Kijang Innova D-4D - PART 01
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Sun Apr 08, 2007 0:57
Kijang Innova D-4D - PART 01
Mau nanya nasib kijang Innova yang diesel gimana ya?apakah pihak TAM sudah menjualnya kembali dan apakah mesinnya sudah aman untuk solar indo khususnya solar biasa??trus bagaimana perawatannya?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 91
- Joined: Fri Apr 13, 2007 5:48
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Too bad saat ini Ipah D4 D di suspend sementara penjualannya.
Konon nanti July akan di re launch kembali.
Ipah D4 D is really good species from Innova family, asal kita tahu bagaimana memperlakukannya serta tuning yg tepat utk mobil ini.
Punya saya G A/T dengan full peredam + audio + ban 215/65 R 16 konsumsi BBM nya saat ini :
Rekor terburuk 1:8,7 utk full city driving & kondisi sebagian besar macet.
Utk city driving relative lancar 1:10 - 1:10,6 (kombinasi jalan biasa & tol)
Utk luar kota mencapai 1:13,5 - 1:14 pada trip Jkt - Bdg. PP
Yg paling fun dr mobil ini adalah middle accelerationnya, apalagi kalau udah tuning TPS, air filter JFC, Max. 2B, RFP, semi free flow exhaust.
Nyetir gas usah geber RPM tinggi2, cukup maintain sekitar 1700 - 2500 RPM sambil pompa2 dikit hingga upshift dst., nggak kerasa tahu2 speedometer udah ke 105 km/jam (ini driving style utk A/T)
Konon nanti July akan di re launch kembali.
Ipah D4 D is really good species from Innova family, asal kita tahu bagaimana memperlakukannya serta tuning yg tepat utk mobil ini.
Punya saya G A/T dengan full peredam + audio + ban 215/65 R 16 konsumsi BBM nya saat ini :
Rekor terburuk 1:8,7 utk full city driving & kondisi sebagian besar macet.
Utk city driving relative lancar 1:10 - 1:10,6 (kombinasi jalan biasa & tol)
Utk luar kota mencapai 1:13,5 - 1:14 pada trip Jkt - Bdg. PP
Yg paling fun dr mobil ini adalah middle accelerationnya, apalagi kalau udah tuning TPS, air filter JFC, Max. 2B, RFP, semi free flow exhaust.
Nyetir gas usah geber RPM tinggi2, cukup maintain sekitar 1700 - 2500 RPM sambil pompa2 dikit hingga upshift dst., nggak kerasa tahu2 speedometer udah ke 105 km/jam (ini driving style utk A/T)
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 111
- Joined: Tue Jul 13, 2004 18:53
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
D4D bagus tuh... ngambil VVT-i bikin kecewa seh...
gak nyari substitusi ipah bro?
gak nyari substitusi ipah bro?
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Sun Apr 08, 2007 0:57
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 96
- Joined: Wed Nov 30, 2005 11:44
Bung chaos_loki,
Utk Innova Diesel bisa konsumsi bio-diesel ato Pertamina DEX.
Masalah utamanya yi kandungan sulfur utk mesin jenis common-ral tsb < 500 ppm, sedangkan spek solar Pertamina (typical) kandungan sulfurnya masih di 5000 ppm & thn ini pemerintah baru mau menurunkan kandungan sulfur ke 3500 ppm.
Utk Innova Diesel A/T torsinya di 26,5 kgm/1600-2400 rpm lebih tinggi dp Innova Diesel M/T di 20,4 kgm/1400-3400 rpm, ttp klu torsi Innova Diesel M/T mau disetel lebih tinggi spt di A/T bisa dimintakan ke TAM Sunter kok.
Kasus kandungan sulfur tsb ndak hanya menimpa Innova Diesel kok, jualan sy yi MB Diesel-pun (common-rail) juga sudah banyak yg kena saat diisi dgn solar Pertamina biasanya. Yg pasti klu solar Pertamina-nya bagus maka emisi gas buang & efisiensi mesin diesel common-rail tsb tidak dapat tertandingi oleh mesin tipe spark-ignited spt mesin bensin/gas manapun juga.
Utk Innova Diesel bisa konsumsi bio-diesel ato Pertamina DEX.
Masalah utamanya yi kandungan sulfur utk mesin jenis common-ral tsb < 500 ppm, sedangkan spek solar Pertamina (typical) kandungan sulfurnya masih di 5000 ppm & thn ini pemerintah baru mau menurunkan kandungan sulfur ke 3500 ppm.
Utk Innova Diesel A/T torsinya di 26,5 kgm/1600-2400 rpm lebih tinggi dp Innova Diesel M/T di 20,4 kgm/1400-3400 rpm, ttp klu torsi Innova Diesel M/T mau disetel lebih tinggi spt di A/T bisa dimintakan ke TAM Sunter kok.
Kasus kandungan sulfur tsb ndak hanya menimpa Innova Diesel kok, jualan sy yi MB Diesel-pun (common-rail) juga sudah banyak yg kena saat diisi dgn solar Pertamina biasanya. Yg pasti klu solar Pertamina-nya bagus maka emisi gas buang & efisiensi mesin diesel common-rail tsb tidak dapat tertandingi oleh mesin tipe spark-ignited spt mesin bensin/gas manapun juga.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 192
- Joined: Sat Dec 25, 2004 22:37
Bung Turboman,
Numpang nanya dong,
bokap saya berencana membeli ford everest yg notabene juga mesin commonrail. giman pendapat bung turboman ttg mobil ini??
dari segi ketahanannya,keiritannya,dan juga kelemahannya apa aja?
apakah yg diperlukan utk merawat mesin ini?? bisa rekomendasikan utk bengkel yg cocok?
saya tinggal di jakarta utara dekat pluit.
thanks sebelumnya
Numpang nanya dong,
bokap saya berencana membeli ford everest yg notabene juga mesin commonrail. giman pendapat bung turboman ttg mobil ini??
dari segi ketahanannya,keiritannya,dan juga kelemahannya apa aja?
apakah yg diperlukan utk merawat mesin ini?? bisa rekomendasikan utk bengkel yg cocok?
saya tinggal di jakarta utara dekat pluit.
thanks sebelumnya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Innova D-4D
Saya baru saja gabung di SerayaMotor ini dan memang sedang mencari forum Innova D-4D. Rencana awal mau ambil "Rajanya Diesel" karena waktu banjir beberapa bulan yang lalu kok ternyata banyak yang lolos.
Tapi kalau lihat modelnya rasanya sebentar lagi pasti ganti, selain itu banyak yang bilang ... "penumpang harus tahan goncangan". Jadi muncul second opinion untuk lihat-2 Innova D-4D ini. Karena nanti akan dipakai untuk antar jemput anak dan operasionil kantor,,,, jadi 95% waktu akan dipegang pengemudi. Dalam arti mobil ini service level nya harus dapat dipercaya 95%. Biasanya untuk urusan kendaraan operasi, kantor langsung urusan dengan bengkel (ada semacam kontrak). Kebetulan si "Raja Diesel" ini belum ada bengkel di Depok, sementara untuk Innova sudah ada. Jadi tolong kasih opini mengenai dua pilihan ini "Rajanya Diesel" atau Innova. Terima kasih banyak sebelumnya.
Tapi kalau lihat modelnya rasanya sebentar lagi pasti ganti, selain itu banyak yang bilang ... "penumpang harus tahan goncangan". Jadi muncul second opinion untuk lihat-2 Innova D-4D ini. Karena nanti akan dipakai untuk antar jemput anak dan operasionil kantor,,,, jadi 95% waktu akan dipegang pengemudi. Dalam arti mobil ini service level nya harus dapat dipercaya 95%. Biasanya untuk urusan kendaraan operasi, kantor langsung urusan dengan bengkel (ada semacam kontrak). Kebetulan si "Raja Diesel" ini belum ada bengkel di Depok, sementara untuk Innova sudah ada. Jadi tolong kasih opini mengenai dua pilihan ini "Rajanya Diesel" atau Innova. Terima kasih banyak sebelumnya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 889
- Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
- Location: Jakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 977
- Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
- Location: sby
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Utk Innova D4 D bila hendak menggunakan solar biasa / biosolar :
1. Purging dgn Liqui Moly tiap 15 rb. km sekali. (Kalau di A2K ada Carbon Clean)
2. Solar campur "racun" Diesel fuel conditioner macam Amsoil ADF :
http://www.amsoil.com/storefront/adf.aspx
dan juga tambahkan Cetane Booster bermutu macam Amsoil ACB kalau mau lebih enak lagi
Utk mengetahui kandungan sulphur solar2 di Indonesia dr berbagai kilang bisa dilihat di thread khusus mengenai hal tsb. di Hal Umum.
Utk Jabodetabek solar / biosolar disuplai dr Balongan yg sulphurnya 500 - 600 ppm, juga Balikpapapn, kota2 di Kaltim hingga Makassar disuplai oleh kilang Balikpapan yg sulphurnya 600 - 700 ppm.
So utk wilayah Jkt solar / biosolar sudah cukup layak utk mesin CRD, tinggal tambahkan additive2 bermutu.
Biosolar yg recommended dr SPBU :
1. Jl. Industri
2. Jl. Latumeten (sebelah Grogol Permai)
3. Tendean (lumayan)
4. SPBU bawah jemb Tomang (dulu solarnya cukup OK)
Ada baiknya walaupun kita isi biosolar / solar biasa tambahkan DEX sebanyak 20% dr total volume solar jika memungkinkan, atau alternative lain solar Petronas (Indonesian Shell Diesel is not recommended)
Utk meningkatkan kinerja mesin :
1. Down Pipe SAKI
2. Air filter JFC
3. Tuning TPS & TB (ada threadnya)
4. Semi free flow exhaust
5. Max. 2B
6. RFP
7. DASTEK (jika willing to purchase)
8. Ground Cable
Kalau udah sampai step 4 utk Innova D4 D A/T ingat2 kondisi rem anda, minimal gunakan brake fluid DOT 4. Utk step 5 ke atas mutlak gunakan brake fluid DOT 4 & segera ganti minyak rem bila kinerja rem mulai menurun.
Btw saya baru saja install GC tadi pagi di Jayapura Motor DTMF, throttle response improve, shifting A/T lebih smooth, skg. response throttle sudah nyaris seirama gerakan kaki......hehhehehehehe
1. Purging dgn Liqui Moly tiap 15 rb. km sekali. (Kalau di A2K ada Carbon Clean)
2. Solar campur "racun" Diesel fuel conditioner macam Amsoil ADF :
http://www.amsoil.com/storefront/adf.aspx
dan juga tambahkan Cetane Booster bermutu macam Amsoil ACB kalau mau lebih enak lagi
Utk mengetahui kandungan sulphur solar2 di Indonesia dr berbagai kilang bisa dilihat di thread khusus mengenai hal tsb. di Hal Umum.
Utk Jabodetabek solar / biosolar disuplai dr Balongan yg sulphurnya 500 - 600 ppm, juga Balikpapapn, kota2 di Kaltim hingga Makassar disuplai oleh kilang Balikpapan yg sulphurnya 600 - 700 ppm.
So utk wilayah Jkt solar / biosolar sudah cukup layak utk mesin CRD, tinggal tambahkan additive2 bermutu.
Biosolar yg recommended dr SPBU :
1. Jl. Industri
2. Jl. Latumeten (sebelah Grogol Permai)
3. Tendean (lumayan)
4. SPBU bawah jemb Tomang (dulu solarnya cukup OK)
Ada baiknya walaupun kita isi biosolar / solar biasa tambahkan DEX sebanyak 20% dr total volume solar jika memungkinkan, atau alternative lain solar Petronas (Indonesian Shell Diesel is not recommended)
Utk meningkatkan kinerja mesin :
1. Down Pipe SAKI
2. Air filter JFC
3. Tuning TPS & TB (ada threadnya)
4. Semi free flow exhaust
5. Max. 2B
6. RFP
7. DASTEK (jika willing to purchase)
8. Ground Cable
Kalau udah sampai step 4 utk Innova D4 D A/T ingat2 kondisi rem anda, minimal gunakan brake fluid DOT 4. Utk step 5 ke atas mutlak gunakan brake fluid DOT 4 & segera ganti minyak rem bila kinerja rem mulai menurun.
Btw saya baru saja install GC tadi pagi di Jayapura Motor DTMF, throttle response improve, shifting A/T lebih smooth, skg. response throttle sudah nyaris seirama gerakan kaki......hehhehehehehe

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
buset dah, Inopa desel bisa jadi kayak gitu? step satu sampe lapan abis berapa duit oom?
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 91
- Joined: Fri Apr 13, 2007 5:48
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Utk prioritas dalam maintenance & upgrading dari yg kebutuhan pokok hingga advance :
Kebutuhan pokok :
Bahan bakar :
Diesel fuel Conditioner semacam Amsoil ADF & produk lain yg sejenis, mengingat konsistensi kualitas solar / biosolar 4300.
Maintenance :
Purging dgn Liqui Moly 15 rb. km sekali
Engine :
1. Air filter free flow spt. & semacamnya (krn konstruksi air filter standardnya rapat) JFC Rp. 250 rb.
2. Down Pipe (DP), karena down pipa asli 2 KD-FTV yg nekuk patah 90 derajat.
Produk SAKI (DP & middle pipe) Rp. 1,79 jt.
Produk Formula knalpot DP nya saja sekitar 600 - 700 rb.
Spt. yg dikatakan Prof. Penyuturbo bahwa aliran fluida (udara & gas buang) in & out dr mesin haruslah selancar mungkin.
Next step (kebutuhan sekunder) :
Bahan bakar :
Cetane booster bermutu macam Amsoil ACB / TCB (Total Cet boost.) / MCB G2 (Methorel Cet. boost.)
Maintenance :
Purging dengan Carbon Clean / Interject Service
Engine :
1. Tuning TPS / TB Rp. 100.000 di Phoenix Serpong (lihat thread khusus)
2. Semi free flow exhaust
a. Three chambers muffler + pre muffler - Formula knalpot Rp. 450 rb.
b. Internal V shaped muffler - Budi knalpot
3. Max. 2B - Turbo lag reducer / manjemen sistem aliran udara pada intake (Turbo - Plenum chamber). Karena Turbo 2 KD-FTV type standard non VGT dimana terdapat lag pada RPM sekitar 900 - 1900. DC Rp. 2,1 jt.
Bila sudah pada level next step ini maka mobil gak perlu gas dalam2, khusus utk A/T sewaktu berakselerasi cukup bermain di RPM 1500 - 2500 RPM, sembari gas di pompa2 dikit hingga upshift dst. nya hingga dapat mencapai 105 km/jam.
Akselerasi gesit sambil mempertahankan kons. BBM yg optimal.

Kebutuhan pokok :
Bahan bakar :
Diesel fuel Conditioner semacam Amsoil ADF & produk lain yg sejenis, mengingat konsistensi kualitas solar / biosolar 4300.
Maintenance :
Purging dgn Liqui Moly 15 rb. km sekali
Engine :
1. Air filter free flow spt. & semacamnya (krn konstruksi air filter standardnya rapat) JFC Rp. 250 rb.
2. Down Pipe (DP), karena down pipa asli 2 KD-FTV yg nekuk patah 90 derajat.
Produk SAKI (DP & middle pipe) Rp. 1,79 jt.
Produk Formula knalpot DP nya saja sekitar 600 - 700 rb.
Spt. yg dikatakan Prof. Penyuturbo bahwa aliran fluida (udara & gas buang) in & out dr mesin haruslah selancar mungkin.
Next step (kebutuhan sekunder) :
Bahan bakar :
Cetane booster bermutu macam Amsoil ACB / TCB (Total Cet boost.) / MCB G2 (Methorel Cet. boost.)
Maintenance :
Purging dengan Carbon Clean / Interject Service
Engine :
1. Tuning TPS / TB Rp. 100.000 di Phoenix Serpong (lihat thread khusus)
2. Semi free flow exhaust
a. Three chambers muffler + pre muffler - Formula knalpot Rp. 450 rb.
b. Internal V shaped muffler - Budi knalpot
3. Max. 2B - Turbo lag reducer / manjemen sistem aliran udara pada intake (Turbo - Plenum chamber). Karena Turbo 2 KD-FTV type standard non VGT dimana terdapat lag pada RPM sekitar 900 - 1900. DC Rp. 2,1 jt.
Bila sudah pada level next step ini maka mobil gak perlu gas dalam2, khusus utk A/T sewaktu berakselerasi cukup bermain di RPM 1500 - 2500 RPM, sembari gas di pompa2 dikit hingga upshift dst. nya hingga dapat mencapai 105 km/jam.
Akselerasi gesit sambil mempertahankan kons. BBM yg optimal.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 556
- Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31
you're damn rite dude..Winata wrote:Of course D-4D dong daripada King of Diesel. sorry no offense for king of diesel ya. Soalnya harga king of diesel mahal dan juga tidak sesuai dengan fitur yang ada semuanya kuno.
hahaa..
panther mah kuno banget mesinnya.. cma ditambel ini itu.. tambahin turbo..
halah
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
ween wrote:btw, kira2 sekarang harga 2nd-nya berapa yah? kira2 lebih mahal atau lebih murah dari yg VVT-i? .
Hehehe......coba aja cek harga secondnya oom, ada 2 rekan saya survei sampe kaget ngedenger harga second Ipah D4 D.
Kalao VVT-i second tinggal buka Kompas sabtu dgn santai sambil minum kopi, telponin satu satu cari yg best deal, apalagi dgn munculnya "MPV baja" yg juga sama2 bermesin gasoline.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 889
- Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
- Location: Jakarta
Di Pasar mobil kemayoran INNOVA VVT-I itu banyak banget. Tinggal dipilih2 aja mana yang bagus harganya juga anjlok tipe V bisa 160-170jt .btw, kira2 sekarang harga 2nd-nya berapa yah? kira2 lebih mahal atau lebih murah dari yg VVT-i? .
Kalo yang D-4D agak jarang2 dan harganya tahun 2005 INNOVA D-4D tipe V harga pasarannya 195jt-205jt karena peminat mobilnya banyak unit sedikit dan unit baru juga ga keluar lagi.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Tue Mar 27, 2007 4:21
- Location: Jakarta City
Halo lagi Bung Turboman.
dan Jayapura motor ada dimana ?
Terakhir , kalau Dastek bisa di beli dimana ?
FYI , Ipah D4D saya udah TPS dan TB serta udah ganti Air filter. Hasilnya udah sangat OK dibandingin kondisi standard. Tapi kalau masih bisa lebih Ok , Why not !
Thanks.
Untuk produk Amsoil bisa beli dimana aja ? Saya cari di ACE ngak ada .2. Solar campur "racun" Diesel fuel conditioner macam Amsoil ADF :
http://www.amsoil.com/storefront/adf.aspx
dan juga tambahkan Cetane Booster bermutu macam Amsoil ACB kalau mau lebih enak lagi
Bagaimana dengan SPBU di Latumenten / Jembatan besi, karena saya lihat solarnya juga BIOsolar. Selama ini saya isi biosolar disini. Karena saya kirain SPBU yang Jl latumenten adalah yg ini. Bukan yang disebelah Grogol Permai.Biosolar yg recommended dr SPBU :
1. Jl. Industri
2. Jl. Latumeten (sebelah Grogol Permai)
3. Tendean (lumayan)
4. SPBU bawah jemb Tomang (dulu solarnya cukup OK)
Kalau untuk Down Pipe SAKI dan Semi free flow exhaust pasang dimana ?Utk meningkatkan kinerja mesin :
1. Down Pipe SAKI
2. Air filter JFC
3. Tuning TPS & TB (ada threadnya)
4. Semi free flow exhaust
5. Max. 2B
6. RFP
7. DASTEK (jika willing to purchase)
8. Ground Cable
dan Jayapura motor ada dimana ?
Terakhir , kalau Dastek bisa di beli dimana ?
FYI , Ipah D4D saya udah TPS dan TB serta udah ganti Air filter. Hasilnya udah sangat OK dibandingin kondisi standard. Tapi kalau masih bisa lebih Ok , Why not !
Thanks.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Amsoil kontak Jimmy 08562333333
Biosolar - SPBU Latumeten yg "Pancen Oye" yg di SPBU sebelah komplek ruko Grogol Permai pak.
SAKI = Standard Adi Knalpot (021) 6252934 utk Down Pipe
Formula knalpot 085210964820 utk semi free flow muffler (Down pipe juga bisa). Utk semi free flow muffler pilih yg 3 chambers & jangan yg straight perforated pipe. Atau bisa juga pilih yg Inner V shaped di Budi Knalpot.
jayapura motor - DTMF 02172793675 utk Ground Cable
Kalau DASTEK ke Sigma speed (Soleh) atau konon ada yg namanya Teddy ya ? Itu KSN atau REV Eng. ya ?
IMHO :
Kita udah pernah bikin perbandingan antara D4 D dengan Max. 2B + RFP vs. D4 D + DASTEK, dimana kedua mobil sama2 menggunakan Down Pipe & tuning TPS.
Alhasil utk genjotan RPM bawah menengah lebih unggul yg dengan 2B + RFP dan utk RPM 2600 ke atas yg dengan DASTEK lebih unggul.
So mana yg akan anda pilih sesuaikanlah dengan kebutuhan anda.
Utk 2B area yg sgt terasa improvementnya adalah 2000 - 3000 RPM dan antara 1000 - 2000 RPM juga improve. Antara 1000 - 2000 RPM bisa terasa ada sedikit "tendangan" ketika jalan pelan lalu pedal gas ditekan mendadak. Sedang antara 2000 - 3000 RPM jarum tachometer akan berkitir sgt. cepat.
Sedang kombinasi antara Down Pipe SAKI + semi free flow muffler & 2B membuat Turbo spool up jauh lebih cepat, terdengar ketika dr stasioner & pedal gas mulai dibejek Turbo lgs bunyi ziiinnnngggggggggggggg............
Biosolar - SPBU Latumeten yg "Pancen Oye" yg di SPBU sebelah komplek ruko Grogol Permai pak.
SAKI = Standard Adi Knalpot (021) 6252934 utk Down Pipe
Formula knalpot 085210964820 utk semi free flow muffler (Down pipe juga bisa). Utk semi free flow muffler pilih yg 3 chambers & jangan yg straight perforated pipe. Atau bisa juga pilih yg Inner V shaped di Budi Knalpot.
jayapura motor - DTMF 02172793675 utk Ground Cable
Kalau DASTEK ke Sigma speed (Soleh) atau konon ada yg namanya Teddy ya ? Itu KSN atau REV Eng. ya ?
IMHO :
Kita udah pernah bikin perbandingan antara D4 D dengan Max. 2B + RFP vs. D4 D + DASTEK, dimana kedua mobil sama2 menggunakan Down Pipe & tuning TPS.
Alhasil utk genjotan RPM bawah menengah lebih unggul yg dengan 2B + RFP dan utk RPM 2600 ke atas yg dengan DASTEK lebih unggul.
So mana yg akan anda pilih sesuaikanlah dengan kebutuhan anda.
Utk 2B area yg sgt terasa improvementnya adalah 2000 - 3000 RPM dan antara 1000 - 2000 RPM juga improve. Antara 1000 - 2000 RPM bisa terasa ada sedikit "tendangan" ketika jalan pelan lalu pedal gas ditekan mendadak. Sedang antara 2000 - 3000 RPM jarum tachometer akan berkitir sgt. cepat.
Sedang kombinasi antara Down Pipe SAKI + semi free flow muffler & 2B membuat Turbo spool up jauh lebih cepat, terdengar ketika dr stasioner & pedal gas mulai dibejek Turbo lgs bunyi ziiinnnngggggggggggggg............

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Report Ground cable di D4 D
Hasil pengamatan sesudah instalasi GC (Ground cable) :
1. Gerakan throttle makin seirama gerakan kaki kita di pedal gas, lag
/ delay yg terjadi akibat sistem TBW semakin diminimalizir.
2. Shifting A/T lebih smooth, benar terbukti.
Akibat dari nomor 1 membuat si D4 D nyaris seperti mobil / mesin
dengan throttle kabel kawat.
1. Gerakan throttle makin seirama gerakan kaki kita di pedal gas, lag
/ delay yg terjadi akibat sistem TBW semakin diminimalizir.
2. Shifting A/T lebih smooth, benar terbukti.
Akibat dari nomor 1 membuat si D4 D nyaris seperti mobil / mesin
dengan throttle kabel kawat.