Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
omDidit
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: Fri Nov 02, 2012 3:16

Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?

Post by omDidit »

Drive under speed limit AND as per road condition aja lah..

Turut berduka buat kecelakaan ini.

Lambo ini bagusnya dipake pelan aja, supaya org di dalem mobil dan di luar mobil sama sama bisa nikmati pemandangan bagus.

Kalo mau ngebut, cari sirkuit terdekat.
Eh, Jatim ada sirkuit mobil apa nggak ya?
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?

Post by ilhami »

bagusnya mobil gini jalan pelan, sambil buka kaca jendela jadi keliatan siapa driver nya alias pamer :ngacir:
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?

Post by madcat015 »

omDidit wrote:Drive under speed limit AND as per road condition aja lah..

Turut berduka buat kecelakaan ini.

Lambo ini bagusnya dipake pelan aja, supaya org di dalem mobil dan di luar mobil sama sama bisa nikmati pemandangan bagus.

Kalo mau ngebut, cari sirkuit terdekat.
Eh, Jatim ada sirkuit mobil apa nggak ya?
Kagak ada sirkuit om... :big_bored: Kecuali jalan tol Juanda-Waru yang sepi nya macam kuburan kalau tengah malam... :mky_03:



sucahyo wrote:-cut-

Kalau Mazda sepertinya terbalik, Mazda 2 menawarkan dynamic stability control dan traction control system. sementara MPVnya Mazda 8 tidak disebutkan.

-cut-
nah, ini kampret nya MMI selaku ATPM... atau Mazda Jepun yak? Mazda8 versi indonesia ga ada DSC nya... Sementara Biante diberikan DSC... Memang secara form factor, Biante memiliki body roll lebih besar dari M8 yang ceper.

Di versi JDM, Mazda8 dibekali DSC dan TCS... Dua hal yang absen dari begitu banyak hal yang absen di Mazda8 versi Indonesia... :big_cry:

Ntar MMI ngeles: "MPV bukan untuk ngebut..." :mky_06:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
HouseOfDetailing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sat May 11, 2013 12:01

Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?

Post by HouseOfDetailing »

Yah balik lagi skill yang nyetir sampai mana.Race driver prefer full control over the car.Lihat Randy Pobst stressed out nyetir UGLE 63 AMG di Willow Spring.Beberapa kali ngomong dia,the safety programe kick in and i lost the steering and brake.So yah itu fitur overrated...buat yang skillnya udah dewa
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?

Post by solar_kerosen »

Wajar aja nabrak, Jln Kertajaya aspalnya jlk, dan memang disengaja biar ga dipake trek trekan. Gue sendiri pas kuliah di SBY ga berani Bawa motor apalagi mobil byk Mr Nebeng
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?

Post by kompresorz »

ini TS nya benar2 gak ngerti atau apa...

nanti ada pertanyaan mobil super mahal kok kecelakaan hancur jg...dll

kecelakaan faktornya bisa macam2...belum tentu harus kencang...saya pernah ngalamin pelan n kencang...

klo soal sistem canggih bisa lepas kontrol...pesawat di atas udara aja gimana...
VIPSERIES
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 254
Joined: Tue May 05, 2015 1:19
Location: Shangri-La Residences

Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?

Post by VIPSERIES »

madcat015 wrote:
omDidit wrote:Drive under speed limit AND as per road condition aja lah..

Turut berduka buat kecelakaan ini.

Lambo ini bagusnya dipake pelan aja, supaya org di dalem mobil dan di luar mobil sama sama bisa nikmati pemandangan bagus.

Kalo mau ngebut, cari sirkuit terdekat.
Eh, Jatim ada sirkuit mobil apa nggak ya?
Kagak ada sirkuit om... :big_bored: Kecuali jalan tol Juanda-Waru yang sepi nya macam kuburan kalau tengah malam... :mky_03:



sucahyo wrote:-cut-

Kalau Mazda sepertinya terbalik, Mazda 2 menawarkan dynamic stability control dan traction control system. sementara MPVnya Mazda 8 tidak disebutkan.

-cut-
nah, ini kampret nya MMI selaku ATPM... atau Mazda Jepun yak? Mazda8 versi indonesia ga ada DSC nya... Sementara Biante diberikan DSC... Memang secara form factor, Biante memiliki body roll lebih besar dari M8 yang ceper.

Di versi JDM, Mazda8 dibekali DSC dan TCS... Dua hal yang absen dari begitu banyak hal yang absen di Mazda8 versi Indonesia... :big_cry:

Ntar MMI ngeles: "MPV bukan untuk ngebut..." :mky_06:
Juanda- Waru bukannya loncat loncat yah, Mod? :mky_01:
ternakblog
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 904
Joined: Sat Dec 28, 2013 8:38

Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?

Post by ternakblog »

Kok saya jadi antipati ya sama ini kasus
Sudah baca jawapos belum?disitu ada iklan segede setengah halaman,kyk mensomasi media dan bahkan individu yg memberitakan ini kejadian
Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3281
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?

Post by Salvanost »

sebenarnya ada 2 hal penting disini
1. si driver harus punya dash cam (tapi tar jadi senjata makan tuan kalau emang dia salah)
2. udah mulai musim hujan, jalanan basaj dan banyak genangan air ya jangan nekat... jangan percayakan kaki ke pedal gas

coba lihat aja, ini video, kelihatan kok mobil mau punya abs, trc atau vsc semuanya ditest dijalanan basah
Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3281
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?

Post by Salvanost »

tapi abs juga ada batasannya
2 kendaraan, sama2 punya ABS, sama2 mulai ngerem di spot yg sama
(skip ke detik 50)
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6014
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?

Post by artoodetoo »

Boleh gak kalo pertanyaan TS saya balik gini: Mirage itu mobil gak canggih banget, cuma airbag aja pengamannya. Tapi kok saya gak pernah nabrak ya?
Inti pertanyaannya hampir sama loh itu :upss:

Artinya: semua balik ke drivernya :big_peace:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?

Post by sucahyo »

terima kasih sharing videonya.

Yang jadi pertanyaan saya adalah mengapa sistem sudah canggih masih bisa lepas kendali.

Bila saya nanti punya mobil dengan stability control, yang aman itu harus dimatikan atau dinyalakan?

Kalau lebih aman dinyalakan, saya ingin tahu situasi bagaimana yang bisa membuat stability control justru jadi penyebab kecelakaan.

Soal bodi roll, setahu saya center of gravity lebih penting. Kadang hal yang sepele seperti penambahan peredam panas/peredam suara yang dipasang diatap bisa memperparah body roll.

Kadang karena untuk safety, body roll justru nambah karena besi rangka harus ditambah agar lebih kuat, dan menurut saya itu bukan karena chasisnya jelek.

Mengeraskan suspensi juga terbatas karena terbentur kenyamanan. kalau center of gravity terlalu tinggi suspensi keras juga tidak membantu, tetap gampang roboh.

Agak membingungkan memang mengapa ATPM menghilangkan fitur stability control, karena versi yang lebih murah justru ada.


Soal ada / tidak adanya fitur safety, setuju bila safety driving lebih penting. Karena ada saja yang mentang mentang mobilnya sudah pakai airbag nyetirnya jadi sembrono, nggak sadar nggak ingat kalau yang dibelakang nggak pakai airbag. Jangan sampai karena sudah ada fitur keselamatan jadi lebih sembrono.

Bisa jadi juga yang nyetir kendaraan yang safety fiturnya minim jadi jauh lebih berhati hati.
User avatar
ibar78
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1292
Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
Location: mtg, jakarta
Daily Vehicle: toyota fans boys

Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?

Post by ibar78 »

ini dong kalem....biasa aja....600 triliun tapi adem aje pk mobilnya.... :big_blushing:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
:popcorn:
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?

Post by Cloud »

Mmm, OOT dikit ah, berarti lebih kenceng n stabil ferrari di jalur itu ya?
kabuuurrr........ :ngacir: :ngacir: :ngacir:
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7654
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?

Post by newrubble »

mobil ini di rancang u digunakan di gunakan manusia .... bukan yg mirip dg itu ...
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?

Post by POS VETT »

newrubble wrote:mobil ini di rancang u digunakan di gunakan manusia .... bukan yg mirip dg itu ...
HAHAHAHAHAHA
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1805
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?

Post by FRD »

newrubble wrote:mobil ini di rancang u digunakan di gunakan manusia .... bukan yg mirip dg itu ...
:big_chicken: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07:
:big_smoking:
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6014
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?

Post by artoodetoo »

Screenshot_2015-12-07-08-49-23.jpg
Wah, berarti hebat Avanza dong, nabrak pohon di bawah 80 gak sampai remuk gitu
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?

Post by ricz »

artoodetoo wrote:
Screenshot_2015-12-07-08-49-23.jpg
Wah, berarti hebat Avanza dong, nabrak pohon di bawah 80 gak sampai remuk gitu
Berarti klo untuk kebut2an mending beli Ayla...eh Freed...eh Avanza ya... :upss:

:ngacir: :ngacir: :ngacir:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?

Post by abrof »

Untung yg nabrak lambo yg mati cuman satu orang , coba klo yg nabrak avxen, aylgya yg ditabrak mati semua kali (berkaca dari kasus afriani). Pemerintah ceroboh membiarkan kendaraan yg gak safe bagi pedestrian berkeliaran. Termasuk punya saya.
User avatar
g1ng2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 328
Joined: Tue Oct 29, 2013 6:18

Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?

Post by g1ng2 »

sucahyo wrote:terima kasih sharing videonya.

Yang jadi pertanyaan saya adalah mengapa sistem sudah canggih masih bisa lepas kendali.
Kalau menurut saya malah supercar itu malah lebih lebih gampang lepas kendali (karena tidak boleh lengah sekalipun), masih inget kejadian 2011, kecelakaan paling mahal di Jepang?
8 Ferrari, 1 Lambo, 3 Merc, 1 GTR dll kerugian asuransi $4 milar.
Image
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?

Post by sucahyo »

Untuk mobil yang sama sama jalan di 100kpj, apakah mobil supercar lebih tidak aman?
User avatar
g1ng2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 328
Joined: Tue Oct 29, 2013 6:18

Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?

Post by g1ng2 »

sucahyo wrote:Untuk mobil yang sama sama jalan di 100kpj, apakah mobil supercar lebih tidak aman?
ambil contoh, F Enzo max speed: 355kph, 0-100 : 3,6 detik, 100 aja masih di gear 2.
Tidak amannya ketika, gas terinjak sedikit saja, akselerasi bisa naik banyak. Kalo pembalap mungkin lebih bisa tenang, tapi kalau orang biasa bisa gelagapan.
Pernah ngajarin orang belajar mobil? Dulu yang saya ajarin nabrak angkot, hanya gara2 salah estimasi jarak kiri-kanan.
even 1 detik aja anything could happen.. coba colek om PV yang udah biasa bawa sport car.
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7654
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?

Post by newrubble »

knp mobil bgini bisa spt itu sy tdk tau (kecuali sy dpt assignment post crash inquiry)

tapi ini mobil ibarat gen.4 fighterjet yg dpt pilot .licensed for single engine prop.

advance system bkn accident free ...yg pasti sportcar bkn u mrk yg punya panic behavior

insurance rate lbh tinggi dr reguler car krn accident rate (globally) lbh tinggi

hrsnya logical thinking bgini self explanatory u pertanyaan bgtu
Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3281
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Kasus lamborgini oleng dan menabrak, sistem canggih kok bisa lepas kontrol?

Post by Salvanost »

adu balap kok di jalanan yang rame kendaraan?
beneran adu balap?