Suzuki SX4 - masuk Indonesia awal 2007
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
Perbandingan gw sih US, tp... astaga, pajaknya itu, bikin gw merinding sendiri >.<
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 668
- Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
- Location: Jakarta
Guys, SX4 udah direview belum di majalah? Mau tau akselerasinya dan konsumsi bensin nih. Gw soalnya gak percaya tenaga diturunin untuk ningkatin torsi... Orang jelas2 torsinya cuma 133nm@4000rpm (di brosur), kalah jauh ama Jazz/City VTEC dan Vios/Yaris VVT-i, masing2 sekitar 141@4500rpm (brosur juga). Gw dah naksir berat ama SX4, tapi gak mau ngeduluin perasaan dibanding logika.
Oh ya, lupa satu hal yang gw gak suka dari SX4, ban serepnya gak full size. Baru pertama kali gw liat ban serep ada tulisannya "max 80 KPH".
Oh ya, lupa satu hal yang gw gak suka dari SX4, ban serepnya gak full size. Baru pertama kali gw liat ban serep ada tulisannya "max 80 KPH".
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 353
- Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 750
- Joined: Mon Jan 29, 2007 3:34
@midi_amp
bro CMIIW yah tp setau gw ga selalu soal tenaga dan torsi yg membuat sebuah mobil bisa kencang, lincah, or whatever..
gw sih ga terlalu perhatiin spek2 ni mobil tp coba u compare:
power to weight rationya
optimum torque and hpnya di rpm berapa
chasisnya (rigidity)
suspension systemnya
front and rear weight balancenya
drivetrainnya
karena semua ini ngaruh bgt ke performa mobil and kalo cuma ngandelin hp dan torsi rasanya kurang valid CMIIW

bro CMIIW yah tp setau gw ga selalu soal tenaga dan torsi yg membuat sebuah mobil bisa kencang, lincah, or whatever..
gw sih ga terlalu perhatiin spek2 ni mobil tp coba u compare:
power to weight rationya
optimum torque and hpnya di rpm berapa
chasisnya (rigidity)
suspension systemnya
front and rear weight balancenya
drivetrainnya
karena semua ini ngaruh bgt ke performa mobil and kalo cuma ngandelin hp dan torsi rasanya kurang valid CMIIW



orang biasa dengan teman-teman luar biasa
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 75
- Joined: Fri Mar 23, 2007 5:11
- Location: Kelapa Gading
Setuju, kemaren liat unit contohnya di Bogor. Kok keknya mirip ama material Avaza ya?StRaDe_Jazz wrote:oh iya, itu juga, sederhana banget n warnanya agak2 gimana gitu....
Padahal expectasiku yah...yang empuk gitu.
Semalem di Oto TV emang menggiurkan sih SX4. Lega, agak tinggi, lincah, dan Italian design.
Guys, kalo ama Rush worth it mana?
Rush G M/T dan SX4 M/t kan sama harganya?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 668
- Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
- Location: Jakarta
Oke, gw juga udah bikin beberapa analisa mengenai mobil ini.alvika99 wrote:@midi_amp
bro CMIIW yah tp setau gw ga selalu soal tenaga dan torsi yg membuat sebuah mobil bisa kencang, lincah, or whatever..
gw sih ga terlalu perhatiin spek2 ni mobil tp coba u compare:
Power to weight ratio: 100ps:1260Kg (auto), yang hasilnya 0.079. Cukup buruk dibandingkan Yaris 110ps:1075Kg (auto)yang mendapatkan nilai 0.10 (makin besar makin baik). Sebagai perbandingan, Jazz i-DSi 88ps:1040 Kg (auto), dapat 0.08, lebih baik sedikiiiiiiiiitt dibandingkan power to weight ratio SX4.
Untuk tenaga dan torsi maksimum diraih pada titik 6000 dan 4000 rpm. Kecuali rasio gigi dibikin pendek, ini mobil gak bisa lari, mengingat beratnya. Tapi rasio gigi matic SX4 gak gw temuin di brosur maupun media kit dari Suzuki waktu acara kemaren. Tapi kemaren pas test drive bagus2 aja lah. Jadi gak terlalu pusing untuk tarikan bawah, tapi pas di jalan tol kan gak tau.
Rigidity dan weight balance gak tau... Ini makanya gw butuh media review baru membuat keputusan membeli.
Suspension system Mcpherson strut depan dan torsion beam belakang. Sama kayak Jazz/City, dan Yaris/Vios... Swift sama gak ya? Gak minat sih, jadi gak pernah udak aduk spek Swift kecuali interiornya.
Keuntungan torsion beam jelas di harga, tapi karena bentuknya menyerupai huruf U, tempat duduk belakang jadi lebih lega karena ruang bagian bawah gak kemakan tempat untuk posisi kaki2. Keuntungan lain terletak pada tersambungnya kedua sisi sistem suspensi, jadi roll bar tidak perlu lagi ada untuk meningkatkan kestabilan... Kali...
Untuk EuroNcap, mobil ini dapet 4 bintang, karena bagian pengemudi kurang terlindungi pada tabrakan, terutama dada dan kepala.

Apalagi ya... Tauk ah, gw nunggu media review aja deh, bingung kalau cuma baca data doang.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 179
- Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19
Iya nih, aneh aja, ngapain sih nurunin tenaga dan torsi klo ndak ada trade off lain? Agar bensinnya irit?Midi_Amp wrote:Guys, SX4 udah direview belum di majalah? Mau tau akselerasinya dan konsumsi bensin nih. Gw soalnya gak percaya tenaga diturunin untuk ningkatin torsi... Orang jelas2 torsinya cuma 133nm@4000rpm (di brosur), kalah jauh ama Jazz/City VTEC dan Vios/Yaris VVT-i, masing2 sekitar 141@4500rpm (brosur juga). Gw dah naksir berat ama SX4, tapi gak mau ngeduluin perasaan dibanding logika.
Oh ya, lupa satu hal yang gw gak suka dari SX4, ban serepnya gak full size. Baru pertama kali gw liat ban serep ada tulisannya "max 80 KPH".
Bung Naldo mungkin bisa kasih penjelasan...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
kalo gw bilang sih, tenaga n torsi menurun buat nyesuain karakter mesin ama bensin INdonesya yg tau sendiri lah kualitasnya... nih boil import CBU langsung dari jepun kan?
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 668
- Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
- Location: Jakarta
Justru bensin yang disarankan ama salesnya waktu gw test drive tetep pertamax... Minimal kan pertamax udah regular disana, jadi kalau ECU diset untuk bensin yang lebih jelek jadi premium cocok dong. Soalnya kalau tenaga turun tapi harus isi Pertamax gw agak ogah. Kalau masih 110ps tapi harus Pertamax gw agak rela.StRaDe_Jazz wrote:kalo gw bilang sih, tenaga n torsi menurun buat nyesuain karakter mesin ama bensin INdonesya yg tau sendiri lah kualitasnya... nih boil import CBU langsung dari jepun kan?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 750
- Joined: Mon Jan 29, 2007 3:34
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 668
- Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
- Location: Jakarta
Emoh... Sebelum Swift desain Suzuki gak ada yang kena buat gw... Tapi kedatangan Swift, GV, dan SX4 agak sedikit merubah persepsi.alvika99 wrote:@midi_amp
mau 110 ps mike? lo beli aerio gw aja wkaakakakakakak
nilai dah keluar tuh kt s budi
Finance gw pass, tapi statistik fail

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
loh, pada mahasiswa kampus mana ne? taon berapa?Midi_Amp wrote:Emoh... Sebelum Swift desain Suzuki gak ada yang kena buat gw... Tapi kedatangan Swift, GV, dan SX4 agak sedikit merubah persepsi.alvika99 wrote:@midi_amp
mau 110 ps mike? lo beli aerio gw aja wkaakakakakakak
nilai dah keluar tuh kt s budi
Finance gw pass, tapi statistik failyah gak apa lah, subject terakhir gw subject paling berat tahun depan.
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
sekarang suzuki lagi gemar2nya show SX4 di mall2 loh, tes duduk aja lah...
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 312
- Joined: Mon Feb 05, 2007 8:55
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1023
- Joined: Wed Dec 01, 2004 10:17
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 244
- Joined: Thu Jan 05, 2006 7:47
- Location: zoorabaya....city of heroes....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 668
- Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
- Location: Jakarta
Bos, percaya deh, kesan pertama gw ngeliat ini mobil jueleknya amit2 apalagi kalo diliat dari samping, kayak moncong bebek bagian depannya. Soal tinggi gak terlalu tinggi dibandingkan Yaris atau Jazz, bahkan gw melihat Yaris pake ban 16" juga setinggi SX4... Kalo Jazz somehow kok pake ban 16" tetep bantet.FortunerMan wrote:Gue mesti liat dulu nih in person... kalo dr foto2 aja kok kaya compact car biasa aja... dan a-pillarnya jelek kalo buat gue...di foto.
Tapi didalam... Nyamm... Posisi duduk MANTAB (buat gw). Pillar A yang tinggi itu lebih fungsional daripada Honda Jazz punya. Blind spot bukan masalah yang berarti karena kaca pada pillar A mengijinkan kita untuk melihat keluar dengan mudah. Gw cuma sedikit gak suka ama head unit yang terintegrasi, karena gw gak bisa ganti2. Tapi 4 speaker dan 4 tweeter cukup membayar kekurangan sistem audionya... Minimal kalau mau gw ganti, dudukan tweeternya udah ada.
@bos WP dan Strade_Jazz, gw ambil S2... Tapi tetep panggil gw anak kuliahan ya, kan terkesan muda

WALAH! Itu kok ampe keguling gitu! Kok gak masuk berita sih? Jago juga ya public relation indomobil ampe bisa cegat kejadian ini masuk berita. Serem juga, A pillarnya ampe remuk, kalau ini mobil buatan jelek udah mati itu yang duduk didepan. Dilihat dari letak kecelakaannya, ini terjadi waktu mobil ditransit di truk, soalnya gak di gravel tempat test drive... Jadi sistem pengunci lepas terus melorot, jatuh idung duluan terus keguling... Kali...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 312
- Joined: Mon Feb 05, 2007 8:55
Kalau info dari milis tetangga, kejadiannya emang saat test drive, mungkin karena yang tes drive gak biasa make AT sedangkan semua mobil yg dites AT semua, jadi saat mau pelan bukannya injek rem tapi keinjek gas ... he..Midi_Amp wrote:
WALAH! Itu kok ampe keguling gitu! Kok gak masuk berita sih? Jago juga ya public relation indomobil ampe bisa cegat kejadian ini masuk berita. Serem juga, A pillarnya ampe remuk, kalau ini mobil buatan jelek udah mati itu yang duduk didepan. Dilihat dari letak kecelakaannya, ini terjadi waktu mobil ditransit di truk, soalnya gak di gravel tempat test drive... Jadi sistem pengunci lepas terus melorot, jatuh idung duluan terus keguling... Kali...
Mobilnya menabrak pembatas jalan, oleng dan langsung ke balik tapi katanya yang tes drive gak luka parah, hanya lecet-lecet aja dan yang pasti STRESS.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 494
- Joined: Fri Sep 22, 2006 9:54
- Location: Look at your rear view mirror
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1643
- Joined: Thu Apr 19, 2007 6:15
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 668
- Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
- Location: Jakarta
Yoi... Kayak perusahaan gw aja, waktu dulu ada pameran, salah satu barang display kita kecolongan. Bos gw pusing dan marah2, tapi karena gw departemen promosi dan pemasaran, gw bilang ke orang2 kalau produk kita sangat diminati masyarakatSugie wrote:Wah kalo cuma lecet2 doank berarti safety feature nya ok dong..........
