Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Kebetulan selagi musim hujan.
Cb in deh hajar genangan, plg gampang di tol baik sisi plg kiri/kanan dimana genangan air msh ada. speed taro di 100kmh. Itu mbl meluncur slonong boy begitu aja ke dpn, spt sliding diatas es, ane cm bs nahan setir. Untung genangannya pendek, klo panjang kemungkinan sdh nabrak beton pembatas kali ane. Itu traction ctrl kondisi on. Yg jelas sukses bikin jiper nyali ane.
wah , kalo ngomongin aquaplanning, jadi terasa deh pentingnya ban bagus pas musim hujan...
baru aja 2 minggu lalu ane bawa yaris msh kinyis2 beli seken lwt cipularang, kebetulan hujan deras, dengan kondisi ban sangat tidak fit, (2 di belakang udh sampai TWI)..
ampun dah, tadinya cruise 90-100 km/h (maklum sekalian Test drive), begitu ketemu genangan itu mobil jd kayak lg ice skating.
alhasil habis itu cuma jalan di 60 plus pake gigi 3 aja... (matic)
setuju, kalau ban halus jadi ngeri jalan waktu hujan. Nggak cuma mobil, motor juga.
Namun kalau untuk motor, ada yang logikanya aneh, musim hujan justru pasang ban retro kembangan kotak 90 derajat (nggak miring). Asumsinya ban kotak bikin pakem, padahal saya pernah bandingkan sendiri, sangat ngeri sekali pakai ban kembangan kotak kalau hujan, apalagi tikungan.
sucahyo wrote:setuju, kalau ban halus jadi ngeri jalan waktu hujan. Nggak cuma mobil, motor juga.
Namun kalau untuk motor, ada yang logikanya aneh, musim hujan justru pasang ban retro kembangan kotak 90 derajat (nggak miring). Asumsinya ban kotak bikin pakem, padahal saya pernah bandingkan sendiri, sangat ngeri sekali pakai ban kembangan kotak kalau hujan, apalagi tikungan.
oo ban kotak tuh kayak bannya motor trail gitu ya om sucahyo?
itu mah ga cocok di aspal , licin kalo hujan, kalo kering kasar
Saya pernah melintir di tol krn ngebut hampir nyeberang jalur lain..
Di jalan umum lari 100 tiba2 depan brenti lampu merah saya rem itu mobil nyelonong untung tiba2 depan maju mobilnya...
Ditol baru ditarik byr tol dr kiri ternyata ada mangkok genangan air itu mobil lgsg meliuk kanan sendiri ampir nabrak mobil samping..
Itu rata2 mobil diatas ayla n ban kualitas potenza n ban lumayan ngebut...keembang masih baru...
Mknya saya klo ujan gak pernah lari lebih dr 100...klo ts bisa mengendalikan mobil dlm kondisi akuaplaning anda msh beruntung..cm waktu saja...
Biasanya jalan yang meliuk-liuk begini di tol bintaro / Pondok Aren. Sudah banyak kasus yang melintir padahal genangan air cukup terkendali. Yang repot genangan ini biasanya mendadak ditambah visibilitas buruk akibat hujan deras sehingga driver kurang antisipasi atau antisipasi berlebihan. Sepertinya kasus lamborghini ini sama juga.
Nah biasanya kecelakaan itu kombinasi berbagai faktor.
sucahyo wrote:Iya, roda gundul atau kembangan untuk pasir memang licin di jalan. Kalau soal fasilitas, rasanya nggak bisa diharapkan bebas sama sekali.
Yang bahaya sekali itu kalau minyak campur air.
Yang menarik saya pernah lihat ban formula 1 untuk hujan ada groovenya. Sementara itu ban eco ada groovenya juga:
ban balap yg slick alias ga ada groove nya memang ga bisa buat hujan om, makanya ga road legal. ban slick dipake di hujan ya aquaplanning all day long aja itu. perlu diingat groove itu ada cuma buat basah, masalah grip pas kering sih malah bagusan yg ga ada groove sama sekali (koefisien gesek jd lebih gede=more grip)
egibaio wrote:
ban balap yg slick alias ga ada groove nya memang ga bisa buat hujan om, makanya ga road legal. ban slick dipake di hujan ya aquaplanning all day long aja itu. perlu diingat groove itu ada cuma buat basah, masalah grip pas kering sih malah bagusan yg ga ada groove sama sekali (koefisien gesek jd lebih gede=more grip)
alvin23 wrote:wah , kalo ngomongin aquaplanning, jadi terasa deh pentingnya ban bagus pas musim hujan...
baru aja 2 minggu lalu ane bawa yaris msh kinyis2 beli seken lwt cipularang, kebetulan hujan deras, dengan kondisi ban sangat tidak fit, (2 di belakang udh sampai TWI)..
ampun dah, tadinya cruise 90-100 km/h (maklum sekalian Test drive), begitu ketemu genangan itu mobil jd kayak lg ice skating.
alhasil habis itu cuma jalan di 60 plus pake gigi 3 aja... (matic)
betul om, itu jalur cipularang memang serem banget kalo lagi ujan, lagi ngegas nanjak tiba2 mobil menggerung, ban spin, tapi setir gak bisa dikendalikan sesaat.. horror..