Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
setsuka09
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 559
Joined: Fri Jun 26, 2015 9:04

Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by setsuka09 »

Nubie minta tips dr pakar2 matic :

Kl di jazz GE8 posisi transmisi dr N langsung ke S alias gigi 1 maenin paddle shift dr stop & go, itu efek jangka panjang bikin rusak transmisi kaga yah?


Sent from my iPad using Tapatalk
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by dogar »

kunaskun wrote: driver sakti mana om yang pas turunan ga injek rem sama sekali? bukannya sudah refleks-nya kalau turunan kaki pasti pindah ke rem bukan ke gas, nah kalau ada yang nyelonong akibat ga sengaja injek gas = human error bukan masalah masukin N pas turunan biar ga nyelonong. lagipula rem itu kalau terus2an diinjek lama2 ya blong akibat overheat, beban gravitasi akan menarik mobil, beban pindah ke roda depan semua, terus tambahin belok2, kecepatan meluncur tanpa tahanan dari mesin = resep mantap buat kehilangan traksi roda depan.
Justru karena ngga semua driver itu sakti dan pasti refleks menginjak rem saat turunan maka posisi N bisa menyelamatkan driver dari human error.
Saya aja yg udah tahunan pake matic pernah koq ngga sengaja injek gas pas turun di parkiran (untungnya selalu di posisi N).
Soal rem setahu saya kalo overheat itu malah ngunci bukannya jadi blong.
Singkatan ABS itu kalo ngga salah Anti-lock Brake System bukan Anti Blong System kan ? :D.
Lagipula biarpun posisis engage (tidak di N) saat turunan, tetep aja mesti injek rem toh?
Malah pengalaman saya sih selama ini kalo turunan tidak di N mesti injek rem lebih dalem.
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by dogar »

Arteezy wrote: Pengalaman saya sendiri om, pake matic CVT, klo turunan dimasukin gear D ato S, itu mobil lebih meluncur lebih cepat dan lebih banyak main rem, dibanding di netralkan. Karena yang saya rasa, ketika turunan dan gear posisi D walaupun tidak injak pedal gas, mobil akan lebih terdorong sendiri oleh enjin.
Betul, pengalaman saya juga gitu. Kebetulan punya yg CVT dan geared matic juga,efeknya sama aja kalo turunan ngga di N mobil lebih
meluncur deras sehingga rem perlu diinjak lebih dalem.
Engine brake saat turunan itu baru kerasa *saat perpindahan* saja misal dari D ke S (atau 2/L kalo di geared matic) dan ini sebentar banget,
paling 1-2 detik, jadi hampir ngga ada efek deselerasi.
Kalo udah pindah ngga ada lagi itu efek engine brake di turunan, yg ada ya nyelonong terus makin cepet.
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by b8099ok »

Klo matic yg dimanualkan gmn yak,...
FWD + FWD + 4WD + 4WD = :big_cat:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4364
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by kunaskun »

dogar wrote:
kunaskun wrote: driver sakti mana om yang pas turunan ga injek rem sama sekali? bukannya sudah refleks-nya kalau turunan kaki pasti pindah ke rem bukan ke gas, nah kalau ada yang nyelonong akibat ga sengaja injek gas = human error bukan masalah masukin N pas turunan biar ga nyelonong. lagipula rem itu kalau terus2an diinjek lama2 ya blong akibat overheat, beban gravitasi akan menarik mobil, beban pindah ke roda depan semua, terus tambahin belok2, kecepatan meluncur tanpa tahanan dari mesin = resep mantap buat kehilangan traksi roda depan.
Justru karena ngga semua driver itu sakti dan pasti refleks menginjak rem saat turunan maka posisi N bisa menyelamatkan driver dari human error.
Saya aja yg udah tahunan pake matic pernah koq ngga sengaja injek gas pas turun di parkiran (untungnya selalu di posisi N).
Soal rem setahu saya kalo overheat itu malah ngunci bukannya jadi blong.
Singkatan ABS itu kalo ngga salah Anti-lock Brake System bukan Anti Blong System kan ? :D.
Lagipula biarpun posisis engage (tidak di N) saat turunan, tetep aja mesti injek rem toh?
Malah pengalaman saya sih selama ini kalo turunan tidak di N mesti injek rem lebih dalem.
nah ini yg saya blg human error. human error kok yang disalahkan akibat masuk ke D bukan N pas turunan. sedangkan di buku manual pun sangat disarankan N hanya pas tidak bergerak.

brake overheat malah ngunci? :big_think: https://en.wikipedia.org/wiki/Brake_fade

ABS? kalau sudah blong mau ABS juga ga efek, karena satu2nya yang bisa kurangi momentum kendaraan itu ya rem.

kalau selama ini aman2 aja pake N ya silahkan, hanya teorinya seperti itu, sisanya ya terserah :mky_04: