Grand Livina Users..! - PART 05

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

ariesto wrote: @om kelep:
nubie ga tega om mo bongkar head krn km masi 27 rb dan masi under warranty, paling oli yg skrg dipake cm 3 rb km biar nanti ganti lg pas servis 30k sekalian klaim sok bocor, ring knalpot bunyi lg (pas servis 20k dicover warranty) sm balikin timing ign ke angka default aja (ga kuat boros nya dan pertamax/shell pun ngelitik, solusinya pertamax + oct booster ato oplos dikit v-power). Beda yak sm Ipah 1TR A/T nubi yg udh hampir 11 taon umurnya premium polos ga ngelitik.

@om Romi10: Tx inpoh nya, servis sllu d beres kok.
oalah masi 27 rebu tohh...

kl gt beli oli mesran meditran aj om... atau oli diesel apapun buat nge flush... tap oli lama, masukin oli diesel, pake jalan kira2 50-100 km trus di tap lg... baru ganti oli baru dan filter baru... pake oli yg encer kl ini, 5-30 merek2 generik jg gapapa... atau next service pake NGO yg 5-30 aj.... mudah2an sembuh...

kl ane jd om, tetep ane ke beres kekeuh suru mreka tanggung jawab... buka tuh head trus bersihin... kl perlu foto trus masuk kirim ke pusat..

btw coba di tune up aj dl om... carbon cleaner dl ruang bakar...dl OGL ane aj ga perna servis klipatan 10 rebu, scara blm sampe odo sgitu ud ga enak banget mesin nya...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
romi10
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 389
Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
Location: Tebet

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by romi10 »

ariesto wrote:
DOHC wrote:another korban...

di forum sebelah jg ad sama kejadian nya ama om tuh... pake NGO 10-30, di GL 1.8 nya... ikutin ganti tiap 10 rebu km... dan ntuh engine head berlumpur smua pas di bongkar...

saran ane, mending buka head trus di bersihin... drpd ntar bkin mampet jalur oli...
ariesto wrote: @om kelep:
nubie ga tega om mo bongkar head krn km masi 27 rb dan masi under warranty, paling oli yg skrg dipake cm 3 rb km biar nanti ganti lg pas servis 30k sekalian klaim sok bocor, ring knalpot bunyi lg (pas servis 20k dicover warranty) sm balikin timing ign ke angka default aja (ga kuat boros nya dan pertamax/shell pun ngelitik, solusinya pertamax + oct booster ato oplos dikit v-power). Beda yak sm Ipah 1TR A/T nubi yg udh hampir 11 taon umurnya premium polos ga ngelitik.

@om Romi10: Tx inpoh nya, servis sllu d beres kok.
Livina cuma 1 : 100 yang ga ngelitik om, dulu pake GL ultimate 2010 ga ngelitik sama sekali, mau pake premium sekalipun..skg ane pake livina XR ngelitiknya minta ampun, solusinya cabut aja knocking sensornya om.. dijamin ngelitiknya ilang dan suara mesin lebih hening.. :big_okay:
wpyh
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Sat Nov 28, 2015 11:49

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by wpyh »

wpyh wrote:
DOHC wrote:utk point no 2... kayanya itu abnormal dehh... seinget ane OGL ane dl ga ampe kaya gt... smua within normal values koq... coba ganti bengkel spooring dl aj om... camber dan caster kl lari2 atau ga bsa d stel biasanya ad masalah di kaki2 tuh... dari bushing2, link, support shock... atauu montir nya kurang jago...
Oke om, ini kan mobil saya belom beli om, baru DP aja... beli di showroom, mereka janji akan bawah ke bengkel resmi untuk periksa keseluruhan. Eh taunya kemaren ini cuma periksa mesin aja, kaki2 ga disentuh sama sekali sama BeRes nya. Kaki2 cuma diperiksa sama teknisi punya showroom, saya sih fine2 aja selama mobilnya beres, cuma ini sampe sekarang ga beres2. Kalo sampe DP hangus juga gapapa sih, cuma saya kan butuh mobil om :big_childish: hehe

Besok pagi rencananya mau dibawa ke BeRes untuk diperiksa kaki2nya, kira2 apa aja ya yang harus diperiksa? Selaen yang di atas di recommend (bushing, link, support shock). Kalo spooring kali ini apa lebih baik di BeRes juga om? Soalnya takutnya di ping-pong sana sini.

Buat yang di Bandung, tau kan kira2 showroom yang mana? Saya sih kalo sampe ini ga beres2 juga, lama2 kesel, masukin iklan di koran aja ah... atau Surat Pembaca. Keselnya tuh, orang bengkel ga ada yang mau mengakui bahwa mobilnya masalah. Orang showroom juga ga ada yang mau mengakui bahwa mobilnya belok kalo direm. Aneh. Ada cara yang objektif untuk ngukurnya ga ya?

Kalo bengkel kaki2 di Bandung ada yang recommended om om sekalian? Saya (dulu) pernah ke bengkel deket Carrefour Kiaracondong, kurang bagus. Ada satu lagi bengkel di Holis deket Holis Regency, rada mendingan tapi tetep kurang memuaskan. Pernah sekali (dulu) ke deket Pasar Patrol, montir rumahan gitu, katanya sih ex salah satu bengkel di Dr. Cipto, hasilnya nol besar. Bukan Livina ya om, dulu saya cuma pake T*y*t* aja soalnya hehe. Kalo ada bengkel yang bagus tolong dikenalin... thx.

Ini nilai hasil spooring nya om: (spooring di bengkel 3rd party)
[Patokan min / ideal / max], Before (Initial), Left / Right ==> After (Final), Left / Right
- Caster Depan: [ 5°05' / 4°57' / 4°22' ], 4°42' / 5°20' ==> 4°41' / 5°19'
- Camber Depan: [ 0°09' / -0°15' / -0°39' ], -0°16' / 0°01' ==> -0°13' / -0°04'
- Toe Depan: [ 0°00' / 0°06' / 0°08' ], -0°01 / 0°14' ==> 0°07' / 0°07'
- Caster Belakang: [ 0°06' / -0°24' / -0°54' ], -1°28' / -1°52' ==> -1°28' / -1°52'
- Toe Belakang: [ 0°00' / 0°03' / 0°05' ], 0°11' / 0°05' ==> 0°13' / 0°05'
- Total Toe Depan: 0°14' ==> 0°14'
- Total Toe Belakang: 0°17' ==> 0°18'
- Sudut ??? 0°03' ==> 0°04'

Kata tukang spooringnya, memang yang bisa disetel cuman Toe Depan aja om. Apa bener ya? Saya cek di Internet, katanya kalo mobil2 yang Caster Camber nya fixed, bisa disetel menggunakan shim plate. Apa bener?

Untuk item terakhir, di laporan print out nya ga ada tulisan apa2, adanya angka aja di tengah2. Ada gambar ban miring 4 biji, apa ini mungkin thrust angle?

Trus untuk ride height, apakah bisa ada pengaruhnya juga ya terhadap masalah pengereman? Nyetelnya gimana ya om? Ride height itu yang biasa montir lokal suka sebut "setel torsi" kan ya?

Thx yaaaa :big_peace:
Saya di bengkel nih om, sama montirnya diperiksa kaki2, dll, hasilnya katanya sih semua baik2 aja kecuali:
1. Karet crossmember kanan retak. Ini menurut montirnya, bisa aja menyebabkan mobil direm ngeblokir kanan. Apa iya om, apa bener penjelasan montir ni?
2. Kanvas rem depan kanan, kemakan lebih dalam daripada kanvas rem depan kiri. Yang kanan, kira2 tinggal sisa 4mm dari belahan tengah, sedangkan yang kiri ada 5mm lebih lah. Dan juga, yang kanan ujung kanvasnya seperti pecah kena batu. Kira2 bakal masalah ga ya?

Selaen itu sih, tie rod, link stabil, katanya ga masalah. Trus katanya baut camber ga bisa disetel dan memang belom pernah disetel kalo ngeliat cat tanda di bautnya. Caster juga sama om. Apa di BeRes ga bisa nyetelnya aja ya?
User avatar
romi10
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 389
Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
Location: Tebet

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by romi10 »

wpyh wrote:
wpyh wrote:
DOHC wrote:utk point no 2... kayanya itu abnormal dehh... seinget ane OGL ane dl ga ampe kaya gt... smua within normal values koq... coba ganti bengkel spooring dl aj om... camber dan caster kl lari2 atau ga bsa d stel biasanya ad masalah di kaki2 tuh... dari bushing2, link, support shock... atauu montir nya kurang jago...
Oke om, ini kan mobil saya belom beli om, baru DP aja... beli di showroom, mereka janji akan bawah ke bengkel resmi untuk periksa keseluruhan. Eh taunya kemaren ini cuma periksa mesin aja, kaki2 ga disentuh sama sekali sama BeRes nya. Kaki2 cuma diperiksa sama teknisi punya showroom, saya sih fine2 aja selama mobilnya beres, cuma ini sampe sekarang ga beres2. Kalo sampe DP hangus juga gapapa sih, cuma saya kan butuh mobil om :big_childish: hehe

Besok pagi rencananya mau dibawa ke BeRes untuk diperiksa kaki2nya, kira2 apa aja ya yang harus diperiksa? Selaen yang di atas di recommend (bushing, link, support shock). Kalo spooring kali ini apa lebih baik di BeRes juga om? Soalnya takutnya di ping-pong sana sini.

Buat yang di Bandung, tau kan kira2 showroom yang mana? Saya sih kalo sampe ini ga beres2 juga, lama2 kesel, masukin iklan di koran aja ah... atau Surat Pembaca. Keselnya tuh, orang bengkel ga ada yang mau mengakui bahwa mobilnya masalah. Orang showroom juga ga ada yang mau mengakui bahwa mobilnya belok kalo direm. Aneh. Ada cara yang objektif untuk ngukurnya ga ya?

Kalo bengkel kaki2 di Bandung ada yang recommended om om sekalian? Saya (dulu) pernah ke bengkel deket Carrefour Kiaracondong, kurang bagus. Ada satu lagi bengkel di Holis deket Holis Regency, rada mendingan tapi tetep kurang memuaskan. Pernah sekali (dulu) ke deket Pasar Patrol, montir rumahan gitu, katanya sih ex salah satu bengkel di Dr. Cipto, hasilnya nol besar. Bukan Livina ya om, dulu saya cuma pake T*y*t* aja soalnya hehe. Kalo ada bengkel yang bagus tolong dikenalin... thx.

Ini nilai hasil spooring nya om: (spooring di bengkel 3rd party)
[Patokan min / ideal / max], Before (Initial), Left / Right ==> After (Final), Left / Right
- Caster Depan: [ 5°05' / 4°57' / 4°22' ], 4°42' / 5°20' ==> 4°41' / 5°19'
- Camber Depan: [ 0°09' / -0°15' / -0°39' ], -0°16' / 0°01' ==> -0°13' / -0°04'
- Toe Depan: [ 0°00' / 0°06' / 0°08' ], -0°01 / 0°14' ==> 0°07' / 0°07'
- Caster Belakang: [ 0°06' / -0°24' / -0°54' ], -1°28' / -1°52' ==> -1°28' / -1°52'
- Toe Belakang: [ 0°00' / 0°03' / 0°05' ], 0°11' / 0°05' ==> 0°13' / 0°05'
- Total Toe Depan: 0°14' ==> 0°14'
- Total Toe Belakang: 0°17' ==> 0°18'
- Sudut ??? 0°03' ==> 0°04'

Kata tukang spooringnya, memang yang bisa disetel cuman Toe Depan aja om. Apa bener ya? Saya cek di Internet, katanya kalo mobil2 yang Caster Camber nya fixed, bisa disetel menggunakan shim plate. Apa bener?

Untuk item terakhir, di laporan print out nya ga ada tulisan apa2, adanya angka aja di tengah2. Ada gambar ban miring 4 biji, apa ini mungkin thrust angle?

Trus untuk ride height, apakah bisa ada pengaruhnya juga ya terhadap masalah pengereman? Nyetelnya gimana ya om? Ride height itu yang biasa montir lokal suka sebut "setel torsi" kan ya?

Thx yaaaa :big_peace:
Saya di bengkel nih om, sama montirnya diperiksa kaki2, dll, hasilnya katanya sih semua baik2 aja kecuali:
1. Karet crossmember kanan retak. Ini menurut montirnya, bisa aja menyebabkan mobil direm ngeblokir kanan. Apa iya om, apa bener penjelasan montir ni?
2. Kanvas rem depan kanan, kemakan lebih dalam daripada kanvas rem depan kiri. Yang kanan, kira2 tinggal sisa 4mm dari belahan tengah, sedangkan yang kiri ada 5mm lebih lah. Dan juga, yang kanan ujung kanvasnya seperti pecah kena batu. Kira2 bakal masalah ga ya?

Selaen itu sih, tie rod, link stabil, katanya ga masalah. Trus katanya baut camber ga bisa disetel dan memang belom pernah disetel kalo ngeliat cat tanda di bautnya. Caster juga sama om. Apa di BeRes ga bisa nyetelnya aja ya?
Coba kasi jawaban om
1. Mobil ane di vonis beres membernya retak 80%, tp setir ga oleng sama sekali
2. Kalo kanvas rem lebih baik di ganti om, tp pastiin disc brakenya masi rata, kalo uda ga rata bakal kemakan sebelah lagi, ane waktu itu bubut discbrake di nawilis cm 300rb..
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

@ romi : jgn dicabut om... ogl ane dl jg doyan glitik... ganti XR jg idem... tp bsa d akalin koq... carbon clean ruang bakar DAN ruang klep nya... busi skalian di rendem cairan pembersih carbon... filter udara jgn pelit diganti, setaon skali atau kl ud item banget ganti... dan yg trakir, jgn ragu pake oli agak bagusan... to be honest, ntuh NGO kualitas kamfrett... jgn pake lebi dari 5000an km lahh... smua servis di atas malah trakir ane kerjain sendiri d rumah... hasilnya, muanteppp... premium ga masalah...

@ wpyh : kl crossmember karet nya doank yg retak, tp baut masi megang kenceng seh ga bakalan ampe lari2 heboh setir nya om... ud ane coba sendiri dl di lipina ane... tp kl karet nya rusak parah, (ampe pecah kl di kasus ane dl) nahh itu jgnkan jalan kenceng, jalan pelan jg setir narik mulu... GL ga ad torsion rod, ga bsa di atur height nya... unless ganjel atau ganti per...

kampas rem emg ga bakal seragam kiri kanan abis nya om, kdg bsa ad satu sisi yg abis lebi dalem, namun beda nya ga jauh... coba cek kaliper nya aj dl... dan pasak kaliper nya... macet ga... kaliper piston rem kl ad yg macet bsa bkin narik jg kl jlan kenceng... coba suruh montir intip dr seal kaliper nya... berkarat parah ga...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 781
Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by Mozawa »

waduh....durability livina kayak gitu ya???? ,

bakal banyak yang beralih neh , ke r3 , mobilio , atau new avanza........
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 615
Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: RE: Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by 3mul »

Mozawa wrote:waduh....durability livina kayak gitu ya???? ,

bakal banyak yang beralih neh , ke r3 , mobilio , atau new avanza........
Kayaknya kasuistis om, GL ane keluaran 2011 smp skrg masih enak. Lbh enak dr lio kinyis2. Sparepart blm ada yg diganti kecuali aki, brake pad n vbelt (km 40k).

Sent from my LG-D855 using Tapatalk
User avatar
romi10
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 389
Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
Location: Tebet

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by romi10 »

DOHC wrote:@ romi : jgn dicabut om... ogl ane dl jg doyan glitik... ganti XR jg idem... tp bsa d akalin koq... carbon clean ruang bakar DAN ruang klep nya... busi skalian di rendem cairan pembersih carbon... filter udara jgn pelit diganti, setaon skali atau kl ud item banget ganti... dan yg trakir, jgn ragu pake oli agak bagusan... to be honest, ntuh NGO kualitas kamfrett... jgn pake lebi dari 5000an km lahh... smua servis di atas malah trakir ane kerjain sendiri d rumah... hasilnya, muanteppp... premium ga masalah...

@ wpyh : kl crossmember karet nya doank yg retak, tp baut masi megang kenceng seh ga bakalan ampe lari2 heboh setir nya om... ud ane coba sendiri dl di lipina ane... tp kl karet nya rusak parah, (ampe pecah kl di kasus ane dl) nahh itu jgnkan jalan kenceng, jalan pelan jg setir narik mulu... GL ga ad torsion rod, ga bsa di atur height nya... unless ganjel atau ganti per...

kampas rem emg ga bakal seragam kiri kanan abis nya om, kdg bsa ad satu sisi yg abis lebi dalem, namun beda nya ga jauh... coba cek kaliper nya aj dl... dan pasak kaliper nya... macet ga... kaliper piston rem kl ad yg macet bsa bkin narik jg kl jlan kenceng... coba suruh montir intip dr seal kaliper nya... berkarat parah ga...
Ane baru 3 minggu yang lalu CC di beres om..cm bertahan 2 mingguan doang lalu mulai ngelitik halus lagi.. ane cabut aja knocking sersornya, toh ga ada efek apa2 ke mesin, ngelitik hilang total.. ane mau coba busi rendem cairan pemberisih carbon deh..
User avatar
romi10
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 389
Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
Location: Tebet

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by romi10 »

Mozawa wrote:waduh....durability livina kayak gitu ya???? ,

bakal banyak yang beralih neh , ke r3 , mobilio , atau new avanza........
Livina ane taon 2008 om, cm ngangkat 80jtan, wajar lah kalo ada masalah2 sedikit.. tapi kebayar sm kenyamanannya yg kelas wahid.. di antara mobilio, ertiga apa lagi avanza semua itu mah livina jawaranya untuk soal kenyamanan..
wpyh
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Sat Nov 28, 2015 11:49

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by wpyh »

romi10 wrote:
wpyh wrote:Saya di bengkel nih om, sama montirnya diperiksa kaki2, dll, hasilnya katanya sih semua baik2 aja kecuali:
1. Karet crossmember kanan retak. Ini menurut montirnya, bisa aja menyebabkan mobil direm ngeblokir kanan. Apa iya om, apa bener penjelasan montir ni?
2. Kanvas rem depan kanan, kemakan lebih dalam daripada kanvas rem depan kiri. Yang kanan, kira2 tinggal sisa 4mm dari belahan tengah, sedangkan yang kiri ada 5mm lebih lah. Dan juga, yang kanan ujung kanvasnya seperti pecah kena batu. Kira2 bakal masalah ga ya?

Selaen itu sih, tie rod, link stabil, katanya ga masalah. Trus katanya baut camber ga bisa disetel dan memang belom pernah disetel kalo ngeliat cat tanda di bautnya. Caster juga sama om. Apa di BeRes ga bisa nyetelnya aja ya?
Coba kasi jawaban om
1. Mobil ane di vonis beres membernya retak 80%, tp setir ga oleng sama sekali
2. Kalo kanvas rem lebih baik di ganti om, tp pastiin disc brakenya masi rata, kalo uda ga rata bakal kemakan sebelah lagi, ane waktu itu bubut discbrake di nawilis cm 300rb..
DOHC wrote:@ wpyh : kl crossmember karet nya doank yg retak, tp baut masi megang kenceng seh ga bakalan ampe lari2 heboh setir nya om... ud ane coba sendiri dl di lipina ane... tp kl karet nya rusak parah, (ampe pecah kl di kasus ane dl) nahh itu jgnkan jalan kenceng, jalan pelan jg setir narik mulu... GL ga ad torsion rod, ga bsa di atur height nya... unless ganjel atau ganti per...

kampas rem emg ga bakal seragam kiri kanan abis nya om, kdg bsa ad satu sisi yg abis lebi dalem, namun beda nya ga jauh... coba cek kaliper nya aj dl... dan pasak kaliper nya... macet ga... kaliper piston rem kl ad yg macet bsa bkin narik jg kl jlan kenceng... coba suruh montir intip dr seal kaliper nya... berkarat parah ga...
Thx om romi10 & om DOHC.

Disc brake kemaren diperiksa runout nya, ternyata hasilnya 0.03 kiri dan 0.04 kanan, spek nya sih <0.07 jadi masih OK. Trus rem nya kan sama montir BeRes dibersihin dll, hasilnya nge blokir nya udah ampir ilang, udah berkurang jauh pisan. Bisa dibilang udah 95% sembuh lah. Segini sih saya bisa nerima, hari ini saya akan bayar mobilnya.

Pasak kaliper itu yg piston yg ada rubber boots nya itu om? Itu diperiksa sih kayanya bersih2 aja om, mungkin kemaren si showroom nya, dia bilang kan di gudangnya ada montir yg ngebersihin rem, dia ngebersihin nya ga bener, cuma kasih stempet2 gitu aja, stempet lama ga dibuang. Saya kalo gini caranya, lama2 apal juga bongkar service rem :big_dunno: terlalu sering nemu masalah rem :big_bored:

Kalo untuk ride height / torsi, itu kalo pake sistem ganjel, berarti kan diluar BeRes tuh. Apa akan menghilangkan warranty? Sama kalo untuk setel caster/camber, kalo misalnya di bengkel luar trus pake shim plate, apa akan menghilangkan warranty juga?

Untuk ride height, saya ukur depan kanan-kiri hasilnya kanan lebih pendek 5mm. Saya ukur belakang kanan-kiri hasilnya kanan juga lebih pendek 5mm. Untuk ini bisa cover warranty ga ya?

Cuma masalahnya skrg setir ga lurus, posisinya miring kira2 10 derajat lah. Tapi hampir ga narik. Montir BeRes bilang, nanti tunggu part karet crossmember dateng, dia mau setel lagi, gitu katanya. Let's see lah ya, mudah2an bener dan omongannya bisa dipegang.

Rem belakang, ternyata masih nge blokir. ANEHNYA, kemaren kan nge blokir ke kiri... skrg jadi nge blokir ke kanan. Ini sih saya udah bilang ke montir dan akan di service setelah part member dateng. Karena mobil masih warranty sampe 2017, berarti saya service 2x atau 3x lagi harus selalu di BeRes. Untuk rem belakang ini saya curiga ada hubungan sama spooring, mungkin roda depan masih belom 100% lurus, jadi ketika roda belakang doank yg ngerem, mobilnya belok?

Saya kan ngeliat itu hasil spooring, itu tiap spooring, test, spooring lagi beda2 nilai toe depan nya. Kata montirnya sih kemungkinan gara2 karet member retak/belah. Dia tunjukkin, ternyata memang belah. Dan dicongkel pake kunci ring gede (24 apa 27 gitu) membernya, di kanan goyang2, sedangkan di kiri ga goyang. Mungkin gara2 ini jadi kendor dan setelan robah2 ya?

Lalu saya kemaren baru perhatikan, AC mobilnya bau asam om. Seperti cuka. Bau nya hanya muncul pertama kali mobil dihidupin aja, lewat 2 menit sih ilang. Itu kenapa ya? Apakah evap nya kotor? Kalau ya, apakah itu di cover sama warranty? Kalau tidak, apakah saya bisa membersihkannya pake semprotan gitu yang jenis ac cleaner foam, disemprot ke blower ac nya? Soalnya waktu saya service Mobilio di BeRes H*nd*, service 20rb sama montirnya disemprotin itu om. Kena 230rb gt ya kalo ga salah :big_slap: BeRes memang selalu mahal, mau merek apapun juga... :big_childish:
detektifkonan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sat Apr 12, 2014 11:37

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by detektifkonan »

*lama ga nongol dimarih*

Lapor GL XV AT 2010 sukses roadtrip Jakarta-Medan 4868 KM (pp 6 hari tiap jam 5 sore check in hotel)

Kondisi Overload (barang+4 orang penumpang) jarak ban belakang ke fender 3 jari sempit.

FC : average 1:12 , Max 1:18 , Min 1:8

Total biaya bensin 3.1xx.[cencored]

Kondisi jalan 90% bagus (pp linsum tengah) Gasruk cuman di ramp ferry merak , sipirock arah tarutung perbaikan jalan. Selebihnya mulus. :big_peace:

Jarum penunjuk bensin matot setelah lewat jalan yang liku2 mungkin karna pelampung nya (harus klaim ke nissan)

Nyalip oke , nanjak ragu :upss: power di rpm bawah mmg loyo :off_no: solusi nya jaga rpm dr jauh2 hari wkwk

Sekian ,

Image

Image
Sheer Driving Pleasure

Now :
E39 M52B28 "98 > Perfect Balance
E36 M40B18 "93 > Mesin Jait

Past :
E34 M60B30 "95 > V8 Powah :big_love:
User avatar
romi10
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 389
Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
Location: Tebet

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by romi10 »

Livina ane kalo lagi macet2an, trus di rem posisi transmisi D, RPM turun ke 700 yg bikin mesin aga bergetar, tapi kalo mesin uda panas RPM normal di 800-900, itu kira2 kenapa ya itu? adakah yg ngalamin? makasi..
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

wpyh wrote:
Thx om romi10 & om DOHC.


Pasak kaliper itu yg piston yg ada rubber boots nya itu om? Itu diperiksa sih kayanya bersih2 aja om, mungkin kemaren si showroom nya, dia bilang kan di gudangnya ada montir yg ngebersihin rem, dia ngebersihin nya ga bener, cuma kasih stempet2 gitu aja, stempet lama ga dibuang. Saya kalo gini caranya, lama2 apal juga bongkar service rem :big_dunno: terlalu sering nemu masalah rem :big_bored:

pasak kaliper rem jgn sembarangan pake stempet, apalagi buat bearing punya... dijamin bkin macet itu... ud perna ane coba sendiri... kl mau buat pasak kaliper, wajib hukum nya pake stempet rubber... cari d glodok buanyak... walaupun ukuran nya rata2 gede, simpen aj, pasti berguna nanti..

Kalo untuk ride height / torsi, itu kalo pake sistem ganjel, berarti kan diluar BeRes tuh. Apa akan menghilangkan warranty? Sama kalo untuk setel caster/camber, kalo misalnya di bengkel luar trus pake shim plate, apa akan menghilangkan warranty juga?
slama servis nya di beres, kl mreka yg modif yah mreka yg tanggung jawab pas warranty... btw, seinget ane di GL ga pake shim plate sgala sehh di kaki2 nya (cmiiw)...

Untuk ride height, saya ukur depan kanan-kiri hasilnya kanan lebih pendek 5mm. Saya ukur belakang kanan-kiri hasilnya kanan juga lebih pendek 5mm. Untuk ini bisa cover warranty ga ya?
by default, kiri kanan mobil pasti beda om... jrg ampe 100 persen sama, apalagi kl mobil ud berumur beberapa taon...

Cuma masalahnya skrg setir ga lurus, posisinya miring kira2 10 derajat lah. Tapi hampir ga narik. Montir BeRes bilang, nanti tunggu part karet crossmember dateng, dia mau setel lagi, gitu katanya. Let's see lah ya, mudah2an bener dan omongannya bisa dipegang.

Rem belakang, ternyata masih nge blokir. ANEHNYA, kemaren kan nge blokir ke kiri... skrg jadi nge blokir ke kanan. Ini sih saya udah bilang ke montir dan akan di service setelah part member dateng. Karena mobil masih warranty sampe 2017, berarti saya service 2x atau 3x lagi harus selalu di BeRes. Untuk rem belakang ini saya curiga ada hubungan sama spooring, mungkin roda depan masih belom 100% lurus, jadi ketika roda belakang doank yg ngerem, mobilnya belok?

Saya kan ngeliat itu hasil spooring, itu tiap spooring, test, spooring lagi beda2 nilai toe depan nya. Kata montirnya sih kemungkinan gara2 karet member retak/belah. Dia tunjukkin, ternyata memang belah. Dan dicongkel pake kunci ring gede (24 apa 27 gitu) membernya, di kanan goyang2, sedangkan di kiri ga goyang. Mungkin gara2 ini jadi kendor dan setelan robah2 ya?
kl cuman oblak nya ga parah, mustinya ga ampe lari2... tp kl ampe pecah (pengalaman ane dl) memang bkin setir lari2... disertai suara2 metal beradu kenceng banget pas ngerem, jalan ga rata, poldur dsb

Lalu saya kemaren baru perhatikan, AC mobilnya bau asam om. Seperti cuka. Bau nya hanya muncul pertama kali mobil dihidupin aja, lewat 2 menit sih ilang. Itu kenapa ya? Apakah evap nya kotor? Kalau ya, apakah itu di cover sama warranty? Kalau tidak, apakah saya bisa membersihkannya pake semprotan gitu yang jenis ac cleaner foam, disemprot ke blower ac nya? Soalnya waktu saya service Mobilio di BeRes H*nd*, service 20rb sama montirnya disemprotin itu om. Kena 230rb gt ya kalo ga salah :big_slap: BeRes memang selalu mahal, mau merek apapun juga... :big_childish:
mending evap nya di cuci aj, evap GL itu dari aluminium, mirip apanja punya, rada ringkih... drpd jebol, mihull ntar ganti nya... yg KW nya aj sejutaan...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
wpyh
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Sat Nov 28, 2015 11:49

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by wpyh »

DOHC wrote: pasak kaliper rem jgn sembarangan pake stempet, apalagi buat bearing punya... dijamin bkin macet itu... ud perna ane coba sendiri... kl mau buat pasak kaliper, wajib hukum nya pake stempet rubber... cari d glodok buanyak... walaupun ukuran nya rata2 gede, simpen aj, pasti berguna nanti..
Stempet rubber tuh maksudnya grease yang kompatibel sama rubber ya om? Setau saya itu kan carinya Lithium-base grease, bener ga om? Karena Lithium tidak merusak rubber seperti layaknya hydrocarbon-base grease.

Saya curiga itu showroom pake grease biasa buat piston dll nya :big_dunno:

wpyh wrote:Kalo untuk ride height / torsi, itu kalo pake sistem ganjel, berarti kan diluar BeRes tuh. Apa akan menghilangkan warranty? Sama kalo untuk setel caster/camber, kalo misalnya di bengkel luar trus pake shim plate, apa akan menghilangkan warranty juga?
DOHC wrote:slama servis nya di beres, kl mreka yg modif yah mreka yg tanggung jawab pas warranty... btw, seinget ane di GL ga pake shim plate sgala sehh di kaki2 nya (cmiiw)...
Untuk ride height, saya ukur depan kanan-kiri hasilnya kanan lebih pendek 5mm. Saya ukur belakang kanan-kiri hasilnya kanan juga lebih pendek 5mm. Untuk ini bisa cover warranty ga ya?
DOHC wrote:by default, kiri kanan mobil pasti beda om... jrg ampe 100 persen sama, apalagi kl mobil ud berumur beberapa taon...
Hmmm..... karena Caster untuk GL ga bisa disetel, mungkin harus pake shim plate ya om?

Kalo Camber nya, apakah bisa pake baut camber aftermarket untuk setelannya?

wpyh wrote:Saya kan ngeliat itu hasil spooring, itu tiap spooring, test, spooring lagi beda2 nilai toe depan nya. Kata montirnya sih kemungkinan gara2 karet member retak/belah. Dia tunjukkin, ternyata memang belah. Dan dicongkel pake kunci ring gede (24 apa 27 gitu) membernya, di kanan goyang2, sedangkan di kiri ga goyang. Mungkin gara2 ini jadi kendor dan setelan robah2 ya?
DOHC wrote:kl cuman oblak nya ga parah, mustinya ga ampe lari2... tp kl ampe pecah (pengalaman ane dl) memang bkin setir lari2... disertai suara2 metal beradu kenceng banget pas ngerem, jalan ga rata, poldur dsb
Maksudnya setir lari2, gimana ya om? Saya kurang ngerti yang disebut dengan setir lari2...

Saya hari ini nyobain lagi dan memperhatikan, koq rasanya:
1. Mobil ketika jalan pelan, posisi transmisi di D, tidak digas, jalanan relatif rata, mobilnya goyang2 limbung gitu... tapi kalo cepet ga kerasa. Ini masalah spooring kah? Atau baut crossmember yang retak kah? Atau ban benjol kah? Atau kaki2 ada yang kena om? Atau GL memang begini karakternya?
2. Kalo lewat jalanan keriting atau aspal retak (bukan bolong, retak doank), rasanya ada suara gemuruh gitu dari depan... apa kaki2 nya kena? Atau normal ya om?

wpyh wrote:Lalu saya kemaren baru perhatikan, AC mobilnya bau asam om. Seperti cuka. Bau nya hanya muncul pertama kali mobil dihidupin aja, lewat 2 menit sih ilang. Itu kenapa ya? Apakah evap nya kotor? Kalau ya, apakah itu di cover sama warranty? Kalau tidak, apakah saya bisa membersihkannya pake semprotan gitu yang jenis ac cleaner foam, disemprot ke blower ac nya? Soalnya waktu saya service Mobilio di BeRes H*nd*, service 20rb sama montirnya disemprotin itu om. Kena 230rb gt ya kalo ga salah :big_slap: BeRes memang selalu mahal, mau merek apapun juga... :big_childish:
DOHC wrote:mending evap nya di cuci aj, evap GL itu dari aluminium, mirip apanja punya, rada ringkih... drpd jebol, mihull ntar ganti nya... yg KW nya aj sejutaan...
Thx infonya om, saya tadi sempet bongkar filter + cuci, baunya rada berkurang sih... hehe
Saya harus cari dulu nih tukang cuci evap di Bandung yang murah & bagus.
Trus filternya saya gosokin sabun Lifebuoy (murah kan cuman 2300 di supermarket), sabunnya kan seperti lilin tuh jd nempel di filternya... wanginya koq cuma bentar ya? Paling cuman setengah jam, udah gitu ilang deh...

Kalo evap ANGL emank ga di cover warranty kalo jebol om?
vlryandi
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Tue Nov 25, 2014 10:31

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by vlryandi »

Hi, selamat sore. Mau minta pencerahan sama suhu2 disini...

Mobil saya grand livina 2011 1.5AT XV. Kebetulan yg pake kakak saya, pakenya asal pake yg penting AC dingin. Kemarin iseng cek air radiator, ternyata kosong, saya isi kurang lebih 2ltr. Cek kebocoran gk ketemu, Fan nyala. Ya udah akhirnya didiemin. Kemarin malam abis isi bensin mogok, saya pikir fuelpumpnya, ternyata fuelpump bagus. Distarter kyk gk ada kompresi, akhirnya mau coba bongkar busi. dari manifold banyak oli, dan TB juga banyak oli. Dibersihin semua, pasang lagi, isi air radiator sampe 3 galon kok gk penuh2.... Diliat ternyata kuar air dari knalpot.

Akhirnya turun setengah... yg saya mau tanyakan, apa boleh cylinder head grand livina dibubut? karena saya liat pistonnya modelnya ada tonjokkannya? Takutnya setelah dibubut, pistonnya nabrak dengan klep..

Terima kasih.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

@ wyph : ane lupa kandungan rubber grease nya itu apa om, tp biasa d kemasan nya ad tulisan rubber grease koq... lithium grease jg setau ane bsa buat pasak kaliper itu (cmiiw banget) krn seinget ane, perna liat kemasan grease spesial buat lumasin pasak2 bgituan... kandungan nya ad lithium jg...

btw kl mau ngecek kompatibel nya atau kaga, mudah koq... stelah di gemukin dan karet boot penahan kotoran nya dipasang, coba maen2 in pasak nya... kl gemuk2 buat bearing dan sgala hidrocarbon case punya pasti stuck... kl bsa bermain yahh berarti bsa..

GL setau dan seinget ane ga ad shim plate2 an sgala sehh om... (pengalaman punya GL dan XR dl, dan entah ud brapa kl bongkar kaki2 saking sering nya ampe skrg merem aj ane bsa bayangin parts kaki2 tuh lipina)...

setir lari2 maksud nya ga bsa lurus... narik kiri kanan mulu kl dipake jalan kenceng...

kl masi warranty mahh ga usa pusing kl gt... smua jg bakal diganti... shock breaker aj dganti...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 978
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by dieselman228 »

Halo om-om. Temen baru ngangkut livina 2015. Lupa nnya yg gimana. Kira" oli buat break-in apa ya? Sampe brp km?

Oh iya sering denger kaki-kaki mobil ini cepet rusak. Kebetulan temen ada toko gitu dan suka ngangkut barang. Apa umur kakinya ga makin pendek ya? Ada solusi terbaik?
2015 - 2KD :big_deal:
2024 - K15B :mky_08:
wpyh
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Sat Nov 28, 2015 11:49

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by wpyh »

vlryandi wrote:Hi, selamat sore. Mau minta pencerahan sama suhu2 disini...

Mobil saya grand livina 2011 1.5AT XV. Kebetulan yg pake kakak saya, pakenya asal pake yg penting AC dingin. Kemarin iseng cek air radiator, ternyata kosong, saya isi kurang lebih 2ltr. Cek kebocoran gk ketemu, Fan nyala. Ya udah akhirnya didiemin. Kemarin malam abis isi bensin mogok, saya pikir fuelpumpnya, ternyata fuelpump bagus. Distarter kyk gk ada kompresi, akhirnya mau coba bongkar busi. dari manifold banyak oli, dan TB juga banyak oli. Dibersihin semua, pasang lagi, isi air radiator sampe 3 galon kok gk penuh2.... Diliat ternyata kuar air dari knalpot.

Akhirnya turun setengah... yg saya mau tanyakan, apa boleh cylinder head grand livina dibubut? karena saya liat pistonnya modelnya ada tonjokkannya? Takutnya setelah dibubut, pistonnya nabrak dengan klep..

Terima kasih.
Ane bukan suhu tapi komentar + malah nanya gapapa ya :big_childish:

Itu air radiator bocor ya om? Mungkin karena packing kebakar, bisa jadi bocor sih. Itu kenapa cylinder head mau dibubut om? Piston model tonjokan gitu teh maksudnya ada dekoknya? Itu interference kan, ada ukurannya, tanya aja ke bengkel yang pengalaman, selama ga kena klep mah gapapa.

DOHC wrote:@ wyph : ane lupa kandungan rubber grease nya itu apa om, tp biasa d kemasan nya ad tulisan rubber grease koq... lithium grease jg setau ane bsa buat pasak kaliper itu (cmiiw banget) krn seinget ane, perna liat kemasan grease spesial buat lumasin pasak2 bgituan... kandungan nya ad lithium jg...

btw kl mau ngecek kompatibel nya atau kaga, mudah koq... stelah di gemukin dan karet boot penahan kotoran nya dipasang, coba maen2 in pasak nya... kl gemuk2 buat bearing dan sgala hidrocarbon case punya pasti stuck... kl bsa bermain yahh berarti bsa..

GL setau dan seinget ane ga ad shim plate2 an sgala sehh om... (pengalaman punya GL dan XR dl, dan entah ud brapa kl bongkar kaki2 saking sering nya ampe skrg merem aj ane bsa bayangin parts kaki2 tuh lipina)...

setir lari2 maksud nya ga bsa lurus... narik kiri kanan mulu kl dipake jalan kenceng...

kl masi warranty mahh ga usa pusing kl gt... smua jg bakal diganti... shock breaker aj dganti...
Buset om, sampe apal kaki2 Livina? Keren amat :big_exellent: haha

Sip, kalo gitu harusnya sekarang udah kompatibel karena udah ga blokir om :big_okay: Ane wkt itu ngintip2 di bengkel Honda, dia pake Daikalub 528d. Bahkan dia pake untuk plat di belakang kanvas rem nya, dan juga untuk pasak2nya om. Tapi kemaren pas di Nissan, ane ga merhatiin dia pake apa... Kalo cek online sih katanya pake Molykote M-77 (mengandung MoS2) juga bisa om, itu mah udah bukan Lithium base yah?

Ohh setir lari2 itu berarti seperti wandering yah om? Itu salah satu penyebabnya, katanya, toe nya kurang kedalam om? Kalo toe disetel lebih kedalam, dia jadi cenderung pengen lurus... bener ga om?

Sip deh kalo gitu, ane klaim aja semua keluhannya ya hehe :big_peace:
vlryandi
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Tue Nov 25, 2014 10:31

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by vlryandi »

wpyh wrote:
vlryandi wrote:Hi, selamat sore. Mau minta pencerahan sama suhu2 disini...

Mobil saya grand livina 2011 1.5AT XV. Kebetulan yg pake kakak saya, pakenya asal pake yg penting AC dingin. Kemarin iseng cek air radiator, ternyata kosong, saya isi kurang lebih 2ltr. Cek kebocoran gk ketemu, Fan nyala. Ya udah akhirnya didiemin. Kemarin malam abis isi bensin mogok, saya pikir fuelpumpnya, ternyata fuelpump bagus. Distarter kyk gk ada kompresi, akhirnya mau coba bongkar busi. dari manifold banyak oli, dan TB juga banyak oli. Dibersihin semua, pasang lagi, isi air radiator sampe 3 galon kok gk penuh2.... Diliat ternyata kuar air dari knalpot.

Akhirnya turun setengah... yg saya mau tanyakan, apa boleh cylinder head grand livina dibubut? karena saya liat pistonnya modelnya ada tonjokkannya? Takutnya setelah dibubut, pistonnya nabrak dengan klep..

Terima kasih.
Ane bukan suhu tapi komentar + malah nanya gapapa ya :big_childish:

Itu air radiator bocor ya om? Mungkin karena packing kebakar, bisa jadi bocor sih. Itu kenapa cylinder head mau dibubut om? Piston model tonjokan gitu teh maksudnya ada dekoknya? Itu interference kan, ada ukurannya, tanya aja ke bengkel yang pengalaman, selama ga kena klep mah gapapa.
Hi, trims komentarnya...

Justru itu, sudah diperiksa, gk keliatan bocornya dari mana. Ya belum tentu dibubut juga sih, tapi kan harus dibawa ke tukang bubut untuk tau melengkung apa nggaknya. Piston model tonjokan itu, di kepala pistonnya ada tonjolan lagi.

trims gan
arhiday
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Wed Jan 13, 2016 3:36

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by arhiday »

pagi para suhu dimari. maaf sebelumnya nubie mohon bantuan. jadi nubie abis dari beres judulnya mau ganti oli, dan disana disaranin untuk spooring dan balancing juga. yaudah nubie oke in. tapi abis beres ganti oli dibilang untuk spooring dan balancing ga bisa karena kaki banyak yg rusak dan dibikinin estimasi part yang musti diganti, berikut part2nya.
Image

mohon pencerahan dari para suhu untuk part2 tsb itu nama umum di bengkel apa ya? sama mesti ganti semua ato ada yg bisa diakalin gitu cuma bagian2 tertentu aja yg diganti? soalnya berasa banget klo ganti semua ampe segitu

makasih suhu :thanks:
User avatar
ibar78
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1292
Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
Location: mtg, jakarta
Daily Vehicle: toyota fans boys

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by ibar78 »

arhiday wrote:pagi para suhu dimari. maaf sebelumnya nubie mohon bantuan. jadi nubie abis dari beres judulnya mau ganti oli, dan disana disaranin untuk spooring dan balancing juga. yaudah nubie oke in. tapi abis beres ganti oli dibilang untuk spooring dan balancing ga bisa karena kaki banyak yg rusak dan dibikinin estimasi part yang musti diganti, berikut part2nya.
Image

mohon pencerahan dari para suhu untuk part2 tsb itu nama umum di bengkel apa ya? sama mesti ganti semua ato ada yg bisa diakalin gitu cuma bagian2 tertentu aja yg diganti? soalnya berasa banget klo ganti semua ampe segitu

makasih suhu :thanks:
itu pajak 770 rb.... :big_childish: muantap sekali.....
:popcorn:
wpyh
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Sat Nov 28, 2015 11:49

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by wpyh »

DOHC wrote:pengalaman punya GL dan XR dl, dan entah ud brapa kl bongkar kaki2 saking sering nya ampe skrg merem aj ane bsa bayangin parts kaki2 tuh lipina
Saya barusan tadi seharian di BeRes Nissan, akhirnya karet crossmember diganti juga. Saya ada foto perbandingan karet crossmember baru dan lama, tapi ntar upload nya di forum sebelah... di sini ga ngerti gimana cara uploadnya :big_think:

Saya tadi kan ngeliatin montirnya bongkar2 crossmember, gila lah itu kalo sampe apal sih mungkin harus 10x ke atas kali yah.... hahaha banyak dan rumit amat itu pengerjaannya, apa ini ciri khas Nissan? Atau mobil FWD memang rumit gini yah? Seinget saya wkt dulu ngeliatin montir bongkar kaki2 Kijang, ga sampe serumit itu deh... :big_think:

Kalo masalah lari2 sih saya ga nemuin di ANGL ini om, kalo masalah setir miring tadi udah di spooring ulang hasilnya beres, kalo masalah rem narik juga udah beres da... hehe

Yang aneh tuh gini:
Sebelom ganti karet crossmember dan spooring ulang, rem tangan narik kanan, setir miring ke kanan tapi ga narik.
Seudah ganti karet crossmember dan spooring ulang, dites jalan... awal2 ketemu masalah rem kaki narik kanan. Tapi cuma sedikit.
Saya coba test rem tangan narik apa ngga, coba tes 2x apa 3x gitu... udah gitu tes lagi rem kaki, nariknya berkurang. Dites rem kaki sampe 4x apa 5x gitu, malah ilang nariknya.

Apa gara2 kotor ya rem nya, jadi narik ya om? Trus saya coba maenin pake rem tangan jadi bersih, gitu? :big_peace:




vlryandi wrote:Justru itu, sudah diperiksa, gk keliatan bocornya dari mana. Ya belum tentu dibubut juga sih, tapi kan harus dibawa ke tukang bubut untuk tau melengkung apa nggaknya. Piston model tonjokan itu, di kepala pistonnya ada tonjolan lagi.
Di kepala piston ada tonjolan itu kan supaya ngepas ke atasnya ya? Itu salah satu tujuannya supaya menambah kompresi, jadi dia ngisi ruang di sekitar valve. Hati2 aja om, kalo saran saya bisa dicobain begini untuk ngukur jarak antara piston dengan cylinder head dan valve:
1. Buka cylinder head, sehingga piston keliatan.
2. Di tiap2 piston, oleskan stempet yang lumayan tebal. Jangan terlalu banyak, jangan terlalu penuh. Cukup di beberapa tempat saja, kalo terlalu banyak bisi kepenuhan / macet nanti valve stem bengkok. Pakai stempet yang tidak lengket supaya ga nempel2 ke valve dan cylinder head.
3. Pasang kembali cylinder head.
4. Putar mesin pelan2 dengan tangan, beberapa putaran cukup.
5. Buka kembali cylinder head.
6. Periksa bentuk dan ketebalan stempet di piston. Itu menunjukkan ruang terkecil antara cylinder head dengan piston, pada posisi TDC.

Intinya kalo bubutan adalah kurang dari ketebalan itu, berarti piston ga akan nabrak cylinder head. CMIIW, suhu2 di sini tolong koreksi yaaa :big_childish:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

arhiday wrote:pagi para suhu dimari. maaf sebelumnya nubie mohon bantuan. jadi nubie abis dari beres judulnya mau ganti oli, dan disana disaranin untuk spooring dan balancing juga. yaudah nubie oke in. tapi abis beres ganti oli dibilang untuk spooring dan balancing ga bisa karena kaki banyak yg rusak dan dibikinin estimasi part yang musti diganti, berikut part2nya.
Image

mohon pencerahan dari para suhu untuk part2 tsb itu nama umum di bengkel apa ya? sama mesti ganti semua ato ada yg bisa diakalin gitu cuma bagian2 tertentu aja yg diganti? soalnya berasa banget klo ganti semua ampe segitu

makasih suhu :thanks:
itu kaki2 blakang full set torsion beam ngapain dganti ?? dl ane pake lipina ga perna rusak dan ga perna di kutak katik gapapa...

btw, ntuh crossmember depan, ga usa ganti full set lengkap ama besi2 nya, minta ama beres ganti mounting karet nya aj, suruh pake alat press, jgn males mreka..... kl ga bsa jg, suru telpon ke nissan pluit, dsana mreka blg bsa ganti karet doank...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

@ wpyh : sebenernya konstruksi mobil2 FWD 11 12 om... cuman yg bkin rempong tuh, jarang ad FWD macam lipina yg crossmember nya memble... rata2 crossmember nya tuh ppuanjaangggg banget umur nya...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
wpyh
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Sat Nov 28, 2015 11:49

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by wpyh »

DOHC wrote:itu kaki2 blakang full set torsion beam ngapain dganti ?? dl ane pake lipina ga perna rusak dan ga perna di kutak katik gapapa...

btw, ntuh crossmember depan, ga usa ganti full set lengkap ama besi2 nya, minta ama beres ganti mounting karet nya aj, suruh pake alat press, jgn males mreka..... kl ga bsa jg, suru telpon ke nissan pluit, dsana mreka blg bsa ganti karet doank...
Kemaren saya baru dari BeRes klaim warranty karet crossmember om, SA nya bilang kalo pertama kali ganti boleh ganti cuma karet aja, sedangkan kalo berikutnya harus ganti sama crossmember nya soalnya takutnya lobangnya bakal kegedean / kendor kalo di press berulang kali. Tapi saya tanya2 montirnya katanya kalo karet crossmember, warranty = ganti karet aja, biaya sendiri = ganti semua :mky_01:

Saran saya sih kayanya kalo udh diluar warranty mending ke bengkel luar aja kali yaaaa... haha


DOHC wrote:@ wpyh : sebenernya konstruksi mobil2 FWD 11 12 om... cuman yg bkin rempong tuh, jarang ad FWD macam lipina yg crossmember nya memble... rata2 crossmember nya tuh ppuanjaangggg banget umur nya...
Owh... gitu ya om... apa karena mobil FWD tuh mesin nya ngegerakkin roda depan juga, jadinya lebih rumit om?

Emank kalo mobil2 laen crossmember nya lebih tebal ya om?

Kalo ane liat2 di forum luar sih, katanya pasang strut bar di ruang mesin + bawah chassis, bisa nambah kestabilan dan memperpanjang umur crossmember, apa bener ya om?


Oya kemaren sih saya liatin, justru saya takutnya balljoint lower arm itu yang kena, kecil amat dan karet boots nya sepertinya ga terlalu kuat gitu... Ada juga karet bushing / mounting lower arm yang dibaut ke crossmember (baut vertikal), punya saya udah retak dikit, tapi kata BeRes itu nanti kalo udh retak setengah baru diganti... walah :big_think: