Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

IownI
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Tue Dec 15, 2015 5:45

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by IownI »

aspsilver wrote:
dedesupriayi wrote:Bro kasih ilmu nya dong cara bawa mbil matic yg benar and perawatannya.mobil ane vios matic 2005.makasih bro

Sent from my SM-G920F using Tapatalk

Mas merawat dan mengendarai mobil matic sama seperti manual koq.

bedanya matic pindah gigi sendiri.

matic tidak perlu perawatan khusus.

keluarga saya sudah pakai mobil matic sejak 1992, saya pribadi sudah pakai mobil matic sejak 2004 dan sejak 2005 kami tidak punya mobil manual lagi, dengan berbagai merek dan tipe, Jepang maupun eropa.
ada mobil matic yang saya piara 17 th, dan akhirnya saya jual, dapat harga tinggi karena kondisi baik.
sisanya saya pakai selama dibawah 10 th, gak pernah rusak transmisinya.
kuras oli, ada yang saya kuras ada yang gak.
ganti oli sesuai interval di buku, gak pernah lebih awal.

mercedes benz dengan 7G-tronic, gak ada cara lain untuk ganti oli matic tanpa di kuras.


P parkir , ya untuk parkir. mau rem tangan dulu kek atau pindah p dulu sama aja. saya pribadi sih tarik rem tangan dulu. tapi temen2 saya di USA yang moblnya matic, gak pernah tarik rem tangan, mau tanjakan atau apapun, kenyataannya mobil nya gak rusak walaupun ratusan rb km, Mazda 3, dan Suzuki Forenza (disini Chevy Optra)

R reverse, buat mundur.

N Netral, ya netral, seperti posisi netral di mobil manual

D Drive, ini posisi berkendara normal, pada posisi ini mobil akan oper dari gigi 1 sampai 4-5-6-7-8-9 (tergantung mobil matic anda berapa speed) (vios 2005 4 speed, artinya mobil akan oper sampai gigi 4, tergatnung kecepatan)

di beberapa mobil matic dengan tombil over drive, bila anda di posisi D, dan tombol OFF artinya hanya akan oper sampai gigi 3 (bila 4 speed), bila tombol O/D dipencet (biasanya lampu di dashborad akan mati) artinya dia akan oper sampai gigi 4 (4 speed)

D3, D2, drive 2 drive 3, diposisi ini mobil akan oper sampai gigi 2 atau 3, tergantung dari posisi tuas.

L, 1, low, posisi gigi 1. mobil akan manteng di gigi 1.


untuk berkendara normal selalu pakai posisi D dengan tombol over drive On (bila ada), kenapa disini paling efisien mobilnya. alias irit BBM.
kalau mau mendahului ada fasilitas kick down, kalo pedal gas di tekan dalam, maka gear akan otomatis turun 1 atau 2, untuk akselerasi, setelah kecepatan yang diinginkan tercapai, lepas dikit gasnya, maka gear akan oper naik lagi.

kalo di tanjakan yang curam, maka boleh lah di oper ke gigi dibawahnya.

kalo anda berasa kick down lelet, ya di pindahkan aja tuasnya.

gak bakalan rusak koq, karena kalo kecepatannya gak cocok, maka gear gak akan masuk. misalnya anda jalan 100 km/jam, trus masuk L, maka gigi gak akan pindah ke L. paling di tuasnya lampunya kedip2 sampai gigi tersebut masuk.


kalo cerita2 mobil matic matic nya jebol, tuh biasanya karena salah ganti spesifikasi oli matic.
kalo cuma gak diganti doang, paling selip2. dan kasar, gak sampe jebol.

gak ada tuh di kuras trus jebol, sebelum dikuras juga sudah ada masalah.


pake matic enak mas, apalagi di kota besar yang macet.
saya sih dah gak mau naik manual lagi.

manual sih menyenangkan, tapi buat week end aja.
makasih penjelasannnya om. jadi nambah pengetahuan :big_deal:

kerasa bgt enaknya bawa matic klo lagi macet pas tanjakan. ga perlu gantung kopling :)
User avatar
ibar78
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1292
Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
Location: mtg, jakarta
Daily Vehicle: toyota fans boys

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by ibar78 »

izin nyimak....soale ane jarang pk matik... :big_blushing:
:popcorn:
firdana
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Mon Oct 12, 2015 6:54

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by firdana »

Tanya dong , kalo matic itu pas kita dari awal start trus pindah ke ke posisi D, kan langsung maju tuh , trus berapa kecepatannya ? Ngeri kan kalo tiba2 majunya sendiri itu kenceng, Yang kedua bagaimana cara menstabilkan kecepatan mobil matic ? Misal mau konstan di 50 km/jam. kan kalo manual di gigi tertentu kita injek gas dalam2 pun bakalan segitu aja speed max nya selama gak gak ganti gigi.
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by alvin23 »

firdana wrote:Tanya dong , kalo matic itu pas kita dari awal start trus pindah ke ke posisi D, kan langsung maju tuh , trus berapa kecepatannya ? Ngeri kan kalo tiba2 majunya sendiri itu kenceng, Yang kedua bagaimana cara menstabilkan kecepatan mobil matic ? Misal mau konstan di 50 km/jam. kan kalo manual di gigi tertentu kita injek gas dalam2 pun bakalan segitu aja speed max nya selama gak gak ganti gigi.
majunya sama kayak setengah kopling tanpa gas, pelan...
ya mau konstan pedal gasnya konstan om, gitu aja kok repot :big_peace: *seriusom wkwk
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
Arteezy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 117
Joined: Tue Aug 18, 2015 3:06

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by Arteezy »

Mau tanya dong, klo pake matic misal lagi turunan di puncak, saya biasa setting gear ke N (Neutral), sambil maenan rem untuk menjaga kecepatan.. Trus ketika aga kosong dan mau aga kenceng, posisi mobil lagi jalan +- 40KMH saya masukin lagi ke D.. Gear masuk dengan lembut sih ga ada hentakan apa2, tp apa tindakan kayak gini bisa merusak gear maticnya? Soalnya pas turunan klo dimasukin D, ato S masih sering mrosot om... :D
..It's not always what you drive, but it's always how you drive..

:big_comfort:

Mitsubishi Kuda GL 2000
Mobilio CVT 2014
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by dogar »

Arteezy wrote:Mau tanya dong, klo pake matic misal lagi turunan di puncak, saya biasa setting gear ke N (Neutral), sambil maenan rem untuk menjaga kecepatan.. Trus ketika aga kosong dan mau aga kenceng, posisi mobil lagi jalan +- 40KMH saya masukin lagi ke D.. Gear masuk dengan lembut sih ga ada hentakan apa2, tp apa tindakan kayak gini bisa merusak gear maticnya? Soalnya pas turunan klo dimasukin D, ato S masih sering mrosot om... :D
Saya juga melakukan hal yg sama di Yaris matic.
Selama 5 thn ini transmisinya baik2 saja.
Memang di beberapa artikel otomotif online/koran saya pernah baca kalau masukin ke N saat turunan itu akan merusak transmisi, tapi sampai
detik ini saya belum mendapat penjelasan ilmiahnya.
Jadi selama belum ada penjelasan ilmiahnya saya anggap masuk N saat turunan ya ngga ada masalah.
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by dogar »

octafiantos wrote:Atf eropa/zf memang sebut nama olinya lifetime fill om fib. Tapi zf sendiri keluarin rilis yang dimaksud lifetime, 60k miles eq 100k km. Ga cuma oli matik sih, transmisi zf manual juga isinya lifetime dengan speknya. Gardan sama, semua spek asalnya long life 60k miles.

Sent from my 2014817 using Tapatalk
Fill for life buat oli matic itu ada koq, tergantung mobilnya apa.
Ini penjelasan dari pabrik oli:
http://www.prista-oil.com/en/faq/what-a ... oil-7.html

Changing the automatic transmission oil

Modern cars with automatic transmissions usually have a recommendation for quite an extended fluid change interval – about 80-100 000 km. There are a significant number of cars with transmissions that are maintenance-free and they are known as fill-for-life, meaning that the oil is supposed to last the life of the transmission. In older cars from the late ‘80s and ‘90s, the oil should be changed each 20-40 000 km unless otherwise specified.
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: RE: Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by dogar »

dedesupriayi wrote:
dogar wrote:
dedesupriayi wrote:Bro kasih ilmu nya dong cara bawa mbil matic yg benar and perawatannya.mobil ane vios matic 2005.makasih bro

Sent from my SM-G920F using Tapatalk
Ritual pake matic:
1. Kalau mau parkir tarik rem tangan dulu baru pindahin tuas ke P (jangan dibalik), apalagi kalo posisi parkir tidak datar.
2. Kalau mau memanaskan kendaraan agak lama, atau ninggalin kendaraan dlm keadaan idle posisi tuas harus di N jangan di P supaya sirkulasi oli tetep jalan.
3. Selalu injak rem dulu saat mau masuk D atau R dari posisi berhenti (ini lebih ke safety ).
4. Jangan sekali2 pindah ke R saat mobil masih bergerak maju walaupun pelan, tunggu sampai berhenti total.
5. Ganti oli transmisi sesuai petunjuk manual book, pake oli rekomendasi pabrik saja jangan ganti2 merk.

Dengan 5 poin di atas, Yaris 2010 matic saya dari beli baru sampe hari ini ga pernah ada masalah dgn matic nya (blm pernah ganti oli transmisi).
Kayaknya matic Vios sama dgn Yaris deh (CMIIW).
Cara cek oli transmisi gimana ya bro ane ga paham..km nya 105.000..ane beli mobil second..jadi belum paham bro..makasih

Sent from my SM-G920F using Tapatalk
Mobil second km > 100k lebih baik berasumsi belum pernah ganti oli matic, jadi mending ganti aja di beres, pake oli rekomendasi sesuai buku manual aja jangan yg aneh2.
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by dogar »

IownI wrote:
klo parkir lama (tp msh ada org di mobil) kondisi mesin nyala, ac nyala. apa perlu di pindahin ke posisi N jg om?
klo ane biasa tuas nya ttp di P walaupun ada setegah jam parkir.
===========

tambahan dari ane:
- klo di tanjakan yg rada lumayan, ane lebih cendrung pindahin ke posisi 2 atau L (jadi ga maksa di posisi D)
Kata salah satu bengkel matic yg terkenal di jkt, posisi tuas di P itu artinya sirkulasi oli matic tidak jalan.
Jika mesin menyala dikhawatirkan transmisi bisa kepanasan karena salah satu fungsi oli matic adalah sebagai coolant.
Untuk tanjakan curam memang sebaiknya di 2 atau L supaya gear ngga pindah ke 3 atau 4 (supaya ngga kehilangan torsi).
Tapi kalau tanjakan landai dan panjang sih di D juga cukup, ntar juga ECU tau sendiri kapan harus pindah ke gear yg lebih rendah atau ngga.
ecoy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 129
Joined: Tue Jun 25, 2013 6:38

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by ecoy »

Om sekalian mau tanya, ganti oli atf yg disebut d sini bukan kuras ya?mobil saya 19rb km apa sdh selayaknya gnt oli atf saat servis nanti 22rb km?klo kuras sebaiknya km brp?

Sempet baca2 d internet ganti oli atf tiap 10rb km n kuras tiap 20rb, kecepetan gk klo gini?

Klo jalanan turunan bukannya tdk d rekomendasikan tuas d N om?

Sent from my GT-N7100 using Tapatalk
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by alvin23 »

ecoy wrote:Om sekalian mau tanya, ganti oli atf yg disebut d sini bukan kuras ya?mobil saya 19rb km apa sdh selayaknya gnt oli atf saat servis nanti 22rb km?klo kuras sebaiknya km brp?

Sempet baca2 d internet ganti oli atf tiap 10rb km n kuras tiap 20rb, kecepetan gk klo gini?

Klo jalanan turunan bukannya tdk d rekomendasikan tuas d N om?

Sent from my GT-N7100 using Tapatalk
kecepetaaan oom... itu mah baksos ke bengkelnya hehe
kuras tiap 40rb aja cukup, trus kalo sering macet tiap 20rb/2 tahun diganti (tap) gapapa.. CMIIW
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
suvmania
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 261
Joined: Fri May 10, 2013 11:33

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by suvmania »

saya pengguna baru mobil matic juga dan kadang masih belum ngerti celah dalam berkendara mobil matic. saya pakai CRV 2010 2,4. matic crv ini gak ada paddle shiftnya. dan mungkin karena saya biasa pakai manual, kadang gregetan pengen ganti gigi karena mobil suka nahan gak ganti gigi walau RPM udah sampe 2500. oli matic baru di tap, gak kuras. bengkel sini juga gak rekomen kuras kalo ganti oli nya teratur.

saya menyadari kalau pada keadaan gigi nahan di rpm >2500 dan saya lepas gas, RPM akan drop jauh ke sekitaran 1500, apa itu bisa dianggap sebagai mekanisme naikkan gigi secara "manual" pada mobil matic? karena pernah juga saya baca kalau RPM sedang nahan di suatu besaran tertentu dan kita lepas gas lalu RPM drop, itu bukan mekanisme ganti gigi, melainkan karena tidak adanya engine brake.

sorry for the noob question
Daily Tol Japek Beater :big_smoking:

Even Plate: 2018 RU1 SE
Odd Plate : 2008 W204 C230
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1088
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by aspsilver »

:frm_tumbleft: :thanks:
Arteezy wrote:Mau tanya dong, klo pake matic misal lagi turunan di puncak, saya biasa setting gear ke N (Neutral), sambil maenan rem untuk menjaga kecepatan.. Trus ketika aga kosong dan mau aga kenceng, posisi mobil lagi jalan +- 40KMH saya masukin lagi ke D.. Gear masuk dengan lembut sih ga ada hentakan apa2, tp apa tindakan kayak gini bisa merusak gear maticnya? Soalnya pas turunan klo dimasukin D, ato S masih sering mrosot om... :D

Jangan dimasukkan ke N mas, bukan merusak mobilnya. Tapi mobil jadi meluncur loss tanpa kendali.

Kalau tetap di D atau lebih rendah, maka transmisi mobil akan membantu mengurangi laju. Jadi rem tidak bekerja sendiri.

Tidak akan merusak transmisi.
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1088
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by aspsilver »

suvmania wrote:saya pengguna baru mobil matic juga dan kadang masih belum ngerti celah dalam berkendara mobil matic. saya pakai CRV 2010 2,4. matic crv ini gak ada paddle shiftnya. dan mungkin karena saya biasa pakai manual, kadang gregetan pengen ganti gigi karena mobil suka nahan gak ganti gigi walau RPM udah sampe 2500. oli matic baru di tap, gak kuras. bengkel sini juga gak rekomen kuras kalo ganti oli nya teratur.

saya menyadari kalau pada keadaan gigi nahan di rpm >2500 dan saya lepas gas, RPM akan drop jauh ke sekitaran 1500, apa itu bisa dianggap sebagai mekanisme naikkan gigi secara "manual" pada mobil matic? karena pernah juga saya baca kalau RPM sedang nahan di suatu besaran tertentu dan kita lepas gas lalu RPM drop, itu bukan mekanisme ganti gigi, melainkan karena tidak adanya engine brake.

sorry for the noob question

Bukan soal engine brake mas.

Kalo gas dilepas maka indikasi buat auto trans untuk naik ke gigi lebih tinggi.

Btw posisi tansmisi di D kan?

Paddle shift benernya sih untuk berkendara sehari2 gak kepake. Baru kepake kalo mau mengemudikan agresif.

Kalo matic, digas aja mas, rpm berapa gak usah dipikirin.
iybam
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: Sun Aug 03, 2014 2:08

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by iybam »

aspsilver wrote:Jangan dimasukkan ke N mas, bukan merusak mobilnya. Tapi mobil jadi meluncur loss tanpa kendali.

Kalau tetap di D atau lebih rendah, maka transmisi mobil akan membantu mengurangi laju. Jadi rem tidak bekerja sendiri.

Tidak akan merusak transmisi.
jadi posisi N pada turunan gak ngerusak transmisi om? soalnya saya juga sering turunan tuas di N, soalnya jalur puncak itu kalo sore jam pulang kerja macetnya luar biasa jd males kalo harus pindah2 D-N-D-N :mky_01:
kalo jalanan lancar sih selalu di D
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 978
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by dieselman228 »

iybam wrote:
aspsilver wrote:Jangan dimasukkan ke N mas, bukan merusak mobilnya. Tapi mobil jadi meluncur loss tanpa kendali.

Kalau tetap di D atau lebih rendah, maka transmisi mobil akan membantu mengurangi laju. Jadi rem tidak bekerja sendiri.

Tidak akan merusak transmisi.
jadi posisi N pada turunan gak ngerusak transmisi om? soalnya saya juga sering turunan tuas di N, soalnya jalur puncak itu kalo sore jam pulang kerja macetnya luar biasa jd males kalo harus pindah2 D-N-D-N :mky_01:
kalo jalanan lancar sih selalu di D
Lebih baik kalau turunan sih dibikin D / D3 (menyesuaikan sj) ada engine brake sedikit ngebantu rem dibanding N pas turunan full mainin rem secara ga langsung bakal bkn kinerja rem berkurang sedikit demi sedikit akibat panas.

Kalau macet nya merayap kan ga sampe 20 detik udh jalan hrsnya pantengin di D ga masalah tp kalau lama bisa sampe 1 menitan mngkn di N aja supaya load mesin dan girboks juga berkurang.

IMHO kalau memang males kuras maticnya interval ganti dr carterny di percepat sj mngkn 10000km jd harusnya kuras ga gitu perlu krn oli lama ga terlalu oekat sudah di tmbh dengan yg baru. Lebih baik dikuras memang biar lebih afdol.
Interval oenggantian sih sy patokan memang buku manual tp kalau mobilnya nguli mngkn lebih cepat lebih baik.

CMIIW
2015 - 2KD :big_deal:
2024 - K15B :mky_08:
fenrir
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Tue Jun 30, 2015 8:10

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by fenrir »

matic itu simple, 2 pedal, kaki kanan gas, kaki kiri rem, upsss..
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1088
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by aspsilver »

Gak ada keuntungan buat kita, bila melakukan penggantian oli lebih cepat daripada direkomendasikan.
keuntungan hanya buat pemilik bengkel, pengusaha oli. hehehehe

mau dipantengin D terus juga gak apa, karena begitu berhenti, transmisi loss.

saya pernah tanya ke MErcedes Benz Jerman tentang hal ini, mereka bilang, mau dipanteng D juga gak masalah.

kalo diturunan, stop and go, maju dikit2, pake N sambil injek rem gak masalah juga. gak akan merusak transmisi.

Bre Fenrir : kalo injek rem pake kaki kiri, hanya buat pembalap mas. buat rakyat jelata gak bisa, hahahahaha
fenrir
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Tue Jun 30, 2015 8:10

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by fenrir »

aspsilver wrote: Bre Fenrir : kalo injek rem pake kaki kiri, hanya buat pembalap mas. buat rakyat jelata gak bisa, hahahahaha
sebenernya kalo latihan teratur + dibiasakan bisa loh digunakan rakyat jelata. :mky_03:
keuntungannya response time pengereman lebih baik daripada hanya kaki kanan, karena ada delay waktu pemindahan kaki kanan ke pedal rem, biarpun gak substansial sih untuk daily drive.

cuma emang gak recommend ya. do it at your own risk. :mky_04:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by amfibi »

fenrir wrote:
aspsilver wrote: Bre Fenrir : kalo injek rem pake kaki kiri, hanya buat pembalap mas. buat rakyat jelata gak bisa, hahahahaha
sebenernya kalo latihan teratur + dibiasakan bisa loh digunakan rakyat jelata. :mky_03:
keuntungannya response time pengereman lebih baik daripada hanya kaki kanan, karena ada delay waktu pemindahan kaki kanan ke pedal rem, biarpun gak substansial sih untuk daily drive.

cuma emang gak recommend ya. do it at your own risk. :mky_04:
Ayah ane dulunya offroader, n sampe skrg kalo ngerem pake kaki kiri terus wkwk... Cepet memang jdnya ngeremnya, cuma ya gitu ane perhatikan ga bisa halus ngeremnya, pasti ada aja bikin penumpang kejedug :upss:

Kalo pengemudi baisa jangan dehh pake kaki kiri ngerem, serem euy ane aja takut wkwk...
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by dogar »

Fungsi oli matic itu utamanya untuk hydraulic pressure dan coolant, ada juga sedikit fungsi lubricant tapi tidak seperti oli mesin yg memang fungsi utamanya sebagai lubricant mechanical parts di sekitaran rocker arms dan combustion chamber biar piston tidak seret.
Jadi interval penggantian oli matic jangan disamakan kayak oli mesin yg rata2 wajib ganti tiap 10k km (bengkel mata duitan pasti nyuruhnya tiap 5k km).
Buat saya ganti oli matic tiap 40-50k aja kecepetan. 80-100k udah cukup koq, kecuali emang lagi pusing karena kebanyakan duit.
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1088
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by aspsilver »

Bro Fenrir, bener sih rakyat jelata bisa belajar.


hehehe
IownI
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Tue Dec 15, 2015 5:45

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by IownI »

fenrir wrote:matic itu simple, 2 pedal, kaki kanan gas, kaki kiri rem, upsss..
serem klo pake 2 kaki :D pnah nyoba pas ngerem nya lgsg kaget, msh enakan pake kaki kanan gantian gas / rem.

tp bini ane biasa nyetir kek gitu (kaki kanan di gas, kaki kiri di rem) :D
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4364
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by kunaskun »

kenapa kiri ga dianjurkan buat rem kecuali anda lefty karena kiri refleks-nya ga akan sebaik kanan, terbukti dari injekan kaki kiri pasti ga bisa sehalus kanan. lain halnya ex pembalap gokart cs ya.

soal N diturunan si ga baiknya di transfer case/slip lock clutch (lupa mana tepatnya), karena ketika diturunan kecepatan tertentu harusnya kan gear ngikutin itu, nah kalau masuk N artinya gigi ga masuk, terus katakan pas lagi laju turunan terus masukin D yang ada gear akan bingung ini harusnya gigi berapa ya, otomatis akan "maksa" masuk gigi yang seharusnya, yang mana harusnya sequential mulai dari 1 dan naik ke atasnya.

kalau N pas lagi meluncur terus mau berhenti misal lampu merah si emang juga ga baik karena ga ada engine brake.

kalau berhenti lama terus di D sambil injek rem si ga baiknya kalau ga salah di sirkulasi oli karena harusnya mengalir ini malah stop muter disitu2 aja, juga apa ga panas itu braking system karena engaged terus :D
fenrir
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Tue Jun 30, 2015 8:10

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by fenrir »

amfibi wrote:Ayah ane dulunya offroader, n sampe skrg kalo ngerem pake kaki kiri terus wkwk... Cepet memang jdnya ngeremnya, cuma ya gitu ane perhatikan ga bisa halus ngeremnya, pasti ada aja bikin penumpang kejedug :upss:

Kalo pengemudi baisa jangan dehh pake kaki kiri ngerem, serem euy ane aja takut wkwk...
hahaha, berarti jgn minum/makan kalo dibawah ayahnya bro.
aspsilver wrote:Bro Fenrir, bener sih rakyat jelata bisa belajar.

hehehe
biar gak pincang bro bawa matic, apalagi yg backgroundnya dulu bawa manual.
IownI wrote:tp bini ane biasa nyetir kek gitu (kaki kanan di gas, kaki kiri di rem) :D
waw calon atlit, afaik gk cuma rally offroad gokart doang yg standar left foot braking, banyak F1 drivers yg mulai switch ke left foot braking, apalagi dengan makin canggihnya teknologi matic; CVT, double clutch, PDK, Sequential Dog Box, dll.