Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Turboman wrote:PERTAMA :
Yang harus dipikirkan adalah DRIVER nya !
Bukannya kalo nyetir itu disarankan maksimal 4 jam ya ?
Lebih baik lagi jika setiap 2 jam berhenti utk istirahat sekalian tukar udara kabin mobil
KEDUA :
jalan tol bukan ajang sirkuit balap Le Mans !!
Nyetirlah sesuai dgn aturan batas kec max atau nyetir santai secara pulse n glide
nah betul nih masalah safety... kalau gak salah rekomen sehari itu nyetir tidak lebih dari 960km (600 mile), rekomen di 500mile (800km). -- solo driving...
ambil dari data salah satu penelitian seputar safety
martinnn wrote:pas macet2 tahun baru kemarin ada yang mobilnya nyala puluhan jam masih gpp tuh... paling oli aja yang harus lsung ganti
jadi inget juga nih, kebetulan salah satu korban di hari macet nasional... jkt-bdg 8jam aja katanya harus bersukur, karena banyak yang lebih dari 8jam. Pernah baca dari ford, 1jam idling itu setara 40km perjalanan (25 mile). Berarti kalau bandung jakarta 8 jam, berarti 3 jam (waktu normal) 140km + 5 jam idle (5x40 km = 200 km), berarti estimasi 8 jam jkt - bdg setara 340km... cmiiw...
Last edited by g1ng2 on Tue Feb 16, 2016 6:16, edited 2 times in total.
Beberapa tahun lalu waktu jalan masi ga serame sekarang, ane sering pp sby-solo, jarak 300km, perjalanan sekitar 4jam, berangkat dini hari.
Mobil cuma 1500cc, ga pake istirahat kecuali pas kena lampu merah, geber redline trus (sering2 malah over rev), kec rata2 80-160. Tujuan memang dites ketahanan, karena harga jual ancur, jadi mesin/transmisi jebol ya ga rugi2 banget.
Sampe pensiun, tuh mesin dan transmisi masi awet2 aja.
Ikutan trend penghuni garasi:
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
latest nonstop driving distance record sy adalah dr denver colorado ke losangeles ca ... tdk lewat eisenhower tunner i70 tapi lsg turun bawah via i25 (sy dikit naik atas dulu ke fortcollins ke kuburan oom charles klaassens)
naik 2010 chevy volt (gantian steer dg istri) arah south ke albuquerque newmexico dari situ west i40 ke flagstaff arizona disitu bisa liat grandcanyon ... trus masuk losangeles n lanjut i-15 ...
total 1055 miles ... 18hr 28min tapi lbh seru kalo winterdrive dr zurich ke frankfurt (sewa mobil panamera dr airport) itu lbh dr 420km ... di.non-urbanized zone tdk ada speedlimit sy pernah speed 205kmh ... masih ada yg overtaking ... tapi bgt 30km dr frankfurt kena tilang krn speed kurang dr 50kmh krn lg reset gps (untung tdk ketauan lg reset) ...
latest nonstop driving distance record sy adalah dr denver colorado ke losangeles ca ... tdk lewat eisenhower tunner i70 tapi lsg turun bawah via i25 (sy dikit naik atas dulu ke fortcollins ke kuburan oom charles klaassens)
naik 2010 chevy volt (gantian steer dg istri) arah south ke albuquerque newmexico dari situ west i40 ke flagstaff arizona disitu bisa liat grandcanyon ... trus masuk losangeles n lanjut i-15 ...
total 1055 miles ... 18hr 28min tapi lbh seru kalo winterdrive dr zurich ke frankfurt (sewa mobil panamera dr airport) itu lbh dr 420km ... di.non-urbanized zone tdk ada speedlimit sy pernah speed 205kmh ... masih ada yg overtaking ... tapi bgt 30km dr frankfurt kena tilang krn speed kurang dr 50kmh krn lg reset gps (untung tdk ketauan lg reset) ...
kalo pake flight gak akan dapet experience seperti ini...
IMHO, jika mobil digeber terus menerus dlm kecepatan tinggi selama lebih dari 1 jam, ada baik kita mulai melihat kode batas kecepatan maksimum ban mobil kita. BIsa diintip di sini http://saft7.com/mengenal-seluk-beluk-b ... dan-motor/ .
Yg perlu diingat adl batas kecepatan maksimum ban itu berlaku jika ban dipakai di kecepatan tsb selama 1 jam terus menerus. Misalnya jika batas kecepatan maksimum ban 180km/jam, maka artinya ban tsb boleh digunakan pada kecepatan 180km/jam PALING LAMA 1 jam.
KodokPushUp wrote:Beberapa tahun lalu waktu jalan masi ga serame sekarang, ane sering pp sby-solo, jarak 300km, perjalanan sekitar 4jam, berangkat dini hari.
Mobil cuma 1500cc, ga pake istirahat kecuali pas kena lampu merah, geber redline trus (sering2 malah over rev), kec rata2 80-160. Tujuan memang dites ketahanan, karena harga jual ancur, jadi mesin/transmisi jebol ya ga rugi2 banget.
Sampe pensiun, tuh mesin dan transmisi masi awet2 aja.
300km dalam 4 jam sama kaya waktu tempuh t.agung-sby juga 4 jam tapi jaraknya cuma 100an km
Saya 3 januari kemaren Tegal-Jakarta (kurleb 300 km) cuma 4 jam doang.
Berangkat jam 2 subuh, sampe rumah jam 6 pagi.
Pernah juga Jakarta-Semarang hanya 8 jam saja pasca libur lebaran kemaren.
Cuman cara nyetirnya sradak sruduk sih.
Memang kalo sudah long trip dan kondisi badan cuapek banget (solo driver) sementara dikejar2 waktu.. akhirnya bikin nyetir jadi ga karuan. Kalo ga ada yang ngingetin disamping mungkin udah bablas dah (amit2)
Barusan kemaren, dari smg ke sby pake brio satya, brangkat dari smg jam stgh 1, masuk gerbang tol sby (tandes) jam 6an...rekor pake dakar smg-sby 4,5 jam
Saya iseng pake brio, mau coba spt apa naik lcgc luar kota...asik2 aja sih...hahahaha
jadi inget juga nih, kebetulan salah satu korban di hari macet nasional... jkt-bdg 8jam aja katanya harus bersukur, karena banyak yang lebih dari 8jam. Pernah baca dari ford, 1jam idling itu setara 40km perjalanan (25 mile). Berarti kalau bandung jakarta 8 jam, berarti 3 jam (waktu normal) 140km + 5 jam idle (5x40 km = 200 km), berarti estimasi 8 jam jkt - bdg setara 340km... cmiiw... [/quote]
Jkt - Bandung 8 jam? kok bisa om? Apa Jkt - Bandung pp? Ane jakut ke pasteur aja rata2 3,5 jam.
piggypig77 wrote:jadi inget juga nih, kebetulan salah satu korban di hari macet nasional... jkt-bdg 8jam aja katanya harus bersukur, karena banyak yang lebih dari 8jam. Pernah baca dari ford, 1jam idling itu setara 40km perjalanan (25 mile). Berarti kalau bandung jakarta 8 jam, berarti 3 jam (waktu normal) 140km + 5 jam idle (5x40 km = 200 km), berarti estimasi 8 jam jkt - bdg setara 340km... cmiiw...
Jkt - Bandung 8 jam? kok bisa om? Apa Jkt - Bandung pp? Ane jakut ke pasteur aja rata2 3,5 jam.[/quote]
Ini pas lagi macet gila akhir tahun kemaren om..
Saya waktu itu 12 jam baru nyampe Cirebon (harusnya 3 jam saja) padahal sudah berangkat dari jam setengah 3 subuh
Ada yang berangkat dari lebak bulus jam 6 pagi, sore baru nyampe bekasi
Akhirnya putar balik lagi
Di solo ada 2 proyek .
1. Semarang - Solo
Sdh hampir sampai Salatiga ( 1/2 perjalanan )
Medan nya bukit gunung lembah naik turun .
Beberapa kali cruising di tol bawen - banyumanik yg menjadi ketakutan saya adalah kalo keluar jalur nyemplung jurang
Kalo ga salah ini proyek dr 2008 sampe skrg ga jadi2
2. Solo - Kertosono ( Kediri Jatim )
Udah dibangun beberapa part tapi belom ada tanda2 dibuka .
adityabp wrote:IMHO, jika mobil digeber terus menerus dlm kecepatan tinggi selama lebih dari 1 jam, ada baik kita mulai melihat kode batas kecepatan maksimum ban mobil kita. BIsa diintip di sini http://saft7.com/mengenal-seluk-beluk-b ... dan-motor/ .
Yg perlu diingat adl batas kecepatan maksimum ban itu berlaku jika ban dipakai di kecepatan tsb selama 1 jam terus menerus. Misalnya jika batas kecepatan maksimum ban 180km/jam, maka artinya ban tsb boleh digunakan pada kecepatan 180km/jam PALING LAMA 1 jam.
Nah ada yg bahas
Dulu kan ada trif lama isi tridnya ban bisa meledak
Digeber 120kpj 1 jam aja meledak tuh ban
kebanyakan si yang konyol driver-nya kalau pengamatan pp jkt - tegal, naiknay cuma lcgc/duo kaleng tapi ketemu gerbang tol srobot sana sini, gas pol balapan sama pahala kencana/coyo/nusantara/cs. sekali ketemu di rest area cipali liat mukanya udah beler, padahal nyetir paling baru 3 jam dari jkt kalau lancar akibat ga tau diri maksain kendaraan yang ga mumpuni. rasanya tuh muke pengen siremin pake baygon
org indo kebanyakan modalnya cuma doa si, sisanya sial atau musibah ga pernah ditilik bener2 orgnya emang bego. sekali selamet pp jkt - tegal via cipali uda koar2 paling jago se-indo. padahal di luar sono driver ALS santai2 aja nerabas Medan - Jawa seminggu sekali...
nah ketika segi teknis kendaraan mampu, orgnya ga mampu akibatnya celakain org lain. kalau baca berita jarang sekali kecelakaan tunggal di cipali, biasanya bawa korban lain yang kesamber atau keseret. konyolnya analisanya mentok: ngantuk, lelah, akibat toll terlalu panjang dll, orgnya ga pernah disalahin...
Yah ikut prinsip aja, toh pada car enthusiasts semua.
Prepare it, tune it, race it, break it and back to square one. Mobil baru mah gas pol aja, gua aja pake Katana jalan jauh gas pol rem blong.
vipere wrote:Ini yang jadi pertanyaan saya sejak lama juga. Kalo tol jakarta - surabaya udah tersambung nanti, Apa sanggup mobil jalan non stop, speed 100-120km/jam aja tapi terus menerus bisa sampe 8-10 jam misalnya. Juga kalo mobilnya sanggup , gimana dengan ban nya , sanggup juga enggak ya ?
jepara-surabaya, 300km lebih dikit, kecepatan maksimal 100 kpj, ban eco cap gajah meleduk saat masuk tol gresik.
octafiantos wrote:Yah ikut prinsip aja, toh pada car enthusiasts semua.
Prepare it, tune it, race it, break it and back to square one. Mobil baru mah gas pol aja, gua aja pake Katana jalan jauh gas pol rem blong.
jepara-jogja, 190 km (itung di google map), 3 jam pake katana tanpa penumpang, keluar rumah jam 2, sampe lampu merah ring road utara pas jam 5 subuh.
piggypig77 wrote:jadi inget juga nih, kebetulan salah satu korban di hari macet nasional... jkt-bdg 8jam aja katanya harus bersukur, karena banyak yang lebih dari 8jam. Pernah baca dari ford, 1jam idling itu setara 40km perjalanan (25 mile). Berarti kalau bandung jakarta 8 jam, berarti 3 jam (waktu normal) 140km + 5 jam idle (5x40 km = 200 km), berarti estimasi 8 jam jkt - bdg setara 340km... cmiiw...
Jkt - Bandung 8 jam? kok bisa om? Apa Jkt - Bandung pp? Ane jakut ke pasteur aja rata2 3,5 jam.[/quote]
piggypig77 wrote:jadi inget juga nih, kebetulan salah satu korban di hari macet nasional... jkt-bdg 8jam aja katanya harus bersukur, karena banyak yang lebih dari 8jam. Pernah baca dari ford, 1jam idling itu setara 40km perjalanan (25 mile). Berarti kalau bandung jakarta 8 jam, berarti 3 jam (waktu normal) 140km + 5 jam idle (5x40 km = 200 km), berarti estimasi 8 jam jkt - bdg setara 340km... cmiiw...
Jkt - Bandung 8 jam? kok bisa om? Apa Jkt - Bandung pp? Ane jakut ke pasteur aja rata2 3,5 jam.
piggypig77 wrote:jadi inget juga nih, kebetulan salah satu korban di hari macet nasional... jkt-bdg 8jam aja katanya harus bersukur, karena banyak yang lebih dari 8jam. Pernah baca dari ford, 1jam idling itu setara 40km perjalanan (25 mile). Berarti kalau bandung jakarta 8 jam, berarti 3 jam (waktu normal) 140km + 5 jam idle (5x40 km = 200 km), berarti estimasi 8 jam jkt - bdg setara 340km... cmiiw...
Jkt - Bandung 8 jam? kok bisa om? Apa Jkt - Bandung pp? Ane jakut ke pasteur aja rata2 3,5 jam.
Ini pas lagi macet gila akhir tahun kemaren om..
Saya waktu itu 12 jam baru nyampe Cirebon (harusnya 3 jam saja) padahal sudah berangkat dari jam setengah 3 subuh
Ada yang berangkat dari lebak bulus jam 6 pagi, sore baru nyampe bekasi
Akhirnya putar balik lagi
Sori OOT[/quote]
Beh parah emang wktu itu om,smoga taun ini ga kejadian lagi deh.
kunaskun wrote:kebanyakan si yang konyol driver-nya kalau pengamatan pp jkt - tegal, naiknay cuma lcgc/duo kaleng tapi ketemu gerbang tol srobot sana sini, gas pol balapan sama pahala kencana/coyo/nusantara/cs. sekali ketemu di rest area cipali liat mukanya udah beler, padahal nyetir paling baru 3 jam dari jkt kalau lancar akibat ga tau diri maksain kendaraan yang ga mumpuni. rasanya tuh muke pengen siremin pake baygon
org indo kebanyakan modalnya cuma doa si, sisanya sial atau musibah ga pernah ditilik bener2 orgnya emang bego. sekali selamet pp jkt - tegal via cipali uda koar2 paling jago se-indo. padahal di luar sono driver ALS santai2 aja nerabas Medan - Jawa seminggu sekali...
nah ketika segi teknis kendaraan mampu, orgnya ga mampu akibatnya celakain org lain. kalau baca berita jarang sekali kecelakaan tunggal di cipali, biasanya bawa korban lain yang kesamber atau keseret. konyolnya analisanya mentok: ngantuk, lelah, akibat toll terlalu panjang dll, orgnya ga pernah disalahin...
Sebenarnya jln tol yg panjang & kosong melompong enak buat menikmati segala tekno canggih yg dimilikin mobil2 skrg; cruise control-selalu pake kl dah masuk cipali-pejagan, kaki kiri istirohat, jalan pagi2 udara masih seger tinggal buka sanrup. Siangan dikit pas bocah2 dibaris ke-2 pd bangun pasang cd dora biar pd anteng [emoji16]
Menurut saya pribadi malah lebih hebat mobil2 di jkt yang setiap hari stuck di kemacetan berjam-jam, tanpa istirahat sama sekali. Justru mobil kalo habis dibawa jarak jauh, performanya membaik. Apalagi kalo sesekali diselingi hi-rev, meskipun saya ga saranin kalo terus2an main hi-rev. Tapi, temen ada yg pake avanza G 1.3 matic, tiap bawa selalu hajar sampe redline, malah tarikannya jadi enteng banget. Beda banget kalo dibandingin sama avanza yang setipe tapi tiap hari cuma dibawa di macet2.
Justru, yang harus diperhatikan kalau jalan jarak jauh seperti itu adalah mental pengemudinya, juga kondisi tubuh harus diperhatikan, mengingat akan menempuh 6-7 jam di tol yg jalannya lurus2 saja serta pemandangan yg begitu2 aja. Bener kata om2 diatas, sebaiknya tiap 4 jam istirahat, atau kalau ada penumpang lain, gantian nyetir. Biar pikiran ga stress dan badan ga pegel2.
sblm ada cipali dulu, ketika jln di pantura jabar keliatan mn yg biasa jln jauh sama ngga, biasanya justru yg g biasa jln jauh yg nafsunya gede, salip sana sini ga tau sikon. sampai bus mlm pun dilawan. tpi org2 ky gini gmpng ditebak, baru sampai cirebon udah pd minggir.... ejakulasi dini
Kalau sdh tol tersambung,paling enak mnrt saya kendaraan sbb :
1. automatic yg 5/6/8 gear, atau CVT
2. mbl manual 6speed, atau 5speed yang pny final gear rendah
3. mbl CC besar
4. mbl yang senyap
Karena bs dipakai cruising 100-120km/h dgn rpm yg rendah (2000rpm atau lbh rendah)