Review of Malaysian Cars : The Protons

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Review of Malaysian Cars : The Protons

Post by egibaio »

Halo SerayaMotor, perkenankan saya mereview 2 mobil Proton hasil ke-penasaran-an saya akan Suprima S yang sayangnya tidak saya temukan di dealer Bandung. Sebelumnya maaf atas kualitas foto dan hanya 1 mobil yang saya test ke Jalan

THE DEALER VISIT

Memasuki Dealer Proton saya disambut sales yang anehnya sedang sapu-sapu. Segera saya tanyakan maksud saya datang ke dealer itu yaitu untuk mencoba Suprima S. Instead, saya menemukan Exora Bold, Neo R3, dan Exora tipe bawah. Sales yang nampaknya cukup jarang menerima tamu ini pun membukakan kunci 2 mobil yaitu Exora Bold dan Neo R3 untuk saya lihat-lihat isinya.

EXORA BOLD

Image

It’s a 7-seater MPV dan yang anda lihat di bawah ini adalah mesin CFE 1.6 litre turbo yang menghasilkan 138 hp. Hmm, sesuatu yang sangat menarik tentunya untuk sebuah MPV berharga hanya 236 juta ini sebelum diskon yang bisa saya pastikan akan cukup besar. Mesin ini serupa dengan yang digunakan pada Proton Suprima dan Preve

Image

Bentuk mobil ini proporsional. Tidak tampan, namun proporsional. Dibandingkan merek “aneh” lain seperti TATA atau geely, desainer Proton masih memiliki taste yang lebih baik. Desain belakangnya pun bisa saya bilang menarik.

Image

Interior pun bisa saya bilang cukup sederhana namun tidak ada elemen yang mengganggu. Segalanya tampak normal dan saya suka bahan joknya. Jahitan rapi dan empuk. Steering wheel dibungkus kulit yang cukup oke untuk kelasnya. Beberapa bagian memang terasa cheap, namun saya rasa MPV yang seharga Exora juga memang tidak ada yang betul-betul oke materialnya (kecuali Spin dan Ertiga). Oiya, penempatan AC untuk baris kedua dan ketiga dari mobil ini rapi seperti pada Chevy Spin.

Image

Instrument cluster mudah dibaca dan enak dilihat, peringatan apakah door, engine bay, dan bagasi pun bisa dilihat di layar tengah itu. HU memakai merek Clarion dan kalau saya lihat ia sudah dilengkapi bluetooth. Tidak lupa juga terdapat tuas cruise control yang tersembunyi di balik kemudi.

Image

Satu hal yang membuat mobil ini memiliki nilai lebih sebagai MPV adalah kabin yang lega dan nyaman bahkan sampai baris ketiga. Andai saja Proton lebih semangat dan serius memasarkan mobil ini dan membuat Line-Up nya lebih menarik, mobil ini harusnya bisa mencuri at least sedikit saja kue pasar MPV. Untuk ukuran sebuah brand yang “aneh”, build qualitynya terasa masih oke dan tidak ada elemen desain yang mengganggu. Mesinnya pun lumayan “berani” dengan power yang bisa dibilang besar.

Image

Ketika saya masih sibuk melihat-lihat Exora, tiba-tiba saja sales menyodorkan surat Test Drive dan kunci dari Proton Neo R3. Alasannya, karena saya mencari Suprima maka Test Drive Neo R3 akan bisa memberikan teaser karena posisi duduknya mirip. Hmm, let’s see.

NEO R3
Image
So it’s a hot hatch. Equipped with 1.6 litre CamPro NA engine menghasilkan 125 hp. Ia adalah mobil yang digunakan basis untuk mobil balap Rally Proton. Ekspektasi saya terhadap mobil ini cukup tinggi, melihat spec sheetnya tentunya tidak salah untuk menganggapnya sebagai rival Swift Sport. Mobil ini dijual dengan 235 juta untuk versi AT sebelum massive discount.

EXTERIOR

Image

Mobil ini terlihat cukup menarik namun terasa outdated. Wheel arches gemuk dan segala bells and whistles nya mungkin akan menarik perhatian jika anda adalah anak ABG 18 tahun yang hidup di tahun 2004. Untungnya ia tidak terlihat kampungan atau ricer, hanya agak outdated, that’s it. I quite like the wheels though, dibungkus dengan ban Continental MC5 dengan disc brake yang cukup besar di baliknya. Exhaust pipe yang ditaruh di tengah bumper jg cukup meningkatkan visual appealnya bersama dengan diffuser di sampingnya. So it’s not pretty but at least proporsinya tidak aneh.

Image

Image

INTERIOR

Image

Respon kebanyakan orang saya yakin adalah “Oh, dear”. Interiornya jadul, polos dan materialnya jelek. Everything, I mean, EVERYTHING feels cheap. Bahkan lighting instrument clusternya tampak seperti pinjam dari angkot. Tapi untungnya di dalam interior suram tersebut, Proton memasangkan sepasang jok yang sangat baik kualitasnya. Joknya terasa suportif dan nyaman. Kulitnya juga lumayan oke. Satu hal yang lumayan membuat saya kaget adalah adanya automatic climate control di interior sesuram itu. Head unit nya juga sudah dilengkapi bluetooth.

But still, bad mark for the interior.

Image

Image

Image

DRIVING

Image

Badge “handling by LOTUS” tentu saja merupakan kebanggaan Proton yang menjamin handling mobil ini istimewa. Hmm okay, let’s see what it got then.

Image

Di depan kita akan mendapati suspensi McPherson yang sudah familiar dan sangat simple. Berita bagus ada di belakang karena R3 sudah menggunakan full independent suspension yang tentu saja lebih advanced dibanding torsion beam yang umum digunakan di mobil hatchback kecil sekelas.

Image

Test drive pun dimulai, saya hidupkan mesin 1.6 litre nya dan suara yang keluar dari exhaust cukup keras. Lumayan sporty lah. Tapi mesin 1.6 litre ini terasa kasar saat idle, getarannya sangat terasa ke kabin. Unit yang saya coba ini dipasangkan dengan unit transmisi 4AT ( LAME! ). Saya mencoba berakselerasi keluar dealer dengan agak agresif dan terasa sedikit hentakan di awal akselerasi tapi diikuti oleh absolutely NOTHING. The transmission is just garbage, it’s killing the engine. Sangat mengecewakan untuk sebuah hot hatch. Slip transmisi terasa di hampir semua RPM, terasa sedikit tendangan di atas 4000 tapi not much. The engine feels very rough, it’s not refined and not that happy to be revved. Rasanya seperti mesin jadul yang hanya bagus untuk “sruntulan” di lalu lintas. Pada akhirnya, anda hanya mengendarai mobil yang lambat, berknalpot berisik, dan bermesin kasar. Saya bahkan sempat mencoba menaruh shifter di posisi “1” lalu flat out, but still, nothing. Just noise and vibration, no go. Mungkin versi MT nya akan lebih baik, tapi versi AT ini benar-benar mengecewakan. Kalau saya rangkum, mengendarai mobil ini mirip mengendarai avanza AT jadul. Kuat di rpm awal tapi hopeless di rpm lainnya.

Untungnya kegagalan di sektor powertrain diobati oleh chassisnya yang menurut saya bagus. Dampingnya baik meskipun spring rate sangat kaku. Melewati lubang dan jalan kasar tidak menghasilkan bunyi yang mengganggu dan benturan yang tidak diinginkan. Namun tetap saja jalan yang tidak rata akan sangat terasa. Overall pergerakan mobil bisa terkontrol dengan baik. Bahkan saya bisa bilang saya sedikit teringat dengan setting suspensi MINI Cooper 1.5 yang pernah saya coba, hanya saja steering Proton bukanlah lawan dari MINI. Steeringnya terasa kurang cepat dan feedbacknya biasa saja, ditambah lagi stirnya terasa sangat berat untuk parkir. Rem kurang menggigit di awal meski injakan pedal terhadap braking power lumayan linear, sayangnya ternodai oleh feeling spongy yang sangat terasa di pedal. Overall the ride and handling is quite nice
Oiya, satu hal yang mengganggu di mobil ini saat berkendara adalah spionnya yang terlalu kecil.

CONCLUSION

Untuk sebuah brand yang berasal dari negara yang tidak umum, Proton masih memiliki desain mobil yang bisa saya terima dan beberapa kelebihan. Saya bisa melihat potensi dari Exora Bold, bentuknya proporsional dan interiornya meski sangat konservatif masih cocok dengan harganya. Mesinnya juga bertenaga besar, semoga ada kesempatan lain dimana saya bisa mencoba mobil itu.

Sedangkan untuk Neo R3, i cant see how they can possibly sell that car here. Sebaiknya mobil ini dihilangkan dari line up proton di indonesia karena sudah outdated. Proton sebaiknya lebih berfokus kepada produk yang benar-benar memiliki potensi seperti exora.

Saya bisa bilang dibandingkan Geely atau Chery sih, saya saat ini masih lebih pegang Proton.

Image
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Review of Malaysian Cars : The Protons

Post by sintoni »

Pertaliteeeeee!

Dulu perna kepikiran ambil R3 Neo ini.

Ambil yang manual kalo ga salah PL masih 220 om.

Dipikir bener2 mantep sih, no fuzz hot hatchback begitu.

125hp, discbrake depan belakang, bucket seat, 3 doors, Lotus-assisted handling pula.

220 belom diskon. Kalo dipikir paket yang bagusssssss, tapi akhirnya ga jadi ambil.

Padahal ada ngmg2 sama Modcing soal mobil ini.
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Review of Malaysian Cars : The Protons

Post by egibaio »

sintoni wrote:Pertaliteeeeee!

Dulu perna kepikiran ambil R3 Neo ini.

Ambil yang manual kalo ga salah PL masih 220 om.

Dipikir bener2 mantep sih, no fuzz hot hatchback begitu.

125hp, discbrake depan belakang, bucket seat, 3 doors, Lotus-assisted handling pula.

220 belom diskon. Kalo dipikir paket yang bagusssssss, tapi akhirnya ga jadi ambil.

Padahal ada ngmg2 sama Modcing soal mobil ini.
Kalo yg AT sih mengecewakan bgt om, kerasa sangat ga refined aja itu powertrain nya. Tapi chassis ane akui dia bagus. Ekspektasi ane terhadap mobil ini jg tinggi banget om, secara di spec sheet oke bgt. Mungkin hrs nyoba yg MT, tapi ga tau juga nyari kemana :mky_01:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review of Malaysian Cars : The Protons

Post by amfibi »

Duh jadi ngiler bgt proton neo, dr dulu udah suka bgt ... justru gara2 tampang jadul sport hatchback ke-2004-an nya yg bikin demen :ungg:

Exora sendiri ane lumayan sering bawa, yg 2011 supreme punya kelg. Overall, jauh lebih milih exora drpd avanza, jadi males bgt lah avanza tuh, trus jg exora ga rusak2 (yg di malaysia nya sendiri aja odo udh pada kyk innova disini & nothing happens), interior ga ada yg rattling, tenaga ngepas, rem ngepas, suspensi lumayan, kabin lega & jok oke, mantab lah :mky_02:
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Review of Malaysian Cars : The Protons

Post by egibaio »

amfibi wrote:Duh jadi ngiler bgt proton neo, dr dulu udah suka bgt ... justru gara2 tampang jadul sport hatchback ke-2004-an nya yg bikin demen :ungg:

Exora sendiri ane lumayan sering bawa, yg 2011 supreme punya kelg. Overall, jauh lebih milih exora drpd avanza, jadi males bgt lah avanza tuh, trus jg exora ga rusak2 (yg di malaysia nya sendiri aja odo udh pada kyk innova disini & nothing happens), interior ga ada yg rattling, tenaga ngepas, rem ngepas, suspensi lumayan, kabin lega & jok oke, mantab lah :mky_02:
Eksterior memang lumayan menarik om, warna hitamnya juga metaliknya keliatan bgt kalo di bawah matahari :mky_02:

Nah exora ane lihat memang bagus nih mobil, di atas avanza pasti kelasnya. Interiornya lapang sampe baris ketiga. Yang supreme itu turbo ga om?
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review of Malaysian Cars : The Protons

Post by amfibi »

egibaio wrote:
amfibi wrote:Duh jadi ngiler bgt proton neo, dr dulu udah suka bgt ... justru gara2 tampang jadul sport hatchback ke-2004-an nya yg bikin demen :ungg:

Exora sendiri ane lumayan sering bawa, yg 2011 supreme punya kelg. Overall, jauh lebih milih exora drpd avanza, jadi males bgt lah avanza tuh, trus jg exora ga rusak2 (yg di malaysia nya sendiri aja odo udh pada kyk innova disini & nothing happens), interior ga ada yg rattling, tenaga ngepas, rem ngepas, suspensi lumayan, kabin lega & jok oke, mantab lah :mky_02:
Eksterior memang lumayan menarik om, warna hitamnya juga metaliknya keliatan bgt kalo di bawah matahari :mky_02:

Nah exora ane lihat memang bagus nih mobil, di atas avanza pasti kelasnya. Interiornya lapang sampe baris ketiga. Yang supreme itu turbo ga om?
Hooh om kyk mobil eropa mahal era 2004 gitu (vw polo 3dr, audi a3 3dr) lah ane blg mah :mky_01: :mky_02:

Iya om, jauh bgt dibanding avanza mah. Kata ane ini tuh diantara innova sama avanza feelingnya, ga lebih enak dari innova tapi lebih enak dari avanza.
Supreme belom turbo om, campro 1.6 n/a. Tenaganya ngepas aja, kyk innova bensin matic... tp maticnya halus :big_childish:
Dibanding yg baru ane lebih suka yg supreme 2011 gini, abis joknya paduan kulit asli + suede. Bau kabinnya semerbak kulit kyk mobil mahal :mky_02:
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Review of Malaysian Cars : The Protons

Post by egibaio »

amfibi wrote:
egibaio wrote: Eksterior memang lumayan menarik om, warna hitamnya juga metaliknya keliatan bgt kalo di bawah matahari :mky_02:

Nah exora ane lihat memang bagus nih mobil, di atas avanza pasti kelasnya. Interiornya lapang sampe baris ketiga. Yang supreme itu turbo ga om?
Hooh om kyk mobil eropa mahal era 2004 gitu (vw polo 3dr, audi a3 3dr) lah ane blg mah :mky_01: :mky_02:

Iya om, jauh bgt dibanding avanza mah. Kata ane ini tuh diantara innova sama avanza feelingnya, ga lebih enak dari innova tapi lebih enak dari avanza.
Supreme belom turbo om, campro 1.6 n/a. Tenaganya ngepas aja, kyk innova bensin matic... tp maticnya halus :big_childish:
Dibanding yg baru ane lebih suka yg supreme 2011 gini, abis joknya paduan kulit asli + suede. Bau kabinnya semerbak kulit kyk mobil mahal :mky_02:
Wah dia joknya lebih bagus lg drpd exora bold om? :big_chicken: Ini aja menurut ane buat harga segitu udah oke bgt loh bungkus joknya :mky_02:

Neo dr belakang emang mirip A3 sih om wkwk, sayang bgt proton kurang berani ngasih mesin bagus dan interior yg oke
User avatar
brintanizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 874
Joined: Wed Jul 09, 2014 8:21
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Honda CRV

Re: Review of Malaysian Cars : The Protons

Post by brintanizer »

Imho mobil perodua lbh eye catching . Lbh proporsional . Hehehe
- apple, banana, & grape -
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review of Malaysian Cars : The Protons

Post by madcat015 »

sintoni wrote:Pertaliteeeeee!

Dulu perna kepikiran ambil R3 Neo ini.

Ambil yang manual kalo ga salah PL masih 220 om.

Dipikir bener2 mantep sih, no fuzz hot hatchback begitu.

125hp, discbrake depan belakang, bucket seat, 3 doors, Lotus-assisted handling pula.

220 belom diskon. Kalo dipikir paket yang bagusssssss, tapi akhirnya ga jadi ambil.

Padahal ada ngmg2 sama Modcing soal mobil ini.

Pejwaaaaaannnn :big_smoking:

A very nice ripiu om egibaio... Enak dibaca... dan cukup detil :mky_02:

Back to Proton...


Yez... bro sintoni pernah diskusi bareng ane tentang Proton... Ane bahkan support dia untuk ambil Proton demi iseng2 berhadiah. Diskon segaban bakal membuat mobil ini bertengger di range 200 juta ke bawah... banget... sekali... sampe ndlosor...

Waktu itu, ane opted MT untuk bro sintoni... MT is gut! Coupled with 125hp enjin, nice suspension, and rubbish interior... Well, siapa yang peduli dengan interior saat drift di tikungan mengasapi hatch Jepun seharga hampir 300juta... :mky_03:

A nice car indeed...


Untuk Exora... Frankly speaking, ane suka dengan keseluruhan package nya. Sayangnya terkendala kesungguhan diler lokal di Sby yang bunuh diri dan gulung tikar... Seharga 267juta, well, i can say forget all LMPV Jepunan..., dengan catatan: tuh ATPM serius ngurus 3S nya... :big_bored:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Review of Malaysian Cars : The Protons

Post by egibaio »

brintanizer wrote:Imho mobil perodua lbh eye catching . Lbh proporsional . Hehehe
perodua itu yg kerja sama bareng daihatsu ya om? btw itu perodua alza kalo dibawa kesini jd daihatsu boleh bgt tuh, nice looking car
madcat015 wrote:

Pejwaaaaaannnn :big_smoking:

A very nice ripiu om egibaio... Enak dibaca... dan cukup detil :mky_02:

Back to Proton...


Yez... bro sintoni pernah diskusi bareng ane tentang Proton... Ane bahkan support dia untuk ambil Proton demi iseng2 berhadiah. Diskon segaban bakal membuat mobil ini bertengger di range 200 juta ke bawah... banget... sekali... sampe ndlosor...

Waktu itu, ane opted MT untuk bro sintoni... MT is gut! Coupled with 125hp enjin, nice suspension, and rubbish interior... Well, siapa yang peduli dengan interior saat drift di tikungan mengasapi hatch Jepun seharga hampir 300juta... :mky_03:

A nice car indeed...


Untuk Exora... Frankly speaking, ane suka dengan keseluruhan package nya. Sayangnya terkendala kesungguhan diler lokal di Sby yang bunuh diri dan gulung tikar... Seharga 267juta, well, i can say forget all LMPV Jepunan..., dengan catatan: tuh ATPM serius ngurus 3S nya... :big_bored:
Thank you om modcat :mky_02:

Nah ane penasaran MT nih om, om pernah bawa? Gimana impressionnya? Karena mobil ini chassisnya udah oke dan di spec sheet oke bgt sayang aja itu 4ATnya jelek bgt :big_dunno:

Sebenernya dealer bandung pun udah agak menyedihkan suasananya om, masih ketolong bengkel dia yg dijadiin tempat servis Jags and Land Rovers (aneh juga sih ini) dan mobil lainnya. Malah td ane masuk ke dealernya ada yg sapu2 ane kira cleaning service eh taunya salesnya, jd salting wkwkwk
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Review of Malaysian Cars : The Protons

Post by daftar »

Exora
andai mobil ini ber-merk mitsubishi, saya yakin akan mengganggu penjualan Innova,
kenapa Mistsy nggak bikin mobil kayak gini aja ya
:ngacir:
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Review of Malaysian Cars : The Protons

Post by egibaio »

daftar wrote:Exora
andai mobil ini ber-merk mitsubishi, saya yakin akan mengganggu penjualan Innova,
kenapa Mistsy nggak bikin mobil kayak gini aja ya
Yang lebih aneh koreans kenapa selalu ada yg kurang kalau bikin MPV, padahal SUV dan hatchbacknya udah oke. Malah kesalip Malaysians dalam menyodorkan paket yg pas (kecuali ASS nya)
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Review of Malaysian Cars : The Protons

Post by alvin23 »

egibaio wrote:
daftar wrote:Exora
andai mobil ini ber-merk mitsubishi, saya yakin akan mengganggu penjualan Innova,
kenapa Mistsy nggak bikin mobil kayak gini aja ya
Yang lebih aneh koreans kenapa selalu ada yg kurang kalau bikin MPV, padahal SUV dan hatchbacknya udah oke. Malah kesalip Malaysians dalam menyodorkan paket yg pas (kecuali ASS nya)
Exora ini bisa dibilang pencapaian Proton setelah bertahun2 belajar dari Mitsu, Honda dan Lotus...

meski banyak yang benci karena ini produk malaysia, tapi tiap saya liat exora, ini adalah mark bahwa orang indo memang sudah segitu tertinggalnya dibanding malaysia dengan protonnya

Orang malaysia sendiri bilang, yang bener2 mobnas itu ya Proton, kalo perodua kan engineering dari daihatsu, cuma tempel badge aja dia...
Setelah exora, proton preve dan suprima juga sudah produk proton yang 100% mandiri bukan turunan dari produk mitsu/honda
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Review of Malaysian Cars : The Protons

Post by VanzMatic »

Prepeh... hmmm... summon someone pakar oprek ECU di SM.....

Sent from my Lenovo S890 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Review of Malaysian Cars : The Protons

Post by liep »

Ripiu yg menarik..meski ta semenarik mobilnya utk dibeli..hehe. mantap om eg
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: Review of Malaysian Cars : The Protons

Post by grandis_GT »

Pernah liat exora bold yg warna emas di jalan , keren warnanya :mky_02:
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Review of Malaysian Cars : The Protons

Post by adityawei »

nice review om.. :big_exellent:
model exora ini secara ga langsung mengingatkan ane pada model grandis :mky_03:

dengan harga segitu, orang2 mgkn bakal lebih lari ke mobilio, dengan merk "honda" nya dan struktur body yg mgkn kalo orang awam liat sih mirip..

kalo yg R3, ga tau kenapa ane tetep mending hatch jepang punya ya.. :mky_05:
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Review of Malaysian Cars : The Protons

Post by egibaio »

alvin23 wrote:
egibaio wrote:
daftar wrote:Exora
andai mobil ini ber-merk mitsubishi, saya yakin akan mengganggu penjualan Innova,
kenapa Mistsy nggak bikin mobil kayak gini aja ya
Yang lebih aneh koreans kenapa selalu ada yg kurang kalau bikin MPV, padahal SUV dan hatchbacknya udah oke. Malah kesalip Malaysians dalam menyodorkan paket yg pas (kecuali ASS nya)
Exora ini bisa dibilang pencapaian Proton setelah bertahun2 belajar dari Mitsu, Honda dan Lotus...

meski banyak yang benci karena ini produk malaysia, tapi tiap saya liat exora, ini adalah mark bahwa orang indo memang sudah segitu tertinggalnya dibanding malaysia dengan protonnya

Orang malaysia sendiri bilang, yang bener2 mobnas itu ya Proton, kalo perodua kan engineering dari daihatsu, cuma tempel badge aja dia...
Setelah exora, proton preve dan suprima juga sudah produk proton yang 100% mandiri bukan turunan dari produk mitsu/honda
Setuju om :big_exellent: Mobil ini korban dari hubungan indo-malay yang kurang bagus sebenernya. Jadi tambah kepo nih sama suprima, secara dia kelasnya di atas exora. Di youtube juga ane lihat akselerasinya pada lumayan kenceng itu mobil.
liep wrote:Ripiu yg menarik..meski ta semenarik mobilnya utk dibeli..hehe. mantap om eg
thank you om liep
adityawei wrote:nice review om.. :big_exellent:
model exora ini secara ga langsung mengingatkan ane pada model grandis :mky_03:

dengan harga segitu, orang2 mgkn bakal lebih lari ke mobilio, dengan merk "honda" nya dan struktur body yg mgkn kalo orang awam liat sih mirip..

kalo yg R3, ga tau kenapa ane tetep mending hatch jepang punya ya.. :mky_05:
thank you om adityawei

wah kalo sama mobilio sih ini mobil jauh lebih enak didudukin joknya wkwk, sayang brandnya dr malaysia

nah yang R3 memang kurang dipoles dan memang beda era sama exora. jadi ya gitu deh, kurang makes sense
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Review of Malaysian Cars : The Protons

Post by adityawei »

egibaio wrote:
thank you om adityawei

wah kalo sama mobilio sih ini mobil jauh lebih enak didudukin joknya wkwk, sayang brandnya dr malaysia

nah yang R3 memang kurang dipoles dan memang beda era sama exora. jadi ya gitu deh, kurang makes sense
iya om, jok sama interiornya ini jauh lebih menyenangkan dari mobilio..
sayangnya ASS mgkn ga merata, di kota ane aja ga pernah liat ni ASSnya ada dimana.. dulu pernah liat, cuma kok skr udah ilang, ga tau pindah atau gulung tikar..
populasi di jalan ga pernah liat ane yg R3, kalo exora lama ada sih beberapa, cuma tetep aja kalo dibandingin sama populasi grandis yg cukup sepi di kota ane masih banyakan grandisnya..
exora nih sekilas dari samping bener2 mirip grandis KW 3
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
User avatar
brintanizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 874
Joined: Wed Jul 09, 2014 8:21
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Honda CRV

Re: Review of Malaysian Cars : The Protons

Post by brintanizer »

Malaysian love their national product . Banyakan liat proton & perodua dibading merek jepang & korea . Apalagi picanto . Brio . Mirage . Dan temen2 nya kalah ama hatch proton & perodua . Jarang sekali saya liat small hatch merek luar disana
- apple, banana, & grape -
-el_capitan-
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 192
Joined: Sat May 25, 2013 0:49

Re: Review of Malaysian Cars : The Protons

Post by -el_capitan- »

Ditunggu review suprima atau preve nya om. Menarik jg exora ini, bbrp kali iseng2 ngintip harga bekasnya di olx rasanya ok jg tuh untuk dibeli. Btw ada info kah untuk diskon2 proton?
Seandainya indonesia punya mobnas, bisakah laris dlm negeri layaknya mobnas malaysia n india di negerinya sendiri?
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Review of Malaysian Cars : The Protons

Post by newrubble »

out of topic

r3: rally race research ... org indo sama tdk sadar spt saat indokaya jualan "sss" ... supersportsedan

r3 innards: vdo instrument ser, recaro* front seat pair, momo* steering wheel&gear knob, ohlin* suspension set, ap-racing* brake set.

r3 dijual u diubah ubah termasuk mitsubishi engine dia n kalo mau extra turbine set bisa pakai ex exorabold**

**sy pernah coba di uk itu satria neo r3, suprima n prevé enak power n handling spt subaru impreza 2.0R ... punya bekas teman kerja sy namanya james healy pratt yg punya koleksi proton n helikopter ... kata dia dlm bhs malay ... sapa pula nak support asean products kalo bukan aseaners ...ha ha ha

*non-branded generic supplied
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27643
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Review of Malaysian Cars : The Protons

Post by DOHC »

brintanizer wrote:Malaysian love their national product . Banyakan liat proton & perodua dibading merek jepang & korea . Apalagi picanto . Brio . Mirage . Dan temen2 nya kalah ama hatch proton & perodua . Jarang sekali saya liat small hatch merek luar disana
anuu... mreka bukan nya love.... lebi tepat nya no bucks....

proton ama perodua harganya masi acceptable buat mreka... kl merek2 luar di impose pajak gila2an.... liat aj harga apanja ampe seratus rebu ringgit gt... beberapa temen ane yg malay malah bgt berduit dkit, lgs ganti saga wira mreka ke jepun's car...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Review of Malaysian Cars : The Protons

Post by b8099ok »

Protong,... I do own preve cfe,... CVT,....
FWD + FWD + 4WD + 4WD = :big_cat:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review of Malaysian Cars : The Protons

Post by ChZ »

Hehehe nice review om...

Proton sebenernya offer us a big deal... Exora Turbo secara package pasti lebih bagus dari Avanjuh Veloz manapun... Sayangnya ada yang lebih penting daripada sekadar "produk"... Bisa jualan tapi gak bisa maintain customer, ya buat apa?

Proton (Satria) Neo R3... Modelnya ganteng, tapi saya sudah menduga sejak om nulis dapet yang AT bakal mengecewakan... eh beneran :big_biglaugh:

Ngeracik transmisi AT itu susah... Merek jepangan aja sampe sekarang blum ada yang bisa racik AT yang bener - bener enak.... I do admire Mazda SKYACTIV-DRIVE 6-AT... but not that much... karena VW dengan DSG nya sudah proves transmisi dual-clutch ternyata bisa lebih halus dari AT konvensional sekaligus cepat, di Golf MK.7. Jadi transmisi Mazda sudah nggak surprising lagi buat saya.

Transmisi AT terjebak di antara pilihan mau halus tapi slipnya banyak atau mau cepet tapi kerasa jerking.

Kisah sales yang lagi nyapu - nyapu dealer... koq saya agak miris dengernya... saking nggak sanggupnya si pemilik dealer untuk bayar gaji tenaga pembersih / cleaning service? Ya memang sih kalau disuruh gaji UMR juga berat bayar CS... :e-wall:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7