DOHC wrote:wpyh wrote:2. Ada masalah di kaki2 nya. Saya gatau ini apakah gara2 beli second atau karena bawaan pabrik. Setir ga lurus, harus ke kanan dikit baru bisa jalan lurus. Kalo di rem, mobil belok ke kanan dikit. Kalo rem nya pake rem tangan, mobil belok ke kiri dikit. Dikit tuh kira2 ya di tol, dari tengah jalur ke kiri jalur lah (belom keluar jalur), dari speed 100km/jam sampe ampir berhenti di 20km/jam an. Mungkin ada ya 50cm dengan jarak pengereman 50m. Di spooring, Toe di setel, tapi Camber dan Caster ga bisa disetel. Camber selisih sedikit, Caster selisih ada 40 detik (1 derajat = 60 detik kan om?). Ini pengaruh banyak ga ya? Soalnya udah di spooring pun masih sama masalahnya, cuma berubah dikit, karena Toe disetel kali ya.
Kira2 ini ANGL mending diapain ya om? Apa bisa disetel atau diperbaiki? Oya btw saya di Bandung, ada rekomendasi bengkel kaki2 mobil yang bisa nyetel ginian?
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
utk point no 2... kayanya itu abnormal dehh... seinget ane OGL ane dl ga ampe kaya gt... smua within normal values koq... coba ganti bengkel spooring dl aj om... camber dan caster kl lari2 atau ga bsa d stel biasanya ad masalah di kaki2 tuh... dari bushing2, link, support shock... atauu montir nya kurang jago...
Oke om, ini kan mobil saya belom beli om, baru DP aja... beli di showroom, mereka janji akan bawah ke bengkel resmi untuk periksa keseluruhan. Eh taunya kemaren ini cuma periksa mesin aja, kaki2 ga disentuh sama sekali sama BeRes nya. Kaki2 cuma diperiksa sama teknisi punya showroom, saya sih fine2 aja selama mobilnya beres, cuma ini sampe sekarang ga beres2. Kalo sampe DP hangus juga gapapa sih, cuma saya kan butuh mobil om

hehe
Besok pagi rencananya mau dibawa ke BeRes untuk diperiksa kaki2nya, kira2 apa aja ya yang harus diperiksa? Selaen yang di atas di recommend (bushing, link, support shock). Kalo spooring kali ini apa lebih baik di BeRes juga om? Soalnya takutnya di ping-pong sana sini.
Buat yang di Bandung, tau kan kira2 showroom yang mana? Saya sih kalo sampe ini ga beres2 juga, lama2 kesel, masukin iklan di koran aja ah... atau Surat Pembaca. Keselnya tuh, orang bengkel ga ada yang mau mengakui bahwa mobilnya masalah. Orang showroom juga ga ada yang mau mengakui bahwa mobilnya belok kalo direm. Aneh. Ada cara yang objektif untuk ngukurnya ga ya?
Kalo bengkel kaki2 di Bandung ada yang recommended om om sekalian? Saya (dulu) pernah ke bengkel deket Carrefour Kiaracondong, kurang bagus. Ada satu lagi bengkel di Holis deket Holis Regency, rada mendingan tapi tetep kurang memuaskan. Pernah sekali (dulu) ke deket Pasar Patrol, montir rumahan gitu, katanya sih ex salah satu bengkel di Dr. Cipto, hasilnya nol besar. Bukan Livina ya om, dulu saya cuma pake T*y*t* aja soalnya hehe. Kalo ada bengkel yang bagus tolong dikenalin... thx.
Ini nilai hasil spooring nya om: (spooring di bengkel 3rd party)
[Patokan min / ideal / max], Before (Initial), Left / Right ==> After (Final), Left / Right
- Caster Depan: [ 5°05' / 4°57' / 4°22' ], 4°42' / 5°20' ==> 4°41' / 5°19'
- Camber Depan: [ 0°09' / -0°15' / -0°39' ], -0°16' / 0°01' ==> -0°13' / -0°04'
- Toe Depan: [ 0°00' / 0°06' / 0°08' ], -0°01 / 0°14' ==> 0°07' / 0°07'
- Caster Belakang: [ 0°06' / -0°24' / -0°54' ], -1°28' / -1°52' ==> -1°28' / -1°52'
- Toe Belakang: [ 0°00' / 0°03' / 0°05' ], 0°11' / 0°05' ==> 0°13' / 0°05'
- Total Toe Depan: 0°14' ==> 0°14'
- Total Toe Belakang: 0°17' ==> 0°18'
- Sudut ??? 0°03' ==> 0°04'
Kata tukang spooringnya, memang yang bisa disetel cuman Toe Depan aja om. Apa bener ya? Saya cek di Internet, katanya kalo mobil2 yang Caster Camber nya fixed, bisa disetel menggunakan shim plate. Apa bener?
Untuk item terakhir, di laporan print out nya ga ada tulisan apa2, adanya angka aja di tengah2. Ada gambar ban miring 4 biji, apa ini mungkin thrust angle?
Trus untuk ride height, apakah bisa ada pengaruhnya juga ya terhadap masalah pengereman? Nyetelnya gimana ya om? Ride height itu yang biasa montir lokal suka sebut "setel torsi" kan ya?
Thx yaaaa
