Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?

Post by jivos »

Kebetulan selagi musim hujan.
Cb in deh hajar genangan, plg gampang di tol baik sisi plg kiri/kanan dimana genangan air msh ada. speed taro di 100kmh. Itu mbl meluncur slonong boy begitu aja ke dpn, spt sliding diatas es, ane cm bs nahan setir. Untung genangannya pendek, klo panjang kemungkinan sdh nabrak beton pembatas kali ane. Itu traction ctrl kondisi on. Yg jelas sukses bikin jiper nyali ane. :mky_01:
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?

Post by alvin23 »

wah , kalo ngomongin aquaplanning, jadi terasa deh pentingnya ban bagus pas musim hujan...

baru aja 2 minggu lalu ane bawa yaris msh kinyis2 beli seken lwt cipularang, kebetulan hujan deras, dengan kondisi ban sangat tidak fit, (2 di belakang udh sampai TWI)..
ampun dah, tadinya cruise 90-100 km/h (maklum sekalian Test drive), begitu ketemu genangan itu mobil jd kayak lg ice skating.

alhasil habis itu cuma jalan di 60 plus pake gigi 3 aja... (matic)
Rocky R ADS CVT 2021
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?

Post by sucahyo »

setuju, kalau ban halus jadi ngeri jalan waktu hujan. Nggak cuma mobil, motor juga.

Namun kalau untuk motor, ada yang logikanya aneh, musim hujan justru pasang ban retro kembangan kotak 90 derajat (nggak miring). Asumsinya ban kotak bikin pakem, padahal saya pernah bandingkan sendiri, sangat ngeri sekali pakai ban kembangan kotak kalau hujan, apalagi tikungan.
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?

Post by alvin23 »

sucahyo wrote:setuju, kalau ban halus jadi ngeri jalan waktu hujan. Nggak cuma mobil, motor juga.

Namun kalau untuk motor, ada yang logikanya aneh, musim hujan justru pasang ban retro kembangan kotak 90 derajat (nggak miring). Asumsinya ban kotak bikin pakem, padahal saya pernah bandingkan sendiri, sangat ngeri sekali pakai ban kembangan kotak kalau hujan, apalagi tikungan.
oo ban kotak tuh kayak bannya motor trail gitu ya om sucahyo?
itu mah ga cocok di aspal , licin kalo hujan, kalo kering kasar
Rocky R ADS CVT 2021
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?

Post by kompresorz »

Saya pernah melintir di tol krn ngebut hampir nyeberang jalur lain..
Di jalan umum lari 100 tiba2 depan brenti lampu merah saya rem itu mobil nyelonong untung tiba2 depan maju mobilnya...
Ditol baru ditarik byr tol dr kiri ternyata ada mangkok genangan air itu mobil lgsg meliuk kanan sendiri ampir nabrak mobil samping..

Itu rata2 mobil diatas ayla n ban kualitas potenza n ban lumayan ngebut...keembang masih baru...

Mknya saya klo ujan gak pernah lari lebih dr 100...klo ts bisa mengendalikan mobil dlm kondisi akuaplaning anda msh beruntung..cm waktu saja...
kaze
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Thu Nov 19, 2015 8:54

Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?

Post by kaze »

Aquaplaning refer to video below :

https://www.youtube.com/watch?v=mERAaeCrj0E

47 seconds of education.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?

Post by ilhami »

Biasanya jalan yang meliuk-liuk begini di tol bintaro / Pondok Aren. Sudah banyak kasus yang melintir padahal genangan air cukup terkendali. Yang repot genangan ini biasanya mendadak ditambah visibilitas buruk akibat hujan deras sehingga driver kurang antisipasi atau antisipasi berlebihan. Sepertinya kasus lamborghini ini sama juga.
Nah biasanya kecelakaan itu kombinasi berbagai faktor. :ngacir:
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?

Post by sucahyo »

Iya, roda gundul atau kembangan untuk pasir memang licin di jalan. Kalau soal fasilitas, rasanya nggak bisa diharapkan bebas sama sekali.

Yang bahaya sekali itu kalau minyak campur air.

Yang menarik saya pernah lihat ban formula 1 untuk hujan ada groovenya. Sementara itu ban eco ada groovenya juga:
Image
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?

Post by egibaio »

sucahyo wrote:Iya, roda gundul atau kembangan untuk pasir memang licin di jalan. Kalau soal fasilitas, rasanya nggak bisa diharapkan bebas sama sekali.

Yang bahaya sekali itu kalau minyak campur air.

Yang menarik saya pernah lihat ban formula 1 untuk hujan ada groovenya. Sementara itu ban eco ada groovenya juga:
Image

ban balap yg slick alias ga ada groove nya memang ga bisa buat hujan om, makanya ga road legal. ban slick dipake di hujan ya aquaplanning all day long aja itu. perlu diingat groove itu ada cuma buat basah, masalah grip pas kering sih malah bagusan yg ga ada groove sama sekali (koefisien gesek jd lebih gede=more grip)

CMIIW
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?

Post by sucahyo »

egibaio wrote:
ban balap yg slick alias ga ada groove nya memang ga bisa buat hujan om, makanya ga road legal. ban slick dipake di hujan ya aquaplanning all day long aja itu. perlu diingat groove itu ada cuma buat basah, masalah grip pas kering sih malah bagusan yg ga ada groove sama sekali (koefisien gesek jd lebih gede=more grip)

CMIIW
Iya, setuju.
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?

Post by POS VETT »

Hydroplaning all day long? Emangnya pernah ngalamin hydroplaning waktu pakai slicks?

Corvette Z06 gw yang pakai slicks lebar 305 dan 325 mm tetap bisa dipakai di hujan deras (dan air menggenang) asal kecepatan tidak lebih dari 45 mph.

Koefisien gesek lebih tergantung ke arah komposisi bahan karet ban.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?

Post by ilhami »

Kopaja - metromini disini juga pakai ban slick ... all day long...di sudirman thamrin pula :ngacir:
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?

Post by sucahyo »

Kalau di jalan yang bikin licin itu oli dari kendaraan yang mesinnya bocor.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?

Post by ilhami »

sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?

Post by sucahyo »

Bug sistem stability control bisa bikin lepas kontrol. Lamborghini perlu membuktikan mobilnya aman pakai simulasi kejadian.
https://kupasmobil.wordpress.com/2015/1 ... uji-moose/
User avatar
omenRoo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Sun Apr 26, 2009 16:30

Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?

Post by omenRoo »

alvin23 wrote:wah , kalo ngomongin aquaplanning, jadi terasa deh pentingnya ban bagus pas musim hujan...

baru aja 2 minggu lalu ane bawa yaris msh kinyis2 beli seken lwt cipularang, kebetulan hujan deras, dengan kondisi ban sangat tidak fit, (2 di belakang udh sampai TWI)..
ampun dah, tadinya cruise 90-100 km/h (maklum sekalian Test drive), begitu ketemu genangan itu mobil jd kayak lg ice skating.

alhasil habis itu cuma jalan di 60 plus pake gigi 3 aja... (matic)
betul om, itu jalur cipularang memang serem banget kalo lagi ujan, lagi ngegas nanjak tiba2 mobil menggerung, ban spin, tapi setir gak bisa dikendalikan sesaat.. horror..