Nubie minta tips dr pakar2 matic :
Kl di jazz GE8 posisi transmisi dr N langsung ke S alias gigi 1 maenin paddle shift dr stop & go, itu efek jangka panjang bikin rusak transmisi kaga yah?
Sent from my iPad using Tapatalk
Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 559
- Joined: Fri Jun 26, 2015 9:04
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 411
- Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13
Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya
Justru karena ngga semua driver itu sakti dan pasti refleks menginjak rem saat turunan maka posisi N bisa menyelamatkan driver dari human error.kunaskun wrote: driver sakti mana om yang pas turunan ga injek rem sama sekali? bukannya sudah refleks-nya kalau turunan kaki pasti pindah ke rem bukan ke gas, nah kalau ada yang nyelonong akibat ga sengaja injek gas = human error bukan masalah masukin N pas turunan biar ga nyelonong. lagipula rem itu kalau terus2an diinjek lama2 ya blong akibat overheat, beban gravitasi akan menarik mobil, beban pindah ke roda depan semua, terus tambahin belok2, kecepatan meluncur tanpa tahanan dari mesin = resep mantap buat kehilangan traksi roda depan.
Saya aja yg udah tahunan pake matic pernah koq ngga sengaja injek gas pas turun di parkiran (untungnya selalu di posisi N).
Soal rem setahu saya kalo overheat itu malah ngunci bukannya jadi blong.
Singkatan ABS itu kalo ngga salah Anti-lock Brake System bukan Anti Blong System kan ?

Lagipula biarpun posisis engage (tidak di N) saat turunan, tetep aja mesti injek rem toh?
Malah pengalaman saya sih selama ini kalo turunan tidak di N mesti injek rem lebih dalem.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 411
- Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13
Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya
Betul, pengalaman saya juga gitu. Kebetulan punya yg CVT dan geared matic juga,efeknya sama aja kalo turunan ngga di N mobil lebihArteezy wrote: Pengalaman saya sendiri om, pake matic CVT, klo turunan dimasukin gear D ato S, itu mobil lebih meluncur lebih cepat dan lebih banyak main rem, dibanding di netralkan. Karena yang saya rasa, ketika turunan dan gear posisi D walaupun tidak injak pedal gas, mobil akan lebih terdorong sendiri oleh enjin.
meluncur deras sehingga rem perlu diinjak lebih dalem.
Engine brake saat turunan itu baru kerasa *saat perpindahan* saja misal dari D ke S (atau 2/L kalo di geared matic) dan ini sebentar banget,
paling 1-2 detik, jadi hampir ngga ada efek deselerasi.
Kalo udah pindah ngga ada lagi itu efek engine brake di turunan, yg ada ya nyelonong terus makin cepet.
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya
Klo matic yg dimanualkan gmn yak,...
FWD + FWD + 4WD + 4WD = 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4364
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya
nah ini yg saya blg human error. human error kok yang disalahkan akibat masuk ke D bukan N pas turunan. sedangkan di buku manual pun sangat disarankan N hanya pas tidak bergerak.dogar wrote:Justru karena ngga semua driver itu sakti dan pasti refleks menginjak rem saat turunan maka posisi N bisa menyelamatkan driver dari human error.kunaskun wrote: driver sakti mana om yang pas turunan ga injek rem sama sekali? bukannya sudah refleks-nya kalau turunan kaki pasti pindah ke rem bukan ke gas, nah kalau ada yang nyelonong akibat ga sengaja injek gas = human error bukan masalah masukin N pas turunan biar ga nyelonong. lagipula rem itu kalau terus2an diinjek lama2 ya blong akibat overheat, beban gravitasi akan menarik mobil, beban pindah ke roda depan semua, terus tambahin belok2, kecepatan meluncur tanpa tahanan dari mesin = resep mantap buat kehilangan traksi roda depan.
Saya aja yg udah tahunan pake matic pernah koq ngga sengaja injek gas pas turun di parkiran (untungnya selalu di posisi N).
Soal rem setahu saya kalo overheat itu malah ngunci bukannya jadi blong.
Singkatan ABS itu kalo ngga salah Anti-lock Brake System bukan Anti Blong System kan ?.
Lagipula biarpun posisis engage (tidak di N) saat turunan, tetep aja mesti injek rem toh?
Malah pengalaman saya sih selama ini kalo turunan tidak di N mesti injek rem lebih dalem.
brake overheat malah ngunci?

ABS? kalau sudah blong mau ABS juga ga efek, karena satu2nya yang bisa kurangi momentum kendaraan itu ya rem.
kalau selama ini aman2 aja pake N ya silahkan, hanya teorinya seperti itu, sisanya ya terserah
