Apalagi klo biasa nyetir mbl manual yg kaki kirinya dipake buat injek kopling. gw kemaren ngetes nyetir pake 2 kaki malah pas nginjek rem reflek gw kek nginjek kopling alhasil ya jedak jeduk...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
IownI wrote:tp bini ane biasa nyetir kek gitu (kaki kanan di gas, kaki kiri di rem)
bukan calon atlit om. scara dari pertama bawa mobil matic dianya dah kek gituwaw calon atlit, afaik gk cuma rally offroad gokart doang yg standar left foot braking, banyak F1 drivers yg mulai switch ke left foot braking, apalagi dengan makin canggihnya teknologi matic; CVT, double clutch, PDK, Sequential Dog Box, dll.
Gak akan bingung mobilnya bro, akan masuk di gear yang tepat.kunaskun wrote:kenapa kiri ga dianjurkan buat rem kecuali anda lefty karena kiri refleks-nya ga akan sebaik kanan, terbukti dari injekan kaki kiri pasti ga bisa sehalus kanan. lain halnya ex pembalap gokart cs ya.
soal N diturunan si ga baiknya di transfer case/slip lock clutch (lupa mana tepatnya), karena ketika diturunan kecepatan tertentu harusnya kan gear ngikutin itu, nah kalau masuk N artinya gigi ga masuk, terus katakan pas lagi laju turunan terus masukin D yang ada gear akan bingung ini harusnya gigi berapa ya, otomatis akan "maksa" masuk gigi yang seharusnya, yang mana harusnya sequential mulai dari 1 dan naik ke atasnya.
kalau N pas lagi meluncur terus mau berhenti misal lampu merah si emang juga ga baik karena ga ada engine brake.
kalau berhenti lama terus di D sambil injek rem si ga baiknya kalau ga salah di sirkulasi oli karena harusnya mengalir ini malah stop muter disitu2 aja, juga apa ga panas itu braking system karena engaged terus
maksud saya transmisi bingung, pas dicoba emang ga ada efek apa2 hanya ya jangka panjangnya saya rasa tetap tidak baik, karena belum pernah dengar transmisi otomatis non CVT yang bisa langsung loncat2 gear misal dari 1 bisa langsung ke 4 kecuali pake mode tiptronik.aspsilver wrote: Gak akan bingung mobilnya bro, akan masuk di gear yang tepat.
Udah pernah dicoba sendiri,
kalau kepindah ga sengaja di mobil dengan transmisi matik modern sudah ga ngaruh karena ada mekanisme yang over ride. kalau yang jaduh itu yang bahaya apalagi dari D ke RBahkan pernah dicoba oleh myth busters, mobil matic jalan 100 km/jam mendadak masuk P dan masuk R. Loss transmisinya.
Saya sih gak pernah coba itu, tapi pernah kesenggol tuas masuk 3, pas jalan kenceng, gear gak pindah.
Lg jalan trus kesenggol masuk N trus saya balikkin ke D, juga biasa aja.
Tapi yang saya rasakan, kalau dimasukkan ke D atau S, itu kendaraan lbh meluncur om, lebih ada yang dorong dr belakang, apa karena maticnya CVT yah? Saya blm coba utk matic conventional...aspsilver wrote:![]()
Arteezy wrote:Mau tanya dong, klo pake matic misal lagi turunan di puncak, saya biasa setting gear ke N (Neutral), sambil maenan rem untuk menjaga kecepatan.. Trus ketika aga kosong dan mau aga kenceng, posisi mobil lagi jalan +- 40KMH saya masukin lagi ke D.. Gear masuk dengan lembut sih ga ada hentakan apa2, tp apa tindakan kayak gini bisa merusak gear maticnya? Soalnya pas turunan klo dimasukin D, ato S masih sering mrosot om...
Jangan dimasukkan ke N mas, bukan merusak mobilnya. Tapi mobil jadi meluncur loss tanpa kendali.
Kalau tetap di D atau lebih rendah, maka transmisi mobil akan membantu mengurangi laju. Jadi rem tidak bekerja sendiri.
Tidak akan merusak transmisi.
Tiap merk/tipe mobil bisa beda2 jenis tuas matic nya.ecoy wrote:Posisi S itu maksudnya apa ya?tombol OD fungsinya apa?matik saya cm P R N D M gk ada OD or S.
Mobil matik boleh d dorong gk klo misal wkt parkir paralel?boleh d derek gk klo mogok?
Wkt d tol taman dayu td pagi ke sby kecepatan 90kpj pas jln agak nanjak dikit kok ngempos ya gk naik naik kecepatannya. Jalanan sdh agak landai baru deh bs d bejek. Saya perhatikan hanya wkt d tmpat itu aja yg ngempos itu kenapa ya?
Kecepatan max td sih 140kpj d rpm 3500.
Sent from my GT-N7100 using Tapatalk
Berarti idealnya memang tap per 20K km ya om? Saya pake brio matic,di buku manualpun standar ganti atf ditulis di service 120K. Saya sempet bengong g percaya.ChZ wrote:Nah ini.. standar bengkel resmi itu agak rancu. Masa' ganti oli matik tiap 40ribu 50ribu.FMEAKD wrote:Mitsubishi yg nyarani tiap 40K
Berarti termasuk perhatian sama ketahan gearbox...
Uniknya avanza ane dulu malah disuruh A2K ganti pas km 50K
Dan ganti lagi di 100K bertepatan dengan ganti belt dll
Kalau ngga pernah ganti oli matik terus tau - tau dikuras itu malah menurut saya berisiko loh... Pernah saya diceritain SA nya Honda, Stream kuras oli matik malah ngga bisa jalan... ngadat matiknya.
Kalau regularly changed tiap 10k sih nggak perlu dikuras juga nggapapa... Dikuras lebih baik.
Tapi kalo ngikutin pedoman bengkel resmi ya kayaknya perlu dikuras... Lha bengkel resmi mintanya 40k... saya si ngeri kalau intervalnya sejauh itu.
Malah menurut saya jangan ngikutin pedoman kilometer, service apapun. Rutin aja... di Indonesia kan mobilnya kerja keras, apalagi transmisi yang komponen bergeraknya banyak sekali.
Kenapa ngga percaya buku manual?jabbathehut wrote: Berarti idealnya memang tap per 20K km ya om? Saya pake brio matic,di buku manualpun standar ganti atf ditulis di service 120K. Saya sempet bengong g percaya.
Karena setau saya matic itu fluidanya tdk boleh sampe kritis kondisinya baru diganti.dogar wrote:Kenapa ngga percaya buku manual?jabbathehut wrote: Berarti idealnya memang tap per 20K km ya om? Saya pake brio matic,di buku manualpun standar ganti atf ditulis di service 120K. Saya sempet bengong g percaya.
Buku manual disarankan penggantian tiap 120km.jabbathehut wrote:Karena setau saya matic itu fluidanya tdk boleh sampe kritis kondisinya baru diganti.dogar wrote:Kenapa ngga percaya buku manual?jabbathehut wrote: Berarti idealnya memang tap per 20K km ya om? Saya pake brio matic,di buku manualpun standar ganti atf ditulis di service 120K. Saya sempet bengong g percaya.
Saya baru pertama punya mobil matic,jadi saya bandingkan dengan oli perseneling manual di mobil saya yg lain,yg biasanya kalau lebih dr 15K km tdk di ganti terasa tdk enak pindah giginya.
Plus baca2 soal ATF, beberapa menyarankan supaya di tap tiap 20K km.
SA Honda sendiri kemarin memang menyarankan untuk langsung sekalian flush di 60K km. Tapi saya lebih nyaman kalau rutin tap saja setiap 20K km. Tdk tau jg apakah ini sebenarnya pemborosan saja [emoji1]
Sent from my LG-D325 using Tapatalk
aspsilver wrote:dedesupriayi wrote:Bro kasih ilmu nya dong cara bawa mbil matic yg benar and perawatannya.mobil ane vios matic 2005.makasih bro
Sent from my SM-G920F using Tapatalk
Mas merawat dan mengendarai mobil matic sama seperti manual koq.
bedanya matic pindah gigi sendiri.
matic tidak perlu perawatan khusus.
keluarga saya sudah pakai mobil matic sejak 1992, saya pribadi sudah pakai mobil matic sejak 2004 dan sejak 2005 kami tidak punya mobil manual lagi, dengan berbagai merek dan tipe, Jepang maupun eropa.
ada mobil matic yang saya piara 17 th, dan akhirnya saya jual, dapat harga tinggi karena kondisi baik.
sisanya saya pakai selama dibawah 10 th, gak pernah rusak transmisinya.
kuras oli, ada yang saya kuras ada yang gak.
ganti oli sesuai interval di buku, gak pernah lebih awal.
mercedes benz dengan 7G-tronic, gak ada cara lain untuk ganti oli matic tanpa di kuras.
P parkir , ya untuk parkir. mau rem tangan dulu kek atau pindah p dulu sama aja. saya pribadi sih tarik rem tangan dulu. tapi temen2 saya di USA yang moblnya matic, gak pernah tarik rem tangan, mau tanjakan atau apapun, kenyataannya mobil nya gak rusak walaupun ratusan rb km, Mazda 3, dan Suzuki Forenza (disini Chevy Optra)
R reverse, buat mundur.
N Netral, ya netral, seperti posisi netral di mobil manual
D Drive, ini posisi berkendara normal, pada posisi ini mobil akan oper dari gigi 1 sampai 4-5-6-7-8-9 (tergantung mobil matic anda berapa speed) (vios 2005 4 speed, artinya mobil akan oper sampai gigi 4, tergatnung kecepatan)
di beberapa mobil matic dengan tombil over drive, bila anda di posisi D, dan tombol OFF artinya hanya akan oper sampai gigi 3 (bila 4 speed), bila tombol O/D dipencet (biasanya lampu di dashborad akan mati) artinya dia akan oper sampai gigi 4 (4 speed)
D3, D2, drive 2 drive 3, diposisi ini mobil akan oper sampai gigi 2 atau 3, tergantung dari posisi tuas.
L, 1, low, posisi gigi 1. mobil akan manteng di gigi 1.
untuk berkendara normal selalu pakai posisi D dengan tombol over drive On (bila ada), kenapa disini paling efisien mobilnya. alias irit BBM.
kalau mau mendahului ada fasilitas kick down, kalo pedal gas di tekan dalam, maka gear akan otomatis turun 1 atau 2, untuk akselerasi, setelah kecepatan yang diinginkan tercapai, lepas dikit gasnya, maka gear akan oper naik lagi.
kalo di tanjakan yang curam, maka boleh lah di oper ke gigi dibawahnya.
kalo anda berasa kick down lelet, ya di pindahkan aja tuasnya.
gak bakalan rusak koq, karena kalo kecepatannya gak cocok, maka gear gak akan masuk. misalnya anda jalan 100 km/jam, trus masuk L, maka gigi gak akan pindah ke L. paling di tuasnya lampunya kedip2 sampai gigi tersebut masuk.
kalo cerita2 mobil matic matic nya jebol, tuh biasanya karena salah ganti spesifikasi oli matic.
kalo cuma gak diganti doang, paling selip2. dan kasar, gak sampe jebol.
gak ada tuh di kuras trus jebol, sebelum dikuras juga sudah ada masalah.
pake matic enak mas, apalagi di kota besar yang macet.
saya sih dah gak mau naik manual lagi.
manual sih menyenangkan, tapi buat week end aja.
Makasih bos penjelasannya menambah wawasan tentang matic ..sip!!buscepat wrote:Buku manual disarankan penggantian tiap 120km.jabbathehut wrote:Karena setau saya matic itu fluidanya tdk boleh sampe kritis kondisinya baru diganti.dogar wrote:
Kenapa ngga percaya buku manual?
Saya baru pertama punya mobil matic,jadi saya bandingkan dengan oli perseneling manual di mobil saya yg lain,yg biasanya kalau lebih dr 15K km tdk di ganti terasa tdk enak pindah giginya.
Plus baca2 soal ATF, beberapa menyarankan supaya di tap tiap 20K km.
SA Honda sendiri kemarin memang menyarankan untuk langsung sekalian flush di 60K km. Tapi saya lebih nyaman kalau rutin tap saja setiap 20K km. Tdk tau jg apakah ini sebenarnya pemborosan saja [emoji1]
Sent from my LG-D325 using Tapatalk
Dipercepat jadi 80rb km menurut saya udah oke ya..
Mekanik menyarankan 60rb km diganti. Masih bisa diterima.
Tapi kalo 20rb km sudah diganti.. wah... beruntung sekali mobilnya dapet bos yg perhatian.
Kalau saya mending duitnya buat upgrade audio. Hihi..aspsilver wrote:dedesupriayi wrote:Bro kasih ilmu nya dong cara bawa mbil matic yg benar and perawatannya.mobil ane vios matic 2005.makasih bro
Sent from my SM-G920F using Tapatalk
Mas merawat dan mengendarai mobil matic sama seperti manual koq.
bedanya matic pindah gigi sendiri.
matic tidak perlu perawatan khusus.
keluarga saya sudah pakai mobil matic sejak 1992, saya pribadi sudah pakai mobil matic sejak 2004 dan sejak 2005 kami tidak punya mobil manual lagi, dengan berbagai merek dan tipe, Jepang maupun eropa.
ada mobil matic yang saya piara 17 th, dan akhirnya saya jual, dapat harga tinggi karena kondisi baik.
sisanya saya pakai selama dibawah 10 th, gak pernah rusak transmisinya.
kuras oli, ada yang saya kuras ada yang gak.
ganti oli sesuai interval di buku, gak pernah lebih awal.
mercedes benz dengan 7G-tronic, gak ada cara lain untuk ganti oli matic tanpa di kuras.
P parkir , ya untuk parkir. mau rem tangan dulu kek atau pindah p dulu sama aja. saya pribadi sih tarik rem tangan dulu. tapi temen2 saya di USA yang moblnya matic, gak pernah tarik rem tangan, mau tanjakan atau apapun, kenyataannya mobil nya gak rusak walaupun ratusan rb km, Mazda 3, dan Suzuki Forenza (disini Chevy Optra)
R reverse, buat mundur.
N Netral, ya netral, seperti posisi netral di mobil manual
D Drive, ini posisi berkendara normal, pada posisi ini mobil akan oper dari gigi 1 sampai 4-5-6-7-8-9 (tergantung mobil matic anda berapa speed) (vios 2005 4 speed, artinya mobil akan oper sampai gigi 4, tergatnung kecepatan)
di beberapa mobil matic dengan tombil over drive, bila anda di posisi D, dan tombol OFF artinya hanya akan oper sampai gigi 3 (bila 4 speed), bila tombol O/D dipencet (biasanya lampu di dashborad akan mati) artinya dia akan oper sampai gigi 4 (4 speed)
D3, D2, drive 2 drive 3, diposisi ini mobil akan oper sampai gigi 2 atau 3, tergantung dari posisi tuas.
L, 1, low, posisi gigi 1. mobil akan manteng di gigi 1.
untuk berkendara normal selalu pakai posisi D dengan tombol over drive On (bila ada), kenapa disini paling efisien mobilnya. alias irit BBM.
kalau mau mendahului ada fasilitas kick down, kalo pedal gas di tekan dalam, maka gear akan otomatis turun 1 atau 2, untuk akselerasi, setelah kecepatan yang diinginkan tercapai, lepas dikit gasnya, maka gear akan oper naik lagi.
kalo di tanjakan yang curam, maka boleh lah di oper ke gigi dibawahnya.
kalo anda berasa kick down lelet, ya di pindahkan aja tuasnya.
gak bakalan rusak koq, karena kalo kecepatannya gak cocok, maka gear gak akan masuk. misalnya anda jalan 100 km/jam, trus masuk L, maka gigi gak akan pindah ke L. paling di tuasnya lampunya kedip2 sampai gigi tersebut masuk.
kalo cerita2 mobil matic matic nya jebol, tuh biasanya karena salah ganti spesifikasi oli matic.
kalo cuma gak diganti doang, paling selip2. dan kasar, gak sampe jebol.
gak ada tuh di kuras trus jebol, sebelum dikuras juga sudah ada masalah.
pake matic enak mas, apalagi di kota besar yang macet.
saya sih dah gak mau naik manual lagi.
manual sih menyenangkan, tapi buat week end aja.
Sent from my SM-G925F using Tapatalk
kunaskun wrote:maksud saya transmisi bingung, pas dicoba emang ga ada efek apa2 hanya ya jangka panjangnya saya rasa tetap tidak baik, karena belum pernah dengar transmisi otomatis non CVT yang bisa langsung loncat2 gear misal dari 1 bisa langsung ke 4 kecuali pake mode tiptronik.aspsilver wrote: Gak akan bingung mobilnya bro, akan masuk di gear yang tepat.
Udah pernah dicoba sendiri,
kalau kepindah ga sengaja di mobil dengan transmisi matik modern sudah ga ngaruh karena ada mekanisme yang over ride. kalau yang jaduh itu yang bahaya apalagi dari D ke RBahkan pernah dicoba oleh myth busters, mobil matic jalan 100 km/jam mendadak masuk P dan masuk R. Loss transmisinya.
Saya sih gak pernah coba itu, tapi pernah kesenggol tuas masuk 3, pas jalan kenceng, gear gak pindah.
Lg jalan trus kesenggol masuk N trus saya balikkin ke D, juga biasa aja.
yang saya maksud bingung itu gini:aspsilver wrote:
Yang dicoba di mythbusters matic jadul oom.
Matic nya gak bingung oom.
Misalnya anda jalan 120 kmh, trus pindah ke gigi 1, posisi L, transmisi akam loss. Nanti kalo kecepatannya sampe baru dia masuk ke gigig 1.
Gak rusak oom.
Semua kan pakai fluida, dan matic jadul kan pake torque converter, semua di redam disitu.
Yang malah mungki rusak, yang dual clutch. Tapi ini saya gak tau pasti.
kunaskun wrote:yang saya maksud bingung itu gini:aspsilver wrote:
Yang dicoba di mythbusters matic jadul oom.
Matic nya gak bingung oom.
Misalnya anda jalan 120 kmh, trus pindah ke gigi 1, posisi L, transmisi akam loss. Nanti kalo kecepatannya sampe baru dia masuk ke gigig 1.
Gak rusak oom.
Semua kan pakai fluida, dan matic jadul kan pake torque converter, semua di redam disitu.
Yang malah mungki rusak, yang dual clutch. Tapi ini saya gak tau pasti.
lari 120 kph harusnya gigi 4/5, kemudian masuk N, lalu masukin lagi ke D, nah seharusnya gear akan step dari 1 berurutan ke 4/5, ini harus langsung loncat ke 4/5. ya saya ga bilang ngerusak langsung, tapi jangka panjangnya.
sekuat2nya torque converter dan fluida dan solenoid kalau diginiin terus apa ga jebol? gitu maksud saya. kecuali mungkin matik modern yang solenoid udah bisa buka tutup sendiri, ECT super pinter, tiptronic yang advanced jadi start dari gigi 5 aja bisa.
beda dengan kalau lagi jalan masukin gigi berapa aja ya kemungkinan besar ga akan bisa, karena ada mekanisme proteknya.
kalau dual clutch malah harusnya ga rusak diginiin, karena pada prinsipnya kan dia kopling kering dan "selalu masuk" gigi, apalagi DCT itu super canggih.
tapi ya tiap orang kan pendapatnya beda2 kalau saya berpikir sederhana aja si
nah di 120kpj buat apa di netralin om?yang saya maksud bingung itu gini:
lari 120 kph harusnya gigi 4/5, kemudian masuk N, lalu masukin lagi ke D, nah seharusnya gear akan step dari 1 berurutan ke 4/5, ini harus langsung loncat ke 4/5. ya saya ga bilang ngerusak langsung, tapi jangka panjangnya.
Pengalaman saya sendiri om, pake matic CVT, klo turunan dimasukin gear D ato S, itu mobil lebih meluncur lebih cepat dan lebih banyak main rem, dibanding di netralkan. Karena yang saya rasa, ketika turunan dan gear posisi D walaupun tidak injak pedal gas, mobil akan lebih terdorong sendiri oleh enjin.aspsilver wrote:jawabannya, bukan sengaja oom. tapi kesenggol. karena ada yang pindah bangku.
benernya sih netralin pas turunan adalah hal kurang pintar, ngiritnya gak seberapa, dan tidak terbukti. dan bahaya karena mobilnya bisa meluncur tak terkendali.
Justru lebih bahya waktu turunan ngga di N. Kalo pas pedal gas ngga sengaja keinjek bisa nyelonong tuh.aspsilver wrote:jawabannya, bukan sengaja oom. tapi kesenggol. karena ada yang pindah bangku.
benernya sih netralin pas turunan adalah hal kurang pintar, ngiritnya gak seberapa, dan tidak terbukti. dan bahaya karena mobilnya bisa meluncur tak terkendali.
driver sakti mana om yang pas turunan ga injek rem sama sekali? bukannya sudah refleks-nya kalau turunan kaki pasti pindah ke rem bukan ke gas, nah kalau ada yang nyelonong akibat ga sengaja injek gas = human error bukan masalah masukin N pas turunan biar ga nyelonong. lagipula rem itu kalau terus2an diinjek lama2 ya blong akibat overheat, beban gravitasi akan menarik mobil, beban pindah ke roda depan semua, terus tambahin belok2, kecepatan meluncur tanpa tahanan dari mesin = resep mantap buat kehilangan traksi roda depan.dogar wrote:Justru lebih bahya waktu turunan ngga di N. Kalo pas pedal gas ngga sengaja keinjek bisa nyelonong tuh.aspsilver wrote:jawabannya, bukan sengaja oom. tapi kesenggol. karena ada yang pindah bangku.
benernya sih netralin pas turunan adalah hal kurang pintar, ngiritnya gak seberapa, dan tidak terbukti. dan bahaya karena mobilnya bisa meluncur tak terkendali.
Apalagi pas turunan dari parkiran, kayak kasus mobil yg terjun bebas di parkiran mall sampe pengemudinya tewas itu.
Saat turunan di posisi D mobil lebih terdorong oleh putaran mesin daripada di N.
Di posisi N otomatis putaran mesin = idle, tidak ada beban apapun alias sama kayak lagi parkir dgn mesin hidup.
Di posisi D walaupun gas ngga diinjek tapi tetep ada beban mesin.
Jadi logically lebih irit di N.