinjak, tapi kalo dasbor menurut saya sih rendah karena postur badan saya yang persis karung beras :mky_01:
nyotnyet wrote:Proton ertiga? Apalagi itu om?
nih... :mky_03:

Image
Image

masih render tapi statusnya "on progress" yang targetnya pertengahan tahun ini sudah dijual.

komponennya dikirim terurai dari plant SIS di Tambun & Cikarang.

http://paultan.org/2016/01/22/proton-ba ... -versions/
Image
User avatar
purrfect
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 152
Joined: Thu Oct 20, 2011 6:52

Re: UCR & Buying Guide : Proton Saga 1.3 M-Line A/T (reg. 2011)

Post by purrfect »

Sarangzilboy wrote:Rada bingung sm proton ini, pertama kerjasama dgn mitsu, terus hyundai, skrg suzi, ini kenapa gak berkelanjutan y kerjasamany? Atau by project aja?

Tp anyway tetangga hebat menurut sy, at least dah berani eksekusi dan so far masih eksis, gak cuma wacana doank.
jangan lupa honda. :mky_03:

Image
Image
newrubble wrote:malay auto industry policy is genuinely brilliant as no other asean ever done its strategy before:

unlike indo promo of cheap labor in hope for full automanufacturing (and yet to happen except for avanza n kijang)...thai free-to-use industrial zone and stable regulatory regime (and success in bringing the whole detroit to rayong and laem chabang)

malay has successfully encouraged global major autopart players to fully relocated there (and dragging major auto brands to follow CKD there or join proton as its rebrand lineups)
juga 1 hal om... buat restrukturisasi korporat gede-gedean.
karena setelah kembangin mesin sendiri + produk yang ga terlalu sukses di pasaran sendiri, kantong proton juga lagi cekak dan balik pilih metode rebadge lagi.
b8099ok wrote:Bajingaannnnn, metiikkkkkkkkkkkkkkk. Langkaaaaaaaaaaaaaaaa!!!!!
Itu mesin tinggal tuker krukas, seher ama stang seher pny campro 1.6 uda langsung pluk en plei,...
masa ? :big_chicken:

di dealer proton ogut dapet kabar saga flx matik + manual masih ada sisa stok tuh... mungkin diskonnya bisa berasa kaya beli karimun wagon r GL. :upss:
Image
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: UCR & Buying Guide : Proton Saga 1.3 M-Line A/T (reg. 2011)

Post by newrubble »

semua engine campro is under lotus patent right when proton is the parent company and will by laws pass to proton upon any future divestment off from lotus

CPS VIM juga bgt

micro-hybrid under daimler benz patent proprietorship

IAFM is bosch's

Punch Powertrain is under DAF/volvotrucks

manumatic is getrag's
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: UCR & Buying Guide : Proton Saga 1.3 M-Line A/T (reg. 2011)

Post by b8099ok »

True om NR,... Punch Powertrain,...
FWD + FWD + 4WD + 4WD = :big_cat: