Grand Livina Users..! - PART 05

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by kunaskun »

DOHC wrote:GL 1.8 emg pasti lebi tinggi dr GL 1.5 ... apalagi itu GL seri ultimate...

coba aj tawar, 80 gemuk pasti dapet koq...

ane perna iseng2 ngecek, GL 1.5 aj pd buka 80... tp stelah iseng nawar sok serius, 70an jg dapet koq..
bused, gimana nasib livina kontet = livina xr? jangan2 70 juta aja ga ada yang mau... :big_childish:
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by octafiantos »

^Baru sebulanan sih kakak jual Livina kontet, tahunnya 2008 kalo ga salah, 85juta. Barang juga biasa aja baret alus dimana mana.

Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
User avatar
romi10
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 389
Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
Location: Tebet

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by romi10 »

Kalo setir bunyi gletek2 pas lewat jalanan rusak itu knp ya?
wpyh
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Sat Nov 28, 2015 11:49

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by wpyh »

Selamat malem om2 sekalian... saya lagi rencana ambil GL yang masih muda nih, taun 2013/2014/2015, mungkin ini disebutnya ANGL ya? Baca2 di thread ini, sepertinya banyak amat ya masalahnya? Apakah masalah2 itu semua berlaku untuk GL tipe lama, atau ANGL juga kena ya?

Kira2 kalo saya test drive, nego mobil, sebaiknya diperiksa bagian apa2nya aja ya? Apa ada suara2 tertentu yang harus diperhatiin? Apa ada tips2 untuk mengecek mobil? Saya sempet liat2 ke showroom, mereka bilang bahwa, untuk Nissan, unitnya bisa bareng2 dicek ke BeRes. Kalo misalnya saya ambil ke showroom, apa aja yang harus diperiksa di BeRes? Thx ya :D
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

octafiantos wrote:^Baru sebulanan sih kakak jual Livina kontet, tahunnya 2008 kalo ga salah, 85juta. Barang juga biasa aja baret alus dimana mana.

Sent from my 2014817 using Tapatalk
wuihh... jago bgt kakak nya om octa... XR tembus 85 sehh itu sesuatu banget om... pedege aj buka nya rata2 80 utk taon 2008... :mky_02: :mky_02:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by Greenhunter »

Mungkin perlu diperjelas lokasinya. Setahu saya kendaraan yg sama tahun sama harganya pasti beda antara jakarta dan kota lain. Bahkan di surabaya mobil bekas yg tangan pertamanya dari jakarta aja harganya bisa beda 5jt - 10jt dibanding yg tangan pertamanya asli surabaya. Untuk livina XR 2008 di surabaya kisarannya juga sktr 85jt - 90jt. Ada bbrp showroom mobkas yg jual murah tapi barangnya juga dari jakarta, masih plat B tapi mereka melayani balik nama ke plat L.

Sent from my SM-G530H using Tapatalk
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

wpyh wrote:Selamat malem om2 sekalian... saya lagi rencana ambil GL yang masih muda nih, taun 2013/2014/2015, mungkin ini disebutnya ANGL ya? Baca2 di thread ini, sepertinya banyak amat ya masalahnya? Apakah masalah2 itu semua berlaku untuk GL tipe lama, atau ANGL juga kena ya?

Kira2 kalo saya test drive, nego mobil, sebaiknya diperiksa bagian apa2nya aja ya? Apa ada suara2 tertentu yang harus diperhatiin? Apa ada tips2 untuk mengecek mobil? Saya sempet liat2 ke showroom, mereka bilang bahwa, untuk Nissan, unitnya bisa bareng2 dicek ke BeRes. Kalo misalnya saya ambil ke showroom, apa aja yang harus diperiksa di BeRes? Thx ya :D
seinget ane, utk parts kaki2 lipina ANGL ad beberapa yg berbeda ama OGL, sala satu nya link stabilizer... yg baru buatan jepun, bentuk fisik lebi halus dan pas di puter jg lebi paten... demikian jg utk bearing shock nya... shock jg kl mnurut sala satu supplier kyb, konon ad perbedaan antara ANGL ama OGL... yg masi mirip2 utk bushing2 crossmember, arm... jd yah ad perbaikan utk segi kaki2.. cuman ketahanan nya gmana, nunggu user ANGL komen dl yahh...

kl ga mau pusing, bawa ke beres, minta general check up, rata2 beres bsa koq... apalagi ngecek kerusakan kaki2, kl yg di jakarta biasanya ud pd gape nyari kerusakan nya...

pas test drive, kl kondisi kaki2 bagus, ini mobil nyaman, beda ama mobil2 FWD umumnya, antara crossmember dan body d topang dgn bushing2 karet, bukan di baut lgs ke body... kl lewat jalan ga rata atau kasar,ga ad bunyi aneh2... despite bunyi ban yg heboh doank... kl ud ad gruduk2 yg kenceng, apalagi ampe berasa ada yg nonjok di dek depan, curiga kaki2 ud kena...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by octafiantos »

DOHC wrote:
wuihh... jago bgt kakak nya om octa... XR tembus 85 sehh itu sesuatu banget om... pedege aj buka nya rata2 80 utk taon 2008... :mky_02: :mky_02:
Wah baru tahu segitu mahal :D
Saya ngga begitu paham harga mobil. Plat Bogor kemarin mobilnya.
Kavling kosong, bisa dikridit.
User avatar
romi10
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 389
Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
Location: Tebet

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by romi10 »

Asal body masi mulus, interior ciamik, kaki2 hening, masih bisa laku di atas 85 kalo jual sm pemakai si menurut ane..
User avatar
romi10
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 389
Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
Location: Tebet

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by romi10 »

Ane di vonis benerin kaki2 di bengkel resmi total2 5 juta.. Shock therapy bgt liat bonnya, dengan modal nekat ane bawa ke bengkel kecil tukang kaki2 mobil pinggir jalan deket rmh ane sebrang kokas, montirnya uda lmyn tua n senior bgt, katanya jangan benerin kaki2 di bengkel resmi nanti di kibulin, yg ga rusak di suru ganti semua, pdhal yg rusak cm ball joint sm link stabil doang, karet2 bushing semuanya masih bagus semua..

Alhasil ball joint mobil ane di benerin (rekondisi) sm link stabil di ganti sm racikannya dia yg katanya jauh lbh kuat dari yg orisinil punya karena terbuat dari besi, total2 cm habis 750rb garansi 1 tahun.. Skg kaki2 mobil ane uda ga ada suara guduk2 lagi kalo lewat jalanan rusak..
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by octafiantos »

Kalo lagi tipis bolehlah direkondisi. Mobil apapun sama prinsipnya. Tapi kalo ada uang tetep lebih baik ganti part oem. Rekondisi kaki kan karetnya diganti dengan teflon Om. Bantingannya lebih keras dan kalo oblak banget biasanya ball joint dilas ke arm (istilahnya dititik) biar ngiket sewaktu teflon dicetak.



Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
User avatar
romi10
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 389
Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
Location: Tebet

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by romi10 »

octafiantos wrote:Kalo lagi tipis bolehlah direkondisi. Mobil apapun sama prinsipnya. Tapi kalo ada uang tetep lebih baik ganti part oem. Rekondisi kaki kan karetnya diganti dengan teflon Om. Bantingannya lebih keras dan kalo oblak banget biasanya ball joint dilas ke arm (istilahnya dititik) biar ngiket sewaktu teflon dicetak.



Sent from my 2014817 using Tapatalk
Yang di rekondisi cm ball jointnya aja om, ga tau di apain cm hasilnya emang pas ane pegang jadi kaya baru lagi, cm 250rb sepasang, link stabilnya dia ganti pake punya toyota corolla kalo ga salah, dari besi gitu.. Cm 300rb sepasang..jasa cm 200rb..Tp hasilnya sangat memuaskan si..
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

@ romi : syukurlah kl ud kembali sehat lipina nya om... yg penting ad garansi dan pemasangan nya kenceng aj...

btw akur ama om octafian,

sebagus2 nya rekondisi, tetep lebi kuat yg oem... apalagi utk parts kaki2...

ane (dan master suhu kodokpushup) jg ud kenyang kotak katik modif kaki2, semata untuk improve handling (atau nyari yg lebi murah) kaki2 lipina kta... dan kl yg ane simpulkan sehh, tetep OElM punya usia masi lebi panjang drpd rekondisi atau KW skalipun...

oh ya, mengenai link... dl ane jg perna modif2 gonta ganti experiment... dr punya apanja gen 1 , jazz GD, ampe entah buat mobil apa punya, perna ane coba2 in ke lipina ane, inti nya kl pas setir full lock muter, joint atas dan bawah link nya harus bsa bermain bebas, ga boleh nahan, apalagi ampe "narik" si batang shock... takut malah kena ke bearing shock, sperti kasus ane dl...

dan mengenai teflon... ane perna naek GL yg ud di modif crossmember nya pake bushin teflon... termasuk link rod yg megang tuh si crossmember, ujung karet nya diganti pake teflon.... mantep tuh hasil nya.... cuman di trade off serasa lg naek jazz kl lewat jalan jelek... gemuruh abis2an..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
romi10
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 389
Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
Location: Tebet

Grand Livina Users..! - PART 05

Post by romi10 »

DOHC wrote:@ romi : syukurlah kl ud kembali sehat lipina nya om... yg penting ad garansi dan pemasangan nya kenceng aj...

btw akur ama om octafian,

sebagus2 nya rekondisi, tetep lebi kuat yg oem... apalagi utk parts kaki2...

ane (dan master suhu kodokpushup) jg ud kenyang kotak katik modif kaki2, semata untuk improve handling (atau nyari yg lebi murah) kaki2 lipina kta... dan kl yg ane simpulkan sehh, tetep OElM punya usia masi lebi panjang drpd rekondisi atau KW skalipun...

oh ya, mengenai link... dl ane jg perna modif2 gonta ganti experiment... dr punya apanja gen 1 , jazz GD, ampe entah buat mobil apa punya, perna ane coba2 in ke lipina ane, inti nya kl pas setir full lock muter, joint atas dan bawah link nya harus bsa bermain bebas, ga boleh nahan, apalagi ampe "narik" si batang shock... takut malah kena ke bearing shock, sperti kasus ane dl...

dan mengenai teflon... ane perna naek GL yg ud di modif crossmember nya pake bushin teflon... termasuk link rod yg megang tuh si crossmember, ujung karet nya diganti pake teflon.... mantep tuh hasil nya.... cuman di trade off serasa lg naek jazz kl lewat jalan jelek... gemuruh abis2an..
Iya om semenjak ganti link stabil corolla dan ball jointnya uda di benerin skg livina ane rasanya jadi lebih stabil, kalo lewat polisi tidur miring mobilnya ga goyang dombret kaya sblmnya, kalo lewat jalanan rusak rasanya juga lbh mantab, Dung.. Dung.. Gitu rasanya, lebih stiff dari ori tapi menurut ane ttp masi lbh empuk dari ertiga.. Seneng bgt deh rasanya..semoga awet deh..
wpyh
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Sat Nov 28, 2015 11:49

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by wpyh »

DOHC wrote:
wpyh wrote:Selamat malem om2 sekalian... saya lagi rencana ambil GL yang masih muda nih, taun 2013/2014/2015, mungkin ini disebutnya ANGL ya? Baca2 di thread ini, sepertinya banyak amat ya masalahnya? Apakah masalah2 itu semua berlaku untuk GL tipe lama, atau ANGL juga kena ya?

Kira2 kalo saya test drive, nego mobil, sebaiknya diperiksa bagian apa2nya aja ya? Apa ada suara2 tertentu yang harus diperhatiin? Apa ada tips2 untuk mengecek mobil? Saya sempet liat2 ke showroom, mereka bilang bahwa, untuk Nissan, unitnya bisa bareng2 dicek ke BeRes. Kalo misalnya saya ambil ke showroom, apa aja yang harus diperiksa di BeRes? Thx ya :D
seinget ane, utk parts kaki2 lipina ANGL ad beberapa yg berbeda ama OGL, sala satu nya link stabilizer... yg baru buatan jepun, bentuk fisik lebi halus dan pas di puter jg lebi paten... demikian jg utk bearing shock nya... shock jg kl mnurut sala satu supplier kyb, konon ad perbedaan antara ANGL ama OGL... yg masi mirip2 utk bushing2 crossmember, arm... jd yah ad perbaikan utk segi kaki2.. cuman ketahanan nya gmana, nunggu user ANGL komen dl yahh...

kl ga mau pusing, bawa ke beres, minta general check up, rata2 beres bsa koq... apalagi ngecek kerusakan kaki2, kl yg di jakarta biasanya ud pd gape nyari kerusakan nya...

pas test drive, kl kondisi kaki2 bagus, ini mobil nyaman, beda ama mobil2 FWD umumnya, antara crossmember dan body d topang dgn bushing2 karet, bukan di baut lgs ke body... kl lewat jalan ga rata atau kasar,ga ad bunyi aneh2... despite bunyi ban yg heboh doank... kl ud ad gruduk2 yg kenceng, apalagi ampe berasa ada yg nonjok di dek depan, curiga kaki2 ud kena...
Thx om... Saya coba testdrive ANGL di showroom mobil second, berikut laporannya:

1. Bawaannya empuk... saya bandingin sama Mobilio, ternyata memang lebih nyaman, empuk dan kedap suara pake ANGL. Cuma ada satu masalah, karena saya udah keburu menganggap bahwa ANGL itu kelasnya diatas Mobilio (secara interior, bahan dashboard, kaki2 empuk dll) jadi ekspektasinya tinggi. Pas test drive ANGL saya mikir "koq asa ga enak dibawanya ya, rasanya masih lebih mendingan Mobilio ah..." :big_think: -- trus pas pulangnya pake Mobilio, iseng cobain jalan di tempat yang tadi test drive ANGL, baru sadar ternyata ANGL jauh lebih enak om :big_slap:

2. Ada masalah di kaki2 nya. Saya gatau ini apakah gara2 beli second atau karena bawaan pabrik. Setir ga lurus, harus ke kanan dikit baru bisa jalan lurus. Kalo di rem, mobil belok ke kanan dikit. Kalo rem nya pake rem tangan, mobil belok ke kiri dikit. Dikit tuh kira2 ya di tol, dari tengah jalur ke kiri jalur lah (belom keluar jalur), dari speed 100km/jam sampe ampir berhenti di 20km/jam an. Mungkin ada ya 50cm dengan jarak pengereman 50m. Di spooring, Toe di setel, tapi Camber dan Caster ga bisa disetel. Camber selisih sedikit, Caster selisih ada 40 detik (1 derajat = 60 detik kan om?). Ini pengaruh banyak ga ya? Soalnya udah di spooring pun masih sama masalahnya, cuma berubah dikit, karena Toe disetel kali ya.

Kira2 ini ANGL mending diapain ya om? Apa bisa disetel atau diperbaiki? Oya btw saya di Bandung, ada rekomendasi bengkel kaki2 mobil yang bisa nyetel ginian? :big_smile]
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2080
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by alvin23 »

mod dohc dan rekan2 user GL lain...

ANGL tipe HWS tuh udah immobilizer belum ya kuncinya?
kunci ane dan remotenya baru hilang, jadi sekarang cuma pake kunci serep (dan gaada lg cadangannya)...

ditawarin bikin lagi 2,5 jt..

trims
Rocky R ADS CVT 2021
ariesto
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: Tue Aug 04, 2015 17:14

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by ariesto »

Pgn sharing aja ni..

oli mesin NGO 10w-30 jgn dipake 10 k km ngikutin beres.

Td siang langsung mutusin ganti oli gara2 pagi nya ngecek dipstik oli ada sludge kecil, pdhl baru jalan 8 rb km dan pas oli di drain, kluar sludge2 kecil tp dikit.

Oiya mo nanya suhu2 disini ada yg pernah klaim sokbreker bocor kah dan di approve sm nissan? ANGL gw baru 27 rb km (1 stgh taun) sok blkg kiri bocor deres.
Ketoprakpadang
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Fri Jan 01, 2016 2:19

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by Ketoprakpadang »

Suhu2 mau nanya..
Grand livina ultimare 2010 kalau lewat jalan jelek kondisi kaca tertutup, kok kaya ada suara kaca bergeter. Kalau kondisi terbuka tidak ada suara kaca
Yang udah jelek kira2 karet plipitnya atau karet list jendela kacanya ya..
Padahal dalam kondisi ketutup di coba dorong2 tidak bergeter.
User avatar
romi10
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 389
Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
Location: Tebet

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by romi10 »

ariesto wrote:Pgn sharing aja ni..

oli mesin NGO 10w-30 jgn dipake 10 k km ngikutin beres.

Td siang langsung mutusin ganti oli gara2 pagi nya ngecek dipstik oli ada sludge kecil, pdhl baru jalan 8 rb km dan pas oli di drain, kluar sludge2 kecil tp dikit.

Oiya mo nanya suhu2 disini ada yg pernah klaim sokbreker bocor kah dan di approve sm nissan? ANGL gw baru 27 rb km (1 stgh taun) sok blkg kiri bocor deres.
Pasti di ganti om kalo selalu service rutin di beres.. Malah biasanya di ganti kanan kiri..
User avatar
romi10
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 389
Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
Location: Tebet

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by romi10 »

Ketoprakpadang wrote:Suhu2 mau nanya..
Grand livina ultimare 2010 kalau lewat jalan jelek kondisi kaca tertutup, kok kaya ada suara kaca bergeter. Kalau kondisi terbuka tidak ada suara kaca
Yang udah jelek kira2 karet plipitnya atau karet list jendela kacanya ya..
Padahal dalam kondisi ketutup di coba dorong2 tidak bergeter.
Punya ane juga gitu om, solusinya ane ganjel karet pelipitnya yg ujung kanan atas pake karet kecil juga.. Skg uda ilang suara kaca bergetarnya..
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

wpyh wrote:
DOHC wrote:
wpyh wrote:Selamat malem om2 sekalian... saya lagi rencana ambil GL yang masih muda nih, taun 2013/2014/2015, mungkin ini disebutnya ANGL ya? Baca2 di thread ini, sepertinya banyak amat ya masalahnya? Apakah masalah2 itu semua berlaku untuk GL tipe lama, atau ANGL juga kena ya?

Kira2 kalo saya test drive, nego mobil, sebaiknya diperiksa bagian apa2nya aja ya? Apa ada suara2 tertentu yang harus diperhatiin? Apa ada tips2 untuk mengecek mobil? Saya sempet liat2 ke showroom, mereka bilang bahwa, untuk Nissan, unitnya bisa bareng2 dicek ke BeRes. Kalo misalnya saya ambil ke showroom, apa aja yang harus diperiksa di BeRes? Thx ya :D
seinget ane, utk parts kaki2 lipina ANGL ad beberapa yg berbeda ama OGL, sala satu nya link stabilizer... yg baru buatan jepun, bentuk fisik lebi halus dan pas di puter jg lebi paten... demikian jg utk bearing shock nya... shock jg kl mnurut sala satu supplier kyb, konon ad perbedaan antara ANGL ama OGL... yg masi mirip2 utk bushing2 crossmember, arm... jd yah ad perbaikan utk segi kaki2.. cuman ketahanan nya gmana, nunggu user ANGL komen dl yahh...

kl ga mau pusing, bawa ke beres, minta general check up, rata2 beres bsa koq... apalagi ngecek kerusakan kaki2, kl yg di jakarta biasanya ud pd gape nyari kerusakan nya...

pas test drive, kl kondisi kaki2 bagus, ini mobil nyaman, beda ama mobil2 FWD umumnya, antara crossmember dan body d topang dgn bushing2 karet, bukan di baut lgs ke body... kl lewat jalan ga rata atau kasar,ga ad bunyi aneh2... despite bunyi ban yg heboh doank... kl ud ad gruduk2 yg kenceng, apalagi ampe berasa ada yg nonjok di dek depan, curiga kaki2 ud kena...
Thx om... Saya coba testdrive ANGL di showroom mobil second, berikut laporannya:

1. Bawaannya empuk... saya bandingin sama Mobilio, ternyata memang lebih nyaman, empuk dan kedap suara pake ANGL. Cuma ada satu masalah, karena saya udah keburu menganggap bahwa ANGL itu kelasnya diatas Mobilio (secara interior, bahan dashboard, kaki2 empuk dll) jadi ekspektasinya tinggi. Pas test drive ANGL saya mikir "koq asa ga enak dibawanya ya, rasanya masih lebih mendingan Mobilio ah..." :big_think: -- trus pas pulangnya pake Mobilio, iseng cobain jalan di tempat yang tadi test drive ANGL, baru sadar ternyata ANGL jauh lebih enak om :big_slap:

2. Ada masalah di kaki2 nya. Saya gatau ini apakah gara2 beli second atau karena bawaan pabrik. Setir ga lurus, harus ke kanan dikit baru bisa jalan lurus. Kalo di rem, mobil belok ke kanan dikit. Kalo rem nya pake rem tangan, mobil belok ke kiri dikit. Dikit tuh kira2 ya di tol, dari tengah jalur ke kiri jalur lah (belom keluar jalur), dari speed 100km/jam sampe ampir berhenti di 20km/jam an. Mungkin ada ya 50cm dengan jarak pengereman 50m. Di spooring, Toe di setel, tapi Camber dan Caster ga bisa disetel. Camber selisih sedikit, Caster selisih ada 40 detik (1 derajat = 60 detik kan om?). Ini pengaruh banyak ga ya? Soalnya udah di spooring pun masih sama masalahnya, cuma berubah dikit, karena Toe disetel kali ya.

Kira2 ini ANGL mending diapain ya om? Apa bisa disetel atau diperbaiki? Oya btw saya di Bandung, ada rekomendasi bengkel kaki2 mobil yang bisa nyetel ginian? :big_smile]
utk point no 2... kayanya itu abnormal dehh... seinget ane OGL ane dl ga ampe kaya gt... smua within normal values koq... coba ganti bengkel spooring dl aj om... camber dan caster kl lari2 atau ga bsa d stel biasanya ad masalah di kaki2 tuh... dari bushing2, link, support shock... atauu montir nya kurang jago...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

another korban...

di forum sebelah jg ad sama kejadian nya ama om tuh... pake NGO 10-30, di GL 1.8 nya... ikutin ganti tiap 10 rebu km... dan ntuh engine head berlumpur smua pas di bongkar...

saran ane, mending buka head trus di bersihin... drpd ntar bkin mampet jalur oli...
ariesto wrote:Pgn sharing aja ni..

oli mesin NGO 10w-30 jgn dipake 10 k km ngikutin beres.

Td siang langsung mutusin ganti oli gara2 pagi nya ngecek dipstik oli ada sludge kecil, pdhl baru jalan 8 rb km dan pas oli di drain, kluar sludge2 kecil tp dikit.

Oiya mo nanya suhu2 disini ada yg pernah klaim sokbreker bocor kah dan di approve sm nissan? ANGL gw baru 27 rb km (1 stgh taun) sok blkg kiri bocor deres.
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
ariesto
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: Tue Aug 04, 2015 17:14

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by ariesto »

[quote="DOHC"]another korban...

di forum sebelah jg ad sama kejadian nya ama om tuh... pake NGO 10-30, di GL 1.8 nya... ikutin ganti tiap 10 rebu km... dan ntuh engine head berlumpur smua pas di bongkar...

saran ane, mending buka head trus di bersihin... drpd ntar bkin mampet jalur oli...

[quote="ariesto"]
@om kelep:
nubie ga tega om mo bongkar head krn km masi 27 rb dan masi under warranty, paling oli yg skrg dipake cm 3 rb km biar nanti ganti lg pas servis 30k sekalian klaim sok bocor, ring knalpot bunyi lg (pas servis 20k dicover warranty) sm balikin timing ign ke angka default aja (ga kuat boros nya dan pertamax/shell pun ngelitik, solusinya pertamax + oct booster ato oplos dikit v-power). Beda yak sm Ipah 1TR A/T nubi yg udh hampir 11 taon umurnya premium polos ga ngelitik.

@om Romi10: Tx inpoh nya, servis sllu d beres kok.
wpyh
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Sat Nov 28, 2015 11:49

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by wpyh »

DOHC wrote:
wpyh wrote:2. Ada masalah di kaki2 nya. Saya gatau ini apakah gara2 beli second atau karena bawaan pabrik. Setir ga lurus, harus ke kanan dikit baru bisa jalan lurus. Kalo di rem, mobil belok ke kanan dikit. Kalo rem nya pake rem tangan, mobil belok ke kiri dikit. Dikit tuh kira2 ya di tol, dari tengah jalur ke kiri jalur lah (belom keluar jalur), dari speed 100km/jam sampe ampir berhenti di 20km/jam an. Mungkin ada ya 50cm dengan jarak pengereman 50m. Di spooring, Toe di setel, tapi Camber dan Caster ga bisa disetel. Camber selisih sedikit, Caster selisih ada 40 detik (1 derajat = 60 detik kan om?). Ini pengaruh banyak ga ya? Soalnya udah di spooring pun masih sama masalahnya, cuma berubah dikit, karena Toe disetel kali ya.

Kira2 ini ANGL mending diapain ya om? Apa bisa disetel atau diperbaiki? Oya btw saya di Bandung, ada rekomendasi bengkel kaki2 mobil yang bisa nyetel ginian? :big_smile]
utk point no 2... kayanya itu abnormal dehh... seinget ane OGL ane dl ga ampe kaya gt... smua within normal values koq... coba ganti bengkel spooring dl aj om... camber dan caster kl lari2 atau ga bsa d stel biasanya ad masalah di kaki2 tuh... dari bushing2, link, support shock... atauu montir nya kurang jago...
Oke om, ini kan mobil saya belom beli om, baru DP aja... beli di showroom, mereka janji akan bawah ke bengkel resmi untuk periksa keseluruhan. Eh taunya kemaren ini cuma periksa mesin aja, kaki2 ga disentuh sama sekali sama BeRes nya. Kaki2 cuma diperiksa sama teknisi punya showroom, saya sih fine2 aja selama mobilnya beres, cuma ini sampe sekarang ga beres2. Kalo sampe DP hangus juga gapapa sih, cuma saya kan butuh mobil om :big_childish: hehe

Besok pagi rencananya mau dibawa ke BeRes untuk diperiksa kaki2nya, kira2 apa aja ya yang harus diperiksa? Selaen yang di atas di recommend (bushing, link, support shock). Kalo spooring kali ini apa lebih baik di BeRes juga om? Soalnya takutnya di ping-pong sana sini.

Buat yang di Bandung, tau kan kira2 showroom yang mana? Saya sih kalo sampe ini ga beres2 juga, lama2 kesel, masukin iklan di koran aja ah... atau Surat Pembaca. Keselnya tuh, orang bengkel ga ada yang mau mengakui bahwa mobilnya masalah. Orang showroom juga ga ada yang mau mengakui bahwa mobilnya belok kalo direm. Aneh. Ada cara yang objektif untuk ngukurnya ga ya?

Kalo bengkel kaki2 di Bandung ada yang recommended om om sekalian? Saya (dulu) pernah ke bengkel deket Carrefour Kiaracondong, kurang bagus. Ada satu lagi bengkel di Holis deket Holis Regency, rada mendingan tapi tetep kurang memuaskan. Pernah sekali (dulu) ke deket Pasar Patrol, montir rumahan gitu, katanya sih ex salah satu bengkel di Dr. Cipto, hasilnya nol besar. Bukan Livina ya om, dulu saya cuma pake T*y*t* aja soalnya hehe. Kalo ada bengkel yang bagus tolong dikenalin... thx.

Ini nilai hasil spooring nya om: (spooring di bengkel 3rd party)
[Patokan min / ideal / max], Before (Initial), Left / Right ==> After (Final), Left / Right
- Caster Depan: [ 5°05' / 4°57' / 4°22' ], 4°42' / 5°20' ==> 4°41' / 5°19'
- Camber Depan: [ 0°09' / -0°15' / -0°39' ], -0°16' / 0°01' ==> -0°13' / -0°04'
- Toe Depan: [ 0°00' / 0°06' / 0°08' ], -0°01 / 0°14' ==> 0°07' / 0°07'
- Caster Belakang: [ 0°06' / -0°24' / -0°54' ], -1°28' / -1°52' ==> -1°28' / -1°52'
- Toe Belakang: [ 0°00' / 0°03' / 0°05' ], 0°11' / 0°05' ==> 0°13' / 0°05'
- Total Toe Depan: 0°14' ==> 0°14'
- Total Toe Belakang: 0°17' ==> 0°18'
- Sudut ??? 0°03' ==> 0°04'

Kata tukang spooringnya, memang yang bisa disetel cuman Toe Depan aja om. Apa bener ya? Saya cek di Internet, katanya kalo mobil2 yang Caster Camber nya fixed, bisa disetel menggunakan shim plate. Apa bener?

Untuk item terakhir, di laporan print out nya ga ada tulisan apa2, adanya angka aja di tengah2. Ada gambar ban miring 4 biji, apa ini mungkin thrust angle?

Trus untuk ride height, apakah bisa ada pengaruhnya juga ya terhadap masalah pengereman? Nyetelnya gimana ya om? Ride height itu yang biasa montir lokal suka sebut "setel torsi" kan ya?

Thx yaaaa :big_peace:
ariasss
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 85
Joined: Wed Jan 23, 2013 16:35

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by ariasss »

Sekedar share aja
Ane mantan pemakai OGL..1.5xv ultimate 2010
Taat ikut cycle service nya beres.include 10k ganyi olie
Sampe dijual km 85k tahun 14 kemaren alhamdulillah no problem..itung2 malah kayaknya hanya sekali ganti olie matic..belakangan cuma agak bunyi klep nya kalao start dingin..
Km 30k S/A belakang ganti blass.. Dan km 70k kaki depan kena..karet2 Dan cross member kena ganti

Sekarang pake ANGL X Gear 14... Baru km 20k.. Kok bolot blass Mobil ini ya.. Ada yg bs kasih saran?

Tk