Suspensi Keras
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 56
- Joined: Tue Dec 08, 2015 3:20
Suspensi Keras
Mohon maaf sebelumnya klo salah kamar, gak tau harus di "Suggestion Corner" ato di "Other (car) Types".
Intinya sih saya minta saran. Dua minggu lalu baru ngangkut sirion deluxe manual tahun 2014. So far sih positif, maklum KM jg masih rendah dan tahun muda. Tp ada satu hal yang ganjel, yaitu masalah suspensi, perasaan gw (sorry baper ), ini bantingannya kok keras yah. Kerasa banget klo lagi lewatin speed trap di sutera utama.
Apakah karakternya seperti itu ? ato karena faktor velg (tipe deluxe pake ring 16, selain itu pake 14) ? cos tanya temen yg jg pake sirion (tapi bukan deluxe), katanya sirion mereka empuk tuh.
Adakah yg bisa saya lakukan untuk bikin lebih empuk nih suspensi? setting apa gituh, maklum nubie banget masalah jeroan mobil.
thx
Intinya sih saya minta saran. Dua minggu lalu baru ngangkut sirion deluxe manual tahun 2014. So far sih positif, maklum KM jg masih rendah dan tahun muda. Tp ada satu hal yang ganjel, yaitu masalah suspensi, perasaan gw (sorry baper ), ini bantingannya kok keras yah. Kerasa banget klo lagi lewatin speed trap di sutera utama.
Apakah karakternya seperti itu ? ato karena faktor velg (tipe deluxe pake ring 16, selain itu pake 14) ? cos tanya temen yg jg pake sirion (tapi bukan deluxe), katanya sirion mereka empuk tuh.
Adakah yg bisa saya lakukan untuk bikin lebih empuk nih suspensi? setting apa gituh, maklum nubie banget masalah jeroan mobil.
thx
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5727
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Suspensi Keras
Hmm, numpang nimbrung ya om.
No offense bos, tapi kalo mobil kayak hatchback gt pasti setting suspensi diset agak keras, biar handling jadi lumayan. Secara kebanyakan yah hatchback ini pilihan anak muda. Hehehe.
Kalo mau empuk bisa om, dengn cara ganti per /+ sokbreker. Tapi ya itu handling jadi berkurang terus rawan mentok kalo diisi orang banyak pas lewat poldur (bisa diatasi dengan pemasangan damper).
No offense bos, tapi kalo mobil kayak hatchback gt pasti setting suspensi diset agak keras, biar handling jadi lumayan. Secara kebanyakan yah hatchback ini pilihan anak muda. Hehehe.
Kalo mau empuk bisa om, dengn cara ganti per /+ sokbreker. Tapi ya itu handling jadi berkurang terus rawan mentok kalo diisi orang banyak pas lewat poldur (bisa diatasi dengan pemasangan damper).
-
- SM Specialist
- Posts: 15674
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Suspensi Keras
1. Faktor Velgken39 wrote:Mohon maaf sebelumnya klo salah kamar, gak tau harus di "Suggestion Corner" ato di "Other (car) Types".
Intinya sih saya minta saran. Dua minggu lalu baru ngangkut sirion deluxe manual tahun 2014. So far sih positif, maklum KM jg masih rendah dan tahun muda. Tp ada satu hal yang ganjel, yaitu masalah suspensi, perasaan gw (sorry baper ), ini bantingannya kok keras yah. Kerasa banget klo lagi lewatin speed trap di sutera utama.
Apakah karakternya seperti itu ? ato karena faktor velg (tipe deluxe pake ring 16, selain itu pake 14) ? cos tanya temen yg jg pake sirion (tapi bukan deluxe), katanya sirion mereka empuk tuh.
Adakah yg bisa saya lakukan untuk bikin lebih empuk nih suspensi? setting apa gituh, maklum nubie banget masalah jeroan mobil.
thx
2. Suspensinya emang keras.
Saya pernah naik Sirion 2013 temen dan AN Sirion 2015... All stock. Sirion 2013 nya juga tipe standar.
Problemnya menurut saya di spring rate nya yang cukup keras.
Nah masalah ganti per.... Problemnya adalah....
1. Biasanya kalau mau lebih empuk ganti per aftermarket atau copotan... Solusi murahnya ya ganti per copotan... Karena per aftermarket mahal, plus mostly per aftermarket itu ngejar ke performa (lebih keras). Ada nggak itu yang plug and play ke Sirion? Mungkin bisa ditanyain ke komunitas atau bengkel kaki - kaki.
2. Ganti per dengan spring rate lebih rendah/lebih empuk, konsekuensinya ke handling. Mobil pasti limbung karena travel suspensi bertambah. Blom kalau shock bawaannya memang dibuat untuk handle per dengan spring rate keras, diganti per empuk pasti kurang meredam, malah gampang kepentok. Jadi harus diikuti penggantian shock. Nah, ini ketemu masalah lagi. Shock dan per itu cocok - cocokan. Kombinasinya sangaaaaaat beraneka ragam. Shock A pasti karakternya beda dengan shock B, shock C, shock D, dst dst.... Milih per itu nggak se sulit milih shock. Sebetulnya bisa diakali sih pakai sport damper. Konon banyak yang bilang sport damper ini berisiko mengurangi umur per, tapi setelah saya liat sendiri barangnya, sport damper bahannya juga cukup elastis. Terakhir ada temen saya pasang sport damper di per depan Camry 2008 merek Prime harga 700ribu... Hasilnya lumayan mengobati suspensi Camry yang memang bawaannya ngayun.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 148
- Joined: Tue Jun 30, 2015 8:10
Re: Suspensi Keras
cek tekanan angin aja dulu, pastikan sesuai rekomen buku manual, kalo tekanan angin kebesaran bisa kerasa keras bantingannya.ken39 wrote:Mohon maaf sebelumnya klo salah kamar, gak tau harus di "Suggestion Corner" ato di "Other (car) Types".
Intinya sih saya minta saran. Dua minggu lalu baru ngangkut sirion deluxe manual tahun 2014. So far sih positif, maklum KM jg masih rendah dan tahun muda. Tp ada satu hal yang ganjel, yaitu masalah suspensi, perasaan gw (sorry baper ), ini bantingannya kok keras yah. Kerasa banget klo lagi lewatin speed trap di sutera utama.
Apakah karakternya seperti itu ? ato karena faktor velg (tipe deluxe pake ring 16, selain itu pake 14) ? cos tanya temen yg jg pake sirion (tapi bukan deluxe), katanya sirion mereka empuk tuh.
Adakah yg bisa saya lakukan untuk bikin lebih empuk nih suspensi? setting apa gituh, maklum nubie banget masalah jeroan mobil.
thx
kalo untuk faktor velg beda 2 inch mungkin pengaruh, tapi balik lagi ke kriteria ban, cenderung tinggi ban untuk ukuran velg yang lebih besar akan semakin kecil (<55 biasanyaa untuk 16 inchi), dengan tinggi ban yang makin kecil berarti sidewall akan semakin rigid sehingga bakalan kerasa lebih keras.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11072
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Suspensi Keras
kalo mau gampang, tekanan angin ban kasi 28 psi.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1611
- Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05
Re: Suspensi Keras
ada yg menarik disini sehingga saya jd pengen reply.
speed trap di alam sutera memang kurang wajar, terlalu tinggi untuk standar speed trap. apalagi yg arah menuju ikea / masuk toll, terasa sekali tingginya.
sayapun selalu ambil jalur paling kiri dan melambatkan laju mobil sampai di bawah 10km/jam. beberapa mobil pun saya perhatikan melakukan hal yg sama.
sekian.
speed trap di alam sutera memang kurang wajar, terlalu tinggi untuk standar speed trap. apalagi yg arah menuju ikea / masuk toll, terasa sekali tingginya.
sayapun selalu ambil jalur paling kiri dan melambatkan laju mobil sampai di bawah 10km/jam. beberapa mobil pun saya perhatikan melakukan hal yg sama.
sekian.
-
- SM Specialist
- Posts: 623
- Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
- Location: Surabaya
Re: Suspensi Keras
Getaran akibat speed trap/aspal kasar/jalan paving kalo menurut ane disebabkan pemilihan ban.
Ganti aja ban ke yg sidewall empuk.
Ganti aja ban ke yg sidewall empuk.
Ikutan trend penghuni garasi:
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 56
- Joined: Tue Dec 08, 2015 3:20
Re: Suspensi Keras
sintoni wrote:Hmm, numpang nimbrung ya om.
No offense bos, tapi kalo mobil kayak hatchback gt pasti setting suspensi diset agak keras, biar handling jadi lumayan. Secara kebanyakan yah hatchback ini pilihan anak muda. Hehehe.
Kalo mau empuk bisa om, dengn cara ganti per /+ sokbreker. Tapi ya itu handling jadi berkurang terus rawan mentok kalo diisi orang banyak pas lewat poldur (bisa diatasi dengan pemasangan damper).
sport damper yah, noted bro... cek di buk*lapak, harganya jg reasonable, thx broChZ wrote:1. Faktor Velg
2. Suspensinya emang keras.
Saya pernah naik Sirion 2013 temen dan AN Sirion 2015... All stock. Sirion 2013 nya juga tipe standar.
Problemnya menurut saya di spring rate nya yang cukup keras.
Nah masalah ganti per.... Problemnya adalah....
1. Biasanya kalau mau lebih empuk ganti per aftermarket atau copotan... Solusi murahnya ya ganti per copotan... Karena per aftermarket mahal, plus mostly per aftermarket itu ngejar ke performa (lebih keras). Ada nggak itu yang plug and play ke Sirion? Mungkin bisa ditanyain ke komunitas atau bengkel kaki - kaki.
2. Ganti per dengan spring rate lebih rendah/lebih empuk, konsekuensinya ke handling. Mobil pasti limbung karena travel suspensi bertambah. Blom kalau shock bawaannya memang dibuat untuk handle per dengan spring rate keras, diganti per empuk pasti kurang meredam, malah gampang kepentok. Jadi harus diikuti penggantian shock. Nah, ini ketemu masalah lagi. Shock dan per itu cocok - cocokan. Kombinasinya sangaaaaaat beraneka ragam. Shock A pasti karakternya beda dengan shock B, shock C, shock D, dst dst.... Milih per itu nggak se sulit milih shock. Sebetulnya bisa diakali sih pakai sport damper. Konon banyak yang bilang sport damper ini berisiko mengurangi umur per, tapi setelah saya liat sendiri barangnya, sport damper bahannya juga cukup elastis. Terakhir ada temen saya pasang sport damper di per depan Camry 2008 merek Prime harga 700ribu... Hasilnya lumayan mengobati suspensi Camry yang memang bawaannya ngayun.
fenrir wrote:cek tekanan angin aja dulu, pastikan sesuai rekomen buku manual, kalo tekanan angin kebesaran bisa kerasa keras bantingannya.
kalo untuk faktor velg beda 2 inch mungkin pengaruh, tapi balik lagi ke kriteria ban, cenderung tinggi ban untuk ukuran velg yang lebih besar akan semakin kecil (<55 biasanyaa untuk 16 inchi), dengan tinggi ban yang makin kecil berarti sidewall akan semakin rigid sehingga bakalan kerasa lebih keras.
tekanan angin udh pas sesuai manual. yes sidewallnya sepertinya emang kerasmarmut wrote:kalo mau gampang, tekanan angin ban kasi 28 psi.
yg arah keluar tol sebelum giant jg kurang ajar ... sebelumnya sering pake ipah g, ngerem dikit aja bro. tp pake sirion ini ya ngerem sampe gigi 2geofreyap wrote:ada yg menarik disini sehingga saya jd pengen reply.
speed trap di alam sutera memang kurang wajar, terlalu tinggi untuk standar speed trap. apalagi yg arah menuju ikea / masuk toll, terasa sekali tingginya.
sayapun selalu ambil jalur paling kiri dan melambatkan laju mobil sampai di bawah 10km/jam. beberapa mobil pun saya perhatikan melakukan hal yg sama.
sekian.
ganti ban yah ? sepertinya nanti dulu bro, cos masih lama nih kayaknya umur bannya. coba pake sport damper dulu...KodokPushUp wrote:Getaran akibat speed trap/aspal kasar/jalan paving kalo menurut ane disebabkan pemilihan ban.
Ganti aja ban ke yg sidewall empuk.
thx all, jd nambah ilmu lagi
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Suspensi Keras
2 tahun lalu saya rental unit yg masih terhitung muda aja memang keras, kalau komennya juga keras berarti memang keras, saya pikir waktu itu karena mobil retnal jadi sok-nya udah pada mati karena asal jalan aja kanken39 wrote:Mohon maaf sebelumnya klo salah kamar, gak tau harus di "Suggestion Corner" ato di "Other (car) Types".
Intinya sih saya minta saran. Dua minggu lalu baru ngangkut sirion deluxe manual tahun 2014. So far sih positif, maklum KM jg masih rendah dan tahun muda. Tp ada satu hal yang ganjel, yaitu masalah suspensi, perasaan gw (sorry baper ), ini bantingannya kok keras yah. Kerasa banget klo lagi lewatin speed trap di sutera utama.
Apakah karakternya seperti itu ? ato karena faktor velg (tipe deluxe pake ring 16, selain itu pake 14) ? cos tanya temen yg jg pake sirion (tapi bukan deluxe), katanya sirion mereka empuk tuh.
Adakah yg bisa saya lakukan untuk bikin lebih empuk nih suspensi? setting apa gituh, maklum nubie banget masalah jeroan mobil.
thx
kalau faktor pelek menurut saya ga sampe segitunya, kecuali pelek 16 pake profile dibawah 50? kalau masih profile 60/55 menurut saya kerasnya ga sampe segitunya.
dan soal empuk keras ini sangat subjektif, saran saya coba test sirion lain dulu, kalau emang keras ya mau ga mau cari sok atau per yang lebih empuk. kalau per cari yang ulir lebih banyak.
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Suspensi Keras
Tekanan anginya kurangin aja, 2-5psi di bawah standar trutama untuk jalan dekat dan jalan ancur.
Jika kmnya msih rendah <10rb biasanya suspensinya masih break in nantu jd lebih empuk
Jika kmnya msih rendah <10rb biasanya suspensinya masih break in nantu jd lebih empuk
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1280
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: Suspensi Keras
dari pertama muncul 2007 lalu memang keras kok, facelift dr perodua justru bikin tambah keras pulakunaskun wrote: dan soal empuk keras ini sangat subjektif, saran saya coba test sirion lain dulu, kalau emang keras ya mau ga mau cari sok atau per yang lebih empuk. kalau per cari yang ulir lebih banyak.
solusi paling tepat sasaran memang ganti per dan shock
*pernah punya dan pernah bandingin sirion waktu keluar faceliftnya dan sering memantau group FB nya*
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 56
- Joined: Tue Dec 08, 2015 3:20
Re: Suspensi Keras
km 15rb on going... thx masukannya brobillyd1773dz wrote:Tekanan anginya kurangin aja, 2-5psi di bawah standar trutama untuk jalan dekat dan jalan ancur.
Jika kmnya msih rendah <10rb biasanya suspensinya masih break in nantu jd lebih empuk
fl malah makin keras yah, ckckckckpendoli wrote:dari pertama muncul 2007 lalu memang keras kok, facelift dr perodua justru bikin tambah keras pulakunaskun wrote: dan soal empuk keras ini sangat subjektif, saran saya coba test sirion lain dulu, kalau emang keras ya mau ga mau cari sok atau per yang lebih empuk. kalau per cari yang ulir lebih banyak.
solusi paling tepat sasaran memang ganti per dan shock
*pernah punya dan pernah bandingin sirion waktu keluar faceliftnya dan sering memantau group FB nya*
yo wis, nasib kayaknya... sementara pake sport damper dulu, sambil nabung bli per shock
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1280
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: Suspensi Keras
iya karena shocknya ganti model ke gas apa oli gitu (salah satunya, lupa)ken39 wrote: fl malah makin keras yah, ckckckck
yo wis, nasib kayaknya... sementara pake sport damper dulu, sambil nabung bli per shock
sport damper dulu harganya si 500 ribuan, sedangkan bikin per custom paling 1an.. menurut saya si nanggung tapi ya terserah anda
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 549
- Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12
Re: Suspensi Keras
sport damper TIDAK membuat bantingan mobil menjadi lebih empuk., justru makin keras kerena dia mengurangi jarak main per.
-
- SM Specialist
- Posts: 15674
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Suspensi Keras
Ya oom... maksud saya kalau di combine dengan per travel panjang bisa sedikit mengobati limbungnya. Bukan per standar keras dikasih damper lagi... tambah keras iya.Greenhunter wrote:sport damper TIDAK membuat bantingan mobil menjadi lebih empuk., justru makin keras kerena dia mengurangi jarak main per.
Seperti yang saya contohkan Camry, kan asalnya limbung. dikasih itu ngefek lumayan kok.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 549
- Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12
Re: Suspensi Keras
maksud saya untuk kasusnya saudara ken39 ini,
kasus dia kan sirionnya merasa terlalu keras, terakhir saya baca solusinya dia malah mau beli sport damper
yo wis, nasib kayaknya... sementara pake sport damper dulu, sambil nabung bli per shock[/quote].
kasus dia kan sirionnya merasa terlalu keras, terakhir saya baca solusinya dia malah mau beli sport damper
fl malah makin keras yah, ckckckckken39 wrote:*pernah punya dan pernah bandingin sirion waktu keluar faceliftnya dan sering memantau group FB nya*billyd1773dz wrote:Tekanan anginya kurangin aja, 2-5psi di bawah standar trutama untuk jalan dekat dan jalan ancur.
Jika kmnya msih rendah <10rb biasanya suspensinya masih break in nantu jd lebih empuk
yo wis, nasib kayaknya... sementara pake sport damper dulu, sambil nabung bli per shock[/quote].
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 399
- Joined: Thu Dec 29, 2011 15:36
Re: Suspensi Keras
Setuju sama Om diatas. Sejak dipasangi speed bump (saya hindari istilah speed trap yg lumrahnya utk speed gun/radar), beberapa jalur di Alam Sutera menjadi sangat tidak nyaman maupun aman di kecepatan normal.geofreyap wrote:ada yg menarik disini sehingga saya jd pengen reply.
speed trap di alam sutera memang kurang wajar, terlalu tinggi untuk standar speed trap. apalagi yg arah menuju ikea / masuk toll, terasa sekali tingginya.
sayapun selalu ambil jalur paling kiri dan melambatkan laju mobil sampai di bawah 10km/jam. beberapa mobil pun saya perhatikan melakukan hal yg sama.
sekian.
Design speed bump nya sangat tidak normal; tidak terlalu tebal tapi dijejer menjadi beberapa garis paralel dengan celah yg rapat. Ban belum menyentuh tanah, sudah kena bump selanjutnya...dan seterusnya. Efeknya: grip loss, mobil seperti mentul2 dan "lepas" dari permukaan jalan. Very unsafe.
Gilanya lagi, sekarang di Jl. Raya Serpong pun ada speed bump dgn konfigurasi serupa tp beda ukuran. Jalan raya besar koq dipasang poldur? Tidak sesuai dengan peruntukkan jalannya.
Tanggal genap - Mini Cooper S Clubman R55
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
-
- SM Specialist
- Posts: 15674
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Suspensi Keras
Hahaha yang kasih saran sport damper saya soalnya... mungkin om TS salah memahamiGreenhunter wrote:maksud saya untuk kasusnya saudara ken39 ini,
kasus dia kan sirionnya merasa terlalu keras, terakhir saya baca solusinya dia malah mau beli sport damper
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 56
- Joined: Tue Dec 08, 2015 3:20
Re: Suspensi Keras
hahahahaaa.... salah nangkep ya gwChZ wrote:Ya oom... maksud saya kalau di combine dengan per travel panjang bisa sedikit mengobati limbungnya. Bukan per standar keras dikasih damper lagi... tambah keras iya.
Seperti yang saya contohkan Camry, kan asalnya limbung. dikasih itu ngefek lumayan kok.