sintoni wrote:Hmm, numpang nimbrung ya om.
No offense bos, tapi kalo mobil kayak hatchback gt pasti setting suspensi diset agak keras, biar handling jadi lumayan. Secara kebanyakan yah hatchback ini pilihan anak muda. Hehehe.
Kalo mau empuk bisa om, dengn cara ganti per /+ sokbreker. Tapi ya itu handling jadi berkurang terus rawan mentok kalo diisi orang banyak pas lewat poldur (bisa diatasi dengan pemasangan damper).
ChZ wrote:1. Faktor Velg
2. Suspensinya emang keras.
Saya pernah naik Sirion 2013 temen dan AN Sirion 2015... All stock. Sirion 2013 nya juga tipe standar.
Problemnya menurut saya di spring rate nya yang cukup keras.
Nah masalah ganti per.... Problemnya adalah....
1. Biasanya kalau mau lebih empuk ganti per aftermarket atau copotan... Solusi murahnya ya ganti per copotan... Karena per aftermarket mahal, plus mostly per aftermarket itu ngejar ke performa (lebih keras). Ada nggak itu yang plug and play ke Sirion? Mungkin bisa ditanyain ke komunitas atau bengkel kaki - kaki.
2. Ganti per dengan spring rate lebih rendah/lebih empuk, konsekuensinya ke handling. Mobil pasti limbung karena travel suspensi bertambah. Blom kalau shock bawaannya memang dibuat untuk handle per dengan spring rate keras, diganti per empuk pasti kurang meredam, malah gampang kepentok. Jadi harus diikuti penggantian shock. Nah, ini ketemu masalah lagi. Shock dan per itu cocok - cocokan. Kombinasinya sangaaaaaat beraneka ragam. Shock A pasti karakternya beda dengan shock B, shock C, shock D, dst dst.... Milih per itu nggak se sulit milih shock. Sebetulnya bisa diakali sih pakai sport damper. Konon banyak yang bilang sport damper ini berisiko mengurangi umur per, tapi setelah saya liat sendiri barangnya, sport damper bahannya juga cukup elastis. Terakhir ada temen saya pasang sport damper di per depan Camry 2008 merek Prime harga 700ribu... Hasilnya lumayan mengobati suspensi Camry yang memang bawaannya ngayun.
sport damper yah, noted bro... cek di buk*lapak, harganya jg reasonable, thx bro
fenrir wrote:cek tekanan angin aja dulu, pastikan sesuai rekomen buku manual, kalo tekanan angin kebesaran bisa kerasa keras bantingannya.
kalo untuk faktor velg beda 2 inch mungkin pengaruh, tapi balik lagi ke kriteria ban, cenderung tinggi ban untuk ukuran velg yang lebih besar akan semakin kecil (<55 biasanyaa untuk 16 inchi), dengan tinggi ban yang makin kecil berarti sidewall akan semakin rigid sehingga bakalan kerasa lebih keras.
marmut wrote:kalo mau gampang, tekanan angin ban kasi 28 psi.
tekanan angin udh pas sesuai manual. yes sidewallnya sepertinya emang keras
geofreyap wrote:ada yg menarik disini sehingga saya jd pengen reply.
speed trap di alam sutera memang kurang wajar, terlalu tinggi untuk standar speed trap. apalagi yg arah menuju ikea / masuk toll, terasa sekali tingginya.
sayapun selalu ambil jalur paling kiri dan melambatkan laju mobil sampai di bawah 10km/jam. beberapa mobil pun saya perhatikan melakukan hal yg sama.
sekian.
yg arah keluar tol sebelum giant jg kurang ajar

... sebelumnya sering pake ipah g, ngerem dikit aja bro. tp pake sirion ini ya ngerem sampe gigi 2
KodokPushUp wrote:Getaran akibat speed trap/aspal kasar/jalan paving kalo menurut ane disebabkan pemilihan ban.
Ganti aja ban ke yg sidewall empuk.
ganti ban yah ? sepertinya nanti dulu bro, cos masih lama nih kayaknya umur bannya. coba pake sport damper dulu...
thx all, jd nambah ilmu lagi